YS280 – YESAYA 54:1-3. SORAK SORAI ORANG MANDUL

YES 54:1. ANAK ORANG MANDUL LEBIH BANYAK.

1.a. Nyanyilah orang yang mandul, engkau yang tidak beranak, bersoraklah dengan nyanyian.

Dalam Wasiat Lama perempuan man-dul dan yang beranak itu termasuk per-soalan penting. Misalnya Sara, Rachel, Hanna, Elizabet dll, mereka merasa malu Luk 1:25 dan hidupnya tidak berguna sebab tidak punya anak Kej 30:1. Memang Tuhan membuat Hawa untuk Adam, supaya mereka ber-biak2 memenuhi bumi Kej 1:28, apalagi sesudah jatuh dalam dosa ada janji Allah bahwa dari turunannya akan lahir seorang Putra yang menjadi Juru se-lamat manusia (Mesias). Mereka men-jadi lebih ngotot untuk mendapatkan anak dan malu kalau gagal. Akhirnya nubuatan ini sudah digenapkan, Kristus Sang Juru selamat sudah lahir.

Sekarang dalam Wasiat Baru, arti berkat berkembang biak, berarti secara rohani yaitu menyelematkan orang2 di sekitar kita Mrk 16:15. Ini yang perlu kita lakukan, ini kehendak Tuhan Mat 7:21. Kita dijadikan garam dan terang dunia, kalau tidak menyala dan tidak asin akan dibuang Mat 5:13-16. Juga kita harus bersaksi Rom 10:14-15 memberitakan Injil Mat 28:19 sampai seluruh dunia, ini tugas kita. Dahulu orang mengharap putranya menjadi Mesias, Juru selamat manusia Mat 16:16, tetapi sesudah Tuhan Yesus lahir tidak ada lagi Mesias, tetapi anak2 yang kita lahirkan, itu menjadi pusaka Allah bagi kita Maz 127:3. Anak2 itu satu pribadi yang berbeda dan kita wajib merebutnya supaya (tetap) selamat di dalam kita sebagai orangtuanya 1Kor 7:14, digembalakan dan dimuridkan se-hingga menjadi indah seperti kita atau lebih indah lagi. Bahkan bukan hanya anak jasmani tetapi juga anak2 rohani dan semua yang ada di sekitar kita, da-lam “panci” kita Luk 10:27 dengan kasih dan belas kasihan Kristus Mat 9:13.

Ini adalah tugas kita semua, bukan tugas malaikat, diberikan kepada kita supaya kita mendapat pahalanya dan tumbuh dalam pelayanan, sekaligus ka-lau jumlahnya genap (rencana Allah di-sempurnakan dan Tuhan Yesus datang. Mat 24:14, Rom 10:25, Wah 14:1. Ini adalah bagian dan tugas semua orang beriman Mat 28:19. Kita wajib pergi untuk memberitakan Injil dan kalau perlu menyembuhkan Mat 10:18.

Orang yang tidak bisa beranak ro-hani itu mandul rohani dan itu tidak baik, seringkali karena ada sebab2 yang jelek (dosa, percintaan duniawi, hidup menuruti daging dsb, sehingga malu sebab tidak punya mahkota 1Tes 2:19, bahkan mungkin juga karena keadaan rohani jelek, undur, maka ia binasa. Ini hidup yang memalukan di hadapan Tuhan.

 

1.b. dan berteriaklah engkau yang tidak pernah sakit beranak.

Melahirkan sejak Hawa itu sakit (dalam kerajaan 1000 tahun tidak lagi sakit, sebab keadaan sudah dipulihkan Kis 3:21 sehingga dalam umur sampai 1000 tahun, orang2 akan beranak ba-nyak, kelihatannya sampai ratusan). Secara rohani kita harus berani dan mausakit beranak kalau mau meme-nangkan jiwa. Kalau tidak berani ber-korban tidak bisa punya anak. Pengor-banan dari permulaan berita kesukaan, sampai percaya (lahir baru) lalu terus di follow up sehingga menjadi pusaka ro-hani kita (direbut, dilahirbarukan, di-gembalakan dan dimuridkan). Kalau mau sakit beranak, bukannya menjadi susah dan celaka, tetapi justru bisa ber-teriak bersukacita di hadapan Allah, tidak malu lagi seperti orang mandul (ayat 4).

