YS261 – Yesaya 51:4. Hukum Yang Baru Keluar.

YES 51:4a. Dengarkanlah Aku, umatKu dan berilah telinga kepadaKu.

Ini orang2 yang indah, yang selalu mendengar dan taat pada Tuhan. Telinganya diberikan kepada Firman Tuhan untuk mendengar dan taat. Orang yang dengar2an akan Firman Tuhan itu pasti untung dan bahagia Luk 11:28. Sebetulnya hidup indah untuk orang yang percaya itu mudah, asal percaya dan taat akan Firman Tuhan, semua beres. Sebab untuk mengerti, itu ditolong oleh Roh Kudus Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Sehingga tidaklah sulit untuk mengerti hukum Allah yang dalam dan sulitpun, sebab Roh Kudus sanggup memberi pengertian lengkap dan dalam, di dalam pikiran kita dan memberi kekuatan untuk taat. Kalau kita mau percaya penuh dan jadi robotnya Allah, Dia akan memberi segala yang kita butuhkan untuk bisa mengerti dan taat. Jadi yang penting adalah mau percaya dan mau taat. Selanjutnya Roh Kudus bisa mengerjakan semuanya di dalam kita, sebab tanpaAllah, mentaati Firman Tuhan itu sangat sulit untuk manusia. Apalagi terus tumbuh sampai menjadi seperti Allah, tidak mungkin. Tetapi kalau percaya dan mau taat, Roh Kudus membuat semuanya bisa jadi dengan mulus dan sempurna.

YES 51:4B. Oh umatKu, karena sebuah hukum akan keluar daripadaKu.

Hukum apa ini? Bukankah Firman Tuhan itu sudah lengkap dan sempurna untuk kita manusia, umat Tuhan? Ya sudah lengkap dan tidak boleh ditambahi lagi Wah 22:18-19. Lalu ditambahi hukum apa lagi? Ini bukan menambahihukum yang baru, tetapi yang sudah ada dalam Alkitab, sebab itu tidak ditambahi lagi. Tetapi hukum ini dahulu tertutup, termeterai sehingga tidak dimengerti dan belum bisa ditaati,sebab tertutup. Sesudah dibuka oleh Tuhan baru kita mengerti dan sesudah itu baru hukuman berjalan dan kita mentaatiNya. Tuhan tidak akan menuntut untuktaat pada hukum yang masih tersembunyi, tertutup. Tuhan itu adil, Ia tidak ngawur, tetapi selalu benar dan adil. Ada banyak hukum2 yang baru terbuka sejak Tuhan Yesus menebus manusia di Golgota, lalu satu per satu hukum2 itu pada waktunya dibuka, dimengerti, dialami, begitu indah bagi yang taat tetapi wai bagi yang tidak percaya, yang tidak taat dan melawannya. Sebab itu kita harus ada di pihak Tuhan supaya kita bisa ikut dalam rencana Alah yang indah untuk mengerti perkara2 yang baru dan taat dan mengalami hal2 yang heran dan baru dalam rencana Allah yang indah! Sebab itu tinggal tetap dalam Tuhan, hidup taat dipimpin Roh maka kita tidak akan tertinggal tetapi bisa terus ikut dalam rencana Allah yang indah, dalam pembukaan rahasia2 Allah yang heran itu sesuai dengan jadwal Allah yang heran itu.

 

YES 51:4c. Dan Aku akan membuat HukumKu menjadi perhentian.

Hukum yang dibuat manusia, hampir selalu menimbulkan pertentangan dari banyak orang dan golongan lain yang tidak setujudan melawannya, sehingga bukan perhentian yang didapatkan, tetapi pertentangan bahkan peperangan kecil atau besar, perang dingin atau perang panas antara yang setuju dan yang melawan. Hukum dalam dunia ini tidak ada yang membuat perhentian, sebab justru hukum2 akal manusia itu selalu menimbulkan pertentangan, selalu ada oposisi, apalagi hukum2 yang fanatik dan ekstrem, membuat pertentangan makin tajam dan makin ramai berkelahi, bahkan peperangan sembunyi2 atau terang2an dan besar2an.

Tetapi hukum2 Tuhan itu luar biasa. Siapa percaya dan taat, ia akan mengalami perhentian Tuhan yang luar biasa. Mat 11:28-30. Meskipun mentaati hukum2 Tuhan itu harus pikul salib, tetapi itu memberi perhentian yang heran dalam hidup kita. Disini ada perhentian yang betul. Yes 28:12-13. Yang tidak mau menolak dan melawan, ia akan tergelincir, jatuh pada hukum2 itu dan masuk jerat dan tertangkap.

 

Hukum dari Allah adalah perhentian, yang bisa membuat semua umat Tuhan bahkan seluruh dunia mengalami perhentian yang indah dan heran. Luar biasa. Hidup dipimpin Roh itu hidup dalam perhentian pribadi. Sabat rohani Ibr 4:10-11. Ini perhentian dalam Roh dalam setiap pribadi yang hidup taat dipimpin Roh.

Tetapi disini ada perhentian untuk seluruh dunia. Tidak ada hukum dalam dunia ini yang bisa membuat satu negara berubah mengalami perhentian, apalagi seluruh dunia.

 

YES 51:4d. Sebagai terang bagi umatKu.

