YS286 – YESAYA 54:14-17. BERKEMENANGAN DALAM PERKARA2 YANG DAHSYAT

YES 54:14. YANG BENAR TIDAK AKAN TAKUT.

14.a. Engkau akan dibangunkan dalam kebenaran.

Seharusnya semua orang beriman te-tap hidup benar dan terus tumbuh dan dibangunkan dalam kebenaran, bukan dalam dosa atau siasat tipu daya dosa atau kebenaran manusiawi yang sering pura2. Ini dasar yang kuat seperti kaki2 tembaga dalam Wah 1:15. Sebab kalau kita tetap hidup benar, Allah di pihak kita dan itu jadi kekuatan kita yang besar dan tidak terkalahkan 1Pet 4:12. Jadi orang yang terus hidup benar akan terus tumbuh, ber-tambah2 dan akan menang dalam segala pencobaan; ini hidup yang indah, di dalam kebenaran.

 

14.b. Engkau akan jauh dari penindasan, sebab engkau tidak akan takut.

Macam2 penindasan dan ketidakadilan akan datang, bisa menderita, tetapi orang benar yang dipimpin Roh (me-ngerti kebenaran Firman Tuhan dan percaya) tidak akan takut, sebab kita akan menang dengan Tuhan. Jangan ragu2 atau bimbang, pasti menang. Daud terus ditindas oleh Saul, Elia oleh Achab dan Izebel tetapi mereka bisa mengatasi takutnya. Elia sebetulnya ti-dak perlu takut dan lari, ternyata de-ngan Tuhan ia tetap menang dan ter-pelihara dan akhirnya menjadi sem-purna. Tidak perlu takut.

 

14.c. juga dari teror, karena itu tidak akan datang dekat kepadamu.

Teror dan ancaman di akhir zaman ini makin banyak makin limpah, apalagi nanti dalam Minggu ke-70 Daniel. Kita harus mengenali keadaan zaman, harus tahu dan bersedia Mat 16:3. Kita harus mengenalinya dalam terang Firman Tuhan dan punya pegangan Firman Tu-han dan Roh Kudus, kalau tidak, bisa ketakutan dan menjadi korban dan rusak rohaninya.

Bagaimana kita bisa tidak takut menghadapi semua ini, yaitu kalau Tuhan beserta kita, apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel ada ayat2 janji Firman Tuhan yang melindungi kita dengan kuat sekali 1Kor 15:51-52. Ini bagi orang yang lekat pada Tuhan Yoh 15:5 hidup dalam kebenaran dalam Ruangan Suci, dipimpin Roh dalam 7 KPR, maka kita akan terlindung! Tuhan itu luar biasa, Dia sanggup menjaga de-ngan teliti sampai 100%, Dia sanggup, sebab itu pegang Firman Tuhan dengan sungguh2 maka kita akan aman dalam perlindunganNya.

 

YES 54:15. MEREKA BERHIMPUN MELAWAN ENGKAU.

15.a. Lihatlah bahwa mereka akan sungguh2 berhimpun tetapi bukan oleh karena Aku.

Mereka akan berhasil mengejar dan mencari tempat2 orang beriman, apa-lagi zaman sekarang dengan alat2 yang canggih dan dengan kuasa gelap, pasti bertemu, sebab masih di dunia. Tetapi semua ini tanpa Tuhan, dari iblis sen-diri. Apalagi dalam 3,5 tahun II semua orang di cap dengan meterai Antikris, dan tidak ada yang bisa menghindar, kecuali yang sudah dipilih untuk masuk dalam Kerajaan 1000 tahun. Orang beriman yang tertinggal pasti kena dan binasa Wah 13:7. Hanya 144.000 orang Yahudi yang diberi tanda oleh Tuhan dan juga sebagian orang kafir, mereka yang akan menjadi penduduk kerajaan 1000 tahun. Satu2nya kekuatan orang beriman untuk bisa menghadapi Anti-kris dan pengikutnya yang ganas itu, hanya di dalam Kristus dan inilah orang2 yang akan ikut pengangkatan. Kita harus belajar mulai sekarang mem-punyai Tuhan sebagai satu2nya ke-kuatan kita. Uang, kepintaran, kedu-dukan, pangkat, kuasa dll tidak akan bisa menghadapi Antikris yang me-nguasai dunia waktu itu. Sekarang de-ngan kekuatan sendiri masih bisa lepas dari musuh yang jahat, tetapi jangan berharap pada hal itu. Sekarangpun kita harus melatih diri kita memakai kuasa Tuhan dan pimpinanNya sebagai satu2nya kekuatan dan pimpinan kita, maka ini dapat melepaskan kita dari serangan2 dosa yang dahsyat pada hari2 ini, istimewa pada saat2 terakhir itu. Tinggallah dalam Kristus (dalam ke-benaran, kesucian) dan terus dipimpin Roh lebih2 dalam kesukaran, bersandar penuh pada Tuhan!