Karena orang2 beriman yang tidak punya anak2 rohani, mandulitu suatu keadaan yang jelek dan memalukan di hadapan Allah, sebab tidak ada kasih Allah dalam dirinya (Luk 10:27 Mat 9:13). Orang Samaria yang baik hati itu punya kasih, mau berkorban dan sebab itu ia “melahirkan anak”, tetapi imam2 dan orang Lewi tidak mau berkorban, sebab itu mereka memalukan di ha-dapan Tuhan. Luk 10:28-37.

Bagaimana penilaian Allah terhadap kita? Apakah kita orang yang mema-lukan atau yang berkenan pada Tuhan seperti orang Samaria itu? Beritakanlah kabar kesukaan pada isi panci kita dan orang2 sekitar kita dengan mau korban “sakit melahirkan”. Tidak berani sakit melahirkan, tidak akan melahirkan anak2 rohani, tetap dalam status jelek, tidak taat dan memalukan di hadapan Tuhan. Justru kalau kita melahirkan anak2 rohani, memenangkan jiwa, kita dapat pahala, mahkota yang tidak layu dan mulia di hadapan Allah, tidak lagi memalukan.

 

1.c. Sebab lebih banyaklah anak2 dari orang yang sepi (sendirian) daripada anak2 dari istri2 yang menikah, kata Tuhan.

Mengapa orang2 yang dulunya sepi, sendirian, tidak menikah lalu tahu2 bisa punya banyak anak, lebih daripada orang yang sudah menikah dan punya anak? Ini adalah nubuatan tentang 2 golongan yaitu golongan orang Israel yang menjadi istri dari Yehova dalam Wasiat Lama dan dalam Wasiat Baru, Gereja yang menjadi mempelai Kristus.

Dahulu hanya Israel yang menjadi umat Tuhan dan berkembang biak secara jasmani. Tetapi kemudian Gereja ber-biak2 luar biasa jauh lebih banyak dari Israel. Bahkan sampai ke ujung bumi, sampai seluruh bumi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab:

  1. Gereja menerima Tuhan Yesus seba-gai Juru selamat.
  2. Roh Kudus dicurahkan atas Gereja-Nya, sehingga semua beroleh kuasa untuk menjadi saksi Tuhan sampai ke seluruh dunia Kis 1:8. Roh Kudus ada-lah Roh panen jiwa2. Rasul2 yang mulai mengalami baptisan Roh Kudus, bukan lagi sebagai umat Israel yang bantut, tidak lagi beranak, tetapi sebagai Gereja mula2 dalam Hujan Awal.

Perempuan yang mandul sekarang bisa bersorak-sorai, penuh kesukaan dan kemenangan dan juga punya kuasa cukup untuk bisa melahirkan jiwa2 bagi Tuhan. Ini perubahanyang luar biasa! Oleh kuasa Roh Kudus Gereja Tuhan berkembang sampai ke seluruh bumi lalu jumlahnya genap dan Tuhan Yesus datang kedua kalinya. Sebab itu jangan hanya penuh Roh Kudus, tetapi juga penuh dan dipimpin Roh pergi meme-nangkan jiwa2 sehingga Gereja Tuhan terus berkembang sampai seluruh bu-mi lalu Tuhan Yesus datang kembali. Kita menerima kuasa waktu dibap-tiskan dalam Roh Kudus Kis 1:8 se-hingga kita punya kuasa Allah yang cukup (bahkan limpah) untuk mema-tikan daging sehingga bisa hidup dalam kesucian dan taat melakukan kehendak Allah yaitu menjadi garam dan terang dunia. Ini tanda baptisan Roh Kudus, yaitu bahasa lidah Kis 2:33 sehingga kita bisa berdoa dalam Roh (1Kor 14:14) dan hidup benar (hidup dalam kesucian) dan bisa taat melakukan ke-hendak Bapa yaitu memberitakan ka-bar kesukaan, masing2 di tempatnya dan itu menjalar sampai seluruh dunia dalam pimpinan Roh Kudus. Ini yang heran.

