M3815 – Markus 4:23. Keuntungan Mendengar Suara Roh Kudus.

DEFINISI.

Manusia bisa mendengar suara Allah, dari Roh Kudus. Ini luar biasa. Allah itu ada dan hidup dan kita bisa mendengar suaraNya bahkan semua umatNya disuruh mendengarkan baik2 Mrk 4:23,  Ini luar biasa. Semua umat Tuhan harus bisa mendengar suaraNya. Dalam Wasiat Lama Tuhan berbicara lewat nabi2 saja (sebab manusia belum ditebus), tetapi sesudah Golgota, Roh Kudus turun ke atas semua umat Tuhan dan berbicara, sehingga kita bisa ber-cakap2 dan mendengar suara Allah, luar biasa! Hasilnya pasti besar! Dengar suara Mentri saja sudah luar biasa apalagi mendengar suara Allah semesta alam, pasti jadi indah.

 

SIAPA YANG BISA MENDENGAR?

Semua umat Tuhan harus bisa mendengar suara Roh Kudus, ini diperintahkan, tetapi dalam kenyataannya belum semua bisa mendengar, tentu orang2 ini rugi. Bayi yang baru lahirpun sudah bisa mendengar suara, hanya belum bisa membedakannya. Juga orang2 yang mulai percaya Tuhan Yesus, lahir baru, jadi anak2 Allah Yoh 1:12 sudah bisa mendengar suara Allah, Bapanya, hanya kadang2 belum bisa membedakan, sebab ini secara rohani, harus diajarkan. Jadi adalah kehendak Allah supaya orang yang baru percaya sudah mendengar suara Tuhan (meskipun belum tahu jadi anak yang baik atau tidak) bahkan juga orang beriman yang jelek seperti Gereja2 jalan lebar pada akhir zaman Wah 2:7,12,17,29; 3:6,13,22, semua tetap disuruh mendengar suara Allah, supaya bertobat dan tidak sampai terhilang.

Kalau mau, pasti bisa, Tuhan tidak memerintahkan yang mustahil. Orang yang bisa mendengar suara Tuhan itu pasti jadi indah, sebab:

  1. Tuhan hanya mau terus bicara pada orang yang taat, sebab itu
  2. Sesudah ia mendengar, ia melakukannya dan hasilnya jadi indah, bahkan luar biasa! Hidup orang Kristen yang normal itu seharusnya tetap dalam kesucian, bisa mendengar suara Roh/ Tuhan dan taat, sehingga makin lama makin indah dan makin memuaskan, dari kemuliaan kepada kemuliaan 2Kor 3:18, sebab terus tumbuh dan ber-buah2. Yang sungguh2 mau, pasti mengalami ini.

Sebab itu yang bisa betul2 mendengar suara Tuhan lalu terus taat pasti jadi indah sekali. Tidak tergantung siapa orangnya, orang kecil/ besar, pintar/ bodoh, miskin/ kaya, bangsa apapun bisa.Memang ada yang:

  1. Ber-ulang2 tidak taat, akhirnya Allah berhenti bicara seperti Saul yang mula2 taat tetapi kemudian tidak mau taat. 1Sam 28:6.
  2. Orang2 yang mencatut nama Tuhan, pasti kacau dan kocar kacir sebab bukan dari Roh Kudus.

III. BAGAIMANA CARA MENDENGAR SUARA ROH.

Syarat dasar: Lahir baru, terus hidup baru dalam kesucian di jalan sempit, mau pikul salib. (Orang berdosa putus hubungan dengan Allah, apalagi kalau tidak bertobat, Tuhan tidak berbicara kepadanya).

Prinsip. Tergantung 2 pihak, yaitu:

  1. Manusia, kalau mau taat untuk memperkenankan Tuhan, Tuhan akan bicara.
  2. Allah, Dia yang membuat mata yang melihat (bisa melihat dosa itu keji, rugi, Neraka, dan bisa melihat kesucian itu indah, mulia, untung).dan telinga bisa mendengar (bisa mendengar suara Roh, lalu taat, hidupnya berubah menjadi bijak dan indah) Ams 20:12. Tuhan bisa lihat dantahu bahwa orang itu mau taat atau tidak, sebab itu Tuhan bicara atau tidak seperti 1Sam 3:1. Sebaliknya Musa yang mau terustaat, Tuhan bicara sangat limpah. Sepanjang umur hidupnya sesudah dipanggil Tuhan, Tuhan terus bicara kepadanya dan hidupnya jadi luar biasa, makin lama makin indah dan memuaskan. Misalnya Kel 13:1, ayat seperti ini ada ratusan kali sehingga apa saja yangdibuat, dipikir atau dikatakan Musa, itu semua dari Tuhan sehingga nyata dan berhasil luar biasa, sebab Tuhan yang berbicara kepadanya terus menerus dan Tuhan yang membuat semuanya jadi.