 

15.b. Barangsiapa yang berhimpun melawan engkau akan jatuh, karena kamu.

Belajar betul2 berkemenangan karena Kristus. Sekarang dengan kekuatan sen-diri bahkan dengan keadaan yang salah dan berdosapun masih bisa lepas (mi-salnya Yosafat dan raja Israel dan raja Edom 2Raj 3); tetapi jangan pakai cara ini, akan menyesatkan dan membi-nasakan. Musa, Yusuf, Daud, Paulus, Petrus dll semua memakai kuasa dan hikmat Tuhan saja, bisa lepas, tetapi kadang2 lama, tidak sesuai dengan kehendak dan keinginan kita sendiri, yang biasanya ingin langsung atau ce-pat lepas dan menang. Jangan terpan-cing memakai kekuatan manusiawi. Waktu Paulus ditangkap di Pilipi, ia bisa memakai kewarganegaraan Roma yang dimiliki dan ia bisa bebas. Tetapi sebab “bodoh” tidak mau memakainya ia di-pukul setengah mati dan dipasung da-lam penjara. Tetapi justru ini mem-buatnya berjalan dalam rencana Allah. Juga Yusuf yang tidak pulang sesudah masuk istana, membuat ia bisa meng-alami penggenapan mimpinya. Sebab itu kita harus belajar bisa mendengar suara Tuhan dan taat dengan tepat. Minta peneguhan dari Tuhan, kalau perlu dengan puasa. Kita bukan saja ha-rus menang sekarang (dengan betul, bukan dengan menghalalkan segala ca-ra), maka dalam hari2 yang akan da-tang yang dahsyat, kita tetap menang! Kita tidak akan kalah sebab kita dibangun dalam kebenaran dan Tuhan beserta kita.

 

YES 54:16. SENJATA SI TUKANG BESI.

16.a. Lihatlah Aku menciptakan tukang besi yang meniup bara di dalam api.

Kalau dalam ayat di atas musuh ber-himpun bukan karena Tuhan. Tetapi di-sini dikatakan Tuhan menciptakan tu-kang besi (pemberontak2 ini). Ini orang2 yang diciptakan Tuhan menjadi pandai besi. Mula2 mereka begitu in-dah dalam tangan Tuhan, mengerti Fir-man Tuhan dan jadi rohani, tetapi ke-mudian dengan mulut dan fitnahnya membakar dalam arang sehingga tim-bul api yang besar. Memang semua diciptakan Tuhan, bahkan mereka sem-pat menjadi orang rohani dan besar, tetapi kemudian tukang besi yang diciptakan Tuhan ini, meniup bara di dalam api, tentunya api itu bertambah besar. Apalagi kalau kita memegang te-guh2 Firman Tuhan, peraturan2nya, dan menertibkan tukang besi yang me-langgar ini, maka mereka akan makin marah dan meniupkan api itu makin besar yang menghasilkan senjata mela-wan kita. Begitu dahsyat. Orang2 ini khusus meniup bara api sehingga me-nyala2, macam2 fitnah, kata2 jahat dan macam2 hal yang membuat keadaan bisa kacau dan sangat terganggu.

 

16.b. dan itu menghasilkan sebuah alat bagi pekerjaannya.

