YS246 – Yes 49:18. Mempelai Kristus Terbentuk.

Yes 49:18. Mempelai Kristus Terbentuk.

Kunci dari ayat ini adalah munculnya seorang mempelai perempuan dari Kristus pada akhir zaman. Wah 12:1. Tidak mudah mencapai tingkat ini. Justru ayat ini menceritakan bagaimana hal ini bisa terjadi. Kalau kita memperhatikan dan mau dipimpin Roh untuk melakukan hal2 yang disebutkan dalam ayat ini, maka kita akan ikut serta dalam proyek akhir zaman Allah yaitu menyempurnakan Gereja, menjadi mempelai Kristus yang heran itu.

18.a. Angkatlah matamu berkeliling.

Jangan takut melihat segala perkara yang terjadi di sekitar kita, bahkan di seluruh dunia, meskipun dahsyat, sebab memang begitulah keadaannya pada akhir zaman ini, makin lama makin dahsyat, sebab kalau dosa ber-tambah2, tidak mungkin hidup jadi makin baik seperti Surga tetapi seperti Neraka; sebab dosa itu adalah kata kunci Neraka Rom 3:17 dan suci itu adalah kata kunci Surga. Wah 4:8. Iblis selalu ingin mengelabui, tetapi kalau kita memegangkebenaran Firman Allah, kita tidak akan tertipu. Tetap hidup dalam kesucian, itu Surga, hidup rohani yang indah, mewah dan mulia di hadapan Allah.

Jangan takut melihat fakta2 atau data2yang menakutkan bahkan mengancam, asal tetap hidup di dalam Tuhan, Dia menjadi jaminan dan perlindungan kita. (Ingat Ay 1:10, 1Kor 10:13, apalagi kalau kita terukir di tanganNya, yaitu menjadi anggota Gereja akhir zaman {Wah 12:1} yang ajaib itu). Percayalah akan Tuhan Allah yang mengukir nama kita di telapak tanganNya dan tembok kita dijagaNya terus menerus (apa kita sudah termasuk golongan ini?).

Dialah Allah yang maha kuasa, yang bisa membuat perkara yang jelek dan celaka bisa jadi kebaikan dan untung untuk orang2 yang cinta Tuhan Rom 8:28. Ini terjadi dalam ukuran besar2an pada akhir zaman, dimana celaka yang dahsyat itu menjadi keuntungan yang besar, bahkan jadi pakaian dan perhiasan bagi umat Tuhan, lebih2 yang menjadi mempelai Kristus.

 

18.b. Dan lihatlah semua ini berkumpul ber-sama2 dan datang kepadamu.

Dalam ayat 17 dikatakan putra2mu datang dengan ter-buru2 kepadanya, yaitu pada Gereja akhir zaman. Wah 12:1.

Allah sanggup mengubah jadi sebaliknya, celaka jadi untung, pahit jadi manis, yang jahat jadi kebaikan. Bagi Allah tidak ada yang mustahil, semua bisa dilakukan. Sebab itu lekatlah dengan Tuhan, belajar hidup berkenan kepadaNya, sebab di dalam Dia tidak ada celaka besar, tetapi akan menjadi untung besar. Tidak ada Neraka tetapi Surga sebab Allah kita itu baik, cinta dan maha kuasa. Semua yang dahulu menjauh, akan berkumpul ber-sama2 dan datang kepadamu. Siapa orang yang dimaksud Tuhan ini? Gereja yang benar dan setia, yang ditinggalkan putra2 yang melawan dan berontak, yang tidak cocok. Apalagi pada akhir zaman ini begitu banyak penyelewengan dan pengenceran dalam pelajaran Firman Tuhan. Masing2 menafsirkan sendiri2 menurut selera atau kehendak dagingnya dan kalau tidak cocok, pergi menjauh, mencari jenis yang sama, roh yang sama, sama2 duniawi, sama2 daging, sama2 cocok menurut kehendaknya, tetap ikut Tuhan tetapi hidup di jalan lebar, semaunya sendiri.

Tetapi Tuhan membuat pemurnian umatNya Mal 3:3-4. Pemurnian pada saat terakhir itu dilakukan Tuhan dengan segala jalan dan cara, misalnya dengan :

– malapetaka, penyakit, bencana2.

