YS270 – Yesaya 52:8-9. Bersukacitalah, Kembali Ke Zion.

YES 52:8. TUHAN MEMBAWA KEMBALI KE ZION.

8.a. Penjagamu akan mengangkat suara. Dengan suaranya ber-sama2, mereka akan menyanyi.

Penjaga2 mengangkat suara bersorak ramai2 dan ber-sama2 dengan umat Tuhan menyanyi dengan penuh sukacita dan bergairah.

Ini peristiwa pemulihan yang luar biasa. Orang Israel bisa kembali ke Yerusalem, sebab Tuhan sudah menebus Yerusalem kembali. Israel undur dari Tuhan dan diserahkan pada raja Asyur. Terakhir dalam pemerintahan raja Hosea 2Raj 17:1-6, mereka dikalahkan, ditawan dan masuk dalam pembuangan Asyur. Beberapa ratus tahun kemudian juga Yehuda undur dari Tuhan dan kalah sehingga ditawan oleh raja Babil, yaitu pada waktu pemerintahan raja Zedekia 2Raj 25:1. Memang Israel dan Yehuda lain. Israel sejak hari pertama, pada waktu Yerobeam, sudah mendurhaka kepada Tuhan dengan dua lembu emas di Dan dan di Bethel.

Orang Yehuda yang masih hidup dibawa dalam pembuangan ke Babil. Tetapi Tuhan berjanji lewat nabi Yeremia bahwa sesudah 70 tahun mereka akan dikembalikan ke Yesrusalem 2Taw 36:21. Ini suatu perkara yang mustahil dan memang Israel tidak kembali tetapi Yehuda kembali sesudah 70 tahun.

Banyak orang mati dan yang masih hidup itu penuh dengan sengsara, apalagi dibawa tertawan ke Babil. Banyak penderitaan yang celaka sebagai orang tahanan, tetapi Yeremia bernubuat dalam 70 tahun akan kembali ke Yerusalem. Suatu hal yang pasti tidak mungkin. Tetapi Yesaya dengan ilham Roh kembali menegaskan janji dan rencana Allah. Apa yang dikatakan Allah pasti jadi. Pada waktu ini terjadi, maka penjaga2 akan mengangkat suaranya ber-sorak2 dansemua akan menyanyi ramai2 dengan sukacita. Semua orang yang tertawan akan menyanyi sukacita ketika kembali ke Yerusalem oleh tangan Allah yang ada di atasnya. Sebagian orang2 ini tetap setia dan hidup benar di hadapan Tuhan seperti Daniel dkk dan beberapa banyak orang lainnya. Tetapi beberapa banyak orang hidup dalam dosa, sebab itu dikalahkan musuh dan mati, sebagian masuk dalam pembuangan, tetapi pada waktu ini, orang2 dipulihkan dan dibawa kembali ke Yerusalem.

 

8.b. Mereka akan menyanyi, sebab mereka akan melihat mata dengan mata.

Sebagian mereka yang masih hidup, umurnya lebih dari 80 tahun (waktu ditawan berumur 10 tahun atau lebih) sekarang mereka yang masih hidup dan pulang dan melihat Yerusalem  dibangun kembali dan bait Allah. Mereka bersukacita. Ezr 3:12-13. Mereka melihat dengan matanya sendiri bagaimana mereka kembali ke Yerusalem dan melihat juga bait Allah dibangunkan kembali, luar biasa. Ini sudah digenapkan tetapi bait Allah di Yerusalem dirusakkan lagi dan dibangun kaabah Herodes.