Dasar2 untuk ber-cakap2 dengan Tuhan.

  1. Rajin belajar dan cinta Firman Tuhan. Sebab inilah suara Allah secara tertulis yang juga untuk kita. Orang yang mau taat, membaca Firman Tuhan itu seperti mendengar suara Tuhan dan semua kebenaran Allah yang kita perlukan itu sudah tertulis dalam Alkitab. Roh Kudus ikut bekerja langsung, kalau waktu belajar atau membaca kita mau taat, Ia membawa kita pada segala pengertian yang benar Yoh 16:12,13 dan menghidupkan huruf2 itu 2Kor 3:6, sehingga ayat2 itu berbicara sebagai suara Tuhan untuk pribadi kita sekarang. Alkitab itu ajaib dan luar biasa bagi orang yang mau percaya dan taat. Trinitas ilahi itu sehati, satu Roh, sepikir, dan sama sekali tidak ada kekacauan atau perpecahan di dalam Mereka 1Kor 14:33. Oleh karena itu apa yang dikatakan Roh Kudus dapat di check atau diteguhkan dalam Firman Tuhan. Sebab itu orang yang cinta Firman Tuhan akan akrab (cepat mengerti kata2 Roh baginya) sebab kata2 Roh selalu sama dengan Firman Tuhan dalam Alkitab, karenaTrinitas itu betul2 selalu sehati, setujuan, sepikir, dalam segala perkara, tidak ada yang bertentangan.

Suara Roh diteguhkan dengan ayat2 yang tepat Yoh 14:26 yang diingatkan Roh Kudus, diterangkan dan diterapkan sebagai jawaban pertanyaan dan problem2nya.

  1. Berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran. 1Tes 5:17. Orang yang berdoa dalam Roh itu memakai bahasa lidah 1Kor 14:14 dan itu sekaligus jadi tanda bahwa Roh Kudus ada di dalamnya,dalam hatinya sehingga bisa lebih mudah mendengar suara Roh yang sudah ada disitu. Doa dalam Roh, ini fasilitas yang canggih untuk akhir zaman Yoh 4:23-24 dan dengan demikian kita memelihara hubungan baik dengan Allah terus menerus lewat hubungan dalam Roh terus menerus 1Tes 5:10, lewat doa bilik Mat 6:6 dan doa dalam Roh dan kebenaran. Orang2 seperti ini akan mudah bicara dan mendengar suara Roh. Mau banyak mendengar suara Roh, taatlah setiap kata2nya dan berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran.
  2. Terus tulus dan dengan hati yang bersih. Kadang2 dalam problem timbul sikap atau keinginan yang salah (marah, “JMPE”, tidak mau kalah, pikiran zina dll pikiran yang salah), maka suara Roh jadi macet, ia tidak punya pegangan dari Allah, ia mengatur problemnya sendiri, tidak bisa dipecahkan dengan betul dan baik.

Kadang2 sesudah sampai rumah, baru suara Tuhan sebagai jawaban itu muncul, tetapi sudah lewat. Sebab itu kita harus tetap suci dan tulus supaya suara Tuhan tidak terganggu dan problem bisa diselesaikan dengan baik. Kita bukannya butuh tenang dan sepi, tetapi hati yang bersih; meskipun di tempat ramai Roh Kudus tetap bisa bicara.

