YS271 – Yesaya 52:10-12. Keluarlah Dari Antara Yang Najis.

 

YES 52:10. UJUNG2 BUMI MELIHAT KESELAMATAN DARI TUHAN.

10.a. Tuhan membuat lenganNya yang suci tidak tertutup, di hadapan mata segala bangsa.

Pekerjaan Tuhan yang ajaib, sesudah 70 tahun bangsa Israel yang tertawan dibawa kembali ke Israel dan mendirikan kembali kerajaan dan baitNya, luar biasa! Sesuatu yang tidak mungkin telah terjadi. Ini dikerjakan lengan Allah sendiri yang suci, yang disingsingkan (TL) artinya tidak di-tutup2i, semua terlihat jelas. dan mata segala bangsa melihatnya dan ke-heran2an; hal ini tidak di-tutup2i, tetapi terbuka dan dilakukan di dalam kesucianNya, bukan dengan cara2 gelap atau cara2manusiawi atau cara2 iblis yang suka menghalalkan segala cara. Bahkan ada yang meng-halang2i tetapi mereka tersingkir sebab Tuhan sendiri ada di atas mereka, sehingga tidak ada yang bisa meng-halang2i atau menghentikannya luar biasa!

Tuhan menebus Yerusalem (ayat 9), mereka kembali ke Yerusalem. Begitu juga Gereja Tuhan di akhir zaman ini, dengan lengan Allah yang maha kuasa, Gereja Tuhan dibawa kembali ke Yerusalem artinya dikembalikan sebagaimana mestinya, bahkan ditumbuhkan terus dalam kesucianNya sampai menjadi sempurna dan jumlah yang sempurna genap. Gereja kembali jadi tubuh Kristus yang suci, bukan lagi jadi olok2 orang banyaksebab diperhambakan dan ditawan iblis, dunia dan segala macam dosa.  Bagi orang2 beriman pemulihan dan penebusan Yerusalem itu berarti Gereja dipulihkan dan disucikan sampai sempurna sampai terjadi pengangkatan. Semua orang akan melihat, bagaimana tangan Tuhan menyertai orang2 yang setia dan taat, juga yang bertobat kembali, dengan kuasa yang besar, mata segala bangsa akan melihat kuasa tangan Allah yang suci, memulihkan dan menebus Yerusalem (sampai tebus tubuh) jadi sempurna dan terjadi pengangkatan.

Tetapi selalu ada orang2 yang tetap tinggal dalam kesucian dan  taat pada Firman Tuhan. Dalam Israel, waktu Elia berkata bahwa tinggal ia sendiri yang pi pihak Tuhan, tetapi Tuhan berkata, masih ada 7000 orang di Israel yang belum pernah berlutut pada baal Rom 11:4, 1Raj 19:18.

Di Yehuda jauh lebih banyak orang yang tetap hidup benar dan taat pada Allah, sehingga masih tetap bertahan bahkan jaya ber-tahun2 sesudah Israel jatuh. Bahkan waktu Yehuda ditawan (waktu Zedekia jadi raja dan undur)masih ada orang2 yang indah seperti Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego, Ezra, Nehemia, Mordekhai dll yang ikut tertawan. Banyak yang juga bertobat kembali dan rombongan pertama yang kembali kurang lebih 50,000 orang (Neh 2:64-70). Masih ada lagi beberapa rombongan yang kembali. Pada waktu Israel keluar dari Mesir jumlahnya kurang lebih 2 juta, juga waktu masuk Kanaan, kurang lebih jumlahnya masih sama. Memang yang kembali dari tawanan, ke Yerusalemlebih sedikit. Jalan sempit lebih sedikit, tetapi selalu ada dan berhagialah mereka yang tetap memelihara kesuciannya dan taat akan Firman Tuhan, pasti lebih untung dari orang yang undur meskipun bertobat kembali. Setiap dosa itu ada akibatnya, merusakkan hidup dan masa depannya Pkh 9:18 TL. Orang yang memelihara hidupnya dalam kesucian, dalam segala segi hidup, termasuk dari perzinaan (ini dosa yang lain, yaitu terhadap tubuhnya sendiri, najis tubuh 1Kor 6:18, 2Kor 7:1) pasti nasib dan kemuliaan yang akan datang lebih baik. Tuhan adil dan Ia tahu siapa yang tetap setia dalam kesucian dan taat. Jangan sampai jatuh bangun seperti babi dan anjing (2Pet 2:22), akhirnya nasibnya  seperti orang menerusi api saja 1Kor 3:15. Kalau tetap hidup suci dan setia melayani Tuhan dengan segenap hati, pasti tidak rugi 1Kor 15:58 mungkin dari orang yang setia dan taat ini bisa tumbuh orang2 yang sempurna pada akhir zaman.

