M3814 – Kejadian 6:8-14. Mengerjakan Proyek Allah.

Kehidupan Nuh dan zamannya merupakan suatu contoh dari akhir zaman, sebab prinsipnya sama Luk 17:26-27. Pelajaran apakah yang kita dapatkan untuk menghadapi akhir zaman yang sudah dekat ini? Ada 3 hal yang penting, yang harus kita perhatikan, yaitu:

  1. Dosa akan sangat meningkat sampai puncaknya dan karena itu kejahatan dan perkara2 yang dahsyat terjadi dalam dunia Wah 22:11. Dosa meningkat, berarti neraka makin nyata dalam dunia, dan itu mencapai puncaknya dalam zaman Antikris itulah Neraka di dunia.
  2. Kesucian meningkat. Itu berarti Surga Wah 4:8 diantara orang2 yang diperkenan, yaitu dalam Gereja Minggu ke-70 Daniel atau Gereja Hujan akhir sehingga dalam kesucian yang meningkat itu Surga makin nyata di dunia yaitu Surga di dunia, yaitu dalam Gereja jalan sempit yang tumbuh menjadi sempurna, disempurnakan oleh 3 Pribadi Allah sehingga jadi ajaib lalu sempurna Wah 12:1.

III. Nuh tidak tinggal diam dalam keadaan yang dahsyat ini, tetapi Nuh mengerjakan proyek Allah yang adalah gambaran dari proyek akhir zaman, menyelesaikan rencana Allah. Begitu kita jangan hanya jadi penonton, tetapi ikut serta, aktif, bahkan bekerjakeras dan dengan tingkat efisiensi yang tinggi dalam pimpinan Roh Kudus, sehingga dalam 3,5 tahun Gereja Tuhan disiapkan untuk ikut pengangkatan dan jumlah yang sempurna digenapkan!

 

DOSA DAN KEJAHATAN SANGAT MENINGKAT.

Bahaya makin besar untuk umat manusia, sebab kalau iblis bekerja makin hebat maka makin banyak manusia dibinasakan, sebab iblis itu hakekatnya adalah pembunuh Yoh 8:44. Sebab itu kalau iblis bekerja lebih hebat, maka akan lebih banyak orang dibunuh dan mati Wah 6, lebih dari 1/4 penduduk dunia akan dibunuh, diseret ke dalam Neraka dan dalam 3,5 tahun II, sisa2 orang2 yang tertinggal, 100% dibinasakan oleh Antikris Wah 13:7. Keadaan seperti ini sangat dahsyat dan belum pernah terjadi Mat 24:22. Apa yang sudah terjadi itu sudah dahsyat misalnya penderitaan orang Israel di Mesir, waktu zaman Ester oleh Haman, waktu perang dalam Wasiat Lama itu sangat2 mengerikan tetapi akan terjadi hal2 yang lebih dahsyat, baik dalam politik, kebencian, pembunuhan, keuangan, perzinaan, malapetaka, bencana alam dll, segala celaka,lebih dari hari2 yang lalu. Ada dua hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

  1. Kita harus disiapkan untuk menghadapinya.
  2. Mengerti nubuatan Firman Tuhan tentang apa yang akan terjadi sebab sebelum terjadi Tuhan akan menyatakannya lebih dahulu pada umatNya Amos 3:7 supaya dipersiapkan baik2 (Tuhan juga akan memberi semua fasilitas yang diperlukan) dan umat Tuhan yang bersedia (jalan dengan Tuhan, tidak sendiri, dipimpin Roh) dan mengerti, tidak akan takut menghadapinya. Mengapa? Sebab kalau kita masuk dalam rencana Allah, nubuatan yang indah itu akan jadi pengalaman kita, yaitu zaman keemasan Gereja, Surga di bumi.
  3. Bagaimana kita bisa menghadapinya?

Cara Allah selalu sederhana yaitu Firman Tuhan dan Roh Kudus dan persekutuan tubuh Kristus. Kita harus sudah siap menghadapinya.

