YS268 – Yesaya 52:1-6. Sion Dan Yerusalem Bangkitlah.

YES 52:1. SION DIPULIHKAN.

1.a. Terjagalah, terjagalah, pakailah kekuatanmu, o Sion.

Yerusalem dan Sion ternyata jatuh bangun bahkan hancur, tetapi rencana Allah tetap akan jadi. Memang hidup suci dan taat akan Firman Tuhan di tengah2 dunia yang jahat dan di dalam tubuh daging (atau tubuh dosa, tubuh maut) ini tidak mudah kalau orangnya tidak sungguh2. Rencana Allah dan cara kerjaNya itu sempurna, kalau kita percaya dan taat seperti Yusuf, Daud, Daniel, Ayub dll, semua itu tidak sulit. Tetapi kalau orangnya tidak sungguh2, apalagi menuruti kehendak hati atau dagingnya, akan jatuh bangun dan akhirnya begitu rusak seperti Saul, Achab, Yerobeam dll, bahkan orang yang mula2 begitu indah seperti Simson, Salomo dll rusak dan jatuh sebab menuruti daging. Tetapi bagaimanapun juga rencana Allah akan tetap digenapkan dengan penuh sesuai dengan nubuatan dan rencana Allah.

Lalu bagaimana orang2 Yerusalem? Tergantung dari masing2, yang mau percaya dan taat sungguh2; juga yang jatuh tetapi mau kembali bertobat sungguh2, semua akan mengalami rencana Allah yang indah, masing2 sesuai dengan kasus atau keadaannya masing2, berapa banyak ketaatan dan kerusakan dan pemulihannya masing2; tetapi rencana Allah pasti digenapkan dengan sempurna. Berbahagialah orang yang percaya dan taat sungguh2, dengan segenap hatinya ia akan mengalami rencana Allah yang terbaik, bahkan ada yang menjadi sempurna seperti Kristus.

Jangan putus asa atau lemah lunglai, tetapi terjagalah, bangunlah, percayalah. Pakailah kekuatanmu. Apakah mungkin kita jadi kuat? Dapat! Dengan Kristus Pil 4:13. Kita sanggup dengan Tuhan Zak 4:6. Meskipun kita sendiri lemah, tetapi kalau kita taat pada Firman Tuhan, lalu bertindak dengan iman, kita bisa jadi kuat dan menang menghadapi segala perkara. Sebab itu berdoa dalam Roh dan tetap hidup benar Yoh 4:23, kuasa Allah akan turun dan limpah atas kita Kis 1:8. Matikan daging dengan iman, pasti bisa, sebab justru dengan salib kita jadi kuat 1Kor 1:18. Jangan ragu2. Hadapi segala problem, kita harus menang, sebab Allah tidak pernah kalah dan selamaDia ada di dalam kita Rom 8:31 maka Dia yang berperang bagi kita, sebab itu percayalah kita pasti menang, tetapi tetaplah dalam kesucian dan selalu melakukan kehendakNya.

1.b. Pakailah pakaianmu yang indah, o Yerusalem kota yang suci.

Seringkali kesaksian hidup orang Kristen itu jelek, padahal kita punya tabiat baru yang indah seperti Kristus dan kita bisa hidup baru dalam tabiat baru yang sudah lengkap ada dalam kita (tetapi dalam bentuk benih ) yang harus terus ditumbuhkan sehingga bisa jadi pakaian, atau kesaksian yang indah untuk kemuliaan nama Tuhan. Semua ini akan mudah kalau kita tetap hidup suci, seperti  Yerusalem kota yang suci dan taat untuk terus menerus melakukan kehendak Allah menurut pimpinan Roh Kudus, sesuai dengan Firman Tuhan. Di tengah2 banyak keadaan yang jelek dari umat Tuhan (yang bodoh Mrk 12:24 atau yang keras hati dalam dosa Ibr 3:15 atau yang mabuk dalam anggur lama Luk 5:39 dll), Tuhan tetap punya orang2 yang indah, yang penuh dan dipimpin Roh seperti Kristus Luk 4:22. Kata2 dan perbuatan Putra manusia Yesus begitu elok sehingga orang ter-heran2. Seharusnya kita juga memakai pakaian yang indah2 sebagai umat pilihan Allah dan ini mempermuliakan nama Tuhan. Kalau hidup kita buruk, orang2 bisa menghojat Tuhan Rom 2:24. Jangan sampai ini terjadi dalam hidup kita. Kalau toh ada salah segeralah diperbaiki.

