M3828 – 1TIMOTIUS 5:6. NAPZA, NARKOBA.

Beberapa data2 Medis dan Hukum.

Di Indonesia: Lebih dari 4,3 juta pecandu Napza.

Diantara 65 – ada satu pecandu.

Setiap hari 35 mati karena Napza. (Harian Kompas, 14 Agt 2015).

= Darurat Narkoba.

(Dialokasi APBN 1 Triliyun untuk 100.000 korban (40 triliyun untuk 40 tahun).

 

Di USA (seminar Dr. Rini 13)

– 90% remaja pakai alkohol.

– 50% pakai mariyuana.

– 17% coba2 kokain.

– 12,5% pakai halucinogen.

– Alkohol + rokok mengakibatkan:

  1. Kematian 100,000/ tahun.
  2. Kematian utama bagi umur 15-24 tahun.
  3. Menyebabkan 50% dari bunuh diri.
  4. Menyebabkan 50% dari kekerasan dan kejahatan.

 

Napza: Narkotika Psikotropika dan zat Adiktif lainnya.

 

Narkoba: Narkotika dan obat2 terlarang, alkolhol.

 

Merubah cara seorang berpikir, merasa dan berperilaku.

 

Narkotika. UU RI no. 22 / 97.

– Mempengaruhi syaraf pusat. Menyebabkan:

– Gangguan kesadaran,

– Hilangkan rasa nyeri.

– Menimbulkan ketergantungan, sulit sekali dilepaskan.

 

Ada 3 golongan:

Golongan 1. Heroin, kokain, ganja.

Golongan 2. Morfin, petidin.

Golongan 3. Codein.

Psikotropika. UU RI no. 5 / 97.

Bukan narkotika.

Mempengaruhi susunan syaraf pusat, sebabkan perubahan emosi / perilaku.

– Depresan (menekan): alprazolan, diazepam (pil koplo) dll.

– Stimulan (merangsang): Amphetamin (ekstasi), cocain, kafein, efedrin dl.

– Halusinogen (mengacaukan) LSD.PCP.

Zat2 adiktif lain.

Yaitu zat2 yang berpengaruh psiko aktif di luar narkotika dan psikotropika seperti alkohol, inhalan, tembakau.

Cara2 pengobatan medis.

  1. Akut detoksifikasi.
  2. Rehabilitasi, istimewa mentalnya supaya terlepas dari keterikatan obat, tidak sampai kambuh.
  3. Re sosialisasi.

Referensi:

Untuk segi2 medis dan hukum, diambil dari:

P4GN = Pencegahan, Pemberantasan, Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

BNN = Badan Narkotika Nasional. 2014

Dr. Laksitarini Sps,

Dr. Fenny Anggrajani, SpKJ,

Dr. Singgih Widi Pratomo SH.MH.

Napza: Narkotika Psikotropika dan zat Adiktif lainnya.

Narkoba: Narkotika dan obat2 terlarang, alkolhol.

Merubah cara seorang berpikir, merasa dan berperilaku.

Dari Firman Tuhan.

PRINSIP.

Problem hati atau batin (kosong, gelisah, putus asa, tertekan,tidak ada sejahtera, menderita dll), semua ini adalah akibat dosa, sekalipun ada kesukaan dosa sesaat (sebagai umpan Ibr 11:25) tetapi dosa itu seperti racun, pasti akhirnya mati Rom 6:23. Jadi problem hati ini adalah icip2 dari Neraka supaya manusia lari daripadanya, mencari obat dan keselamatan. Seringkali manusia tidak mengerti dan tidak tahu harus minta tolong kemana? Dalam penyelidikan umum, seringkali sikon yang jelek itu besar pengaruhnya (misalnya rumah tangga yang kacau, gagal, putus asa dll) sehingga lebih mudah terjerumus dalam narkoba ini.

Sebab itu orang berdosa (diperbudak iblis) sekalipun tahu dengan akalnya bahwa narkoba ini racun, tetapi sebab problem hati, mereka tetap memakainya, se-olah2 apa boleh buat, tidak ada jalan lain untuk meneruskan hidup, sekalipun akibatnya lebih cepat mati, tetapi mereka mengharap penuh kesukaan dan kepuasan. Se-olah2 mereka berprinsip, lebih baik 5 tahun senang2 daripada 50 tahun menderita, tetapi seringkalisenangnya hanya beberapa bulan (apalagi kalau dosis tinggi, atau dioplos sendiri, banyak kali hanya 1 jam lalu mati) dan sisanya hidup tersiksa tanpa harapan untuk kekal di Neraka.