  1. Makin penuh dengan pengurapan Roh Kudus. Sebab itu tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran sehingga ada pengurapan dobel (ligabis punya minyak dobel, dalam pelita dan dalam tempat persediaan). Sebab dalam berdoa, duduk diam2, kekuatan kita meningkat luar biasa seperti Kristus. Yes 30:7, Luk 24:49. Tambah jam doa, tebus waktu. Pakai setiap kesempatan yang ada terus menerus, non stop 1Tes 5:17. Tidak cukup urapan biasa, tetapi urapan dobel seperti Elisa 2Raj 2:9-10. Kita harus menjadi pelita yang tidak bisa padam seperti Wah 11:3-5, terus menyala sekalipun menghadapi apa saja. Sebab ada minyak dari sumbernya yang terus mengalir dalam pelita kita Zak 4:2-3; 11-14; lewat pipa2 emas, yaitu suatu hidup yang suci, tulus, berkenan pada Tuhan. Kalau kita hidup dalam kesucian, dan mau taat (perlu penyangkalan diri, menyerah penuh seperti Gal 2:20), maka kita akan peka dengar suara Tuhan, terus taat, ini melepaskan kita dari ancaman bahaya apapun, sebab pimpinan Roh Kudus tidak pernah salah, Dia Allah yang maha tahu yang akan datang dan maha kuasa. Dalam pimpinanNya, kita akan selalu menang. Terus melatih diri taat dipimpin Roh dalam segala perkara (MAK = di Mana saja, dalam keadaan Apa saja, dan Kapan saja) sebab hanya dengan pimpinan Roh Kudus kita bisa lepas dari bahaya apapun. Dalam 7 Gereja akhir zaman (Wah 2-3) selalu ada nasehat untuk mendengar suara Roh dan kalau taat, pasti tertolong. Berdoalah terus dalam Roh dan kebenaran (perlu baptisan Roh Kudus, minta sekarang Luk 11:13).
  2. Harus mengerti nubuatan Firman Tuhan tentang yang akan datang. Meningkatlah dalam pengertian Firman Tuhan, semua rahasia akan dibukakan Mat 10:26-27. Tidak cukup hanya 1 gomer tetapi dobel yaitu ditambah rahasia kesempurnaan dan rahasia dari perkara2 yang akan datang. Jangan malah dikurangi dalam masa2 yang makin sulit ini tetapi makin ditambah, dobel, bahkan dengan hati yang rindu, cinta, sebab ini tanda yang mutlak perlu ada Yoh 14:21,23 sehingga Tuhan selalu beserta dan Roh Kudus terus bicara lewat Firman Tuhan Yoh 14:26 yang sudah kita mengerti dan yang kita simpan dalam hati kita Maz 119:11 sehingga kita tidak sampai berdosa, tetap hidup suci dan berkemenangan.
  3. Perlu belajar bersekutu dalam Roh Ef 4:3 sama2 dipimpin Roh, selalu ada peneguhan suara Roh, cocok, karena satu Roh. 2Kor 12:18.
  4. Tekun ibadah, lebih dari biasa. Ibr 10:25. Banyak orang merasa terlalu banyak. Biasanya kalau bahaya dan kesukaran datang, orang tidak lagi merasa terlalu banyak, justru ditambah lagi. Belajar tebus waktu Ef 5:17 KJI buang semua yang tidak perlu, supaya bisa tetap limpah mencari perkara2 dari Atas sehingga hidup terus meningkat dalam rencana Allah, makin mulia dan ajaib. (+ 7 KPR lainnya).

 

MENGERTI DAN MASUK DALAM RENCANA ALLAH.

