YS274 – YESAYA 53:1-3. ORANG YANG TIDAK ADA APA-APANYA.

YES 53:1. SIAPA YANG PERCAYA AKAN PENGAJARAN KAMI?

1a. Siapakah yang akan mempercayai laporan kami?

Catatan: Laporan = pengajaran = pendengaran (Ibrani).

Tidak masuk akal, sebab itu tidak bisa percaya. Putra manusia menjadi begitu sederhana, tidak ada apa2nya.  Putra manusia Yesus itu orang Nazaret (Nazaret bisa menghasilkan apa? Mat 2:23; 26:71, Mrk 1:24; 10:47, Yoh 7:49,52). Putra manusia Yesus tidak ada apa2nya yang mengagumkan, sehingga sulitlah orang percaya akan Kristus dan ajarannya. Tetapi Roh Kudus yang ada padaNya Mat 1:23, Luk 4:1,18, itulah yang menghasilkan segala perkara yang heran dan besar, sehingga sebagian orang percaya kepadaNya. Begitu juga murid, semua nelayan yang sederhana, tidak berpendidikan Kis 4:13, tetapi orang2 jadi heran dan terkatub mulutnya (Yes 52:15) sebab Tuhan bekerja lewat mereka. Juga Paulus, meskipun ia seorang ahli Taurat, punya gelar dan pendidikan, tetapi ia tidak datang dengan kekuatannya, melainkan dengan takut dan gentar, berharap pada pimpinan Roh Kudus saja 1Kor 2:3-4. Juga orang2 yang dipakai Tuhan, sehingga tidak ada orang bisa percaya. Bagaimana mungkin orang2 seperti ini bisa jadi luar biasa. Kalau kita bersandar pada Roh Kudus Zak 4:6, maka sekalipun kita tidak punya apa2 yang bisa diharapkan,kita akan berbuat perkara2 yang besar oleh Roh Kudus Maz 60:14, sebab bukan kita, tetapi Kristus yang hidup di dalam kita Gal 2:20. Jangan kuatir sekalipun kita tidak punya apa2, belajar terus berjalan dalam pimpinanNya, itu cara hidup yang paling efisien dan paling berhasil, sekalipun kita tidak punya apa2.

1b. Dan kepada siapa lengan Allah dinyatakan?

Tidak kepada semua orang, tetapi kepada orang2 yang percaya dan berharap kepada Tuhan Rom 10:11, Ia akan menyatakan lengan kuasaNya, orang itu akan mengerti kehendakNya Mat 13:11, sehingga bisa taat dan ber-buah2 Mat 13:23. Biar hidup kita berharap penuh kepadaNya dalam kesucian 1Yoh 3:3, maka Tuhan akan menyatakan diriNya, lengan kuasaNya dalam hidup kita, sehingga hidup ini akan berkemenangan, tumbuh dan nama Tuhan dipermuliakan! Memang ini caranya hidup dalam Kristus. Jangan mengandalkan apapun dari diri kita sendiri Yer 17:5-8, sebab kita tidak akan menang melawan iblis musuh kita dengan kekuatan kita sendiri. Tetapi dengan Tuhan yang mengendalikan kita Rom 8:31, 1Yoh 4:4, tidak ada yang bisa mengalahkan kita, sebab bukan kita lagi tetapi Kristus yang hidup, menguasai dan memimpin seluruh hidup kita ini, itu luar biasa.

YES 53:2. PUTRA MANUSIA YESUS TANPA KEMULIAAN APAPUN.

2a. Karena Ia akan bertumbuh di hadapanNya seperti tunas.

Putra manusia Yesus selalu hidup benar di hadapan Allah Bapa sehingga Bapa setiap kali bisa memberi rekomendasi yang indah Mat 3:17; 17:5. Orang yang sudah percaya atau lahir baru, kalau mau taat dalam kesucian, juga bisa hidup selalu benar dan berkenan di hadapanNya, seperti Daud Kis 13:22, seperti Ay 1:1,8 dll.

Juga Musa, Daniel dkk, rasul2 dll. Tidak sulit, sebab kita sudah lahir baru dan Roh Kudus selalu standby menolong kita se-penuh2nya, sebab cara hidup seperti ini yang disukai dan dikehendaki Tuhan. Jangan kuatir, yang mau pasti bisa hidup dalam kesucian di hadapanNya. Dan ini hidup yang paling indah, seperti tunas yang penuh kehidupan untuk tumbuh terus sampai dewasa dan ber-buah2. Ini kuncinya, hidup benar di hadapan Allah selalu 2Tim 3:15. (di Mana saja, dalam hal Apa saja, dan Kapan saja).