1.c. Tidak akan ada lagi, orang2 yang tidak berkhatan dan yang haram, masuk ke dalammu.

Waktu sebelumnya Yerusalem (atau Gereja) itu campuran antara orang yang benar dan yang najis (haram), bahkan orang2 yang tidak berkhatan (orang kafir) juga masuk di dalamnya. Keadaan Yerusalem najis dan kacau, baik oleh orang2nya sendiri seperti Izebel dan Achab, Yerobeam dan juga oleh orang2 kafir yang menduduki dan memerintah mereka. Begitu juga Gereja akhir zaman itu campuran, begitu banyak orang2 yang najis di dalamnya, bahkan memerintah dan menguasai pekerjaan Tuhan. Orang yang tidak bersunat itu orang yang tidak bertobat, baik orang Kristen atau orang yang tidak lahir baru, hidupnya haram di hadapan Allah. Rom 2:29. Seharusnya kita penuh dengan kepujian dari Tuhan. Tetapi akan datang waktunya Tuhan menyucikan, membersihkan campuran ini, sehingga yang suci makin suci dan yang najis makin najis (Polarisasi Wah 22:11) memang kitab Yesaya ini banyak nubuat tentang akhir zaman. Ini dijanjikan Tuhan ber-kali2 dan ini pasti terjadi, lebih2 mendekati hari2 yang terakhir ini (Minggu ke-70 Daniel). Yang bertobat sungguh2 akan dipulihkan tetapi tetap ada batasnya (karena dirusak oleh dosa Pkh 9:18), sebab itu lebih baik tetaplah dalam hidup yang suci dan berkenan pada Tuhan sehingga bisa ikut dengan cepat dalam rencana akhir zaman Allah. Kalau ini sudah terjadi, Gereja disucikan, maka hukum yang keras, tertib berlaku dalam Gereja 2Kor 10:6 (dimana setiap salah dihukumkan dengan tegas) sehingga kemuliaan Allah yang besar turun dan nyata dalam Gereja seperti Wah 12:1. Juga akan ada persekutuan tubuh Kristus yang suci dan limpah dengan kasih Kristus, sehingga tubuh Kristus global bisa terwujud dan hal2 yang luar biasa, sangat ajaib terjadi dalam Gereja sampai Gereja masuk dalam kesempurnaan. Rencana Allah pasti genap, sebab itu orang2 yang percaya dan yangmencocokkan dirinya dengan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus pasti untung besar. Jangan ikut orang banyak dalam dosa, juga orang2 Kristen yang tampaknya besar, megah dan mewah, kalau tidak sesuai dengan Firman Tuhan seperti Achab. Kita harus punya pendirian yang kuat atas kebenaran Firman Tuhan Mat 7:28-29, 2Kor 6:16-17. Jangan ikut, meniru dengan cara2 yang hebat, mulia, mewah, besar tetapi tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Yosafat kagum sehingga bekerjasama dan bersekutu dengan Achab yang besar (banyak orangnya) dan mewah, tetapi salah. 1Raj 22:4. Tuhan sangat marah pada Yosafat dan rencana Allah dalam Yosafat jadi hancur, bahkan keluarganya jadi rusak 2Taw 19:2. Jangan kena racun2 duniawi dan kedagingan, tetapi tetap menggarami sekitar kita dalam pimpinan Roh Kudus sesuai dengan Firman Tuhan.

YES 52:2. SEKARANG BANGKITLAH PUTRI SION.

2.a. Kebaskanlah debu daripadamu.

