YS257 – Yesaya 51:1-3. Padang Gurun Jadi Eden.

YES 51:1. ASAL USUL YANG TIDAK BERARTI.

1.a. Dengarkanlah Aku, engkau yang menuruti kebenaran.

Kita harus terus mendengarkan Tuhan, bukan suara daging, iblis atau dunia yang penuh dengan kesukaan dosa yang palsu. Dengarkan terus suara Tuhan dalam Firman Tuhan, ibadah, doa, peristiwa2, pelayanan dalam Gereja bahkan di mana saja kalau Tuhan berfirman dengarkanlah, pasti untung. Semua yang lain seringkali kita juga terpaksa dengar, tetapi jangan dipegang, lihat dalam terang Firman Tuhan, dan dengar Firman Tuhan.

1.b. Engkau yang menuruti kebenaran.

Orang beriman ada yang hidup menurut Firman Tuhan yaitu kebenaran Yoh 17:17, ada yang tidak mau, ia menuruti yang lain, istimewa kehendaknya sendiri, dunia iblis dll. Jangan sampai keliru. Orang yang mendengar dan tidak taat itu hidupnya akan sia2 dan celaka, ia hanya menjadipendengar, bukan penurut Firman Tuhan. Yak 1:22-25. Orang2 yang berbahagia adalah orang2 yang taat akan Firman Tuhan yang sudah didengarnya, tidak perlu dibunuh supaya bahagia (euthanasia, dibunuh supaya bahagia, mati sebagai mangsanya iblis si pembunuh. Iblis: mati itu bahagia dan sebagian orang percaya dan mau, betapa celakanya).

1.c. Engkau yang mencari Tuhan, akan hidup dan bahagia. Amos 5:4-6.

Tidak semua orang Kristen mau cari Tuhan, bahkan dalam Gerejapun masih cari keindahan, kemerduan dan kesukaan duniawi atau cari roti, bukan cari Kristus Yoh 6:26. Ini semua orang yang sia2. Kalau ke Gereja, ikut pelayanan, ibadah, berdoa dll tetapi tidak cari Tuhan, itu bukan ibadat yang betul, tetapi salah dan celaka, juga menyesatkan orang lain.

Orang2 yang sungguh2 cari Tuhan, sikap dan perbuatannya lain, yaitu dengan sungguh2 bertobat, hidup suci, belajar Firman Tuhan se-banyak2nya, berdoa dan bergairah dalam bersaksi atau melayani. Kalau ke Gereja, mereka tidak cari makan minum atau uang atau entertainment, tetapi cari Tuhan dan itu jadi sumber kepuasan, sukacita, keselamatan, dan berkatnya.Carilah Tuhan dengan betul. Jangan hanyacari teman (sebetulnya di Gereja semua menjadi saudara seiman, tetapi mereka yang tidak dapat teman itu, sebab mencari teman khusus, menurut selera dan cocok dengan daging dan kehendaknya sendiri. Di Gereja banyak sekali saudara seiman, jadilah anggota satu dari yang lain Rom 12:5, 1Kor 12:27, Ef 4:25. Bersekutulah dengan betul dalam terang dan kasih Kristus 1Yoh 1:7 pasti temannya banyak dan bisa bersekutu. Tetapi kalau cari teman yang cocok dengan tabiat daging dan duniawinya, itu harus diubah, carilah Tuhan!Kalau mau cari Tuhan, maka kita bisa bersekutu dengan yang betul mencari Tuhan dan menjadi garam dan menjadi berkat bagi yang belum bertobat).

1.d. Lihatlah pada gunung batu dari mana engkau dipahat.

Semua orang itu berasal dari dalam bumi atau dunia ini. Ini orang-lama yang sesudah lahir baru diubah jadi orang-baru. Jangan kembali hidup sebagai orang lama. 2Kor 5:17. Dipahat dari gunung batu. Mengapa dipotong atau dipahat, suatu tanda dari usaha yang tidak mudah, yang sulit. Ya memang hidup ini harus dipahat, lepas dari segala kekerasan hidup cara duniawi ini Ef 4:17-32 lalu jadi anak terang.

Begitu kita dikerat, dipotong, dipahat keluar dari gunung batu dunia ini (ini bukan gunung batu Kristus, itu lain lagi, Maz 18:3, {s 5553 sela}. Ini gunung batu dunia Yes 51:1 tsur 6697. Sebagai contoh yang lain, juga singa bisa berarti dua, singa bisa berarti iblis 1Pet 5:8, bisa berarti Kristus Wah 5:5. Juga gunung batu, ini berbeda).

1.e. dan kepada lubang sumur dari mana kamu digali.

Sesudah dipahat keluar dari gunung batu dunia atau hidup lama ini, lalu batu itu masih harus diproses, dihaluskan sehingga tidak lagi sama dengan lubang sumur tempat batu ini diambil.