Hukum ini jadi terang bagi umat Tuhan, yaitu umat yang percaya dan taat kepada Tuhan. Karena semua taat akan Firman Tuhan, maka semuanya menjadi terang, sukacita dan perhentian di atas bumi. Inilah hukum tongkat besi yang pada waktu itu menjadinyata dan dijalankan, sesudah perang Harmagedon. Wah 2:27. Ini hukum yang keras, setiap salah dihukum dengan tegas dan keras seperti tongkat besi memukul bejana tanah liat, sekali pukul langsung pecah tanpa ampun. Ini hukum yang amat keras Yes 11:3-5. Ini adalah lanjutan sesudah manusia selesai ditebus lahir batin (orang dalam dan orang luar, ikut dalam pengangkatan dan turun dalam perang Harmagedon, memerintah dengan Tuhan Yesus di atas tahta Daud dalam kerajaan damai, perhentian 1000 tahun Luk 1:32. Ini kerajaan terang, damai, sebab masa perhentian Allah 1000 tahun yang amat sentosa. Kunci untuk mengerti tentang kerajaan terang atau damai 1000 tahun  adalah suatu rahasia bahwa dalam kerajaan 1000 tahun ada dua macam orang yaitu orang yang sudah bangkit dalam tubuh kemuliaan yang turun dengan Tuhan Yesus memerintah dalam kerajaan 1000 tahun dan orang yang lepas dari aniaya Antikris yaitu 144.000 orang Israel dan orang2 kafir yang tidak kena cap Antikris dan lolos, mereka masuk dalam kerajaan 1000 tahun sebagai penduduknya, tetapi masih dalam tubuh alamiah seperti tubuh kita sekarang ini, tetapi hidup dalam kerajaan damai 1000 tahun, penuh dengan perhentian. Inilah orang2 yang ditertibkan; tetapi kita yang sudah bangkit atau diubahkan, berada dalam tubuh kemuliaan, tidak lagi bisa berdosa, masuk dalam perhentian kekal.

Luar biasa, ajaib, indah, heran dan terus berada dalam perhentian kekaldan berlaku terus sampai kekal. Sejak pengangkatan kita sudah masuk dalam kekekalan yang heran. Ini hari penting yang kita tunggu2, hari yang mulia dan kita mulai jadi kekal seperti Kristus!

 

YES 51:5. KEBENARAN ALLAH DEKAT SEKALI.

 

YES 51:5.a. KebenaranKu ada dekat.

Luar biasa! Biasanya kita ini jauh dari benar apalagi dari sempurna. Orang dunia berkata, mana ada orang benar, orang suci, orang yang tidak pernah bersalah, manusia tidak luput dari salah, tidak ada!

Banyak orang Kristen ikut2 mendeklarasikan hal serupa sebab tidak mengerti, tetapi kita yang mengerti rahasia Firman Tuhan dan percaya, dengan iman mengalaminya, apalagi dengan berjalan dalam Roh, bahkan kita ini hidup di dalam kebenaran Allah. Kita bisa dan ada dalam kebenaran Allah, sebab kita sudah lahir baru, dimerdekakan oleh Kristus Yoh 8:36, Gal 5:1. Kita tidak akan kembali dalam dosa, tetap merdeka, bebas, tidak bisa berdosa lagi Rom 6:1-2. (Meskipun kenyataannya sekali2 masih bisa salah tetapi harus segera diperbaiki kembali dan kembali hidup benar dalam Kristus! Jangan dibiarkan seperti teori yang salah dari hyper grace atau ajaran2 salah lainnya.  Kalau toh ada orang beriman yang berbuat salah atau dosa, masing2 harus dibereskan kembali baik2, sebab semua dosa ada akibatnya Pkh 9:18, apalagi kalau tidak bertobat dan tidak dibereskan habis2an, akibatnya bisa dahsyat dan bisa hilang keselamatannya Yez 33:13. Tetapi kalau mau, kita bisa tinggal dalam kesucian 2Pet 1:10 mati lepas dari dosa Rom 6:1-2 tidak sampai tersontoh oleh apapun dan siapapun Jd 24 sampai menjadi sempurna dan tidak bisa lagi berdosa 1Yoh 3:9 dan tidak bisa lagi benci tetapi selalu penuh dengan kasih sebab kasihnya sempurna. Tit 2:2, 1Yoh 2:5; 4:12.

 

YES 51:5b. Keselamatanku pergi keluar.

Begitu indah, murah, keselamatan dari Tuhan keluar ke seluruh dunia tanpa ada halangan, tidak seperti sekarang, sebab ada iblis, daging, orang2 yang melawan. Dalam kerajaan 1000 tahun tidak ada yang melawan Allah.

