YS269 – Yesaya 52:7-10. Kabar Selamat Dan Kesukaan.

YES 52:7. KAKI2 YANG ELOK DAN ALLAH MEMERINTAH.

7.a. Betapa eloknya di gunung, kaki2 dari mereka yang membawa kabar kesukaan.

Ini sangat berkenan pada Tuhan sehingga dikatakan bahwa kaki orang2 ini sangat elok bagi Allah Rom 10:15.

Elok itu bukan berarti secara jasmani, sebab secara jasmani bagi Allah itu tidak ada artinya,Ia bisa menciptakan yang terbaik. (Mengapa ada yang tubuh atau wajahnya jelek? Allah tidak membuat yang jelek, tetapi manusia yang berdosa itu merusakkan dirinya sendiri dengan dosa Pkh 9:18. Adam dan Hawa itu sempurna tubuhnya, tidak ada cacat dalam Eden tetapi sebab perbuatan2 dosanya dan dosa manusia selanjutnya timbul macam2 hukuman dan cacat. Misalnya oleh dosa Babil, timbul cacat yaitu segala macam bangsa, ini cacat. Juga dosa2 yang lain).

Yang dimaksud disini adalah keindahan dan keelokan rohani yaitu orang yang mau pergi (kakinya) untuk menyampaikan kabar kesukaan (= Injil = kabar kesukaan) sehingga orang yang mendengar, kalau mau percaya akan selamat. Ini tidak bisa dibuat Allah, sebab Allah membuat manusia sebagai mahluk bebas dan manusia sendiri yang harus mengambil keputusan lalu bertindak untuk mau taat akan kehendak Allah. Sebab itu orang yang mau taat memberitakan kabar baik itu kakinya elok di hadapan Allah.

Kalau sesudah diinjili tidak mau percaya, orang2 itu tetap binasa oleh dosa2nya. Allah tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9 dan Ia mengorbankan PutraNya sendiri jadi tebusan bagi manusia Yoh 3:16. Dan kepada kitalah diberi beban tugas untuk memberitakan kabar keselamatan dan kesukaan ini ke seluruh dunia. Mat 28:19-20.

Ini adalah tugas kita semua, bahkan Tuhan memberi Roh Kudus untuk melaksanakan berita ini. Kis 1:8. Kalau kita diberi Roh Kudus (sebetulnya kita tidak layak, ini anugerah Tuhan Kis 2:38) maka Tuhan memberi kita kuasa itu bukan hanya untuk kita (supaya kita kuat, bisa hidup suci Zak 4:6) tetapi sesudah itu tujuan Tuhan untuk pergi ke seluruh dunia, menyelamatkan jiwa2 dengan berita Injil yaitu kesukaan dari Tuhan. Mereka yang mau pergi, dan jiwa2 yang diinjili, yang dimenangkan dan ditumbuhkan itu menjadi pahala dan mahkotanya 1Tes 2:19.

Dan ini menjadi satu2nya tujuan Allah yaitu 3 angka yaitu memberitakan Injil pada seluruh dunia Mat 24:14 sampai jumlah yang selamat genap Rom 10:25 dan semua tumbuh sampai jumlah yang sempurna genap Wah 14:1 Ini satu2nya tujuan dan maksud Allah, bukan yang lain. Bukan harta dunia ini, kerajaan dunia dll, itu tidak berarti bagi Allah, sebab satu2nya yang penting adalah manusia diselamatkan. Memang ada orang2 yang sesudah diinjili, tidak mau percaya, Allah sudah tahu, tetapi yang mau percaya harus diraih sampai semua kena dan tumbuh, sehingga juga jumlah yang sempurna genap. Sebab itu, kita, Gereja, tubuh Kristus harus menggembalakan domba2 Tuhan supaya tetap setia dan selamat, juga supaya terus tumbuh sampai menjadi seperti Kristus yaitu sempurna, sesuai rencana Allah.

