M3824 – Amsal 30:1-5. Agur Bin Yake.

 

AMS 30:1a. PERKATAAN AGUR BIN YAKE.

1.a. Perkataan Agur, nubuat putra Yake, (KJI).

1.a. Perkataan dari si Pengumpul, putra dari seorang yang taat. (YLT).

Kata asli Agur = Aguwr, berasal dari akar kata “Agar” yang berarti mengumpulkan atau menuai. Kata “Agar” ini disebut dalam Alkitab 3 kali (Young) dalam Ul 28:39 dan Ams 6:8 / 10:5.

Melihat isi kata2 ini banyak penafsir mengatakan mungkin sekali Agur ini adalah Salomo anak dari Daud (Yake). Salomo sebagai pengumpul dari hasil bapaknya dan Daud sebagai orang yang taat, yang sangat dengar2an (taat) akan Tuhan.

Seorang yang dengar2an itu berbahagia. Luk 11:28, yaitu orang yang sungguh2 maumenurut dengan segenap jiwa dan hatinya. Ul 26:16. Orang yang taat akan Firman Tuhan, itu berarti harus mau mengorbankan kehendaknya sendiri yang bertentangan dengan Firman Tuhan Gal 5:17, tetapi hasilnya indah2 Yus 1:8. Kesukaan orang Kristen di dapat dari dengar2an akan Firman Tuhan. Biasanya anak2nya juga keberkatan Ul 5:29. Memang untuk Salomo diberi janji yang baik oleh Tuhan kalau ia mau dengar2an seperti bapaknya. 1Raj 3:14.

Mengapa Salomo, anak Daud yang dengar2an ini menamakan dirinya SI PENGUMPUL? Dengan kata yang sama ia menceritakan indahnya sifat seperti semut yang rajin mengumpulkan pada musim menuai Ams 6:8, dan anak yang berbudi ikut mengumpulkan hasil pada musim panas Ams 10:5.

Di dalam masa kelimpahan Daud, dalam perkara2 jasmani dan rohani, Salomo ikut mengumpulkan hasil2 dari bapaknya.

Anak2 Allah jangan malas mengumpulkan pemecahan2 Firman Tuhan yang ber-limpah2 (hati2 ajaran2 yang aneh, yang sesat, yang diputarbalik dll) bahkan kumpulkanlah lebih dari yang dapat dimakan, sebab ini panen; inilah hari yang ke-6, untuk masuk dalam kesempurnaan Kel 16:22-26. Mana2 yang sudah dapat kita terapkan Pil 3:16 taatilah supaya Firman menjadi daging Wah 10:10. Tetapi selain ini perlu pengertian2 yang lebih mendalam tentang akhir zaman dan Gereja yang sempurna supaya kita dapat mengerti dan melihat arah penyempurnaan Tuhan. Bertekun dalam Firman Tuhan, kumpulkan se-banyak2nya manna pada akhir zaman ini, kita harus menjadi pengumpul2 yang rajin (berilah banyak waktu Ef 5:16) dan anak yang berbudi (memberi prioritas, mengorbankan yang lain), mencari kerajaan Surga terlebih dahulu Mat 6:33, sehingga hidup rohani kita terus disucikan Ef 5:26 dan tumbuh kepada kesempurnaan rencana Allah Ef 5:27. Sungguh indah menjadi Agur bin Yake, menjadi pengumpul di tengah2 masa panen. Orang yang tidur masa ini adalah anak yang bodoh, anak dara yang bodoh Mat 25:3 yang tidak akan masuk dalam kesempurnaan dan pada waktu pengangkatan akan tertinggal dalam masa aniaya besar. Ini bodoh sekali, tidak mau memakai kesempatan yang sekarang sudah ada.

AMS 30:1b-3. AGUR YANG BODOH.

1.b. Orang itu berkata kepada Itiel, bahkan kepada Itiel dan Ucal. (KJI)

  1. Pasti, Saya tidak berperasaan lebihdaripada siapa saja dan saya tidak punya pengertian seorang manusia. (KJI).

 

1.b. Suatu pernyataan, kepastian dari orang itu. Saya sudah lelah, ya* Allah, saya sudah lelah, ya Allah dan saya habis (YLT).

