YS272 – Yesaya 52:13-15. Hambaku Contoh Yang Sempurna.

YES 52:13. HAMBAKU YANG DITINGGIKAN DAN DISANJUNG.

13.a. Lihatlah, HambaKu akan bertindak dengan bijak,

Siapa hamba Ku ini? Yes 53:3-4. Tidak lain Dialah Tuhan Yesus, yang menjelma menjadi Putra manusia untuk menebus manusia dari dosa. Bagaimana Ia dapat bertindak dengan bijak?

  1. Ia hidup dalam kesucian dan Bapa ada di dalamnya Mat 1:23. Apa yang diperbuat dan dikatakan BapaNya, itu yang dibuat Yoh 5:19; 8:26.
  2. Ia terus dipimpin Roh Mat 4:1, Luk 4:1,18.

Jadi Bapa, Putra dan Tuhan Yesus jadi satu 1Yoh 5:7. Ini jadi contoh yang harus kita tiru, supaya kita juga menjadi bijak seperti Kristus dan bisa hidup dalam rencana Allah yang paling indah dan mulia.

Kita harus:

  1. Hidup dalam kesucian, terus pikul salib.
  2. Roh Kudus memenuhi dan memimpin hidup kita.
  3. Tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan.
  4. Melakukan kehendak Bapa dalam ibadah, doa, pelayanan, persekutuan sehingga hidup kita bukan kita lagi tetapi Kristus (betul2 seperti Kristus) Gal 2:20, maka kita akan mengalami rencana Allah kelas yang tertinggi dan terindah untuk keadaan kita.

Jangan bersandar pada cara2 dan hikmat manusia yang kadang2 sangat lihai dan sukses, tetapi itu bagi orang2 beriman tidak cukup, sebab kita berperang dengan iblis Ef 6:12. Yang terpandai dan terlihai dari dunia itu dengan mudah dikalahkan iblis. Tetapi kalau kita penuh dan dipimpin Roh Gal 2:20, selalu dalam perhentian Roh Yes 28:12, Ibr 4:9-11 (mati dari reaksi2 diri kita sendiri, tetapi hidup, taat dipimpin Roh), maka kita dapat menghadapi dan mengalahkan iblis Rom 8:31, 1Yoh 4:4.

 

13.b. Ia akan ditinggikan, disanjung dan menjadi sangat tinggi.

Ini terjadi sesudah Ia menyelesaikan tugasnya sebagai Putra manusia (menebus manusia), sampai selesai/ genap Yoh 19:30.

Ia ditinggikan sebagai Hamba Allah, sebagai manusia, bukan sebagai Allah. Pil 2:9-10. Sebab sebagai Allah, Dia sudah maha besar, maha mulia, kekal, misalnya Yes 9:5. Sebagai Allah, Ia sudah tertinggi, tidak perlu ditinggikan lagi.

Untuk apa Dia ditinggikan sebagai Putra manusia? Jadi contoh dan jalan untuk kita Yoh 14:6. Kalau kita mau meniru Kristus, sesudah lahir baru, jadi anak Allah Yoh 1:12), maka kita juga bisa tumbuh sampai akhirnya menjadi seperti Kristus, jadi tertinggi dalam dunia ini, menjadi mempelai Kristus menjadi satu dengan Kristus. Memang inilah yang menjadi tujuan dan kerinduan Tuhan, sesudah menebus kita, diolah dan ditumbuhkan sampai menjadi seperti Kristus. 1Yoh 3:2,3 menjadi satu dengan Kristus “seperti suami-istri” Ef 5:31-32, menjadi tubuh Kristus.

Kata tubuh Kristus itu luar biasa, di dalamnya ada arti dan tujuan Allah yang maha besar. Sebab itu kalau kita jadi anggota tubuh Kristus dan bersekutu dalam tubuh Kristus (dengan persekutuan Roh), itu perkara yang sangat besar dan mulia. (Dalam dunia kalau seorang menjadi anggota DPR atau MPR itu sudah berarti kedudukan yang mulia. Lebih2 sebagai anggota dari “tubuh Kristus” itu badan ilahi yang kekal dan sangat mulia. Sebab itu jangan hidup sembarangan sebagai anggota Gereja yang adalah anggota tubuh Kristus; belajar mengerti apa tugas tanggungjawab kita dan hargai tempat kita dalam tubuh Kristus dengan taat dan setiadalam Gereja, yaitu tubuh Kristus lokal, setia waktu enak dan tidak enak, baru bisa tumbuh makin mulia sesuai rencana Allah. Tempat ini sangat mulia, bahkan termulia, sebab jadi bagian dari Tuhan, Allah Bapa dan Roh Kudus.