Semua yang lain bukan rencana pokok dari Allah, tetapi Allah memberikan sebagai fasilitas untuk hidup dan tumbuh di dunia. Tuhan tidak hanya merencanakan menjadi selamat, sebab kalau hanya itu, sesudah selamat, langsung mati masuk Surga, selesai. Tetapi supaya manusia diolah di dunia sehingga bertumbuh sampai menjadi seperti Kristus, itulah kesempurnaan rencana Allah. Sebab itu Gereja yaitu tubuh Kristus diberi beban penggembalaan untuk domba2 Tuhan, sekaligus kita bisa tumbuh dengan baik dan cepat menjadi seperti Kristus.

Iblis berusaha untuk menghalangi dan membatalkan rencana utama dan satu2nya dari Allah.

Firman Tuhan dengan jelas menunjukkan tujuan utama iblis bapak pembohong itu adalah untuk membunuhmanusia supaya masuk Neraka Yoh 10:10; 8:44, yaitu dengan mengganggu, meng-halang2i percaya pada Tuhan dan menjatuhkan yang sudah percaya supaya batal tidak masuk Surga. Jadi iblis justru sebaliknya melawan Allah, hendak merebut jiwa2 untuk sama2 berontak melawan Allah dan menguasai semuanya, sebab iblis hendak menjadi allah!

Manusia sudah jatuh dalam dosa sejak Adam, iblis bersukacita, tetapi Allah tahu lebih dahulu, memang inilah rencana Allah untuk menumbuhkan manusia dalam dunia (yang penuh dengan dosa dan orang berdosa) supayatumbuh menjadi seperti Kristus. Kita yang sudah percaya dan selamat, dipakai oleh Allah untuk proyek Allah ini. Sebab itu orang2 yang mau pergi mencari jiwa2 dan menyelamatkan dan menumbuhkannya itu sangat elok di hadapan Allah. Orang2 seperti ini memperkenankan Tuhan.

Apakah semua harus pergi sampai ke ujung bumi? Tidak semua orang, ada beberapa yang diutus sampai jauh, tetapi semua orang harus bersinar di tempatnya masing2, menggarami di mana ia berada Mat 5:13-16. Orang lain sudah dipakai Tuhan untuk menyelamatkan dan menumbuhkan kita, maka sesudahnya, giliran kita yang harus pergi. Lakukanlah seperti perempuan Samaria yang diselamatkan, langsung menyelamatkan yang lain, sehingga seluruh Samaria datang pada Tuhan Yesus dan banyak yang selamat. Yoh 4:39.

 

7.b. yang memberitakan damai.

Selama hidup dalam dosa, manusia tidak mempunyai damai dalam hatinya Rom 3:17. Kalau toh ada damai, itu palsu Yoh 4:13, Ams 4:12-13.Tetapi orang yang diampuni dosanya, diperdamaikan kembali dengan Allah, menjadi anak Allah dan bisa kembali dalam kerajaan Surga 2Kor 5:18-20. Betapa indah hidup dalam damai yang asli, yang memancar dari hati kita sampai pada hidup yang kekal Yoh 4:14; 7:38. Ini tidak tergantung dari dunia dan isinya, tetapi dari hubungan baik dengan Allah dan damai sejahtera dari Allah akan bersumber dalam hati kita Pil 4:7, Rom 14:17. Sekarang kitalah yang diberi tugas membawa kabar damai ini.

 

7.c. yang membawa kabar baik tentang hal yang baik.

Semua yang dari dan dalam Allah itu baik dan menguntungkan kita.Yak 1:17. Tidak ada barang jahat atau kejam, tidak adil, tidak benar dll di dalam Allah Maz 92:15. Kalau toh terjadi yang jahat dan celaka pada kita, itu karena kesalahan kita sendiri, atau dari iblis dkk dengan persetujuan Allah; Kalau tidak disetujui Allah, tidak akan jadi. Kalau jadi sebab disetujui Allah, itu menjadi kebaikan bagi kita Rom 8:28 baik sebagai hajaran karena ada dosa, atau sebagai pengolahan dan ujian supaya kita lulus/ menang dan bertumbuh makin seperti Kristus. Sebab itu hadapi semua yang enak dan tidak enak baik2, jangan sampai jatuh dalam dosa sehingga kita bertumbuh dalam Kristus. Makin lama kita hidup di dunia, makin banyak pencobaan dan ujian dan ini semua mengolah kita makin banyak untuk menjadi makin indah seperti Kristus.