Jadi napza ini celaka jasmani dan rohani yang bersambung sampai kekal.

Biasanya Tuhan memberi kesempatan pada mereka untuk mendengar kabar baik, kecuali mereka yang sampai mati tidak mau percaya (Tuhan tahu lebih dahulu). Kalau manusia berteriak seperti Kornelius, Rahab dll, Tuhan akan membuka jalan kepadanya.

KEADAAN YANG PARAH.

Narkoba ini boleh diumpamakan seperti sakit Ebola atau kanker parah, pintu maut sudah tampak jelas, kalau tidak mau bertobat pada kesempatan terakhir, bukan saja mati ngenes dalam penderitaan, tetapi juga disambung dalam Neraka kekal.

Gambaran lain, pecandu2 ini seperti seorang buta di atas genting main seruling dengan merdu mengikuti bunyi gemuruh deru air bah yang sudah menenggelamkan dan merobohkan banyak rumah di sekitarnya; dan rumah orang buta pemain seruling ini menunggu gilirannya. Orang2 berteriak dari perahu penolong, tetapi pemain seruling yang asyik bernyanyi mengikuti gemuruh air bah ini tidak peduli dengan teriakan regu penolong. Begitu mengerikan orang2 yang terikat narkoba ini, seperti orang yang menceburkan diri dalam lubang yang amat dalam tanpa tampak alasnya.

Orang2 yang mau terbeban (minta pimpinan Tuhan, banyak orang yang lolos dari maut narkoba ini mau terbeban) melihat ini sebagai rezeki, yang hanya bisa direbut dari api yang dahsyat itu dengan kuasa dan hikmat Allah, dengan terus berdoa dalam Roh dan hidup benar. Yoh 4:32.

III. DOSA2 DALAM NAPZA.

Ini adalah dosa jalan lebar, sebab itu banyak orang di jalan lebar kena wabah ini, tetapi orang2 yang dijalan sempit di dalam Tuhan Yesus tidak ada yang kena, kecuali ia pindah ke jalan lebar seperti Lot yang dua kali sudah pasti mati, tetapi lepas oleh Abraham, namun tidak bertobat sungguh2, me-nyia2kan kesempatan itu dan binasa.

Secara prinsip, orang2 yang dengan tulus menikmati hidup di jalan sempit tidak akan kena wabah ini yang disebut “darurat narkoba” dll.

Kesalahan atau dosa narkoba ini adalah:

  1. Merusakkan tubuhnya sendiri, yaitu bait Allah, sebab itu ia akan kena hukuman yang dahsyat 1Kor 3:16-17. Memang “pemain seruling yang buta ini tidak peduli”, tetapi kalau tetap tidak bertobat, pasti binasa.
  2. Bukan makanan, bukan obat tetapi racun. Yes 55:2. Orang waras untuk makanan dan obatnya tidak akan cari racun sekalipun lapar dan terdesak, hanya orang gila! Lebih2 untuk orang yang mulai mau tergiur, yang masih ada sisa2 atau sedikit akal sehat (Rom 3:23), sentakanlah mereka dengan kuasa Roh Kudus, supaya percaya, bertobat dan terlepas dari racun maut ini. Kalau ingin melek ambil kopi, kalau ingin senang, bertobatlah, jangan ambil racun. Kalau ingin be-ria2 berdoalah dalam Roh dan hidup benar (bertobat) jangan ambil alkohol untuk membuat oplosan neraka.
  3. Ikatan “lezat” yang menjerat dan mencekik. 1Kor 7:31. Seperti kucing main 1 rol benang akhirnya terjerat tidak bisa bergerak lagi akan mati kalau tidak ada yang menolong, begitulah zat2 lezat ini. Jangan terikat oleh apapun, sekalipun bahan biasa (kopi) kalau dosis diperbesar, itu termasuk Napza dan merusakkan tubuh.Kita harus mati lepas dari dunia Gal 6:14.

Dosa itu selalu tumbuh Ams 6:27-28 dan akhirnya pasti jadi maut Rom 6:23, Yak 1:15, Ul 32:23.

