YS241 – Yes 49:17. Putra2 Yang Ter-Buru2 Dan Pembinasa Yang Lari.

17.a. Putra2mu akan ter-buru2.

Heran, disini terjadi sesuatu yang lain dari biasanya. Sebab biasanya putra2nya yangtidak sungguh2 bertobat, melawan dan berontak, akan menjauh sebab tidak cocok, dilarangi dan ditegur, anak2 yang tidak mau taat ini pergi jauh2.Sekarang mereka justru mendekat dan bersekutu baik2, tidak lagi seperti dahulu, pada waktu tidak cocok dan terus menjauh. Betapa senang hati orangtua melihat anaknya bertobat dan betul2 kembali, mau kembalibersekutu dan bersatu, bahkan mereka datang ter-buru2,cepat2 kembali pada orangtuanya.

Begitu pula yang terjadi pada Polarisasi akhir zaman. Orang2 harus memilih Luk 12:57 untuk hidup suci dan taat pada Tuhan atau terus menuruti daging di jalan lebar dan menolak untuk taat pada Firman Tuhan. Waktu Polarisasi tidak lagi bisa plin plan atau mendua. Atau suci atau dosa, dan terus meningkat. Ikut Tuhan atau ikut iblis!

Orang yang bertobat, yang sungguh2 memilih Tuhan akan segera kembali pada Tuhan, ter-buru2 supaya bisa mengejar kekurangan2 yang banyak untuk tumbuh makin memperkenankan Tuhan. Mereka ter-buru2 kembali pada Tuhan dan pada Gereja, kembali dalam persekutuan tubuh Kristus yang suci. Ini terjadi di akhir zaman dan ini menjadi suatu kesukaan dan kekuatan yang besar bagi Gereja Tuhan. Umat Tuhan di pulihkan dan kembali bersatu di dalam Kristus tetapi sekarang dengan sangat tertib dan ter-buru2.

Lebih daripada hanya bertobat, disini orang yang bertobat itu ter-buru2 datang, inilah orang yang bertobat pada saat2 yang sulit di akhir zaman dalam polarisasi (Wah 22:11), lalu tumbuh dengan cepat dalam kesucian. Pertumbuhannya itu seperti ter-buru2 terus supaya bisameningkat dengan cepat dalam kesucian.

 

Mengapa harus ter-buru2? Sebab:

  1. Waktu tinggal sedikit, maksimal 3,5 tahun saja dan rencana Allah harus diselesaikan lalu Tuhan datang. Waktu tidak bisa ditambah lagi. Segera sesudah lonceng 70 Minggu Daniel mulai berbunyi, maka waktu akan berjalan dengan cepat dan tidak bisa ditambah lagi, Tuhan pasti datang pada waktunya.
  2. Hukum dalam Gereja sangat tertib dan keras. 2Kor 10:6. Setiap salah bahkan kemalasan dan yang suam dan main2 dihukum keras. Seluruh Gereja hidup, bergerak, tumbuh dengan cepat menyelesaikan rencana Allah dengan cepat dan tepat.
  3. Sesudah Polarisasi bertumbuh dengan cepat. Tidak ada lagi yang suam dan malas. Tidak ada yang berani ber-main2 sebab hukum dalam Gereja sangat tetap. Memang kalau hidup dalam kesucian apalagi dipimpin Roh dalam Hujan akhir, tidak ada lagi yang mogok atau ber-malas2an seperti keledai Isachar, tetapi dengan bergairah dan dengan segenap kekuatan mengangkat semua beban dan maju dengan bergairah dan gembiara Kej 49:14-15. Sebab itu orang2 tampaknya seperti ter-buru2, terus mau lari menunju sasaran.
  4. Gereja akan sempurna dalam waktu kurang dari 3,5 tahun. Juga orang sempurna akan genap dan ini justru mempercepat pertumbuhan orang2 Kristen lainnya dalam Gereja. Kalau Kristus mulai melayani umur 30 tahun jadi sempurna dalam 3,5 tahun, begitu juga Gereja Hujan akhir pada akhir zaman. (Henokh jadi sempurna dalam 300 tahun, Musa dalam 80 tahun, Elia mungkin hanya 40 tahun, tetapi Gereja akhir zaman pada akhir zaman harus jadi sempurna dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan), sebab itu orang2 beriman, apalagi yang baru bertobat atau kembali lagi, mereka tampaknya seperti ter-buru2 untuk tumbuh dan melakukan kehendak Tuhan dengan se-cepat2nya, supaya selesai pada waktunya, jangan sampai tersesat.

