M3812 – Ayub 1:20-22; 2:9-10. Goncang Ganjing Keuangan Dunia.

KEADAAN SEKARANG DAN NUBUATAN FIRMAN TUHAN.

Keadaan keuangan dunia saat ini ribut. Semua mengalami kesulitan, saling tuding. Rata2 orang menduga beberapa orang/ perusahaan akan bangkrut, paling untung bisa pulih kembali.tetapi tidak ada yang mengharapkan bisa untung. Sebab itu orang2 sudah stress atau depresi.

Bagaimana sikap dan reaksi orang beriman?

Ber-macam2 ramalan timbul dengan akal atau dengan occultisme. Kita juga perlu tahu apa nubuatan dari Firman Tuhan tentang hari2 yang sulit untuk sekarang dan yang akan datang.

  1. Wah 22:11. Kesucian dan dosa akan ber-tambah2, sehingga dengan sendirinya kejahatan dalam hal uang juga bertambah di mana2, sebab mereka berada di belakang uang itu, lebih2 yang tidak takut Tuhan.
  2. Wah 12:1. Gereja akan masuk dalam zaman keemasannya dalam Minggu ke-70 Daniel, dalam Hujan akhir sehingga meskipun kita juga kena akibatnya, tetapi jangan takut, Tuhan akan memelihara Gerejanya sehingga tetap ada kemenangan. Gereja atau orang beriman yang tidak berjalan dengan Tuhan (yang hidup dalam dosa jalan lebar) akan terpukul sehingga jatuh bahkan murtad. Tetapi kalau kita mau berjalan dengan Tuhan, kita tidak perlu kuatir atau takut. Tuhan Allah kita sanggup menolong kita bahkan sampai masuk zaman keemasan Gereja.
  3. MACAM KESUKARAN DUNIA.

Makin lama kesukaran dengan ukuran global makin nyata, sebab:

  1. Komunikasi dan hubungan yang erat, membuat setiap negara tidak bisa lari dari hubungan global, mau tidak mau akan terseret di dalamnya, misalnya kebangkrutan 1 negara seperti Yunani, devaluasi uang 1 negara, malapetaka, kejahatan, pengungsi (yang merasa tidak aman di negaranya sendiri lalu lari ke luar negeri, istimewa sekarang di Uni Eropa) malapetaka, bencana alam, peperangan dll, ini semua menyeret seluruh dunia global.
  2. Tanda2 akhir zaman dari kedatangan Tuhan itu punya ciri2:

2.1. Belum pernah terjadi.

2.2. Tiba2 menghebat.

2.3. Global, bersamaan di seluruh dunia.

2.4. Puncaknya dalam 30 hari sebelum pengangkatan Dan 12:11, yaitu puncak aniaya bagi Gereja Wah 12:6,13-16 dan puncak masa pemurnian Gereja Dan 12:10, Luk 21:36 sehingga tingkat rohani umat Tuhan tumbuh maksimal dan banyak yang menjadi sempurna (waktu ini Binatang ke-4 mulai keluar Dan 7. Dalam 1 bulan ini rasanya dunia sudah menjadi zaman Antikris tetapi Tuhan Yesus belum datang, tetapi tepat pada waktunya Tuhan Yesus datang. Kita tidak tahu kapan ini terjadi hanya bisa merasa bahwa ini sudah dekat sebab tanda2nya makin nyata. Jumlah keributan global ini banyak sekali dan  semua orang global sudah tahu bahkan terlibat. Kalau dibicarakan, ber-hari2 tidak akan selesai, tetapi yang lebih penting,bagaimana cara kita menghadapinya sampai berhasil.

