YS288 – YESAYA 55:4-7. PAKAILAH KESEMPATAN YANG BEGITU LIMPAH

YES 55:4. SAKSI, PEMIMPIN DAN KOMANDAN BANGSA2.

4.a. Lihatlah, Aku memberikan Dia sebagai saksi bagi bangsa2.

Siapakah Dia ini? Ada 2 kemungkinan, yaitu: Daud (dalam ayat 3) atau Mesias yang diberikan bagi segala bangsa. Daud hanyalah saksi, pemimpin (atau raja) dan komandan bagi bangsa Israel, lebih2 dia hidup dalam Wasiat Lama. Tetapi Putra Daud, itu yang bisa me-menuhi hal2 ini semuanya. Jadi ini adalah Putra Daud yaitu Kristus yang masih belum terbuka namanya pada waktu ini.

Putra Daud menjadi Saksi atas segala bangsa. Kristus sudah mati menjadi korban tebusan bagi manusia. Siapa yang percaya kepadaNya dengan sungguh2, ia berubah menjadi baru, jadi anak2 Allah seperti Putra manusia Yesus (adik2Nya Rom 8:29) dan Kristus akan bersaksi dari halnya di hadapan Bapa dan ia selamat kekal. Tetapi orang yang menolak Dia, Tuhan Yesus akan menyangkali dia di hadapan Bapa dan binasalah orang itu. Mat 10:32,33. Be-tapa untungnya kalau kita percaya dan menjadi anak2 Allah, orang baru dan mendapat keselamatan yang kekal dan Tuhan Yesus menjadi saksi bagaimana kita sudah berubah, percaya kepada-Nya dan setia sampai akhir. Betapa untungnya orang yang percaya Ibr 2:3. Setialah sampai mati Mat 24:13. (Iblis bukan saksi tetapi penuduh Zak 3:1, Wah 12:10) yang menuduh kita siang dan malam di hadapan Allah untuk memintakan hukuman dan menjatuh-kan dalam kebinasaan). Betapa heran, Kristus menjadi saksi bagi kita. Jangan kuatir, kalau sudah minta ampun, lalu dengan tulus kita setia dan taat kepa-daNya, maka posisi kita kuat di hadap-an Allah, tidak dapat difitnah, dituduh, dipalsu oleh siapapun termasuk iblis. Kita kuat bersama Tuhan dan bisa mengusir iblis dkk Mrk 16:17.

4.b. Seorang pemimpin dan komandan bagi bangsa2.

Tuhan Yesus adalah pemimpin kita, ja-ngan berjalan sendiri tetapi terus taat akan Dia, akan FirmanNya. Sepanjang umur hidup kita. Kita harus taat pada komandan. Memang Dia dijadikan Tu-han (pemimpin dan komandan) bagi kita yang diurapi Roh Kudus (seperti Kristus) Kis 2:38. Luar biasa! Tuhan atau pemimpin atau komandan kita itu sempurna, sebab itu kalau kita taat terus menerus, kita juga akan dipimpin sampai menjadi sempurna seperti Dia.

Tuhan memimpin kita itu untuk apa? Dia tidak punya kepentingan pri-badi (kalau seorang kepala atau pe-mimpin dalam dunia mengerahkan orang2 yang dipimpinnya untuk mela-kukan suatu pekerjaannya supaya sele-sai bagi kepentingan perusahaannya, misalnya pabrik sepeda, atau pabrik kertas dll. Tetapi Tuhan Yesus tidak punya kepentingan apa2. Ia memimpin kita untuk kepentingan kita sendiri yaitu supaya kita dipimpin sampai men-jadi sempurna seperti Dia sendiri dan menyelamatkan jiwa2 yang lain.1Kor 11:1. Ini luar biasa. Mengapa begitu? Sebab kasih. Kasih tidak mencari ke-untungannya sendiri tetapi keuntungan dari orang2 yang dikasihiNya. Sebab itu taatlah akan Firman Tuhan dan pim-pinan Roh Kudus yaitu pada Tuhan Ye-sus Kristus. Selalu minta pimpinan Tu-han, itu yang terbaik, jangan jalan menurut kehendak atau daging sendiri. Gal 3:3-4. Justru matikan daging dan taat akan pimpinanNya, yaitu Firman Tuhan dan Roh Kudus. Orang2 seperti ini akan terus bertumbuh dalam keme-nangan sampai akhirnya menjadi sem-purna seperti Kristus, menjadi mempe-laiNya. Sebab itu jangan menurut ke-hendak sendiri, atau keinginan2 dunia apalagi kehendak setan itu akan men-celakakan sampai kekal.