Tuhan Yesus disanjung tinggi, tetapi di tempat atau golongan lain, dihina dan direndahkan. Tuhan Yesus tidak marah atau benci (juga kita) bahkan Ia tetap cinta orang yang membenciNya supaya bisa diselamatkan Yoh 3:16, 2Pet 3:9. Jangan benci dengan orang yang menghinakan Tuhan Yesus atau kita (karena Tuhan), cintai dan doakan supaya Tuhan memberkati dan menyelamatkannya.

Bagi kita, Tuhan Yesus itu se-gala2nya, kita tidak ter-gila2 dengan fanatik atau ngawur, tetapi memang Dia Allah yang maha besar dan jadi Putra manusia untuk jalan dan contoh bagi kita, supaya kita sebagai anak2 Allah, kalau mau taat terus akan tumbuh dan berubah, bisa menjadi sama seperti Kristus. Ef 4:13.

 

YES 52:14. HAMBA YANG DIRENDAHKAN.

 

14.a. Seperti banyak orang yang ke-heran2an akan Dikau.

Ayat ini berlawanan dengan ayat 13 yang mengatakan bahwa Dia adalah Hamba yang menjadi sangat tinggi, ditinggikan dan di-sanjung2, tetapi dalam ayat 14, Ia begitu direndahkan.

Sangat kontras. Begitu juga kita sebagai hamba2 Allah bisa mengalami seperti ini. Petrus orang besar di hadapan Allah, tetapi di-injak2 dan dipermainkan di dalam dunia, dihukum seperti penjahat besar, direndahkan dsb. Begitu juga Paulus ditangkap, di-injak2 bahkan dibunuh mati seenaknya. Juga Yohanes Pembaptis dibunuh oleh Herodes, dengan se-suka2nya sendiri 1Tim 4:16, Mrk 6:26-28. Memang seringkali umat Tuhan sangat direndahkan oleh iblis dan kaki tangannya, meskipun sesungguhnya mereka tidak layak Ibr 11:36-40. Ini terus terjadi sepanjang zaman, sebab status kita di dunia ini adalah hamba, bukan tuan Mat 20:26-28. Orang yang memakai sikap atau falsafah sebagai pembesar, ingin puji dan hormat, akan  direndahkan Tuhan, ter-lebih2 dalam hal2 rohani, dalam perkara2 dari Atas. Sebab  Kristus datang ke dalam dunia sebagai hamba untuk melayani, begitu juga kita. Orang yang menuntut kepujian dan kemuliaan dalam dunia ini akan mudah tersinggung, malu, sakit hati, iri dll, maka Tuhan meninggalkan dia. Kalau tetap tidak bisa mengerti dan tidak mau merendahkan dirinya seperti Saul, justru iblis yang masuk dalam hatinya dan ia jadi hamba iblis yang suka puji tetapi hina di hadapan Allah. Sekalipun dipakai Tuhan heran, jangan sampai berdosa dengan ingin puji dan hormat, itu bukan hak kita Yes 42:8.

Orang dunia yang tidak mengerti akan ke-heran2an. Betul umat Tuhan harus menghargai dan menghormati pemimpin2nya 1Tim 5:17-19, bahkan tunduk dan taat Ibr 13:17. Ini perlu supaya semua taat diatur dan dipimpin oleh para pemimpin sesuai dengan Firman Tuhan dan pimpinan Roh, sehingga tidak bertentangan satu sama lain. Beri hormat juga dalam perkara2 jasmani (jangan menyimpan mulut lembu). Kalau pembesar2 dunia begitu mewah dan kaya, maka patut juga hamba2 Tuhan yang dihormati itu diperhatikan. Tetapi hamba2 Tuhan yang sungguh2, justru sudah mati dari dunia dan segala kebesaran dan kemewahannya Gal 6:14, bisa berpada Pil 4:11-12, tidak menuntut justru berani menderita dan tidak jadi batu sontohan 1Kor 9:9-15.

 

14.b. Wajahnya begitu rusak, lebih dari siapapun, dan bentuk (penampilan)Nya lebih daripada putra2 manusia.