Iblis dan tentaranya di penjara dalam Abusos selama 1000 tahun, Antikris dan nabi palsu sudah ada dalam Tasik api dan semua orang yang mati dalam dosa ada dalam Neraka. Orang2 yang masih hidup yang melawan sudah dihukum mati semua dalam fase peralihan 45 hari pada permulaan Kerajaan 1000 tahun Dan 12:12. Sebab itu keselamatan dari Allah mengalir keluar ke-mana2 dengan bebas dan semua orang bisa mengambil dengan mudah dan selama 1000 tahun. Betapa indahnya keselamatan dan kesukaan dari Tuhan. Tetapi pada akhirnya akan terbukti bahwa tetap tidak semua orang mau percaya pada kasih dan kebaikan Allah. Rom 10:16, Kis 28:24 dll. Heran, dengan bukti 1000 tahun masih ada yang tidak percaya. Pada waktu mereka dibujuk iblis (pada akhir kerajaan 1000 tahun). Bayangkan betapa lihainya iblis bisa membujuk dan mempengaruhi, melampaui fakta yang terbukti jelas selama 1000 tahun, bahwa hukum2 Tuhan itu perhentian yang manis dan keselamatan dariTuhan itu nyata sekali. Sebab itu jangan mengandalkan kepintaran dan kekuatan kita untuk menghadapi ular tua itu. Bersandar penuh kepada Tuhan, Allah yang penuh hikmat dan kuasa, kalau tidak, bisa ditipu iblis cs.

 

YES 51:5c. Dan lenganKu akan menghakimi orang banyak.

Allah tetap Hakim yang adil dan satu kali semua orang yang tidak percaya akan kena hukuman dari Tuhan (dalam perang Gog dan Magog pada akhir kerajaan 1000 tahun) dan merekamasuk dalam pengadilan Tahta Putih yang Besar! Allah tetap Hakim yang adil, dan akhirnya semua akan terpisah antara umat Allah yang percaya dan umat iblis, yang percaya pada dusta iblis! Orang2 yang memberontak sejak anak2 Adam sampai Gog dan Magog akan dihakimi dalam Tahta Putih yang Besar dan dilempar dalam Tasik api dengan hukuman yang sesuai untuk kekal! Jangan tergolong orang2 yang suka berontak. Baik di rumah, anak2 pada orangtua, istri tunduk pada suami (yang tidak mau tunduk di rumah, seringkali juga jadi suatu hojatan, keributan di Gereja Tit 2:5), juga di dalam Gereja, dalam sekolah, tempat pekerjaan dll; jangan mengandalkan sifat nekad, tetapi bersandar pada Tuhan! Kalau tidak mengerti, tanyakan, bicarakan muka dengan muka dengan kasih (saling mengampuni) dan dipimpin Roh yang membawa kita kepada yang benar Yoh 16:13, jangan berontak melawan yang benar, sehingga juga bicara banyak di belakang. Ams 25:23, akibatnya sangat dahsyat seperti Korah cs.

 

YES 51:5d. Pulau2 akan menungguKu dan mereka akan mempercayai tanganKu.

Dalam kerajaan 1000 tahun masih ada orang2 zaman ini seperti kita sekarang yang belum selesai diolah. Ada yang percaya pada Tuhan, ada yang melawan. Pulau2 ini menceritakan tentang kelompok orang2 yang percaya kepada Tuhan seperti Daud. Maz 72:10; 97:1, Yes 20:6; 41:1,5; 42:10,12.

Pulau dan benua. Heran jumlah orang yang melawan Tuhan dalam Gog dan Magog itu begitu banyak Wah 20:7-10 tetapi masih ada yang percaya yang disebut dengan pulau berarti lebih sedikit. Ini jalan sempit, jumlahnya lebih sedikit. Jangan berkecil hati. Kalau kita bisa percaya, itu anugerah yang sangat besar, sebab banyak yang tidak percaya dan binasa. Jangan berkecil hati karena melihatjumlah yang lebih sedikit, apalagi jumlah yang terus meningkat seperti Kristus, itu makin sedikit. Ada beberapa banyak hal yang belum kita mengerti, itu bagian Allah Ul 29:29. Tetapi yang pasti Allah itu adil, baik, cinta dan tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9. Yang penting, apayang sudah kita mengerti yaitu kita bisa percaya pada Tuhan Yesus, itu kita pegang baik2 sampai kekal. Tetaplah setia sampai akhir, percayalah akan Allah dan kita akan selamat untuk selamanya.

 

YES 51:6. SURGA BUMI LAMA AKAN LENYAP.

 

6a. Angkatlah matamu ke Surga dan lihatlah ke Atas bumi yang di bawah, sebab Surga akan lenyap seperti asap dan bumi akan menjadi tua seperti kain.

Wah 20:1; 21:1, Surga bumi yang lama lenyap dan diganti dengan Surga Bumi Baru 2Pet 3:13 yang jauh lebih indah untuk kekal.

Ini adalah akhir dari kerajaan 1000 tahun, dimana Surga Bumi Lama diganti Surga Bumi Baru. Ini luar biasa. Rencana Allah itu begitu besar meliputi semesta alam, dan kita yang ada di dalamnya begitu kecil dan tidak berarti, tetapi ternyata orang yang percaya itu sangat berarti di mata Allah. Masa depan orang percaya itu terlalu amat besar, dan kita menunggu hari yang mulia itu.

Orang beriman itu menjadi seperti Kristus, menjadi mempelaiNya dan sebagian menjadi umatNya Wah 21:3.

Heran, Surga akan lenyap seperti asap, pahadal begitu besar dan sangat indah dan mulia.

Mengapa Surga lenyap? Bukankah itu tempat Allah. Betul tempat Allah, (tetapi dalam proyek Allah untuk mengolah manusia menjadi seperti Allah, iblis masuk Surga untuk menuduh manusia dan Allah yang adil itu mengizinkan. Sebab memang untuk meningkat dalam kesucian seperti emas yang murni, itu harus mau dimurnikan dalam api 1Pet 1:7. Dengan api yang mana? Iblis, dunia, tubuh dosa dan maut, ini menjadi apinya, dimana manusia diolah dan dibentuk.

