YS241 – Yesaya 49:12-16. Gereja, Umat Tuhan Dari Seluruh Dunia.

Dalam ayat ini dituliskan bahwa ada suatu umat yang dipanggil dari jauh, dari Utara, dari Barat dan dari Sinim (tempat2 ujung bumi (Yes 49:18) seperti dalam Kis 1:8, Injil sampai ke ujung2 bumi) dan terutama yang datangdari orang kafir merekalah yang menjadi Gereja Tuhan Rom 11:25.

Dalam ayat 14 Sion berkata bahwa Tuhan sudah melupakan dan sudah meninggalkannya. Tetapi Tuhan menjawab Ia tidak akan melupakannya. Disini kita melihat bahwanubuatan yang digenapi yaitu pada zaman Raja Koresy Yes 44:28, Tuhan memakai Koresy untuk mengembalikan Israel (Yehuda) dari Babil kembali ke Israel Ez 1:1.  Satu kali kelak sesudah zaman orang kafir selesai, maka sisa2 Israel dikumpulkan lagi dan dimasukkan ke dalam Kerajaan 1000 tahun.

Pada saat kejatuhan Israel, orang kafir masuk menjadi umat Tuhan yaitu Gereja, se-olah2 Israel dilupakan Tuhan. Sebetulnya tidak, sebab sesudah zaman Gereja selesai maka mulailah kembali zaman Israel dan semua nubuat dan janji2 untuk Israel jasmani digenapi dalam kerajaan 1000 tahun. Ini disebabkan karena kesalahan orang Israel sendiri yang menolak dan membunuh Mesias, bahkan menantang Allah, biar darah Yesus terus menerus dijatuhkan pada mereka turun temurun. Mat 27:25.

 

YES 49:12. UMAT TUHAN YANG DATANG DARI TIMUR, BARAT DAN SINIM.

 

12.a. Lihatlah, mereka ini akan datang dari jauh dan mereka ini dari utara dan dari barat

Siapa yang datang dari jauh. Inilah orang2 beriman dari mana2, dari tempat2 yang jauh Kis 2:39. Inilah orang2 yang dari jauh dan mereka mendengar Injil dan percaya Firman tuhan diberitakan ke seluruh dunia, ke tempat2 yang jauh. Mat 28:19, Kis 1:8, Mrk 16:15 dan sebagian menerimanya. Sekarang mereka datang berkumpul. Ke mana? Masih membangun tubuh Kristus global dari seluruh dunia, dari segala bangsa. Inilah tubuh Kristus yang dipersiapkan untuk kemudian ikut dalam pengangkatan.

 

12.b. dan mereka ini datang dari tanah Sinim.

(Sinim – kata ini tidak jelas. BOB Defenition: a people living atau the entrenity of the known word, maybe southern china.

Strong def: a distant oriental region, mungkin artinya ujung2 bumi).

Sinim hanya disebut satu kali dalam ayat ini yang dipakai untuk orang2 dari jauh, yang datang kepada Tuhan. (Ada yang menafsirkan dari tempat2 dengan nama yang hampir sama Sinites (Libanon) Sina atau Sin (Moody Bible Dictionary). Inilah orang2 dari jauh seperti yang ditulis dalam Kis 2:39. Ini orang2 percaya dari jauh2 yang dipanggil masuk dalam perjanjian Allah dari seluruh dunia untuk membangun tubuh Kristus. Inilah Gereja Tuhan yang datang dari seluruh dunia Kis 1:8, Mrk 16:15. Ini tanda khas dari Gereja Tuhan yang betul, bisa bersektu karena darah Kristus, dari segala bangsa, siapa saja, sebab Tuhan mencintai semua manusia dari segala macam golongan dan tingkatan.

Tubuh Kristus global ini istimewa, yang sampai sekarang belum terbentuk. Persatuan orang beriman tidak mudah apalagi dari segala denominasi dari segala tempat dan dari segala bangsa tidak mudah. Persekutuan yang betul itu dalam kesucian dan kasih Kristus 1Yoh 1:7 seperti persekutuan Trinitas Yoh 17:21, 1Yoh 5:7, semua penuh dan dipimpin roh. Ini tubuh Kristus yang betul, persekutuan dalam Roh dari orang2 yang betul2 dipimpin Roh sehingga ada persekutuan yang kuat, kokoh, disiplin, tanpa dosa yang disiapkan Tuhan untuk penamatan rencanaNya dan kemudian ikut Pengangkatan. Pertumbuhannya sangat cepat sehingga semua angka2 kedatangan Tuhan digenapkan, Gereja menjadi sempurna dan rencana Allah genap lalu Tuhan Yesus datang kembali.