Ada kesukaan yang besar kalau Roh Kudus memenuhi kita, sebab kita pu-nya kuasa untuk mematikan daging sehingga bisa hidup suci, itu luar biasa, itu kesukaan yang heran dan punya kuasa untuk memenangkan jiwa, itu memberi kesukaan Roh seperti di Surga Luk 15:7,10.Ini heran, ajaib, sebab dari umat Tuhan yang tidak berkembang dalam Wasiat Lama, berubah menjadi umat Tuhan yang berkembang terus sampai di seluruh dunia, sehingga ren-cana Allah bisa selesai dan Tuhan datang, sangat indah!

Ayat ini menceritakan tentang ke-gerakan Roh Kudus atau Pentakosta yang membuat Gereja tumbuh sampai ke seluruh dunia, bukan oleh kuat dan gagah manusia, melainkan oleh kuasa Rohdalam GerejaNya. Zak 4:6.  Dalam Hujan Awal kita melihat kuasa Roh yang luar biasa sehingga dalam satu kali khotbah Petrus menyenangkan ji-wa be-ribu2 dan 3000 yang dibaptiskan Kis 2:41. Begitu seterusnya ber-kali2 sehingga di Yerusalem tumbuh Gereja mula2 yang menjalar sampai di seluruh dunia.

Kalau kita tidak mengalaminya, kita rugi, sebab bagi kitalah hal ini di-janjikan, lebih2 untuk akhir zaman ini ada rencana Allah yang besar yaitu Hujan Akhir untuk menamatkan ren-cana Allah yang mulia itu.

Kita yang sudah menerima baptisan Roh Kudus, jangan me-nyia2kan karu-nia dan anugerah yang begitu besar, sebab dengan kuasa Roh Kudus, kita bisa hidup suci dan berkemenangan dalam setiap pencobaan sehingga terus tumbuh dan memenangkan jiwa2. Jangan punya sepeda motor besar, didorong terus sepanjang jalan, terlalu berat dan gagal. Tetapi berdoa supaya minyakNya turun Luk 24:49, maka kita akan dibawa sepeda motor yang penuh minyak ini sampai di mana2 dengan cepat dan mudah! Bukan lagi dengan kekuatan sendiri, tetapi dengan kuasa Roh Kudus yaitu kuasa Allah yang luar biasa. Zak 4:6. Pakai kuasa Allah, ja-ngan mogok atau macet, bersukaci-talah dan menangkan banyak jiwa bagi Tuhan. Jangan mandul, tetapi beranak-anaklebih banyak untuk Tuhan.

 

YES 54:2. LUASKAN TENDA2MU.

 

2.a. Luaskanlah tempat dari tendamu.

Tenda. Hidup kita di dunia ini seperti tenda, sementara 1Pet 1:17, 2Kor 5:1. Kita hanya sementara di dunia, waktu kita terbatas, jangan dibuang atau di-sia2kan, sebab dengan ketaatan dan pekerjaan kita di dunia ini, rohanikita bisa tumbuh se-tinggi2nya  serta ber-buah lebat, semua hanya sementara di dunia ini. Ini pokok pelayanan kita yaitu meluaskan tenda kita di dunia. Tiga angka kedatangan Tuhan harus secepatnya digenapkan, istimewa pada hari2 yang sulit di akhir zaman ini.

Gembala2 memberi air yang jernih dan rumput yang hijau supaya domba2 ber-biak2. Setiap orang beriman harus memenangkan jiwa dan memerdeka-kannya lalu memuridkannya lalu me-muridkannya, sehingga timbulmurid yang baru, lalu mereka memenangkan jiwa dan memuridkan lagi.

