YS249 – Yesaya 49:22-26. Kemenangan Terakhir Dan Terbesar. (Sambungan).

YESAYA 49:23. FASILITAS TERTINGGI DARI DUNIA IKUT DALAM PENAMATAN RENCANA ALLAH.

23.a. Dan raja2 akan menjadi bapa2 pengasuhnya, ratu2nya menjadi ibu pengasuhnya.

Luar biasa. Gereja jadi begitu tinggi dan mulia dan ajaib Wah 12:1. Raja dan Ratu adalah yang tertinggi dari dunia, tetapi mereka jadi pengasuh anak2 yang paling kecil dari umat Tuhan. Ini bukan berarti kemewahan seperti yang dikejar orang dunia, yang merasa bahagia kalau bisa hidup dalam kemewahan yang limpah. Orang beriman bisa hidup miskin atau kaya Pil 4:11-12, tidak tergantung dari dunia ini. 1Kor 7:31. Kita bisa berpada dan tidak terikat dengan apapun dari dunia ini, tetapi bisa memakai semuanya dalam kesucian untuk kemuliaan nama Tuhan. Jangan salah mengerti, bukan jadi hamba yang terikat dalam segala yang paling baik dalam dunia, tetapi jadi tuannya, bisa memakai tanpa terikat oleh segala perkara2 yang besar dan mewah dan terbaik dalam dunia. Apalagi dalam Gereja akhir zaman, sedikit dosa sudah ditindak keras, tidak ada yang berani, juga dibandingkan dengan kemuliaan Gereja akhir zaman (seperti Surga di bumi) semua keindahan, kemajuan dan ajaib dunia ini tidak sebanding dengan kemuliaan Surgawi dalam Gereja akhir zaman. Misalnya pindah dalam sekejab seperti Pilipus Kis 8:40 itu lebih cepat dari jet yang paling cepat. Tetapi sebagian fasilitas dunia ini masih kita pakai sebab kita belum mengalami tebus tubuh, sekaligus melatih ketaatan kita (kadang2 Tuhan lambat menolong, bukan sebab Dia tidak bisa, tetapi untuk melatih kita untuk sabar menunggu dan menyadarkan bahwa kita mutlak membutuhkan Tuhan. Zak 4:6).

 

23.b. Mereka akan sujud sampai mukanya ke bumi dan menjilat debu kaki mu.

Ini sangat dahsyat. Musuh direndahkan begitu sangat, sampai raja2 dan ratu2nya ditundukkan sehingga mau menjilat debu kaki. Ini terlalu direndahkan se-olah2 sudah tidak ada harga dan kekuatannya. Begitu tinggi Gereja Tuhan di atas semuanya, sebab Gereja akhir zaman itu seperti Surga di bumi, sangat jauh di atas musuh2nya dan mulia Hag 2:10. Jangan keliru, meskipun sangat mulia dan tinggi, tetapi tetap dalam kesucian dan tidak terikat dengan perkara2 dunia ini, juga tidak sombong tetapi penuh dengan kerendahan hati dan kemuliaan ilahi. Semua perkara2 dunia sangat limpah tetapi tanpa percintaan dan sangat tertib, tidak ada pemakaian yang salah oleh kuasa dan pengurapan Roh Kudus.

 

23.c. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan.

Tuhan berarti Tuan. Sekarang masih kedengaran orang2 beriman, Gereja di-injak2 bahkan sangat direndahkan sampai dibunuh dalam kekejamanISIS dll. Ini memang tergantung dari jumlah kuasa umat Tuhan yaitu dari berapa banyak bisa tetap rendah hati, tidak bereaksi dosa (Rom 12:21) dan limpah berdoa sehingga limpah dengan kuasa Roh Kudus Kis 1:8, Luk 24:49, Yak 5:16. Sebab itu makin lama, Gereja harus bisa berdoa dengan limpah dalam Roh (dengan bahasa lidah 1Kor 14:14) dan kebenaran. Sebab kita menang, lolos dan meningkat bukan dengan kekuatan manusiawi, tetapi dengan kuasa Allah. Tuhan Yesus adalah Tuhan yang dipertuhankan Wah 19:16 kalau kita limpah dengan kuasa Allah dalam kesucian, kebenaran. Sampai seberapa Yesus adalah Tuhan, itu tergantung dari ketaatan kita masing2. Sebab itu hiduplah dalam kesucian dan meningkatlah dalam doa dll, 7 KPR plus.

