YS281 – YESAYA 54:4-6. JANGAN TAKUT DIPERMALUKAN

YES 54:4. MELUPAKAN MALU MASA MUDAMU.

4.a. Janganlah takut, karena engkau tidak akan dipermalukan, juga tidak menjadi malu.

Mengapa Tuhan berkata demikian? Apakah Tuhan akan menyembunyikan malunya? Kalau orang korupsi, berbuat kejahatan itu malu, kalau bisa disem-bunyikan. Apakah Tuhan juga demi-kian? Pasti tidak! Dia Allah yang terang dan adil, dosa pasti dihukum kalau tidak dibereskan. Yang penting harus membuat pemberesan dan bertobat, baru malunya itu bisa dibuang! Kesan malu di hadapan manusia sulit dihapus, sebab tetap diingat sebagai eks ini dan itu. Tetapi kalau sudah beres, dihapus darah Yesus, bersih, Tuhan melupa-kannya (1Yoh 1:9) dan mau beker-jasama lagi, sekalipun rencana Allah sudah merosot sebab dosa2nya, apa-lagi kalau keras hati, akibatnya bisa parah seperti 1Kor 3:15. Tetapi yang sudah beres oleh darah Yesus, jangan tertuduh, kembalilah pada Tuhan, naik-lah kembali. Juga saudara seiman wajib mengampuni dan melupakannya, ja-ngan ditekan, kecuali kembali dalam dosanya 2Kor 2:6-8. Pulihkan kembali se-bisa2nya, seperti luka dalam bagian tubuh anggota yang lain, diharapkan sembuh dan pulih! Kita wajib meno-long, memulihkan dengan kasih Kristus (sambil menyangkal diri untuk meng-ampuninya) Gal 6:1.

 

4.b. dan tidak akan kena aib sebab engkau akan melupakan malu masa mudamu.

Mengapa disebut malu masa muda? Apakah semua orang muda berbuat hal2 yang memalukan? Rata2 banyak yang demikian, sebab itu orang muda harus hati2, jangan sampai terjerumus dalam dosa masa muda Maz 119:9. Mengapa?

Kelebihan masa muda: semangat, kuat, penuh ide dan kreasi, punya cita2 setinggi langit, idealistis dll, itu indah. Tetapi juga ada kekurangan2 yang umum yaitu :

  1. Kurang pengertian.
  2. Kurang pengalaman.
  3. Belum mahir menyangkal diri, lebih mudah emosi dan lebih mudah menu-ruti daging, juga naluri sex.
  4. Kadang2 bertindak spontan kurang dipikir.
  5. Suka mencari pengalaman baru.
  6. Dan lain-lain.

Sebab itu kaum muda lebih mudah terpengaruh oleh aliran2 baru, trend2 yang menarik, dsb, apalagi kalau jadi anak2 iblis. Daud adalah anak Allah dan banyak disucikan oleh Firman Tuhan sehingga tidak mudah tertipu atau di-sesatkan oleh banyak macam tipu daya iblis dan dunia ini. Dan kalau sudah terjerumus atau terseret dalam dosa, lebih2 perzinaan, itu membuat banyak kerusakan dalam hidup rohaninyadan cacat sehingga timbul rasa malu. Sebab itu kaum muda perlu dibimbing pe-mimpin2nya, juga orangtua dan Gereja. Perlu pembimbing2 pribadi, dalam kelompok2 kecil. Perlu banyak terang Firman Allah, pekerjaan Roh Kudus dan sukacita ilahi. Lebih2 “Daud2” yang cinta Firman Tuhan bisa menggarami saudara2nya yang sama2 muda. Hati2 dengan orang muda yang seperti “10 pengintai” yang menghasut, bisa timbul gejolak dan kerusakan, bisa timbul demo, pemberontakan dan hukuman Tuhan yang dahsyat turun.

