YS264 – Yes 51:9-11. Tangan Tuhan Mengalahkan Rahab Dan Ular Naga (Di Akhir Zaman).

Dasar penafsiran.

Biasanya bagi kita Rahab adalah perempuan sundal yang menerima 2 pengintai Israel waktu masuk Yerikho Yus 2:1 dst. Sebab itu ia diberkati Tuhan meskipun ia seorang perempuan sundal, yang tentunya berubah, bertobat, waktu masuk dalam Israel.

Untuk orang kafir persundalan seringkali tidak berarti dosa, bahkan salah satu dari acara2 penyembahan berhala, sehingga makin meriah dan menarik banyak orang pada penyembahan berhala. Misalnya waktu perempuan2 Moab me-nari2 dan mengajak laki2 Israel makan minum dalam penyembahan berhala mereka sambil berzina. Bil 25:1-9. Akibatnya 24,000 orang Israel dihukum mati oleh Tuhan. Ini juga terjadi waktu penyembahan lembu emas ketika Musa di atasgunung, mereka menyembah lembu emas sambil telanjang Kel 32:25 KJI. Musa menyuruh membunuh orang2 yang menyembah lembu emas dan ber-main2 (berzina) itu, 3.000 orang binasa (Kel 32:26-29). Begitu juga Yerobeam mengajak menyembah anak lembu emas di Dan dan Bethel 1Raj 12:29, langsung meninggalkan penyembahan Tuhan di Yerusalem. Mengapa mereka mau langsung berubah begitu drastis? Sebab mereka diajak makan minum dan ber-main2 dan berzina. Sebab itu Yerobeam di mata Tuhan itu sangat kejiseperti tahi 1Raj 14:10. Salah satu akibatnya, dalam Wah 7:5-7, suku Dan dan suku Efraim (Bethel) dipotong untuk selamanya dari orang2 yang masuk dalam pusaka yang kekal.

Sesudah Rahab mengenal hukum Taurat di Israel, ia taat dan disucikan (tidak lagi jadi perempuan sundal), bahkan ia masuk dalam daftar turunan Mesias Mat 1:5-6. Ia menikah denganSalmun, menjadi ibu dari Boaz, nenek Isai, bapaknya Daud.Tetapi Rahab disini lain, bukan Rahab yang diselamatkan dari kehancuran Yerikho. Ini adalah Rahab yang lain (seringkali dalam Alkitab ada nama yang sama tetapi orangnya lain).

Nama Rahab disini adalah nama bayangan dari Mesir yang melawan Tuhandalam Maz 87:4; 89:11 dan dibenarkan dalam cerita yang tertulis dalam Yes 51:9-10. Jadi ini adalah nama dari Mesir yang dibinasakan Tuhan.

 

9a. Bangun, bangun, pakailah kekuatanMu, o lengan Allah.

Apakah Tuhan perlu dibangunkan supaya kekuatan lenganNya yang besar dikerahkan? Tentu tidak, Dia jauh lebih mengerti dan lebihtahu dari kita dan Dia tidak pernah terlambat. Tetapi mengapa perlu dibangunkan? Sebab Allah tidak bekerja otomatis untuk umatNya, tetapi Ia mendidik dan mengolah supaya kita berharap dan berjalan dengan Dia dan kitalah yang harus memakai kuasa Allah dengan iman. Bukan Allah sendiri yang bekerja otomatis untuk kita. Kalau kita harap dan bersandar pada Tuhan seperti Musa, seperti Daud, seperti Yusuf, Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego dll, maka dengan iman kita bisa membangunkan dan menggerakkan kuasa Allah untuk menolong kita mengalahkan musuh dan pasti Tuhan sanggup. Tetapi itu ada syaratnya, yaitu hidup benar dan terus melakukan kehendak Allah. Allah tidak mau diperalat untuk melakukan kehendak kita, istimewa kehendak daging dan dosa. Biasanya orang2 beriman minta Tuhan bergerak, bekerja menuruti kehendaknya dan tentuTuhan tidak mau! Bukan kehendak kita atau kehendak daging yang jadi tetapi kehendak Allah yang harus jadi Mat 26:39. Jadi kalau kita di pihak Allah (dalam kebenaran, kesucian) dan kita melakukan kehendak Allah Mat 7:21, maka dengan iman kita bisa membangunkan Allah melakukan kehendakNya di dalam kita sehingga kehendak Allah jadi dan nama Allah dipermuliakan dan karena kita  melakukan kehendakNya, kita mendapat pahala dan tumbuh dalam ketaatan dan tabiat yang baru. Beginilah kita melakukan kehendak Allah dengan tulus (bukan untuk maksud2 kita sendiri), maka kita pasti berhasil.