Dan Surga juga masuk dalam proyek pengolahan ini, iblis diberi tempat dalam Surga sampai pengolahan itu selesai Wah 12:8. Iblis dibiarkan meng-injak2 Surga, tetapi sesudah proyek pengolahan manusia selesai, Surga yang pernah diinjak iblis, ini juga dibakar habis menjadi uap dan lenyap, diganti baru 2Pet 3:10. Juga bumi tempat pengolahan manusia itu dibakar habis seperti kain saja. Lalu Allah menciptakan

suatu Surga dan Bumi baru, dimana semuaperingatan yang lama lenyap sama sekali, dan tidak teringat lagi Yes 65:17.

 

YES 51:6b. Dan penghuninya akan mati dengan cara yang sama.

Surga Bumi Lama dilenyapkan diganti Surga Bumi Baru. Begitu juga penghuninya lenyap, diganti orang2 dalam tubuh kebangkitan, dalam roh yang berada di Tasik api atau dalam Surga Bumi Baru.

Betapa dahsyat. Semua penghuninya sejak zaman Adam sampai kerajaan 1000 tahun, yang tidak percaya akan mati yaitu dijauhkan dari Allah yang kekal, dalam Tasik api yang kekal Wah 20:15; 21:8. Ini betul2 mati, dipisahkan dari Allah untuk se-lama2nya. Kej 2:17, 2Tes 1:9. Upah dosa adalah maut Rom 6:23, dan semua akan mati dengan cara yang sama yaitu dalam Tasik api untuk kekal.

 

YES 51:6c. Tetapi keselamatan itu untuk se-lama2nya.

Keselamatan itu perkara yang kekal. Seringkali orang hanya memikirkan perkara yang fana, be-rebut2an yang fana dengan mengorbankan keselamatan yang kekal, sebab bagi mereka keselamatan yang tidak tampak itu tidak berharga, jauh lebih penting harta dan semua yang fana, itu sangat sangat bodoh Luk 12:20. Tuhan menyebutkan orang sukses yang kaya raya ini orang bodoh, sebab baginya keselamatan itu tidak ada harganya dan tidak dipedulikan. Tetapi waktu mati ia tidak punya apa2, semua yang fana lenyap dan ia tidak mempunyai keselamatan atau kebenaran. Jangan meremehkan keselamatan kekal, pelihara dan kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar Pil 2:12 ini orang yang bijak dan akan selamat untuk kekal, bahkan jadi mulia sesuai dengan tingkatan2 rohani yang dicapainya dalam dunia ini.

 

YES 51:6d. dan kebenaranKu tidak akan terhapus.

Ini yang heran. Orang yang hidup benar seperti Allah akan kekal se-lama2nya. Benaritu sangat indah dan mulia dan kekal. Jangan mau kembali dalam dosa. Dosa itu maut, mati (Rom 6:23) seperti iblis yang akan mati kekal, dipisahkan dari Allah untuk kekal.

Uang, sukses, sehat, juara, pintar dll semua akan terhapus habis. Tetapi orang yang hidup benar, itu tidak akan terhapus untuk kekal. Luar biasa. Mengapa bergumul mati2an untuk yang akan terhapus? Kalau kita bijak dan mengerti, kita akan bergumul dengan baik2 untuk kebenaran, sebab ini tidak akan terhapus. Juga kesukaan dosa yang sesaat itu pahit dan palsu dan terhapus Ams 14:12-13, tetapi kesukaan dari orang yang hidup benar di hadapan Allah itu murni, indah Yoh 4:14 dan tidak terhapus.

Perempuan Samaria berzina, nikmatnya itu mengerikan dan pahit dan semua bukan hanya terhapus tetapi diganti hukuman kekal. Untung ia bertobat dan mendapat kesukaan orang benar, itu asli Maz 68:4 tidak membuat gelisah tetapi senang, serta tidak terhapus untuk kekal.

Orang benar itu seperti cahaya terang yang makin lama makin terang seperti terang siang seperti matahari Ams 4:18 dan akan bercahaya terang benderang seperti matahari dalam kerajaan Allah Bapa dan tidak terhapus untuk kekal, luar biasa. Ini adalah orang yang bijak, yang mau terus memperjuangkan hidup dan benar, mempertahankan kebenarannya dan terus meningkat sampai pada tingkatan siang yang sempurna seperti matahari Allah Bapa.

 

KESIMPULAN.

Yes 51:4. Orang yang cinta hukum2 Tuhan akan menemukan pembukaan2 yang baru dan bisa hidup dalam perhentian pribadi dan perhentian dalam kerajaan 1000 tahun dalam kemuliaan Allah.

Yes 51:5. Orang yang memelihara dan meningkatkan hidupnya dalam kebenaran Allah itu untung, akan bersinar terang dalam kerajaan Allah.

Jangan remehkan keselamatan, itu lebih dari semua yang fana. Tetapi orang yang suka memberontak akan celaka. Sekalipun jumlah orang benar lebih sedikit tetapi itu jauh lebih indah.

Yes 51:6. Surga Bumi Lama akan diganti Surga Bumi Baru dan mereka yang hidup benar akan bersukacita untuk kekal.