Debu itu mudah lekat pada pakaian kita, tetapi itu bisa dicegah, bisa dibersihkan! Banyak debu seperti pikiran yang salah, kebiasaan dan cara2 hidup duniawi masuk dalam umat Tuhan, apalagi lewat internet yang tidak bisa disaring, masuk sampai mana2 dalam segala jam. Tetapi dengan Roh Kudus dan Firman Tuhan serta kemauan untuk taat dan berkenan pada Tuhan, Roh Kudus sanggup membimbing kita tetap dalam jalan sempit yang suci dan dengan pertolonganNya mengebaskan setiap debu yang mau menempel. Limpah Firman Tuhan dan penuh dan dipimpin Roh, maka semua “debu” itu bisa dibersihkan. Tanpa Firman Tuhan dan Roh Kudus serta tubuh Kristus (saling menasehati dan menolong) itu semua dapat menjadi bala yang dahsyat, meskipun mula2 hanya debu kecil. (Misalnya iri dalam Saul, debu kecil ini bisa jadi malapetaka besar).Perhatikan segala hal dengan Firman Tuhan Maz 119:9,11.

2.b. Bangunlah, duduklah o Yerusalem.

Bangun, dengan iman bertindak sesuai dengan Firman Tuhan. Duduk di bawah kaki Tuhan dalam doa Yes 30:15 seperti Maria memilih yang baik Luk 10:42. Ini membangun persekutuan yang baik dengan Tuhan dan ini menjadi kekuatan dan kemenangan kita. Jangan takut, bangun, lahir dengan Tuhan dan bertindaklah menurut pimpinan Roh, jangan dengan kehendak sendiri, apalagi kehendak daging yang banyak ditipu dan disesatkan oleh iblis dan keduniawian.

2.c. Lepaskanlah dirimu dari ikatan2 lehermu, o putri Sion yang tertawan.

Putri Sion itu mulia, tetapi tertawan. Sebagian sudah dibawa pergi, sebagian tinggal, sebagian kembali. Memang banyak orang beriman yang diam (atau terang2an) masih ada dalam tawanan dosa, dunia dan daging, seperti leher yang diikat. Ini ikatan yang dahsyat dan berbahaya, bisa mematikan. Ikatan2 dunia ini banyak yang mematikan. Herodes punya ikatan dengan Herodiah, akhirnya ia membunuh Yohanes, nabi Allah yang besar. Apalagi kalau dosa meningkat terus, orang yang sekarang tidak mau dilepaskan, itu seperti punya ikatan di leher dan se-waktu2 bisa diperkeras dan orang itu mati.  Tawanan dosa itu kelihatannya biasa, sehingga banyak orang meremehkan, tetapi ia bisa tiba2 dijerat dan mati sia2. Yudas diikat mammon, tahu2 mati sia2. Jangan mau terikat dengan dosa apapun, bahkan JMPE (Jengkel, Mangkel, Pegel, Emosi) juga harus dibersihkan, sebab ikatan2 kecil ini bisa jadi benci lalu membunuh. Kita harus belajar baik2 dari Firman Tuhan, dipimpin Roh dan saling tolong menolong, supaya bisa mengenali dan peka akan setiap dosa yang ada, lalu membuangnya.  Jangan sampai mati rohani dan jasmani gara2 ikatan2 dosa!

YES 51:3. DIJUAL DAN KEMUDIAN DITEBUS.

3.a. Karena demikianlah Firman Tuhan, engkau sudah menjual dirimu tanpa harga.

Banyak orang begitu bodoh, sehingga menjual dirinya tanpa harga, jadi tawanan dan bisa mati dibunuh, tanpa harga. Begitu banyak orang jadi tawanan iblis dan dunia ini dengan begitu saja, sebab bodoh dan tertipu. Jadi hamba tuhan perut, budak sex, kebencian, mammon, kesombongan, iri, keduniawian, hedonisme dll. Bahkan banyak ibadah dikemas dengan kombinasi yang duniawi dan keji sehingga justru menarik dan mengikat banyak orang dalam perhambaan. Seringkali karena bodoh banyak orang tidak sadar, bahkan meskipun masih ke Gereja mereka sudah jadi tawanan iblis, dunia, daging dst. Orang2 yang terikat dosa itu biasanya suka  melawan, suka berontak, sebab tidak suka perkara2 dari Atas, seperti berdoa, belajar Firman Tuhan, salib, kesucian dst itu dianggap hukuman, tetapi tawanan dalam dosa dianggap hobby dan kesukaan. Ini orang yang sudah menjual dirinya pada iblis, dunia dan dosa tanpa harga.