Bagaimana bisa jadi orang yang bisa bertahan, tidak jatuh bangun atau gugur, sehingga pada waktu Yerusalem dipulihkan, kita bisa masuk dalam rencana Allah yang paling indah? Tentu kita harus tekun dalam 7 KPR yang adalah kesimpulan dari hidup dalam tingkat Ruangan Suci.

Dasarnya adalah:

  1. Hidup dalam kesucian di jalan sempit dan
  2. Selalu penuh dan taat dipimpin Roh, melakukan kehendak Tuhan.
  3. Punya pondasi Firman Tuhan yang kuat Mat 7:24-29 sehingga tidak goyah meskipun ada banjir, badai dan hujan lebat, baik dari dosa Wah 22:11 atau ajaran2 sesat dan encer Ef 4:14. Perlu ada 2 Gomer manna!
  4. Tekun doa dalam Roh dan kebenaran sehingga ada pengurapan dobel untuk tumbuh di akhir zaman ini.
  5. Tekun ibadah.
  6. Tekun bersekutu dalam Roh dan
  7. menjadi garam yang asin atau pelita yang menyala di mana saja dalam setiap kesempatan.

Ini membuat kita bisa bertahan bahkan tumbuh dalam masa2 sulit, lebih2 di akhir zaman di mana ada polarisasi dosa dan kesucian Wah 22:11, maka kita bisa tetap bertahan bahkan tumbuh dalam kesucian yang makin tinggi.

 

10.b. dan seluruh ujung bumi akan melihat keselamatan dari Allah kita.

Memang ini rencana Allah, yaitu keselamatan Allah sampai ke ujung2 bumi dan kita yang harus memberitakan Kis 1:8, Mat 28:19, Mrk 16:15. Ujung bumi berarti tempat kita masing2 (orang sebelah kita Luk 10:27) dan kemana Tuhan menyuruh kita pergi. Taatlah, maka dalam pelayanan dan kesaksian yang tulus, kita sendiri akan tumbuh dengan pesat. Kita harus terus bersaksi sampai seluruh ujung2 bumi mendengar Injil, jumlah yang percaya genap dan jumlah yang disempurnakan genap (3 angka kedatangan Tuhan) lalu Tuhan datang.

 

YES 52:11. KEWAJIBAN ORANG2 YANG MENGANGKAT BENDA2 TUHAN.

 

11.a. Pergilah, pergilah engkau, keluarlah kamu dari sana, jangan menjamah barang yang najis;

Kita adalah bangsa yang sudah ditebus dari tangan iblis, lepas daripada kerajaan iblis Kol 1:13, suatu bangsa yang disucikan oleh darah Yesus 1Pet 2:9. Sebab itu kita harus terus hidup dalam kesucian untuk dengan setia terus melayani Tuhan. Kita hanya bisa hidup dalam kesucian kalau disertai Allah Kel 33:16. Sesudah ditebus, kita tetap harus lekat dengan Kristus supaya bisa tetap dantumbuh dalam kesucian seperti Kristus. Kita tidak boleh menjamah barang2 yang najis atau yang membuat jadi najis Ams 22:3. Sebab itu lari daripada segala perkara2 yang najis dan yang potensial bisa membuat kita menjadi najis. Meskipun kita masih hidup dalam dunia yang penuh dengan kenajisan ini, jangan dijamah, jangan ikut dalam kenajisannya. Tanpa Tuhan di dalam kita dan kita di dalam Tuhan, hal ini mustahil Yoh 6:56. Melihatpun jangan kedua kalinya, nanti bisa timbul ingin seperti Lot (akan Sodom) atau Daud (akan Betsyeba) sehingga tertarik olehnya dan kena!

Suci = dipisahkan. Sebab itu jangan dekat2 atau menjamahnyadan buang dari dalam hati sehingga tetap suci dan berkenan pada Allah yang tahu sampai dalam hati kita.

Di dalam hati yang suci Allah bisa bertahta dan berkarya melakukan perkara2 besar dengan kita Maz 60:14 yaitu:

  1. Bisa hidup suci di tengah2 bangsa atau lingkungan yang jelek dan najis.
  2. Ada kekuatan untuk bisa taat melakukan kehendak Allah yaitu FirmanNya sehingga timbul perkara2 besar dari Allah. Tanpa Allah tidak mungkin kita tinggal suci. Sebaliknya akan dikalahkan dan diperbudak kembali oleh dosa, sekalipun sudah ditebus! Kita harus terus menerus berkemenangan; kalau mau pasti bisa dan kita akan melakukan perkara2 yang besar dengan Tuhan, lebih2 kalau penuh dan dipimpin Roh. Mengangkat benda2 Tuhan, berartimenjadi hamba2Nya, melayani di tempat dan dalam bagian kita masing2 sehingga jadi berkat bagi orang sekitar kita yang belum percaya (diInjili sampai percaya) dan yang sudah percaya (saling menguatkan dan menumbuhkan).