 

YES 55:5. GEREJA TUHAN LAHIR DAN DISEMPURNAKAN.

5.a. Lihatlah, engkau akan memanggil suatu bangsa yang tidak kau kenal.

Siapakah engkau disini? Bangsa2 akan berlari kepadanya, bangsa yang tidak dikenalnya. Ini bukan Tuhan Yesus teta-pi kita yang sudah percaya kepadaNya, kita yang dijadikan saksi oleh Tuhan Yesusuntuk segala bangsa lainnya, un-tuk menyelamatkan mereka. Mat 28:19. Tuhan Yesus tidak bekerja sen-diri dalam dunia, Ia menjadi manusia di dunia hanya 33,5 tahun untuk menjadi korban penebusan bagi manusia.

Sesudah kita percaya dan menjadi putra2 Allah, kitalah yang menjadi saksi bagi Dia untuk menyelamatkan segala bangsa. Bahkan kita memanggil bangsa yang tidak kita kenal kepada Tuhan Yesus untuk diselamatkan. Inilah perin-tah yang sering disebut sebagai Ama-nat Agung, sebab tujuannya adalah seluruh bangsa2 di dunia.

Mengapa Tuhan tidak melaku-kannya sendiri atau dengan malaikat2-Nya, pasti pekerjaanNya sempurna, ti-dak seperti cara kerja manusia yang penuh kekurangan dan cacat. Justru dengan taat melakukan perintahNya ini, ini sangat berguna bagi kita sendiri. Faedah apa? Kalau kita taat dengan tulus, dalam pelayanan ini, kita diolah sehingga bisa tumbuh menjadi sem-purna dan sekaligus jiwa2 yang kita menangkan menjadi mahkota dan ke-muliaan kita untuk kekal. Untuk meme-nangkan jiwa2 perlu kasih dan belas kasihan Mat 9:13, apalagi pada bang-sa2 yang tidak dikenal, tetapi dengan demikian kasih kita tumbuh sampai menjadi sempurna. Dengan demikian Gereja lahir, sejak dari Pentakosta. Ka-sihilah jiwa2 di sekitar kita dan lakukan tugas kita untuk memanggil mereka kepada Tuhan, untuk mendapat kese-lamatan yang kekal.

5.b. dan bangsa2 yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu.

Luar biasa. Orang yang tidak dikenal mau taat menurut kita, bahkan berlari kepada kita seperti berlomba. Menga-pa? Ini luar biasa! Sampai sekarang bangsa perang melawan bangsa, suku melawan suku, keluarga melawan ke-luarga, ini terjadi sejak kutuk Babil sampai sekarang. Tetapi kalau orang2 datang kepada Tuhan Yesus, maka keadaannya tidak lagi seperti dahulu, sebab orang yang percaya Tuhan Yesus menjadi orang baru, sekalipun dari luar masih berbeda bangsa dan turunan, te-tapi di dalamnya menjadi satu bangsa yang baru yaitu umat Tuhan. Semua akan menurut, begitu ajaib, sebab di-ubah menjadi satu bangsa yang baru, yang dahulunya bukan umat (terdiri dari ber-bagai2 bangsa sesudah kutuk Babil) sekarang menjadi umat Tuhan 1Pet 2:10, yaitu tubuh Kristus, semua menjadi anak2 Allah 1Yoh 3;10, Yoh 1:12!

5.c. Karena Tuhan Allah mu dan karena satu yang suci dari Israel.

Ini dikerjakan oleh Tuhan kita Yesus Kristus dan satu yang suci orang Israel yaitu Allah Bapa.Orang yang mau taat akan Firman Tuhan oleh pekerjaan Roh Kduus, maka Bapa dan Anak itu akan tinggal di dalamnya Yoh 14:23, se-hingga mereka mau taat akan orang2 yang diangkat Allah menjadi pemim-pinnya dan memerintah berdasar Fir-man Tuhan. Sebab itu kita bisa bersatu dengan teguh dalam tubuh Kristus, tidak berontak dan bertentangan satu sama lain, sebab Roh Kudus bekerja di dalam kita untuk taat pada Firman Tuhan sehingga Bapa, Putra dan Roh Kudus bekerja di dalam kita, menjadi tubuh Kristus yang taat akan Kepala yaitu Kristus sebagai satu unit, satu kesatuan yang heran, persekutuan da-lam Roh dan Tuhan Yesus dan Bapa tinggal di dalam kita.