Bagi kita orang Wasiat Baru yaitu bagi Gereja, juga akan melihat rencana Allah digenapkan dan bagaimana rumah Allah (Gereja) yang dibangunkan dalam Hujan awal begitu indah, jadi hancur, tetapi itu akan kembali dibangunkan, bahkan masuk dalam kesempurnaan pada akhirnya sesudah nubuatan Daniel tentang 70 minggu digenapkan. Dalam Hujan akhir, Gereja Tuhan akan dipulihkan bahkan digenapkan, disempurnakan lalu diangkat! Rasa2nya ini sesuatu yang sulit, sebab sebagian besar umat Tuhan mulai undur dan jadi duniawi. Tetapi rencana Allah pasti jadi, Firman Tuhan dan nubuatannya pasti jadi Luk 1:37. Kita akan melihat hal ini, mata dengan mata; kita sendiri akan melihatnya. Ini saat2 yang amat mulia yaitu dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan, kita akan melihat kaabah atau Gereja Tuhan dibangunkan bahkan sampai jadi sempurna, begitu ajaib. Gereja akan masuk dalam zaman keemasannya, puncak2 rencana Allah seperti yang tampak dalam Wah 12:1, begitu heran, indah, ajaib, dalam suasana yang sangat menyenangkan seperti Surga tetapi masih di muka bumi. Rumah Allah yang akhir ini lebih mulia dari yang mula2 dalam Hujan awal. Hag 2:10. Ini kemuliaan Gereja akhir zaman, Gereja Hujan akhir yang heran Wah 12:1.

 

8.c. Ketika Tuhan membawa kembali ke Zion.

Zion adalah puncak kesempurnaan. Maz 50:2.

Ini menceritakan tentang Gereja Tuhan yang menjadi sempurna, yaitu dengan digenapkannya angka orang2 yang sempurna, 144.000 Wah 14:1. Kita menunggu hal ini digenapkan, meskipun rasa2nya tidak mungkin sebab dosa meningkat sangat tinggi dan amat sulit untuk hidup suci di tengah2 dosa yang memuncak, apalagi menjadi sempurna, itu terlalu jauh.

Memang kalau melihat dosa yang meningkat, kejahatan, segala macam dosa, apalagi semua ini masuk dalam Gereja, se-olah2 hal ini mustahil. Wah 22:11 mengatakan bahwa bukan hanya dosa, tetapi kesucian juga akan meningkat sampai puncak2nya dan Gereja akan menjadi sempurna. Jadi hidup suci di tengah2 dosa yang dahsyat itu tetap mungkin bahwa Gereja akan menjadi sempurna di tengah2 dunia yang sempurna dengan dosa! Sebab itu hal ini akan terjadi, Tuhan membawa umatNya kembali ke Zion dan Zion dibangun kembali dengan bait Allah yang ada di dalamnya. Sesudah ini selesai, Gereja Tuhan akan diangkat. Jangan hanya menunggu, tetapi juga ikut diolah, masuk dalam rencana Allah yang heran itu.

Kita bersedia akan menunggu hari2 yang indah dan mulia itu.

 

YES 52:9. TUHAN MENEBUS YERUSALEM.

 

9.a. Bergembiralah, nyanyi ber-sama2, engkau tempat2 yang rusak di Yerusalem.

Disini ada nyanyian besar dari tempat2 yang rusak di Yerusalem, menjadi suatu nyanyian yang indah didukung dan dikerjakan Tuhan.

Akan ada kesukaan yang besar dan semua akan menyanyi ramai2 ber-sama2, luar biasa. Nyanyian yang meriah, bersemangat, orang banyak, ber-sama2, itu ada 3 macam.

  1. Sorai-sorai dalam pimpinan Hofni Pinehas yang membawa Tabut. Tampaknya ini sesuai kehendak Tuhan, sebabada tanda2 rohani, yaitu ada Tabut dan 2 imam resmi ikut serta dan memimpin, ini luar biasa. 1Sam 4:5-8. Sebab itu seharusnya hasilnya luar biasa. Sebab kalau imam2 menikul Tabut, maka sungai Yordan akan terbelah dengan ajaib, tiang awan tiang api ikut bergerak, perkara2 besar terjadi dll. Tabut yang sama juga sudah merobohkan Yerikho yang sangat kuat. Sekarang Tabut inidatang dengan cara yang sama tetapi bukan dalam kesucian, di dalam pimpinan Hofni Pinehas yang hidup dalam dosa, juga diantaraorang Israel yang bersorak-sorai gegap gempita, ada paling sedikit 30,000 orang2 Israel yang hidup dalam dosa. Upacaranya betul dan semua tentara Israel yang melihatnya itu bersukacita dengan spontan ber-sorak2 luar biasa sehingga bumi bergempa dan gelombang2 gempa itu menjalar ke sekitarnya sampai pada perkemahan musuhnya yaitu orang2 Filistin.