  1. Terus harap Tuhan, minta pimpinanNya Yes 30:21 terus ber-tanya2 akan Tuhan 1Taw 16:11 sebab percaya bahwa ini cara hidup yang terbaik (suara Roh pasti 100% betul, kalau kita taat penuh, akan berhasil) dan dengan demikian kita tumbuh dan ber-buah2 dan meningkat makin mulia di hadapan Tuhan 2Kor 3:18. Setiap kali kita dengar dan lalutaat, pasti rohani kita tambah maju dan terus meningkat dalam rencana Allah, pasti lebih indah kalau terus taat dalam kesucian.Contohnya adalah Putra manusia Yesus, baik ber-kata2, baik berbuat, Ia selalu menunggu perintah BapaNya. Yoh 5:19; 8:26 sehingga hidupnya jadi indah, ajaib, luar biasa dan dalam 3,5 tahun pelayanan Ia bisa menyelesaikan semua dengan sempurna! Sangat efektif. Orang yang terus berharap danpercaya pada Tuhan, terus minta pimpinanNya, suaraNya dan taat, maka Roh Kudus akan menyertainya sehingga ia bisa taat danhidupnya jadi lain dari biasa, menjadi luar biasa sebab bukan dia lagi tetapi Kristus yang hidup di dalamnya. Gal 2:19-20.
  2. Kita harus bisa membedakan antara:
  3. Suara sendiri, belum tentu ini sama dengan suara Roh. Kalau kita tumbuh makin seperti Kristus, tentu semua makin sama dengan Kristus. Kalau seorang sudah hidup jadi satu dengan Tuhan 1Kor 6:17, maka kehendak Tuhan menjadi kehendaknya, sehingga jadi satu Pil 2:12, ini sangat mempermudah mendengar suara Roh, mudah dikenali dan dilakukan.
  4. Suara Roh Kudus itu selalu cocok dengan Firman Tuhan, Roh Kudus akan mengingatkan satu ayat yang tepat Yoh 14:26, menjelaskan dan dengan demikian meneguhkan suara atau perintah yang sudah diberikan.
  5. Suara setan yang selalu ingin muncul (sebagai panah berapi iblis Ef 6:16) maksudnya untuk membinasakan (dia pembunuh Yoh 8:44) seringkali mula2 cocok dengan akal, Firman Tuhan atau perasaan hati. Tetapi kalau orang itu sudah percaya pada suara iblis, lalu ia memutarbalikkan, menyesatkan, supaya berdoa dan melawan Tuhan. Hati2 jangan tertipu. Kalau ada hubungan baik dengan Roh Kudus, pasti Roh Kudus akan menunjukkannya dengan jelas sehingga kita bisa mengerti dusta iblis dan membuangnya. Tetapi yang main2, lebih2 yang hidup dalam dosa, menjadi anak buahnya sendiri dan dikuasai Yoh 8:34 sehingga tertipu, dan disesatkan, dibinasakan, hati2.
  6. Peneguhan. Suara Roh Kudus biasanya menimbulkan hati sejahtera dan yakin; ini pekerjaan Roh Kudus dalam hati kita Rom 8:16; 9:1. Kalau gelisah, tidak enak, ada pergumulan, lekas berdoa bertanya Tuhan, kalau tulus Roh Kudus langsung bicara menjelaskan. Tetapi kalau sudah ingin dosa, atau sudah menikmati kesukaan yang berdosa, sudah mabuk, suara Roh tidak dipedulikan seperti Simson, Saul dll. Kalau kita mau taat dan masih bingung boleh minta tanda seperti Gideon. Hak 6:36-40. Biasanya Tuhan sudah meneguhkan dengan tanda sejahtera Roh atau peneguhan oleh saudara2 seiman dengan pelayanan dalam Roh atau dengan tanda2 lain dan orang yang mau taat akan mengenalinya dan yakin.
  7. Kadang2 kita masih harus menunggu beberapa saat Maz 25:3 seperti Elisa waktu bertemu perempuan Sunami yang mati anaknya 2Raj 4:27. Juga Putra manusia Yesus dengan perempuan yang ditangkap orang banyak Yoh 8:6. Seringkali karena sombong, malu tidak bisa menjawab, lalu bicara sendiri, semua jadi kacau, tidak bisa lepas dari problem. Lebih baik tunggu pimpinan Roh, tidak perlu malu dianggap bodoh, terus berdoa, tunggu suara Roh.

 

FAEDAH BISA MENDENGAR SUARA ROH.