Sinim hanya disebut satu kali, ini rahasia, sebab kalau orang2 Sinim sudah datang dan ada dalam tubuh Kristus. Apa arti dan tanda dari orang2 Sinim? Rahasia ini akan terbuka dalam Minggu ke-70 Daniel. Bisakah kita mengerti? Bisa, sebab ada hujan Akhir dan pelayanan orang sempurna yang meneguhkan rahasia ini! Jadi Sinim menjadi tanda dari adanya tubuh Kristus global, juga tanda bahwa Minggu ke-70 Daniel sudah berjalan sehingga kedatangan Tuhan akan terjadi dalam 3,5 tahun lagi.

 

YES 49:13. SURGA DAN BUMI BERSUKACITA.

 

13.a. Nyanyilah, o Surga dan bersukacitalah, o bumi.

Langit atau Surga adalah kerajaan Surga.

Bumi adalah orang2 suci Gereja akhir zaman dalam dunia ini.

Kalau ada satu orang bertobat (baik orang Israel, baik orang kafir) maka segenap Surga bersukacita Luk 15:7,10 dan juga hamba2Nya di bumi yang mengerti ikut bersukacita, apalagi Roh Kudus juga bergembira dalam hatinya,  karena memenangkan satu jiwa bagi Tuhan. Ini kesukaan di Surga sebab satu jiwa bertobat, apalagi kalau seluruh dunia sudah masuk menjadi umat Tuhan, jumlahnya genap, betapa besar kesukaan di Surga, luar biasa, lalu Tuhan Yesus akan datang kembali. Ini kesukaan yang luar biasa, sehingga dunia menjadi seperti Surga, Surga di bumi, tampak perempuan yang bermahkota 12 bintang, berpakaian matahari dan bulan ada di bawah kakinya, ini Gereja akhir zaman yang ajaib, heran dan luar biasa, penuh kesukaan, ini nyata pada hari2 ini. Wah 12:1. Ini bukan Gereja yang sempurna (itu ada dalam Wah 19), tetapi Gereja akhir zaman dan 3 Pribadi Allah menyatakan diri lebih banyak dalam GerejaNya, juga ada pelayanan orang sempurna, sehingga Gereja akhir zaman yang disiplin dan suami istri betul2 ajaib dan luar biasa.

 

13.b. dan bersoraklah dalam nyanyian, o gunung2,

Gunung2 ini menceritakan tentang orang2 suci, dari tingkat2 yang tinggi (sesudah Polarisasi Wah 22:11) hasil cepat dari Yes 49:11, sebab gunung jadi seperti jalan biasa, sehingga orang2 beriman masa ini tumbuh dengan sangat cepat, sehingga banyak yang menjadi sempurna sampai jumlahnya genap. Jumlahnya makin limpah dalam Minggu ke-70 Daniel, siap untuk pengangkatan.

Bersoraklah atau break forth berarti pecah, meledak dalam sukacita dan nyanyian yang hebat, sebab Gereja Tuhan di dunia mengalami zaman keemasan, dalam sukacita dan kemenangan yang sangat besar melawan tiga Antikris pertama.

 

13.c. sebab Tuhan menghiburkan umatNya dan akan berkemurahan pada orang2Nya yang tertindas.

Kemurahan bagi orang dosa berarti pengampunan.

Kemurahan bagi orang suci berarti dengan limpah, dobel, ber-lebih2, sehingga terjadipertumbuhan yang luar biasa Yes 49:10, sebab Allah bekerja dengan limpah di dalamnya 1Kor 15:10. Tuhan bekerja lebih banyak di dalam orang2 suci, ber-lipat2 kali ganda, sehingga terjadi pertumbuhan yang cepat dan heran, bahkan banyak menjadi sempurna.