Orang2 Filistin jadi ketakutan bukan main, sebab suara dan gempa yang datang ke atas mereka. Mungkin ini satu2nya gempa buatan manusia yang gelombang2nya menjalar (berapa Richter?) sampai kepada perkemahan orang Filistin. Bagaimana pengaruhnya? Itu tergantung dari mutu pemimpin2nya dan pengurapan yang turun ke atas mereka. Mutu Hofni dan Pinehas sangat jelek sehingga hasilnya sesuai dengan kejahatan Hofni dan Pinehas serta sejumlah besar orang Israel yang buruk itu. Sebab itu sekalipun sorak sorai mereka gegap gempita tetapi Israel kalah, Hofni dan Pinehas mati serta 30,000 orang Israel yang hidup dalamdosa, semua mati dalam peperangan itu. Betul sorak-sorai dan nyanyiannya gegap gempita, tetapi hasilnya sesuai dengan mutunya sangat celaka. Ini adalah nyanyian dan suatu Sorak-sorai yang luar biasa di dalam umat Tuhan, tetapi hampir2 tidak ada hasilnya. Ini suatu sorak sorai dan nyanyian yang luar biasa dalam umat Tuhan tetapi hasil dahsyat. Kerusakan dan kehancuran sebab dosa2 perzinaan, perkelahian, uang, kekejian dan kemunafikan itu banyak beredar dalam umat Tuhan yang bernyanyi luar biasa.

Dalam sebuah Gereja yang amat besar dan terkenal, Pdt. Brian mengatakan, bahwa pada waktu jemaat menyanyi dengan semangat, ber-api2 dan luar biasa, dari para WL dan singer keluar roh2 jahat, sebab mereka penuh dengan dosa2 yang keji. Hasil  nyanyian yang gegap gempita ini tidak tergantung dari sound sistem, nyanyian2 yang merdu,musik dan dekorasi yang hebat, tetapi dari mutu pemimpin2 dan orang2nya yang najis dalam dosa. Sekalipun dahsyat dan sangat bersemangat, tetapi penuh dengan dosa. Nyanyian2 yang meriah dan hebat juga bisa dibuat dalam dosa dan di dunia seperti band2 dunia yang terkenal sampai pengunjungnya mbludak begitu banyak, bahkan ada yang mati diinjak. Mereka begitu bergairah, bersukacita dan ter-gila2 untuk mendengarkannya. Hofni dan Pinehas membuat yang sama dalam umat Tuhan dan dosa membinasakan mereka.

  1. Dalam pimpinan Miryam sesudah mereka naik dari laut Merah dengan pertolongan Tuhan yang amat besar, sehingga seluruh musuhnya binasa tanpa terkecuali. Mereka kemudian menyanyi dengan sangat bergairah, dalam

nyanyian dan sorak sorai yang luar biasa Kel 15:20-21. Kira2 500.000 wanita bersorak-sorai menyanyi sukacita me-muji2 Tuhan, tetapi hasilnya tidak berarti, sekalipun nyanyiannya luar biasa seperti suatu paduan suara kolosal. Tidak ada hasil apa2, sebab mutu mereka sangat rendah. Sebelumnya mereka sangat marah dan ber-sungut2 melawan Musa sebab dikejar Firaun dan tentaranya dan merekahampir merajam Musa. Ini peristiwa yang sangat dahsyat (sampai 40 tahun kemudian di Yerikho, negeri yang jauh itu masih ingat dan masih gemetar karena mendengar peristiwa ini). Tetapi 3 hari sesudah peristiwa yang sangat dahsyat ini, penyanyi2 ini ber-sungut2 luar biasa melawan Musa dan Tuhan, yang memberkati mereka dengan cara yang spektakuler 3 hari yang lalu. Kel 15:22-24. Untung mereka tidak dibinasakan Allah, sebab orang2 ini masih tergolong bayi, baru keluar dari Mesir sebab itu Tuhan ampuni bayi2 ini, tetapi nyanyiannya sudah luar biasa.

