YS290 – YESAYA 55:10-11. FIRMAN YANG KELUAR DARI MULUT TUHAN TIDAK PERNAH GAGAL

YES 55:10. SEPERTI BUMI YANG MENGELUARKAN HASIL.

10.a. Karena seperti hujan turun.

Hujan menceritakan tentang pekerjaan Roh Kudus. Yes 32:15-16 (M3884) Ul 11:14. Kalau hujan Roh turun pasti akan ada hasil! Ini sejak permulaan Hu-jan Awal turun di Yerusalem maka 3000 orang bertobat dan banyak yang penuh Roh Kudus. Terjadi kegerakan dan ba-nyak perubahan, pertumbuhan rohani dan jiwa2 dituai. Seringkali umat Tuhan berdoa untuk turunnya hujan, sebab ternyata kalau Hujan Roh dicurahkan, maka padang gurun menjadi kebun yang indah, semua berubah, luar biasa. Yes 44:3-4.

Kegerakan Roh Kudus itu bisa pri-badi, kelompok, lokal dan global da-lam Hujan Akhir. Rindukan, paling se-dikit kegerakan Roh Kudus dalam pri-badi masing2. Bahkan kalau bisa “me-nular” dalam kelompok kita, bahkan seluruh Gereja bisa dijamah dan meng-alami kegerakan Roh Kudus sehingga menjadi kuat, betul2 bertobat, disu-cikan, ditumbuhkan (berubah dan tum-buh dalam tabiat baru serta jiwa2 bisa dimenangkan!). Kegerakan pribadi su-dah banyak terjadi di-mana2, sehingga orang2nya penuh gairah Yoh 2:17, ikut berdoa sebagai rumah doa Mat 21:13 sehingga bisa “menular” dan makin meluas, dan kita mengharapkan Hujan Akhir datang sehingga Tuhan boleh lekas datang kembali 1Kor 16:22, Wah 22:20. Orang yang dingin (apalagi penuh dengan roh duniawi) tidak ada kerinduan untuk kedatangan Tuhan, sebab ingin terus minum anggur lama seperti Lot, apalagi kalau sudah mabuk, sama sekali tidak rindu bahkan tidak suka pada Tuhan dan kesukaanNya Luk 5:39 sampai mereka binasa masuk dalam kematian dan Neraka.

 

10.b. dan salju dari langit dan tidak kembali ke sana.

Kombinasi air dan salju.

Air adalah bayangan Roh Kudus yang begitu heran, maka salju akan memberi hasil yang lebih lagi.

Dalam Ay 9:30 jika aku mencuci dengan air salju dan membuat ta-nganku tidak pernah sebersih ini.

Kombinasi ini luar biasa. Begitulah kalau pekerjaan Roh Kudus terus ber-tambah2 sampai lipat kali ganda (se-perti yang diminta Elisa dari Elia) bah-kan seperti pengurapan tanpa batas yang ada pada Putra manusia Yesus Yoh 3:34, maka hidupNya akan begitu putih bersih, tidak pernah dicapai sebelumnya.

Kita harus hidup dalam kesucian dan makin meningkat dalam pekerjaan Roh Kudus sehingga pekerjaan Roh bu-kan lagi sebagai air tetapi sebagai air salju sehingga bisa masuk dalam ke-sempurnaan, luar biasa. Rindukan air Roh Kudus yang akan terus meningkat sampai pada air salju, pengurapan Roh Kudus yang tidak terbatas yang terus menumbuhkan. Jadi air salju ini me-nunjukkan pekerjaan Roh Kudus sam-pai pada puncak2nya yaitu air salju yang menyucikan orang sampai jadi pu-tih seperti salju, sampai sempurna se-perti Kristus. Inilah pekerjaan Roh Kudus yang membawa orang sampai dalam kesempurnaan.

Dalam Wasiat Lama kita sudah melihat air salju dalam Henokh, Elia, Musa dan Putra manusia Yesus. Dalam Wasiat Baru ada Hujan Awal dan Hujan Akhir dan dalam Hujan Akhir akan ada banyak orang jadi sempurna oleh ke-gerakan Roh Kudus (dan Firman Tuhan) sehingga jumlahnya jadi genap yaitu 144.000 Wah 14:1. Kalau seoranng bisa terus penuh dan dipimpin Roh, maka selain mendapat kegerakan air Roh Ku-dus yang luar biasa, tetapi ia bisa me-ningkat terus sampai dalam kesem-purnaan, luar biasa.