Dengan semua tiupannya, ia berhasil menciptakan sebuah alat bagi peker-jaannya yaitu untuk mengacaukan, menghancurkan atau merusakkan pe-kerjaan Tuhan dan hidup orang2 yang dibangunkan dalam kebenaran. Dah-syat sekali. Sama seperti 120 menteri berhasil meniup api yang besar dan akhirnya timbul satu peraturan yang menjadi alat untuk mencapai maksud mereka untuk menangkap dan mem-binasakan Dan 6:5-10. Alat untuk mem-binasakan Daniel sudah siap dan itu akan menangkap dan membinasakan Daniel. Ternyata alat itu berhasil dan Daniel dimasukkan gua singa. Mereka semua bergembira dan bersukacita, te-tapi itu belum akhir dari semuanya. Mereka mengira sudah 99% berhasil, tetapi Allah melakukan hal yang lain dan mereka binasa. Juga terhadap Mu-sa, terhadap Daud, terhadap rasul2 lebih2 terhadap hamba2nya dalam za-man sekarang, apalagi nanti pada Minggu ke-70 Daniel! Tetapi jangan takut. Memang orang2 yang kita pim-pin, gembalakan, bisa berubah menjadi pandai besi yang menciptakan alat untuk membinasakan kita sendiri! Dah-syat, tetapi jangan takut sebab Tuhan yang menentukan semuanya, Dia sang-gup membela orang2Nya yang benar.

 

16.c. Dan Aku menciptakan si pembinasa untuk menghancurkannya.

Tuhan lebih besar dan lebih kuat dari semua orang jahat itu. Sekalipun tam-paknya sudah 99% berhasil tetapi Tu-han bisa membuat jadi kegagalan dan berubah sama sekali dan merekalah yang justru dibinasakannya! Dalam ka-sus Daniel, Tuhan pelihara Daniel dari mulut singa, itu cukup menjadi bukti kuat bagi raja Darius bahwa pengadilan Allah membebaskan Daniel yang tidak bersalah, lalu 120 mentri yang dibi-nasakan Dan 6:25. Luar biasa. 99% suk-ses bisa jadi gagal 100%. Allah men-ciptakan si pembinasa untuk meng-hancurkan segala musuh orang benar.

Begitu juga Yusuf yang sudah diang-gap mati oleh saudara2nya sebab sudah dijual dengan 20 keping perak. Tetapi ternyata Tuhan bisa mengubah-kannya dan menjadi terbalik sehingga justru saudara2nya terpaksa menyem-bah Yusuf. (Memang saudara2nya tidak mati, sebab mereka mau bertobat). Tetapi musuh2 Musa, sesudah sampai waktunya, mereka dibinasakannya oleh Tuhan. Dahsyat sekali. Sebab itu se-sudah Tuhan menjadikan kita pandai besi, alat2 yang indah, jangan suka me-niup2 perkara yang jahat, apalagi me-lawan hamba2Nya seperti Musa, Daud, Yusuf, Daniel dsb. Akibatnya bisa sa-ngat dahsyat. Kalau mau bertobat se-perti saudara2 Yusuf, masih bisa di-ampuni dan Yusuf rela mengampuni dengan penuh, tetapi selalu ada aki-batnya. Jangan biasa suka bicara me-niup2, mengajak berbuat perkara2 do-sa sehingga jadi alat untuk mence-lakakan hamba2 Tuhan yang benar. Kalau tetap berani melawan Allah, akan jadi celaka besar. Bertobatlah seperti saudara2 Yusuf. Jangan menjadi Saul, sudah jadi alat2 Tuhan yang indah, jadi pandai besi, lalu meniup fitnah me-lawan Daud dan pahitlah hidup Saul seterusnya sampai binasa sebab tidak mau bertobat, dahsyat, kekal, binasa di Neraka!

 

YES 54:17. ORANG BENAR DAPAT BAGIAN PUSAKA DARI TUHAN.

17.a. Tiada senjata yang dibentuk melawan engkau akan berhasil.