Kalau tidak mau mengerti kehendak Allah, ini berarti semaunya sendiri; Allah akan melepaskannya sehingga gagal bahkan binasa dan masuk Neraka sebab tidak melakukan kehendak Allah.

 

9b. Bangunlah seperti zaman purbakala, dalam generasi2 zaman dahulu.

Pekerjaan Tuhan yang lalu itu sudah dikerjakan, sudah ditulis dalam Alkitab dan sudah terperinci dengan jelas. Misalnya penderitaan Yusuf itu bukan kebetulan, tetapi adalah pengolahan Allah. Juga pengalaman pahit Ayub yang luar biasa adalah ujian bagi Ayub dan sesudah lulus ia diangkat sangat tinggi. Semua pekerjaan Allah yang lalu dengan jelas dapat kita lihat dalam Alkitab supaya menjadi pelajaran dan pegangan 1Kor 10:11. Dengan pertolongan Roh Kudus, pengertian ini bisa menimbulkan iman kitasupaya kita juga bisa mengalaminya di dalam Dia! Allah tidak berubah, baik yang dahulu, sekarang bisa diulang, juga yang akan datang, sekarangpun sudah bisa dilakukan! Luar biasa. Jangan kecil hati, jangan ragu2, percayalah akan Tuhan, dan selalu berada di pihakNya, berjalan dengan Dia lalu lakukan kehendakNya, pasti kita akan mengalami bahwa Allah tidak berubah dahulu, sekarang dan yang akan datang Ibr 13:8. Begitu senang, penyertaan Allah itu lebih daripada pengawal pribadi, sebab Dia sanggup menolong dalam segi apapun, dan Dia maha kuasa; juga kebutuhan kita, istimewa yang akan datang sampai kekal.

 

9c. Bukankah Engkau yang me-motong2 Rahab dan melukai ular naga?

Pada permulaan sudah diterangkan bahwa yang dimaksudkan dengan Rahab disini adalah Mesir dalam zaman dahulu; waktu itu Mesir adalah negeri yang paling maju dan modern dan Israel adalah budak2nya yang tidak berdaya. Mereka menolak dan melawan perintah Tuhan untuk melepaskanumat Tuhan dari Mesir dan Tuhan menghajarnya habis2an. Mesir luka parah sehingga negaranya hancur lebur dan Firaun serta tentaranya di-potong2 sampai habis di dalam laut Merah. Orang yang berani melawan kehendak Allah itu melawan Allah (sekalipun ia umat Tuhan seperti Korah cs, 10 pengintai dll) dan akibatnya dahsyat, sebab Dia adalah Allah yang maha kuasa atas dunia yang tampak dan tidak tampak. Biasanya orang yang melawan Allah itu juga di pihak iblis, sebab orang yang tidak mau taat, lalu melawan Allah, iblis dengan mudah masuk dan mengambil oper kekuasaan atas dirinya. Orang yang percaya dan taat pada Tuhan, bebas dari perhambaan iblis, sebab ia di pihak Allah,dipelihara Allah dan akan melakukan perkara2 yang besar, indah sampai kekal. Maz 60:14.

Begitu juga Gereja pada akhir zaman akan keluar dari dunia ini (seperti Israel keluar dari Mesir), sementara dosa ber-tambah2 dan meningkat sampai puncak2nya dan melawan umat Tuhan. Tetapi kalau kita memenuhi syarat2nya yaitu hidup benar dan melakukan kehendak Allah maka kita akan menang besar, menjadi ajaib Wah 12:1, luar biasa dan keluar dari dunia yang dijatuhi hukuman Allah yang dahsyat, sebab tidak mau bertobat dan melawan Allah (yang tidak percaya, semua jadi pihaknya iblis dan melawan Allah dengan dahsyat dan jahat). Umat Tuhan akan menang, keluar dengan ajaib, lengan Allah akan nyata dengan luar biasa dan mengalahkan sundal besar Babilyang tidak bertobat. Wah 17:1-5. Rahab akan dihancurkan, di-potong2 dan dunia ini akan hancur karena dosa2nya. Sebab itu sekalipun dosa meningkat luar biasa dan nikmat untuk sesaat, jangan ikut. Dosa dan kejahatan akan terus meningkat dan keadaan akan makindahsyat di seluruh dunia, jangan takut, Tuhan Allah tidak berubah, Dia tetap maha kuasa dan pemenang sampai se-lama2nya ber-sama2 umat yang mau taat kepadaNya..