 

7.d. Yang memberitakan keselamatan.

Keselamatan dari Allah itu betul2 selamat sampai kekal, bukan hanya selamat di dunia, itu sia2 Mat 16:26. Ini dasar utama dari segala perkara dalam hidup kita, sebab kalau tidak selamat masuk Surga, semuanya sia2. (Sesudah selamat lalu tumbuh).Orang yang tidak memberitakan kabar selamat pada orang di sebelahnya itu tidak mencintai sesamanya Luk 10:27. Ini berarti tidak cinta, jahat bahkan berhutang darah, sebab kalau kita ada di sebelah seseorang, apalagi orang2 kita sendiri semua ini tidak kebetulan. Tuhan menghendaki supaya cahaya terang kita menerangi mereka supaya mereka diterangi dengan kabar baik itu sampai selamat, atau digarami sampai menjadi asin, sampai percaya pada Tuhan Yesus dan selamat.

Tetapi kalau kita tidak melakukannya, itu menjadi hutang darah bagi kita. Yez 33:4-6.

Hutang darah itu ada 3 macam yaitu:

  1. Kalau seorang membunuh orang (yang benar), tidak diperintahkan kepadanya, maka ia hutang darah dari orang yang dibunuhnya itu. Kel 22:3-4.
  2. Kalau seorang berbuat perkara2 yang jahat dan patut mati (masuk neraka) tetapi orang yang menjadi penunggu baginya tidak memberitahu, lalu orang itu mati, maka itu menjadi hutang darah bagi orang yang jadi penunggunya. Yez 33:4-6.

Kain protes waktu ditanya tentang Habil adiknya, tetapi Kain tetap menanggung hutang darah adiknya Kej 4:10-11. Kain bersalah dua kali ganda yaitu pertama: ia sudah membunuh adiknya, kedua: Memang ia adalah penunggu adiknya, sebab mereka satu rumah seharusnya ia menjadi garam dan terang bagi orang2 isi rumah dan lingkungannya.

Jadi kalau orang2 yang menjadi tanggungan kita berdosa, apalagi dosa yang membawa mati, kita tidak memberitahu, maka itu menjadi dosa, bahkan hutang darah sebab kita tidak mengingatkan dia Yak 4:17. Beberapa pemimpin2 menjadi anjing kelu, sebab itu rohaninya mati sebab tidak menyelamatkan orang2 yang menjadi tanggungannya. Yes 56:10.

  1. Orang2 yang belum kenal Tuhan dan ada hubungan dengan kita, hubungan dekat atau jauh Luk 10:33, tetapi kita tidak memberitakan kabar keselamatan baginya, maka kalau ia mati dalam dosa, itu jadi hutang darah bagi kita Yez 33:7-9. Sebab itu kita wajib, harus memberitakan Injil pada orang2 di sebelah kita. Jangan memaksa, tetapi orang itu harus mengambil keputusan dari dirinya sendiri. Yes 24:15, Luk 12:57. Minta pertolongan Tuhan supaya jangan sampai berhutang darah dan kalau ada hutang, supaya bisa lolos Maz 51:16.

Orang yang menanggung hutang darah itu lari ke kubur artinya akan mati. Juga hutang darah secara rohani, rohaninya tidak akan tumbuh tetapi mati. Ams 28:17. Sebab itu bersaksilah, apalagi orang2 yang menjadi tanggungan kita, seisi rumah kita, anak, istri, suami, keluarga dan kelompok2 dalam Gereja yang menjadi beban kita, kita harus memberitahu. Yoh 21:15. Ada kalanya orang itu menjadi marah dan pergi, lepas dari kita, sebab itu banyak orang takut memberitahu salahnya, tetapi orang2 seperti ini rohaninya tidak tumbuh, sebab hanya ingin memperkenankan manusia, bukan Allah. Jangan memberitahu dosa2nya dengan benci, sombong dan dosa lainnya, tetapi dengan belas kasih Mat 9:13, untuk keselamatannya supaya terlepas dari dosa2nya, apalagi dosa besar yang membawa matinya. Jangan takut, selamatkan dengan belas kasihan Jud 23, Yak 5:19, kalau tetap tidak mau bertobat, itu menjadi resikonya sendiri.

