YS262 – Tidak Terhapus, Tidak Dimakan Ngengat dan Ulat

YESAYA 51:6-8. TIDAK TERHAPUS, TIDAK DIMAKAN NGENGAT DAN ULAT.

YES 51:6. SURGA BUMI LAMA AKAN LENYAP.

6a. Angkatlah matamu ke Surga dan lihatlah ke atas bumi yang di bawah, sebab Surga akan lenyap seperti asap dan bumi akan menjadi tua seperti kain.

Wah 21:1, Surga bumi yang lama lenyap dan diganti dengan Surga Bumi Baru 2Pet 3:13 yang jauh lebih indah untuk kekal.

Ini terjadi pada akhir dari kerajaan 1000 tahun, dimana Surga Bumi Lama diganti Surga Bumi Baru. Ini luar biasa. Rencana Allah itu begitu besar meliputi semesta alam dan seluruh alam roh (jadi alam nyata dan alam roh diganti semua!). Dan kita yang ada di dalamnya itu begitu kecil dan tidak berarti, tetapi ternyata orang yang percaya itu sangat berarti di mata Allah. Masa depan orang percaya itu terlalu amat besar, menjadi pengharapan yang besar bagi kita dan kita menunggu hari yang mulia itu.

Orang beriman itu bisa terus bertumbuh makin mulia menjadi seperti Kristus, inilah sebagian dari umatNya yang menjadi sempurna, menjadi mempelaiNya Wah 21:3.

Heran, Surga akan lenyap seperti asap, pahadal begitu besar, sangat indah dan mulia.

Mengapa Surga lenyap? Bukankah itu tempat Allah. Betul tempat Allah, tetapi memang Allah sudah merencanakan hal ini dalam proyek Allah untuk mengolah manusia menjadi seperti Allah. Dalam proyek ini iblis diizinkan Allah (sebab keadilanNya) untuk masuk Surga untuk menuduh manusia. Sebab memang dalam pengolahanuntuk meningkat dalam kesucian seperti emas yang murni, manusia harus mau dimurnikan dalam api 1Pet 1:7. Dengan api yang mana? Iblis, dunia, tubuh dosa dan maut, ini menjadi apinya, dimana manusia diolah dan dibentuk.

Dan Surga juga masuk dalam proyek pengolahan ini, iblis diberi tempat dalam Surga sampai pengolahan itu selesai Wah 12:8. Iblis dibiarkan meng-injak2 Surga, tetapi sesudah proyek pengolahan manusia selesai, Surga yang pernah diinjak iblis, ini juga dibakar habis menjadi uap dan lenyap, diganti Surga yang baru 2Pet 3:10. Juga bumi tempat pengolahan manusia itu dibakar habis seperti kain saja. Lalu Allah menciptakan

suatu Surga dan Bumi baru, dimana semuaperingatan yang lama lenyap sama sekali, dan tidak teringat lagi Yes 65:17.

 

YES 51:6b. Dan penghuninya akan mati dengan cara yang sama.

Surga Bumi Lama dilenyapkan diganti Surga Bumi Baru. Begitu juga penghuninya lenyap, semuanya mati dan bangkit,diganti orang2 dalam tubuh kebangkitan Yoh 5:28,29, yang berada di Tasik api atau dalam Surga Bumi Baru.

Betapa dahsyat. Semua penghuninya sejak zaman Adam sampai kerajaan 1000 tahun, yang tidak percaya akan mati yaitu dijauhkan dari Allah yang kekal, dalam Tasik api yang kekal Wah 20:15; 21:8. Ini betul2 mati, dipisahkan dari Allah untuk se-lama2nya. Kej 2:17, 2Tes 1:9. Upah dosa adalah maut Rom 6:23, dan semua akan mati dengan cara yang sama yaitu dalam Tasik api untuk kekal.

 

YES 51:6c. Tetapi keselamatan itu untuk se-lama2nya.

Keselamatan itu perkara yang kekal. Seringkali orang hanya memikirkan perkara yang fana, be-rebut2an yang fana dengan mengorbankan keselamatan yang kekal, sebab bagi mereka keselamatan yang tidak tampak itu tidak berharga, jauh lebih penting harta dan semua yang fana. Sikap dan pendirian semacam ini adalah sangat sangat bodoh Luk 12:20. Tuhan menyebutkan orang sukses yang kaya raya ini orang bodoh, sebab baginya keselamatan itu tidak ada harganya dan tidak dipedulikan. Tetapi waktu mati ia tidak punya apa2, semua yang fana lenyap dan juga ia tidak mempunyai keselamatan atau kebenaran. Jangan meremehkan keselamatan kekal, pelihara dan kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar Pil 2:12 bahkan lebih dari semua perkara2 yang fana, ini orang yang bijak dan akan selamat untuk kekal, bahkan jadi mulia sesuai dengan tingkatan2 rohani yang dicapainya dalam dunia ini.