Kalau toh ada yang cacat atau salah jalan, perlu ditolong, dinasehati sampai pulih kembali dan juga rasa malunya, supaya bisa dipulihkan kembali dan kembali diolah dan tumbuh, jangan sampai rencana Allah dalam dirinya ter-lalu banyak merosot, atau hancur sama sekali, kasihan. Saul merosot dari raja seumur hidup (bisa setia sampai akhir), jadi orang yang dipecat. “Surat kepu-tusan” sudah keluar tinggal tunggu saatnya. Sebetulnya kalau ia bertobat sungguh2, ia masih bisa diuplihkan. Simson bertobat sungguh2, sebab itu masih pulih sekalipun hanya sesaat, langsung mati. Daud dipulihkan juga Yunus, Saul tidak mau dipulihkan.

Kalau tidak mau bertobat dari dosa masa muda, itu merusakkan dan menghancurkan seluruh hidupnya, te-tapi kalau mau bertobat, masih ada harapan selagi masih hidup.

 

4.c. dan tidak akan ingat akan kecelaan kejandaanmu lagi.

Menjadi janda itu bukan kebetulan, seperti 3 janda dalam rumah Elimelekh. Semua itu ada sebabnya, menyedihkan dan juga akibatnya kadang2 mema-lukan sebab perbuatan2nya itu tidak tahu malu. Seringkali janda muda itu lebih berani, lebih buas, sebab itu Firman Tuhan berkata daripada me-nyala2 lebih baik menikah 1Tim 5:5,11-15.

Janda muda ini sebab menuruti daging, bisa jadi lebih berani dari para gadis sebab sudah “berpengalaman” dalam dosa menuruti hawa nafsunya, baik janda betul atau yang bukan tetapi ber-nyala2 birahinya, lebih baik me-nikah 1Kor 7:9. Seringkali orang yang tidak bisa memadamkan nafsunya, akan jadi korban hawa nafsunya se-hingga masuk dalam banyak dosa dan kemerosotan, sayang. Tetapi bagaima-napun kalau bisaharus diselamatkan dan ditolong sambil memperhatikan di-rinya sendiri juga supaya jangan ketu-laran Gal 6:1 sehingga kena pencobaan. Tentu yang terbaik pencegahan, jangan sampai berdosa, daripada mengobati yang rusak!

Problem malu ini hanya di dunia, tetapi kalau sungguh2 bertobat, Roh Kudus bekerja kembali, masih bisa me-ngatasi problem malu, tetapi harus betul2 bertobat.

 

Janda rohani.

Secara rohani Tuhan itu suami umat-Nya. Sebab ditinggalkan, tercerai dari Tuhan (yang menceraikan adalah dosa manusia, sebab Tuhan tetap setiawan, tidak ingkar janji 2Tim 2:13). Orang yang ditinggalkan Tuhan, pasti banyak dosanya sebab putus dari Tuhan Yes 59:2 itu berarti ada dosa (apalagi kalau keras hati, tidak mau bertobat) maka akan timbul lebih banyak lagi dosa, sebab dosa itu tanpa dikuatkan, tanpa disirami akan berkembang dengan ce-pat dan limpah, sebab roh setan tanpa diminta sudah masuk dan merasuknya. Ams 6:27-28.Hati2, jangan beri tempat pada iblis, jangan sampai putus hu-bungan dengan Tuhan.

Jangan tertipu oleh ajaran2 yang menyesatkan seperti hyper grace, yang mengajarkan sekali bertobat dan diam-puni, ini untuk selamanya, tidak perlu lagi pengampunan. Ini tidak benar, se-bab:

  1. Orang yang mulai dalam Roh tetapi kemudian menuruti daging, tidak oto-matis diampuni dan bersih lagi, dosa itu harus dibereskan satu per satu, ti-dak ikut pengampunan yang permu-laan. Gal 3:3-4. Saul tidak bertobat dan binasa!
  2. Kebenaran yang pertama tidak bisa menghapus dosa2 berikutnya. Yez 33:13, kalau tidak bertobat, binasa! Se-kalipun mula2 Tuhan yang berkata ia akan hidup.
  3. Setiap kali minum Perjamuan Suci harus periksa diri lagi, supaya jangan menarik hukuman karena keras hati dalam dosa2nya. 1Kor 11:28-30.
  4. Mandi cukup 1 kali, cuci kaki ber-ulang2 Yoh 13:10. Dalam perjalanan, kaki itu bisa kotor lagi, kalau kotor ha-rus disucikan.
  5. Kalau berdosa lagi, hukuman lebih dahysat Yoh 5:14. Kalau sudah diam-puni, kembali berdosa lagi, hukuman-nya lebih keras dan lebih dahsyat.
  6. Orang di bait Allah yang berdosa la-gi dihukum mati Yez 9:6. Yang boleh masuk bait Allah adalah orang2 ber-iman yang sudah disucikan, orang kafir tidak boleh, tetapi mereka yang se-ngaja berdosa lagi, apalagi terus mene-rus, lebih2 pada akhir zaman (ini nu-buatan tentang masa hukuman rumah Allah di akhir zaman 1Pet 4:17), hu-kumannya dahsyat 2Kor 10:6, sama sekali bukan seperti janji palsu pela-jaran hyper grace.
  7. Masih banyak ayat2 yang serupa. Sebab itu jangan sampai dibujuk atau ditipu iblis, lebih2 tentang dosa, itu benih neraka (Rom 6:23). Bereskan baik2 dan jangan berdosa kembali 2Tim 1:10. KJI.

 

YES 54:5. SUAMI UMAT TUHAN.

 

5.a. Sebab yang menciptakan engkau adalah suamimu.

Yang menciptakan manusia adalah Tuhan, juga yang menciptakan secara rohani (lahir baru) adalah pekerjaan Al-lah (Firman Tuhan dan Roh Kudus, dalam pimpinan Allah Bapa, dilahirkan menjadi anak2 Allah Yoh 1:12). Begitu drastis pernyataan ini, sebab yang menciptakan kita adalah “suamimu”. Ini menceritakan hubungan umat Tu-han dan Tuhan itu seperti suami-istri Ef 5:32. Ini suatu hubungan cinta yang besar. Memang mula2 Allah lebih cinta pada kita, bahkan selagi manusia dalam dosa dan melawan Allah, Dia sudah mencintai manusia Rom 8:5. Sama seperti ibu terlebih dahulu cinta pada bayinya, baru kemudian bayi itu mulai tumbuh kasihnya pada ibu, sebab dicintai lebih dahulu oleh orangtuanya. Bahkan sampai besar dan tua, se-ringkali kasih anak itu belum sampai penuh seperti orangtuanya.

Misalnya kasih orangtua pada bayinya 100, bisa naik sampai 200, te-tapi kasih bayi yang jadi dewasa mungkin hanya 50. Waktu anak itu menjadi orangtua, ia lebih sadar, ka-sihnya mungkin naik sampai 75 atau 100, tetapi kadang2 macet hanya sam-pai sekitar 50-60 bahkan bisa menjadi benci, apalagi waktu dosa meningkat karena dosa (uang, narkoba, dirasuk iblis dll).

Begitu dengan kita pada “suami” kita, Allah kita, kasih itu tumbuh, tetapi tidak sama pada setiap orang, tetapi Allah tetap cinta umatNya. Betapa un-tung orang yang bisa meningkat ka-sihnya kepada Tuhan. Tandanya kalau kasih kita pada Tuhan meningkat ada-lah kasih kita pada Firman Tuhan me-ningkat seperti Daud, juga 7 KPR. Kalau kita mengasihi Tuhan, maka kasihNya makin nyata dalam kita 1Yoh 2:5 dan itu luar biasa. Orang yang menjadi kecintaan direktur saja sudah merasa untung, apalagi kalau jadi kecintaan Allah, kasih Allah nyata dalam kita, itu luar biasa. Pasti tidak rugi, tetapi un-tung sangat2 besar! Rohani akan tum-buh, pimpinan, kuasa dan penyerta-anNya akan makin nyata, itu luar biasa. Jadi Immanuel. Mat 1:23.

 

5.b. Tuhan bala tentara itulah namanya.

