YS243 – Yes 49:15-17. Tuhan Menjaga Dan Memelihara Dengan Sempurna.

YES 49:15. TUHAN TIDAK AKAN MELUPAKAN UMATNYA.

15.a. Dapatkah seorang perempuan melupakan anak penyusunya sehingga ia tidak menyayangi putra dari kandungannya?

Tuhan yang menciptakan anak dan ibu serta kasihnya dan kasih ibu yang masyur, yang kita kenal sekarang ini sudah tidak utuh, sudah terpotong karena kena akibat dosa Rom 3:23 KJI itu sebetulnya hanya sisa2 kemuliaan Allah. Tetapi kasih Allah yang maha suci, yang utuh bahkan tidak terbatas, itu betul2 jauhlebih besar dari kasih ibu.

Kalau manusia tidak setia, Allah tetap setia, tetap kasih 2Tim 2:13, Dia tidak berubah Ibr 13:8.  Dia tetap ingat akan umatNya, apalagi yang tetap setia dan taat kepadaNya. Jadi kita yang percaya dan setia kepadaNya, tidak mungkin ditinggalkan Allah, meskipun masih mungkin menderita karena ujian (ini mutlak perlu dalam pengolahan). Jangan takut, jangan ragu2, percayalah akan Allah dan tetap taat dan setia sampai mati.

Kalau orang beriman ditinggalkan dan celaka, itu bukan karena Allah yang salah tetapi karena manusia. Kalau hidupnya benar, pasti tetap diingat Tuhan, sebab itu setia dan tetaplah dalam kesucianNya maka meskipun dalam penderitaan yang bagaimanapun, ia tidak akanditinggalkan Allah. Misalnya Yusuf, dalam penjara, sendirian di tempat2 jauh, tidak ada yang menolongnya, tetapi Tuhan tidak meninggalkannya dan pada saat yang tepat sesuai dengan rencanaNya yang indah dan mulia, akan menolong dan melepaskannya, yaitusesudah ia lulus dari ujian2nya. Asal kita tetap benar di jalan Tuhan, apapun yang kita alami, tidak akan menghancurkan kita, tetapi rencana Allah yang mulia dan heran justru akan jadi dalam hidup kita.

Begitu bagi Israel dan janji Allah pada Abraham, semua akan digenapkan. Janji2Nya bagi Israel akan jadi istimewa dalam kerajaan 1000 tahun (sesudah Israel bertobat kembali), sebab itu sesudah tubuh Kristus global dari segala bangsa terbentuk, itu dilanjutkan dalam kerajaan 1000 tahun, di sini segala bangsa (yaitu penduduk kerajaan 1000 tahun) akan diperintahkan dan dipersatukan dalam kerajaan damai 1000 tahun dan Mesias (yang sudah ditolak Israel) kembali memerintah selama 1000 tahun di atastahta Daud Luk 1:32.

 

15.b. Ya meskipun mereka bisa melupakannya, tetapi Aku tidak akan melupakan engkau.

Kalau seorang Presiden yang baik dan sangat berkuasa mengatakan janji2 ini pada kita, itu luar biasa. Dia mau setia pada kita untuk selamanya. Apalagi kalau Allah yang maha kuasa berkata demikian kepada kita. Dia Allah yang jauh lebih tinggi dari semua orang besar di dunia, maka kita tidak akan rugi bahkan untung dan bahagia amat besar dan tidak perlu takut, asal kita mau taat, loyal, setia kepadaNya, pasti untung. Sebab itu hiduplah berkenan pada Tuhan, perkenankan Tuhan, maka di dunia kita untung apalagi dalam Surga, untung sampai kekal. Jangan kecil hati meskipun mengalami kepahitan seperti Yusuf, Daud, Ayub, Paulus, Petrus dll (ini karena ujian), sebab kita tetap tidak akan rugi, juga karena dosa, asal mau bertobat, Tuhan masih mau menolong, tetapi belum tentu pulih semua! Tuhan tidak akan melupakan kita, sekalipun andaikata ada ibu bisa melupakan putranya! Kalau cerita tentang kasih ibu, begitu banyak di seluruh dunia, apalagi kasih Bapa Surgawi. Bahkan yang sudah jatuh seperti Yunus masih bisa melihat mujizat kelepasannya yang begitu heran.