Minimum setiap orang yang sudah lahir baru mendapat 1 talenta, jangan ditanam tetapi dijalankan supaya bisa menghasilkan jiwa lain lagi Mat 25:24-30, ini kerinduan Tuhan 2Pet 3:9. Semua domba2 Tuhan harus beranak. Jangan talenta2 itu ditimbun di bawah tanah, ditutupi perkara2 duniawi, per-cintaan dunia ini sehingga menjadi bantut, mendua, tidak beranak dan orang seperti ini adalah hamba yang malas dan jahat di hadapan Tuhan, mempermalukan Tuhan! Kita semua perlu beranak, memenangkan jiwa2 istimewa jiwa2 dalam panci atau wi-layah kita. Jangan pakai kuasa, uang, hadiah, paksaan dll, tetapi dengan kasih Kristus dan kuasa Allah sehingga jiwa2 dilepaskan dari dosa dan selamat kekal masuk Surga. Semua domba2 harus ber-biak2 secara rohani.

 

2.b. dan biarlah mereka mengembangkan tenda kediamannya,

Kita harus memperluas, mengem-bangkan di tempat kediaman kita. Ma-sing2 bersinar di tempatnya, meng-asinkan di “pancinya”. Begitu sering Fir-man Tuhan memberitahukan, jangan diabaikan, sebab kalau waktu kita habis, akan menyesal, sebab tidak berbuat apa2.

Orang kaya itu minta Lazarus “menginjili” saudara2nya, tetapi sudah tidak bisa, terlambat Luk 18:28. Dalam tenda ini, kita tidak tinggal untuk selamanya.

Kerinduan Tuhan Ini tidak meng-ganggu atau menyiksa kita, tetapi justru ini memberkati kita, kita menjadi untung rohani dan jasmani di dunia sampai kekal. Mat 6:33. Orang yang taat melakukan perintah Tuhan akan diperlengkapi oleh Tuhan dengan leng-kap jasmani dan rohani, juga dengan kuasa, hikmat, karunia2 Roh dan buah Roh yang penuh sukacita! Jangan ditunda, pakai setiap kesempatan yang ada sebelum mati (kesempatan habis) atau kalau tidak mau, kesempatannya diambil dan diberikan kepadaorang lain yang mau, sekalipun masih hidup Mat 21:43.

 

2.c. Jangan ditegahkan.

Ada yang tidak mau sebab keras kepala, ada yang mau tetapi menjadi lemah sebab cinta dunia ini dan isinya 1Yoh 2:15. Percintaan dunia ini dan do-sa2nya membuat kita menjadi lemah, suam, tidak punya kekuatan sehingga hanya ingin, mau tetapi tidak bisa beruat apa2. Ada orang yang tidak mau sebab keras hati, ada yang mau tetapi lemah sebab hatinya dikuasai keda-gingan, sehingga sekalipun hati berke-hendak tetapi ia lemah dan tidak ber-buat apa2 atau gagal terus dan ak-hirnya tidak mau. Jangan sampai kita ditegahkan oleh apapun, jangan ter-tipu, jangan bodoh sehingga kesem-patan habis ditipu iblis, dunia dan daging.

 

2.d. panjangkan talimu.

Tali2 ini alat2 untuk perluasan. Harus mau korban, baik secara jasmani, wak-tu, tenaga, uang, hati, pikul salib, su-paya kita bisa mencapai dan meme-nangkan jiwa2 untuk diselamatkan. Ti-dak berani korban sakit beranak, tidak dapat anak. Juga secara rohani kita harus mendidik pelayanan Tuhan yang mau terbeban, sehingga tali2 untuk meluaskan tenda.

Semua umat Tuhan itu anggota tubuh Kristus dan anggota berarti pu-nya tugas dan jatah pelayanan. Juga perlu gembala2, penginjil, 5 jabatan lainnya sehingga Gereja Tuhan berdiri dan angka2 dari Tuhan bisa dige-napkan.

 

2.e. Kokohkan pasakmu,

supaya tidak roboh.

Harus punya pendirian dalam Firman Tuhan Mat 7:21-23, yaitu dengan ke-mauan, mau pikul salib untuk taat, Firman Tuhan dan Roh Kduus, maka kita mempunyai pendirian yang kokoh sehingga tidak dihanyutkan tetapi bisa memenangkan jiwa2. Jangan lupa kalau perlu puasa, sebab kita berperang dengan iblis Ef 6:12.