 

YES 51:6d. dan kebenaranKu tidak akan terhapus.

Ini yang berharga. Orang yang hidup benar seperti Allah akan kekal se-lama2nya. Benaritu sangat indah dan mulia dan kekal. Jangan mau kembali dalam dosa. Dosa itu maut, mati (Rom 6:23) seperti iblis yang akan mati kekal, dipisahkan dari Allah untuk kekal.

Uang, sukses, sehat, juara, pintar dll semua akan terhapus habis. Tetapi orang yang hidup benar, itu tidak akan terhapus untuk kekal. Luar biasa. Mengapa bergumul mati2an untuk yang akan terhapus? Kalau kita bijak dan mengerti, kita akan bergumul dengan baik2 untuk kebenaran, sebab ini tidak akan terhapus. Juga kesukaan dosa yang sesaat itu pahit dan palsu tetapi yang paling dahsyat adalah semua yang fana akan terhapus Ams 14:12-13, tetapi kesukaan dari orang yang hidup benar di hadapan Allah itu murni, indah Yoh 4:14 dan tidak terhapus, kekal!

Perempuan Samaria berzina, nikmatnya itu hanya sesaat, tetapi kemudianmengerikan dan pahit dan semua bukan hanya terhapus tetapi semua dosa2nya itu menyeretnya masuk dalam hukuman kekal. Untung perempuan itu bertobat dan mendapat kesukaan orang benar, itu asli Maz 68:4 tidak membuat gelisah tetapi senang, serta tidak terhapus untuk kekal.

Lebih2 kalau seorang waktu sakit keras, jangan waktunya habis hanya untuk perkara2 yang fana, apalagi kalau cepat mati, semua sia2. Pakai waktu setengah untuk yang fana dan setengah untuk yang kekal (atau lebih), sebab semua yang fana akan lenyap, bahkan bisa diganti celaka kekal.

Orang benar yang tetap hidup benar, rohaninya terus dipelihara dalam kesucian (7 KPR), itu seperti cahaya terang yang makin lama makin terang seperti terang siang, seperti matahari Ams 4:18. Di dalam Surga ia akan bercahaya terang benderang seperti matahari dalam kerajaan Allah Bapa dan tidak terhapus untuk kekal, luar biasa. Ini adalah orang yang bijak, yang mau terus memperjuangkan hidup yang benar, mempertahankan kebenarannya dan terus meningkat sampai pada tingkatan siang yang sempurna seperti matahari Allah Bapa.

 

YES 51:7. ORANG YANG MENGETAHUI KEBENARAN DAN HUKUM2 TUHAN ADA DALAM HATINYA.

 

7.a. Dengarkanlah Aku, kamu yang mengetahui kebenaran.

Orang2 yang mengetahui kebenaran itu adalah karunia Tuhan Mat 3:11, semua mau taat dengan tulus. Orang seperti ini bisa membedakan suara Tuhan dengan suara iblis, daging, dunia dan semua yang fana sekalipun bagus. Sama seperti orang yang mengerti beras, obat, kayu dll, ia bisa membedakan mana yang bermutu dan yang tidak bermutu. Sebab itu orang2 seperti ini akan suka mendengar suara Tuhan bahkan memberi telinga, menunggu dan memperhatikan baik2 suara Roh Tuhan, meskipun tidak disuruh seperti 7 Gereja akhir zaman Wah 2:7,11,17,29 dll. Hawa yang terpikat suara ular akhirnya menangis dan menderita begitu pahit. Kalau sudah tahu itu suara dari iblis, tidak perlu dibandingkan dan dipelajari bedanya seperti cara2 ilmiah dan cara2akal yang biasa, tetapi lari daripadanya Ams 22:3. Yusak tidak bisa membedakan suara orang tulus dan penipu, akhirnya masuk dalam jerat Gibeon, Yus 9:14 dan itu membuat banyak masalah sepanjang zaman; Dalam  zaman Saul dan mengakibatkan kelaparan 3 tahun dan banyak kematian 2Sam 21:1-2.