Suara Roh itu 100% betul, sukses rohani dan jasmani kalau kita taat dengan penuh, Roh Kudus memberi kekuatan untuk melaksanakannya pada orang yang mau taat dengan tulus Zak 4:6. Sebab itu maulah pikul salib dan taat, maka kita akan bisa mendengar suara Roh dan waktu taat, kita melihat pertolongan Tuhan datang sehingga:

  1. Jawaban bagi problem kita beres, untung, selesai.
  2. Kita bisa berjalan dengan Tuhan, itu berarti dalam kesucian, di jalan sempit, di atas mezbah Rom 12:1-2. Ini hidup dalam Ruangan Suci (bisa menikmati 7 Kebutuhan Pokok Rohani, bukan jadi hukuman, tetapi kenikmatan). Biasanya pikiran, perkataan, sikap, keputusan dan tindakannya jadi bijaksana sebab dipimpin Roh Gal 2:20. Tampak ada hikmat dan kuasa Allah menyertainya, sehingga setiap problem atau masalah berubah jadi kemuliaan Tuhan 1Pet 4:14, dan hidup kita meningkat terus dari kemuliaan Allah kepada kemuliaan yang lebih tinggi 2Kor 3:18, asal kita rajin, setia danterus taat pada Tuhan. Hidup kita akan terus meningkat menjadi lebih indah kalau kita terus taat dipimpin Roh; selalu ada sesuatu yang lebih indah di depan kita di hari2 yang akan datang kalau kita selalu berjalan taat dipimpin Roh! Buktikanlah berjalan dengan Tuhan itu indah dan ajaib. Nuh yang berjalan dengan Tuhan bisa membuat bahtera yang sangat besar, tanpa galangan kapal, langsung jadi, tidak oleng, tidak tenggelam dan mereka mengalami mujizat Tuhan yang amat besar. Kita akan melakukan hal2 besar dengan Tuhan oleh RohNya di dalam kita Maz 60:14.
  3. Sumber segala karunia dan buah Roh. Kalau kita taat akan suara Roh, maka timbul 1 atau beberapa karunia2 Roh dalam pelayanan kita atau dalam problem2 dan kesukaran kita. Kita bisa ekstra lebih bijak, lebih baik, lebih sabar, lebih setia dll karena ada buah Roh. Ini caranya hidup dan pelayanan dengan karunia2 dan buah Roh. Orang yang makin mahir berjalan dalam Roh dan mendengar suara Roh, maka karunia2 dan buah Roh akan makin nyata di dalam hidupnya.
  4. Persiapan akhir zaman. Kalau kita mahir dipimpin Roh dalam akhir zaman yang dahsyat ini, justru kita mengalami kemenangan dan ikut melakukanperkara2 besar yang indah, bahkan meningkat dengan cepat, ikut serta dalam puncak rencana Allah yang paling besar dalam dunia ini. Orang beriman tanpa dipimpin Roh akan jatuh dalam bahaya dan celaka sampai mati dan binasa (sebab hidup menurut daging yang makin ber-tambah2, tidak dipimpin Roh). Berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran dan bisa mendengar suara Roh dan taat, itu kuncinya untuk terus berjalan dalam Roh, jalan dengan Tuhan. Ini mutlak perlu untuk menang. Sekarang, apalagi dalam akhir zaman melawan tiga Antikris yang pertama dan masuk dalam zaman keemasan Gereja.

MENINGKATKAN KEPEKAAN.

Bukan meningkatkan tehnik mendengarnya tetapi meningkatkan ketaatan dalam hidup yang suci. Makin taat makin peka. Ada rencana2 Allah yang indah2 batal sebab tidak tahu, tidak melakukan yang betul, sebab tidak bisa mendengar suara Tuhan dalam kasus itu.

Saul yang biasanya bisa mendengar suara Tuhan, saat itu dicengkeram ketakutan, sehingga kehilangan rencana Allah yang besar dan indah, sayang sekali. 1Sam 13:13-14. Sesudah ini hidupnya merosot makin jelek. Kita harus terus melatih kepekaan kita. Kalau kita rindu terus dipimpin Roh sehingga terus ber-tanya2 akan pimpinanNya, maka kita akan memakai banyak kesempatan untuk berjalan dengan Tuhan. Kalau dalam perkara2 kecil (lebih mudah untuk latihan, terus ber-tanya2 akan Tuhan 1Taw 16:11) kita bisa mendengar suara Roh sampai berhasil, maka dalam perkara2 besar kita akan tetap bisa mendengar suara Roh dan berhasil, sebab prinsipnya sama dan Roh Kudus sama untuk segala problem kecil dan besar.(lain dengan pertolongan manusiawi untuk perkara kecil, biasanya tidak bisa menolong perkara besar dan tidak bisa menguasai seluruh segi hidup).