Melihat akhir zaman yang terus meningkat makin dahsyat, orang bisa ketakutan sampai rebah mati Luk 21:26. Sebab itu jangan melihat 1 sisi saja, lihat juga rencana Allah yang heran dan pasti digenapi yaitu Gereja Tuhan akan jadi ajaib Wah 12:1, meningkat dalam kesucian yang makin tinggi (tidak lagi ada dosa, sangat tertib 2Kor 10:6). Sebab itu belajar baik2 untuk hidup yang sekarang dan tentang akhir zaman bahkan tentang Surga Neraka. Kalau kita tahu dan percaya, dipimpin Roh, tidak akan takut justru makin bersukacita, sebab zaman seperti ini belum pernah ada, seperti Surga tetapi masih di bumi. Sebab itu tumbuhlah dalam kesucian, supaya bisa masuk dalam rencana Allah yang besar.Jangan suam atau plin plan, tidak akan masuk dalam rencana Allah,malah undur dan celaka! Rencana Allah yang akan datang tidak menakutkan, tetapi sangat indah, itu seperti Surga! Belajar terus, lebih banyak lagi dan bagi2kan pada orang lain; buat kelompok2 PA sendiri, maka orang yang suka mem-bagi2kan (termasuk tanya jawab dalam pimpinan Roh Kudus) maka kita akan dapat jawaban dari Roh Kudus Mat 10:19, 1Kor 14:1,3 dan dengan demikian kita akan makin ber-tambah2 Ams 11:24. Ini seperti laut Galilea (masuk dan keluar) bukan seperti laut Mati (hanya masuk tidak keluar, tidak mem-bagi2kan kebenaran Firman Tuhan. Mat 24:45). Jangan pakai website, facebook dll untuk dipakai iblis ngrasani, bicara perkara2 daging dan dunia dengan sia2, tetapi pakai untuk buat kelompok kecil dari persekutuan Roh dan dari kebenaran Firman Tuhan. Pertanyaan2 yang sulit tanyakan di Gereja, ada banyak full timer (untuk Firman Tuhan akan selalu dilayani, Ams 11:24. Dengan makin menghambur, justru makin cepat mengerti dan Tuhan akan memberi  pembukaan2 baru dalam Gereja dan secara pribadidari Tuhan sesuai dengan saatnya dari Tuhan. Kalau kita terus tumbuh dalam pembukaan2 baru rahasia Firman Tuhan tentang akhir zaman, kita tidak takut, justru bersukacita.

III. AKTIF MELAKUKAM PROYEK ALLAH

Jadi kalau menghadapi akhir zaman, kita jangan hanya melihat sisi dosa dan kejahatan yang menakutkan tetapi juga melihat sisi yang lain tentang rencana Allah yaitu proyek penamatan Allah yang gilang gemilang, sehingga kita mengerti, percaya dan bisa mengalaminya. Dengan cara bagaimana? Seperti Nuh, ikut serta melakukan proyek Allah, proyek akhir zaman. Belajar hidup seperti Nuh yaitu berjalan dengan Allah supaya bisa ikut dalam rencana Allah yang heran itu. Melihat dua sisi akhir zaman yang dahsyat ini dan berjalan dengan Tuhan sehingga kita bisa ikut serta mengerjakan proyek Tuhan. Nuh mengerjakan proyek membangun kapal yang amat besar 300×50 hasta (135m x 22,5m, kalau ini ukuran bangunan rumah, sangat besar, belum tingginya 30 hasta = 13,5m, apalagi kalau bangunan ini harus bisa berlayar, lebih hebat lagi!

Ini yang dilakukan Nuh, proyek yang amat besar. Nuh, sekeluarga orang 8 membangun proyek ini. Memang dengan kekuatan sendiri tidak mungkin, tetapi ini mungkin dengan anugerah atau subsidi pertolongan Allah akan berhasil, sebab rencana Allah pasti jadi. Ini termasuk membangun:

  1. Tubuh Kristus global terbentuk, di seluruh dunia.
  2. Kesucian meningkat sampai banyak yang menjadi sempurna.
  3. Firman Tuhan terbuka semua.
  4. Lima jabatan menjadi nyata seluruhnya.
  5. Tiga angka kedatangan Tuhan digenapi.
  6. Pelayanan orang sempurna.
  7. Perjamuan Suci setiap hari.
  8. Menang atas segala serangan Antikris (3 binatang antikris pertama menyerang).
  9. Mujizat dan tanda2 heran terjadi terus menerus.
  10. Dan seterusnya.