  1. Nyanyian dan sorak sorai dalam pimpinan Yusak. Mereka mengelilingi Yerikho dan ber-sorak2 dengan iman dengan ramai. Hasilnya luar biasa. Yerikho roboh dan semuanya dikalahkan. Yus 6:20-21. Betul2 hadirat Tuhan turun dalam Tabut dan membuat perkara yang besar, kemenangan yang besar terjadi. Ini sebab Yusak punya mutu rohani yang baik dan benar di hadapan Allah dan Israel berjalan dengan tertib di hadapan Allah. Ini benar2 sorak sorai dan nyanyian yang gegap gempita karena iman dan dengan hidup yang benar.

Jadi kalau ada nyanyian yang penuh semangat, suasana yang ramai, gegap gempita, meriah itu belum tentu dari Tuhan sekalipun dalam umat Tuhan atau dalam Gereja. (Kalau di luar Gereja sudah jelas bukan pekerjaan Roh Kudus). Tetapi di dalam Gereja, ada kegerakan besar tetapi bukan dari Roh Kudus. Ini kegerakan dalam jalan lebar, yang makin banyak di akhir zaman ini. Ada banyak hal yang dipakai untuk menarik orang banyak. Semua cara2 dipakai seperti lighting, sound system, dekorasi, musik yang istimewadan semua cara2 duniawi. Bahkan ada Gereja yang mempunyai dekorasi dan pengaturan yang lebih baik, lebih hebat, lebih mewah dari yang dibuat profesional dalam dunia, tetapi bisa tercampurlimpah dengan perkara2 dosa. Ini perkara2 yang keji di hadapan Tuhan seperti sorak sorai yang hebat dari tentara Israel waktu Hofni Pinehas datang dengan Tabut Allah yang mulia. Memang campuran ini janggal (Tabut, imam2 dan dosa) tetapi dalam Gereja akhir zaman seperti Pergamus, Tiatira, Sardis dan Laodikea ini ternyata ada, lebih2 pada akhir zaman ini Brian Bailly melihat roh2 setan keluar dari WL dan singernya dalam Gereja jalan lebar ini.Sebab itu jangan mengandalkan cara2 dunia, tetapi perhatikan hidup benar di hadapan Tuhan, baik pemimpin dan anggota2nya dan selalu penuh dan dipimpin Roh.

Pada akhir zaman akan terjadi Polarisasi Wah 22:11, lalu Tuhan sendiri yang akan menyucikan GerejaNya dengan masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17, Yez 9:6 dan hukum2 yang tertib 2Kor 10:6 dan fasilitas2 akhir zaman yang luar biasa seperti Hujan akhir, jabatan2, pelayanan orang sempurna dll. Gereja2 akan mengalami kegerakan Roh Kudus Hujan akhir dan kuasa Tuhan akan bekerja dengan nyata di tengah2 peperangan rohani yang dahsyat dengan 3 Antikris yang muncul sebelum pengangkatan.