 

YES 51:10. ORANG TEBUSAN MENYEBERANG LAUT YANG DALAM.

 

10a. Bukankah Engkau yang mengeringkan lautan?

Belum pernah ada orang bisa mengeringkan laut, apalagi yang sangat dalam dan besar. Tetapi tidak ada yang mustahil bagi Allah dan bagi orang yang bisa percaya. Ay 42:2, Mrk 9:23. Pelihara rohani kita baik2 supaya tumbuh dan jangan iman jadi luntur, tetapi justru iman makin besar.

Sebab dengan iman dari Allah kita bisa memindahkan gunung2 pencobaan yang berapa besarnya. Mat 17:20. Dalam dunia yang makin limpah dengan segala macam dosa dan kejahatan yang makin ganas, kita perlu dan harusbisa hidup dengan iman, itu salah satu sisi dari berjalan dalam Roh. Sebab dengan berjalan dalam Roh, kita didorong sampai limpah Firman Tuhan dan kuasa sehingga iman timbul untuk hidup berkemenangan dalam akhir zaman yang dahsyat. Untuk bisa menang di akhir zaman ini kitaharus bisa “mengeringkan laut”, kalau tidak musuh akan menerpa kita; tidak ada jalan lain seperti waktu Israel sampai di tepi laut Merah. Dengan kata lain, adalah mustahil untuk bisa lepas dari dosa dan kejahatan akhir zaman ini, tetapi dengan Tuhan kita bisa melakukannya dan tetap suci bahkan ada yang menjadi sempurna..

 

10b. Yang membuat kedalaman lautan menjadi jalan.

Kalau tidak bisa membuat jalan lewat Laut dengan sekejab, tidak akan bisa lepas dari musuh Firaun yang dikatakan seperti ular naga, sebab iblis ada di dalamnya. Berperang dengan Firaun saja sudah dahsyat, apalagi ada iblis atau ular naga itu di dalamnya Wah 12:3-5. Ini mustahil untuk pikiran manusiawi, tetapi Allah sanggup melepaskan kita dengan membuat jalan di dalam kedalaman lautan Neh 9:11, Maz 78:13. Sebab itu sebelum masa pengolahan terakhir ini, yaitu 3,5 tahun I dari Minggu ke-70 Daniel, Gereja disucikan dalam masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Semua yang main2 akan ditindak keras oleh Tuhan supaya Gereja betul2 hidup benar dan sesuai dengan Firman Tuhan, ada hukum2 Tuhan dalam hatinya dan tahu kebenaran yang memerdekakan itu Yoh 8:32 (Yes 51:7) baru bisa jalan dengan ajaib di tengah2 lautan dosa dan kejahatan akhir zaman ini. Sungguh akhir zaman ini sangat dahsyat, sebab itu kita harus betul2 bersedia supaya waktu masuk dalam pengolahan ini (1Pet 4:17) sehingga kita betul2 dimurnikan dan bisa hidup dalam kesucian tingkat Ruangan Suci (= terus dalam kesucian dan tidak terus jatuh bangun seperti babi dan anjing 2Pet 2:22, bisa tetap hidup suci, tidak sampai jatuh atau tergelincir 2Pet 1:10, Jud 24). Maka orang2 seperti ini yang terus hidup dalam kesucian dan taat melakukan kehendak Allah, akan bisa mengalami perkara2 yang besar dengan Tuhan Maz 60:14, Wah 12:1. Bisa hidup suci di tengah2 lautan atau tsunami dosa dan aman, berkemenangan dalam melakukan kehendak Allah di tengah2 bahaya dari segala segi hidup, itu tidak sulit asal disertai Tuhan tetapi mustahil tanpa Tuhan! Dahulu sudah pernah, sekarang juga kita terus bergumuldan sampai terakhir, hal itu akan terjadi lagi. Jangan takut. Allah sanggup membuatnya.