Nyanyian:

Bahwa orang benar seperti pokok kurma.

Yesaya 51:4. Hukum Yang Baru Keluar.

YES 51:4a. Dengarkanlah Aku, umatKu dan berilah telinga kepadaKu.

Ini orang2 yang indah, yang selalu mendengar dan taat pada Tuhan. Telinganya diberikan kepada Firman Tuhan untuk mendengar dan taat. Orang yang dengar2an akan Firman Tuhan itu pasti untung dan bahagia Luk 11:28. Sebetulnya hidup indah untuk orang yang percaya itu mudah, asal percaya dan taat akan Firman Tuhan, semua beres. Sebab untuk mengerti, itu ditolong oleh Roh Kudus Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Sehingga tidaklah sulit untuk mengerti hukum Allah yang dalam dan sulitpun, sebab Roh Kudus sanggup memberi pengertian lengkap dan dalam, di dalam pikiran kita dan memberi kekuatan untuk taat. Kalau kita mau percaya penuh dan jadi robotnya Allah, Dia akan memberi segala yang kita butuhkan untuk bisa mengerti dan taat. Jadi yang penting adalah mau percaya dan mau taat. Selanjutnya Roh Kudus bisa mengerjakan semuanya di dalam kita, sebab tanpaAllah, mentaati Firman Tuhan itu sangat sulit untuk manusia. Apalagi terus tumbuh sampai menjadi seperti Allah, tidak mungkin. Tetapi kalau percaya dan mau taat, Roh Kudus membuat semuanya bisa jadi dengan mulus dan sempurna.

YES 51:4B. Oh umatKu, karena sebuah hukum akan keluar daripadaKu.

Hukum apa ini? Bukankah Firman Tuhan itu sudah lengkap dan sempurna untuk kita manusia, umat Tuhan? Ya sudah lengkap dan tidak boleh ditambahi lagi Wah 22:18-19. Lalu ditambahi hukum apa lagi? Ini bukan menambahihukum yang baru, tetapi yang sudah ada dalam Alkitab, sebab itu tidak ditambahi lagi. Tetapi hukum ini dahulu tertutup, termeterai sehingga tidak dimengerti dan belum bisa ditaati,sebab tertutup. Sesudah dibuka oleh Tuhan baru kita mengerti dan sesudah itu baru hukuman berjalan dan kita mentaatiNya. Tuhan tidak akan menuntut untuktaat pada hukum yang masih tersembunyi, tertutup. Tuhan itu adil, Ia tidak ngawur, tetapi selalu benar dan adil. Ada banyak hukum2 yang baru terbuka sejak Tuhan Yesus menebus manusia di Golgota, lalu satu per satu hukum2 itu pada waktunya dibuka, dimengerti, dialami, begitu indah bagi yang taat tetapi wai bagi yang tidak percaya, yang tidak taat dan melawannya. Sebab itu kita harus ada di pihak Tuhan supaya kita bisa ikut dalam rencana Alah yang indah untuk mengerti perkara2 yang baru dan taat dan mengalami hal2 yang heran dan baru dalam rencana Allah yang indah! Sebab itu tinggal tetap dalam Tuhan, hidup taat dipimpin Roh maka kita tidak akan tertinggal tetapi bisa terus ikut dalam rencana Allah yang indah, dalam pembukaan rahasia2 Allah yang heran itu sesuai dengan jadwal Allah yang heran itu.

YES 51:4c. Dan Aku akan membuat HukumKu menjadi perhentian.

Hukum yang dibuat manusia, hampir selalu menimbulkan pertentangan dari banyak orang dan golongan lain yang tidak setujudan melawannya, sehingga bukan perhentian yang didapatkan, tetapi pertentangan bahkan peperangan kecil atau besar, perang dingin atau perang panas antara yang setuju dan yang melawan. Hukum dalam dunia ini tidak ada yang membuat perhentian, sebab justru hukum2 akal manusia itu selalu menimbulkan pertentangan, selalu ada oposisi, apalagi hukum2 yang fanatik dan ekstrem, membuat pertentangan makin tajam dan makin ramai berkelahi, bahkan peperangan sembunyi2 atau terang2an dan besar2an.

Tetapi hukum2 Tuhan itu luar biasa. Siapa percaya dan taat, ia akan mengalami perhentian Tuhan yang luar biasa. Mat 11:28-30. Meskipun mentaati hukum2 Tuhan itu harus pikul salib, tetapi itu memberi perhentian yang heran dalam hidup kita. Disini ada perhentian yang betul. Yes 28:12-13. Yang tidak mau menolak dan melawan, ia akan tergelincir, jatuh pada hukum2 itu dan masuk jerat dan tertangkap.

Hukum dari Allah adalah perhentian, yang bisa membuat semua umat Tuhan bahkan seluruh dunia mengalami perhentian yang indah dan heran. Luar biasa. Hidup dipimpin Roh itu hidup dalam perhentian pribadi. Sabat rohani Ibr 4:10-11. Ini perhentian dalam Roh dalam setiap pribadi yang hidup taat dipimpin Roh.

Tetapi disini ada perhentian untuk seluruh dunia. Tidak ada hukum dalam dunia ini yang bisa membuat satu negara berubah mengalami perhentian, apalagi seluruh dunia.

YES 51:4d. Sebagai terang bagi umatKu.