5.d. Sebab Ia memuliakan Engkau.

Umat Tuhan tetap memerlukan pe-mimpin2 yang diangkat Tuhan untuk memimpin uamtNya, baik pemimpin2 kecil dan besar sesuai dengan tugasnya masing2 Kel 18:21. Musa menjadi pemimpin orang Israel dan masih ada banyak pemimpin2 lainnya di bawah-nya sehingga seluruh umat Tuhan menjadi satu unit yang teratur dan bisa bersekutu dalam Roh sebagai satu ke-satuan yang indah dibawahpemimpin2 yang memimpinnya.

Dalam Wasiat Lama bangsa Israel dipimpin oleh raja2 dalam hal2 jasmani dan imam besar dan imam2 dalam hal rohani. Mereka tidak bisa langsung ber-hubungan dengan Tuhan Allah, tetapi untuk hal2 rohani melalui imam2, dan dalamjasmani melalui raja2. Ini adalah orang2 tertentu yang dipilih Allah; bia-sanya imam2 adalah turunan Harun, raja2 atau pemimpin2 jasmani dipilih dan ditentukan Alalh sendiri.

Pemimpin2 sangat banyak menen-tukan keselamatan umat Tuhan pada umumnya seperti pilot membawa selu-ruh penumpangnya selamat atau bina-sa. Kebanyakan orang Israel tidak bisa membedakan, mereka hanya ikut arus tetapi yang mengerti “pindah bus” 2Taw 11:13-14,16, kecuali nabi2 yang justru menegur dan menobatkan mereka.

Tetapi dalam Wasiat Baru sesudah Tuhan Yesus menebus kita, masing2 kitalah yang menjadi imam2 dan nabi2 di hadapan Tuhan 1Pet 2:9, Wah 1:6. Luar biasa. Masing2 kita bisa langsung bersekutu dengan Tuhan dan masing2 kita menjadi bait Allah 1Kor 3:16. Luar biasa. Tetapi kita semua terikat dalam tubuh Kristus lokal dan global. Jadi masing2 bisa berhubungan langsung dengan tiga Pribadi Allah, Roh Kudus yang bekerja dan tinggal di dalam kita Yoh 14:16, juga Bapa dan Putra tinggal di dalam kita Yoh 14:23 sehingga tiga Pribadi Allah itu bekerja dalam pribadi kita, keluarga kita, Gereja kita yaitu tubuh Kristus lokal dan global.

Sangat unik, tidak ada birokrasi sebab bisa hubungan langsung dengan 3 Pribadi Allah sekalipun tetap ada pemimpin2 yang kepadanya kita harus tunduk dan harus ditaati. Ibr 13;17. Pemimpin2 itu juga adalah gembala2 yang memelihara dan menggemba-lakan domba2 Tuhan Yoh 21:15-17. Meskipun pemimpin2 itu bertingkat, tetapi lewat tiga 3 Pribadi Allah, ada hubungan yang erat satu sama lain di dalam tubuh Kristus lebih dari birokrasi yang ada dalam pemerintahan dunia! Unik dan luar biasa. Kalau seorang pemipin atau orang2 yang dipimpinnya, dipimpin Roh, maka hubungan itu bisa langsung kepada satu sama lain mes-kipun tetap ada batas2 tanggungjawab seperti dalam Kel 18:21. Sebab gem-bala2 tidak mencari atau bertanggung-jawab pada semua domba2 Tuhan, tetapi hanya pada “100 domba” yang ditanggungkan di atas masing2 gem-bala Luk 15:4, sebab setiap gembala harus mengenal domba2nya dan dom-ba2 mengenal gembalanya sendiri2, se-kalipun bertingkat Yoh 10:3-5,14. Me-ngapa ada hubungan langsung dalam “birokrasi” tanggungjawab masing2 gembala? Sebab kasih Kristus, semua bisa bekerjasama, bisa menanggung beban bersama karena kasih akan Kristus Yoh 21:15-17. Kasih Kristus itu unik dan sekaligus Roh Kudus, Bapa dan Putra serta hamba2Nya itu semua diikat dalam kesucian dan kasih Kristus dalam persekutuan Roh 1Yoh 1:7, Pil 2:1, sehingga ada tubuh Kristus dengan hubungan yang unik. Roh Kudus akan memimpin kita dalam kesucian dan kasihNya, mulai dari unit yang terkecil, yang makin lama makin bersatu dalam unit yang makin besar tetapi tetap satu unit dalam persekutuan Roh, diatur sesuai dengan Firman Tuhan dalam ikatan kasih Bapa.

