YS248 – Yesaya 49:21-22. Pemeliharaan Dan Penyertaan Allah Yang Heran.

21.a. Lalu engkau akan berkata dalam hatimu, siapakah yang sudah melahirkan semua ini bagi saya,

Dalam keadaan yang sangat sulit ini, bagaimana mungkin bisa melahirkan putra2 yang hidup dalam kesucian dan berkemenangan, tidak sampai gugur dalam banjir dosa dan kejahatan yang terus ber-tambah2 sampai puncak2nya dalam akhir zaman ini? Rom 10:16, Kis 28:24, 2Tes 3:2. Rasa2nya tidak mungkin sebab dosa dan kejahatan begitu banyak. Ada orang berkata lebih baik dalam zaman yang jahat ini, tidak punya anak, sebab rasa2nya tidak mungkin bisa mendidik anak2 jadi orang2 percaya yang mau taat akan Firman Tuhan, tetap pikul salib dan hidup dalam kesucian. Tetapi jangan lupa, juga kesucian akan meningkat luar biasa. Orang yang mau percaya dan mau taat, akan mendapat kekuatan dan fasilitas yang limpah sehingga tumbuh amat cepat dan indah dalam kesucian.

Memang sulit, tetapi Roh Kudus dan Firman Tuhanlah yang melahirkan orang jadi baru Yoh 3:3-5. Jangan takut. Orang yang paling jahatpun masih bisa bertobat (Luk 23:41-43), apalagi anak2 yang dilahirkan dalam orangtua yang sungguh2 mau taat. (1Kor 7:14; 16:31). Memang tidak semua orang mau percaya. Seluruh Yerikho itu hanya keluarga Rahab yang mau percaya. Seluruh Moab pada waktu itu hanya Ruth yang percaya, yang lain tidak mau percaya dan binasa. Sebab itu jangan sampai undur, jatuh apalagi dengan sengaja dan tetap tinggal dalam dosa dengan harapan bisa bertobat kembali. Orang yang berdosa dengan sengaja, dengan alasan apapun itu jahat dan berbahaya. Ibr 10:26. (Kalau masih hidup, masih bisa minta ampun, tetapi kerusakan akibat dosa2 sengaja itu parah dan seringkali jadi sangat keras hati sehingga sulit atau tidak mau bertobat lagi Pkh 12:1, Wah 16:9,11). Jangan keras hati dalam dosa Ibr 3:15, jangan coba2 sekalipun sedikit2 Luk 5:39).

Memang jalannya berat untuk orang yang keji dan undur untuk bertobatkembali dalam Minggu ke-70 Daniel ini, sangat sakit bagi daging 1Kor 9:27. Misalnya, kalau dahulu dari -20 menjadi +20 (bedanya 40), tetapi sekarang, orang2 yang sangat keji, dari -70 harus jadi +80 itu berbeda 150, jauh lebih berat. Lebih2 yang sudah percaya, jangan sengaja undur. Tetapi dalam zaman yang jahat ini masih ada Saul2 yang bertobat menjadi Paulus dan rela mati untuk Tuhan.

Juga fasilitas akhir zaman sangat besar, termasuk pelayanan orang sempurna Yoh 1:51 dll. Memang batas minimum rata2 jadi lebih tinggi, misalnya dahulu hanya 10, tetapi sekarang bisa sampai 50, bersedia atau tidak, mau atau tidak, semua akan mengalami ujian akhir bersama dalam hari2 yang sulit ini. Wah 3:10.

 

21.b. Sebab saya sudah kehilangan anak2 saya dan saya bulus, orang tawanan yang ber-edar2 ke sana-sini.

Kejatuhan akhir zaman dahsyat dan banyak 1Tim 4:1, 2Tes 2:3. Suatu perkara besar dan bisa membuat kecil hati dan putus asa. Tetapi jangan takut, rencana Allah tidak akan batal, pasti rencana Allah akan digenapkan dengan sempurna.

Memang dosa dan kejahatan akan naik sangat tinggi, tetapi kesucian juga akan naik sangat tinggi, batas minimum keduanyarata2 juga akan naik tinggi sekali. Misalnya dahulu batas minimumnya lebih kurang 10, pada saat ini bisa lebih kurang 50 atau lebih.

Pergumulan orang beriman memang berat sampai jadi bulus (kehilangan banyak orang2nya. Gereja jalan lebar tambah banyak, tetapi Gereja jalan sempit se-olah2 jadi bulus, hilang). Jangan kecil hati kalau seorang tidak mau diajak tinggal tetap didalam jalan sempit, dalam kesucian, dalam ketaatan sesuai Firman Tuhan, tumbuh makin memperkenankan Tuhan, mutu rohani makin meningkat.