 

III. CONTOH DARI AYUB.

Meskipun ini pribadi, tetapi ini contoh pengolahan tingkat akhir yang sama untuk akhir zaman. Kita bisa melihat pencobaan yang datang pada Ayub begitu dahsyat, dapat dikatakan menjungkir balikkan keluarga Ayub yang habis. Bahkan teman2 Ayub yang mendengar dari jauh, berusaha datang dan terkejut bukan main sampai mereka duduk 7 hari dan 7 malam di tanah ber-sama2 Ayub, ikut merasakan dahsyatnya pencobaan itu sebab sangat besarlah kesusahannya Ay 1:13-19; 2:11-13. Malapetaka yang dialami ini menghabiskan seluruh harta (ternaknya), semua anaknya mati sangat mengerikan, tubuhnya berpenyakit,lengkap dari kepala sampai kaki dan istrinya tidak setia menyuruhnya mati dan mau lari. Waktu itu Ayub dan teman2nya tidak tahu apa jadinya hal ini, pasti semua hancur, Ayub mati dan istrinya pergi.Rasa2nya bagi akal untuk pulih kembali itu sangat mustahil. Kita tahu pertolongan Allah yang ajaib bagi Ayub sebab membaca riwayatnya, tetapiAyub sama sekali tidak tahu dan tidak bisa membayangkan sedikitpun, yang kelihatan hanya kematiannya.Tetapi heran bin ajaib, Ayub bisa lepas, pulih bahkan jadi beruntung dua kali lipat, ini sungguh2 ajaib dan sama sekali tidak terduga. Kalau dalam Wasiat Lama Tuhan bisa melakukannya pada Ayub apalagi dalam puncak rencana Allah, pasti bisa, asal kita tidak lupa, siapa Ayub 1:1,8. Kita juga harus dalam posisi seperti Ayub dan itu tidak sulit, lebih2 dalam zaman Hujan akhir ada fasilitas ilahi yang penuh dan lengkap!

Kalau kita mengerti bagaimana Ayub dipimpin Tuhandalam menghadapi tragedi yang sangat luar biasa, maka dengan Tuhan, kita juga bisa mendapat hasil yang ajaib itu!

DASAR PENDIRIAN AYUB.

Pendirian Ayub dalam semua hal ini baik sekali, sehingga ia tahan bantingan yang sangat dahsyat.

Pendirian Ayub adalah:

  1. Yang penting adalah hidup yang kekal, ini nomer 1, bukan dunia ini Mat 16:26. Dengan kata lain, gagal di dunia apa boleh buat asal tetap berhasil masuk dalam Surga. Sebab itu pada waktu Ayub mendapat kabar 4 pukulan maut, Ayub bisa bereaksi dengan betul yaitu:

1.1. Bersyukur memuji Tuhan, tidak ber-sungut2.

1.2. Ia bisa melihat tujuan hidup yang kekal, lahir telanjang tidak bawa apa2, mati telanjang, asal kembali pada Tuhan; Tuhan yang memberi pinjaman dan mengambilnya kembali (Ay 1:20-22). Reaksi yang indah sebab punya dasar pendirian yang baik.

Pada waktu ini Ayub sama sekali tidak tahu (kita tahu sebab membaca)kalau ia bisa pulih bahkan untung dua kali lipat. Meskipun ia tidak tahu, ia bisa menyerah, Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, sampai mati pulang telanjang tidak punya apa2 lagi, tetapi tetap selamat masuk Surga. Sebab itu ia bisa ber-kata2, bahwa sekalipun ia dihantam Tuhan sampai mati, ia akan tetap percaya dan harap Tuhan Ay 13:15 KJI. Ini berarti mengerti atau tidak, Ayub tetap percaya dan berharap pada Tuhan, tetap memelihara hidupnya berkenan di hadapanNya.

  1. Problem Ayub. Ayub menghadapi celaka dalamdua hal utama yaitu harta dan keluarga (anak, istri, dirinya sendiri). Ini semua menimpa Ayub dengan dahsyat. Untuk keluarga akan kita bahas lain kali (sebagian sudah pernah dibahas) tetapi sekarang kita terutama mempelajari tentang harta dan keuangan saja.

Ayub tidak cinta uang Ibr 13:5 ia bisa berpada 1Tim 6:8-10, Pil 4:11 sehingga meskipun ada pukulan besar ia bisa tahan, sebab bisa memakai dunia seperti tidak memakai 1Kor 7:31. Bukan hamba uang tetapi hamba Allah Mat 6:24. Hamba uang akan terjepit, bisa putus asa kalau uangnya tiba2 habis.