Ada orang yang cerai dan sesudah 11 tahun bisa pulih, utuh kembali. Juga dosa2 besar lainnya, sebab bertobat, tetapi banyak kerusakan dan cacat seperti anak terhilang yang pulang Pkh 9:18. Paling baik jangan sampai berdosa, tetap ada ujian yang berat, tetapi kemuliaannya ber-tambah2, bukan mengharapkan pemulihan tetapi makin meningkat sampai seperti Kristus.

Dalam Minggu ke-70 Daniel Gereja akan mengalami puncak2 penderitaan yang luar biasa dari dalam (Kristus palsu, saudara2 palsu, dll) dan dari luar Gereja: Antikris, tetapi jangan goyah, justru dalam penderitaan yang memuncak itu Gereja akan mengalami zaman keemasannya, lalu ikut dalampengangkatan kemudian masuk dalam banyak peristiwa2 yang sangat mulia, gilang gemilang, penuh sukacita, makin lama  makin indah, makin senang, makin meningkat, luar biasa. Ingat 7 tingkat kesukaan orang beriman sejak di dalam dunia lebih2 sesudah pengangkatan, tetapi jangan lupa tetaplah setia dan taat pada Tuhan, jangan tertipu seperti Hawa yang bodoh. Jangan binasa karena kebodohan Mrk 12:24. Hos 4:6.

 

YES 49:16. TUHAN MENGUKIR KITA DI TANGANNYA.

 

16.a. Lihatlah, Aku mengukirmu pada telapak tanganKu.

Ini luar biasa. Nama umat Tuhan diukir pada telapak tangan Allah, bukan main.

Orang zaman sekarang hanya bisa menggambar atau di tato supaya ingat, tetapi ini diukir, lebih dari ditatoo, betul2 luar biasa. Tuhan tidak pernah lupa akan kita.

Tangan ini paling banyak dipakai, bahkan lebih dari kaki. Terus bergerak, orang tidak pernah berhenti memakai tangannya sepanjang hari. Ini menceritakan bahwa Allah selalu ingat akan kita, seperti melihat ukiran dalam tanganNya. Jangan ragu2 atau bimbang,kita tidak mungkin dilupakan Tuhan, sekalipun jatuh dalam dosa dan undur, asal belum mati (= kesempatan habis) Tuhan ingat, kecuali kalau sampai mati tidak bertobat dan masuk Neraka, kemudian masuk dalam Tasik api; terhilang, dan dilupakan untuk se-lama2nya. Yes 65:17.

Meskipun waktu hidup di dunia di ingat terus, kalau tetapberdosa atau berjalan menurut kehendaknya sendiri, Tuhan tidak bisa menyertai orang yang berdosa, yang memilih dosa dan iblis, sebab Dia Allah yang maha suci dan maha adil, Manusia diciptakan bukan sebagai mesin atau robot, justru manusia harus mengambil keputusan untuk taat dan setia. Luk 12:57.Jadi pasti dari pihak Tuhan, Ia tidak pernah melupakan kita 2Tim 2:13, tetapi kalau si orang beriman itu sendiri tidak mau taat atau undur, semua kesetiaan dan kasih Allah dibuatnya tidak berguna bagi dirinya sendiri.