Sebaliknya kalau seorang dalam kegerakan Roh Kudus justru berdosa, maka terjadi sebaliknya, yaitu Ay 24:19 kekeringan dan panas menghabiskan air dan salju, begitulah yang dilakukan kuburan terhadap orang yang berdosa akan ada hukuman yang keras sekali 2Kor 10:6.

 

10.c. tetapi mengairi bumi dan mengeluarkan hasil.

Jangan takut atau kuatir melihat dosa dan kejahatan meningkat, juga go-longan2 orang lain dalam jalan lebar yang terus ber-tambah2 padahaljumlah orang Kristen yang sungguh2, dalam jalan sempit, tidak banyak, bukan mayoritas.  Lalu bagaimana akhirnya?

Pada akhir zaman terjadi pemisahan (ini semacam perpecahan, sehingga jumlah orang beriman makin sedikit) 1Kor 11:19, Wah 22:11. Memang jum-lah total orang2 dalam jalan sempit dalam dunia lebih sedikit dari jumlah jalan lebar Mat 7:13-14, tetapi jangan takut. Tuhan ingin semua selamat, ti-dak ingin seorangpun binasa, tetapi su-dah “dinubuatkan” dalam Firman Tu-han bahwa jumlah jalan sempit lebih sedikit. Orang sempurna saja hanya 144.000, apa artinya dengan 7 milyard jumlah penduduk dunia sekarang, itu hanya = 0,00002%. Jumlah yang ter-angkat jauh lebih banyak, kira2 bisa 1 Milyard = 14%. Belum termasuk jumlah yang sudah mati di dalam Tuhan, me-reka akan bangkit dan juga ikut pengangkatan.

Inilah hasil yang dikeluarkan bumi, kalau hujan turun ke atasnya. Kalau Roh Kudus bekerja (hujan turun) pasti ada hasilnya, orang2 jadi luar biasa, bi-sa tahan bahkan sebagian menjadi sempurna. Sebab itu kita perlu berdoa dan hidup bersedia untuk minta Hujan Akhir dan menampungnya. Hidup yang bisa menampung pekerjaan Roh Kudus adalah hidup baru Luk 5:37-38. Kan-tong kulit (kerbat) yang lama tidak bisa tahan dan pecah, binasa. Tetapi kan-tong kulit yang baru bisa tahan, bahkan bersukacita dengan anggur yang baru. Sebab itu kita harus selalu penuh dan dipimpin Roh (ini kerbat baru) yang terus hidup dalam kesucian dan me-lakukan kehendak Allah. Kalau tidak hidup sebagai kerbat baru, akan pecah bahkan binasa dalam kegerakan Roh Kudus, seperti Ananias Safira sebab peraturan Gereja dalam kegerakan ro-hani yang besar itu sangat tertib dan tegas Kis 5, 2Kor 10:6.

 

10.d. dan bertunas.

Ini tanda pertumbuhan. Memang pe-kerjaan Roh Kudus membuat pertum-buhan yang sehat dan cepat, sangat indah. Pertumbuhan yang sehat itu bu-kan jatuh bangun dalam dosa dan bu-kan pemulihan terus menerus, tetapi tetap hidup dalam kesucian dan mela-kukan kehendak Allah. Sangat indah kalau ada pertumbuhan. Penggemba-laan yang betul itu berusaha menum-buhkan domba2 Tuhan, bukan hanya beribadah, tetapi terus tumbuh se-hingga jadi dewasa.

Jangan berhenti bertumbuh, check terus, lebih2 di dalam Roh. Kalau ro-haninya tumbuh, akan selalu menang dalam pencobaan, tabiat baru makin nyata, pengertian Firman Tuhan makin limpah, kemampuan rohani makin ber-tambah dst. Bertumbuhlah, jangan sampai hanya jatuh bangun dan dipu-lihkan.

 

10.e. Supaya memberi benih bagi penabur.