Sudah berubah sama sekali. Dulu orang lama sekarang orang baru, dahulu anak gelap sekarang jadi anak terang, dahulu anak iblis sekarang jadi anak Allah, dahulu anak kebinasaan sekarang anak kehidupan, sudah berubah sama sekali. Sesudah dikeluarkan dari anak gelap, orang lama dalam Ef 4:17-32, sekarang diolah sehingga menjadi anak terang dalam Ef 5,6, bahkan jadi prajurit Kristus dengan selengkap senjata Allah, menjadi musuh dari iblis dan tentaranya Ef 6:12. Sudah lain sama sekali. Jangan kembali dalam hidup cara lama dan pakai cara baru untuk berperang melawan iblis. Sudah berubah total, begitu indah! Begitu ajaib perbuatan Tuhan, yang bisa mengubah dari anak iblis menjadi anak Allah, dari isi neraka pindah menjadi isi Surga!

YES 51:2. ANAK CUCU ABRAHAM DAN SARAH.

2.a. Lihatlah kepada Abraham bapamu.

Semua orang percaya adalah anak2 rohani dari bapa Abraham Gal 3:7,8. Orang yang percaya itu menjadi anak2 Allah Yoh 1:12. Mengapa juga disebut anak2 Abraham? Sebab ini adalah hasil atau buah dari hidup Abraham yang menjadi berkat bagi seisi dunia. Orang yang sungguh2 percaya kepada Tuhan dan taat itu bukan saja dapat keselamatan bagi dirinya sendiri tetapi juga menjadi berkat bagi orang2 lain. Abraham menjadi contoh dan menghasilkan umat Tuhan dan dari turunannya lahirlah Juru selamat yang menjadi keselamatan bagi kita. Justru kalau kita menjadi berkat bagi orang lain, kita akan tumbuh lebih indah dan lebih tinggi. Memang di dalam pelayanan, di dalam memenangkan jiwa, kita akan tumbuh lebih cepat dan lebih murni 2Tim 2:20-21. Orang yang mau ber-buah2, memenangkan jiwa dengan sungguh2, menyenangkan hati Tuhan (bukan cari nama, uang dll), maka ia harus bertobat, hidup suci dan tulus supaya Roh Kudus bisa bekerja dalam hidupnya, perlu berdoa, merendahkan diri, pikul salib, belajar Firman Tuhan dst. Sebab itu yang mau ber-buah2 dengan tulus untuk Tuhan akan cepat tumbuh rohaninya, sebab ada banyak problem dan kesukaran dalam pelayana dan kalau mau menanggung karena Kristus, Roh Kudus akan bekerja dalam hidupnya dan ia akan tumbuh lebih cepat jadi mulia, seperti Abraham yang mempunyai banyak anak  (jangan lupa follow upnya supaya anak2 rohaninya tidak sampai mati rohani tetapi sungguh2 berubah, terus tumbuh dan juga ber-buah2, seperti kita yang menjadi seperti Kristus 1Kor 11:1. Miliki anak2 rohani jangan mandul. Dalam Wasiat Lama yang diharapkan anak2 lahiriah tetapi sekarang dalam Wasiat Baru yang lebih penting adalah anak2 rohani. Yes 54:1. Tentu anak2 jasmani juga Tuhan berikan pada kita juga harus jadi anak rohani, supaya sama2 masuk Surga, bukan masuk Neraka. Betapa susahnya kalau anak2 jasmani hanya mendapat faedah jasmani dari orangtuanya tetapi tidak mendapat faedah rohani sehingga tidak masuk Surga, sebab itu  orangtua harus betul2 memperhatikan sambil berdoa (pegang janji Kis 16:31) supaya anak2nya dibimbing dan ditertibkan supaya sungguh2 bertobat, percaya Tuhan Yesus dan tumbuh imannya dan selamat bahkan ber-buah2. Jangan biarkan anak2 berkeliaran ke sana-sini sekalipun dengan dalih berbakti, tetapi didiklah untuk setia beribadah ber-sama2 orangtua, kecuali Gereja orangtuanya rusak dan sesat, memang harus “pindah ke Yehuda” 2Taw 11:16; 15:9. Satu keluarga lebih baik dalam satu Gereja.Satu Gereja perlu sehati, sejiwa, sepikir, setujuan Mrk 3:25, Pil 2:2-3, 1Kor 1:10, apalagi satu keluarga, perlu bersekutu dan bersehati ber-sama2, sebab kalau bisa bersekutu, hasil akan lebih besar, lebih cepat, indah dan tumbuh dengan baik Im 26;8.

2.b. dan Sarah yang melahirkan engkau.

Kelahiran dari Sarah adalah hasil dari perjanjian dan mujizat Tuhan. Jangan berkecil hati, sekalipun mustahil, pasti bisa.