Juga Rehabeam tidak bisa membedakan suara dari Tuhan dan manusia atau dagingnya sendiri, akhirnya sebagian besar negerinya hilang begitu saja, itu lebih besar dari kerugian 10 Tirliyun rupiah 1Raj 12:16. Sebab itu kita perlu tumbuh terus dalam pengertian Firman Tuhan supaya jangan membuat kesalahan yang fatal, apalagi sampai masuk Neraka seperti Saul yang dahulu bisa mendengar suara Roh, tetapi sebab menuruti daging, iri, sudah tidak lagi bisa mendengar suara Tuhan dan binasa. 1Sam 28:6.

 

7.b. Orang2 yang di dalam hatinya adalah hukum2Ku.

Kalau kita cinta sesuatu, maka keterangan tentang hal2 itu banyak ada dalam pikiran kita, tersimpan di hati, selalu ter-pikir2. Misalnya tentang dosa zina, uang, sombong dll, maka ada banyak berita dan ceritanya di dalam hatinya. Juga orang yang cinta dan mau taat akan Firman Tuhan, maka Firman Tuhan yang didengar itu disimpan baik2 dalam hati, supaya bisa dilakukan dengan tepat dan tidak berdosa melawan Firman Tuhan Maz 119:9,11. Orang yang hanya mendengar Firman Tuhan tetapi lupa, tidak mau mengingat itu pendengar yang terlupa, itu tidak cinta Firman Tuhan Yoh 14:21-23 dan tidak mau taat Yak 1:22-25. Sebab itu Daud yang cinta Firman Tuhan, selalu suka me-renung2kan Firman Tuhan dan menyimpan dalam hatinya sehingga bisa taat. Sekalipun rugi (misalnya mengampuni dan melepaskan Saul dari kematian 1Sam 26:11, ia tetap taat, sebab ia ingat Maz 105:15). Daud selalu me-mikir2kan hukum Tuhan siang malam Maz 1:1-3, sebab hukum2 Tuhan itu ada dalam hatinya.

Orang seperti ini hidupnya akan jauh dari pikiran yang jahat, sebab ia tahu itu dosa, sebab ada hukum2 Firman Tuhan dalam hatinya. Orang yang cinta Firman Tuhan akan dijauhkan dari dosa, bisa tetap hidup suci oleh Firman Tuhan. Ef 5:26. Ini hidup yang indah, sebab tetap suci sampai dalam hati (MAK DSS) dan Roh Kudus bisa bekerja dengan leluasa dalam hatinya, melakukan perkara2 yang besar dari Tuhan Maz 60:14. Rencana Allah yang indah2 jadi dalam hidupnya Yer 29:11, Ef 2:10. Hidupnya akan indah, terus berkemenangan biarpun banyak problem dan kesulitan dan terus tumbuh dengan sejahtera dan sukacita, makin seperti Kristus. Ini hidup yang puas, sukacita, tidak ber-ulang2 haus dan me-ngemis2 kesukaan dunia, bahkan bisa meng-injak2 madu dunia Ams 27:7 dan bisa melakukan perkara2 Allah yang besar dengan Tuhan Kis 13:22. Lebih2 di akhir zaman ini, bisa masuk rencana top Allah dalam penamatan rencana Allah. Hidup seperti ini indah, tidak tersiksa, juga puas dan terus sejahtera sukacita Pil 4:4,7.

 

7.c. Janganlah engkau takut celaan dari manusia dan jangan engkau takut akan caci maki mereka.

Manusia suka bicara jelek dan jahat  apalagi kalau benci. Dicela, di-kata2i dll itu tampaknya besar pengaruhnya. Seperti 10 pengintai me-ngata2i Musa, maka seluruh Israel bangkit berdiri melawan, tetapi orang yang ada hukum2 Allah dalam hatinya tidak perlu kuatir, sebab kalau Tuhan beserta kita, siapa lawan kita Rom 8:31. Tuhan akan memelihara kita asal kita tetap hidup benar dan tidak bereaksi dosa, tetap dipimpin Roh terus menerus tetap di pihak Tuhan. Jangan takut, terus berdoa dalam Roh dan hidup benar. Roh Kudus akan memberi sejahtera dan iman akan perlindungan Tuhan dalam menghadapi segala fitnah, hasutan tentang hidup dan pelayanan kita yang sekarang dan masa depan. Firman Tuhan berkata bahwa satu rambutpun dihitung Tuhan, tidak ada yang kebetulan Mat 10:30, Yer 15:2 dan tidak akan melebihi kekuatan kita 1Kor 10:13. Yang penting seperti Daud tetap tinggal dalam Tuhan, sehingga waktu dikejar dan hendak dibunuh Saul dengan tentaranya yang begitu banyak dan ganas (sebab “dibakar” oleh Saul), Daud tetap terlepas dari segala kata2 dan ancaman yang dahsyat. Lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, akan ada hal2 yang lebih dahsyat, tetapi semua umat Tuhan yangdisiapkan untuk pengangkatan (masuk golongan yang disucikan), akan terpelihara oleh kuasa Allah 1Kor 15:51-52.