Hidup ini akan makin meningkat dengan indah dalam tangan dan garansi Tuhan, kalau kita bisa mahir mendengar suara Roh, taat dan terus penuh dengan Roh Kudus. Jangan takut pikun.

Seperti Nuh Kej 6 kita bisa berjalan dengan Tuhan, bisa membangun “bahtera” yang mustahil dan lepas dari hukuman “akhir zaman” Luk 17:26-27. Banyak orang yang bisa mendengar suara Roh (sebab mau taat) maka tiap hari akan makin indah 2Kor 3:18.

 

BENTUK SUARA ROH.

Elia mendengar seperti suara kecil (still small voice) yaitu suara kecil dalam hati 1Raj 19:12,biasanya tidak terdengar. Ini sering kita dengar waktu berdoa dan mendengar Firman Tuhan (dengan cara ini biasanya paling banyak) juga dalam nasehat tubuh Kristus (pelayanan dalam Roh). Kadang2 juga dalam mimpi, peristiwa, nubuatan, penglihatan dll, tetapi semua ini kebenarannya harus di check dengan Firman Tuhan dan minta peneguhan Roh Kudus. Kadang2 suara Tuhan tidak cocok dengan akal, pikiran dan hal2 yang biasa, tetapi orang yang penuh dan dipimpin Roh akan punya keyakinan yang kuat untuk melakukannya seperti Abraham mengorbankan putranya, Daud berperang dengan Goliat, para hakim dan azis Allah dll, dan karena itu suara Allah, hasilnya luar biasa (contoh sirene tambang batu bara).

 

VII. SUARA ROH YANG PALSU.

Kalau ada tanda2 ini, kita harus curiga dan ber-tanya2 pada Tuhan. Misalnya:

  1. Kalau yang bernubuat hidup dalam dosa, jalan lebar. Mat 7:16-17, jangan percaya.
  2. Bertentangan dengan firman Tuhan Ul 13:1 dan tidak jadi (ada nubuatan iblis yang berhasil karena kelihaian dan kuasa iblis, tetapi sesungguhnya iblis tidak tahu yang akan datang, misalnya dukun Endor dan Saul).
  3. Suara setan, dukun dll, seringkali pada permulaannya kata2nya benar. Mrk 1:23-24. Ini dilakukan dengan siasat, kalau sudah percaya padanya, ia akan ditipu, disesatkan dan diarahkan pada kebinasaan, misalnya Yudas dan Saul sampai mati (Yoh 8:44 ini tujuan utamanya).

Suara dari iblis misalnya nabi palsu, Zedekia, Ahab percaya akibatnya ia mati 1Raj 19:11,24,37. Kadang2 dari diri sendiri atau hawa nafsunya (Tuhan berfirman engkau harus kawin dengan saya; Tuhan suruh memberi mobilmu pada saya dsb).

  1. Dengan karunia membedakan Roh kita bisa mengenali roh yang lain 1Kor 12:10. Orang2 yang tidak dipimpin Roh tidak bisa membedakan 2Kor 11:4, bahkan dengan ajaran yang salahpun sudah hanyut Ef 4:14. Orang yang hidup dipimpin Roh tandanya akan banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran serta suka mencari 2 gomer Firman Tuhan (dengan 7 KPR lain)sehingga kita boleh mahir mendengar suara Roh untuk bersedia untuk akhir zaman.

KESIMPULAN.

Kalau kita mau hidup taat dipimpin Roh dan terus taat sehingga makin mahir mendengar suara Roh, hidup yang akan datang akan mengalami rencana Allah yang makin indah, dari kemuliaan kepada kemuliaan. Ini jauh lebih indah, puas, sukacita, lebih dari segala sukses dunia yang fana.

Jangan pusing dengan nubuatan atau suara Roh lewatorang lain, kalau Tuhan tidak berbicara pada kita sendiri lebih dahulu, jangan percaya! Tuhan sudah bicara pada Paulus lebih dahulu sebab itu ia bisa menolak dan menerima yang sesuai dengan yang didengarnya sendiri Kis 20:22,23; 21:4,5,11-14. Tapi nabi muda yang sudah dengar suara Tuhan, malah percaya “suara Tuhan” lewat nabi tua yang berbalik, ia mati 1Raj 13:17,18,24.

Belajar terus taat sehingga makin mahir berjalan dalam Roh dalam rencana Allah, dari kemuliaan kepada kemuliaan Allah.

Nyanyian:

Semakin mulia Dia mengubahku, ubahku, ubahku.