Orang2 yang melawan dan dunia akan bertekuk lutut, bahkan sampai mukanya ke bumi dan menjilat debu kaki sesuai dengan kelimpahan kuasa Allah. Berdoalah di mana2, lebih2 dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24. Ini cara berdoa akhir zaman. (Jangan lupa dimulai dengan daging bertelut dan dimatikan dalam hidup kita, baru keluar menghadapi Antikris2 yang muncul.

 

23.d. Sebab mereka tidak akan malu yaitu yang menungguKu.

Menunggu itu sangat penting, mata pelajaran bagi semua orang beriman. Sebab dengan menunggu dengan betul, dalam iman dan kesucian, kita diolah sehingga tumbuh makin meningkat di hadapan Tuhan Maz 25:3.

Jangan menunggu dengan ber-sungut2, berontak, menuduh Tuhan dengan vokal sebab Tuhan belum bekerja seperti orang Israel Bil 14:22. Jangan menunggu dengan melangkah salah seperti Sarah yang mengambil Hagar atau seperti Ribkah yang membuat siasat mengambil berkat hak sulung si Esau dengan cara dan kelihaiannya sendiri, akhirnya celaka. Menunggu dalam kesucian, tetap percaya (sebab itu bersyukur bukan ber-sungut) dan tetap sejahtera dipimpin Roh Pil 4:7. Yusuf, Daud, Daniel dll terus menunggu dalam kesucian (tidak marah lalu berbuat dosa atau tindakan2 kedagingan atau menuruti akalnya sendiri). Sebab itu Yusuf dll tumbuh imannya dan sesudah sampai waktunya, ia diangkat sangat tinggi sesuai dengan rencana Allah. Menunggu itu penting, sebab kesabaran, tumbuh tabiat baru, tumbuh terus, tekun berdoa, terus belajar Firman Tuhan dan hidup berkenan pada Tuhan meskipun “Tuhan tidak tolong”, tetapi semua itu pengolahan untuk mencapai pertolongan Tuhan yang tertentu. Yusuf dan Maria sangat sederhana, tetapi mereka mau menunggu sebagai bujang dalam pernikahannya dan hasilnya Juru selamat lahir dengan kemuliaan ilahi Mat 1:25. Jangan bertindak menurut kehendak sendiri, membalas, menghukum, emosi dll dosa, tetapi tetap suci, sejahtera dan bersyukur sampai waktunya datang dan kemuliaan Allah turun.

 

YES 49:24. TERTAWAN ATAU MERDEKA PENUH.

 

24.a. Apakah jarahan itu dirampas dari orang2 yang kuat.

Jarahan adalah milik yang dirampas musuh. Bisakah jarahan itu kembali dalam tangan umat Tuhan? Ada banyak hal jasmani dan rohani yang hilang sebab dirampas musuh, karena ada dosa atau kesalahan. Mungkin kerugian, uang yang dibawa lari atau hilang (seperti yang dialami Ayub) atau cacat2 dari penyakit atau gangguan2 dalam pelayanan, dalam karunia2, jabatan, kesucian dan kekayaan rohani lainnya. Semua ini bisa dirampas kembali, jangan kuatir atau ragu2. Kita menunggu sampai semua dirampas kembali dari musuh. Apa yang ada dipakai dengan penuh syukur dalam pimpinan kuasa Allah. Sebetulnya tidak ada yang mustahil bagi orang yang bisa percaya Mrk 9:23, Mat 8:13. Sebab itu belajar Firman Tuhan lebih banyak, berdoa dan saling menguatkan supaya iman terus tumbuh, jangan berhenti tumbuh dan tetap tinggal dalam Dia yang benar.