Tunas itu seperti kecambah kecil yang tidak ada apa2nya, tetapi ia punya daya dan kemampuan hidup sampai menjadi dewasa penuh dan ber-buah2 lebat! Luar biasa. Kecambah dari pohon apa saja, dari kacang hijau atau beringin, mula2 sama kecil dan tidak berarti, tidak berdaya, tetapi ada padanya kuasa hidup yang dahsyat, yang bisa membawanya jadi besar, sempurna sampai ber-buah2 lebat. Dahsyat! Memang ada kemungkinan burung2 makan dia, tetapi orang yang berkenan pada Tuhan, ada dalam perlindungan Tuhan, dipagari Tuhan, tidak mungkin iblis mencabut satu rambutpun dari orang2 seperti ini Ay 1:10-11, Mat 10:30. Tuhan tetap mengizinkan kesukaran dan pencobaan datang untuk mengolah dan menumbuhkan Tunas yang muda dan lemah ini, tetapi tidak pernah melebihi kekuatannya 1Kor 10:13. Indah dengan Tuhan, pasti bisa tumbuh sampai sempurna, dalam rencana dan kehendak Tuhan.

2b. dan seperti akar yang keluar dari tanah yang kering.

Tanah itu kering, biasanya akar dan tumbuh2an itu tidak mendapat air, akan menjadi layu dan kering lalu mati. Tetapi orang yang bertumbuh di hadapanNya tidak akan kering dan mati sekalipun di tanah yang kering. Dalam keadaan kering apa saja, jasmani dan rohani, kita akan dikuatkan Tuhan sehingga bisa terus tumbuh dengan subur sekalipun kering.

Akar ini perlu untuk menghisab air kesegaran. Air ini cerita tentang Roh Kudus dan akar ini adalah berdoa dalam Roh dan kebenaran, sehingga bisa menghisab kuasa dan kesegaran Roh Kudus yang akan memenuhi hidup kita. Jangan berhenti berdoa tetapi berdoalah tanpa berhenti 1Tes 5:17 sehingga sekalipun tanahnya kering, tetapi Tuhan tidak pernah kering, Tuhan tidak pernah berubah. Kita bisa basah dalam Tuhan meskipun sekitar kita kering, keadaan kita kering. Yer 17:8. Jangan takut, dalam keadaan kering yang bagaimanapun, sikon jasmani dan rohani yang kering bagaimanapun,orang2 yang hidup berkenan pada Tuhan akan seperti tunas yang terus hidup dengan penuh daya hidup (yaitu kuasa Roh Kudus) dari Allah. Sebab itu berdoalah terus. Yang penting kita yang harus berdoa (dalam Roh dan kebenaran) Allah yang tidak berubah, akan bekerja, maka pasti terjadi kehidupan yang luar biasa, rohani dan jasmani, jangan ragu2.

Tanah kering atau subur tidak menjadi penghalang bagi orang yang sungguh2 bersekutu dengan Tuhan dalam doa dan FirmanNya serta melakukan kehendak Tuhan. Justru ini menjadi kekuatan hidup yang luar biasa untuk semua proyek yang dibebankan Tuhan atas kita!

2c. Ia tidak mempunyai bentuk atau kemolekan.

Ia menjadi Putra manusia yang menjadi contoh bagi kita, dan semua orang yang sudah lahir baru, yaitu yang sudah percaya kepadaNya, siapapun bisa menirunya kalau mau, sebab ia tidak punya kelebihan apa2 cara manusiawi, bentuk dan rupanya tidak ada apa2. Semua yang mau percaya dan taat kepada Tuhan, bisa meniru Putra manusia Yesus yang tidak punya modal atau kelebihan manusiawi apapun, hanyalah hidup yang benar dan berkenan pada Allah Bapa tetapi itu yang paling penting, kuncinya, sehingga ada hubungan yang baik dengan BapaNyadan terus menerus, luar biasa. Semua bisa seperti Kristus asal mau taat dan mau mengerti kehendakNya. Memang harus mau pikul salib sehingga daging mati dan bisa taat melakukan kehendak Bapa, dan diperkenan Allah. Berdoalah tanpa stop, itu luar biasa, seperti akar, sebab itu Daud yang tidak punya kelebihan seperti kakak2nya, bisa jadi pahlawan, Lazarus yang sangat miskin, tidak punya apa2, bisa setingkat dengan Abraham, Petrus yang buta huruf (tidak terpelajar) bisa jadi kepala dari rasul2 di Yerusalem dan luar biasa. Sekalipun orang kecil dan rendah, tidak punya kelebihan manusiawi apa2, Tuhan bisa pakai asal mau taat.

2d. dan kalau kita melihatNya, tidak ada keelokan, sehingga kita merindukanNya.