Bahkan mulai sekarang ini kita juga harus lebih cepat (lebih ter-buru2) untuk tumbuh, dengan bergairah dan ber-api2 yaitu dengan:

  1. Bertobat sungguh2, tidak lagi hidup lama, tetapi terus hidup baru dalam kerbat kulit yang baru Luk 5:37, sebab kalau tidak, pura2, diisi dengan anggur baru (Roh Kudus) tetapi pura2, bisa pecah dan binasa!
  2. Makan manna (Firman Tuhan) 2 gomer, ber-limpah2, lebih dari cukup.
  3. Limpah berdoa supaya ada pengurapan dua kali ganda,
  4. Perjamuan Suci juga ditambah dan minum dengan betul, layak.
  5. Persekutuan dalam Roh dengan tulus dan sungguh2dalam kesucian dan kasih Kristus sehingga kekuatan ber-lipat2 kali ganda; Kalau dengan pura2 bisa mati!
  6. Pelayanan ditingkatkan dengan penuh gairah dan kasih Kristus, sehingga semua angka2 kedatanganNya digenapkan dan semua rencana Allah dalam Gereja sebab kita harus siap untuk masuk dalam baptisan api. Hari2 ini akan berjalan lebih cepat sesuai dengan nubuat Firman Tuhan.Inilah ciri2 pertumbuhan yang cepat dalam Minggu ke-70 Daniel, seperti ter-buru2 dalam proyek penamatan rencana Allah, menyempurnakan GerejaNya, yang sudah harus kita mulai sekarang.

 

17.b. Pembinasamu dan mereka yang membuatmu menjadi rusak (akan pergi daripadamu).

PEMBINASAMU, inilah orang2 yang jahat, yang targetnya bukan hanya merayu dan menggoda, tetapi langsung membinasakan! Hendak membunuh dan membinasakan umat Tuhan sehingga kesempatannya habis sebab mati. Akibat dosa tidak lagi celaka tetapi langsung binasa, dibunuh dan si iblis dan kaki tangannya disini adalah pembinasa, pembunuh terang2an, Siapakah si pembinasa ini?

Pembinasa ini adalah orang2 yang ditahan

 

 

{Ibrani} Apollion {Yunani} itu berarti pembinasa. Inilah si pembinasa itu yaitugolongan Antikris, bahkan dalam 3,5 tahun Minggu ke-70 Daniel sudah ada tiga Antikris yang muncul, tetapi mereka tidak bisa mengalahkan Gereja akhir zaman dan mereka pergi (atau kalah dan mati).

Tetapi dalam zaman Antikris, si pembinasa tidak pergi melainkan berhasil membinasakan semua orang yang tertinggal bergantian sampai habis semua Wah 13:7, tetapi dalam 3,5 tahun I mereka gagal dan pergi.

Tantangan2 Gereja akhir zaman itu sangat dahsyat, sebab pembinasa2 itu diisi dengan roh2 yang sangat jahat, apalagi Antikris binatang yang ke-4, di dalamnya ada penghulu Abusos.

 

Pembinasa2 ini, bisa berasal dari dalam atau dari luar. Ingat, Antikris (lawan Kristus, yaitu Allah dalam manusia) juga adalah iblis atau setan2 yang paling jahat (si pembinasa) di dalam manusia yang sempurna dalam dosa, dan ini menjadi Antikris (lihat buku tentang Antikris dari PBZ). Keadaan begitu jahat sehingga akibatnya (korban maksimal dari kejahatan adalah mati) banyak korban maksimal yaitu mati dari mana? 1/4 sampai 1/3 penduduk dunia akan binasa oleh segala kejahatan dalam 4 bala dan 4 Sangkakala dalam Minggu ke-70 Daniel (Wah 6:8). Gereja akhir zaman yang heran tidak bisa dikalahkan, tetapi tantangan2nya dahsyat sekali, lebih2 kalau sudah timbul binatang ke-4 yang paling dahsyat, yang belum pernah ada (sesudah pengangkatan).