  1. Karena saya lebih buas, (seperti binatang) dari siapapun. Dan tidak mempunyai pengertian seorang manusia. (YLT).

Mengapa Agur menjadi begini hina? Sebab :

  1. Pergaulannya jahat 1Raj 11:2-4. Sekalipun semula Salomo penuh hikmat, tetapi kemudian rusak oleh istri2 yang jahat. Jangan abaikan pergaulan 1Kor 15:33, hidup yang baik menjadi rusak. Harus berani menyalahkan yang dosa dan keluar dari antaranya Ef 5:11-13, 2Kor 6:17-18, Wah 18:4. Kalau senang bergaul dengan orang kafir, orang yang paling penuh hikmatpun menjadi rusak (dengan orang kafir harus menggarami supaya tidak diracuni, harus menerangi dan berjaga supaya tidak jadi padam). Jangan segan pada manusia sehingga melawan Firman Tuhan. Kis 4:19 akibatnya dahsyat.

Simson yang penuh dengan 7 ikal rambut Hak 16:13 (bayangan dari pengurapan Roh Kudus yang penuh) itu juga jatuh dalam perzinaan dengan orang2 dunia Hak 16:3. Oleh karena itu Simson mati, Salomo hancur (Mat 12:30). Baik yang penuh dengan Firman Tuhan atau penuh dengan Roh Kudus, kalau main2 dengan dosa (zina) akan jadi buas seperti binatang dan akhirnya hancur dan binasa. Dengan pornografi orang2 yang penuh dengan Firman Tuhan dan Roh Kuduspun bisa berzina dengan 1000 perempuan sundal sehingga binasa dan hancur. Kita perlu kelimpahan dari keduanyayaitu Firman Tuhan dan kelimpahan Roh Kudus dan mau mematikan semua keinginan daging sampai dalam hati supaya tidak jadi seperti binatang, penuh hawa nafsu dan celaka dan binasa seperti Simson dan Salomo (bertabiat binatang 2Pet 2:12).

Dosa zina itu ada 7 tingkat, tetapi tingkat yang I itupun sudah berbahaya dan meracuni dan sudah banyak makan korban, juga Salomo dan Simson, yang penuh Firman Tuhan dan Roh Kudus, tetapi tidak mau menyangkal diri Ams 22:3.

Daud sudah tergelincir, untung ia bertobat habis2an tetapi toh akibatnya sangat pahit dan menyakitkan. Jangan main2, lebih2 sekarang dunia sudah sampai tingkat VII (homo jadi legal dan masuk beberapa Gereja2).

  1. Suam, mendua. Agur sudah mengumpulkan banyak kebenaran Firman Tuhan tetapi tidak taat. Ia memilih menuruti hawa nafsunya sehingga sekalipun ia seorang pengumpul yang baik, akhirnya celaka. Herodes mulai menjadi pengumpul yang baik Mrk 6:20, tetapi Herodes juga ingin melazatkan nafsu perzinaannya. Tidak dapat bersamaan! Kalau mau keduanya berarti menyimpan dosa, munafik bahkan jadi lebih jahat lagi menjadi pembunuh Yohanes Pembaptis, gurunya, nabi Allah yang suci! Sudah tahu tetapi tetap melazatkan daging, itu lebih jahat Luk 12:48. Ini akibat yang drastis dari pengumpul yang bergairah seperti Salomo, tetapi hanya mengumpulkan tetapi tidak mentaatinya dengan sungguh2.
  2. Lelah, lelah, ya Allah, habislah tenagaku. Mengapa? Sebab seperti Esau yang terus memburu binatang, akhirnya pulang dengan lelah dan kehabisan tenaga, lalu menghinakan hak sulungnya Kej 25:30. Orang yang menuruti hawa nafsunya, yang menuruti tabiat daging = binatang, me-ngejar2 perkara2 daging akan binasa 2Pet 2:12-14. Hatinya tidak akan dipuaskan Yoh 4:13 dan baginya hidup seperti mati 1Tim 5:6, sebab mau mencari senang, ber-lazat2 se-mata2. Jiwanya lelah seperti Esau sebab berat tindisan dosa. Orang seperti ini matanya dibutakan hawa nafsunya (Iblis 2Kor 4:4) sehingga pikirannya terlalu bodoh, hanya mencari perkara2 dunia dan menghinakan perkara2 rohani (hak sulung Ibr 12:16), dijual, dipermainkannya untuk ber-lazat2 dengan yang merah sebentar (merah, perkara2 yang penuh dosa, najis Yes 1:18, dosa akhir zaman Wah 12:3). Ini orang beriman yang murtad dalam Gereja (Gereja Pergamus, Tiatira, Sardis, Laodikea! Mereka menjadikaki tangan iblis, menarik orang lain lagi), tenggelam dalam dosa Mat 12:45. Jiwanya lelah sehingga ditarik iblis makin dalam, dalam dosa. Tidak lagi mau minum anggur baru Luk 5:19. Akhirnya masuk dalam kebinasaan kekal. Suatu kebodohan menukarkan hidup kekal dengan kesukaan dosa yang sesaat Ibr 11:25, satu kali akan menangis untuk kekal. Semua orang yang pikirannya kebinatangan 2Pet 2:12 (terus menuruti hawa nafsu, tanpa rem) itu orang bodoh! Buta! Hidupnya merosot dari manusia berdosa menjadi binatang buas. Jangan mengejar hawa nafsu, tetapi kejarlah kesucian Tuhan. Daging harus disalibkan, kalau tidak daging akan tumbuh menjadi binatang.