 

10c. Supaya orang2 tebusan bisa menyeberanginya.

Semua yang percaya sudah ditebus oleh darah Yesus. Kita ini orang tebusan Allah. Tetapi kita harus setia sampai akhir. Kalau berbalik, undur, berhenti di tengah jalan, tebusanitu menjadi sia2 dan batal. Sebab ada juga anak2 Allah di dalam Neraka yaitu yang tidak setia sampai akhir, itu termasuk juga orang tebusan yang berbalik! Sebab itu jangan suam atau main2, jangan tertipu dan tersesat, apalagi dengan sengaja memilih dunia dan iblis, itu betul2 celaka,  lebih2 dalam zaman Polarisasi dan masa hukuman rumah Allah. Orang yang setengah hati atau suam, apalagi sengaja berbuat dosa, akan hanyut oleh arus dosa dan kejahatan dunia yang dahsyat ini sehingga batal masuk Surga. Hati2. Orang yang pernah dipakai dengan heranpun bisa ditolak dari Surga Mat 7:23 sebab orangnya di Gereja tetapi hatinya hanyut dalam arus dosa sehingga hidupnya di jalan lebar, hilang keselamatannya Yez 33:13. Jangan sampai tertipu dan hanyut sebab tidak sungguh2 bersedia, tetapi setengah hati sebab cinta dunia.Bersedia dengan segenap hati, berjalan dalam Roh, supaya bisa lulus dalam pencobaan, memilih yang suci dalamPolarisasi dan lolos dalam masa hukuman rumah Allah. Bersedialah Mat 24:42.

 

YES 51:11. ORANG TEBUSAN BERSUKACITA KEMBALI KE ZION.

 

11a. Sebab itu orang2 tebusan Tuhan dapat kembali.

Orang tebusan yang setia pasti jalannya lurus, terus dalam rencana Allah yang indah. Ini yang terbaik dan seharusnya jadi bagian hidup kita, seperti Abraham, Yusuf, Daniel, Daud (pernah jatuh) dll.

Tetapi ada orang yang sudah ditebus, lalu undur dan terhilang, tidak kembali. Tetapi ada juga yang undur, tertawan di negara asing, tetapi akhirnya kembali lagi. Tentu ini banyak resikonya, sebab kalau jatuh lagi, salah jalan, tidak akan kembali untuk se-lama2nya seperti Yudas, Saul dll orang yang celaka.

Pada akhir zaman ini diharapkan kita semua berjalan terus dengan setia jangan sampai jatuh. Kalau toh jatuh segera bertobat supayabisa kembali. Jangan berdosa terusdengan membuat reserve untuk nanti satu kali kelak kembali, ini tipu daya iblis, sebab orang yang dengan sengaja berdosa itu sulit kembali bahkan tidak kembali Luk 5:39, Pkh 12:1. Orang2 ini akan makin jahat dalam Polarisasi dosa dan kena hukuman Allah dalam masa hukuman rumah Allah. Jangan main2, orang2 yang setia dan yang bertobat lalu kembali, semua ini ada gradasinya. Tetapi golongan I yaitu yang tetap setia dan taat sampai ke akhir, itu yang normal, seharusnya kita semuabegitu. Tetapi yang jatuh, kembalinya (pemulihannya)tergantung dari banyak faktor.

Berapa banyak kerusakan oleh dosa2 (sengaja) yang dibuatnya Pkh 9:12. Sisa kesempatan dan umurnya. Berapa lama ia undur. Sampai tingkat dosa yang berapa dalamnya dll. Simson bangun satu kali dan sebentar, matanya tidak pulih, pelayanannya tidak pulih, umurnya tidak pulih, hanya bangun satu kali lalu mati. Ini tidak tergolong yang bersukacita kembali ke Zion. Daud pulih, Salomo kembali tetapi tidak jelas pulihnya. Sebab itu jangan keras hati dan kalau ada salah hari ini juga bertobatlah Ibr 3:13-15. Yang main2 akan binasa.

 

11b. dan datang dengan me-nyanyi2 ke Zion.