Tetapi pendirian Ayub bagus, benar, sebab itu ia kokoh dan menjadi pelajaran dan pegangan bagi kita juga Ay 2:9-10. Ayub tahu bahwa semua itu diketahui dan diizinkan Allah. Sebab itu ia bersedia menerima dari Tuhan barang yang baik dan yang jahat karena  Tuhan tidak pernah salah Ay 34:12. Sebab itu ia menerima dengan penuh syukur baik barang baik dan barang yang jahat dari Allah. Ia menyebutnya jahat sebab memang jahat dan celaka baginya, tetapi Allah tidak mungkin keliru memberi yang jahat baginya. Sekalipun ia belum mengerti mengapaAllah memberi yang “jahat” ini, tetapi ia rela menerima barang yang sangat jahat dan pahit ini.

Percayalah Allah berkuasa atas segala perkara yang pahit, itu semua tidak kebetulan tetapi ada maksud yang indah dari Allah.

Ingat Abraham diberi perintah maut dan pahit sekali, Abraham taat dan heran semua itu jadi sangat manis sebab diubah Allah sesuai dengan rencanaNya, itu hanya ujian bagi Abraham saat itu. Biasanya ujian akhir/ akhir zaman itu termasuk ujian yang berat2, sebab itu rohani harus tumbuh, kuat dan teguh seperti Abraham, Ayub, Daniel, Yusuf, Daud, Petrus dll supaya bisa menang, lulus dari ujian akhir ini. Tidak gampang menerima yang jahat dan pahit itu, tetapi kalau hidup seperti Ayub, mati hidup untuk Kristus Gal 2:20, Pil 1:21, kita bisa tahan. Sebab itu kita harus cepat2 meningkat pada akhir zaman ini sebab ujian akan makin berat. Ujian akhir danglobal akan datang untuk semua yang beredia dan juga bagi yang tidak bersedia Wah 3:10. Tentu yang tidak bersedia akan gugur, jatuh, mati, tertinggal, sungguh menyedihkan.

 

CARA MENGHADAPI KESUKARAN2 KEUANGAN GLOBAL.

Ada 3 hal penting selain yang rutin, yaitu hidup dengan Tuhan dalam Ruangan Suci (7 KPR) seperti Nuh Kej 6:9.

V.1. BERUSAHA DALAM PIMPINAN ROH KUDUS.

Kita harus terus belajar berjalan dalam Roh sampai mahir dalam setiap segi hidup kita, dalam menghadapi perkara kecil atau besar sampai mahir. Yang penting adalah bisa selalu taat dipimpin Roh, baik dalam menghadapi problem2 kecilpun, sebab meskipun kecil, itu menjadi latihan yang membuat kita mahir. Menurut cara dunia ini perkara2 kecil tidak banyak berguna. Misalnya kalau kita mempunyai penolong guru SD yang baik untuk problem2 SD, kita akan sangat tertolong dan sukses. Tetapi waktu kita menghadapi problem2 SMP penolong kita guru SD sudah tidak bisa berarti lagi, apalagi kalau kita menghadapi problem2 SMA atau fakultas (problem yang besar) pertolongan guru SD ini tidak akan mampu. Tetapi kalau guru kita Roh Kudus, prinsipnya berbeda. Kalau kita sudah mahir dalam problem2 kecil, maka dalam problem besar (fakultas) kita tetap sukses dan beruntung, sebab guru kita yaitu Roh Kudus, itu Allah yang maha kuasa, maha tahu, paling pintar dan paling berkuasa, dan kemenangan atas problem tidak tergantung dari kita tetapi dari Roh Kudus, kita hanya taat menurut pimpinanNya. Jadi bukan kita, tetapi Dia yang ada di dalam kita, itu yang lebih besar dari semua orang dan semua problem dalam dunia. Sebab itu belajarlah mahir dipimpin Roh dengan taat, ini sangat indah!