 

AMS 30:3. SAYA TIDAK PERNAH BELAJAR HIKMAT.

  1. Saya tidak pernah belajar hikmat, juga tidak punya pengetahuan dari (satu) Yang suci. (KJI).
  2. Saya juga tidak pernah belajar hikmat, namun pengetahuan tentang Satu yang suci, saya tahu. (Young).

Agur ini terlalu bodoh, sudah mengumpulkan tetapi tidak belajar hikmat, mengumpulkan tak habis2nya tanpa hasil sebab ia mengumpulkan juga banyak istri2 menurut nafsu perzinaannya (bandingkan dengan Yusuf dan Ayub). 2Tim 3:7. Tidak pernah mengenal yang benar. Mengapa begitu? Sebab 1Kor 2:14. Hidup cara duniawi, musuh salib, benci salib Pil 3:18. Mengaku nama Tuhan, mengumpulkan Firman Tuhan, tetapi se-hari2 hidup cara duniawi (tidak memikul salib, menuruti daging) sehingga seperti Pergamus, setia mengumpulkan tetapi se-hari2 tinggal di tempat iblis! Wah 2:13.

Mengumpulkan ber-tahun2, tetapi tetap hidup cara duniawi, tidak cinta Firman Tuhan, tidak ada kerinduan ekstra untuk Firman Tuhan, bahkan kalau bisa waktu dan kesempatan untuk Firman Tuhan dikurangi dengan banyak alasan2 rohani. Timbul segala macam dosa iri, dendam, benci, berkelahi 1Kor 3:3, saling membesarkan diri, serakah, ingin sesuatu yang melawan Tuhan, fitnah, ber-lazat2 dalam bacaan2 dan rekreasi yang menguatkan hawa nafsu, mengejar mammon dsb. Tidak mempunyai hikmat! Ini kebijakan dari iblis, menurut hawa nafsunya Yak 3:15. Kebijakan/ hikmat dari atas itu suci, suka damai dst. Yak 3:17, Gal 5:22.

Tidak mengenal yang suci/ Satu yang suci. Orang yang tidak mengenal Pelepas dosa ini tidak akan dapat hidup dalam kesucian 1Yoh 3:6. harus mengenal, mengerti dan dengan iman melakukannya dengan sungguh2 supaya jangan kita diperhamba kembali dalam dosa. Yoh 8:36. Orang yang mengenal Pelepas ini, Firman ini akan disucikan senantiasa Yoh 17:17/ 15:3. Lebih kita mengenal Yang Suci ini, Firman yang suci ini, lebih kita disucikan. Ef 5:26. Rahasia2 pencucian itu limpah dalam Firman yang suci ini 1Pet 4:11, 1Kor 1:18. Orang yang mau taat akan makin celik dalam Firman Tuhan dan makin disucikan.

AMS 30:4. SIAPAKAH DIA YANG…..