Orang2 yang tertindas selama ini karena banyak tekanan, ancaman dan macam2 kesukaran dari orang2 jahat (Antikris) tetapi sekarang dapat kemurahan Tuhan dan meledak dalam sukacita dan kesukaan yang besar, sebab Gereja dalam Minggu ke-70 Daniel ini mengalami masa keemasannya, luar biasa, sangat besar sukacitanya, betul2 seperti Surga di bumi.

 

YES 49:14. SION DITINGGALKAN TUHAN.

 

TETAPI SION BERKATA, TUHAN SUDAH MENINGGALKAN SAYA DAN TUHANKU SUDAH MELUPAKAN SAYA.

Ini keluhan umat Tuhan, bukan pernyataan Tuhan. Ini dibantah dalam ayat2 berikutnya sebab tidak ada kesalahan sama sekali dari Tuhan dan kasih setiaNya tetap se-lama2nya 2Tim 2:13. Kasih Tuhan itu tidak berubah, tetapi jadi tidak efektif bagi orang yang meninggalkan Tuhan. Bukan Tuhan yang meninggalkan umatNya, tetapi umatNya yang meninggalkan Tuhan seperti anak terhilang yang meninggalkan Bapa dan rumahNya. Jadi kalau umat Tuhan meninggalkan Tuhan, itu kesalahan dari mereka sendiri, biasanya ada sebab2nya yaitu:

  1. Berdosa.
  2. Bodoh.
  3. Tidak setia.

Semua karena tipu daya iblis seperti Hawa yang tertipu dan karena orang itu sendiri mau menuruti daging, meninggalkan Tuhan dengan atau tanpa tipu daya iblis.

Tuhan mengizinkan iblis atau ular masuk dan menipu manusia (Hawa) untuk membuktikan kesetiaan manusia. Biarpun iblis masuk kalau Adam Hawa mau taat dan setia, ia tidak akan undur dari Tuhan. Selalu karena kesalahan darimanusia itu sendiri, sebab Tuhan tidak pernah salah.

Memang ada unsur lalai dan tertipu, tetapi kalau seorang sungguh2 memutuskan untuk tetap setia, meskipun ia jatuh, Tuhan tetap memberi kesempatan untuk bertobat kembali seperti Petrus dll. Sebab itu penting mengambil keputusan yang tegas, jangan plin plan Luk 12:57.

Malaikat tidak diberi kesempatan sebab malaikat sudah tahu dan sudah melihat Tuhan dan tinggal dalam Surga. Sebab itu orang yang sudah “tinggal dalam Surga 2Pet 2:4 merasakan segala janji2 Allah yang besar dan dengan pengertian lalu sengaja berbalik, tidak lagi diberi kesempatan untuk bertobatseperti malaikat2 itu. Ibr 6:5; 10:26. Sebab itu jangan lalai dan mempunyai keputusan yang tegas dan tetap setia.

Memang ada orang tidak mau percaya dan ia terpisah dari Allah untuk kekal Rom 10:16. Berbahagialah orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Yoh 3:16 dan setia sampai akhir. Mat 24:13.

Orang yang jatuh, sekalipun diberi kesempatan, masih bisa rugi besar atau celaka kekal. Sebab itu jangan minteri Tuhan, lalu maumengambil celah2 peraturan Firman Tuhan denganmeniru Petrus atau Simson, sesudah berdosa mau kembali lagi, akibatnya akan sangat pahit dan kehilangan tingkat2 kemuliaan yang tinggi, bahkan bisa binasa kekal. Setiap dosa sekalipun sudah diampuni, masih ada akibatnya Maz 99:8; seperti Musa yang sudah diampuni, tetap tidak boleh masuk Kanaan Ul 32:51.

Tuhan tidak melupakan atau meninggalkan seorangpun tanpa sebab.

 

YES 49:15. TUHAN TIDAK AKAN MELUPAKAN UMATNYA.

 

15.a. Dapatkah seorang perempuan melupakan anak penyusunya sehingga ia tidak menyayangi putra dari kandungannya?

Tuhan yang menciptakan anak dan ibu serta kasihnya dan kasih ibu yang kita kenal sekarang ini sudah tidak utuh, sudah terpotong karena kena akibat dosa, tetapi kasih Allah yang maha suci, itu jauhlebih besar dari kasih ibu.

