M3826 – 2Tesalonika 2:9, Matius 24:24. Kesehatan Dan Occultisme.

PENDAHULUAN: Tawaran sembuh dari iblis.

Sehat, Sembuh dan Umur panjang (SSU) itu bisa didapatkan dari Tuhan, dari usaha manusiawi (medis dll), tetapi juga iblis menawarkan banyak hal2 tentang sembuh, Sehat dan umur panjang dengan kuasa dan mujizat2 palsunya.

Pengobatan dengan kuasa gelap itu sudah sejak kuno, apalagi diantara orang dosa, itu jadi tradisi turun temurun, lebih2 pada penyakit yang berat dan tidak ada harapan, biasanya orang2 menghalalkan segala cara. Dalam orang2 primitif justru makin banyak usaha2 kesembuhan kuasa gelap.

Ingat kesembuhan kelas 4 itu campuran atau sepenuhnya dari iblis (bab VII). Iblis hanya melakukan mujizat palsu 2Tes 2:9, Mat 24:24. Dengan banyak tanda2 ajaib dan mujizat iblis menarik banyak orang kepadanya.

Sehat, Sembuh dan Umur panjang merupakan kebutuhan manusia, sebab itu kalau gagal cara biasa, orang2 dunia yang tidak mengenal Tuhan dengan mudah sekali beralih pada occultisme, pokoknya sembuh.

IBLIS DI BELAKANG OCCULTISME.

Siapakah iblis sebenarnya. Ia musuh Allah dan musuh orang2 beriman. Musuh kita adalah iblis, dengan dia kita berperang Ef 6:12.

Iblis ini seringkali tampaknya baik, seperti malaikat terang, menjanjikan banyak pertolongan dan keselamatan tetapi sebenarnya ia itu penipu 2Kor 11:14-15.

Juga waktu Tuhan Yesus mendengar setan2 meneguhkan Dia Mrk 1:24-25, sebab mula2 setan2 berkata netral atau betul, tetapi sesudah orang percaya, setan akan mengisinya dengan tipu dayanya. Iblis itu penipu yang ulung, jangan beri kesempatan padanya, istimewa sesudah iblis sendirian dengan orang2 itu, ia akan menyesatkan mereka semua. Juga Paulus mengusir setan2 yang se-olah2 meneguhkannya Kis 16:17-18. Jangan kerjasama dengan iblis, ia penipu ulung.

Ingat iblis itu penipu Yoh 8:44, pencuri dan pembunuh Yoh 10:10. Sebab itu sekalipun ia menjanjikan kesembuhan tetapi sebetulnya tujuannya adalah untuk membunuh, baik kematian rohani dan jasmani, istimewa bagi orang beriman. (Ada orang beriman percaya pada senam yang  menyehatkan (padahal itu bercampur kuasa gelap) ia tidak mengerti, tetapi ia rajin mengerjakan, tampaknya baik, sehat, tahu2 stroke dan mati. Memang sesungguhnyaiblis itu penipu dan pembunuh!).

III. BENTUK2 PENGOBATAN DARI IBLIS.

  1. Terang2an. Misalnya dukun, jampi2 dll. Ini sudah ada sejak kuno. Orang beriman sekalipun dalam keadaan terjepit jangan lari ke dukun dan kuasa2 gelap lainnya, itu berarti bunuh diri!
  2. Ramuan jamu, bahan2 tertentu, benda2 keramat, alat2 tertentu, air yang sudah didoakan, gelang, cincin dll.
  3. Cara2 tahyul, tradisi yang diyakini, dipercaya, misalnya pakai darah perempuan, rambut, lombok, jarum, gunting, pisau atau apa saja, asal dengan yakin, itu seperti mengundang setan dan dia pasti mau memakai setiap kesempatan dan kalau itu diyakininya, setan bisa bekerja.
  4. Serangan2 kuasa gelap. Istimewa kalau orang itu bodoh, lemah, tidak punya iman. Misalnya: Guna2, santet, gendam dll.

Sesungguhnya kita tidak perlu takut, sebab kita dijaga Allah yang maha kuasa dengan teliti sampai rambutpun dihitung Mat 10:30-31. Yang penting jangan lepas dari Tuhan, janganada dosa supaya Tuhan tetap di pihak kita, karena kita hidup benar 1Pet 3:12 dan Tuhan pasti bisa menolong kita. (Seringkali orang tidak mengerti hidup benar yang betul dan merdeka dari dosa. Dalam pelayanan dan penggembalaan hal ini perlu dijelaskan dan dibimbing sampai bisa!).