 

24.b. atau dapatkah tawanan yang sudah resmi dilepaskan?

Seharusnya kita bisa bebas penuh. Yoh 8:36, Rom 6:1-2. Bukan kehendak Tuhan untuk diperbudak oleh dosa, tabiat lama, tradisi dunia atau apa saja dalam dunia ini. Kita seharusnya harus bisa betul merdeka dan tetap merdeka dari dosa dan semua ikatan lainnya. Jangan ber-ulang2 dipulihkan tetapi tumbuh dalam kesucian dan makin mahir melakukan kehendak Bapa.

Semua yang indah2 sudah bisa kita nikmati sekarang kalau mau, sebab Roh Kudus dan Firman Tuhan yang ada pada kita sama dan tidak berubah. Yang penting Allah tidak berubah Ibr 13:8. Semua bisa jadi kalau percaya Mrk 9:23 sehingga sekalipun dalam Wasiat Lama Henokh bisa jadi sempurna, itu ajaib sebab fasilitas dan zamannya itusangat kuno (belum ada banyak fasilitas rohani) Ibr 11:5. Apalagi zaman sekarang, sudah dekat penamatan rencana Allah, kalau mahir dipimpin Roh, bisa terus meningkat bukan hanya merdekapenuh tetapi sampai sempurna. Jangan jatuh bangun sehingga harus terus dipulihkan, tetapi tumbuhlah terus dengan berjalan dalam Roh sampai sempurna, meskipun yang sudah mencapai kesempurnaan masih sangat sedikit (belum tampak).

 

 

Tetapi kalau sekarang kita sudah merdeka penuh dan tumbuh, kita akan mengalami hal2 yang lebih indah dan besar dalam Minggu ke-70 Daniel. Jangan nyanyi pemulihan lebih banyak dari tumbuh, rindulah untuk terus tumbuh dalam kesucian!

 

YES 49:25. TUHAN MELAKUKAN PERKARA2 BESAR PADA AKHIR ZAMAN.

 

25.a. Tetapi demikianlah Firman Tuhan, tawanan2 dari orang2 yang kuat akan dibawa pergi dan jarahan dari orang2 yang dahsyat akan dilepaskan.

Untuk penyempurnaan Gereja dan penyelesaian rencana Allah Tuhan menjanjikan fasilitas yang lebih besar seperti Hujan akhir dll. Mengapa tidak bisa sekarang? Sebab itu tergantung dari umat Tuhan sendiri, apakah bisa tahan; menerima fasilitas besar, jadi sombong? semaunya sendiri? dll. Misalnya uang, rata2 masih banyak orang Kristen yang miskin atau menengah sebab belum bisa diberkati banyak. Kaya sedikit, sombongnya sudah banyak dan supaya tidak jatuh, terpaksa berkat Tuhan disesuaikan dengan kemampuan supaya tetap selamat. Tetapi yang mau tetap rendah hati, tidak duniawi, tetap taat dipimpin Roh, Tuhan bisa mengangkatnya sangat tinggi bahkan tanpa batas seperti Yusuf dalam zaman kuno. Tuhan tidak berubah; jangan tujuannya uang atau popularitas dll, tetapi memperkenankan Tuhan dalam segala perkara, pasti Tuhan bisa mengangkat kita ke tingkat yang manapun sampai sempurna! Sebab itu belajar hidup berkenan kepada Tuhan, taat dipimpin Roh, terus meningkat dalam kesucian, rendah hati, taat seperti robotnya Tuhan, maka kita bisa tumbuh dalam kesucian (bukan jatuh bangun dan pulih terus menerus) dan semua jarahan kembali, jasmani dan rohani, pengurapan, jabatan, tabiat baru, karunia2, buah Roh, dll akan terus ber-tambah2, sehingga jadi heran dan ajaib. Kalau semua anggota tubuh Kristus jadi ajaib, maka Gereja jadi Ajaib, itulah Gereja akhir zaman Wah 12:1. Tergantung dari kita, mulailah sekarang, jangan hidup sia2 tetapi sungguh2 taat dipimpin Roh sehingga terus berkenan pada Tuhan.