5.e. Sebab Ia akan memuliakan engkau.

Bagaimana Allah memuliakan pemim-pin2 umatNya? Bukan untuk menindas dan memerintah seperti raja2 atau pe-mimpin2 dunia, tetapi dengan rendah hati melayani seperti hamba, seperti Tuhan Yesus Mat 20:25-28. Memang ada yang berontak, tetapi pemimpin2 tetap mengaturnya dengan cinta bukan dengan benci untuk mengalahkannya tetapi untuk menyelamatkannya se-perti Kristus, Musa, Daud, Paulus, Pe-trus dll.

Kemuliaan yang diberikan adalah kemuliaan ilahi. Ukurannya bukan se-berapa banyak bisa menguasai dan mengalahkan domba2 Tuhan tetapi untuk memelihara dan menyelamat-kannya Ibr 13:17. Persekutuan yang indah ini tidak tergantung dari pe-mimpin2 saja tetapi dari ketaatan domba2 Tuhan. Putra manusia Yesus “gagal” memimpin dan menyelamatkan Yudas, sebab Yudas keras hati tidak mau bertobat Yoh 17:12. Sebab itu kemuliaan yang diberikan pada pe-mimpin2 inibukan kemuliaan dan peng-hormatan dunia yang dicari orang du-nia, tetapi kemuliaan dari Allah, yaitu memelihara dan menyelamatkan dom-ba2 yang masih ada dalam tanggung-jawabnya dengan pertolonganTuhan. Putra manusia Yesus menyelamatkan 11 dari 12 murid2Nya, tetapi Musa menyelamatkan hanya setengah dari Israel, sebab kira2 setengahnya sela-mat masuk Kanaan (generasi yang lahir di padang gurun)dan setengahnya bina-sa di padang gurun. Musa menangisi dan mencintai jiwa2 yang kena murka Tuhan Kel 32:32, tetapi ia tidak berdaya sebab orang2 yang keras hati itu membinasakan dirinya sendiri, sebab tidak mau taat!

Inilah kemuliaan Tuhan, dalam dunia namanya kewajiban hamba, te-tapi di hadapan Allah adalah mahkota kemuliaan sebab menyelamatkan dan memelihara jiwa2 1Tes 2:19, 1Pet 5:1-4. Domba2 Tuhan tetap harus meng-hargai pemimpin2nya, kecil dan besar tetapi pemimpin2 mencuci kaki dom-ba2nya seperti Kristus Yoh 13:13-15.

 

YES 55:6. MENCARI TUHAN DAN BERSERU KEPADANYA.

6.a. Carilah Tuhan selagi Ia bisa didapatkan.

Kalau kita mencari Tuhan sungguh2 de-ngan segenap hati, dengan tangan dan hati yang disucikan (luar dan dalam) pasti akan bertemu Tuhan dan selamat, tertolong Yak 4:7-8, Amos 5:4,6. Tuhan itu suci. Orang yang mau mencari Tu-han harus mau disucikan, dilepaskan dari segala dosa dan keinginannya lengkap MAK DSS (di Mana saja, dalam hal Apa saja, dan Kapan saja, Dulu, Sekarang dan Selamanya).

Tidak sulit mencari Tuhan sebab Ia ada di mana2. Tetapi orang yang keras hati dalam dosa, sangat sulit bertemu dengan Dia sebab dikuasai oleh iblis, diputuskan dari Tuhan dengan dosa2-nya Yes 59:2 seperti Saul 1Sam 28:6. Kita harus tahu caranya, kalau bertobat pasti bertemu, kalau keras hati tetap dalam cengkramannya dan tidak bisa bertemu. Sederhana dan jelas, jangan ditipu dan disesatkan macam2 cara dan sistem manusiawi, bukan dengan cara Parisi Mat 23. Yang dapat Tuhan, pasti hidup Amos 5:4,6. Indah dan bisa mengusir setan. Yak 4:7-8.

6.b. berserulah engkau kepadaNya, selagi Ia dekat.