Lebih2 pada akhir zaman, kita perlu limpah dengan 2 gomer Firman Tuhan, pengurapan dobel dan kesucian yang meningkat (ini indah dan senang, puas, bukan tersiksa) maka Roh Kudus bisa bebas bekerja dalam kita dan kita akan menang menghadapi kesukaran apapun, sebab Roh Kudus itu tidak terbatas.

Belajar mahir mendengar suara Roh dan taat. Rajin berusaha tetapi jangan sendirian, minta hikmat, kuasa Roh seperti Daud, sehingga dalam problem apa saja Daud berhasil, sebab dituntun oleh Roh Kudus yang ada di atas segalanya dan semuanya. Barang pahit dan jahat yang diterima Ayub bisa jadi untung dua kali ganda (untung 100%!). Ini juga bisadibuatkan Tuhan pada siapapun yang mau hidup seperti Ayub dan Daud yang terus dituntun dan dipimpin Roh Kudus dalam menghadapi semua problem. Sebelum mengambil keputusan, waktu merencanakan, waktu mau membuat perjanjian atau transaksi, waktu mau menjual dll, terus ber-tanya2 pada Tuhan 1Taw 16:11. Apalagi dalam keadaan 2 berat2, banyak berdoa puasa, bukan terutama untuk menjadi kaya, tetapi supaya kita bisa menang, lulus dalam menghadapi segala problem dan rohani kita tumbuh dalam semua pergumulanini. Kalau toh ada kerugian atau penurunan hasil, jangan lekas kecewa, tetapi bersyukur dan terus minta tuntunan2 Roh dengan teliti dan taat baik2! Jangan kuatir, Roh Kudus Gurunya ekonom yang terbesar bahkan lebih dari itu, Ia Allah yang tidak terbatas dengan mujizat, hikmat, kuasa dan kesukaan ilahi.

V.2. DENGAN IMAN.

Orang beriman itu menang dengan iman Mat 8:13! Kita mengalahkan dunia dengan semua problem2 global ini dengan iman 1Yoh 5:4. Sebab itu tingkatkan iman kita Luk 17:5. Jangan punya iman kecil. Mat 6:30; 8:26; 14:31; 16:8, Luk 12:28; 19:17, tetapi iman yang besar Mat 8:10; 15:28, Luk 7:9 bahkan yang sempurna Yak 2:22.

Pada akhir zaman karena akal manusia tambah pintar, dengan hasil2 tehnologi yang besar2, seringkali iman dianggap tidak masuk akal. Juga karena dosa yang limpah dalam dunia juga masuk dalam orang beriman yang tidak mau hidup suci, maka Roh Kudus (koki dari benih iman dalam Firman tuhan 2Kor 3:6, Rom 10:17) tidak bisa bekerja sehingga tidak timbul iman yang cukup. Sebab itu  banyak orang tidak punya iman padaakhir zaman ini, sehingga mereka dikalahkan oleh problem2 global dunia ini. Tuhan mengingatkan jangan sampai waktu kedatanganNya, Ia tidak mendapatkan iman di atas bumi ini Luk 18:6.

Percayalah pada Tuhan dengan segenap hati, sebab dengan iman kita bisa mengalahkan segala problem global dunia ini. Rencana Tuhan yang sudah dinubuatkan pasti jadi. Gereja Tuhan pasti menang, orang2 beriman yang penuh dan dipimpin Roh akan jadi pemenang dan Gereja mengalami zaman keemasan! Tuhan sanggup menggenapkan rencanaNya, jangan ragu2, sebab itu tumbuhlah dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18 dan pengurapan Roh Kudus yang limpah, maka iman kita juga akan tumbuh kuat dan kita bisa menang dan mengalami zaman keemasan Gereja termasuk juga dalam hal keuangan, Tuhan akan melimpahkan dengan limpahnya Yes 60:5-7; 61:6, Yes 45:3; 23:17-18, Pkh 2:26 dll.

Jangan takut, kuatir atau ragu2, segala kuasa dalam dunia ini ada dalam tangan Tuhan Mat 28:18. Berdoalah dalam Roh dan hidup benar, Tuhan akan memimpin kita sehingga meskipun ada hal2 jahat yang kita terima, itu akan jadi keuntungan yang berlipat kali ganda seperti Ayub Rom 8:28.