Setiap orang itu punya beban, tugas untuk mengangkat, bejana Allah. Baik pelayanan yang kecil atau besar, lakukan dengan tulus, sesuai kehendak Allah, itu justru menumbuhkan kita sampai sempurna. Jangan cari pelayanan besar, tetapi dalam pelayanan apa saja yang Tuhan tanggungkan hendaklah kita memperkenankan Dia.

Besarnya atau masyurnya pelayanan itu nomer 2. Ingat seperti cincin emas dan cowek uleg2, disini jelas terlihat bedanya antarabesarnya pelayanan dan mutu. Kalau mutunya baik Tuhan ingin memakai lebih heran, tetapi kalau mutunya kurang,Ia terbatas memakainya supaya jangan jadi sombong atau jatuh dalam dosa2 lainnya. Sebab itu perhatikan mutu kita di hadapan Tuhan, selalu memperkenankan Tuhan dengan kerendahan hati, kesucian kita dan ketaatan.

Sebab itu jangan mengutamakan besarnya pelayanan dan masyur sehingga di-puji2 tetapi hidup dan pelayanan yang tulus yang memperkenankan Tuhan, maka Tuhan yang akan memberi buah2. Yoh 15:16. Sekalipun pelayanan besar dan masyur, tetapi Tuhan tidak berkenan, akan ditolak Tuhan dari Surga kekal. Mat 7:23. Tetapi orang yang mau taat dan bisa rendah hati, mampu menerima perkara yang besar2 dan tetap suci dalam semua segi hidupnya, akan diberi Tuhan pelayanan sebesar kemampuannya, sebab Tuhan ingin segera menyelesaikan rencanaNya. Tetapi Tuhan tidak akan mengorbankan seorang hambanya, dijadikan heran tetapi kemudian jadi sombong atau berdosa lalu jatuh, itu bukan kehendak Tuhan. Sebab itu semua yang mengangkat bejana2 Tuhan, melayani Tuhan harus hidup berkenan pada Tuhan, terus dalam kesucian dan taat.

 

11.b. Keluarlah engkau dari tengah2nya, hendaklah engkau suci yang mengangkat bejana2 Tuhan.

Semua yang melayani Tuhan harus hidup dalam kesucian, kalau tidak, bukan berkat tetapi hukuman Allah akan jatuh ke atasnya seperti Hofni dan Pinehas, Nadab dan Abihu Im 10:1-2, Korah dkk dll Mat 7:23. Mahir itu nomer 2, yang penting adalah suci dan taat, maka Tuhan yang akan memberi anugerahNya sehingga kita makin mahir asal mau tetap rendah hati dan suci dalam segala segi hidup. Urapan Tuhan akan memberihasil yang besar, sebab memang hasil itu oleh anugerah Tuhan 1Kor 15:10.

Kita ada di tengah2 dunia tetapi kita harus keluar dari dosa2nya. Seperti kapal ada di tengah2 laut, tetapi laut tidak masuk kapal. Jangan dosa dan keinginannya masuk di dalam kita, itu berarti bocor; kalau bocornya tidak ditembel (bertobat), bisa tenggelam, masuk Neraka! Keluarkan semua perkara2 dosa, dunia, daging, dan semua yang tidak berkenan pada Allah dari dalam hati dan hidup kita, sebab Tuhan tahu kalau ada dosa di mana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja.

 

YES 52:12. JANGAN TER-BURU2 ATAU PANIK.

 

  1. Karena kamu tidak akan keluar dengan ter-buru2 atau pergi dengan terbang.

Kita tidak perlu takut, ter-buru2 bahkan panik, kacau balau lalu lari seperti terbang. Semua ibadah dan pelayanan kalau dengan Tuhan itu sebetulnya mudah, rileks dan penuh damai dan sukacita! Memang ada peperangan dan pergumulan, tetapi kalau kita taat menuruti syarat2nya, maka Tuhan ada di depan dan belakang kita dan semua akan beres, aman dan menang. Sebab itu dalam keadaan yang kritispun Paulus bisa menyanyi Kis 16:25 dan Petrus bisa tidur Kis 12:7.

Kalau gelisah, takut, pahit, kecewa, penuh penyesalan dll yang tidak enak, itu berarti hidup dan pelayanan kita tidak betul. Kalau betul semua akan berjalan dengan rileks dan sukacita, puas, bukan dengan penderitaan. Sebab itu kita perlu periksa diri dan juga mengerti kebenaran Firman Tuhan untuk menerangi segala perkara dalam ibadah dan pelayanan kita Maz 119:105, sehingga tidak jadi takut atau bingung, bodoh, sebab Allah itu pemenang di atas se-gala2nya. Dia tidak pernah salah dan kalah, pasti menang, asal kita taat dalam pimpinanNya. Mungkin harus menunggu tetapi tetaplah dalam kesucian dan dipimpin Roh; jangan bereaksi dosa atau menuruti daging, sebab dosa berarti kalah dan akan gugur.