  1. Siapa yang naik ke dalam Surga atau turun (dari Surga ke bumi) ? Surga adalah tempat Allah, bumi tempat manusia. Inilah orang yang menghubungkan bumi dan Surga, manusia dengan Allah, itulah Tuhan Yesus Yoh 3:13. Semua ini jalan yang sudah dijalani Tuhan Yesus Ibr 2:17-18 dan disediakan sebagai jalan yang menolong kita. Mengapa Tuhan Yesus menjadi contoh yang begitu indah dan heran? Sebab Ia dapat naik dan turun dari Surga, Ia Allah yang menjadi manusia, tetapi sebagai Putra manusia Allah ada di dalam Dia Mat 1:23. Immanuel, inilah jalanNya untuk hidup yang berkemenangan Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Kalau ada Kristus dalam hati kita, hubungan dengan Surga terbuka. Hubungan bumi dan Surga ada di dalam kita. Kuasa Allah dapat mengalir dalam kita Luk 24:49, suasana dan kesukaan Surgawi Kis 3:20, dan kuasa atas penghulu dunia ini yaitu iblis. Luk 10:19, Mrk 16:17. Juga segala berkat Allah akan turun dalam kita. Mat 6:33. Perlu penuh dengan Roh Kudus dan berjalan dalam Roh senantiasa Gal 5:16, sebagai Imanuel, Kristus di dalam kita!
  2. Siapa yang dapat mengumpulkan angin dalam genggamannya? Angin = Roh Kudus Yoh 3:8. Siapa yang mempunyai “angin” dalam tangannya? Yoh 14:16. Tuhan Yesus yang mempunyai kuasa Roh Kudus. Sesudah Ia dipermuliakan (bangkit) Yoh 7:39, maka Roh Kudus diberikan dalam tangan Tuhan Yesus, lalu dicurahkannya kepada kita Kis 2:33. Dengan kuasa yang besar Gereja Tuhan bekerja Kis 1:8, Yoh 14:12. Gereja Tuhan bersinar dan berperang dengan iblis dengan kuasa Roh Kudus. Orang yang mengerti dan memenuhi rumus ini, akan juga diperlengkapi dengan kuasa yang besar. Orang yang mau salib, mau mematikan daging akan bangkit –> Roh Kudus dalam tangan Tuhan Yesus untuk kita. Begitu pula kalau kita mau pikul salib sampai di Golgota (dengan penyerahan sepenuh) sampai “3 hari”, mati dan bangkit, penuh kuasa kebangkitan Pil 3:10, maka kita akan mengalami kemenangan terus menerus, sehingga dagingnya mati dan tak berdaya sehingga kita dapat berjalan dalam kesucian, maka kuasa Allah akan limpah dalam tangan kita! Ini rumusnya untuk memiliki Roh Allah dalam hidup kita Rom 8:36, 2Kor 4:10-12, maka Roh Allahturun atas kita 1Pet 4:14 ada di dalam genggam tangan kita sehingga Roh Kudus memegang dan memimpin tangan kita. Bukan saja mati dari perkara2 daging dan hawa nafsu, tetapi mati dari kehendak sendiri sehingga bisa sepenuhnya taat pada Tuhan! Pil 1:21.
  3. Siapa yang membungkus air di dalam pakaian? Pakaian Yesus itulah kebenaran orang suci Wah 19:8. Di dalam pakaian kesucian ini terbungkus air hidup Yoh 4:14,23. Orang yang menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran, maka air hidup yang memancar dalam hatinya itu Yoh 7:38 akan terpelihara dan memancar terus sampai hidup yang kekal. Ini seperti membungkus air hidup dalam pakaian kesucian. Makin disucikan oleh doa 1Tim 4:5, 1Pet 1:2, maka semua perkara2 yang akan jadi salah dan tidak diperkenan Allah diingatkan oleh Roh Kudus supaya kita membuangnya keluar, pancaran air hidup dalam hati kita itu mendorong semua perkara2 najis itu keluar. Kita perlu mempunyai pancaran air hidup yang terus memancar; yaitu kuasa doa, persekutuan dengan Tuhan Yak 5:16, Kel 17:11. Kehidupan doa orang2 suci yang memikul salib itu meningkatkan terus hidup rohani kita. Hidup seperti ini (dalam Ruangan Suci) akan diukur dan masuk dalam rencana kesempurnaan Allah Wah 11:1. Kita harus mempunyai pancaran air hidup ini. Harus mempunyai pakaian kesucian yang terus menerus di hadapan Tuhan 2Tim 2:15, 2Pet 1:10, 1Tes 4:4, sehingga terus menerus ada pancaran air hidup dalam hidup kita. Tanpa hidup yang suci, air hidup ini bocor! Putra manusia Yesus memiliki kuasa yang besar sebab Ia terus menerus hidup suci di hadapan BapaNya.
  4. Siapakah yang telah menetapkan ujung2 bumi? Mengapa ke ujung bumi? Untuk bersaksi Kis 1:8, untuk memberitakan Nama Tuhan Yesus Mat 24:14 dan menjadikannya murid Mat 28:19. Beritakan Injil di mana kita berada, dan taatlah akan pimpinan Tuhan untuk berjalan memberitakan Injil. Kalau semua anggota tubuh Kristus taat, maka ujung2 bumi akan ditetapkan dengan Injil, lalu Tuhan datang. Mat 24:14.Jangan jadi garam yang tidak asin atau pelita yang padam. Beritakanlah pada semua di sekitar kita Luk 10:27, dalam panci kita, sampai kemanapun Tuhan pimpin kita sehingga kita sendiri bisa tumbuh sampai masuk dalam rencana penamatan Allah.