Juga dalam Yes 53:2 ini dikatakan lagi, tidak ada hal2 yang menarik secara manusiawi dari wajah dan penampilanNya. Ia direndahkan lebih dari siapapun, paling jelek, bahkan kedudukannya jadi lebih rendah dari malaikat2 Ibr 2:7.

Apa artinya? Kalau manusia nanti masuk dalam Surga, maka manusia itu lebih tinggi dari malaikat.

Jadi Putra manusia Yesus itu diletakkan di bawah segala malaikat dan manusia, meskipun demikian Ia tidak menyesal, sakit hati, marah, mogok dll tetapi tetap taat dengan segenap hati sampai mati.

Wajah, bentuk tubuh atau penampilan.

Dalam dunia ini banyak berarti, mereka memakai yang  terbaik supaya tidak direndahkan atau ditolak, sebab penampilannya terlalu rendah, bodoh, hina, jelek dll. Kita perlu menjaganya secukupnya, tetapi jangan ber-lebih2, apalagi sampai jadi berhala, itu jadi dosa dan tidak berkenan pada Tuhan.

Sebaliknya jangan menilai orang dari penampilan atau fasilitas2 jasmaninya, itu menjadi dosa Yak 2:1-9. Pikiran yang mem-beda2kan orang dari penampilan atau fasilitasnya itu pikiran yang jahat, itu dosa Yak 2:4,9. Jangan membedakan orang.

Tuhan tidak menghendaki kita kekurangan Mat 6:28-30, tetapi itu tergantung dari kemampuan kita menerima atau menanggung uang dll yang fana,  antara Lazarus dan Abraham (di dunia berbeda sekali tetapi di Surga sama! Luk 16:20,23). Jangan berkecil hati dengan kekurangan2 yang ada dalam wajah atau penampilan sebab di Surga semua sempurna dalam tubuh kemuliaan dari semua orang di Surga Pil 3:21.

Tuhan melihat hati kita lebih dari penampilan kita, tidak bisa di-tutup2i, dengan uang, sukses, kedudukan dll, seperti dalam dunia. Baik penampilan bagus atau jelek, semuanya bisa menyesatkan, sebab itu minta karunia membedakan roh supaya kita tahu dan lebih mudah taat dipimpin Roh.

Orang yang mahir pikul salib, bisa berpada, bisa meniru seperti Kristus, seperti Paulus dalam Gal 6:14 dan Pil 4:11-12. Biar kita berpada dengan segala yang ada dalam dunia ini sekalipun dalam posisi yang rendah secara manusiawi, 1Tim 6:8, maka fasilitas, semua yang fana tidak bisa membuat kita jatuh dalam dosa, tetapi kita bisa memakai baik2 semua yang Tuhan percayakan kepada kita untuk melakukan kehendak Tuhan dan tidak salah pakai sampai berdosa. Ini tampaknya perkara kecil, tetapi seringkali ini menjatuhkan banyak hamba2 Tuhan. Jangan memberatkan apalagi memuliakan perkara2 yang fana, fasilitas atau perlengkapan sementara di dunia ini, tetapi permuliakan Kristus dan perkara2 dari Atas Kol 3:1-3 dan meningkat setinggi mungkin sampai seperti Kristus.

 

YES52:15. TIDAK TERDUGA.

 

15.a. Begitulah Ia akan memerciki banyak bangsa.

Apakah yang dipercikkan kepada bangsa2 ? Inilah berita kesukaan atau Injil yang akan sampai ke seluruh dunia bagi segala bangsa? Kis 1:8, Mat 28:20. Luar biasa! Ini tampaknya sesuatu yang kecil, hanya dipercik, tetapi siapa yang kena percikan ini (Injil, kabar baik) dan mau percaya itu akan untung sangat besar. Berita Injil ini se-olah2 kecil, tidak berarti, tetapi hasilnya akan luar biasa besarnya! Kalau memberi berkat yang luar biasa (misalnya menjadi S1, itu tidak bisa dipercik, harus tenggelam di dalamnya sampai 15 tahun atau lebih, hasilnya lumayan untuk di dunia). Tetapi untuk selamat kekal di Surga (dan juga termasuk beruntung di dunia) itu cukup dipercik (misalnya Kis 8:31 hanya sebentar dan cuma2), langsung jadi anak2 Allah, bisa langsung duduk di Surga (pindah dari Neraka) Kol 1:13, Ef 2:6, luar biasa, ini lebih dari S1, ini lebih dari percikan berlian dan emas. Percikkanlah di mana2 berkat besar ini. Tentu harus ada follow up untuk tumbuh lebih lanjut dalam kemuliaan yang lebih besar!