Apa arti dekat? Bukankah orang kaya itu lebih dekat dengan Abraham da-ripada di dunia? Ya, tetapi kesem-patannya hilang. Selagi hidup jangan keras hati, pasti kalau mau bertobat, bisa bertemu Tuhan dan hidup, ter-tolong dan selamat kekal. Bagi orang yang tidak mau percaya, yang hidup dalam dosa, kalau sudah mati, Tuhan terlalu jauh, tidak lagi bisa bertemu!

 

YES 55:7. KEMURAHAN ALLAH BAGI YANG BERBALIK KEPADANYA.

 

7.a. Biarlah orang fasik meninggalkan jalannya.

Kemurahan Allah itu selagi:

  1. Masih hidup. Kalau sudah mati minta air setetespun tidak dapat!
  2. Kalau mau kembali dari jalannya yang fasik. Orang yang menuju Neraka tidak ada kemurahan baginya, hanya mereka yang berbalik kembali kepada Tuhan, yang bertobat dan sungguh2 ingin mendekat dengan Kristus menda-pat kemurahan! Allah Maha tahu, karena itu orang2 yang masih belum bertobat, kalau pada satu waktu ia akan bertobat, masih diberi kesem-patan; tetapi makin lama kesem-patannya makin tipis dan kecil. Jangan tunda, hari ini jangan mengeraskan hati, bertobatlah Ibr 3:15.

7.b. dan orang yang tidak benar, pikirannya.

Ini ukuran Tuhan, yaitu benar sampai pikirannya, jangan hanya dari luar seperti orang Parisi Mat 23:27. Sia2 menyembunyikan pikiran yang jahat, harus disucikan sampai angan2nya. Gal 5:24. Kalau tidak, tidak ada kemurahan Tuhan, lalu yang didapat adalah keke-rasan Allah Rom 11:22. Jangan main2, semua ada ukurannya, yaitu kekerasan hati dan waktunya!

 

7.c. Dan biarlah ia berbalik kepada Tuhan, maka Ia akan berkemurahan kepadanya.

Disini kepada Tuhan dan Allah. Apa bedanya, Tuhan atau Tuan itu untuk ditaati dan Allah itu untuk disembah. Kita harus berbalik kepada Tuhan untuk bertobat dari semua dosanya dan men-taati FirmanNya, tidak lagi berontak dan melawan.

Taat, sebab berharap kepadaNya, yang dengan murah mengampuni dan memberkati kembali sesuai dengan sisa pemulihan yang masih bisa dilakukan.

 

7.d. dan kepada Allah kita, karena Ia akan mengampuni dengan limpahnya.

Kembali kepada Allah, kembali me-nyembah Allah, seberapa banyak yang bisa dipulihkan (sebab dosa merusak-kan semuanya dan pemulihan itu ter-gantung sampai dimana kerusakannya. Daud bertobat sungguh2, juga Simson, tetapi pemulihannya tidak bisa penuh, ada yang hilang!).

Kembali menyembah Allah dengan kasih. Jangan mengasihi dunia ini 1Yoh 2:15-16. Alangkah indahnya kalau kita dari permulaan tetap mengasihi Allah kita dan tidak sampai berbalik. Musa bersalah satu kali dan tidak boleh ma-suk Kanaan. Israel ber-sungut2 10 kali baru tidak boleh masuk Kanaan, seka-lipun ingin dan mau berusaha untuk masuk, tetapi sia2 tanpa Tuhan, hanya jadi korban di Horma Ul 1:41-42. Sebab itu segera ada percintaan dosa dan dunia ini, buanglah, jangan mengurangi kasih kita pada Tuhan dengan me-ngasihi duniawi. Jangan ada berhala kecil atau besar, tetapi Tuhan dikasihi di atas se-gala2nya, maka kemurahan Tuhan akan turun dengan limpahnya.

 

KESIMPULAN.

Kesempatan untuk naik se-tinggi2nya dalam anugerah dan kemurahan Allah yang penuh sampai sempurna hanya di dalam dunia. Pakai kesempatan ini baik2 dengan se-penuh2 hati, maka hidup ini akan menjadi paling indah dan sempurna. Jangan mengurangi sedikitpun; dikira hanya kurang sedikit, tahu2 habis dan hancur semuanya.

Jangan memberi tempat pada iblis Ef 4:27, taat dengan segenap hati, Bapa, Putra dan Roh Kudus akan menolong kita, Dia sanggup asal kita mau.