Dahsyat, luar biasa. Allah tahu, Dia adil dan sanggup menghukum orang yang keras hati melawan hamba2Nya. Apa-lagi yang sudah diciptakan Allah lalu berbalik jadi alat ibis sebab menuruti daging dan hawa nafsunya sehingga meniupkan fitnah dan perkara2 yang jahat dalam bara api. Semua senjata yang dibuat, sekalipun dengan teliti dan sudah direncanakan baik2, akan jadi celaka bagi dirinya sendiri, sebab tidak mungkin bisa berhasil melawan Tuhan dan hamba2Nya.

Dalam zaman yang lalu, juga dalam Hujan awal, masih ada hamba2Nya yang se-olah2 bisa berhasil dikalah-kannya seperti orang Parisi dan Yahudi berhasil membunuh Putra manusia Yesus. Mereka puas dan bersukacita bisa menuruti hawa nafsunya yang jahat. Tetapi akhirnya senjata itu akan makan tuannya, mereka akan kena hukuman yang dahsyat!

Dalam Hujan Akhir Tuhan menen-tukan lain, sebab hamba2Nya yang setia, yang dibangun dalam kebenaran akan diselamatkan untuk ikut dalam pengangkatan sehingga tidak ada yang mati 1Kor 15:51-52. Ini keadaan Hujan Akhir atau akhir zaman sebab ada ren-cana penamatan Allah dan peng-angkatan. Ini sangat indah dan heran. Jangan lupa, orang yang masuk dalam rencana ini, dari sejak lahir akan tetap dipelihara Tuhan dengan aman. Misal-nya Elia yang sudah diketahui Tuhan akan diangkat, maka sejak dari lahir, Tuhan sudah menjaga Elia tidak sampai mati. Sekalipun Achab, lebih2 Izebel mau membunuhnya, itu tidak mungkin terjadi. Allah sanggup melakukannya dan sekalipun Elia di kejar2 dengan dahsyat, ia tetap hidup. Begitu orang2 yang akan ikut pengangkatan pada ak-hir zaman apalagi yang menjadi sem-purna akan dipelihara Allah sejak lahir! Jangan takut.

Kalau kita dibangunkan dalam kebe-naran, jangan takut ada pandai besi yang meniup fitnah dan kata2 jahat yang bisa mempengaruhi orang banyak seperti 10 pengintai. Semua senjata2 yang dibuat itu tidak akan berhasil, Tu-han akan bekerja dengan hikmat dan kuasaNya. Tetapi kita semua yang ada-lah hamba2 Tuhan, jangan jatuh dalam dosa dan kebenaran atau dosa2 lain-nya. Tetap hidup benar dan terus di-bangun dalam kebenaran, sebab ren-cana Tuhan akan jadi dalam hidup kita. Jangan kuatir, senjata2 mereka yang dahsyat tidak akan berhasil!

Kalau orang melihat fakta, kea-daan, senjata2 itu, bisa takut dan re-bah mati. Tetapi orang benar hidup dengan iman bukan dengan penglihat-an, atau berdasarkan kenyataan 2Kor 5:7, Rom 1:17. Jangan takut, perca-yalah akan Firman Tuhan dan pegang-lah janji2 Tuhan, jangan pandang fakta dan sikon tetapi terus berjalan dalam Roh dan jalan dengan iman!

 

17.c. dan setiap lidah yang akan bangkit melawan engkau dalam hukum, akan kau hukumkan.

Kalau Tuhan beserta kita jangan takut, lebih2 pada akhir zaman yang dahsyat tetapi heran ini. Kita akan dapat me-nyalahkan, membuktikan lidah yang bangkit menfitnah dan me-niup2 per-kara yang dahsyat. Orang itu akan ter-bukti bersalah. Lebih2 dengan pela-yanan orang sempurna dalam Gereja akhir zaman.

Gereja akhir zaman (Wah 12:1) akan menjadi sempurna dan ini masih dalam dunia (Ruangan Maha Suci itu berdiri di atas tanah padang pasir, ini berarti masih di dunia, zaman keemas-an Gereja). Gereja yang benar tidak mungkin kalah sebab dibangunkan dalam kebenaran, disertai Allah, apa-lagi waktu menjadi sempurna (dalam sikon yang sangat tertib dan keras. Kita harus belajar hidup tertib di hadapan Tuhan!). Sebab itu jangan keluar dari kebenaran Allah, tetap tumbuh dan dibangunkan di dalamnya. Dalam za-man ini semua orang yang bersalah, juga orang benar, atau hamba2 Tuhan yang berbalik, semua yang berani bangkit melawan hamba2 Tuhan dan Gereja yang betul akan binasa dengan dahsyat, lebih daripada Ananias dan Safira.