  1. Pemabuk tidak masuk Surga 1Kor 6:10. Ingat Nuh yang sudah selamat, tetapi tidak membatasi dirinya sampai mabuk, akhirnya mengutuki anaknya gara2 mabuk. Kej 9:20,25. Orang yang mabuk itu lupa daratan, sehingga kata2 dan perbuatannya tidak karuan, tidak tahu malu, keji, jahat dan membahayakan.
  2. Dosa Sodom. Prinsip hidup orang Sodom adalah senang2 1Tim 5:6. Lebih celaka lagi sebab dosa itu mengikat dan membius sehingga tidak peduli lagi akibat, asal senang matipun tidak apa2. Kesukaan dosa atau anggur Sodom itu racun ular biludak Ul 32:32-33, sangat jahat di hadapan Tuhan yaitu terus meningkat sampai puncak2nya,sampai timbul penyimpangan2 yang keji yaitu laki2 dengan laki2 asal senang (dosa Sodom, sodomi) yang melawan Allah Rom 1:26-27, 1Tim 1:10.
  3. Rencana iblis dalam dosa akhir zaman.
  4. Ini adalah salah satu dosa akhir zaman seperti dosa zaman Nuh dan Lot Luk 17:26-28). Tuhan ingin kita bersukacita dalam Tuhan. Pil 4:4, tetapi mereka bersukacita dalam dosa, ini jelas melawan Allah. Ibr 11:25.
  5. Memang rencana iblis untuk meningkatkan dosa sampai sempurna dengan segala cara, termasuk ini yang sudah jadi wabah di banyak negara (lihat data2 medis) sehingga jadi sesuai nubuat Allah Wah 22:11.
  6. Narkoba punya andil dalam 50% dari semua bunuh diri, 50% dari semua kekerasan dankejahatan; dengan kata lain setiap orang yang terikat ini, 50% adalah penjahat, baik dalam pembunuhan, perampokan dan kejahatan uang lainnya (1Tim 6:9-10), persundalan dan penyebaran penyakit sex, apalagi HIV. Setengah dari isi penjara adalah pengguna narkoba.

Rumah tangga yang sudah rapuh oleh segala macam dosa zina dan kesukaran2 lainnya jadi roboh oleh narkoba. Bahkan Roma negara yang besar dan kokoh hancur karena dosa perzinaan.

  1. Kerusakan pikiran dan tabiat sehingga hidupnya terbuang. Rom 6:23.

Begitu dahsyat korban narkoba, sehingga hidupnya jadi sia2,tidak lagi berguna untuk apapun, juga bagi dirinya sendiri. Dalam dunia banyak tokoh, yang baik dan berguna jadi sampah masyarakat, seperti emas jadi tahi betul2 kerugian total, seperti uang terbakar habis.

  1. Melawan hukum pemerintah yang hendak melindungi bangsa dan negara. Rom 13:3-4, Tit 3:1. Bahkan UU 35 / 2006, hukumannya dahsyat sampai mati, sebab ini mencelakakan banyak orang lain.

Tuhan menyuruh kita jadi garam dan terang dunia Mat 5:13-16 tetapi iblis menipu dan menyesatkan manusia menjadi racun dan kegelapan dunia. Ini sangat merugikan dan menghancurkan bangsa dan negara di mana2 di seluruh dunia.

  1. Pengedar, pembuat dan seluruh jaringan narkoba ini tergolong pembunuh. Ams 16:29, 2Pet 2:18. Ada negara dengan macam2 alasan (ditipu iblis) mengizinkan, bahkan melegalizer racun2 neraka ini. Banyak yang merasa lebih maju dan lebih kaya, tetapi sesungguhnya mereka sudah ditipu oleh segala kesukaan dosa dan dibutakan oleh iblis 2Kor 4:4.

Semua ini jelas sekali melawan Firman Tuhan, seharusnya orang beriman jauh dari hal2 ini, kecuali kanak2 rohani dan orang yang tidak lahir baru, mereka sama seperti orang2 berdosa lainnya. Zaman sekarang umat Tuhan masih campuran, meskipun sudah mulai terasa ada arus polarisasi, tetapi sebelum angka 1 dan 2 digenapkan, ini berarti masih ada orang2 berdosa yang bertobat, jadi campuran itu masih ada. Tetapi makin lama pemisahan itu makin jelas. Apalagi kalau Roh Kudus makin kuat bekerja dengan karunia2 dan kuasa Allah yang limpah, akan terjadi pemisahan.