Menyelusup.

Bagian ini perlu dikenali, sebab iblis bekerja di dalam Gereja, diantara orang2 Kristen dan yang bodoh, yang lemah tidak menyadarinya, tetapi sudah menjadi korban.

Tujuan iblis bukan untuk menolong, menyembuhkan dan menyelamatkan, justru tujuannya untuk membunuh dan membinasakan dalam Neraka kekal dengan segala macam tipu daya dan dustanya. Misalnya:

  1. Hal2 yang netral tetapi sebetulnya bercampur dengan kuasa iblis seperti senam Yoga, Taichi dll, mula2 netral tetapi kalau sudah senang, cocok, mulai dimasukkan kuasa iblis, apalagi kalau mata rohaninya sudah dibutakan 2Kor 4:4.
  2. Praktik2 perdukunan. Setan memakai orang Kristen sendiri, lebih2 yang aktif tetapi bodoh, timbul ber-macam2 praktek seperti perdukunan. Macam2 orang beriman, lebih2 yang populer atau pemimpin mau dipakai iblis dan inimenipu orang2 yang sakit (upahnya biasanya uang, popularitas, dan keuntungan2 tertentu lainnya) macam2 nasehat, tindakan dan cara2 yang disuruh perbuat dengan dalih penglihatan, nubuat, mimpi, suara dll. Tentu mereka tidak mau dipanggil dukun, tetap hamba Tuhan, Pendeta, pendoa dsb dan selalu berdoa dan bernubuat dalam nama Tuhan.

Seringkali orang2 yang suka keliling mencari orang2 yang bisa menyembuhkan, terseret dalam praktik2 perdukunan seperti ini. Yang penting bertobat sungguh2, berdoa dan cari Tuhan sungguh2, Tuhan bisa tolong. Juga minta tolong saudara2 seiman dan pemimpin2 dalam Gereja.

TANDA2 PEKERJAAN IBLIS.

Orang yang bodoh, sampai terikat erat dalam pekerjaan iblis,mungkin belum sadar, tetapi orang yang berjalan dengan Tuhan, iblis baru mulai menipu, siasatnya sudah ketahuan 2Kor 2:11. Tanpa Tuhan tidak ada seorangpun bisa mengalahkan siasat iblis, sebab tanpa disertai Tuhan, iblis jauh lebih unggul dari manusia, tetapi dengan Allah kita jauh lebih unggul dari iblis, 1Yoh 4:4 bahkan setiap orang beriman punya kuasa untuk mengusir setan Mrk 16:17.

Kalau iblis sudah bekerja, maka muncullah tanda2nya yang makin lama makin jelas yaitu imannya menjadi lemah, gairah akan Tuhan habis, jadi suam, kerinduan akan hal2 rohani tidak ada dan mulailah segala perkara2 daging muncul sedikit demi sedikit atau lebih cepat, misalnya benci, gelisah, putus asa, sedih dll. Pelayanan yang diberikan padanya ditolak atau ia menghindar, berbeda dari biasanya. Kita tidak hanya melihat gejala2 ini, tetapi dalam menghadapi orang seperti ini kita harus berjalan dalam Roh, sebab Roh Kudus tahu dengan tepat apa yang dibuat iblis dan semua setan2 dan apa yang akan terjadi besoknya. Teruslah berdoa dalam Roh, minta karunia membedakan roh marifat, kesembuhan, iman dll untuk mengusir pekerjaan setan sampai setan keluar dan sembuh. Mrk 16:17.

Kesembuhan2 yang dijanjikan iblis itu kenyataannya bisa ber-macam2, bisa gagal, bisa berhasil, tampak jelas, se-olah2 sehat dan kuat, tetapi tidak lama kemudian bisa mati, istimewa kalau orangnya sendiri melawan Allah.

Banyak anak2 dibawa oleh keluarganya (neneknya dll) ke tempat penyembahan berhala, lalu timbul macam2 penyakit yang dahsyat, bahkan beberapa mati. Jangan membiarkan diri kita, anak2 kita dan semua yang ada dalam tanggungjawab kita dibawa pada setan2, sebab itu berarti menyembah setan dan hukuman akan jatuh!