– Dengan kesukaran ekonomi

– perang, terorisme, ancaman2

– ajaran2 sesat dan palsu

– godaan2 dosa dan kesempatan yang limpah untuk berdosa

– occultisme dan apa saja sehingga orang2 yang sungguh2 ikut Tuhan bisa tahan dan tetap suci, bahkan makin meningkat, tetapi umat Tuhan yang main2, yang ada percintaan dosa dan perkara2 dunia dalam hati dan hidupnya (Yoh 14:30) akan jatuh, undur bahkan digarap, direkrut iblis dalam perkara2 dosa dan kejahatan sehingga jadi Antikris dan pengikutnya. Terjadilah Polarisasi dalam umat Tuhan Wah 22:11.

Sebagian dari umat Tuhan yang undur, tetapi mau bertobat kembali, masih bisa meskipun dengan pengorbanan dan pengolahan yang sangat sakit, supaya bisa dipulihkan dan mengejar begitu banyak kekurangan2nya. Tetapi mereka yang bersedia, yang meningkat dobel dalam segala segi hidup rohaninya akan penuh sukacita, ikut masuk dalam proyek penamatan Allah yang indah dan cepat kepada kesempurnaan.

Jangan main2 atau undur, bisa celaka, meskipun ada juga yang kembali dengan ter-buru2 dalam pengolahan yang berat.

Ada beberapa Saul2 yang jahat, menyiksa, memenjarakan dan membunuh umat Tuhan dalam Gereja mula2. Tuhan mengubahnya (sebab dia mau bertobat) dan bisa datang ter-buru2.

Dengan pertobatan, dengan pertumbuhan yang cepat, dengan disiplin dalam Gereja yang tegas dan keras, dengan semua fasilitas akhir zaman, maka umat Tuhan berkumpul menjadi tubuh Kristus global seperti persekutuan ilahi Yoh 17:21. Suatu persekutuan yang indah, yang menghasilkan perkara2 besar dari Allah. Banyak umat Tuhan, lebih2 yang dipimpin Roh, merindukan terbentuknya tubuh Kristus global, tetapi seringkali banyak hal2 duniawi, pengajaran2 yang tidak cocok, problem2 pribadi dll yang menghalanginya. Tetapi dalam sikon akhir zaman, dengan fasilitas2 akhir zaman yang limpah dan luar biasa, tubuh Kristus akan terbentuk dan Gereja akhir zaman (Wah 12:1) akan tumbuh dengan cepat, meningkat menjadi ajaib. Perjamuan Suci yang heran, pembukaan Firman Tuhan yang jelas dan lengkap, hujan Akhir, pelayanan jabatan, pelayanan orang sempurna, disiplin dengan hukum yang keras, ditambah kesukaran, ancaman, godaan, tekanan dari luar yang dahsyat, semua ini menumbuhkan, memurnikan Gereja dan mengokohkan tubuh Kristus global, sehingga Gereja makin kuat sebab persekutuan yang luar biasa ini dan masuk dalam penamatan rencana Allah, lalu terjadi pengangkatan.

18.c. Sebagaimana Aku hidup Firman Tuhan, engkau pasti akan memakai mereka semua sebagai pakaianmu seperti perhiasan.

Tuhan itu hidup, Gereja akhir zaman dalam sikon yang sangat berat dan dahsyat akan tetap hidup seperti Tuhan, sebab tiga Pribadi Allah bekerja penuh di dalam Gereja Wah 12:1. (Tentu Allah bisa bekerja lebih dahsyat, tetapi selalu dibatasi oleh kemampuan Gereja atau orang2 beriman itu sendiri).

Jangan takut, dalam suasana dosa dan kejahatan yang sangat tinggi, yang belum pernah terjadi (Mat 24:21, Yoel 1:2-3, Dan 12:1, Yez 5:9 dll), justru dalam zaman yang aman sulit ini kuasa Tuhan dinyatakan, Firman Tuhan dibuka semua, ada pelayanan jabatan, pelayanan orang sempurna, tubuh Kristus global terbentuk dst, sehingga Gereja akan mengalami zaman keemasan. Tentu yang bisa ikut yaitu mereka yang sekarang bersedia. Yang tidak bersedia akan mengalami banyak celaka bahkan binasa!