Kemenangan terakhir waktu Gereja disempurnakan, ditandai dengan menaklukkan bumi dengan berita Injil. Ujung2 bumi ditetapkan dengan berita Injil.

Ini cara kemenangan terakhir untuk masuk dalam kesempurnaan yaitu ujung2 bumi ditetapkan dengan Injil.

Orang yang melayani dengan tulus, dalam pimpinan Roh Kudus (itu seperti imam2 dalam Roh Kudus) akan terus tumbuh sampai tembus Tirai sampai pemecahan daging total, yaitu penyerahan sepenuh dan masuk dalam rencana kesempurnaan Allah. Tidak mudah! Mat 26:39. Bertekun dalam doa seperti Tuhan Yesus, makin cinta akan Firman Tuhan, makin cinta dan setia akan Gereja Tuhan yaitu tubuh Kristus. Semua ini 7 KPR menguatkan kita untuk bersedia dikorbankan sampai habis. Mat 10:39, 2Tim 4:7-8. Ini jalan yang dirintis Paulus sehingga ia sampai pada Tirai, penyerahan sepenuh.

  1. Siapa namanya dan siapakah nama PutraNya? Nama yang tersembunyi! Sesudah Tuhan Yesus dipermuliakan maka NamaNya dibesarkan yaitu Pengantin laki2 Surgawi Kis 4:12, Pil 2:9-10. Gereja yang masuk dalam golongan Pengantin Perempuan akan mempunyai nama baru Wah 2:17 yaitu nama suaminya Wah 3:12 / 14:1. Siapa yang ikut jalan salib sampai Golgota, selalu memberitakan dan memuliakan nama Tuhan Yesus, mencintaiNya dan mau menyerahkan semuanya bagi Nama ini, maka ia akan masuk dalam rahasia yang besar ini, yaitu rahasia pengantin Anak domba Allah Wah 8:1, Ef 5:32. Suatu rahasia yang besar, rahasia kesukaan yang tertinggi dan kekal. Sungguh tidak sia2 semua yang kita tanggung karena Tuhan. Rom 8:17-18.

AMS 30:5. FIRMAN TUHAN YANG MURNI SEBAGAI PERISAI.

Kalau Firman Tuhan secara murni dipegang, ia akan menimbulkan iman yang kuat dan ini menjadi perisai yang kuat Ef 6:16, menolak semua panah berapi iblis dan semua serangan musuh. Tetapi kalau Firman Tuhan mulai dicampur atau “disampaikan” dengan akal, dibengkokkan oleh hati yang tidak tulus, maka iman orang2 menjadi lemah, kehilangan kuasanya dan tidak sanggup menahan godaan dan serangan iblis. Perisainya jadi kecil dan tembus. Pegang secara murni, taati, percayailah Firman Tuhan seperti apa yang dikatakan Allah, jangan bimbang dan ragu2, maka orang yang rusakpun akan diubah menjadi suci dan terus tumbuh sampai akhirnya sempurna. Godaan dan serangan iblis ditangkis sebab kita percaya penuh akan Firman Tuhan Mat 4:4,7,10. Kita punya perisai iman. Sambil menahan serangan iblis dengan perisai Firman Tuhan yang murni, kita terus tumbuh. Semua rumus2 ini akan berlaku dengan mantap dan kita terlindung dengan perisai Firman Tuhan yang murni.