Ber-edar2 ke sana-sini. Jangan menurut kehendak sendiri, itu berarti orang itu memilih jalan lebar yang menunju Neraka. Jangan hanya ramai2 dan beribadah sesuai kehendak dan selera sendiri menurut selera daging dan keduniawian. Beberapa orang yang hidup dan terikat dalam dosa itu seperti tawanan yang ber-edar2 ke sana-sini, kadang2 bingung mencari mana  yang benar, sebab trend orang2 beriman sudah banyak berubah mengikuti zaman, dosa atau tidak, asal sesuai dengan kehendak hatinya, dituruti saja. Sebab itu ia ditawan dosa, dibawa ke sana sini. Misalnya dahulu orang Kristen tidak nonton, sekarang bebas bahkan yang jahat, porno, sadis, duniawi, occultisme juga dilahap saja. Begitu dalam rekreasi dan hedonisme, se-olah2 di ombang-ambingkan ke sana sini oleh ber-macam2 hal2 dosa yang ditolerir banyak orang beriman, apalagi Gereja jalan lebar. (Misalnya pernikahan homo, aborsi dan dosa2 lainnya mereka mempunyai alasan untuk menerimanya).

 

21.c. Dan siapakah yang menumbuhkan mereka.

Kalau Tuhan mengizinkan dosa meningkat,

Tuhan tidak pernah lupa atau keliru atau salah langkah. Ia tidak akan mencobai lebih dari kekuatan kita 1Kor 10:13. Juga fasilitas yang diberikan Tuhan cukup limpah dan aman untuk tumbuh dalam kesucian sebab Tuhan menjanjikan keduanya ber-tambah2 Wah 22:11.

Tuhan tidak pernah keliru, pasti bisa, pasti meningkat sampai makin suci, bahkan sampai jumlah orang sempurna genap dan juga orang2 yang akan ikut pengangkatan genap. Rencana Allah pasti jadi.

Dalam zaman Nuh, dosa meningkat tetapi keluarga Nuh tetap hidup benar dan meningkat di hadapan Tuhan Kej 6:9. Tetapi jumlahnya sangat sedikit, Nuh hanya 8 orang, yang lain sangat banyak, mungkin puluhan atau ratusan ribu, tidak sampai 1/3. Sebab memang itu belum waktunya. Tetapi pada akhir zaman, rencana Allah pasti digenapkan dan Tuhan tahu bagaimana caranya. Heran dalam zaman polarisasi Wah 22:11 ini ada begitu banyak orang tumbuh,  sampai dalam tingkat2 yang sangat tinggi, bahkan banyak yang menjadi sempurna. Jangan kuatir, percayalah dan tetap taat dipimpin Roh dengan 7 KPR+, Tuhan sanggup menolong.

Kalau dalam Hujan awal Tuhan sanggup menumbuhkan bayi Gereja di tengah2 orang2 yang sangat jahat, juga dalam Hujan akhir Tuhan sanggup menyempurnakan Gereja2Nya sampai bersatu dalam tubuh Kristus global dan Tuhan sanggup menggenapkan semua angka2 orang yang sempurna dan jumlah orang yang diangkat. Jangan kena tipu iblis atau hanyut dalam arus dosa yang dahsyat atau trend2 orang Kristen jalan lebar yang keluar dari rencana Allah.

 

21.d. Sesungguhnya saya tinggal sendirian, tetapi mereka ini, dari manakah mereka ini?

Orang yang dipimpin Roh, mereka ada, tetapi orang2 tidak tahu di mana dan ke mana! Yoh 3:8. Inilah orang2 yang dipimpin Roh. Pada akhir zaman, orang yang mau hidup suci dan taat dipimpin Roh, mereka akan masuk dalam rencana Allah, dalam persekutuan Roh Ef 4:3, 1Kor 12:12, 2Kor 13:13 dan ini berkenan pada Tuhan. Pil 2:1. Kita harus mempersiapkan diri kita, bersedia mulai sekarang, baik untuk bertemu Tuhan secara pribadi atau ber-sama2 dalam pengangkatan. Tanpa berjalan dalam Roh, orang berimanpun tidak akan tahan. Sekalipun sudah penuh Roh Kudus tetapi tidak semua mau terusberjalan dalam Roh, hanya sebagian yaitu ligabis. Orang yang hanya penuh Roh Kudus tetapi kadang2 saja dipimpin Roh itu ligabo. Orang yang tidak mau hidup taat dalam kesucian, tidak mau dikuasai dan dipimpin Roh terus menerus, akan tertinggal sendirian, tidak bisa ikut dalam Gereja akhir zaman (jumlahnya banyak) Kis 5:13. Persekutuan orang beriman pada waktu ini hanya persekutuan Ruangan Suci (di dalam Roh), kalau tidak dipimpin Roh tidak bisa ikut dalam persekutuantubuh Kristus. Orang2 seperti ini tidak bisa cocok dengan orang yang dipimpin Roh, rohnya lain 2Kor 11:4. Mereka lebih cocok dengan orang2 yang suka hidup dalam dosa 2Pet 4:4. Tidak cocok, tidak bisa sehati untuk ikut dalam rencana Allah. Kita harus terus menerus dipimpin Roh, baru kita bisa tahan dan bisa terus tumbuh dalam rencana Allah yang heran, bahkan sangat mulia, yaitu zaman keemasan Gereja, masuk dalam proyek penamatan rencana Allah, sebab namanya diukir dalam tangan Tuhan Yes 49:16. Betapa indah kalau nama kita terukir dalam tangan Tuhan, apalagi kalau bisa jadi sempurna, sangat indah.