Tidak ada apa2nya, yang bisa membuat seorang tertarik kepadaNya. Biasanya semua orang akan membuat dirinya limpah dengan daya tarik. Hampir setiap orang punya daya tariknya sendiri2, apalagi yang istimewa sehingga orang rindu kepadanya. Juga Gereja2 ber-lomba2 membuat banyak daya tarik untuk menarik orang berdosa datang kepada Tuhan, bahkan ada yang ber-lebih2an sehingga tidak kalah dengan daya tarik dunia yang sangat kuat. Misalnya Lot tertarik dengan kuat pada Sodom. Ini bukan cara atau keadaan Putra manusia Yesus, yang sama sekali tidak punya daya tarik manusiawi.Daya tarik yang wajar tidak salah tetapi jangan yang dosa, daya tarik daging, uang, kesukaan dosa dll. Kalau seorang pintar, punya suara yang merdu, cantik, gagah, kaya, terhormat dll, itu semua adalah daya tarik manusiawi, tidak perlu bersikap pura2, tetapi berusahalah yang wajar, supaya jangan ini jadi daya tarik kita, tetapi Kristus, kuasaNya, pengurapanNya sehingga orang banyak datang pada Tuhan Yesus bukan kepada dirinya dan diselamatkan. Kalau seorang punya uang banyak, pakailah dengan baik dalam pimpinan Roh Kudus sesuai dengan Firman Tuhan, tetapi jangan mengandalkannya dan memakainya sebagai daya tarik bertentangan dengan Firman Tuhan. Sebaliknya jangan jadi batu sontohan atau ada hal2 yang membuat orang tidak mau datang kepada Tuhan Rom 2:24, Mat 18:6-7. Tinggikan Tuhan Yesus, maka semua orang akan datang pada Tuhan Yesus Yoh 12:32, Roh Kudus sanggup mengolong orang yang mau bersandar pada Tuhan dan dipimpin oleh Dia, Roh Kudus selalu punya jalan dan cara yang unik dan tulus sesuai Firman Tuhan.

YES 53:3. SEORANG MANUSIA SENGSARA.

3a. Ia dihina dan ditolak oleh manusia.

Seringkali kalau kita dihormati, kita senang, asal kita tidak sombong dan mengembalikan segala puji kepada Tuhan, itu masih wajar. Kalau seorang anak mencintai dan menghormati ibunya, murid2 menghormati gurunya, anggota2 menghormati pemimpin2nya, itu masih wajar 1Tim 5:17, sebab kita memang diajar untuk menghormati, tetapi bukan me-muji2 dan mengkultuskan, sebab orang yang me-muji2 itu mengutuki dan menjerat orang tsb Ams 29:5; 27:14. Apalagi ditinggikan dan disembah, dikultuskan, itu melawan Allah.(Beri rekomendasi atau kesaksian yang tulus, tidak salah, tetapi jangan meninggikan sehingga menghina dan meremehkan yang lain, itu menyakiti hati Tuhan). Kalau dihormatiyang salah, tolak. Kalau dihormati yang wajar, hati2. Jangan kita ingin mengambil hormat dari Tuhan bagi diri kita. Yes 42:8. Usaha mengembalikan segala puji pada Tuhan, paling sedikit dalam hati seperti contoh Putra manusia Yesus Mat 8:4, bukan seperti orang Parisi yang suka puji sampai dalam hatinya Luk 18:11. Kita harus bisa melihat kelebihan yang Tuhan berikan pada kita dibandingkan dengan orang2 lain Rom 12:3, tetapi tetap bersyukur pada Tuhan dan penuh (belas) kasih pada orang2 yang menerima talenta lebih sedikit dari kita, yang masih belum bertumbuh.

Sebaliknya kalau kita punya kelebihan tetapi dihina dan ditolak, jangan berkecil hati, sebab itu seperti Kristus, seperti yang kita nyanyikan dan rindukan. Seperti dalam Luk 9:53-54. Jangan bereaksi dosa, tetapi terus penuh dan dipimpin Roh, maka dari keadaan yang pahit untuk dagingini, Roh Kudus justru akan memimpin kita dalam rencana Allah yang indah2 dan akan tiumbul buah2 dan perkara2 besar dari Tuhan. Orang yang mau direndahkan karena Kristus dan tidak bereaksi dosa (tidak JMPE) akan ditinggikan oleh Tuhan Mat 23:12, 1Pet 5:5 (tetapi yang bereaksi dosa, tidak dapat apa2! Malah masuk jerat iblis), Yusuf mengalaminya ber-kali2 direndahkan sekalipun tidak bersalah, tetapi lulus; sebab itu ia diangkat ber-kali2 dan jadi sangat tinggi dalam rencana Allah yang indah.