3.b. dan engkau akan ditebus tanpa uang.

Hidup suci dan merdeka dari dosa, berkenan pada Allah itu tidak tergantung tempat2 ibadah yang mewah, peralatan dan perlengkapan yang mahal seperti hotel2 berbintang, atau dengan cara2 dan syarat yang terhormat. Sama sekali tidak, sebab penebusan tidak bisa dibayar, terlalu mahal 1Pet 1:18-19. Itu sudah dibayar Kristus. Yang penting mau bertobat, mau hidup benar dan taat. Bukan dengan uang, kemewahan atau cara2 yang duniawi, tetapi mau hidup suci dan taat pikul salib untuk melakukan kehendak Tuhan. Orang yang paling miskin, dalam negara dan tempat ibadah yang paling sederhana sudah bisa mengalami penebusan yang mulia. Yang diperlukan mau bertobat dan taat dan sesudah itu tetap taat. Jangan bingung dengan cara2 yang mewah dan berbintang 5, tetapi dengan hati yang tulus dan sungguh2 dalam kesucian di hadapan Allah, mau percaya dan taat, maka kita akan mengalami penebusan yang heran sehingga bisa tumbuh seperti Kristus.

YES 51:4-5. DULU DAN SEKARANG.

4.a. Karena demikianlah Firman Tuhan, Allah, umat Ku turun ke Mesir dalam waktu2 yang lalu untuk menumpang disitu.

Dalam rencana Allah memang semua orang lahir dalam dosa dan hidup dalam dunia (Mesir). Ini permulaan yang tampaknya celaka, tetapi tidak jadi problem, kalau orang itu mau percaya dan bertobat. Sekalipun naik ke Surga tetapi tidak mau bertobat, tidak percaya dan tidak mau taat seperti Lucifer, hidupnya akan celaka besar. Yang penting kalau percaya lalu mau taat selamanya (artinya setia sampai mati), sebab selama menumpang di dunia ini, kita akan diolah. Hidup di dunia ini memang tidak mudah, penuh godaan, tantangan2 dan sengsara tetapi disini kita diolah dan asal percaya dan mau taat dengan segenap hati, akan selesai dengan baik. Justru di dunia ini tempat pengolahan yang terbaik, disini kita bisa diolah, sehingga tumbuh jadi mulia seperti Kristus. Setiap pencobaan dan problem, kesukaran yang kita alami itu berfaedah dan indah, itu mengolah dan menumbuhkan kita asal kita mau taat dipimpin Roh sesuai dengan FirmanNya.

4.b. dan orang2 Asyur menindas mereka tanpa sebab.

Dari Mesir sampai Asyur (yang kemudian jadi Babil sebab dikalahkan orang Medi Parsi), begitulah Israel dari permulaannya di Mesir sampai jadi kerajaan Israel dan Yehuda lalu dibinasakan oleh Asyur sebab dosa dan pemberontakannya naik terus dan akhirnya hancur oleh Asyur. Ini kenyataan zaman dahulu, banyak orang keadaan rohaninya naik turun akhirnya binasa.

5.a. Sebab itu sekarang, apakah yang Kumiliki disini Firman Tuhan. UmatKu dibawanya tanpa harga.

Se-olah2 semua habis, se-olah2 segala rencana Allah batal. Kalau pada zaman Nuh semua orang (kecuali 8 orang isi rumah Nuh) jadi begitu rusak, iblis bersukacita mengira ia bakal menang. Dan begitu sepanjang sejarah manusia ada banyak kerusakan dan kehancuran. Se-olah2 Tuhan tidak memiliki apa2 lagi, semua sudah dikuasai iblis, semua jatuh dalam dosa. Jangan kuatir, tetap ada 7000 orang yang tidak menyembah Baal Rom 11:4, 1Raj 19:18. Jangan berkecil hati, memang jalan sempit lebih sedikit orangnya, tetapi jumlah keseluruhannya banyak dan akan digenapkan Rom 11:25.