Hukum ini jadi terang bagi umat Tuhan, yaitu umat yang percaya dan taat kepada Tuhan. Karena semua taat akan Firman Tuhan, maka semuanya menjadi terang, sukacita dan perhentian di atas bumi. Inilah hukum tongkat besi yang pada waktu itu menjadinyata dan dijalankan, sesudah perang Harmagedon. Wah 2:27. Ini hukum yang keras, setiap salah dihukum dengan tegas dan keras seperti tongkat besi memukul bejana tanah liat, sekali pukul langsung pecah tanpa ampun. Ini hukum yang amat keras Yes 11:3-5. Ini adalah lanjutan sesudah manusia selesai ditebus lahir batin (orang dalam dan orang luar, ikut dalam pengangkatan dan turun dalam perang Harmagedon, memerintah dengan Tuhan Yesus di atas tahta Daud dalam kerajaan damai, perhentian 1000 tahun Luk 1:32. Ini kerajaan terang, damai, sebab masa perhentian Allah 1000 tahun yang amat sentosa. Kunci untuk mengerti tentang kerajaan terang atau damai 1000 tahun  adalah suatu rahasia bahwa dalam kerajaan 1000 tahun ada dua macam orang yaitu orang yang sudah bangkit dalam tubuh kemuliaan yang turun dengan Tuhan Yesus memerintah dalam kerajaan 1000 tahun dan orang yang lepas dari aniaya Antikris yaitu 144.000 orang Israel dan orang2 kafir yang tidak kena cap Antikris dan lolos, mereka masuk dalam kerajaan 1000 tahun sebagai penduduknya, tetapi masih dalam tubuh alamiah seperti tubuh kita sekarang ini, tetapi hidup dalam kerajaan damai 1000 tahun, penuh dengan perhentian. Inilah orang2 yang ditertibkan; tetapi kita yang sudah bangkit atau diubahkan, berada dalam tubuh kemuliaan, tidak lagi bisa berdosa, masuk dalam perhentian kekal.

Luar biasa, ajaib, indah, heran dan terus berada dalam perhentian kekaldan berlaku terus sampai kekal. Sejak pengangkatan kita sudah masuk dalam kekekalan yang heran. Ini hari penting yang kita tunggu2, hari yang mulia dan kita mulai jadi kekal seperti Kristus!

YES 51:5. KEBENARAN ALLAH DEKAT SEKALI.

YES 51:5.a. KebenaranKu ada dekat.

Luar biasa! Biasanya kita ini jauh dari benar apalagi dari sempurna. Orang dunia berkata, mana ada orang benar, orang suci, orang yang tidak pernah bersalah, manusia tidak luput dari salah, tidak ada!

Banyak orang Kristen ikut2 mendeklarasikan hal serupa sebab tidak mengerti, tetapi kita yang mengerti rahasia Firman Tuhan dan percaya, dengan iman mengalaminya, apalagi dengan berjalan dalam Roh, bahkan kita ini hidup di dalam kebenaran Allah. Kita bisa dan ada dalam kebenaran Allah, sebab kita sudah lahir baru, dimerdekakan oleh Kristus Yoh 8:36, Gal 5:1. Kita tidak akan kembali dalam dosa, tetap merdeka, bebas, tidak bisa berdosa lagi Rom 6:1-2. (Meskipun kenyataannya sekali2 masih bisa salah tetapi harus segera diperbaiki kembali dan kembali hidup benar dalam Kristus! Jangan dibiarkan seperti teori yang salah dari hyper grace atau ajaran2 salah lainnya.  Kalau toh ada orang beriman yang berbuat salah atau dosa, masing2 harus dibereskan kembali baik2, sebab semua dosa ada akibatnya Pkh 9:18, apalagi kalau tidak bertobat dan tidak dibereskan habis2an, akibatnya bisa dahsyat dan bisa hilang keselamatannya Yez 33:13. Tetapi kalau mau, kita bisa tinggal dalam kesucian 2Pet 1:10 mati lepas dari dosa Rom 6:1-2 tidak sampai tersontoh oleh apapun dan siapapun Jd 24 sampai menjadi sempurna dan tidak bisa lagi berdosa 1Yoh 3:9 dan tidak bisa lagi benci tetapi selalu penuh dengan kasih sebab kasihnya sempurna. Tit 2:2, 1Yoh 2:5; 4:12.

YES 51:5b. Keselamatanku pergi keluar.

Begitu indah, murah, keselamatan dari Tuhan keluar ke seluruh dunia tanpa ada halangan, tidak seperti sekarang, sebab ada iblis, daging, orang2 yang melawan. Dalam kerajaan 1000 tahun tidak ada yang melawan Allah.