 

YES 54:3. RENCANA ALLAH AKAN DIGENAPKAN.

 

3.a. Sebab engkau akan berkembang ke kanan dan ke kiri.

Semua sudah diketahui dan direnca-nakan Tuhan dan akan berhasil. Sering-kali kita melihat sebaliknya sehingga putus asa. Tetapi Tuhan itumaha kuasa, pasti rencanaNya genap. Kita tidak ha-rus menjadi orang kuat dan berkuasa, tetapi asal kita “mau”, sebab Tuhan yang memberi kuasa dan segala ke-mampuanNya, yaitu di dalam pimpinan Roh Kudus. Zak 4:6. Asal kita mau taat dipimpin Roh, maka dengan sendirinya kuasa, hikmat dan segala yang dibu-tuhkan sudah disediakan Roh Kudus. Bahkan menggerakkan hati orang yang diinjili, itu juga dari Tuhan, bukan ka-rena kegagahan kita sendiri. Percayalah dan taat, maka Roh Kudus akan bekerja sampai kesudahan zaman.

 

3.b. dan benihmu akan memusakai orang kafir.

Orang2 yang belum mengenal Tuhan akan diselamatkan, sesuai dengan ren-cana dan kehendak Tuhan. Kita sendiri berasal dari orang kafir, tetapi oleh anugerah Tuhan boleh menjadi umat-Nya 1Pet 2:10. Ini akan berjalan terus dengan kuasa yang maha besar dari Surga. Semua yang mau akan dipakai atau diperalat oleh Tuhan sehingga menggenapkan rencana Allah. Tidak mungkin dengan kekuatan kita sendiri, sebab usaha ini harus dengan orga-nisasi yang penuh kuasa dan lebih be-sar dari organisasi sedunia. Tetapi bagi Allah tidak ada yang mustahil, pasti Allah bisa dan siapa yang percaya dan mau dipakai Tuhan akan dipakai untuk membawa jiwa2 kepada Tuhan sehing-ga menjadi umatNya. Tuhan bekerja di dalam RohNya; Semua yang dipimpin Roh, ber-sama2 dalam tubuh Kristus global akan melaksanakan dan meng-genapkan rencana Allah ini. Jadi pusaka kita, bukan hanya anak2 sendiri Maz 127:3, tetapi semua orang yang ada di sekitar umat Tuhan, yaitu mereka akan diselamatkan oleh terang dan asin umat Tuhan. Luar biasa, kita ikut dalam rencana global yang besar dan juga akan ikut dalam kemuliaanNya.

 

3.c. Membuat kota2 yang sunyi

di diami.

Tempat2 sunyi seperti padang pasir, berubah menjadi kota yang ramai dan ditempati banyak orang. Tempat2 yang sunyi (tetapi ramai dengan dosa dan kesukaan, kemuliaan dunia) akan ba-nyak yang berubah menjadi tempat2 yang sangat mulia di hadapan Allah, yaitu menjadi Gereja2 akhir zaman yang penuh dengan kesucian dan ke-muliaan Allah Wah 12:1. Semua jum-lahnya akan genap dan ini mengacu pada tempat yang paling ramai dan mulia, yaitu pada waktu rencana Allah genap, lalu ada pertemuan yang paling ramai dari umat Tuhan di seluruh dunia dan dari seluruh generasi sejak Adam: bukan main, sangat indah dan ini semua akan masuk dalam pertemuan akbar terbesar dalam sejarah dan perencanaan Allah yaitu waktu pengangkatan.

 

KESIMPULAN.

Ikutlah dalam rencana besar Allah, bukan dengan kekuatan sendiri tetapi dengan kuasa Roh Kudus. Yang tidak ikut dalam proyek besar Allah satu kali akan dipermalukan dan bisa2 tidak ikut dalam pertemuan terbesar di udara. Tetapi orang2 ini akan masuk dalam rencana besar dari iblis dalam Tahta Putih yang Besar lalu masuk dalam tasik Api yang kekal. Kita bisa memilih.