 

YES 51:8. MUSUH SEPERTI DIMAKAN NGENGAT DAN ULAT.

 

8.a. Sebab ngengat akan makan mereka seperti pakaian.

Orang2 yang melawan orang yang cinta Firman Tuhan, yang taat, yang di pihak Tuhan itu melawan Tuhan sendiri. Orang seperti iniakan seperti pakaian yang dimakan ngengat Yes 50:9, Ay 13:28. Begitu mudah pakaian bisa dimakan ngengat. Begitu orang2 yang melawan orang2 yang benar, hamba2 Tuhan yang di pihak Tuhan yang mencela orang2 yang cinta Tuhan, nasibnya itu akan menjadi seperti ini, kain yang rapuh dimakan ngengat. Memang butuh waktu, sebab Tuhan itu sabar dan lambat menghukum Pkh 8:11,tetapi pasti akhirnya akan habis. Sebab itu jangan takut, tetap cinta Firman Tuhan, tetap menyimpan Firman Tuhan baik2 dalam hati dan mentaatinya, sebab Tuhan yang menjadi jaminan kita. Jangan kuatir, jangan terpancing untuk ikut bicara jahat tentang orang lain. Zaman sekarang sulit untuk menjaga diri, apalagi menjaga domba2 dalam kandang dari pengaruh orang jahat yang masuk dengan leluasa melompat pagar lewat internet dll. Banyak pengaruh bisa masuk kelompok yang tertutup dan dijaga ketat, lewat internet. Bahkan dagang, kejahatan, politik, ajaran sesat, pergaulan yang jahat, dosa dan apa saja bisa masuk lewat internet. Juga anak2 yang dijaga orangtuanya baik2, masih bisa dipengaruhi pergaulan jahat dari internet. Kalau dahulu istilahnya; Surga dan Neraka itu bertetangga (masih ada tembok pembatas) tetapi sekarang dengan mudah menyelusup masuk melewati segala pagar tembok. Sekarang betul2 tergantung dari masing2, mau dengar suara Tuhan atau suara ibis dkk. Begitu dahsyat pengaruh perkara2 yang jahat dan gelap dari iblis. Kita harus hidup dalam kesucian dan menguatkan kelompok kita dengan pertolongan Roh Kudus, baru bisa kuat, tahan dan tetap dalam kesucian dan tumbuh dalam rencana Allah yang indah2. Masing2 harus punya pondasi yang kuat Mat 7:21 dan hubungan pribadi dengan Tuhan, Roh Kudus yang nyata dan terus terpelihara dan bertumbuh baru bisa tekun. Juga harus punya persekutuan tubuh Kristus yang betul dan kuat. Tetapi jangan takut. Rencana Allah tidak akan bubar. Allah akan menyelesaikan rencanaNya dengan orang2 yang cintaTuhan (dan Firman Tuhan dan jiwa2) sebab Ia sanggup menjaga dan memimpin, serta menumbuhkan kita dalam rencanaNya yang heran dan mulia. Rencana Allah pasti genap, Gereja akan menjadi sempurna.

 

8.b. dan ulat akan memakan mereka seperti bulu domba.