 

PEMBINASA DARI DALAM:

Orang2 jahat atau pengkhianat itu  berasal dari dalam seperti Yudas. 1Yoh 2:19. Pada akhir zaman akan terjadi polarisasi yaitu yang suci makin suci dan yang najis makin najis Wah 22:11. Orang beriman di dekat kita bisa direkrut dan dipakai setan untuk berkhianat seperti Yudas (tetapi jangan takut dan jangan curiga, sebab akan terjadi pemisahan dengan sendirinya dalam Polarisasi ini 1Kor 11:19. Orang2 jahat itu tidak akan bisa menjamah Gereja hujan akhir sebab mereka makin suci, penuh dan dipimpin Roh sehingga kuasa Tuhan makin nyata. Apalagi di dalam Gereja akan ada disiplin yang makin kuat 2Kor 10:6. Orang2 yang berani berbuat melebihi yang patut bisa dihukum seperti Ananias di hadapan Petrus. Pembinasa2 ini akan menghindar, pergi sebab kalau tidak, mereka sendiri yang mati, sebabkuasa Allah limpah. Orang2 di dalam Gereja akan mudah direkrut iblis kalau di dalam hatinya ada apa2 di iblis. Yoh 14:30. Kalau ada apa2 dari iblis dalam hati orang beriman (seperti cinta uang, iri, benci, dendam, sakit hati, sombong dll dari iblis), maka orang itu akan mudah direkrut, dipengaruhi dan ditarik iblis. Orang yang hidup dalam kesucian sampai dalam hati, pikiran, angan2nya, tidak bisa dipengaruhi oleh iblis, tidak bisa direkrut jadi Antikris atau kaki tangannya. Sebab itu dalam pelayanan, dalam persekutuan, dalam ibadah, jangan ada apa2 dari iblis seperti Yudas, sebab kalau ada sedikit apa2, iblis bisa memakai itu untuk merekrut orang itu menjadi kaki tangannya bahkan menjadi Antikris!

 

Bila hal ini terjadi? Waktu saatnya untuk baptisan api! Luk 12:49,50, Mat 3:12 yaitu waktu orang2 atau Gereja akan ditumbuhkan menjadi sempurna, digenapkan dalam rencana kesempurnaan Allah. Kita melihat beberapa kasus.

  1. Dalam hidup Putra manusia Yesus, pada waktu Ia akan disempurnakan dalam baptisan api (Golgota) sampai menjadi sempurna, maka muncullah Antikris itu dalam hatinya, yaitu musuh dari dalam yaitu Yudas. Yudas yang punya apa2 dari iblis dalam hatinya yaitu ingin uang, ingin jadi besar (semua murid2) maka ibis berhasil merekrutnya untuk menyerang Kristus yaitu menjadi Antikris yang pertama.
  2. Musa juga bertumbuh sampai menjadi sempurna. Ia masuk dalam baptisan api untuk menjadi sempurna. Sebab itu Tuhan izinkan orang2 jahat itu tumbuh makin men-jadi2, makin dahsyat (Tuhan bisa membinasakannya dari permulaan, tetapi Tuhan membiarkan mereka hidup dan menjadi makin dahsyat, sebagai api untuk baptisan api dari Musa). Penghulunya sendiri (musuh dalam selimut) yang melawan, me-rong2, bermufakat jahat melawan Musa dengan ber-macam2 siasat dan tindakan2 yang jahat. Tetapi Musa lulus. Ia tidak membencinya, bahkan mau mati bagi mereka Kel 32:32-33, sebab itu Musa lulus dalam baptisan api ini dan menjadi sempurna. Orang2 yang sudah melebihi batas, dibinasakan Tuhan langsung, sebab sudah terlalu jahat.
  3. Gereja akhir zaman, hujan Akhir. Wah 12:1.

juga kalau Gereja akhir zaman akan tumbuh kepada kesempurnaan, maka akan lebih banyak timbulpengkhianat2 dari dalam yang makin jahat dan keji.Orang yang tidak mau bersekutu dengan terus menerus dalam kesucian dan kasih Kristus (saling mengampuni) ada apa2 dari iblis dalam hatinya, akan mudah direkrut roh2 setan pembinasa ini untuk menjadi musuh dari dalam. Hal2 seperti ini akan muncul, istimewa pada waktu Gereja tumbuh kepada kesempurnaan di akhir zaman. Yang penting kita harus hidup benar dan memperhatikan persekutuan kita dengan baik, jangan dengan pura2, hati pegel, benci, tidak mau sehati, tetapi dari luar tetap manis. Kalau ada dosa, kalau tidak setuju, coba

 

 

diam (Yak 4:17, Ef 5:11, Yes 56:10). Tanyakan baik2, mungkin yang bertanya salah, mungkin pimpinannya salah. Orang yang pura2 dan orang yang tidak bertobat, cinta uang seperti Yudas akan mudah kabur matanya, muda ditarik dan direkrut iblis menjadi musuh dari dalam seperti Yudas dan akhirnya menjadi pengkhianat dan Antikris.