Perhatikan ayat ini hanya terdapat satu kali dalam Alkitab, yaitu nama kita diukir dalam tangan Allah, belum pernah disebutkan seperti ini. Ini sebetulnya lebih daripada ditulis dalam buku Hayat, sebab dalam buku Hayat masih bisa dihapus Mal 3:16, Kel 32:32-33. Tetapi kalau sudah ditulis dalam tangan Allah sendiri, itu berarti sudah 100% pasti, tidak bisa diubah lagi. Inilah orang2 yang sudah jadi sempurna (dalam Minggu ke-70 Daniel) dan terpelihara dengan mutlak seperti anak2 laki2 dalam Wah 12:5. Ini luar biasa. Ayat2 ini istimewa tentang akhir zaman, di mana orang2 yang sempurna tidak bisa mati lagi dan orang2 yang termasuk dalam Gereja akhir zaman, yang terus tumbuh dalam kesucian, inilah orang2 yang mendapat janji luar biasa, yaitu tidak bisa mati tetapi ikut dalam pengangkatan 1Kor 15:51-52. Ini nubuatan yang heran tentang akhir zaman.

 

16.b. Tembokmu selalu ada di hadapanKu.

Setiap anak2 Allah itu dikelilingi pagar tembok seperti Ayub dan ini mengelilingi semua miliknya juga istri dan anak2nya dan segala sesuatu miliknya jasmani dan rohani. Ay 1:10. Tuhan yang membuat pagar tembok berkeliling ini dan Tuhan juga yang terus memperhatikan dan melihat tembok kita, sehingga kalau ada orang melompatinya (dengan maksud jahat) Tuhan tahu bahkan iblis tidak bisa masuk untuk mengganggu. Jangan kuatir. Kalau sekarang orang punya kamera untuk merekam, sehingga bisa tampak semua perbuatan orang/ pencuri yang mau masuk. Tetapi bagi Tuhan, Ia lebih dari kamera, Ia bisa melihat sampai ke dalam dasar hati orang2 itu, bahkan sampai rencana dan angan2nya. Juga malapetaka dan celaka yang datang diketahui Allah, bahkan Tuhan tahu lebih dahulu seperti Tuhan berkata kepada Abraham bagaimana turunannya akan dianiaya di Mesir tetapi Tuhan akan datang melepaskannya. Sebab itu kita harus disucikan sampai MAK (di mana saja, dalam keadaan apa saja, kapan saja) dan DSS (Dulu, Sekarang dan Selamanya), maka kita betul2 aman di hadapan Tuhan! Sebab itu jangan kuatir hal2 yang jahat yang datang mengenai kita, Tuhan sanggup memeihara kita baik2. Bahkan rambut di atas kepala kita semua dihitung Mat 10:30 dan semua ujian yang datang itu tidak akan melebihi kekuatan kita 1Kor 10:13, sebab itu kita bisa tenang dan sejahtera, sebab Tuhan sanggup menjaga kita, asal kita tetap di dalam Dia dan melakukan kehendakNya.

Jadi nama ditulis dalam telapak tangan Allah, bahkan Dia membuat tembok2 sekeliling kita, itu tanda2 dari Gereja akhir zaman (Wah 12:1) yang dilindungi tuhan dengan indah, yaitu dalam bahaya dan aniaya yang dahsyat, tidak ada yang mati, tetap menang dan ikut pengangkatan. 1Kor 15:51-52.

 

17.a. Putra2mu akan ter-buru2.

Heran, disini terjadi yang lain dari biasanya. Sebab biasanya putra2nya itu menjauh dan tidak sungguh2 bertobat, tetapi berontak!Sekarang justru mereka mendekat dan bersekutu baik2, tidak lagi seperti dahulu, tidak cocok dan terus menjauh. Betapa senang hati orangtua melihat anaknya bertobat dan betul2 bersekutu dan bersatu, bahkan mereka datang ter-buru2,cepat2 kembali pada orangtuanya. Ini suatu kesukaan dan kekuatan yang besar. Umat Tuhan di pulihkan dan kembali bersatu di dalam Kristus dengan tertibnya.