 

7.e. yang berkata kepada Sion, Allahmu memerintah.

Sion adalah Yerusalem, orang2 yang sudah percaya dan hidup dalam kesucian, berkenan pada Tuhan dan sedang tumbuh terus kepada kesempurnaan Kristus. Orang2 yang berkenan kepada Tuhan ini menjadi kekasih Allah, dijaga dan dipelihara Allah, lebih2 di dalam keadaan yang jahat dan dahsyat, akan nyata benar bedanya orang2 yang berkenan pada Tuhan dan yang tidak berkenan. Tuhan akan memelihara, Tuhan memerintah, seluruh dunia ini ada dalam kuasa Allah dan Tuhan kita Mat 28:18. Sebab itu jangan takut, tidak ada yang kebetulan terjadi pada kita Mat 10:30 sampai rambutpun dipelihara dan dihitung dengan teliti, apalagi perkara2 yang lebih dahsyat. Semua yang terjadi pada kita itu dengan izin Allah untuk jadi kebaikan bagi kita Rom 8:28, baik karena dosa2 kita (datang hajaran supaya bertobat dan selamat kembali), apalagi sebagai ujian, kalau kita lulus, kita akan meningkat dan diberkati Allah. Ayub lulus dalam ujiannya, ia diberkati dua kali lipat dan jadi sangat indah, dan ia meningkat makin mulia, mungkin juga ujian besar ini jadi ujian akhir dan ia jadi sempurna dan ikut bangkit waktu Putra manusia Yesus mati Mat 27:52-53.

Tuhan memerintah itu ada dalam fase2 yang berbeda.

  1. Dalam dunia Tuhan memerintah diantara umatNya yang percaya kepadaNya. Tetapi diantara orang2 berdosa iblis jadi penghulu atau pemerintahnya Yoh 14:30. Bahkan diantara umat Tuhan dan Gereja yang berdosa, iblis juga masuk dalam mereka, bahkanada yang duduk di atas tahta hati dan tahta Gereja Pergamus Wah 2:13.

Jadi dalam dunia sekarang setan juga memerintah diantara anak2nya 1Yoh 3:10, bahkan orang2 berdosa itudiperbudak dan diperalat Yoh 8:34 untuk melawan umat Tuhan. Ini peperangan rohani Ef 6:12 antara Allah dan iblis beserta orang2nya masing2. Tetapi kita tidak perlu takut, kita dan Tuhan adalah pemenang. Rom 8:31, 1Yoh 4:4, tetapi kita harus menjaga supaya kita terus ada di pihak Allah dan melakukan kehendakNya, bukan berjalan sendiri,semaunya sendiri melakukan kehendak sendiri. Di dalam diri kita, di dalam keluarga, Gereja kita, hendaknya Tuhan yang bertahta, bukan kita lagi (apalagi iblis) Gal 2:20, maka kita akan mengalami kemenangan2 dari Tuhan yang indah2, bahkan lebih dari pemenang Rom 8:36 dan mengalami pawai kemenangan 2Kor 2:14.

Ini bukan berarti tidak ada halangan, justru banyak dan ada peperangan2 yang seru dengan iblis, tetapi selama kita ada dalam Dia dan Dia di atas tahta hati kita memerintah kita (kita tidak semau kita sendiri, melakukan kehendak kita sendiri, tetapi kehendak Dia yang ada di atas tahta hati kita Gal 2:20), maka kita akan menang dalam peperangan2 dengan iblis.