Mengapa semua ini jadi pakaian, perhiasan dan diikat seperti seorang mempelai perempuan? Dalam Wah 12:1 pakaian perempuan ini adalah matahari yaitu kebenaran, kesucian di hadapan Allah Bapa. Di dalam kesucian Allah bisa bekerja banyak sekali. Terjadi kegerakan yang besar, jiwa2 diselamatkan, yang undur dikuatkan dan semua yang mau ikut dalam Gereja akhir zaman yang tertib ini akan tumbuh dengan heran. Tiga Angka kedatangan Tuhan digenapkan dengan ajaib, baik Injil sampai ke seluruh dunia, jiwa2 yang mau bertobat dan tumbuh kepada kesempurnaan begitu indah. Setiap jiwa yang dimenangkan dan yang tumbuh semua menjadi kesaksian yang heran, bukan saja pertobatannya tetapi kehidupannya dalam hidup se-hari2 (keuangan, keluarga, kesehatan – tidak ada yang mati – pernikahan dll) dan dalam pertumbuhan rohani dipimpin Roh, hidup seperti Kristus, begitu ajaib Luk 24:19, bukannya menjadi batu sontohan Rom 2:24tetapi menjadi perhiasan2 ilahi sehingga Gereja jadi ajaib, di tengah2 sikon yang sangat buruk; seperti bunga bakung (Lily) di tengah2 duri kejahatan yang meningkat Kid 2:2. Semua anggota2 Gereja akhir zaman itu indah2 dan jadi perhiasan, juga ber-sama2 jadi luar biasa (persekutuan yang manis dan sempurna seperti Maz 133:1-3) sehingga jadi pakaian yang indah dari Gereja akhir zaman.

 

18.d. dan mengikatkan mereka padamu seperti yang dibuat seorang mempelai perempuan.

Mempelai perempuan adalah gambaran orang2 yang sempurna, yaitu 144.000 orang. Meskipun belum sempurna, semua sangat indah seperti perhiasan dari Gereja akhir zaman. Ini bukan tiba2, tetapi diolah dengan waktu yang cukup lama. Yusuf, Daud, Yohanes pembaptis, Putra manusia Yesus, murid2 Paulus dll semua membutuhkan waktu lama untuk pengolahan. Kita bukan robot / mesin tetapi mahluk bebas yang membutuhkan waktu yang cukup, untukdibentuk dan diolah dan tumbuh dari telur sampai menjadi burung Nazar, sampai seperti Kristus dalam segala segi hidup. Semua terikat menjadi satu sebagai tubuh Kristus global. Suatu persekutuan dan persatuan yang indah terjadi diantara segala bangsa, tingkatan, latar belakang dll. Cara mempelai mengikatkan diri yaitu seperti Kristus, cara hidup yang taat akan Firman Tuhan dalam segala segi, inilah orang2 yang sempurna. Selalu ditekankan, mulai sekarang dalam segala segi hidup, sesuaikan dengan Firman sampai menjadiseperti Kristus (Yoh 1:1) maka kita akan tumbuh menjadi mempelai Kristus, tembus Tirai, sampai daging mati mutlak bukan hanya dikatargeokan Rom 6:6.

 

YES 49:19. MENANG, PENUH DENGAN AJAIB.

 

19.a. Karena tempat2mu yang rusak dan tandus dan negeri reruntuhanmu.

Heran, mengapa orang2 ini yang sudah terukir di tangan Tuhan dan temboknya ada di hadapan mata Tuhan (Yes 49:16) bisa rusak, tandus dan jadi negeri reruntuhan? Tidak, yang sudah tertulis dalam tangan Tuhan akan tetap setia tetapi yang tidak tertulis akan gugur. Inilah saat2 kritis dimana Gereja yang sungguh2 dan akan tumbuh jadi sempurna, masuk dalam baptisan api, tetapi sebagian daripadanya akan jatuh, undur dan rusak.