Lebih daripada arti bertobat, disini orang yang bertobat itu ter-buru2 datang, inilah orang yang bertobat pada saat2 yang sulit di akhir zaman dalam Polarisasi (Wah 22:11), lalu tumbuh dengan cepat dalam kesucian, sehingga mereka itu ter-buru2 terus meningkat dalam kesucian dengan cepat. Inilah ciri2 pertumbuhan yang cepat dalam Minggu ke-70 Daniel, seperti ter-buru2 dalam proyek menamatkan rencana Allah, menyempurnakan GerejaNya.

 

17.b. Pembinasamu dan mereka yang membuatmu menjadi rusak.

Pembinasamu, inilah orang2 yang jahat, yang hendak membunuh dan membinasakan umat Tuhan. Akibat dosa tidak lagi celaka tetapi langsung binasa, dibunuh dan si iblis dan kaki tangannya disini adalah pembinasa, pembunuh terang2an, bukan hanya merayu dan menggoda, tetapi langsung membinasakan! Pembinasa ini adalah orang2 yang ditahan dalam lubang tanpa dasar. Wah 9:11, inilah golongan Antikris, bahkan dalam 3,5 tahun Minggu ke-70 Daniel sudah ada tiga Antikris yang muncul tetapi tidak bisa mengalahkan Gereja akhir zaman.

Disini ada dua kemungkinan dari para pembinasa ini, yaitu mereka berasal dari dalam atau dari luar.

 

Musuh dari dalam:

Orang2 jahat atau pengkhianat itu sebagian berasal dari dalam seperti Yudas. 1Yoh 2:19. Pada akhir zaman akan terjadi polarisasi yaitu yang suci makin suci dan yang najis makin najis Wah 22:11. Orang di dekat kita bisa dipakai setan untuk berkhianat seperti Yudas (tetapi jangan takut dan jangan curiga, sebab akan terjadi pemisahan yang jelas dan orang2 jahat itu tidak akan bisa menjamah kita sebab makin suci, sehingga kuasa Tuhan makin nyata dan di dalam Gereja akan ada disiplin yang makin kuat 2Kor 10:6. Orang2 yang berani berbuat melebihi yang patut bisa dihukum seperti Ananias di hadapan Petrus. Jangan takut. Orang2 beriman yang undur, yang mau bertobat akan lekas2 pulang kembali, ter-buru2, sebab bertobat sungguh2 dan mau berubah dan tumbuh dengan sangat cepat. Tetapi orang2 yang makin jahat dan menjadi anak buah Antikris akan dihukum Allah, atau mereka lekas2 lari daripada kita.

 

Orang2 jahat dari luar:Kalau itu terjadi tentu ada sebabnya, sebab umat Tuhan itu diukir dalam telapak tangan Tuhan dan pagar temboknya ada di hadapan mata Tuhan, tidak mungkin mereka bisa masuk dan mengganggu umatNya sama sekali, kecuali:

  1. Umat Tuhan berdosa, maka Tuhan membiarkan musuh datang merajalela atas mereka, lebih2 pada akhir zaman, lebih buas dan ganas, sehingga mereka langsung membunuh dan membinasakannya, pembinasa (destroyer). Hal ini jelas sekali dalam riwayat atau sejahtera Israel, waktu mereka undur dari Tuhan. Hak 3:7-8.

Tetapi waktu mereka bertobat dan berseru kepada Tuhan, maka Tuhan datang menolong Hak 3:9-11. Tetapi kalau umat Tuhan kembali undur, mereka kembali dihajar lewat macam2 cara seperti Hak 3:12-14. Begitu seterusnya. Ini terjadi ber-ulang2 kali sesuai dengan Firman Tuhan. Jadi timbulnya pembinasa dan pembunuh itu karena ada sebabnya, yaitu dosa2nya. Lebih2 pada akhir zaman, dosa itu sangat meningkat, akibatnya sangat dahsyat.