17.c. Inilah bagian pusaka dari hamba2 Tuhan.

Siapa bagian pusaka kita? Tuhan Yesus! Kalau kita masih di dunia, terus hidup dalam Kristus itu terus menambah pa-hala dan kemuliaan kita, sebab terus dibangun dalam kebenaran, luar biasa. Selama hidup di dunia, kalau seorang hidup dalam dosa, itu merusakkan pu-sakanya, perkara2 yang indah dari Tuhan Pkh 9:18, bahkan bisa binasa. Tetapi kalau kita hidup benar di ha-dapan Tuhan, kita akan tumbuh terus dalam kemuliaanNya dan terus ber-tambah2 dalam pahala yang kita buat dengan limpah di dalam Tuhan. Begitu heran. Hidup di dunia, apalagi dalam zaman keemasan Gereja, kita bisa tumbuh dengan cepat dalam Tuhan sehingga pusaka kita cepat bertambah dalam Tuhan. Hari2 ini luar biasa untuk orang yang tekun dalam kesucian, terus dalam Ruangan Suci meskipun di sekitarnya sangat jahat, juga banyak Yudas2 (pandai besi), tetapi wai yang di Halaman, celakalah mereka!

 

17.d. dan kebenarannya adalah daripadaKu, kata Tuhan.

Tuhan mengakui kebenaran kita adalah dari Tuhan dan itu berlaku dalam Surga untuk kekal Mat 10:32,33. Kebenaran diri sendiri yang palsu, tidak akan ber-tahan dalam hari2 ini Mat 23:27. Kalau mereka berani masuk dalam Gereja ak-hir zaman akan binasa seperti Ananias dan Safira atau seperti 10 pengintai. Takutlah akan Tuhan, jangan berani2 seperti Korah dkk, yang tidak gentar berdiri atas kebenarannya sendiri dan binasa Bil 16:26-35. Kalau orang rugi jualan 10 milyard itu masih belum apa2 dibandingkan dengan celaka yang dialami orang2 yang berani melawan orang2 benar dari Tuhan. Sangat dah-syat.

Orang Niniwe mengakui salah dan diampuni Tuhan. Juga anak terhilang. Juga panglima yang biasanya semau-nya sendiri, tetapi minta belas kasihan pada Elia, hamba Allah dan selamat 2Raj 1:13. Juga Harun dan Miryam yg mula2 sombong terhadap Musa sebab mereka kakaknya, tetapi sebab meren-dahkan diri, kustapun sembuh. Uzia yang puluhan tahun kena kusta, punya kesempatan panjang, puluhan tahun, tidak mau merendahkan diri dan mati dalam kustanya. Jangan sombong membenarkan diri dan melawan ham-ba2 Tuhan yang benar, bisa celaka be-sar! Tidak perlu menunggu nubuatan, kalau tidak bertobat akan celaka.

 

KESIMPULAN.

Jangan takut terhadap kejahatan dan teror yang dahsyat. Tetaplah dibangun dalam kebenaran, maka kita akan terus menambah pusaka yang kekal dalam masa2 yang sulit. Justru hidup dalam masa2 yang sangat jahat dan sulit itu sangat untung sebab bisa membangun dalam kebenaran untuk kekal. Tetapi wai yang berani melawan orang yang benar, bisa celaka dengan sangat dah-syat. Lebih2 orang yang sombong, yang sudah dipakai Tuhan, yang sudah di-berkati, jangan berani bertindak sem-barangan, nanti jadi celaka dan disam-bung terus dalam Neraka kekal.

Jangan keras hati, ambil keputusan untuk taat pada Tuhan.

 

Nyanyian:

Dengan tegas ambil keputusan,

kutinggalkan dunia.