Ini bukan karena dosa dan kejahatan pemimpin2 dan Gereja itu tetapi sebab Gereja masuk dalam baptisan api, masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17 sehingga terjadi Polarisasi. Kejatuhan orang2 beriman itu selalu ada, atau yang pindah2 karena tidak puas, tidak setia, ikut2an dll. Tetapi pada akhir zaman akan ada khusus suatu kejatuhan yang besar 1Tim 4:1, 2Tim 3:1-4, 2Tes 2:3. Kita belum tahu kapan, tetapi yang penting kita harus hidup dalam Ruangan Suci dan setia dalam pimpinan Roh. Ligabis, Maria, Petrus Luk 10:42, Kis 6:4, tumbuh dalam Kristus dengan betul akan bisa tahan dan tidak undur atau pindah2. (Berapa yang masih bertahan?banyak? 1/3 ? Zak 13:9. 1 milyard ?). Mereka akan bersekutu dengan manis seperti Maz 133.

Bagaimana supaya kita bisa bertahan masuk dalam golongan Gereja akhir zaman? Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah tetap dalam kesucian dan kasih Kristus.Orang yang penuh persaingan, kebencian, iri seperti raja Saul, dendam dll, tidak akan bisa bersekutu dan tidak ikut dalam tubuh Kristus global. Belajar mengasihi saudara2 seiman (1Yoh 4:20) bahkan mengasihi musuh yang jahat pada kita Mat 5:45, Rom 12:14,17,19-21, supaya kita bisa masuk dalam persekutuan tubuh Kristus global. Tanpa kesucian dan kasih Kristus, tidak akan bisa tahan! Kita tetap harus punya pendirian, jangan bersekutu dengan yang jahat Ef 5:11, 1Kor 5:9-12 tetapi bukan dengan benci, tetapi dengan kasih Kristus. Polarisasi atau kejatuhan orang banyak dalam baptisan api itu sangat menggoncangkan Gereja, se-olah2 akan habis, tetapi justru itu pemurnian yang akan tumbuh sampai kepada kesempurnaan rencana Allah.

  1. Yang dipimpin Roh dan bersedia akan tetap setia dan tekun terus Mat 24:42.
  2. Yang mau bertobat kembali, akan bangkit dengan drastis seperti Saul jadi Paulus, kembali dengan ter-buru2 (Yes 49:17).
  3. Yang mendua, suam, setengah hati Luk 5:39, Yoh 14:30 akan jatuh dan binasa, atau kalau Tuhan lihat masih mau bertobat pada akhirnya, Tuhan pimpin orang yang jahat ini untuk mendapat kesempatan terakhir dalam zaman Antikris Wah 13:7.

Kita termasuk golongan yang mana? Yang main2 dan plin plan akan jatuh. Yang mendua tetapi mau bertobat akan mengalami banyak penderitaan untuk kembali, tetapi yang bersedia dengan 2 gomer, pengurapan dua kali ganda, dobel akan bisa bertahan dan tumbuh terus dalam rencana Tuhan yang indah dan mulia.

 

19.b. Menang dan pulih.

Sekarang negerinya akan menjadi terlalu sempit karena sebab banyak penduduknya.

Berapa lama ini terjadi? Ini masa hukuman rumah Allah, masa Polarisasi, pasti tidak lama, dan kembali menjadi indah. Negeri yang rusak, tandus jadi baik kembali dan penduduknya melebihi batas sampai terasa terlalu sempit. Jumlahnya akan penuh yaitu 3 Angka kedatangan Tuhan. Ini masa ujian yang dahsyat, tetapi Gereja tidak akan habis atau bangkrut kecuali sesudah pengangkatan. Jangan berkecil hati dan putus asa, asal kita tetap benar dan taat akan pimpinanNya, seperti Ayub yang jadi habis tetapi kemudian naik dua kali lipat karena lulus dan diberkati Tuhan (mungkin juga Ayub jadi salah satu orang sempurna dalam Wasiat Lama yang bangkit waktu Putra manusia Yesus mati di salib). Gereja menjadi penuh dan tumbuh terus, sehingga orang2 heran, dari mana orang2 yang memenuhi ini (ayat 20). Tempatnya sekarang terlalu sempit. Jangan berkecil hati, rencana Allah pasti digenapkan.