Iblis dan tentaranya di penjara dalam Abusos selama 1000 tahun, Antikris dan nabi palsu sudah ada dalam Tasik api dan semua orang yang mati dalam dosa ada dalam Neraka. Orang2 yang masih hidup yang melawan sudah dihukum mati semua dalam fase peralihan 45 hari pada permulaan Kerajaan 1000 tahun Dan 12:12. Sebab itu keselamatan dari Allah mengalir keluar ke-mana2 dengan bebas dan semua orang bisa mengambil dengan mudah dan selama 1000 tahun. Betapa indahnya keselamatan dan kesukaan dari Tuhan. Tetapi pada akhirnya akan terbukti bahwa tetap tidak semua orang mau percaya pada kasih dan kebaikan Allah. Rom 10:16, Kis 28:24 dll. Heran, dengan bukti 1000 tahun masih ada yang tidak percaya. Pada waktu mereka dibujuk iblis (pada akhir kerajaan 1000 tahun). Bayangkan betapa lihainya iblis bisa membujuk dan mempengaruhi, melampaui fakta yang terbukti jelas selama 1000 tahun, bahwa hukum2 Tuhan itu perhentian yang manis dan keselamatan dariTuhan itu nyata sekali. Sebab itu jangan mengandalkan kepintaran dan kekuatan kita untuk menghadapi ular tua itu. Bersandar penuh kepada Tuhan, Allah yang penuh hikmat dan kuasa, kalau tidak, bisa ditipu iblis cs.

YES 51:5c. Dan lenganKu akan menghakimi orang banyak.

Allah tetap Hakim yang adil dan satu kali semua orang yang tidak percaya akan kena hukuman dari Tuhan (dalam perang Gog dan Magog pada akhir kerajaan 1000 tahun) dan merekamasuk dalam pengadilan Tahta Putih yang Besar! Allah tetap Hakim yang adil, dan akhirnya semua akan terpisah antara umat Allah yang percaya dan umat iblis, yang percaya pada dusta iblis! Orang2 yang memberontak sejak anak2 Adam sampai Gog dan Magog akan dihakimi dalam Tahta Putih yang Besar dan dilempar dalam Tasik api dengan hukuman yang sesuai untuk kekal! Jangan tergolong orang2 yang suka berontak. Baik di rumah, anak2 pada orangtua, istri tunduk pada suami (yang tidak mau tunduk di rumah, seringkali juga jadi suatu hojatan, keributan di Gereja Tit 2:5), juga di dalam Gereja, dalam sekolah, tempat pekerjaan dll; jangan mengandalkan sifat nekad, tetapi bersandar pada Tuhan! Kalau tidak mengerti, tanyakan, bicarakan muka dengan muka dengan kasih (saling mengampuni) dan dipimpin Roh yang membawa kita kepada yang benar Yoh 16:13, jangan berontak melawan yang benar, sehingga juga bicara banyak di belakang. Ams 25:23, akibatnya sangat dahsyat seperti Korah cs.

YES 51:5d. Pulau2 akan menungguKu dan mereka akan mempercayai tanganKu.

Dalam kerajaan 1000 tahun masih ada orang2 zaman ini seperti kita sekarang yang belum selesai diolah. Ada yang percaya pada Tuhan, ada yang melawan. Pulau2 ini menceritakan tentang kelompok orang2 yang percaya kepada Tuhan seperti Daud. Maz 72:10; 97:1, Yes 20:6; 41:1,5; 42:10,12.

Pulau dan benua. Heran jumlah orang yang melawan Tuhan dalam Gog dan Magog itu begitu banyak Wah 20:7-10 tetapi masih ada yang percaya yang disebut dengan pulau berarti lebih sedikit. Ini jalan sempit, jumlahnya lebih sedikit. Jangan berkecil hati. Kalau kita bisa percaya, itu anugerah yang sangat besar, sebab banyak yang tidak percaya dan binasa. Jangan berkecil hati karena melihatjumlah yang lebih sedikit, apalagi jumlah yang terus meningkat seperti Kristus, itu makin sedikit. Ada beberapa banyak hal yang belum kita mengerti, itu bagian Allah Ul 29:29. Tetapi yang pasti Allah itu adil, baik, cinta dan tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9. Yang penting, apayang sudah kita mengerti yaitu kita bisa percaya pada Tuhan Yesus, itu kita pegang baik2 sampai kekal. Tetaplah setia sampai akhir, percayalah akan Allah dan kita akan selamat untuk selamanya.

YES 51:6. SURGA BUMI LAMA AKAN LENYAP.

6a. Angkatlah matamu ke Surga dan lihatlah ke Atas bumi yang di bawah, sebab Surga akan lenyap seperti asap dan bumi akan menjadi tua seperti kain.

Wah 20:1; 21:1, Surga bumi yang lama lenyap dan diganti dengan Surga Bumi Baru 2Pet 3:13 yang jauh lebih indah untuk kekal.

Ini adalah akhir dari kerajaan 1000 tahun, dimana Surga Bumi Lama diganti Surga Bumi Baru. Ini luar biasa. Rencana Allah itu begitu besar meliputi semesta alam, dan kita yang ada di dalamnya begitu kecil dan tidak berarti, tetapi ternyata orang yang percaya itu sangat berarti di mata Allah. Masa depan orang percaya itu terlalu amat besar, dan kita menunggu hari yang mulia itu.

Orang beriman itu menjadi seperti Kristus, menjadi mempelaiNya dan sebagian menjadi umatNya Wah 21:3.

Heran, Surga akan lenyap seperti asap, pahadal begitu besar dan sangat indah dan mulia.

Mengapa Surga lenyap? Bukankah itu tempat Allah. Betul tempat Allah, (tetapi dalam proyek Allah untuk mengolah manusia menjadi seperti Allah, iblis masuk Surga untuk menuduh manusia dan Allah yang adil itu mengizinkan. Sebab memang untuk meningkat dalam kesucian seperti emas yang murni, itu harus mau dimurnikan dalam api 1Pet 1:7. Dengan api yang mana? Iblis, dunia, tubuh dosa dan maut, ini menjadi apinya, dimana manusia diolah dan dibentuk.