 

YES 49:22-26. KEMENANGAN TERAKHIR DAN TERBESAR.

 

YES 49:22. GEREJA TUMBUH DI TENGAH2 DOSA DAN KEJAHATAN.

 

22.a. Demikianlah Firman Tuhan Allah, lihatlah Aku hendak mengangkat tanganKu kepada orang2 kafir.

Tuhan mengangkat tangan berarti seperti sumpah, atau suatu tindakan yang besar dan pasti. Misalnya Tuhan hendak membawa Israel ke Kanaan Kel 6:7, Yez 20:5,15.

Mengangkat tangan kepada orang kafir itu berarti suatu tindakan yang keras, menghukum.

Ini berarti Tuhan akan memberi kemenangan besar pada umat Tuhan atas orang kafir Mic 5:9 sehingga mereka dikalahkan dan di-injak2 (ayat 23,26). Umat Tuhan akan mengalami kemenangan2 besar, apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, ada kemenangan besar terakhir dan Gereja akan masuk dalam kesempurnaan oleh tangan Tuhan yang terangkat. Misalnya Luk 24:50, Tuhan pasti memberkati umatNya dengan kemenangan atas orang kafir. Apakah kemenangan atas orang kafir? Ini bukan perang dan menang secara harfiah tetapi secara rohani yaitu:

  1. Menang atas segala perkara2 dosa, perkara2 duniawi dan kekafiran Kol 3:1-3.
  2. Jiwa2 dari segala bangsa dimenangkan bagi Tuhan, diserahkan dalam tangan umat Tuhan Maz 2:8. Kita akan memenangkan jiwa2 dan terus ditumbuhkan secara rohani. Angka I dan II dari angka2 kedatangan Tuhan digenapkan.
  3. Gereja akan tumbuh sampai sempurna, mengalahkan segala perkara2 duniawi dan kekafiran, bukan sebaliknya. Kalau dikalahkan kekafiran atau keduniawian, maka orang itu mulai dalam Roh berakhir dalam daging. Tetapi kalau menang, mulai dalam Roh dan berakhir dalam kesempurnaan.

Ayat2 berikut akan memperinci kemenangan2 rohani ini.

 

22.b. dan mendirikan panji2Ku kepada orang banyak.

(Bhs. Inggris: bisa standard atau banner. H1713, H3251).

 

Tuhan mendirikan panjiNya dan sesuatu akan terjadi. Setiap suku bangsa Israel mempunyai panji2nya Bil 1:52; 2:2,3 dst. Tetapi selain itu ada juga panji dari Tuhan dengan maksud2 tertentu, misalnya dalam Yes 59:19 KJI. Roh Kudus mengangkat panji2 melawan musuh yang datang seperti air bah. Juga panji2 bagi Sion, sebab akan datang jahat dari Utara Yer 4:6. Dan panji yang diangkat Tuhan dalam Yes 62:10-12 adalah panji2 di mana umat yang suci, orang tebusan Tuhan akan didirikan dan jadi orang2 yang kekasih (orang yang dicari) dan negeri yang tidak akan ditinggalkan. Kalau kita sekarang tetap dalam panji Tuhan dengan setia, tetapi di tempat kita masing2 dan bertumbuh, maka kita akan menang dan dunia akan tunduk dan dikalahkan, Gereja Tuhan akan masuk dalam kesempurnaannya. Panji dari Tuhan harus jadi patokan dan pegangan kita. Ini rahasia2 kemenangan bagi umat Tuhan atas musuh yang datang menyerang. Panji ini tanda perkenalan. Kita dikenal dengan panji Tuhan seperti Pil 1:21, Gal 2:20. Maka orang akan melihat Kristus dan tanda2 Kristus dalam hidup kita, maka kita akan mengalami kemenangan2 yang indah dari Tuhan.