Kita sendiri jangan mengecilkan percikan2 berkat besar untuk segala bangsa. Juga jangan takut dengan penampilan yang menakutkan atau yang jahat; berdoa terus dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23supaya kita selalu dipimpin Roh, tidak takut atau benci akan penampilan2 tertentu, tetapi kita memercik dengan belas kasihan dan kuasa Allah, menjadi berkat sebagai garam dan terang dunia.

 

15.b. Raja2nya akan mengatubkan mulutnya kepadaNya.

Ini orang2 besar dalam dunia yang jadi ke-heran2an sebab meskipun penampilannya kecil, rendah, hina, miskin, tetapi ternyata Ia jauh lebih heran daripada yang paling mulia dan besar di dunia. Tuhan Yesus jauh lebih besar dari raja, atau orang kaya, orang pintar, orang sukses, orang yang paling besar di dunia. Juga kita datang tidak dengan kebesaran dunia. Bahkan orang kecil, bodoh dan miskin seperti Petrus Kis 4:13, 1Kor 1:26-31 bisa dipakai Tuhan membawa keselamatan besar yang kekal. Mereka bisa mengerti ini, sebab matanya celik, sehingga tampak bahwa semua yang di dunia ini tidak ada artinya lagi dibandingkan dengan yang kekal di Surga Pil 3:7,8. Beginilah kalau mata rohaninya sudah celik, tetapi jangan sesudah celik lalu buta seperti Salomo dan Saul karena kedatangan ingin perkara2 yang fana, sehingga justru yang mulia dibuang untuk mendapatkan yang fana. Orang yang celik matanya akan terus bergairah mengejar yang kekal dan melupakan yang lalu yang fana. Pil 3:13-14. Jangan mengejar perlengkapan (fasilitas) tetapi kejar tujuan yang betul yang kekal, ini yang harus diperjuangkan habis2an, pasti untung besar. Tetapi ini tidak mudah, kita perlu selalu memakai 7 Kebutuhan Pokok Rohani terus menerus, supaya jangan ditipu dan kena umpan iblis yang memakai segala kesukaan dan kemuliaan dunia yang fana ini. Tumbuhlah dalam 7 KPR plus, lebih dari dosis yang biasa misalnya 2 gomer manna, pengurapan dua kali ganda, persekutuan dalam Roh yang makin murni dst, sampai masuk dalam Minggu ke-70 Daniel dan Tuhan memperlengkapi dengan fasilitas akhir zaman sehingga kita makin diperlengkapi dan dikuatkan untuk masuk dalam penyempurnaan Gereja.

 

15.c. Karena apa yang tidak pernah diceritakan kepada mereka akan dilihatnya.

Apa yang tidak pernah diceritakan pada mereka? Hal2 yang kekal (dalam Firman Tuhan), itu tidak ada di dunia. Yang ada dalam dunia adalah ilmu, falsafah atau pikiran manusia, itu tidak pernah bisa mengerti ataumelihat alam berzakh. Sekarang dari Injil, dari Firman Tuhan, mereka bisa mengerti tentang perkara2 yang kekal. Jangan belajar perkara2 kekal dari pikiran manusia, tidak ada dalam manusia, bahkan ditipu dan disesatkan oleh iblis. Alkitabpun tidak cukup kalau tidak ada Roh Kudus. Kalau seorang penuh dan dipimpin Roh maka baru Alkitab menjadi hidup oleh Roh Kudus sehingga orang bisa mengerti banyak perkara2 yang mulia dan kekal 2Kor 3:6. Begitu juga tentang dosa dan kesucian, tentang peperangan dengan iblis, kita harus belajar dari Firman Tuhan. Manusia akan melihat banyak perkara yang belum pernah  didengarnya, luar biasa! Orang yang suci hatinya akan memandang Allah Mat 5:8 dan itu berarti rahasia2 yang amat besar. Jangan hidup dalam dosa, nanti mata ini akan buta, hanya melihat yang fana dan kemuliaannya yang akan makin membutakannya dari hal2 yang kekal seperti Salomo dll. Sebab itu orang2 yang penuh dan dipimpin Roh dalam kesucian akan terus melihat dan mendapat perkara2 dari Atas dari Allah dan makin limpah Kol 3:1-3. Kalau dapat yang kekal juga hal2 jasmani yang fana akan dipelihara Tuhan dengan cukup, bahkan limpah Mat 6:33.