Putih seperti bulu domba Yes 1:18, Yez 27:18, Wah 1:14, juga tulus Dan 7:8. Mengapa bulu domba putih ini bisa dimakan habis oleh ulat. Ini berarti:

  1. Gal 3:3-4. Orang yang mula2 suci dalam Roh bisa undur dan rusak seperti bulu domba yangdimakan ulat, sebab undur. Kesucian, ketulusan itu harus dipertahankan, dipelihara, tidak cukup hanya “jepretan sesaat”. Saul itu mula2 sangat indah dan berkenan pada Tuhan, tetapi kemudian jadi begitu rusak. Sebab itu orang yang sudah jadi rohani dan tumbuh indah harus tetap memelihara diri baik2 supaya bisa mempertahankan kesuciannya bahkan bisa terus meningkat makin suci seperti Tuhan Yesus, sebab ukuran kesucian kita adalah Tuhan Yesus 1Pet 1:15-16. Sebab itu penggembalaan, pemeliharaan dalam tubuh Kristus (jangan soliter sendirian) itu sangat mutlak perlu. Sendirian akan mudah gugur. Perlu bersekutu di dalam kesucian dan kehendak Tuhan. Tidak cukup hanya Firman Tuhan dan Roh Kudus, Roh Kudus ingin kita bersekutu dengan betul seperti tubuh Kristus (perkara 7 KPR). Karena itu persekutuan tubuh Kristus itu mutlak perlu. Jangan hanya beribadah lewat Televisi atau HP dll, tetapi perlu ada persekutuan orang2 percayayang sama2 cinta Tuhan, sehingga kita jadi kuat Im 26:8 dan bisa ber-sama2 melawan iblis dan terus saling mengingatkan, menguatkan Pkh 4:9-12, saling melayani dalam Roh supaya kita bisa tahan sampai ke akhir bahkan bisa tumbuh.
  2. Mat 12:43-45. Orang yang undur dari Tuhan. Itu mulai dari dalam hati Yoh 1:15, Ef 4:27, sebab itu hati ini harus dipelihara baik2 lebih dari semua yang lain Ams 4:23. Jangan sampai hati ini jadi penipu Yer 17:9-10. Kalau kesuciannya pura2, putih seperti kuburan Mat 23:27, maka bangkai yang tersimpan erat2 dalam hatinya satu kali akan keluar dan habislah orang itu seperti ulat makan bulu domba. Mat 7:21-23.

Kalau tidak mau memelihra dan tumbuh dalam kesucian, resikoya adalah dimakan ulat2 iblis, dunia, daging sehingga habis dan sia2.

 

8.c. Tetapi kebenaran Ku itu untuk selamanya.

Tuhan selalu mengingatkan tentang kebenaran Tuhan, itu kuat sebab dijaga oleh Tuhan. Asal kita mau dengan segenap hati, Tuhan tetap menjaga kita. Kalau kita bisa hidup benar, apalagi tumbuh, itu bukan hasil kita se-mata2, tetapi Tuhan selalu menjaga dan memelihara kita, seperti carang itu tetap sehat sebab lekat dalam pokok yang menjadi sumber kehidupannya Yoh 15:5. Jangan sombong dan jangan lepas dari Tuhan, itu celaka dan hidup menjadi sia2.

 

8.d. dan keselamatanKu itu turun temurun.

Keselamatan juga harus dikerjakan dengan takut dan gentar Pil 2:12. Keselamatan sendiri harus dijaga sejak dari hati. Domba2 harus dijaga oleh gembala2 yang baik. (Bukan gembala upahan hanya karena uang). Sebab seperti domba diincar srigala, singa dll, harus dipelihara baik2 oleh para gembala manusia dan gembala Agung yaitu Tuhan Yesus 1Pet 5:4. Pergumulan gembala itu sangat penting Ibr 13:17. Kalau gembala tidak berfungsi dengan baik, dombanya habis kena hasutan dari orang2 beriman lain yang dipakai setan dan dari godaan dunia yang limpah di-mana2. Gembala2 harus memberi makan menasehati, menjagai dengan pertolongan Roh Kudus, dan domba2 yang mau taat, satu kali akan ikut dalam pengangkatan, ikut masuk dalam kemuliaan kekal dalam Surga.

Yang meremehkan, menghinakan akan mudah memuliakan yang fana yaitu dunia, daging, iblis sehingga mudah sekali undur dari Tuhan, hidup dalam dosa dan binasa. Orang jatuh dalam dosa makin lama makin mudah tanpa usaha, sudah ditarik sendiri ke Neraka.

 

KESIMPULAN.

Penuh dan cinta Firman Tuhan, harus dipimpin suara Roh, jangan suara daging, dunia, iblis. Orang yang mendengar suara iblis akan melawan Tuhan dan hamba2Nya dan akan habis oleh ngengat dan ulat, tetapi yang mau tetap suci, Tuhan sanggup menolong dan melepaskan, sekalipun untuk berdosa zaman sekarang itu makin mudah

Nyanyian:

Bahwa orang benar seperti pokok kurma