Ini juga bukan berarti semua orang yang kita pimpin akan taat dan tunduk pada kita, Ibr 13:17 atau menurut pimpinan kita, tetapi tetap ada orang2 yang dipimpin iblis yangjustru melawan dan tidak mau menurut pimpinan kita sekalipun betul dan dari Tuhan. Justru peperangan rohani dan gangguan, perlawanan dari orang2 yang melawan Tuhan itu juga melawan kita seperti Musa dilawan oleh begitu banyak musuh2 yang sebetulnya adalah orang2 yang dipimpinnya sendiri. Tuhan memerintah, tetapi mereka tetap melawan Tuhan dan kita. Sebab itu sekalipun Tuhan memerintah dan kita ada dalam pemerintahan Tuhan, tetapi iblis tetap  melawan se-bisa2nya, se-hebat2nya dengan semua kaki tangannya. Jangan takut atau kecil hati, jangan perang dengan kebencian, ampuni orang2 yang menjahati dan melawankita, se-bisa2nya rebut mereka dari tangan iblis seperti Saul direbut dari iblis menjadi Paulus.

Kemenangan kita tergantung dari berapa banyak kita mengerti kehendak Tuhan Ef 5:17 dan mentaatiNya dalam kesucian.

Jadi Tuhan memerintah bukan berarti tidak ada halangan, kesukaran atau peperangan, semua boleh ada, tetapi dengan Tuhan akan ada kemenangan yang heran. Maju terus dalam kesucian dan taat akan kehendak Tuhan saja. (Ingat sekarang Tuhan bukan hanya memerintah, tetapi Tuhan juga menebus, memimpin, Tuhan juga mencintai dan menjadi kekasih mempelai kita, jadi Kepala dan kehidupan kita, Dia jadi se-gala2nya bagi kita).

  1. Dalam masa penamatan rencana Allah. Sesudah polarisasi Wah 22:11, Gereja Tuhan akan sangat ditertibkan dan Tuhan betul2 memerintah dan menguasai GerejaNya, sehingga semua dosa dan orang berdosa dihukum dengan keras 2Kor 10:6 dan tubuh Kristus global yang terbentuk waktu itu betul2 disucikan dan penuh dengan kemuliaan Allah seperti yang tampak dalam Wah 12:1 dan semua Antikris yang ada dikalahkan satu per satu dengan kuasa Allah, dan Gereja Tuhan akan tumbuh kepada kesempurnaan. Akan ada banyak peperangan yang dahsyat tetapi Tuhan tetap menang dan tidak ada seorangpun dari Gereja akhir zaman yang mati 1Kor 15;51-52. Dunia orang berdosa tetap dikuasai Antikris tetapi Gereja akhir zaman tetap berkemenangan di tengah2 peperangan rohani dan kesukaran2 yang terjadi.
  2. Sesudah pengangkatan, diantara orang2 yang ikut pengangkatan dst dalam kerajaan 1000 tahun dan Surga Bumi Baru, Tuhan memerintah dengan mutlak, tidak ada musuh yang lain, Tuhan terus jadi pemerintah tunggal, sebab iblis dan tentaranya sudah dipinggirkan, kecuali muncul dua kali dalam perang Harmagedon dan Gog dan Magog.

Zaman sekarang masih ada dua yang berkuasa yaitu Tuhan dalam seluruh dunia, tetapi iblis tetap dibiarkan memerintah atas orang2 berdosa, termasuk orang beriman dan Gereja yang hidup dalam dosa (sehingga dosa meningkat terus Wah 2:11) dan terjadi peperangan yang dahsyat. Tetapi sesudah pengangkatan di Surga, dalam Kerajaan 1000 tahun dan dalam Surga Bumi Baru ada pemerintahan Allah yang maha besar dan tidak lagi ada peperangan, tetapi ada perhentian yang kekal.

 

KESIMPULAN.

Kita harus tetap tinggal dalam Kristus dan terus melakukan kehendakNya, berkenan kepadaNya, sehingga kita terus menerus menang sekalipun iblis menguasai dunia orang berdosa.