YS267 – Yesaya 51:17-23. Bangunlah Yerusalem.

YES 51:17. YERUSALEM YANG SUDAH MINUM CAWAN MURKA ALLAH.

17.a. Bangun, bangun, berdirilah o Yerusalem yang sudah minum dari tangan Tuhan, cawan murkaNya.

Yerusalem adalah negeri Allah, mewakili seluruh Israel. Kalau Tuhan berkenan, Ia duduk di Yerusalem dalam kemuliaanNya. Kalau Israel berdosa, Tuhan terpaksa meninggalkan Yerusalem yang penuh dengan dosa dan kenajisan. Misalnya dalam Mat 23:37-39. Justru Yerusalem yang membunuh nabi2 yang diutus Tuhan, termasuk yang paling jahat, yaitu membunuh Kristus sebagai Mesias, Juru selamat dunia dan di Salib di luar Yerusalem. Sebab itu Yerusalem akan minum dari cawan murka Allah, dengan dahsyat. Luk 19:43,44. Ini juga cerita tentang Gereja atau  umat Tuhan. Tuhan sudah menyediakan segala sesuatu dengan limpah untuk menebus dan menyelamatkan Yerusalem, seharusnya Yerusalem bisa menjadi negeri yang suci di atas seluruh muka bumi Neh 11:1. Negeri Allah Maz 46:5; 87:3. Ada banyak sebutan2 yang heran seperti kesempurnaan keindahan dan kesukaan segenap bumi Nud 2:15. Tetapi ini tergantung dari hidup dan perbuatan umatNya. Allah tetap suci dan mulia untuk kekal, tetapi Yerusalem dan Nama Tuhan di atasnya tergantung dari umat Tuhan! Dan Allah itu Hakim yang adil, sekalipun umatNya sendiri kalau berbuat dosa, maka Tuhan akan meninggalkannya dan menghukumnya, bahkan dengan dahsyat sesuai dengan perbuatannya masing2. Biarpun orang dunia kalau hidup benar dan tulus dalam satu perkara (masih bisa, tetapi tidak bisa dalam semua segi hidup), misalnya Abimelech, Tuhan melepaskan dia dari hukuman, sebab dia tulus dalam hal mengambil “saudara Abraham” dengan baik2 Kej 20:6. Memang umat Tuhan itu naik turun, ada yang sungguh2 beribadah dan tulus sehingga diberkati Tuhan, ada yang begitu jahat bahkan melebihi orang dunia dan semua dihukum setimpal. Misalnya Im 18:25,28; 20:22. Jangan hidup sembarangan, hiduplah dalam kesucian dan lakukan kehendak Tuhan dengan sungguh2, pasti hidup ini jadi indah, sebab tidak ada orang yang lepas dari pengadilan Allah. Yang berani main2 dan melawan Allah akan celaka sekalipun ia ada dalam segala jaminan yang kuat!

Di dunia kadang2 orang dunia tidak bisa melihat bedanya, sebab Ayub yang indah, Petrus, Paulus dan rasul2 lain tampak sangat menderita meskipun mereka sungguh2, sebab ini jadi pengolahan bagi mereka dan mereka bersukacita, sejahtera bukan berdukacita Pil 4:4,7. Dunia ini sekolah, bukan tempat tujuan. Jangan salah lihat.

Satu kali Yerusalem yang lama, yang sudah dihancurkan ber-kali2 akan diganti dengan Yerusalem baru yang kekal Wah 21:1-2. Semua yang top ikut Tuhan (dari segala masa) akan masuk dalam Yerusalem baru yang turun dari Allah dalam Surga Bumi Baru. Semua orang percaya yang selamat, punya tempat dengan tingkat kemuliaan yang ber-beda2 untuk kekal di Surga. Jangan ragu2, jangan tertipu oleh segala kemanisan dan kemuiaan dunia yang fana dan palsu.

 

17.b. Engkau sudah minum ampas dari cawan yang membuat ter-huyung2, sampai diperas habis.