Taatlah dengan tulus dan dipimpin Roh untuk bisa ber-buah2 bagi Tuhan. Ber-buah2, jangan dianggap ringan, sebab carang yang tidak berbuah itu berarti tidak melakukan kehendak Bapa Mat 7:21 dan akan dipotong Yoh 15:2, rohaninya akan rusak sebab tidak mau taat. Berdoalah sungguh2 seperti Rachel, minta anak sampai berani mengorbankan diri sampai mati supaya bisa punya anak Kej 30:1. Punya anak jasmani dalam Wasiat Lama itu sesuatu yang indah, lebih2 punya anak rohani sekarang itu sangat indah, mulia. Jiwa2 yang kita menangkan itu menjadi mahkota kita. 1Tes 5:19-20. Bukan supaya kita jadi besar dan megah, tetapi sebab orang yang menangkan jiwa2 sampai berhasil itu karena belas kasihan Mat 9:13 (supaya jangan sampai merekabinasa masuk Neraka), yaitu karena kasih Kristus Luk 10:27. Sebab kasih, maka orang yang memenangkan jiwa menjadi indah, sebab orang yang hidup dengan kasih itu seperti Kristus, Kristus dan Allah itu kasih.

2.c. Sebab Aku memanggillnya waktu sendirian dan memberkatinya dan memperbanyakkannya.

Orang yang dipanggil Tuhan harus punya keputusan sendiri untuk mau percaya dan taat pada Tuhan. Jangan ikut2an, tetapi sungguh2 mau ikut Tuhan dan taat sampai mati. Abraham ambil keputusan yang tepat dan tetap setia sampai mati; sebab itu ia diberkati dan diperbanyak sehingga ia hidup sampai mati dengan se-puas2 umurnya, penuh sukacita dari Tuhan Kej 25:7,8 dan lebih2 lagi dalam Surga yang mulia sangat bahagia dan untung sampai kekal. Jangan ikut2an, jangan mendua Yak 4:8 tetapi ikut Tuhan dengan keputusan bulat sampai mati, itu indah dan heran untuk di dunia sampai kekal. Tuhan memberkati jumlahnya, jiwa2 yang dimenangkan. Rindulah punya banyak anak rohani, jangan mandul Luk 23:29. Layani jiwa2, baik angka 1,2,3 istimewa memenangkan jiwa baru, itu membuat hidup rohani menjadi sehat dan tumbuh sangat indah. Secara jasmani orang yang tidak pernah bergerak menjadi atrofis (kurus dan fungsinya merosot), apalagi secara rohani, sebab itu “bergeraklah” miliki anak2 rohani se-banyak2nya, sebanyak Abraham, itu sangat indah dan mulia di dunia (campuran senang dan susah, seperti orang punya anak banyak itu senang tetapi jugabanyak pusing, kadang2 makan hati), tetapi kalau ia melakukannya baik2, anak2 yang baik itu sangat indah, lebih2 di Surga hanya penuh sukacita dan tidak ada susahnya. Yang mau punya anak banyak, pasti diberi oleh Tuhan, dan sekaligus rohaninya akan tumbuh, makin mahir pikul salib, mahir dalam tabiat yang baru, penuh pengurapan dan kuasa dan mulia di Surga untuk kekal.

YES 51:3. PADANG GURUN MENJADI EDEN, PADANG PASIR MENJADI TAMAN TUHAN.

3.a. Karena Tuhan akan menghiburkan Sion dan Ia akan menghiburkan semua tempat2nya yang rusak.

Sion itulah bayangan dari Gereja Tuhan. Memang hidup di dunia ini banyak penderitaan, tetapi semua itu akan menjadi ukuran kemuliaan yang akan kita terima di Surga kekal Rom 8:17-18. Jangan kuatir, kita pasti sanggup memikul semuanya; bahkan justru orang yang mengerti, semua kesukaran itu menjadi kesukaan kita Kis 5:41, Mat 5:10-12. Tidak sia2 menderita karena kebenaran (jangan karena dosa!) sebab itu jangan takut punya anak banyak, banyak penderitaan, tetapi penghiburan Tuhan itu jauh lebih indah daripada penderitaan yang kita alami. Sebetulnya ringan dan mudah untuk jadi mulia di Surga, kalau sungguh2 mau,sebab memang dibuat mudah karena Tuhan cinta kita. Justru kita ini harus memperbaiki tempat2 yang rusak, yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan supaya jadi baik, sebab pelayanan untuk membetulkan, yang penuh dengan penderitaan, itumenjadi ukuran kemuliaan di Surga dan orang yang mengerjakannya itu menjadi lebih mulia lagi. Pasti lebih indah yang membetulkan daripada yang dibetulkan.