PENCEGAHAN.

Pengaruh pergaulan dunia, lebih2 dalam zaman komunikasi ini banyak orang beriman, lebih2 kanak2 rohani, juga bintang2 jatuh Wah 12:4.

Prinsip pencegahan ini perlu diperhatikan yaitu dengan:

  1. Rohani harus meningkat.

Yes 33:15. Ini orang2 yang hidup dalam kesucian. 2Pet 1:10, 1Tes 4:3 bebas dan mati lepas dari dosa Yoh 8:36, Rom 6:1,2,6 dan penuh dan taat dipimpin Roh sehingga bisa bersukacita dalam Ruangan Suci (bisa menikmati 7 Kebutuhan Pokok Rohani) suatu hidup rohani yang indah.

Yes 33:16. Tinggal di tempat tinggi, tidak lagi bisa didekati segala tsunami kekejian dosa (masih bisa bertemu ber-kali2, tetapi lari Ams 22:3, tidak mau dihampiri perkara2 dosa dan kekejian sehingga hatinya tetap terpelihara dalam kesucian, ini kuncinya, disucikan sampai dalam hati, pikiran dan angan2. Tontonan2 gratis di segala tempat umum dan di tempat2 sembunyi limpah dengan dosa, tetapi orang yang memelihara hatinya Ams 4:23, oleh pertolongan Roh Kudus tidak sampai kena wabah Napza ini.

Yes 33:17. Ia akan mengalami rencana Allah yang paling top, terakhir dan termulia, yang akan digenapkan pada akhir zaman ini di tengah2 dosa yang memuncak.Gereja akan disempurnakan dan 144.000 orang sempurna lahir dan jutaan lainnya meskipun belum sempurna, ada dalamtingkat2 yang mulia di bawahnya dengan Sang Raja yang Maha besar.

Mereka yang tidak meningkat, tetap jatuh bangun di Halaman,sekalipun masih dalam Gereja atau turunan orang beriman (Allah tidak punya cucu, masing2 harus punya pengalaman pribadi dengan Tuhan Yoh 3:3,5,6, baru bisa tumbuh dalam kesucian di tengah2 kekejian dosa Wah 22:11) akan di-injak2 segala macam dosa, termasuk dosa2 narkoba. Sebab itu perlu ada pertumbuhan rohani, jangan tetap macet di Halaman, orang yang rohaninya tumbuh itu dijauhkan dari Narkoba ini. Sebab itu perlu penggembalaan dan pemuridan. Baik anak2 jasmani dan rohani, jangan terdampar ke sana-sini, dalam ber-macam2 Gereja, sebab justru Gereja jalan lebar  jadi tempat sembunyi orang2 yang limpah dengan dosa2 yang keji (ingat ada 4 Gereja akhir zaman terang2an hidup najis dan jadi tempat kesukaan yang cocok dan tempat sembunyi bahkan seringkali dibiarkan orangtua yang bodoh yang tidak menggembalakan anak2nya sendiri.Pencegahan ini sangat penting. Orangtua yang bodoh berkata: “Biarlah anak2 waktu dewasa memilih sendiri”; ini berarti mereka yang tidak digembalakan dan dimuridkan orangtuanya akan digembalakan oleh iblis dan dimuridkan dalam pergaulan yang jahat dan pergaulan elektronik menjadi isi Neraka! Kalau toh satu kali bertobat, sudah banyak yang hilang dan rusak Pkh 9:18. Padahal anak2 atau orang yang mendapat kesempatan lebih banyak ikut Tuhan itu sempat untuk berakar dalam Tuhan dan tumbuh makin mulia untuk kekal. Untuk tumbuh itu perlu waktu dan kesempatan supaya bisa meningkat setinggi mungkin untuk kekal, sebab itu lebih cepat bertobat dan sungguh2 taat, itu untung bahkan sampai kekal.

Orangtua (dan Gereja) yang tidak mendidik (menginjili, menggembalakan dan memuridkan) anak2nya jasmani dan rohani itu berarti menyerahkan anak2nya pada iblis dan dunia untuk disesatkan dan dibinasakan oleh iblis dan satu kali orangtua harus mempertanggungjawabkan kepada Tuhan, sebab anak2 adalah tanggungjawab orangtua Ibr 11:17, Mat 7:21.