5.b. Mereka yang memerintah di atasnya, membuatnya me-raung2, Firman Tuhan.

Diperbudak dosa itu penuh penderitaan, tidak ada sejahtera Rom 3:17 dalam tertawapun hati berasa sakit Ams 14:12. Dalam tawanan dosa, itu berarti penderitaan seperti dalam Neraka (sesuai dengan dosanya) sekalipun masih di dunia.

5.c. Dan namaKu dihojat terus menerus setiap hari.

Kalau umat Tuhan hidup dalam tawanan dosa, berarti penuh dengan kejahatan, maka orang2 akan menghojat Allah Rom 2:24. Ini kesaksian yang buruk. Seharusnya umat Tuhan perbuatannya itu memuliakan Allah sebab benar berpakaian indah, suci seperti Kristus. Gal 1:24, 1Pet 3:15, Mat 5:16. Jangan termasuk golongan orang2 seperti ini, sebab yang percaya dan mau taat pada Firman Tuhan, pasti bisa hidup dalam kesucian dan ketaatan yang indah2  dan pada waktu akhir zaman yang dahsyat, pasti bisa makin suci makin indah sehingga bisa masuk dalam rencana penamatan Allah.

YES 51:6. AKULAH DIA YANG BERFIRMAN.

6.a. Sebab itu umatKu akan tahu namaKu.

Umat Tuhan akan tahu nama Tuhan, Akulah Dia Kel 4:14, Wah 1:4,8.

Apa keindahan nama ini? Dia ada dari kekal sampai kekal dan tetap maha kuasa. RencanaNya pasti jadi. Banyak orang besar hari2 yang lalu sekarang sudah tidak ada. Tetapi Tuhan tetap ada sebagai Allah yang kekal dan maha kuasa. Jangan kuatir kalau kita tetap di dalam Dia, kita juga akan tetap ada dalam kemuliaan Tuhan, tidak akan hilang, terhapus, habis. Baik di dunia selagi hidup, di dalam Tuhan kita akan tetap ada dengan berkemenangan dan ber-buah2 selama umur hidup kita, sebab Tuhan yang ada dalam kita itu tidak bisa hilang, habis, tetapi tetap ada dan selalu ada, bahkan sampai dalam Surga sampai kekal.

6.b. Akulah Dia yang berfirman, Akulah Dia.

Akulah Dia, Aku ada, yang berFirman, yang kekal, tetap jaya dari kekal sampai kekal dan semua yang diFirmankan tidak lenyap, semua akan jadi Luk 21:33. Sebab itu jangan takut rencana Allah pasti jadi. karena itu hiduplah berkenan pada Tuhan dalam keadaan apapun, baik itu enak atau tidak, untung atau rugi (Luk 9:23, Ibr 11:35-39) baik itu cocok dengan kehendak kita atau tidak dsb, tetap menyenangkan Tuhan. Dalam segala perkara hidup kita dicocokkan dengan Firman Tuhan, dengan sukacita untuk memperkenankan Tuhan maka satu kali janji Tuhan Allah yang kekal itu akan jadi milik kita untuk kekal.

KESIMPULAN.

Sekalipun banyak orang jatuh bangun, rencana Allah tetap berjalan dan akan digenapkan dengan sempurna. Sikon, suasana dan apa saja tidak akan mempengaruhi, sebab Allah itu selalu ada dan kekal, Dia yang berFirman, Dia yang akan menggenapi. Orang percaya yang berpegang teguh akan Firman Tuhan pasti untung, sebab Firman Tuhan pasti jadi. Sebab itu jangan terpengaruh oleh orang lain atau apa saja, tetapi tetap taat akan Firman Tuhan dalam segala keadaan sampai terakhir, itu yang terbaik bahkan untuk kekal.

Nyanyian:

Tiap perjanjian dalam Alkitab.

Tiap pasal ayat baris kupunya.

Ku berharap cintaNya Allah.

Tiap perjanjian Allah kupunya.