  1. Ujian. Meskipun tidak salah, bahkan hidupnya indah dan berkenan kepada Tuhan, masih bisa kenamalapetaka yang dahsyat; ini misalnyasebagai ujian atas Ayub. Ini juga disebabkan karena dosa istri dan anak2nya sehingga 10 anak Ayub mati dalam malapetaka yang dahsyat itu. Semua ini selalu ada sebabnya, tidak ada yang kebetulan. Lebih2 pada akhir zaman, Tuhan membiarkan dosa terus meningkat sampai pada puncak2nya dan itu berarti kejahatan makin dahsyat dan orang2nya makin ganas. Tetapi orang yang mengerti tidak perlu bingung tetapi langsung ambil keputusan untuk bertobat kalau salah, atau tekun dipimpin Roh kalau ujian, maka akan ada jalan lepas yang cukup baik bahkan gilang gemilang kalau lulus ujian! Lebih2 di akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel, akibatnya sangat hebat. Yang lulus akan ikut pengangkatan, tidak akan mati, tetapi yang jatuh akan hanyut dalam tsunami dosa, mati dalam dosa, meskipun ada juga orang2 yang hidup dalam dosa dan tidak mati, merekatertinggal dalam zaman Antikris. Yang bertobat akan dianiaya Antikris sampai mati. Wah 13:7.

Sebab itu jangan bodoh dan hiduplah dalam kesucian dan terus taat akan Firman Tuhan, pasti semua akan jadi baik, indah, untung dan tumbuh dalam rencana Allah yang sempurna.

 

17.c. Akan pergi daripadamu.

Pembunuh dan pembinasa itu sangat jahat, ini khususnya di dalam zaman Antikris dalam Minggu ke-70 Daniel! Mereka tidak akan pergi sebelum berhasil membunuh dan merusakkan musuhnya. Ini adalah maksud dan kehendak iblis dan kaki tangannya, tetapi perlindungan Tuhan sangat kuat, kita diukir dalam tanganNya (kalau sudah diukir dalam tangannya, tidak akan mati! 1Kor 15:51) dan temboknya di hadapan mata Allah, kita terpelihara sampai masuk dalam rencana kesempurnaan Allah.

Begitulah kalau umat Tuhan hidup dalam kesucian, atau yang berdosa bertobat dan ter-buru2 kembalikepada Tuhan, Tuhan masih akan menolongnya sehingga mereka lepas dari pembunuh atau pembinasa itu yaitu Antikris dan kaki tangannya.

Jadi pada akhir zaman, di mana terjadi polarisasi Wah 22:11, maka umat Tuhan ada yang makin suci, ada yang makin jahat dan undur dari Tuhan. Juga pada waktu ini dosa dalam dunia meningkat luar biasa, muncul semua pembinasa yang dahsyat yaitu tiga Antikris yang menekan umat Tuhan dengan dahsyat sehingga yang jahat makin jahat dan binasa, kecuali bertobat, tetapi yang suci akan berkemenangan terhadap mereka. Juga yang sungguh2 bertobat, masih akan bisa kembali, meskipun sangat pahit dan dahsyat dan mereka harus ter-buru2 bertobat dan kembali! Ini tidak boleh dipakai sebagai celah2 Firman Tuhan (cari kesempatan untuk tetap berdosa lalu kembali lagi).Mereka yang tidak mau bertobat sungguh2, yang main2 akan makin jahat dan hancur, tetapi yang sungguh2 juga mengalami banyak kesukaran, tetapi itu semua menjadi pengolahan tingkat yang lebih tinggi untuk tumbuh makin suci di hadapan Tuhan! Ikut Tuhan itu tidak ruwet asal tulus dan taat, maka kita akan lulus dalam pengolahan dalam segala segi hidup. Dan yang mau sungguh2 bertobat harus lekas2, ter-buru2 untuk bertobat dengan sungguh2 atau mati dihukum kuasa Allah dalam Gereja yang sangat tertib.