Tempat2 yang rusak di Yerusalem akan berubah. Yerusalem = tempat yang akan jadi sempurna, Firman Tuhan terbuka, Roh Kudus bekerja sehingga akan ada perbaikan sampai tempat2 yang rusak dipulihkan jadi baik bahkan terus tumbuh, meningkat sangat tinggi. Tentu orang2 yang memelihara hidup dalam kesucian sehingga tidak rusak akan lebih untung dalam kegerakan akhir zaman ini, bisa2 mereka yang tetap setia dan terus tumbuh dipimpin Roh ada kemungkinan menjadi sempurna menggenapi rencana Allah. Kita harus memelihara rohani kita, jangan sampai rusak; tetapi kalau toh ada yang rusak, dengan Tuhan kita merebut mereka bagi Tuhan sehingga diperbaiki dan masuk dalam rencana yang heran itu. Yang memisahkan orang2 dalam Gereja akhir zaman itu bukan kita tetapi Tuhan. (Bandingkan 12 murid dan Yudas). Justru tugas kita merebut saudara2 kita yang tertipu dan dibujuk iblis supaya kembali. Ini rezeki kita, jangan dilewatkan! Tetapi orang2 yang keras hati dalam dosa akan direbut iblis baginya. Jangan keras hati, segera perbaiki kalau ada yang salah dan kembali dalam kesucian danterus hidup dipimpin Roh untuk melakukan kehendakNya sampai limpah ber-buah2 dan tumbuh.

 

9b. Sebab Tuhan menghibur umatNya.

Kehancuran karena dosa dan pekerjaan setan dalam Gereja itu amat mengacaukan Gereja dan umat Tuhan yang setia. Seperti Elia jadi sangat susah dan menderita oleh Achab, Izebel, 850 nabi baal-hutan dan orang2 Israel yang undur, sampai Elia mau minta mati. Tetapi Tuhan menghibur Elia dengan roti dan air yang dikirim dari Surga. Oleh pekerjaan Roh Kudus dan pembukaan Firman Tuhan, Elia jadi terhibur dan kuat, tidak lagi minta mati tetapi bergairah berjalan sampai ke gunung Allah bertemu dengan Tuhan! Jangan susah, bingung atau kacau. Percayalah, Tuhan yang memegang sejarah dunia, Dia yang maha kuasa! RencanaNya pasti genap.

 

9.c. Ia menebus Yerusalem.

Mengapa Yerusalem ditebus lagi? Bukankah pada waktu Israel masuk negeri Kanaan, lalu Yerusalem juga menjadi milik Israel, maka Israel sudah menjadi orang tebusan Tuhan? Betul, tetapi ada sambungannya. Kita yang percaya pada Tuhan Yesus sudah ditebus oleh darah Yesus 1Pet 1:18-19 dan menjadi orang tebusan Tuhan. Tetapi tebusan ini masih ada sambungannya! Penebusan yang pertama adalah untuk orang dalam yaitu roh kita, tetapi kita belum mengalami penebusan tubuh. Kita semua menunggu penebusan tubuh 1Kor 15:23. Kita yang sudah selamat ini, dalam hari2 akhir zaman yang dahsyat ini menengadah ke atas untuk menunggu penebusan tubuh Luk 21:28. Kita menunggu hari penebusan tubuh Ef 4:30. Tuhan akan menggenapkan penebusannya, baik bagi umat Tuhan yang sudah mati pada hari pengangkatan, orang yang sudah ditebus rohnya akan mengalami tebus tubuh, ia akan bangkit dari kematian dan yang masih hidup akan diubahkan menjadi tubuh kemuliaan dan ikut dalam pengangkatan! 1Kor 15:51. Ini hari penebusan yang kita tunggu2 dan Tuhan berjanji akan menebus Yerusalem lagi, yaitu tebus tubuh! Ini hari yang sangat indah, yang kita nantikan dan sangat mulia.

 

KESIMPULAN.

Yes 52:8. Akan mengangkat suara ber-sama2 dan menyanyi dengan sukacita, sebab kita akan melihat dengan mata kepala kita (masih di dunia) rencana Allah yang heran digenapkan, yaitu Tuhan akan membawa umatNya kembali ke Zion. Dahulu sudah keluar dan ditawan ke Babil, tetapi akan tetap kembali ke Zion.

52:9. Sukacita yang betul dengan kuasa dan hadirat Tuhan, sehingga juga tempat2 yang rusak di Yerusalem akan menyanyi, umat Tuhan dihiburkan seperti Elia dan Tuhan akan menebus, Yerusalem jadi sempurna, mengalami tebus tubuh yang heran.