Orang beriman yang memakai pengobatan dari iblis itu terlalu bodoh, sebab justru dengan demikian ia menjadi musuh Allah yang menjadi penentu utama (yang sekarang dan yang akan datang) dari Sehat Sembuh dan Umurnya. Yang lebih celaka lagi adalah setan sendiri adalah pembunuh. Juga jangan dikonsultkan pada orang yang mengerti pekerjaan setan,apalagi pada kaki tangan iblis, justru secara halus akan menyesatkan kepada kebinasaan dalam tangan iblis. Jangan pergi kepada setan2 untuk minta kesembuhan, itu celaka!

MACAM2 CARA2 PENGOBATAN SETAN.

Bentuknya sangat banyak, variasinya banyak, mulai dari cara2 yang tampak netral, seringkali dicampur dengan penjelasan2 ilmiah dan bukti2 nyata, sampai dengan cara2 yang terang2an jelas dari iblis. Kalau kita sudah tahu, jangan dekat2 Ams 22:3. Seringkali disebut sebagai pengobatan ilmu putih,paranormal, hypnoterapi, tenaga dalam, tenaga kosmos atau tenaga2 lainnya. Dengan macam2 makanan yang wajar sampai yang aneh2 (makanan semut, makanan serba putih dll), air, benda2 seperti paku, memakai tulisan mantra2,gunting, silet, jarum. Dengan macam2 senan atau ritual2 tertentu. Jangan main2 dan jangan beri tempat bagi iblis, langsung pergi daripadanya. Usir segala setan yang mau datang mengganggu. Tetapi sebaliknya kita tidak perlu memerangi kuasa2 gelap yang kadang2 banyak di sekitar kita (apalagi di daerah yang penuh dengan kuasa gelap, atau berusaha mengusir segala setan keluar dari daerah, kota atau negarakita, itu sia2 dan tidak perlu. Iblis masih diizinkan Allah ber-edar2 di dunia (Ay 1:6-7) untuk jadi pencobaan dan ujian pada manusia, istimewa bagi orang beriman; tidak perlu mengusir dengan ngawur seperti memalu angin 1Kor 9:26. Kecuali kalau mereka datang menyerang, mengganggu, menipu, dll seperti biasanya. Tuhan mengizinkan setan2 Gadara tetap dalam negri Gadara tetapi ia diusir dari orang yang dirasuknya.

Yang seringkali sulit dan menyesatkan adalah orang2 yang mengakui melakukan pelayanan tetapi memakai cara2 perdukunan seperti kuasa gelap dan melawan Firman Tuhan, tetapi di dalam nama Tuhan Yesus. Seringkali suka berdoa bahkan puasa tetapi tidak belajar Firman Tuhan, tidak mengerti kebenaran Firman Tuhan, apalagi kalau lepas dari Gereja dan sumber penggembalaan dan pengajaran yang benar.Prakteknya seperti dukun Kristen tetapi tentu mereka tidak mengakuinya. Kadang2 dalam kamar2 tertentu dikatakan ada pekerjaan iblis, di bawah atap atau di bawah lantai ada jimat2 yang harus dibongkar dan dibakar (padahal sesudah dibongkar lantai kamarnya tidak didapat barang2 tertentu). Kadang2 setan diusir dengan percikan air atau minyak, atau dengan lilin dll ada macam2 variasi yang sama seperti cara2 perdukunan. Jangan dikacaukan atau disesatkan oleh banyak nasehat dan perintah2 mereka. Tetap berdiri atas kebenaran Firman Tuhan dan berdoa terus dalam Roh dan kebenaran. Orang yang tidak mengerti kebenaran Firman Tuhan akan mudah diombang-ambingkan gelombang2 pendapat yang salah dan ditipu setan seperti Yerobeam, Achab dll Ef 4:14. Sebab itu tekunlah belajar Firman Tuhan (bukan dalam 1 hari atau 1 bulan tetapi harus tekunterus menerus seumur hidup, beum akan selesai!).

Jangan mau dinubuatkan (diramalkan). Nubuat dari Tuhan harus ada peneguhan Roh Kudus seperti Paulus Kis 20:23; 21:11. Jangan menerima semua nubuatan (ramalan) penglihatan, mimpi2 dll.

Untuk kesembuhan pakai kesembuhan kelas I dan II saja. Bagi orang dunia kelas III dan kelas IV itu hampir2 tidak ada pagarnya, asal sembuh, sebab memang orang dosa itu anak2 iblis. Sebab itu kita harus berakar dalam Firman Tuhan Mat 7:24-28, (itu perlu waktu), dan kesucian, dan pekerjaan Roh Kudus (tekun berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran) dan terus hidup dipimpin Roh.