Akhirnya si pembinasa, tidak akan tahan dan akan pergi jauh daripadamu, sebab beda kesucian dan dosa sangat besar dan tiga Pribadi Allah bekerja penuh dalam Gereja (Wah 22:11) sehingga iblis dihancurkan, bahkan hampir pasti bahwa tiga Antikris itu juga dihancurkan semua! Asal tetap di jalan sempit, taat pada pimpinan Roh dalam kesucian, sesuai Firman Tuhan dan setia sampai mati, pasti akhirnya itu sangat indah dan berakhir dalam pengangkatan. Jangan percaya mulut dan tipu daya iblis dan dunia yang manis dan lihai, akhirnya orang yang ikut iblis dan Antikris akan dibinasakan oleh si pembinasa itu. Memang jalan Tuhan tidak ruwet tetapi tipu daya iblis dan siasatnya ruwet lebih2 untuk akal kita dan kalau kita menghadapi ber-macam2 peristiwa yang jahat terjadi, tetapi kalau kita dipimpin Roh, maka dari Firman Tuhan kita akan mengerti segala rahasia akhir zaman dan segala peristiwa yang kompleks ini, sehingga kita bisa mengerti semuanya, sebab kalau kita dipimpin Roh, semua akan jadi sederhana dan indah dalam jalan Tuhan.

 

 

YES 49:18. PAKAIAN DAN PERHIASAN MEMPELAI PEREMPUAN.

 

18.a. Angkatlah matamu berkeliling.

Jangan takut melihat segala perkara yang terjadi di sekitar kita, bahkan di seluruh dunia, meskipun dahsyat, sebab memang begitulah keadaannya pada akhir zaman ini, makin lama makin dahsyat, sebab kalau dosa ber-tambah2, tidak mungkin hidup jadi makin baik seperti Surga tetapi seperti Neraka, sebab dosa itu kata kunci Neraka Rom 3:17 dll dan suci itu kata kunci Surga. Wah 4:8 dll. Iblis selalu ingin mengelabui, tetapi kebenaran Allah itu kekal se-lama2nya.

Jangan takut melihat fakta2 atau data2yang menakutkan asal tetap hidup di dalam Tuhan, Dia jadi jaminan dan perlindungan kita. (Ingat Ay 16 !). Percayalah akan Tuhan Allah kita yang maha kuasa, yang bisa membuat perkara yang jelek dan celaka bisa jadi kebaikan untuk orang2 yang cinta Tuhan Rom 8:28. Ini terjadi dalam ukuran besar2an pada akhir zaman, dimana celaka yang dahsyat itu jadi keuntungan yang besar, bahkan jadi pakaian dan perhiasan bagi umat Tuhan, lebih2 yang menjadi mempelai Kristus.

 

18.b. Dan lihatlah semua ini berkumpul ber-sama2 dan datang kepadamu.

Allah sanggup mengubah jadi sebaliknya, celaka jadi untung, pahit jadi manis, yang jahat jadi kebaikan. Bagi Allah tidak ada yang mustahil, semua bisa dilakukan. Sebab itu lekatlah dengan Tuhan, belajar hidup berkenan kepadaNya, sebab di dalam Dia tidak ada celaka, tetapi untung besar. Tidak ada Neraka tetapi Surga sebab Allah kita itu baik, cinta dan maha kuasa. Semua yang dahulu jauh, perusak, pembinasa dll hal yang menakutkan, itu berubah jadi baik bahkan orang yang jahat bertobat kembali kepada kita. Jangan takut menghadapi Saul2 yang jahat, menyiksa, memenjarakan dan membunuh umat Tuhan dalam Gereja mula2. Tuhan mengubahnya (sebab dia mau bertobat) dan sekarang jadi berkat yang besar bagi Gereja Tuhan dan bagi orang kafir. Tuhan sanggup melakukanNya, luar biasa. Lebih2 di akhir zaman, orang2 yang jahat, “Saul2” sebagian akan bertobat dan kembali, bahkan jadi pakaian dan perhiasan umat Tuhan.

 

18.c. Sebagaimana Aku hidup Firman Tuhan, engkau pasti akan memakai mereka semua sebagai pakaianmu.