Bagaimana bentuk dan cara kerja Gereja akhir zaman ini (tubuh Kristus global) itu memangsulit dibayangkan yang meliputi seluruh dunia (global) dan terus berkemenangan. Gereja menjadi heran dan ajaib Wah 12:1. (Sedangkan persekutuan sampai dalam hati, apalagi dalam Roh). Persekutuan beberapa Gereja atau Gereja sekota, apalagi Gereja satu negara saja tidak mudah. Lebih2 dengan ajaran atau doktrin yang ber-beda2, itu tidak mudah. Ini tubuh Kristus global, luar biasa, kalau Roh Kudus bekerja 90% kita 10% baru tubuh Kristus global ini bisa terjadi. Tetapi untuk masuk dalam rencana akhir zaman, dimulai dari  yang terkecil, yang sekarang ada di sekitar kita! bahkan mulai dari suami istri dan keluarga (seperti Nuh) bersekutu di dalam Roh dan Firman Tuhan.

Semua ini dilaksanakan mulai dari yang kecil Luk 16:10 dan dengan berjalan dalam Roh, tidak lagi bergantung pada kekuatan, kemampuan atau administrasi manusia atau komputer, tetapi dipimpin Roh.

Kita harus belajar bisa dipimpin Roh dalam hal kecil dan besar, dalam segala perkara. Proyek Allah adalah berjalan dengan Allah (seperti Nuh) untukmengerjakan pimpinanNya yang luar biasa dansesuai dengan Firman Tuhan untuk menggenapkan rencana Allah.

Kej 6:9. Nuh berjalan dengan Tuhan.

Ini yang menjadi kuncinya sehingga proyek raksasa yang besar itu bisa diselesaikan oleh 8 orang keluarga Nuh dan hanya 4 orang laki2. Untuk membangunrumah yang tidak bergerak dalam ukuran tersebut, 100 orang saja tidak cukup, apalagi membuat rumah yang bisa berlayar sebesar ini! (Untuk membuatnya dalam zamansekarang saja sudah sulit dan termasuk membuatgalangan kapalnya saja sudah sulit.

Bagi Nuh membuat kapal ini sulit, baik biaya, tenaga, kemampuan tehnologinya saja sudah sangat sulit.

Apalagi membentuk Gereja global yang begitu luar biasa dan bisa bersekutu dan bekerjasama seperti Maz 133:1-3 menyelesaikan, rencana Allah yang sangat mulia dan besar itu.Ini dimulai dengan tubuh Kristus lokal dalam setiap Gereja dan sinode. Kalau ini kita perhatikan, maka kita bisa menghadapi problem2 akhir zaman dengan baik dan masuk dalam proyek penamatan Allah.

Perhatikan:

– Berjalan dalam Roh.

– Persekutuan tubuh Kristus lokal.

  1. Persekutuan tubuh Kristus lokal dalam Roh. Ef 4:3. Persekutuan ini terbentuk dalam jalan sempit, sama2 cinta Firman Tuhan Maz 119:63, hidup dipimpin Roh dalam kasih Kristus, meskipun mula2 tidak kenal, tidak ada hubungan keluarga atau lainnya, tetapi sebab hidup dipimpin Roh dan sama2 cinta Firman Tuhan dan taat Yoh 14:21,23, maka ada persekutuan yang manis. Firman Tuhan dijunjung tinggi dan Roh Kudus memberi pengertian yang sama sehingga bisa cocok. (Zaman sekarang perbedaan doktrin membuat jurang besar dalam persekutuan orang beriman. Yang bisa dibentuk hanya persekutuan Tiang2 Halaman yaitu sama2 percaya pada Tuhan Yesus bukan Allah yang lain. Ini tetap jadi dasar, tetapi tidak cukupmasih bisa terjadi perceraian. Kita harus dipimpin Roh (dalam kesucian seperti Kristus Rom 8:4, Gal 5:16, Luk 4:1,18, pekerjaan Roh Kudus, Hujan akhir) maka kita bisa dibawa pada kesatuan Roh, dalam pengertian Firman Tuhan yang sama. Ini persekutuan di jalan sempit. Persektuuan sekarang masih campuran, tetapi jangan kita sendiri yang memilih dan menentukan menurut kehendak dan perasaan hati kita sendiri, tetapi ini bisa jadi kalau semua dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan. Persekutuan Abraham dengan Lot, sekalipun Abraham cinta Lot (Kej 13,8-9) dan Semuel cinta Saul (1Sam 15:35), tetapi karena jalannya lain, mereka akhirnya terpisah.