Kalau Roh Kudus bekerja, penabur akan punya kata2 dan jawaban dari Firman Tuhan yang akan memberi benih ke-selamatan dari Tuhan, tidak perlu me-nyediakan kata2 sendiri, sandar Firman Tuhan dan terus dipimpin Roh. Mat 10:19.Dalam pimpinan Roh Kudus, kita akan bergairah untuk terus menabur, sebab Roh Kudus selalu memberi benih pada kita untuk ditabur, kata2 Firman Tuhan yang sederhana dalam peng-urapan Roh Kudus akan jadi benih2 yang hidup dan berkuasa, dan Roh Ku-dus dengan nyata dan dengan kuasa akan menumbuhkan benih2 yang dita-bur. Kita hanya menabur, Tuhan yang menumbuhkannya 1Kor 3:6. Sebab itu tidak perlu kuatir, tabur saja. Tentu jangan menabur perdebatan atau per-cideraan sampai berkelahi. Kita harus bijaksana, minta hikmat dan kuasa Allah. Tabur dengan kasih dan kuasa Allah, sembuhkan yang sakit, setan di-usir, lakukan dengan belas kasihan. Mat 9:13. Apalagi untuk orang dekat yang jadi beban kita, jangan putus asa, untuk mereka ada janji khusus yaitu Kis 16:31. Dengan tekun terus didoakan dan ditaburi sampai bertobat sehingga selamat.

 

10.f. dan roti untuk yang makan.

Yang bekerja akan makan 1Kor 9:9,14. Kita memang memberitakan Injil bukan untuk mencari penghasilan atau uang, sebab kita mendapat dengan cuma2 Mat 10:8. Tetapi Tuhan juga memberi roti untuk dimakan. Persembahan dan perpuluhan akan dibawa masuk dalam bait Allah supaya ada roti untuk di-makan Mal 3:10. Kalau seorang mela-yani Tuhan dengan sungguh2, dengan tulus dalam kesucian melakukan ke-hendak Tuhan, pasti akan terpelihara. Tuhan selalu sanggup menggenapi jan-jiNya. Tuhan selalu punya bendahara2 yang taat, yang diberkati Tuhan. Tidak perlu dipaksa, bahkan tangan kanan memberi, tangan kiri tidak tahu, se-hingga semuanya dipersembahkan se-mata2 karena Tuhan dan Tuhan yang tahu barang2 yang tersembunyi, Tuhan juga yg akan memberkatinya Mat 6:2.

 

YES 55:11. FIRMAN TUHAN TIDAK PERNAH GAGAL.

 

11.a. Begitulah FirmanKu.

Firman Tuhan itu luar biasa. Dengan Firman Tuhan alam semesta ini dija-dikan Ibr 11:3. Firman Tuhan itu kekal Luk 21:33. Begitu besar dan dahsyat. Firman itulah Tuhan Yesus Yoh 1:1. Da-lam Wasiat Lama banyak Firman yang disampaikan dan didengar, lalu ditulis.

Dalam Wasiat Baru Firman Tuhan itu sudah selesai ditulis kurang lebih tahun 397 (Unger’s Bible Dictionary) dan tidak boleh ditambahi lagi Wah 22:18,19. Semua kebenaran rohani ha-rus didasarkan atas Alkitab, meskipun sekarang masih banyak perbedaan penafsiran, tetapi pada saat terakhir, kalau semua rahasia Firman sudah dibuka (Mat 10:26-27) akan ada per-samaan pengertian Ef 4:13 dan seluruh dunia bisa sepakat Mrk 3:25 dan masuk dalam tubuh Kristus global lalu rencana Allah tamat dan terjadi pengangkatan. Sekarang masih ada perbedaan taf-siran, tetapi dalam satu Gereja harus ada pengertian yang sama supaya bisa bersekutu dengan betul dan tumbuh bersama 1Kor 1:10, Pil 2:1-3.

Banyak perbedaan tafsiran, seba-gian kurang tepat, sebagian salah. Roh Kudus sudah membukakan banyak rahasia Firman Tuhan dan orang2 yang rendah hati akan mau menerima yang betul dengan kesaksian Roh. Rom 8:14 dan membuang atau membetulkan yang kurang tepat. Seringkali karena sombong atau keras hati, orang tidak mau menerima kebenaran padahal dalam hatinya ia sudah mengakui itu betul dan Roh Kudus sudah bersaksi dalam hatinya Rom 9:1. Memang orang yang sombong akan direndahkan dan tidak bisa tumbuh. Orang yang ber-keras hati dalam tafsiran yang salah akan menanggung akibatnya sendiri, sebab itu perlu ada sharing antara Gereja (Sinode antara pemimpin2 dan dengan kerendahan hati dan dalam pimpinan Roh Kudus bersekutu di da-lam Roh kepada satu tubuh Kristus global. Kalau yakin bahwa Gerejanya keliru atau sesat, ia harus punya pen-dirian dan terpaksa berpisah seperti o-rang2 Israel yang keluar dari negeri Israel yang sesat karena menyembah berhala. 2Taw 11:13,16. Kecuali nabi2 yang dipakai Tuhan untuk menegur dan memperbaiki. Orang yang tidak me-ngerti Firman Tuhan akan ikut arus dan kalau arusnya sesat, ia celaka dan bi-nasa. Sebab itu semua orang beriman harus tumbuh sampai dalam penger-tian yang cukup dan terus dipimpin Roh, Roh Kudus sanggup membawa dan memimpin kita pada Gereja yang benar dan pengertian Firman Tuhan yang benar. Yoh 16:13.