Kalau manusia tidak setia, Allah tetap setia, tetap kasih 2Tim 2:13. Dia tetap ingat akan umatNya, apalagi yang tetap setia dan taat kepadaNya. Jadi kita yang percaya dan setia kepadaNya, tidak mungkin ditinggalkan Allah. Kalau orang beriman ditinggalkan dan celaka, itu bukan karena Allah yang salah tetapi karena manusia. Kalau hidupnya benar, pasti tetap diingat Tuhan, sebab itu setia dan tetaplah dalam kesucianNya maka meskipun dalam penderitaan, tidak ditinggalkan Allah. Misalnya Yusuf, dalam penjara, sendirian di tempat2 jauh, tidak ada yang menolongnya, tetapi Tuhan tidak meninggalkannya dan pada saat yang tepat akan menolong dan melepaskannya, sesudah lulus dari ujian2nya.

Begitu bagi Israel dan janji Allah pada Abraham, semua akan digenapkan. Janji2Nya bagi Israel akan jadi istimewa dalam kerajaan 1000 tahun, sebab itu sesudah tubuh Kristus segala bangsa global terbentuk, maka itu dilanjutkan dalam kerajaan 1000 tahun, di sini segala bangsa (yaitu penduduk kerajaan 1000 tahun) akan diperintahkan dan dipersatukan dalam kerajaan damai 1000 tahun dan Mesias (yang sudah ditolak Israel) kembali memerintah selama 1000 tahun di atastahta Daud Luk 1:32.

 

15.b. Ya meskipun mereka bisa melupakannya, tetapi Aku tidak akan melupakan engkau.

Kalau seorang Presiden yang baik dan sangat berkuasa mengatakan janji2 ini pada kita, itu luar biasa. Dia mau setia pada kita untuk selamanya. Apalagi kalau Allah yang maha kuasa berkata demikian. Kita tidak akan rugi dan tidak perlu takut, asal kita mau taat, loyal, setia kepadaNya, pasti untung. Sebab itu hiduplah berkenan pada Tuhan, perkenankan Tuhan, maka di dunia kalau untung apalagi dalam Surga, untung sampai kekal. Jangan kecil hati meskipun mengalami kepahitan seperti Yusuf, Daud, Ayub, Paulus, Petrus dll, sebab kita tetap tidak akan rugi, Tuhan tidak akan melupakan kita, sekalipun andaikata ada ibu bisa melupakan putranya!

Dalam Minggu ke-70 Daniel Gereja mengalami zaman keemasannya, lalu pengangkatan terjadi dst makin indah, makin senang, makin meningkat, luar biasa. Ingat 7 tingkat kesukaan orang beriman sejak di dalam dunia tetapi jangan lupa tetaplah setia dan taat pada Tuhan, jangan tertipu seperti Hawa yang bodoh. Jangan binasa karena kebodohan Mrk 12:24. Hos 4:6.

 

KESIMPULAN.

ayat 12. Tubuh Kristus global terbentuk, ditambah lagi dengan kode rahasia Allah yaitu tanah Sinim yang satu kali akan terbuka, paling lambat waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, sehingga Gereja Tuhan akan mengerti rencana dan penggenapan Allah.

ayat 13. Surga, bumi dan orang2 suci (gunung2) yang sudah jadi begitu mulia dan indah, akan meledak dalam kesukaan dan nyanyian yang indah2 dalam zaman

keemasan Gereja ini. Dan umat Tuhan akan dapat kemurahan yang lebih besar untuk tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan rencana Allah, bahkan semua tumbuh menjadi indah dan mulia.

ayat 14. Israel tidak akan ditinggalkan, sebab sesudah Gereja selesai, mulailah zaman Israel Rom 11:25-26.

ayat 15.. Tuhan tidak akan melupakan siapapun, baik Israel, baik GerejaNya dan setiap orang yang percaya, apalagi yang berkenan kepadaNya Dia akan ingat bahkan untuk kekal.

Tidak rugi sedikitpun menjadi orang yang percaya pada Tuhan dan setia dan taat kepadaNya.

Nyanyian:

Ya untungku besar,