Kita harus hidup benar, terang2an, jujur, jangan pura2 atau munafik seperti orang dunia yang penuh dengan senyum dan sikap diplomat (pura2). Kalau ada perkara2 dari iblis dalam hati orang beriman, lebih2 pada akhir zaman, itu akan membuatnya bisa direkrut oleh iblis menjadi kaki tangannya dan akhirnya menjadi Antikris.

Jangan takut menghadapi semua ini, asal kita tetap benar, limpah pengurapan, kuasa, Firman Tuhan dan kasih Kristus,sehingga Kristus tetap hidup di dalam kita, bahkan penuh tiga Pribadi Allah seperti Wah 12:1 maka kita akan menang. Gereja dan kita harus cepat2 tumbuh sehingga siap untuk baptisan api ini, menang bahkan bisa menjadi sempurna. Tuhan sanggup menggenapkan rencanaNya, asal kita tetap tinggal di dalam Dia.

Sebaliknya, orang2 beriman yang undur, yang mau bertobat kembali akan lekas2 pulang kembali, ter-buru2, sebab bertobat sungguh2 dan mau berubah, bersekutu dalam Roh (dalam kesucian dan kasih) sehingga tumbuh dengan sangat cepat. Hanya ada dua pilihan, suci atau najis, naik atau turun, Kristus atau iblis; kita harus memilih dengan tegas dan cepat tumbuh, sebab waktunya sudah tinggal sedikit!Tetapi orang2 yang makin jahat, akan makin hanyut dalam dosa dan menjadi anak buah Antikris si pembinasa itu, dan akan dihukum Allah, kecuali mereka lekas2 bertobat dan lari dan lekat pada Tuhan Yesus. Yang bertobat sungguh2 dan mau ter-buru2 kembali dan tumbuh masih mungkin selamat! Tetapi yang tidak bertobat, main2, pura2, suam akan direkrut iblis, paling sedikit jadi sangat keji dalam dosa dan akhirnya binasa.

 

Umat Tuhan yang diukir dalam telapak tangan Tuhan dan pagar temboknya ada di hadapan mata Tuhan, tidak mungkin mereka bisa direkrut iblis dan mengkhianati umatNya. Sebab itu :

  1. Ambil sikap dan keputusan tegas untuk tetap dalam jalan sempit, dalam kesucian dan terus taat pada Tuhan akan datang waktunya bahwa seorang tidak bisa berpindah lagi ke jalan yang betul yaitu kalau terus menerus keras hati dalam dosa dan minum anggur lama Luk 5:39.
  2. Terus tumbuh dengan cepat mulai sekarang. Jangan coba2 kembali. Kalau tidak tumbuh, tidak akan tahan dalam ujian akhir zaman yang makin meningkat.

Musuh akan datang merajalela, lebih2 pada akhir zaman, lebih buas dan lebih ganas, sehingga mereka langsung membunuh dan membinasakannya, yaitu para pembinasa (destroyer).

 

 

kepada Tuhan, maka Tuhan datang menolong Hak 3:9-11. Tetapi kalau umat Tuhan kembali undur, mereka kembali dihajar lewat macam2 cara seperti Hak 3:12-14. Begitu seterusnya. Ini terjadi ber-ulang2 kali dan ini sesuai dengan Firman Tuhan. Jadi timbulnya pembinasa dan pembunuh itu karena ada sebabnya, yaitu dosa2nya, lebih2 yang berkeras hati. Pada akhir zaman, dosa itu sangat meningkat, akibatnya sangat dahsyat.

  1. Ujian. Meskipun tidak salah, bahkan hidupnya indah dan berkenan kepada Tuhan, masih bisa kenamalapetaka yang dahsyat; ini misalnyasebagai ujian atas Ayub. Tetapi ini juga disebabkan karena dosa istri dan anak2nya sehingga 10 anak Ayub mati dalam malapetaka yang dahsyat itu. Semua ini selalu ada sebabnya, tidak ada yang kebetulan. Lebih2 pada akhir zaman, Tuhan membiarkan dosa terus meningkat sampai pada puncak2nya dan itu berarti kejahatan makin dahsyat dan orang2nya makin ganas. Tetapi orang yang mengerti tidak perlu bingung tetapi langsung ambil keputusan untuk bertobat kalau salah, atau tekun dipimpin Roh kalau ujian, dengan perlengkapan ekstra di akhir zaman ini. Akan ada jalan lepas yang cukup baik bahkan gilang gemilang kalau lulus ujian! Lebih2 di akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel, akibatnya sangat hebat. Yang lulus akan ikut pengangkatan, tidak akan mati, tetapi yang jatuh akan hanyut dalam tsunami dosa, mati dalam dosa, meskipun ada juga orang2 yang hidup dalam dosa dan tidak mati, merekatertinggal dalam zaman Antikris. Yang bertobat akan dianiaya Antikris si pembinasa yang tidak lari sebab dia berkuasa dan menganiaya orang2 yang tertinggal sampai mati. Wah 13:7.