Seharusnya, se-bisa2nya, jangan jadi “yang dibetulkan” tetapi “yang membetulkan”. Orang yang dipanggil Tuhan itu harus hidup benar, tidak pernah jatuh 2Pet 1:10. (Dalam dunia yang dibetulkan itu pasien, yang membetulkan itu dokternya, tentu lebih tinggi tingkatnya menjadi “yang membetulkan”). Sebab itu jangan bolak balik rusak tetapi hidup suci dan tumbuh makin seperti Kristus, maka kita bisa dipakai Tuhan menjadi golongan “yang membetulkan” untuk menolong saudara2 seiman (dan orang dunia yang belum percaya) untuk diolah jadi baik. Kalau ada orang2 yang rusak, jangan kecil hati, sakit hati, tidak suka, “JMPE” dll tetapi bersukacitalah dengan kasih dan kuasa Allah, sebab ini menjadi rezeki kita (Yoh 4:32) supaya kita boleh tumbuh dan berkenan pada Tuhan. Jangan sampai yang membetulkan itu jatuh dalam dosa, lalujadi “pasien” itu berarti celaka dan bodoh. Tetaplah bagi golongan orang2 yang membetulkan meskipun susah dan makan hati, kemuliaan upahnya besar.

3.b. dan Ia akan membuat padang gurunnya menjadi seperti Eden.

Orang bodohpun akan mengerti betapa indahnya perubahan ini. Dari padang gurun yang celaka menjadi Eden tempat  yang sangat mulia yang disediakan Tuhan. Eden dalam dunia tetap ada dua macam pohon, tetapi Eden dalam Surga hanya pohon Hayat. Perubahan yang Tuhan lakukan yaitu tempat2 yang rusak menjadi Eden, itu sangat indah, berkat jasmani dan rohani, tetapi jangan makan buah pohon pengetahuan baik dan jahat, sebab itu berarti jatuh. Kalau Tuhan sudah bekerja dan mengangkat kita dengan heran, jangan sampai jatuh sombong, ingin dipuji dan dibesarkan, ingin suksesnya diketahui orang banyak supaya ia jadi besar, tetapi tetaplah rendah hati. Jangan jatuh dalamdosa apapun (uang, zina, duniawi dsb) tetapi tetap suci sehingga kita makin tumbuh makin indah di hadapan Allah? Kalau kita tetap suci, kemuliaan itu ikut kita sampai kekal. Bahkan di dunia kita bisa hidup seperti di Eden, sangat indah dan senang; Biarpun dalam penjara tetapi Paulus merasa seperti di Eden, yaitu taman untuk Adam dan Hawa. Jangan bimbang, pasti indah, termasuk hal2 jasmani Tuhan akan jamin, Tuhan pelihara.

3.c. dan padang pasirnya seperti taman Tuhan, kegirangan dan sukacita akan melimpah di dalamnya, ucapan syukur dan suara nyanyian.

(Padang gurun = wilderness, masih ada pohon2; Padang pasir = desert, hanya pasir kering).

Eden adalah taman untuk Adam dan Hawa Kej 2:15, tetapi padang pasirnya akan menjadi taman Tuhan, tingkatnya lebih tinggi.

Lebih dahsyat ujiannya, kalau lulus, lebih tinggi tingkatnya, lebih mulia, lebih indah penuh dengan kegirangan dan sukacita, syukur dan nyanyian.

Dalam Minggu ke-70 Daniel ada lebih banyak penderitaan, lebih2 dengan timbulnya tiga Antikris pendahulu Dan 7:1-6, sangat dahsyat, tetapi juga hasilnya sangat mulia, seperti Surga di bumi, se-olah2 tamannya Tuhan, 3 Pribadi Allah (Eden, tamannya, Adam Hawa). Jangan takut, Tuhan akan pimpin kita dan hasilnya jauh lebih indah dan lebih mulia, yaitu timbul 144.000 orang sempurna (ini seperti Kristus, bahkan lebih lagi Yoh 14:12) begitu ajaib, indah, mulia, penuh dengan mujizat. Orang2 beriman yang ada di dalamnya, betul ditertibkan dan disucikan dan masuk dalam kemuliaan orang2 sempurna! Jangan takut sengsara dan penderitaan, Tuhan beri kekuatan dan penghiburan, pasti kuat di dalam Tuhan dan lebih2 lagi ada kemuliaan yang abadi 1Pet 4:14. Penderitaan karena Kristus itu berati kemuliaan kekal yang limpah, sebab itu jangan kecil hati, harus berani pikul salib, naik atas Mezbah sebab kuasa kebangkitan Kristus bagi kita cukup dan kita beroleh kemuliaan yang amat besar.

Nyanyian:

– Semakin mulia Dia mengubahku, ubahku, ubahku.

– Salib hentar aku trus.