Orang yang plin plan atau karena suatu kepentingan, tidak berani me-nyalahkan yang salah Ef 5:11, ia ikut menyesatkan dan membinasakan ba-nyak orang dan akan menerima hu-kumannya dengan adil dari Tuhan un-tuk kekal. Tahu berbuat baik tetapi tidak melakukannya, menjadi dosa ba-ginya Yak 4:17, lebih2 menunjukkan jalan yang salah, padahal ia tahu yang benar, itu kaki tangan iblis! Ia seorang pembunuh. Ams 16:29. Misalnya ten-tang homo dan mengajarkannya itu normal, bukan dosa, turunan, itu me-nyesatkan. Apalagi pengajaran2 yang sesat seperti children of God, juga pela-jaran2 yang tidak betul (tingkatnya dari tingkat I-V) seperti hypergrace, sekali selamat tetap selamat, bahasa lidah itu dari setan dll.

Ada bagian2 yang kita belum jelas, tetapi jangan melawan kebenaran yang sudah terbuka; pada waktunya semua rahasia Firman Tuhan, semua mete-rainya akan dibuka. Mat 10:26-27.

Alkitab itu luar biasa dan orang yang mengerti akan hidup dan dimerde-kakan Yoh 8:32,36. Orang2 yang tulus dan dipimpin Roh, Dia sanggup membawanya dalam jalan yang benar.

 

11.b. yang keluar dari mulutKu.

Semua yang ada dalam Alkitab itu keluar dari mulut Tuhan dan sudah ter-tulis, yaitu Firman yang tertulis. Tetapi masih ada kebenaran2 (ayat2 tertentu) dari Firman Tuhan, yang keluar dari mulut Tuhan bagi kita Yoh 14:26, Ef 6:12 (Rhema). Tuhan berbicara lewat Firman Tuhan dan Roh Kudus menga-takan pada kita. Jangan bodoh atau tuli, dengarlah Mrk 4:23. Hal ini sangat penting sampai diulang untuk setiap Gereja akhir zaman (Wah 2:3) Tuhan selalu berkata supaya yang bertelinga hendaklah ia mendengar Wah 2:7,11, 17 dst. Kita harus bisa mendengar suara Roh yang diambil dari Firman Tuhan Yoh 16:13-15. Dengar baik2 sampai yakin lalu taatilah. Kalau se-orang tidak bisa mendengar, tuli, maka ruginya besar, pasti!

Kita harus peka (kalau kita hidup dalam kesucian dan mau dipimpin Roh, dan kalau setiap kali kita mau taat, maka kita akan makin peka). Dan kalau Firman itu kita taati, hasilnya akan jadi luar biasa, sebab Allah tidak pernah gagal. Ini model hidup yang indah de-ngan Allah Maz 60:14. Kalau kita bisa mendengar suara Firman Tuhan dalam pimpinan Roh, Firman Tuhan jadi hidup dan terus bekerja dan melakukan yang indah2 dalam hidup kita 2Kor 3:6.

 

11.c. Ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia2.

Luar biasa! Sebab Allah tidak pernah gagal, sebab itu usahakan untuk me-ngerti dan terus taat sampai 100%, ma-ka hidup kita juga akan jadi ajaib 100%. Roh Kudus mau memimpin setiap lang-kah hidup kita, asal mau taat. Jadi tergantung dari kita (bisa dengar dan taat), maka hidup kita akan menjadi indah. Itu sebabnya dalam Hujan Akhir, hidup orang2 yang dipimpin Roh itu jadi luar biasa, ajaib, penuh kuasa Allah, seperti Putra manusia Yesus Yoh 12:14. Rindukanlah untuk selalu di-pimpin Roh, itu luar biasa seperti Immanuel. Mat 1:23.

 

11.d. Tetapi Ia akan melakukan apa yang berkenan kepadaKu.