 

YES 49:19c. MUSUH MENJAUH.

 

19.c. dan mereka yang menelanmu sampai habis akan menjauh dari padamu.

Memang ada musuh yang sangat jahat yaitu Antikris, pengkhianat yang keluar dari antara kita sendiri. Ber-siap2lah untuk bisa menghadapi orang2 ini, istimewa jangan jadi benci dan dendam (itu berarti jatuh),  tetap mengampuni, mengasihi dan mengharapkan bertobat kembali, tetapi tetap tegas atas kesalahan dan dosa2nya Ef 5:11, jangan terpengaruh atau ikut dalam dosa2nya.

Antikris dan pengikutnya tetap ada, tidak dibinasakan, tetapi mereka menjauh sebab kalah, kalau mereka berani mendekat, bisa mati seperti Ananias dan Safira, apalagi pihak musuh (pengkhianat). Memang banyak yang ditelan dan dihabiskan oleh Antikris, yaitu mereka yang jatuh, undur dari Tuhan, binasa dalam tangannya. Tetapi terhadap Gereja akhir zaman, mereka tidak akan menang. Mereka menjauh, sebab sebentar lagi sesudah pengangkatan seluruh dunia diserahkan pada Antikris selama 1260 hari, wai yang tertinggal! Gereja akhir zaman tidak perlu kuatir, ada janji2 khusus yang luar biasa sampai pengangkatan 1Kor 15:51-52 dengan pelayanan langsung dari tahta Allah. Yoh 1:51.

 

YES 49:20. PUTRA2 YANG TUMBUH DALAM GEREJA AKHIR ZAMAN.

 

20.a. Putra2 yang akan kamu miliki, sesudah kamu kehilangan yang lain.

Ada yang hilang, ada yang tumbuh. Ini suatu hal yang tidak enak, ada putra2 yang hilang, tetapi ada lagi putra2 yang dimiliki Gereja akhir zaman yang terus tumbuh dalam rencana Allah. Putra2 yang hilang itu yang mengerikan, sebab kejatuhan pada akhir zaman itu dahsyat, langsung dibinasakan oleh iblis si pembinasa (Yes 49:17). Apalagi karena iblis diusir dari Surga, ia dilempar ke dunia dan ia marah besar Wah 12:12.  Orang2 yang jatuh dalam tangan iblis itu adalah “pasir” di laut (turunan Abraham seperti pasir dan bintang2) akan ikut hanyut dalam dosa (ini Halaman yang undur dalam Polarisasi, meskipun ada juga sebagian yang bertobat dan datang kembali dengan ter-buru2). Bintang2 juga ada yang jatuh yaitu 1/3nya Wah 12:4, sebab itu Gereja akhir zaman betul2 kehilangan, karena itu ber-kali2 Tuhan menyuruh kita ber-jaga2 supaya jangan binasa Mat 24:42-44.

Tetapi mereka yang setia, bersedia dan yang bertobat kembali dalam Polarisasi akan tumbuh menjadi indah.

 

20.b akan berkata lagi dalam telingamu: tempat ini terlalu sempit bagi saya. Berikanlah tempat bagi saya, supaya saya bisa tinggal.

Pasti ada tempat bagi orang yang sungguh2 bertobat dan hidup benar. Mereka yang tidak sungguh2, ada apa2 dalam hatinya, ada percintaan dosa dll (Luk 5:39, Yoh 14:30), tidak punya tempat dalam Gereja Minggu ke-70 Daniel. Mereka lari ke Gereja jalan lebar dan dibinasakan si pembinasa itu. Tetapi semua yang tinggal dalam Gereja akhir zaman ini akan punya tempat, akan tumbuh dan akan ikut dalam pengangkatan, luar biasa. Bahkan ada yang menjadi sempurna. Gereja akhir zaman itu sangat ajaib, setiap anggotanya hidup dan indah di hadapan Allah, menjadi putra2 dan berkenan pada Tuhan. Ini bukan untuk besok, tetapi sudah harus bersedia mulai sekarang, sebab itu bersedialah.

 

Nyanyian:

Berjagalah dan penuh Roh Kudus.

Jangan masuk dalam c’laka dunia.