 

25.b. Aku akan ber-bantah2 dengan dia yang ber-bantah2 dengan engkau.

Kalau Tuhan yang ber-bantah2 pasti menang. Mengapa ber-bantah2? Siapa musuh kita? Iblis! Iblis yang terus menuntut umat Tuhan Wah 12:10, sebab dia punya alasan untuk menuntut kita dalam segala hal. Apa yang terjadi pada kita tidak ada yang kebetulan. Sekalipun terhadapAyub yang berkenan pada Tuhan, malapetaka yang jatuh padanya itu diizinkan Tuhan sesuai dengan permintaan atau tuntutan iblis sebab ada dosa dalam anak2 dan istri Ayub, sehingga iblis dapat kesempatan. Iblis terus mencari kesempatan 1Pet 5:8 dan tidak pernah me-nyia2kan kesempatan kecuali direbut kembali oleh orang beriman dengan doa syafaat dan ketaatannya. Tuhan menyerahkan anak2 Ayub pada iblis, juga 5 anak Saul, Absalom dsb. Tetapi kalau kita mau hidup benar, setan tidak berdaya. Tuhan akan menang, baik kalau ada darah Yesus, karena ada doa syafaat atau karena ada ketaatan! Tuhan bisa saja membinasakan iblis total, tetapi itu bukan rencana Allah. Tuhan biarkan iblis mengganggu, menghukum dan mencobai asal semua dengan izin Allah yang sedang mengolah anak2Nya. Misalnya Yusuf, Abraham, Ishak, Yohanes, Yusuf, Daud, Petrus, Paulus dan semua anak2Nya, semua terus diolah supaya makin meningkat dan makin mulia untuk kekal. Kalau kita di pihak Tuhan, Tuhan akan ber-bantah2  dengan iblis dan selalu menang. Siapa saja orang2 yang hendak menekan kita, selama kita di pihak Tuhan dan terus taat, kita akan terus menang!

 

25.c. Dan aku akan menyelamatkan anak2mu.

Anak jasmani dan rohani akan selamat. Memang banyak tergantung dari orangtua atau gembala2nya, tetapi setiap orang tetap harus menentukan nasibnya sendiri. Tetapi kalau gembalanya Daud, lebih banyak yang selamat daripada kalau gembalanya Saul atau Absalom. Orang bisa memilih ikut Saul atau Absalom atau Daud, sebab itu orang2 harus bisa menilai pemimpin2nya Ibr 13:7,17.

 

 

Tentu tidak ada pemimpin yang sempurna, tetapi semua saling mendoakan juga pemimpin2 harus didoakan 1Tes 5:25 sehingga jadi makin kuat! Jadilah gembala yang baik, supaya anak2 jasmani dan rohani kita selamat, cintailah Tuhan Yoh 21:15-17.

 

YES 49:26. KEMENANGAN TERBESAR.

 

26.a. Dan Aku akan memberi makan orang2 yang menekanmu dengan dagingnya sendiri.

Apa artinya? Ini kemenangan mutlak, musuh itu seperti binatang yang diperlakukan mutlak menurut yang menang. Kalau iblis menang mutlak, orang itu 100% menurut kehendak iblis dan itu berarti dosa sempurna. Disini adalah orang2 yang menang sempurna atas daging dan daging100% taat. Daging makan dagingnya sendiri berarti mati. Kalau daging mati orangnya menjadi sempurna, taat penuh kepada Tuhan, luar biasa! Musuh yang terbesar adalah daging. Kalau sudah menang, juga iblis, dunia dan orang2 yang datang menyerang akan dikalahkan 100% bukan dengan kekejaman manusiawi, tetapi dengan kemuliaan Allah. Kita menang penuh dan orang2 yang menyerang bertobat, atau kalau melawan, ia mati seperti Elia terhadap panglima yang melawan dan panglima yang taat dan menang, Elia menjadi sempurna.