Macam2 peristiwa akan mempersatukan atau memisah orang beriman akhir zaman 1Kor 11:19. Sekalipun asalnya satu seperti Abraham dan Lot tetap terjadi pemisahan sebab percintaan duniawi, pemisahan jalan lebar dan jalan sempit. Menurut perasaan hati, pemisahan ini terlalu berat seperti Abraham dari Lot, Samuel dari Saul dst. Apalagi kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, maka Tuhan sendiri yang akan memisahkan Ananias dan Safira dan orang2 yang tidak penuh ikut Tuhan Kis 5:13, bahkan dengan hukuman dari Allah (seperti Musa dari Korah Datan Abiram.

Jangan buat seleksi sendiri tetapi buat persekutuan. Jangan terjadi perpecahan karena pahit dan benci tetapi sebab Roh Kudus sendiri yang memisahkan, apalagi dengan polarisasi Wah 22:11 karena dosa dan kesucian yang makin tumbuh, tidak bisa menjadi satu lagi.

Roh Kudus akan memimpin kita melakukan kehendakNya dalam kesucian sesuai dengan Firman Tuhan.

Puncak pemisahan itu terjadi waktu pengangkatan oleh Allah sendiri, orang2 yang tidak dipimpin Roh (berjalan dengan Allah) akan tertinggal, masuk dalam zaman Antikris.

Kita harus membangun bahtera itulah tubuh Kristus global yaitu 3 angka kedatangan Tuhan yang akan digenapkan. Ikutlah dalam menggenapkan 3 angka kedatangan Tuhan, maka kita akan ikut dalam proyek Allah yang heran itu.

 

KESIMPULAN.

– Jangan takut menghadapi gemuruh kesukaran akhir zaman, sebab Gereja tetap akan menang, masuk dalam rencana penamatan Allah yang sangat besar.

– Orang yang berjalan dipimpin Roh (tingkatkan doa dalam Roh dan cinta akan Firman Tuhan) maka Roh Kudus akan memimpin kita Kis 11:12, lepas dari segala gemuruh dan kegaduhan akhir zaman, tetap diberkati, tetap menang dan disertai Tuhan sampai ikut pengangkatan. 1Kor 15:51-52.

– Lekat pada Tuhan Yesus yaitu taat akan Firman Tuhan dalam kesucian dipimpin Roh, jangan lekat pada yang lain, bukan setia kawan manusiawi, tetapi pada Tuhan dan dalam persekutuan tubuh Kristus yang akan masukdalam tubuh Kristus global yang dijalankan dan dimanage langsung oleh Roh Kudus. Mereka yang tidak bisa mendengar suara Roh dan taat dipimpin Roh akan lepas dari rencana Allah dan puncaknya adalah pada waktumereka yang bisa mendengar suara Nafiri dan komando Putra dan Sangkakala Allah akan ikut pengangkatan. Sebab itu perlu 2 gomer, pengurapan dobel, persekutuan dalam Roh untuk ber-sama2 tumbuh dalam rencana Allah. Kalau kita ada dalam proyek Allah, kita tidak akan jatuh dalam dosa, tetapi tetap terpelihara bahkan dengan limpah dalam persekutuan tubuh Kristus di kota, negeri dan seluruh dunia. Mulai dari yang kecil! Dengan pimpinan Roh, tidak ada yang gagal, tetapi berhasil jasmani rohani sampai puncak2nya dalam zaman keemasan Gereja.