Ini luar biasa. Firman Tuhan tidak akan sia2 dan akan berhasil melakukan ke-hendak Tuhan. Sebab itu jangan me-nambahi atau mengurangi Firman Tuhan, beritakan pada waktunya de-ngan tulus dalam pengurapan Roh Kudus, maka selanjutnya Firman Tuhan akan bekerja dalam orang yang sudah mendengarNya. Kita tidak bisa memak-sa orang melakukan Firman Tuhan yang kita sampaikan. Memang tidak semua mau taat, tetapi itu bagian Tuhan dan Tuhan sudah tahu semua hasilnya, luar biasa. Kalau Firman Tuhan kita kurangi atau tambahi, hasilnya bisa berubah bahkan hasilnya bisa terbalik dan kita yang salah kepada Tuhan, tidak setia menyampaikannya. Musa menyampai-kan supaya orang Israel masuk ke Kanaan dan berperang, tetapi mereka mengubahnya dengan akalnya, tidak mungkin dan mereka tidak mau pergi, atau kembali ke Mesir dan semua orang2 ini binasa. Tetapi yang percaya dan mau seperti Yusak dan Kaleb ber-hasil masuk dan menikmati janji2 Allah yang heran Bil 23:32-33. Jangan meng-ubah Firman Tuhan, atau suara Roh, se-bab akibatnya dahsyat. Percaya dan ta-at akan suara Roh, akan Firman Tuhan, hasilnya indah bahkan untuk kekal.

 

11.e. dan Ia akan beruntung dalam hal2 yang Kusuruhkan Dia.

Luar biasa. Kita hanya tinggal berdoa dan menunggu Tuhan atau pimpinan-Nya. Firman Tuhan yang bekerja sen-diri. Kita tidak bisa berbuat banyak, hanya mendengar dan menyampaikan lalu berdoa menunggu pimpinanNya. Ini harus jadi prinsip pelayanan kita. Jangan kita membantu Tuhan dengan cara dan kekuatan kita sendiri. Kalau Tuhan suruh kita diam, ya kita diam Kel 14:14. Kalau Tuhan suruh kita ber-tindak, kita taat. Sebab semua Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus akan jadi. Musa hanya mengangkat tongkat dalam tangannya, lalu Tuhan menger-jakan mujizat yang besar itu, laut bisa terbelah dan ada jalan di tengah2nya yang memberi hidup bagi Israel dan kematian bagi Firaun, luar biasa! Begitu seterusnya dalam pelayanan Musa.

Juga Yusuf, Daud, Daniel dst. Orang2 yg mengubah cara Tuhan, akan celaka sendiri. Daud takut, lalu lari ke Luar negeri. Seorang nabi Tuhan disu-ruh memanggil pulang, untung Daud taat, kalau tidak ia bisa mati konyol di luar negeri. Bukan kita yg bekerja, tetapi Tuhan.

Di akhir zaman ini keadaan akan amat dahsyat, bagaimana kita bisa menghadapinya, tidak mungkin.

Negeri2 besarpun jadi pusing segala macam2 kesukaran terjadi, apalagi pri-badi. Kita perlu jaga mutu rohani kita, terus meningkat, berkenan pada Tu-han, lalu kita tinggal menunggu Tuhan. Lebih taat seperti robot, lebih hebat kuasa Allah bekerja di dalam kita Gal 2:20. Tuhan tidak membuat kita jadi robot, tetapi orang yang taat penuh itu seperti robot dan hasilnya luar biasa! Semua janji2 Firman Tuhan, termasuk nubuatanNya akan digenapkan dengan heran, pasti jadi. Taatlah seperti robotnya Tuhan!

 

 

KESIMPULAN.

Rindukan hujan kegerakan Roh Kudus, mula2 dalam pribadi lalu makin me-luas. Hujan air dan salju akan jadi ba-gian orang yang mau terus taat dipim-pin Roh, pasti akan tumbuh bahkan sampai sempurna,dan mengeluarkan hasil. Jangan takut semua fasilitas yang lain.

Pegang baik2 Firman Tuhan, itu luar biasa. Firman Tuhan lebih tinggi dari semua kekuatan senjata, uang, the-nologi dll. Kita tinggal menabur dan menunggu, Tuhan yang menumbuh-kan! Firman Tuhan yang kita taati, Dia sendiri yang akan bekerja dan Firman Tuhan pasti jadi, luar biasa. Firman Tuhan tidak akan kembali dengan sia2 kalau kita taat seperti robotnya Allah.