Sebab itu jangan bodoh dan hiduplah dalam kesucian dan terus taat akan Firman Tuhan, pasti semua akan jadi baik, indah, untung dan tumbuh dalam rencana Allah yang sempurna.

 

17.c. Akan pergi daripadamu.

Pembunuh dan pembinasa itu sangat jahat, ini khususnya di dalam zaman Antikris dalam Minggu ke-70 Daniel! Mereka tidak akan pergi sebelum berhasil membunuh dan merusakkan musuhnya. Ini adalah maksud dan kehendak iblis dan kaki tangannya, tetapi perlindungan Tuhan sangat kuat, kita diukir dalam tanganNya (kalau sudah diukir dalam tangannya, tidak akan mati! 1Kor 15:51) dan temboknya di hadapan mata Allah, kita terpelihara sampai masuk dalam rencana kesempurnaan Allah.

Begitulah kalau umat Tuhan hidup dalam kesucian, atau yang berdosa bertobat dan ter-buru2 kembalikepada Tuhan, Tuhan masih akan menolongnya sehingga mereka lepas dari pembunuh atau pembinasa itu yaitu Antikris dan kaki tangannya.

Jadi pada akhir zaman, di mana terjadi polarisasi Wah 22:11, maka umat Tuhan ada yang makin suci, ada yang makin jahat dan undur dari Tuhan. Juga pada waktu ini dosa dalam dunia meningkat luar biasa, muncul semua pembinasa yang dahsyat yaitu tiga Antikris yang menekan umat Tuhan dengan dahsyat sehingga yang jahat makin jahat dan binasa, kecuali bertobat, tetapi yang suci akan berkemenangan terhadap mereka. Juga yang sungguh2 bertobat, masih akan bisa kembali, meskipun sangat pahit dan dahsyat dan mereka harus ter-buru2 bertobat dan kembali!

Ini tidak boleh dipakai sebagai celah2 Firman Tuhan (cari kesempatan untuk tetap berdosa lalu kembali lagi).Mereka yang tidak mau bertobat sungguh2, yang main2 akan makin jahat dan hancur, tetapi yang sungguh2 juga mengalami banyak kesukaran, tetapi itu semua menjadi pengolahan tingkat yang lebih tinggi untuk tumbuh makin suci di hadapan Tuhan! Ikut Tuhan itu tidak ruwet asal tulus dan taat, maka kita akan lulus dalam pengolahan di dalam segala segi hidup. Dan yang mau sungguh2 bertobat harus lekas2, ter-buru2 untuk bertobat dengan sungguh2 atau mati dihukum kuasa Allah dalam Gereja yang sangat tertib.

Jangan takut, si pembinasa, tidak akan tahan dan akan pergi jauh daripadamu, sebab beda kesucian dan dosa sangat besar dan tiga Pribadi Allah bekerja penuh dalam Gereja (Wah 22:11) sehingga iblis dihancurkan, bahkan mungkin juga ketiga Antikris itu juga dihancurkan semua! Tetapi Antikris binatang ke-4 akan menang penuh dalam zamannya.

Asal tetap di jalan sempit, taat pada pimpinan Roh dalam kesucian, sesuai Firman Tuhan dan setia sampai mati, pasti akhirnya itu sangat indah dan berakhir dalam pengangkatan. Jangan percaya mulut dan tipu daya iblis dan dunia yang manis dan lihai, akhirnya orang yang ikut iblis dan Antikris akan dibinasakan oleh si pembinasa itu sendiri. Memang jalan Tuhan tidak ruwet tetapi tipu daya iblis dan siasatnya ruwet lebih2 untuk akal kita. Istimewa kalau kita menghadapi ber-macam2 peristiwa yang jahat, tetapi kalau kita dipimpin Roh, maka dari Firman Tuhan kita akan mengerti segala rahasia akhir zaman dan Roh Kudus akan memimpin kita melewatisegala peristiwa yang kompleks ini, sehingga kita bisa mengerti semuanya dan berkemenangan. Kalau kita dipimpin Roh, semua akan jadi sederhana dan kita akan mengerti, menang dan semua ini akan berubah menjadi indah asal kita terus tetap dalam jalan Tuhan.