Dan Surga juga masuk dalam proyek pengolahan ini, iblis diberi tempat dalam Surga sampai pengolahan itu selesai Wah 12:8. Iblis dibiarkan meng-injak2 Surga, tetapi sesudah proyek pengolahan manusia selesai, Surga yang pernah diinjak iblis, ini juga dibakar habis menjadi uap dan lenyap, diganti baru 2Pet 3:10. Juga bumi tempat pengolahan manusia itu dibakar habis seperti kain saja. Lalu Allah menciptakan

suatu Surga dan Bumi baru, dimana semuaperingatan yang lama lenyap sama sekali, dan tidak teringat lagi Yes 65:17.

YES 51:6b. Dan penghuninya akan mati dengan cara yang sama.

Surga Bumi Lama dilenyapkan diganti Surga Bumi Baru. Begitu juga penghuninya lenyap, diganti orang2 dalam tubuh kebangkitan, dalam roh yang berada di Tasik api atau dalam Surga Bumi Baru.

Betapa dahsyat. Semua penghuninya sejak zaman Adam sampai kerajaan 1000 tahun, yang tidak percaya akan mati yaitu dijauhkan dari Allah yang kekal, dalam Tasik api yang kekal Wah 20:15; 21:8. Ini betul2 mati, dipisahkan dari Allah untuk se-lama2nya. Kej 2:17, 2Tes 1:9. Upah dosa adalah maut Rom 6:23, dan semua akan mati dengan cara yang sama yaitu dalam Tasik api untuk kekal.

YES 51:6c. Tetapi keselamatan itu untuk se-lama2nya.

Keselamatan itu perkara yang kekal. Seringkali orang hanya memikirkan perkara yang fana, be-rebut2an yang fana dengan mengorbankan keselamatan yang kekal, sebab bagi mereka keselamatan yang tidak tampak itu tidak berharga, jauh lebih penting harta dan semua yang fana, itu sangat sangat bodoh Luk 12:20. Tuhan menyebutkan orang sukses yang kaya raya ini orang bodoh, sebab baginya keselamatan itu tidak ada harganya dan tidak dipedulikan. Tetapi waktu mati ia tidak punya apa2, semua yang fana lenyap dan ia tidak mempunyai keselamatan atau kebenaran. Jangan meremehkan keselamatan kekal, pelihara dan kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar Pil 2:12 ini orang yang bijak dan akan selamat untuk kekal, bahkan jadi mulia sesuai dengan tingkatan2 rohani yang dicapainya dalam dunia ini.

YES 51:6d. dan kebenaranKu tidak akan terhapus.

Ini yang heran. Orang yang hidup benar seperti Allah akan kekal se-lama2nya. Benaritu sangat indah dan mulia dan kekal. Jangan mau kembali dalam dosa. Dosa itu maut, mati (Rom 6:23) seperti iblis yang akan mati kekal, dipisahkan dari Allah untuk kekal.

Uang, sukses, sehat, juara, pintar dll semua akan terhapus habis. Tetapi orang yang hidup benar, itu tidak akan terhapus untuk kekal. Luar biasa. Mengapa bergumul mati2an untuk yang akan terhapus? Kalau kita bijak dan mengerti, kita akan bergumul dengan baik2 untuk kebenaran, sebab ini tidak akan terhapus. Juga kesukaan dosa yang sesaat itu pahit dan palsu dan terhapus Ams 14:12-13, tetapi kesukaan dari orang yang hidup benar di hadapan Allah itu murni, indah Yoh 4:14 dan tidak terhapus.

Perempuan Samaria berzina, nikmatnya itu mengerikan dan pahit dan semua bukan hanya terhapus tetapi diganti hukuman kekal. Untung ia bertobat dan mendapat kesukaan orang benar, itu asli Maz 68:4 tidak membuat gelisah tetapi senang, serta tidak terhapus untuk kekal.

Orang benar itu seperti cahaya terang yang makin lama makin terang seperti terang siang seperti matahari Ams 4:18 dan akan bercahaya terang benderang seperti matahari dalam kerajaan Allah Bapa dan tidak terhapus untuk kekal, luar biasa. Ini adalah orang yang bijak, yang mau terus memperjuangkan hidup dan benar, mempertahankan kebenarannya dan terus meningkat sampai pada tingkatan siang yang sempurna seperti matahari Allah Bapa.

KESIMPULAN.

Yes 51:4. Orang yang cinta hukum2 Tuhan akan menemukan pembukaan2 yang baru dan bisa hidup dalam perhentian pribadi dan perhentian dalam kerajaan 1000 tahun dalam kemuliaan Allah.

Yes 51:5. Orang yang memelihara dan meningkatkan hidupnya dalam kebenaran Allah itu untung, akan bersinar terang dalam kerajaan Allah.

Jangan remehkan keselamatan, itu lebih dari semua yang fana. Tetapi orang yang suka memberontak akan celaka. Sekalipun jumlah orang benar lebih sedikit tetapi itu jauh lebih indah.

Yes 51:6. Surga Bumi Lama akan diganti Surga Bumi Baru dan mereka yang hidup benar akan bersukacita untuk kekal.

Nyanyian:

Bahwa orang benar seperti pokok kurma.