Umat Tuhan yang sudah mengerti tetapi tetap berdosa dan melawan Tuhan, dihukum lebih dahsyat Luk 12:48. Di sepanjang zaman, semua yang melawan Tuhan, istimewa yang sudah diangkat jadi mulia dalam Tuhan lalu berbalik dalam dosa, akan minum dari cawan murka Allah. Kalau kita mau taat pada Firman Tuhan kita bebas, sebab Tuhan Yesus sudah minum dari cawan murka itu menggantikan kita Yoh 18:11. Tetapi di dunia kita masih menderita sengsara karena Kristus Luk 9:23, Rom 8:17-18 tetapi bukan karena dosa, tetapi sengsara karena kebenaran,salib yang akan diganti kemuliaan yang abadi. Justru kalau mengerti kita bisa bersukacita seperti ditulis dalam Yes 51:14b, kita bisa mengalir dengan mudah dalam pimpinan Roh, sehingga lepas dengan kemenangan Kis 16:25.

Dan mereka yang taat habis2an akan masuk dalam golongan Yerusalem baru, kemuliaan yang tertinggi, yang sempurna untuk se-lama2nya, sebab itu Tuhan ber-seru2 untuk bangun, berdiri di tengah2 segala perkara yang jahat dan tidak menentu, janji Allah tetap tentu. Memang yang hidup dalam kejahatannya akan celaka dengan dahsyat, sebab itu percayalah akan Firman Tuhan.

 

YES 51:18. PUTRA2 YERUSALEM TIDAK BISA MENYELAMATKAN YERUSALEM.

 

18.a. Diantara semua putra2 yang dilahirkannya, tidak ada seorangpun yang memimpinnya.

Putra2 Yerusalem adalah pemimpin2 dari Yerusalem dan Israel. Zedekia raja Yehuda hidup jahat, akhirnya Yerusalem dihancurkan oleh Babil; Zedekia kalah dan dibunuh. Tergantung pemimpin2 bangsa. Juga dalam Gereja tergantung pemimpin2nya seperti 7 Gereja. Kalau pemimpin2 dan umat Tuhan hidup benar dan berkenan kepada Tuhan, maka Yerusalem, termasuk juga Gereja, akan jadi indah. Sebetulnya sederhana, ada dosa ada Neraka, yang suci punya Surga, Tuhan di pihaknya dan terus berkemenangan.

 

18.b. Juga tidak ada seorangpun dari putra2nya yang diasuhnya itu memegang tangannya.

Dalam ayat 18 ada putra2 yang dilahirkannya (lahir baru) dan disini putra2 yang dibesarkan, sudah jadi dewasa, semua tidak ada yang bisa menyelamatkan Yerusalem. Mengapa? Sebab undur dari Tuhan, hidup dalam dosa. Kerajaan Israel semua jahat dan menyembah berhala. Kerajaan Yehuda tergantung pemimpin2nya. Kita menentukan nasib kita sendiri dengan perbuatan kita. Baik yang bayi maupun yang dewasa, yang penting setia sampai mati Wah 2:10. Banyak orang tidak setia, maka hidupnya akan minum cawan murka Allah dan kalau sampai mati tidak bertobat, binasa kekal. Nasib Gereja Tuhan tergantung dari umatNya. Kalau hidup benar, di pihak Tuhan, maka Tuhan memimpin umatNya, Gereja akan terpimpin dengan baik, aman dan bahagia, atau sebaliknya hidup dalam dosa, akan minum cawan murka Allah.

 

YES 51:19. SIAPA YANG BISA JADI PENOLONG?

 

19.a. Dua hal ini telah datang kepadamu dan siapakah yang berbelas kasihan akan engkau? Kesunyian, kehancuran, kelaparan dan pedang.

Semua yang terjadi tidak kebetulan, semua ada sebabnya dan sudah diatur Allah, sebab Allah menguasai semuanya dengan mutlak. Dua hal ini bisa jasmani rohani bisa juga berarti penderitaan dan kematian, sebab sesudah mati tidak ada kesempatan lagi!