MENANGANI PEKERJAAN SETAN.

Beberapa prinsip yang harus dipenuhi.

  1. Kita tidak mungkin sendirian melawan pekerjaan setan, tetapi harus dengan Allah, dengan pimpinanNya kita pasti menang sebab itu kita harus selalu hidup benar, tinggal di dalam Dia dan taat dipimpin Roh Kudus terus menerus.
  2. Semua dosa harus dibereskan. Istimewa dari orang yang sakit (dan keluarganya), juga kita sendiri yang menghadapi setan! Kalau ada hubungan dengan setan, semua harus diakui, harus minta ampun dan sungguh2 bertobat dan semua hubungan harus diputuskan. Kalau ada yang disembunyikan, itu akan merugikan orang itu sendiri, bahkan bisa mati dan celaka sampai kekal.
  3. Hadapi dengan kuasa Allah, yaitu dengan berdoa dan kalau perlu puasa Mat 17:21.

Terus taat berjalan dalam Roh, minta pimpinan, kuasa dan karunia2 Roh, maka Roh Kudus yang akan menghadapi setan itu sendiri, pasti menang. Roh Kudus juga akan memberi pimpinanNya (karunia2Nya) untuk membongkar segala pekerjaan dan siasat iblis dan semua pimpinan Roh Kudus itu sesuai dengan Firman Tuhan. Mintalah bantuan saudara2 seiman untuk sama2 mendoakan dan kalau perlu nasehati istimewa dari para pemimpin. Jangan lari ke sana-sini, lari kepada Tuhan Yesus, dalam kesucian dan doa dalam Roh dan kebenaran dan selalu mencocokkan semuanyadengan Firman Tuhan.

  1. Dengan iman. Jangan takut. Asal posisi kita benar, ber-sama2 Tuhan, lawan dan kalahkan setan. Kalau Tuhan berserta kita dan kita taat dipimpin Roh, setan yang takut pada Tuhan yang ada di dalam kita. Jangan mau diajak disukusi dengan setan2 seperti Hawa, nanti tertipu dan kalah! Terus berdoa dalam Roh dan katakan kata2 yang ditaruh Tuhan dalam mulut kita dan katakan dengan yakin, usir iblis.

Perhatikan supaya orang yang sakit itu betul2 bertobat dan menolak semua obat, makanan, minuman, syarat2 dan apa saja yang diberikan untuk pengobatannya. Penting membawanya dalam pertobatan yang sungguh2, hidup dengan Allah, sebab itu menentukan nasibnya sendiri. Tentu orang2 yang melayaninya juga harus hidup benar di hadapan Allah, sebab kalau ada dosa dan maksud2 yang salah seperti dosa Achan, Roh Kudus akan terhalang, sehingga tidak bisa menang.

VII. KESIMPULAN.

Kita harus mengerti cara2 kesembuhan dari Tuhan, jangan menghalalkan segala cara, jangan melirik sedikitpun pada tawaran dari iblis, ia penipu dan pembunuh. Orang itu bukannya disembuhkan tetapi dibinasakan dengan tipu dayanya.

– Jangan dengar semua pendapat dan nasehat dan jangan dituruti, cocokkan dengan Firman Tuhan dan terus tekun berdoa kepada Tuhan dalam Roh dan kebenaran, ambil waktu untuk puasa lebih2 menghadapi pekerjaan iblis Mat 19:21.

– Minta bantuan doa dan nasehat dari saudara2 seiman, para gembala2 dalam Gereja sendiri, jangan keliling2, nanti ditangkap iblis, singat jahat itu.

– Pengobatan kelas I dan II boleh, tetapi jangan sedikitpun dicampuri dengan perkara2 dari kuasa yang lain, sekalipun oleh nasehat orang2 yang mencintai kita.

– Kalau kita sudah berdiri benar dan masih ada jatah umur, Tuhan pasti menyembuhkan. Kalau jatah umur habis, ekstra bersedia lebih teliti. Masih mungkin minta tambahan umur dengan keyakinan dari Roh Kudus.

– Tuhan jauh lebih besar dari iblis, penipu dan pembunuh itu, tetap harap dan percaya kepadaNya, Dia sanggup menolong kita dalam keadaan apapun, percayalah dan terimalah pertolongan Tuhan Mat 8:13, Mrk 9:23.

 

Nyayian:

Dengan imanku kuhadapi semua.