  1. Kepuasan dalam Tuhan. Kalau rohani tumbuh seperti carang lekat pada pokok, maka akan ada kepuasan dan kesukaan dari Tuhan. Pil 4:4,7 (juga dalam keluarga Ams 5:15). Tetapi ini sangat sulit bagi yang hidup di Halaman, apalagi di Luar Halaman, itu putus dari Pokok yang benar.

Dalam dunia tidak ada kepuasan yang betul, sekalipun punya sumber hebat, besar, mewah Yoh 4:13. Mereka sangat kehausan dan menderita dan akhirnya binasa kalau tidak ditolong Ams 14:12-14.

Kalau gunung Botak di Maluku, ada 40,000 penambang emas liar, sudah banyak keracunan mercuri dan meracuni orang lain karena bodoh, akan ditutup pemerintah 13 November 2016, tetapi narkoba ini lebih jahat lagi sebab matanya dibutakan iblis, mereka tidak sadar dan terushaus, haus dan gelisah. Lebih2 para pengedarnya.

  1. Usaha2 pencegahan umum (secara medis, sosial, pemerintah) itu sangat penting diteruskan, tetapi Tuhan Yesus punya obat yang paling kuat sampai keselamatan kekal. Seringkali orang dunia ini sudah mau, tetapi tidak sanggup melepaskan diri daripadanya, perlu kuasa Allah untuk melepaskan dari dosa Yoh 8:36, Mat 26:41.

 

PENGOBATAN.

Ikatan Napza adalah penyakit lahir batin. Obatnya harus keduanya. Cara medis harus ditambah kuasa Allah untuk menyembuhkan batin yang rusak, maka jasmani juga sembuh.

David Wilkerson penuh Roh Kudus dan dilepaskan rohaninya, jasmaninya juga sembuh (Juga di Indonesia). Kita menghadapi bukan saja narkoba tetapi ada iblis di belakangnya Ef 6:12. Ada banyak hubungannya dengan macam2 kejahatan lainnya (uang, zina, politik dll) tetapi kuasa Allah sanggup menolong semuanya.

Pencegahan jauh lebih mudah, murah dan lebih cepat sehingga tidak sampai terlalu banyak rencana Allah rusak dalam hidupnya (tergantung dari banyak faktor) Zak 3:2, Pkh 9:18 sebab itu perlu limpah kuasa dan hikmat Allah.

Tuhan Yesus Juru selamat pasti sanggup melepaskan orang yang mau (seringkali mula2 tidak mau bahkan melawan sebab dibutakan setan), hadapi terus dengan kuasa Allah dan belas kasihan! Orang yang punya kasih ilahi berani korban dan sabar, sebab ada yang ber-larut2, tetapi dengan baptisan Roh Kudus, penggembalaan yang baik dalam kelompok kecil akan jauh lebih cepat!

Korban2 Narkoba ini biasanya hidup masa lalu dan masa sekarangnya sudah rusak, tetapi diharapkan masa yang akan datang masih bisa diperbaiki, kerjakan dengan pertolongan Allah!

Untuk bisa ditolong:

  1. Kalau masih hidup, kalau sudah mati, sama sekali tidak ada harapan, terhilang untuk kekal.
  2. Kalau mau, sebab biasanya mereka dibutakan iblis dan tidak mau dilepaskan. Doakan dengan kuasa Allah, supaya iblis diusir, dan bisa ditolong seperti orang gila Gadara itu.
  3. Jangan putus asa, Tuhan sanggup menolong, kerjakan ber-sama2 dalam tubuh Kristus dengan belas kasihan dan kuasa, hikmat Allah.
  4. Jangan lupa follow upnya dalam penggembalaan dan pemuridan dalam Gereja.
  5. Tetap hidup pikul salib dan tumbuh, jangan lepas dari Tuhan supaya jangan diserang iblis kembali seperti Mat 12:43-45.

KESIMPULAN.

Ikatan2 dan wabah Napza ini adalah salah satu dosa akhir zaman, kita harus menghadapinya baik2, istimewa dengan pencegahan dengan tetap lekat di dalam Tuhan dan bertumbuh. Yang main2, yang suam, kanak2 rohani akan mudah kena. Terus berjalan dalam Roh supaya umat Tuhan tetap terpelihara dan bisa menolong yang terikat.

Nyanyian: Tabernakel Glory no. 155.

Intan2 dan permata, jiwa2 Tuhanku.