Siapa berbelas kasihan akan umat Tuhan? Tentu Tuhan, sebagai bapa yang mau menerima kembali anak terhilang asal anaknya insyaf dan sungguh2 bertobat sebelum mati. Juga hamba2 Tuhan atau orang2 yang ada Roh Tuhan yang mau hidup suci dan mau melakukan kehendak Allah, termasuk mau berbelas kasihan. Orang seperti ini sangat dihargai Allah dan dipermuliakan! Ini pekerjaan yang termulia (sebagai perbandingan, pekerjaan apa yang termulia dalam dunia? Relatif. Ada pekerjaan yang menghasilkan uang, penghargaan, kepuasan (hoby) dll, tetapi semua sia2 kalau masuk Neraka! Sebab ada pekerjaan yang baik, tetapi semua orang tetap hamba dosa, kecuali percaya Tuhan Yesus dan dilepaskan dari segala dosa dan ikatan!).

Pekerjaan yang mulia di hadapan Allah dan kekal adalah orang yang punya belas kasihan rohani Mat 9:13. Tuhan tidak cari macam2 kemampuan lain atau persembahan tetapi belas kasihan. Banyak orang pikir kalau memberi uang itu terbaik, tidak, itu baik tetapi bukan terbaik, baik kalau dengan tulus untuk Tuhan Yesus dan hidup berkenan. Persembahan tanpa pertobatan tidak ada pahalanya di neraka. Jadilah orang yang berbelas kasihan untuk jiwa2, itu yang dicari Tuhan dan itu yang terindah!

 

19.b. Lewat siapakah aku akan menghibur engkau?

Ini yang dicari Tuhan yaitu orang2 yang berbelaskasihan, mereka yang bisa menghibur dengan betul yaitu dengan penghiburan yang sampai kekal.

Orang2 yang ada belas kasihan yang tulus dan penuh Roh Kudus dan Firman Tuhan serta penuh dan dipimpin Roh. Tanpa ini tidak ada yang punya belas kasihan yang betul.

 

YES 51:20. PUTRA2 YERUSALEM TIDAK PUNYA HARAPAN.

 

20.a. Putra2mu sudah pingsan. Mereka tergeletak di kepala dari segala jalan2, seperti seekor lembu liar dalam jaring.

Keadaan tanpa harapan seperti lembu liar dalam jaring, sudah tertangkap, tinggal disembelih, habis! Ini keadaan yang fatal tanpa harapan. Tetapi masih ada dua kemungkinan kalau masih hidup.

  1. Mau bertobat sekalipun sudah fatal (pasti mati) seperti Yunus dalam perut ikan (juga anak terhilang) masih bisa tertolong sekalipun banyak (semua) rencana Allah sudahhancur dalam hidupnya. Kalau orang2 ini bertobat sungguh2, paling sedikit merekadiampuni dan selamat; kalau waktunya habis, tidak lama kemudian mati, tetapi selamat, misalnya Luk 23:43. Kalau masih hidup, sungguh2 berkenan kepada Tuhan supaya bisa dipulihkan sebanyak mungkin.
  2. Sekalipun masih hidup, kalau sudah tidak mau bertobat Pkh 12:1, Luk 5:39, bahkan menghojat Tuhan Wah 16:9, maka orang2 ini sekalipun masih hidup, tidak lagi bisa bertobat, dosanya sempurna, tidakselamat; ini orang yang sudah patut mati, bisa dicabut nyawanya se-waktu2 oleh Tuhan. Jangan tunggu tidak ada harapan, sayang, sebab justru hidup di dunia suatu kesempatan besar, kecuali orang itu keras hati tidak mau bertobat Ibr 3:15. Jangan sampai rencana Allah di dalam kita rusak dan merosot karena terus jatuh bangun dalam dosa dan keras hati.

 

20.b. Mereka penuh dengan murka Tuhan, hardikan Allahmu.