 

26.b. Dan mereka akan mabuk dengan darahnya sendiri seperti dengan anggur manis.

Darah binatang itu adalah hidup atau tabiat kebinatangan. Ini juga akan habis dan orang yang menjadi sempurna ini lepas dari tabiat binatang yaitu tabiat lama dan sebab itu orang2 yang sempurna ini bersukacita, bebas dari tabiat lama 100%, jadi seperti Allah, bukan manusia daging dan darah lagi, tetapi manusia Allah yang sempurna, sangat indah dan mulia. Bukan pesta anggur tabiat lama, tetapi pesta anggurbaru yang indah Kis 5:13, sukacita seperti Allah untuk abadi.

 

26.c. Dan semua daging akan tahu bahwa Akulah Tuhan, Juru selamatmu dan penebusmu, yang maha kuat dan Esa dari Yakub.

  1. Akulah Tuhan. Tuhan betul2 dipermuliakan sebagai Tuan dan Kepala dari Surga, bahkan dari Surga Bumi Baru yang akan datang. Luar biasa.

Ini kemenangan dan kesukaan yang kekal dan besar yaitu kalau Bapa jadi Tuan, Kepala dari Kristus dan Kristus jadi Tuan dan Kepala dari Gereja atau laki2 rohani yaitu orang2 yang sempurna. 1Kor 11:3. Sekarang baru Bapa kepala Kristus, tetapi Kristus kepala Gereja belum selesai. Dalam ayat ini sudah selesai, betul2 Kristus kepala Gereja, dalam suatu kesatuan dan pengetahuan yang sempurna, itu bahagia yang kekal, tidak ada lagi pemberontakan sampai kekal, sempurna.

  1. Juru selamatmu. Ini target Juru selamat, nomer 1 selamat lalu nomer 2 lalu tumbuh se-tinggi2nya lalu 3. jadi sempurna seperti Kristus. Jangan berhenti dengan selamat, bisa merosot kembali. Harus terus tumbuh sampai jadi sempurna.
  2. Dan penebusmu. Kita sudah ditebus dari dosa, daging, iblis dan kita bebas. Jadi milik Tuhan itu bukan terikat, tetapi bebas dari segala dosa dan ikatannya sehingga bisa bersukacita dalam segala sukacita ilahi yang indah. Justru taat itu kesukaan terbesar. Orang yang berontak itu diperbudak dan pahit sekali dan celaka.
  3. Yang maha kuat. Tuhan tidak pernah gagal asal mau Dia sanggup melepaskan dan menolong kita dalam segala perkara. Asal mau taat, semua bisa, tumbuh sampai sempurna. Yang berkata tidak bisa, itu bohong. Sebab Allah maha kuat. Orang yang menyanyikan Allah maha kuasa, tetapi terikat itu pembohong seperti iblis, sebab sebetulnya ia tidak mau. Kalau mau pasti bisa sebab Allah maha kuasa.
  4. Esa dari Yakub. Yakub adalah Israel, umat Tuhan. Allah itu Esa, satu, tidak ada yang lain. Yakun menolak allah lain sekalipun dari Laban dan berhala istrinya Rachel yang sangat dicintai. Tetap Tuhan lebih dari orang yang paling dicintai Luk 14:26-27. Dahulukan Allah lebih dari semua. Ayub sangat indah, tetapi mendahulukan istrinya maka 10 anak mati dan bangkrut. Sesudah Ayub belajar hal, hanya punya satu Allah, tidak ada yang lain, maka ia jadi dua kali ganda. Jangan ada yang dicintai lebih dari Tuhan, percayalah akan Tuhan dan taat, hidup akan berkemenangan bahkan sampai puncaknya, menjadi gilang gemilang sampai kekal dalam kesukaan yang abadi.