 

15.d. dan apa yang tidak didengarnya akan dipertimbangkannya.

Apa yang tidak didengar, sekarang didengar dan dipertimbangkan untuk mendapatkannya, bahkan bisa ditukar dengan perkara2 yang lama dan fana yang ada dalam hidup lama. Mat 13:44. Tukarkan semua  yang lama dengan yang baru. Keluarkan semua yang kita miliki yang lama dan yang baru Mat 13:52. Kalau kita bisamempertimbangkannya, yaitu kita harus bisa membedakan antara milik kita yang lama dan yang baru, maka kita bisa menukarkannya dengan yang baru. Tukar sebanyak mungkin dengan yang baru yang kekal. Jangan justru sebaliknya, harus bisa membedakan yang lama dan yang baru dengan betul. Yang lama dan fana ditinggalkan, ditukar dengan yang kekal. Jangan sayang dengan yang lama yang akan lenyap, tetapi kejar, tukarkan semua yang lama dengan yang baru. Pertimbangkan baik2 supaya kita jadi kaya di Surga, bukan kaya yang fana Luk 12:21. Lebih baik jadi Lazarus daripada menjadi orang kaya, sebab keadaannya akan terbalik di Surga Luk 12:25. Tetapi orang yang buta rohani akanmemilih jadi seperti orang kaya ini.

Pertimbangkan baik2, tetap ingat, bukan orang pintar yang bisa mempertimbangkannya baik2, tetapi orang yang celik mata rohaninya oleh Roh Kudus, sehingga bisa melihat yang tidak kelihatan Ibr 11:25 dan mengerti bagaimana bisa menang dari dosa, mematikan daging dan keinginan akan perkara2 yang lama dan terus mengumpulkan yang kekal, yaitu dari Firman Tuhan. Tanpa Roh Kudus, Firman Tuhan dan nasehat tubuh Kristus, orang tidak bisa mempertimbangkan dengan betul dan akan mudah keluar dari jalan yang benar seperti:

  1. Yerobeam membuat ibadah baru yang sesat.
  2. Yosafat membuat hubungan dengan Achab.
  3. Yudas memakai kesempatan mencari uang.
  4. Daud mengajak Betsyeba dll. Hati2, sebab kitaharus terus pikul salib, matikan daging, terus dipimpin Roh dansaling menasehati dan limpah Firman Tuhan dan doa (7 KPR).

Kita dapat menjadi kaya dalam perkara2 yang kekal sebab di dalam Kristus, kita bisa tahu, bisa mempertimbangkan baik2 antara yang lama dan baru, yang kekal dan yang fana dan punya kuasa Roh Kudus untuk terus mencari dan menyimpannya dalam Surga Mat 6:19-23. Jangan mata menjadi jahat karena ingin akan perkara2 yang fana, nanti seluruh tubuh dan hidup ini akan jadi gelap dan bersambung terus dalam kegelapan Neraka.

KESIMPULAN.

Tuhan Yesus menjadi Putra manusia itu menjadi contoh yang gilang gemilang dan sempurna. Kalau kita yang percaya dan mau taat dipimpin Roh, hidup di dunia menjadi kesempatan emas yang tiada taranya, kita bisa menjadi seperti Kristus. Kita bisa diolah secara pribadi oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus dalam tubuh Kristus, sehingga Terus Meningkat Sampai Puncak bahkan sampai menjadi sempurna. Ukuran kita adalah Putra manusia Yesus. Alkitab itu buku penunjuknya dan Roh Kudus itu Tukangnya yang akan mengolah kita dengan cepat dan tepat, penuh sukacita dan sejahtera menjadi seperti Kristus. Yang penting yang di dalam, yang kekal bukan yang diluar dan fana. Rahasia yang kekal akan makin dibukakan oleh Roh Kudus dalam Firman Tuhan, sehingga kita bisa mempertimbangkan dengan betul, bisa melihat yang tidak kelihatan dantumbuh dan makin kaya di Surga, tidak tertipu iblis tetapi terus tumbuh makin mulia seperti Kristus. Jangan kuatir yang fana Mat 6:33.

 

Nyanyian:

Carilah dulu k’rajaan Allah serta kebenaranNya.