Mengerti Firman Tuhan, dipimpin Roh dan bersatu ber-sama2, maka kita ber-sama2 dalam persekutuan tubuh Kristus, pasti akan menang dan rencana Allah pasti genap, bahkan dipercepat dan Dia datang.

 

12.b. Sebab Tuhan akan berjalan di hadapan mukamu.

Apa artinya? Tuhan yang menunjuk jalan, kita hanya mengekor, mengikuti saja dengan sejahtera, sebab Allah tidak pernah salah, sekalipun masuk lembah bayang2 maut, akan tetap menang Maz 92:7, bahkan dalam kematianpun kita akanmenang 1Kor 15:55. (Tetapi jangan mati karena bodoh Mrk 12:24 atau bunuh diri, masuk Neraka). Tuhan akan memimpin kita. Terus ber-tanya2 akan Tuhan 1Taw 16:11. Cari kehendakNya Ef 5:17. Kalau kita taat, sudah pasti menang terus; kita hanya memainkan peran kita dan Tuhan yang membuat kemenangan dan buah2, sebab semua itu dari Tuhan. Kalau terus taat dalam kerendahan hati, maka anugerahNya (yang membuat kita jadi luar biasa) akan makin ber-tambah2 untuk memuliakan Tuhan dan menghasilkan buah2 lebih banyak! Kalau kita tetap tulus, suci dan taat, maka dalam semuanya kita akan terus rileks dan bersukacita bukan bergumul dengan kepahitan.

12.c. dan Allah Israel akan menjadi Penjaga penutupmu.

Luar biasa. Dijaga di muka dan belakang. Di belakang banyak sabotase, penyelundupan, boikot, fitnah dll, berbahaya, tetapi Tuhan menjaga di mana2. Jangan bingung, tetap sejahtera dan sukacita meskipun musuh menyerang dari belakang, sebab Tuhan juga ada di sana. Ditikam dari belakang itu lebih berbahaya, sebab tanpa dikira, tahu2 kena, kalau kita sendirian. Tetapi kalau dengan Tuhan, orang itu yang kena, ia akan ditangkap dahulu dan dihukum Allah. Kita bisa tidur nyenyak dan sejahtera, tidak stress, tidak bingung, sebab Tuhan ada di muka dan belakang! Jangan kuatir. Siapa yang memboikot atau bicara jahat di belakang akan berhadapan dengan Tuhan yang juga ada di belakang! Kalau orang2 di belakang ini tidak bertobat, bisa celaka dan mati semua seperti Korah dkk, 250 orang Lewi yang berontak dll. Kalau kita salah itu bukan fitnah, tetapi betul sekalipun hanya bisik2 di belakang. Sebab itu jangan bereaksi dosa atau berbuat dosa dan kalau toh sudah berbuat dosa, segera perbaiki, bertobat dan bereskan.

Kalau sudah beres, orang yang tetap menuduh akan keliru (kecele) sebab dosanya sudah dibereskan dan ia akan berhadapan dengan Tuhan.

Justru kita belas kasihan pada orang yang mau menikam diam2, sembunyi2 dari belakang, pasti ketahuan, sebab Allah ada juga di belakang, Dia ada di mana2 dan pasti orang itu kena tangan Tuhan yang dahsyat. Doakan orang2 jahat yang sembunyi2 mau memboikot atau menikam dari belakang supaya bertobat, bahkan diperdamaikan dengan kita (yang memang mau mengampuni) Ams 16:7. Jangan menggerilya atau menikam dari belakang, nanti hukumannya lebih dahsyat; lebih baik bertanya terang2an di hadapan saudara2 kita daripada sembunyi, bisik2 di belakang jadi salah dan kena tangkap Hakim yang adil itu.

 

KESIMPULAN.

Yes 52:10. Lengan Tuhan cukup untuk mengembalikan umatNya ke Yerusalem (Mereka yang setia dalam kesucian akan lebih untung) sampai umat Tuhan (lebih2 dengan hujan akhir dll) jadi Gereja yang ajaib dan terjadi pengangkatan. Injil sampai ke seluruh dunia.

Yes 52:11. Pelayanan dalam kesucian dan taat akan Firman Tuhan. Bukan termasyur, dipuji, tetapi berkenan pada Tuhan dalam pelayanan kecil atau besar.

Yes 52:12. Jangan takut atau bingung, Tuhan ada di depan memimpin kita dan ada di belakang menghadapi orang2 belakang.