Zion ini adalah Yerusalem. Datang dengan menyanyi, bersukacita ke Zion. Ini golongan orang2 yang akan masuk dalam pengangkatan. Baik yang jadi sempurna atau yang belum sempurna tetapi ikut pengangkatan. Sangat indah (Ruangan Maha Suci dan Ruangan Suci, Halaman di-injak2 Antikris). Dalam 3,5 tahun ini Gereja akan mengalami zaman keemasan yang heran seperti Surga dalam Gereja akhir zaman atau tubuh Kristus global. Ini masih di  dunia tetapi begitu indah jasmani dan rohani.

Nyanyian sukacita dan kemenangan memenuhi orang2 ini. Inilah tubuh Kristus global yang terbentuk waktu itu dan semua orang percaya yang setia akan jadi bagiannya, luar biasa, ajaib, dari seluruh dunia.

Pada waktu itu Antikris juga akan jadi satu kerajaan untuk seluruh dunia, tetapi tubuh Kristus akan lebih dahulu masuk dalam kesempurnaan lalu diangkat.

Sesudah itu kerajaan antikris mulai dengan zaman keemasannya, 1260 hari.

 

11c. dan dengan kesukaan yang kekal di atas kepalanya, mereka akan mendapatkan kesukaan dan kegirangan.

Mereka yang masuk dalam Gereja akhir zaman, atautubuh Kristus global itu praktis menang semua, sebab fasilitas Allah limpah dan lengkap dan mereka semua sudah diuji dalam masa hukuman rumah Allah (mulai sekarang harus terus hidup berkemenangan, bukan jatuh bangun dalam dosa) dan Polarisasi Wah 22:11. Di atas kepalanya, lebih tinggi dari kepalanya, luar biasa, penuh, bahkan beberapa orang menjadi sempurna. Kesukaan disini adalah kesukaan yang kekal, sebab akan berlanjut dalam Surga yang kekal. Ini sudah mulai sekarang! Yoh 4:14, jangan sampai hilang kesukaan kekal ini, sebab di dunia bisa dicuri iblis!

 

11d. Susah dan ratapan akan terbang pergi.

Begitu indah. Tidak ada lagi susah dan ratapan sebab dosa praktis tidak ada dalam Gereja akhir zaman. Ada pelayanan orang semurna, semua fasilitas limpah, kuasa dan mujizat sangat limpah.  Sebagian umat Tuhan masuk dalam kesempurnaan dan sisanya ikut dalam pengangkatan.

Orang beriman yang masuk dalam 3,5 tahun Minggu ke-70 Daniel ini (hasil dari Polarisasi dan masa hukuman rumah Allah) sebagai anggota tubuh Kristus global, Gereja akhir zaman, itu sudah mulai menikmati seperti di Surga, padahal masih di dunia yang sangat jahat Wah 22:11. Surga Neraka bertetangga, tetapi sesudah kiamat; Surga dan Neraka atau lebih tepatnya Surga Bumi Baru dan Tasik api sudah tercerai untuk kekal dan tidak lagi bisa bertemu. 2Tes 1:9. Dahsyat, wai yang tidak masuk Surga!

 

KESIMPULAN.

Yes 51:9. Ingat kuasa Allah bekerja dalam kita sesuai dengan keadaan kita, bisa begitu besar dan luar biasa pada akhir zaman sehingga menghancurkan Rahab dan ular naga. Tetapi yang hidup dalam dosa akan makin terikat dan hanyut dalam Polarisasi dan dihukum dengan dahsyat dalam masa hukuman rumah Allah.

Yes 51:10. Jangan kuatir, dengan Tuhan kita bisa melewati lautan yang terdalam.

Yes 51:11. Pasti menang besar, masuk dalam kesempurnaan atau pengangkatan lalu masuk dalam Pesta Kawin Anak Domba, kerajaan 1000 tahun kemudian Surga Bumi Baru untuk kekal, suatu keindahan dan kemuliaan yang terus ber-tambah2 dan tidak berakhir.

 

Nyanyian:

Kerahkanlah kekuatanMu ya Allah.

Tunjukkanlah kuasaMu ya Tuhan.

Serakkanlah musuhMu, slamatkanlah umatMu.

Allah dahsyat di tempat kudusNya.

Koor:

Allah bangkit bersoraklah,

Allah bangkit bernyanyilah.

Musuh dikalahkan, umatNya dibebaskan.

Allah dahsyat di tempat kudusNya.