 

22.c. Mereka akan membawa putra2mu dalam tangan*nya. (Ibr: pangkuannya).

Luar biasa! Ada kemenangan yang besar. Sekalipun dunia jadi jahat dan penuh dengan dosa yang meningkat, tetapi dunia akan memberi juga fasilitas yang heran untuk putra dan putri dari umat Tuhan. Putra2 umat Tuhan adalah orang2 yang bisa perang. Ini orang2 yang kuat dan tumbuh terus.

Di bawa dalam tangannya (atau dalam pangkuannya). Bukan untuk dikalahkan dan dibinasakan, tetapi untuk dilayani. Jadi mereka melayani umat Tuhan, sehingga putra2 ini dapat memakai fasilitas dunia yang limpah. Baik harta orang kafir akan masuk dalam umat Tuhan sebagai salah satu fasilitas yang dipakai Gereja Yes 60:5. Juga segala fasilitas dan tehnologi dunia akan membantu, melayani ataumenggendong dalam tangannya, putra2 dari orang beriman, sehingga putra dan putri ini bisa tumbuh dengan pesat jadi dewasa bahkan jadi sempurna.

Biasanya segala perkara2 dari dunia ini selalu limpah dengan perkara2 dosa dan kenajisannya. Sebab itu kita harus hati2 memakai segala fasilitas dalam dunia ini, baik uang, tehnologi, kendaraan, dan segala perkara dalam dunia ini, jangan sampai salah pakai, semua itu harus jadi hamba bukan jadi tuan.

Tetapi Gereja akhir zaman itu bersih, suci dan tertib sekali, tidak ada salah pakai dan curang atau dosa2, semua akan langsung dibinasakan 2Kor 10:6 sebab Gereja meningkat dalam kesucian (polarisasi) kepada kesempurnaan rencana Allah. Cara kerja dan pelayanan dalam Gereja istimewa dengan fasilitas rohani (karunia, kuasa, hikmat Roh Kudus, Firman dll) tetapi juga memakai fasilitas2 netral dalam dunia ini (sekalipun dunia itu penuh dengan kejahatan) Tuhan akan mencukupinya misalnya dengan uang (lebih2 dengan cara hidup bersama Kis 2:43-45) dengan segala tehnologi dan fasilitas2 dunia yang netral.

Gereja sangat tertib dan suci, tidak kekurangan fasilitas jasmani dan rohani untuk terus meningkat sampai kepada kesempurnaannya. Jadi Gereja, umat Tuhan masih memakai fasilitas2 dunia (belum memakai tubuh kemuliaan) tetapi dengan sangat tertib, dalam kesucian dan pimpinan Roh Kudus.

 

22.d. dan putri2mu akan dibawa di atas bahunya.

Perempuan tidak dijadikan serdadu, jadi golongan yang lemah (ini Wasiat Lama, Wasiat Baru sama Gal 3:28). Tetapi batas minimum waktu ini cukup tinggi, tetap tumbuh dalam kesucian, asal mau tetap terpelihara, namun tetap disiplin penuh. Memang dalam Gereja dan Surga di hadapan Tuhan tetap ada perbedaan tingkatan dan kita harus tumbuh setinggi mungkin (TMSP) sebab ukuran terakhir menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal.

Jadi semua yang masuk dalam golongan Gereja akhir zaman, Gereja Hujan akhir akan terpelihara dan bisa memakai semua fasilitas dalam dunia dengan penuh untuk kemuliaan nama Tuhan dan tumbuh dengan pesat dalam imannya (manusia bukan robot, sebab itu pertumbuhan dan kecepatannya tidak sama, tergantung orangnya).

Ada banyak hal yang disediakan pada akhir zaman ini, sebab ini bagian terpenting dan terakhir dan rencana Allah dalam Gereja akan ditamatkan, disempurnakan. Allah itu sangat teliti dan sempurna, tidak mungkin rencana Allah batal. Setiap titik koma dari Firman Allah tidak akan lenyap sampai semua digenapkan Mat 5:18. Berbahagialah orang yang percaya, harap dan taat akan Firman Tuhan, lebih taat, lebih cinta, lebih tumbuh maka ia akan lebih untung untuk kekal se-lama2nya. Tetapi yang tidak percaya, lalu setengah hati, suam, terus icip2 anggur dunia, maka ia akan terjerat dan terikat oleh dosa dan perkara2 duniawi sehingga suam, sehingga tidak bisa masuk dalam golongan Gereja akhir zaman, jatuh dan binasa, dan kalau toh masih mau bertobat, akan masuk dalam golongan korban antikris, itu sisa kemurahan Allah yang terakhir.