Kalau kita punya komandan hebat se-perti Daud, Yusak, dll itu sudah luar biasa. Apalagi kalau Tuhan menjadi komandan kita, kita tidak takut, selalu menang dengan banyak jarahan, asal terus taat akan pimpinanNya, baik sendirian, juga ber-sama2 dalam pasu-kanNya! Begitu kita secara pribadi se-perti Yonathan 1Sam 14:6 dan Gideon Hak 7:13-14. Juga secara ber-sama2 di bawah pimpinan, Tuhan sebagai ko-mandan kita, itu luar biasa. Sebab itu dalam hidup dan pelayanan kita, baik sendiri2 dan ber-sama2 kita semua harus sama2 bersatu dan terus mene-rus taat dipimpin Tuhan sebagai ko-mandan kita dalam menghadapi segala problem hidup dan pelayanan.

Dengan Tuhan kita tidak mungkin kalah Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Luar biasa, hidup, pelayanan, pergumulan dalam berperang melawan iblis dengan segala siasat dan tipu dayanya, kalau kita berperang dipimpin Tuhan, pasti selalu menang, bahkan bisa lebih dari pemenang Rom 8:37.

 

5.c. Penebus mu.

Kita ditebus dari dosa dari tangan iblis, sehingga kita bebas dari dosa, hukum dosa dan maut, keluar dari kerajaan gelap, keluar dari kutuk Adam dan masuk dalam kerajaan Putra Allah yang mulia dan ini terus untuk kekal. Kol 1:13. Cuma2 tetapi kekal, diakui Allah sampai kekal! Kita menang melawan iblis, dia musuh yang kalah, jangan ta-kut atau kecil hati, tanda2 ini menyertai kita Mrk 16:17-18. Dia beserta sampai kesudahan alam Mat 18:20 sampai masuk Surga Bumi Baru.

 

5.d. Satu yang suci dari Israel.

Tuhan kita adalah satu2nya yang ter-tinggi dan (maha) suci bagi orang Israel. Sebab itu semua dosa itu menghantam Tuhan, bahkan Trinitas Allah. Orang yang berdosa itu melawan, menghan-tam Allah 2Raj 19:22. Jangan berani berdosa kepadaNya. Kalau orang2 yang sudah ditebus Tuhanmau, ia bisa hidup suci, terpelihara dan ada ber-sama2 dengan Dia. Jangan melawan Dia yang maha suci Maz 78:41. Tetapi kalau kita benar, setia, berkenan pada kita, Dia tetap jadi perlindungan kita Maz 89:18. Kita sudah ditebus, kita sudah merdeka dan kita jadi satu dengan Tuhan yang maha suci, jangan takut, tetapi jangan lupa, jangan keluar dari kesucian, bisa jadi musuhNya!

 

5.e. Dia akan disebut Allah segenap bumi.

Seluruh bumi dalam tangan Allah pemilikNya Mat 28:18. Jangan takut sekalipun ada iblis atau Antikris (dan pendahulu2nya), asal kita beserta de-ngan Tuhan, Dia akan memakai dan menolong kita sampai kesudahan alam Mat 28:20. Akan datang gemuruh kejahatan, tetapi dengan Allah kita justru mendapat gemuruh kemenang-an. Terus jalan dengan Allah, terus berdoa dalam Roh, hadapi. Dia yang memegang segala kuasa dalam dunia, sekalipun secara jasmani kita tidak berkuasa, tetapi Tuhan akan menyertai kita! Memang dunia ini sudah dikuasai iblis, dia penghulu dunia ini. Yoh 12:31. Penghulu dunia ini ada, dia berkuasa atas dunia Yoh 14:30, tetapi tidak berkuasa atas Kristus dan orang2 yang ada Kristus dalam hatinya, sebab penghulu dunia ini sudah dihukumkan Yoh 16:11. Betul Putra manusia Yesus ditangkap dan dibunuh di atas salib, tetapi bukan berarti penghulu dunia ini menang, justru dia kalah, sebab dia bo-doh, dibandingkan Allah, tidak menger-ti rahasia Allah 1Kor 2:8. Memang dia berkuasa atas orang2 dosa, sebab itu anak2nya 1Yoh 3:10 tetapi dia tidak berkuasa atas kita, sebab kita adalah anak2 Allah danTuhan bala tentara adalah Komandan kita. Kadang2 mere-ka berhasil “menyalibkan” kita seperti Putra manusia Yesus, mendatangkan kesusahan dan aniaya, tetapi jangan takut, nyawa kita dalam tangan Tuhan, mereka justru menggenapkan rencana Allah bagi kita sehingga kita menda-patkan kemenangan dan kemuliaan yang besar, sebab Kristus ada di dalam kita itu jauh lebih besar dari dia yang ada dalam dunia, juga penghulu dunia ini. 1Yoh 4:4. Yang penting terus dipimpin Roh, jangan berjalan sendiri, tetapi tetap dalam kesucian dan taat melakukan kehendak dan pimpinan-Nya, pasti menang dan tumbuh dalam rencanaNya yang mulia!