Ini hidup celaka, sudah mengalami Neraka di dunia, apalagi nanti sesudah mati. Ini pengalaman pribadi dari masing2 orang yang jahat, tetapi dalam zaman Antikris ini pengalaman semua orang di dunia, baik yang melawan Antikris sebab percaya pada Tuhan Yesus, mereka semua dibunuh mati oleh Antikris Wah 13:7. Juga orang2 yang di pihak Antikris, tentaranya, sekalipun tertawa hatinya tetap menderita seperti Neraka Ams 14:12, tidak ada sejahtera dalam hatinya Rom 3:17 sebab dosa2nya sudah sampai puncak dan hukuman Allah limpah atas mereka. Tidak heran ada banyak orang bunuh diri sebab hidupnya kosong dan tidak ada pengharapan lagi, sekalipun mereka kaya, berpangkat dll.

 

YES 51:21. PANGGILAN BAGI YANG TIADA BERPENGHARAPAN.

 

  1. Sebab itu dengarkanlah hal ini sekarang, engkau yang menderita dan mabuk tetapi bukan oleh anggur.

Tuhan itu penuh belas kasihan, sampai kesempatan yang terakhirpun (selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15) masih dipanggil Tuhan, sebab perbedaan masuk Surga dan neraka besar. Juga kita yang memperkenankan Tuhan dan berbelas kasihan, rebutlah jiwa2 dari Neraka, sekalipun itu kesempatan terakhir bagi mereka, hanya sekedar selamat. Ini kehendak Tuhan 2Pet 3:9. Tentu orang yang memelihara hidupnya baik2 di hadapan Tuhan punya kemuliaan dan pahala lebih besar. Betapa untung orang yang mau percaya dan tidak keras hati seperti orang2 ini yang penuh dengan penderitaan dan mabuk karena anggur murka Allah yang dahsyat. Jangan tertipu oleh iblis, hiduplah berkenan pada Tuhan pasti untung kekal, juga di dunia.

Apa panggilan Tuhan? Bertobat kembali. Ini mengubah nasib untuk kekal, sekalipun hanya beberapa menit seperti Luk 23:43.

 

YES 51:22. YANG BERTOBAT, BEBAS UNTUK KEKAL.

 

22.a. Demikianlah kata2 Tuhan Jehova dan Allahmu yang membela perkara umatNya.

Apa perkara umat Tuhan? Keselamatan bagi yang undur, kemuliaan bagi yang setia. Umat Tuhan yang sudah terbuang dan tinggal sampah, asal masih hidup, dicari dan ditolong Tuhan. Kalau sudah mati sekalipun 1 detik seperti orang kaya (dan Lazarus), sudah tidak ada harapan lagi baginya. Tuhan Yesus selalu memohonkan pada Bapa, sekalipun sudah undur 1Yoh 2:1. Sebab itu biarlah kita juga berbelas kasihan pada mereka sampai detik terakhir, sekalipun biasanya orang2 ini sangat menjengkelkan, tetapi berbelaskasihanlah! Ini kehendak Tuhan dan orang yang berkenan pada Tuhan melakukannya. Ajak mereka kembali kepada Tuhan, supaya lepas dari kebinasaan kekal.

 

22.b. Lihatlah, aku sudah mengambil dari tanganmu, cawan yang membuat ter-hujung2, bahkan ampas cawan murkaKu, engkau tidak akan meminumnya lagi.

Luar biasa, tidak akan minum lagi cawan murka Allah. Ini hanya mungkin kalau bertobat sebelum mati. Kalau sudah mati, akanterus minum sampai kekal. Mati itu sangat penting, sebab menentukan untuk kekal. Jangan sembarangan dengan kematian, perhatikan baik2 dan hadapi dengan Tuhan yang menguasai kematian. Orang yang denganiblis menghadapi kematian, justru diseret supaya langsung masuk Neraka, tetapi Tuhan berusaha menariknya ke Surga atau tetap dalam jalan kemuliaan dan Tuhan punya kuasa atas kematian, betapa indah jalan dengan Tuhan. Kalau bertobat. Surga adalah tempat perhentian kekal bagi mereka yang percaya kepada Tuhan atau yang masih sempat dan mau bertobat sampai akhir.