Sebab itu kalau kita dihina dan ditolak oleh sebab Kristus, bersukacitalah. Mat 5:9-12, Rom 8:17, 1Pet 4:14-16,19, Roh kemuliaan turun ke atas kita, suatu tabungan kemuliaan yang kekal (kalau lulus, tidak bereaksi dosa).

3b. Seorang manusia sengsara dan yang biasa dengan penderitaan.

TL: Yang biasa menderita kesakitan.

Ini orang yang mahir sengsara karena Kristus, karena kebenaran. Kita harus tumbuh dalam kemahiran ini (bukan tumbuh makin mudah tersinggung). Orang yang mahir dalam sengsara karena Kristus itu menabung kemuliaan yang kekal dan bisa tepat berjalan dalam rencana Allah di jalan sempit, sehingga mengalami rencana Allah yang indah2 seperti Yusuf, Daud, Ibrani, Daniel dan semua yang lain. Orang yang mudah tersinggung, JMPE dll itu merusakkan hidup dan rencana Allah di dalamnya. Sebab itu semua orang Kristen harus mahir pikul salib seumur hidup Luk 9:23 sampai puncaknya yaitu Golgota Gal 2:10, Pil 1:21. Ini orang yang mau mematikan daging terus menerus Rom 6:6, sehingga bisa taat melakukan kehendak Tuhan terus menerus.

3c. dan kita bersembunyi daripadaNya, se-olah2 itu adalah wajah kita.

Kalau kita berbuat dosa, maka Tuhan menyembunyikan wajahNya dari kita Ul 31:18. Ada yang berseru pada Tuhannya, Ia menyembunyikan wajahNya. Ay 13:24, Maz 13:1. Dalam Wah 6:16, orang2 menyembunyikan diri dari wajah dari yang duduk di tahta. Sebaliknya di sini kita bersembunyi dari Dia yang begitu menderita (sebetulnya karena kita). Dosa2 kitalah yang membuat Ia menanggung sengsara dan penderitaan yang begitu parah. Sebetulnya kita yang harus menanggung segala dosa dan celaka itu, Ia sama sekali tidak perlu menanggungnya, sebab itu kita juga harus mau menderita karena kebenaran, karena Dia, menanggung malu karena Dia. Gal 2:19-20. Jangan sembunyi, jangan lari, hadapi, Tuhan akan memberi kita kekuatan untuk menderita seperti Dia, tidak lebih dari kekuatan kita, bahkan jadi kemuliaan kita 1Pet 4:14, Rom 8:17-18. Kalau kita benar, maka Tuhan akan membela kita dan malu yang kita tanggung karena Dia akan jadi kemuliaan yang besar.

3d. Dan kita tidak mengindahkannya.

Kita harus belajar dari Dia untuk jadi seperti Dia, istimewa dalam menderita karena Dia, dipermalukan dan ditolak, dihina karena Dia, sebagai seorang hamba Mat 20:26-28. Jangan dendam dan sakit hati, tetapi ampuni, Tuhan yang akan menghakimi orang yang bersalah pada kita Rom 12:19. Kita juga ikut menanggung dukacita dariorang2 yang menderita karena kebenaran Rom 12:15, ini akan menguatkan orang yang menderita dan menumbuhkan kita dalam kemahiran menderita karena Dia, karena kebenaran.

KESIMPULAN.

– Jangan kecil hati dengan kekurangan2 kita,apalagi kalau dibandingkan dengan kelebihan2 orang lain, sebab justru dalam kelemahan kita, tidak ada apa2nya, kalau bersandar pada Tuhan maka kita menjadi kuat, karena waktu kita lemah, pada waktu itu kita kuat 2Kor 12:9-10. Seperti Kristus yang tidak ada apa2nya, jangan kuatir kalau tidak ada apa2, tetap berharap pada Tuhan dan dipimpin Roh Kudus,sebaliknya jangan bertindak salah kalau Tuhan mempercayakan banyak hal yang indah2, rohani dan jasmani pada kita.

– Hidup orang benar di jalan sempit, dalam banyak sengsara karena Kristus. Justru di dunia ada banyak sengsara, kalau di Surga tidak ada, sebab itulah dunia ini sekolah, pengolahan yang terbaik untuk orang beriman, sehinggabisa tumbuh menjadi seperti Kristus. Jangan kecil hati atau kecewa dengan segala penderitaan karena Kristus itulah salib, kita harus belajar sampai mahir,sebab itu kuasa Allah dalam hidup kita 1Kor 1:8, dan kemuliaan yang kekal 1Pet 4:14, Rom 8:17-18.

Nyanyian:

Angkat salibmu dengan s’nang.

Dosa, cemar harus hilang.