 

YES 54:6. PEREMPUAN YANG DITINGGALKAN SUAMINYA.

 

6.a. Sebab Tuhan memanggilmu sebagai seorang perempuan yang ditinggalkan.

Perempuan yang ditinggalkan ini dipanggil kembali, meskipun ia sudah ditinggalkan. Memang lebih baik ja-ngan menjadi perempuanyang diting-galkan, tetapi tetap lekat dengan suaminya, sebab kalau ditinggalkan, berarti celaka, bahkan sangat dahsyat. Betul Tuhan penuh dengan belas ka-sihan dan kemurahan, tetapi rencana Allah akan merosot, bahkan bisa cacat, sayang! Pelihara hubungan baik dalam kasih dan dalam kesucianNya. Ini syarat minimum yaitu hidup dalam kesucian, sebab Allah itu suci, semua dimulai dengan kesucian 1Pet 1:15-16. Dia sudah jadi Penebus kita, luar biasa. Itu panggilan yang luar biasa, jangan per-nah kecewa, sebab ini panggilan yang mulia dan Allah tidak menyesal akan panggilanNya Rom 11:29. Kita dipanggil dan diberi karunia2Nya dan kita tidak akan kecewa kecuali berdosa, sehingga bukannya berkat dan rencana Allah yang indah2 turun atas kita tetapi sebaliknya celaka dan kepahitan. Kalau toh seorang undur dan pahit hatinya, Allah terus mencari dan memanggilnya, sebab sebelumnya Allah sudah menga-sihi semua orang Yoh 3:16, Rom 5:8. Jangan ditipu dan disesatkan iblis seperti Lot yang cinta Sodom sehingga di-panggil2 kembali oleh Abraham dan tidak mau akhirnya binasa. Lot kecewa atau menyesal dengan panggilannya, tetapi Tuhan tidak menyesal, Dia terus mencari, bahkan memanggilnya kem-bali, sampai habis kesempatannya (ma-ti), apa boleh buat sesudah itu dibuang dari Allah untuk se-lama2nya. Dahsyat!

Kadang2 ada kepahitan seperti Naomi yang lebih cocok dipanggil Mara, sebab itu kenyataan hidupnya. Tetapi Naomi atau Mara ini mau mendengar pang-gilan Tuhan untuk kembali, ia mening-galkan Moab, dan siap meskipun men-jadi sebatang kara ditinggalkan 2 anak mantu yang disuruhnya pulang, dan Mara mau pulang sendiri kembali ke-pada Tuhan yang memanggilnya. Ia tidak bisa mengharapkan apa2 lagi, sebab semua sudah habis, tetapi ia menjawab panggilan Tuhan. Karena itu Tuhan memulihkannya begitu indah hidupnya.

Mengapa suami dan kedua anaknya tidak mau kembali? Apakah Tuhan tidak memanggilnya kembali? Tuhan pasti memanggilnya kembali, tetapi se-perti Lot, mereka sudah mencintai Moab dan sampai mati tidak mau kem-bali, sebab itu Tuhan biarkan mereka cepat mati, supaya Naomi bisa kembali, sebab Naomi masih mau kembali, se-bab ia ke Moab karena terseret oleh suami dan anak2nya, sayang Naomi tidak bisa memenangkan mereka, ia gagal, sebab memang orang2 ini keras hati seperti Lot. Naomi dipulihkan mes-kipun tidak penuh, sebab api itu tidak padam dalam dirinya, sebab itu ia pulangsekalipun tidak ada harapan apapun.