 

YES 51:23. MEREKA YANG MENYEBABKAN KEJATUHAN DIHUKUM TUHAN.

 

23.a. Tetapi Aku akan menaruhnya dalam tangan mereka yang menyengsarakan engkau, yang berkata kepada jiwamu, membungkuklah, supaya kami bisa melewati di atasmu; Lalu engkau sudah menaruh tubuhmu seperti tanah dan seperti jalan bagi mereka yang berjalan di atasnya.

Begitulah nasib orang yang hidup dalam dosa, bisa di-injak2 dan dijalani oleh iblis dan kaki tangannya, begitu menderita dan tersiksa. Hidup dalam dosa tidak mungkin bahagia tetapi celaka bahkan sampai kekal. Diperbudak oleh iblis dan di-injak2 seenaknya sendiri. Seringkali orang berdosa matanya buta, dikira mereka hidup bahagia sebab bisa menikmati kesukaan dosa yang sesaat, tetapi sebetulnya mereka diikat dan diperbudak oleh dosa2nya. Upah dosa itu maut Rom 6:23. Sangat menderita, bukan senang.

Tuhan akan menaruh cawan murka Allah yang diminum umat Tuhan yang undur dan jatuh dalam dosa, suatu cawan yang dahsyat, kepada iblis dan orang2 yang juga ikut serta menjatuhkan orang lain dalam dosa. Di hadapan Allah itu seorang pembunuh Ams 16:29.

Hukuman akan jatuh ke atasnya. Orang yang melepaskan orang lain dari dosa dan menumbuhkan dalam kesucian itu seperti Kristus dan mendapat kemuliaan yang kekal. Kita harus mengerti dengan jelas beda pekerjaan iblis (pencuri dan pembunuh) dan pekerjaan Tuhan Yesus yang memberi hidup bahkan dengan kelimpahan Yoh 10:10. Juga semua orang yang mau diperalat oleh iblis atau dipakai oleh Allah (dengan belas kasihan dan hikmat kuasa Allah) untuk menolong manusia, maka masing2 akan mendapat pahala dan kemuliaan yang kekal dalam Surga atau Neraka.

Bagaimana iblis memakai orang2 (juga umat Tuhan yang mau dipakai iblis sebab kebodohan dan karena tertipu oleh iblis) yang dipakai untuk menjadi kaki tangannya. Dengan segala macam jalan dijalankan dan dihalalkan, prinsipnya supaya orang itu jatuh dalam dosa, dosa apa saja dan makin banyak berdosa. Baik ikut ngrasani, benci, iri, sombong, zina, tidak puas, suam, duniawi, melawan Allah, berhenti dari bersekutu dengan Tuhan dalam Ruangan Suci, baik dengan cara halusatau kasar, dengan uang atau hadiah, dengan kesukaan dosa sesaat menggoda dan mengajak berbuat dosa apapun (termasuk gambar2 porno, narkoba dengan ajaran yang encer atau sesat, meracuni dengan falsafah2 dunia dll, asal mau berbuat dosa dalam segi manapun, itulah pekerjaan kaki tangan iblis dan hukuman Tuhan akan jatuh kepadanya, kecuali ia bertobat dan membuang semuadosa dan akibatnya.

Tetapi orang2 yang menguatkan, menyelamatkan, menumbuhkan dengan cara apapun, dengan sadar atau tidak, semua ada pahalanya. Jd 23, Yak 5:19-20 dll. Apalagi kalau kita minta khusus pengurapan dan pimpinan Roh Kudus untuk memberitakan Firman Tuhan, menolong, menguatkan dst. Tuhan sangat senang dan pasti memperlengkapinya. Jangan jadi kaki tangan iblis, tetapi kaki atau tangan Tuhan Yesus yang terulur dengan kasih dan kuasa Allah.

Nyanyian:

Jadikan berkat hidupku ini.