V.3. BERSYUKUR.

Ini lagi kunci yang luar biasa, bagi orang yang hidup benar. Kalau kita berjalan dengan Tuhan, lalu dalam kesulitan bisabersyukur, kuasanya dan hasilnya itu luar biasa! Ef 5:20. (Jangan bersyukur tetapi hidup dalam dosa atau daging, bisa kecewa seperti Israel di Horma Ul 1:43-45).

Mengapa bersyukur itu luar biasa?

Orang yang bisa bersyukur, tahu bahwa semua yang ada padanya itu dari Tuhan 1Kor 4:7, maka ia akan hidup memperkenankan Tuhan. Justru hidup seperti ini akan makin diberkati Tuhan dan kalau ia makin berkenan pada Tuhan, Tuhan akan terus menambahi bahkan Tuhan sanggup memberi sampai kita tidak sanggup menaruhnya lagi Mal 3:10 dan terus ber-tambah2 seperti Ayub, Yohanes, Daud dst.

Juga dalam keadaan yang tidak enak, menderita, bahkan waktu menerima yang jahat seperti Ay 2:10 ia akan tetap bersyukur dan percaya. Kalau kita bersyukur itu berarti kita percaya bahwa Tuhan tahu keadaan kita yang jelek dan pasti Tuhan akan menolong dan memelihara kita. Kalau Tuhan mengizinkan yang jahat datang pada kita bukan berarti Ia hendak menyiksakan kita, jauh dari itu. Ini semua dimaksudkan untuk mengolah dan meningkatkan kita dan kalau sudah lulus seperti Ayub, Tuhan bisa memberi bukan saja pulih tetapi bahkan dobel atau lebih lagi. Bahkan lebih dari itu, Ayub lulus dan rohaninya makin tinggi, lebih dari semula yang sudah indah Ay 1:1. Dia sanggup menolong kita sampai lulus, percaya dan bersyukurlah dengan segenap hati pada Tuhan. Ini korban syukur yaitu meskipun jadi korban (sakit, menderita, rugi) tetapi tidak ber-sungut2 menuruti daging, melainkantetap bersyukur pada Tuhan. Kalau diberkati lalu mengucap syukur itu namanya berterimakasih, itu baik. Tetapi kalau jadi korban, terima yang jahat, pahit, tidak ber-sungut2 tetapi bersyukur, itu lebih baik, itulah korban syukur, dan itu adalah vorskot (uang muka) untuk berkat Tuhan yang besaryang sudah disediakan Tuhan waktu Ia mengizinkan celaka dan jahat itu datang pada umat Tuhan. Luar biasa, yang jahat, yang pahit, tetapi untuk pengolahan, sehingga sesudah lulus, makin tumbuh dan makin diberkati dan semua ini untuk abadi!

KESIMPULAN.

Sebab itu dalam menghadapi goncang ganjing keuangan global, jangan kuatir, jangan takut apalagi ber-sungut2 tetapi bersyukur dengan segenap hati, bahkan naikkan korban syukur dengan tetap percaya akan kebaikan dan rencana Allah yang maha besar dan mulia. Dan Ia justru membuat semua perkara ini terjadi pada akhir zaman sebagai ujian tingkat tinggi, untuk mengolah kita supaya makin meningkat dan kalau lulus akan masuk dalam kemuliaan yang tinggi dan abadi bahkan bisa sampai sempurna. Jangan kecil hati, terus berusaha dengan rajin dalam tantangan2 keuangan yang hebat ini dalam tuntunandan pimpinan Roh Kudus, Dia sanggup memimpin kita supaya kita mendapat fasilitas yang cukup dan kita makin tumbuh makin tinggi makin seperti Kristus dan ber-buah2 lebat! Rencana Tuhan sangat indah! Kita akan masuk zaman keemasan Gereja lalu masuk dalam kemuliaan yang gilang gemilang sampai kekal pada hari pengangkatan! Dengan iman lihat kemuliaan Allah, jangan melihat malapetaka yang menakutkan itu.

Nyanyian:

Satu kali akan ada, hari senang buat saya.