YS238 – Yesaya 49:5-7. Hamba Allah Yang Dibentuk Dari Kecil Dan Hina.

YES 49:5. DIBENTUK DALAM TEMPAT PERSEMBUNYIAN.

5.a. dan sekarang Firman Tuhan, yang sudah membentuk Daku dari rahim untuk menjadi hambaNya.

Dalam ayat 1 sudah dikatakan, bahwa Mesias sudah dipanggil dari dalam rahim dan disini sudah dibentuk dalam rahim (dalam tempat persembunyian dalam gelap, tidak ada yang tahu Maz 139:11-16). Inilah Tuhan Yesus yang menjadi contoh Hamba bagi kita. Allah Bapa yaitu TuanNya (Mat 22:43-44) sudah membentukNya menjadi hambaNya. Sebab itu Putra manusia Yesus tidak boleh cepat2 keluar sekalipun umur 12 tahun sudah tampak prestasiNya yang besar dalam seminar 3 hari di bait Allah. Ini tidak mudah, dari Allah yang maha kuasa, Bapa kekekalan, Raja damai, ajaib dan bicara, Tuhan Yesus harus menjadi Hamba yang hina dan direndahkan Mat 20:27. Tetapi di dalam keadaan manusia yang seperti kita Ia sudah berhasil diolah sampai sempurna Ibr 2:17; 4:15), menjadi Hamba yang berkenan pada BapaNya Mat 3:17. Luar biasa. Ia rendah hati, mematikan daging dan taat sampai mati sehingga sesudah itu, sebagai Putra manusia, Ia sangat ditinggikan oleh BapaNya. Pil 2:9.

Ini menjadi jalan (Yoh 14:6) untuk kita yang mau taat dalam jalan salib seperti Kristus, juga akan dibentuk dan diolah sampai di tempat yang tertinggi seperti Kristus, di tahta Allah Bapa Wah 3:21. Sebab itu sebelum dipakai Tuhan dengan heran dan aman, ada masa2 pengolahan untuk pembentukandalam tempat2 sembunyi dan gelap. Disini tidak ada orang tahu juga belum dikenal, tetapi yang penting kita mau diolah untuk menjadi indah. Kalau sebagai Presiden atau pemimpin yang besar kita hidup hati2 supaya jangan bersalah, jangan dihina dan dicela, itu sudah seharusnya. Tetapi sebagai orang kecil, di tempat sembunyi apakah kita hidup suci dan takut akan Tuhan dan hidup berkenan di hadapanNya?

Daud dalam penderitaan dan pada waktu dilukai hatinya, di tempat sembunyi, tetap taat akan Firman Tuhan sekalipun itu suatu pengorbanan yang besar dan sakit bagi dagingnya, misalnya 1Sam 24:7; 26:11.

Juga Yusuf, jauh di negeri orang menjadi budak belian yang tidak ada harganya, dalam tempat sembunyi, sendirian dengan istri Potifar yang seksi, tetapi ia tidak mau berdosa sedikitpun sehingga menyakiti hati Tuhan dan majikannya Kej 39:8-13. Ini bukan 1,2 kali, tetapi terus menerus ber-ulang2, Yusuf tetap tidak mau berdosa sekalipun tidak ada yang tahu, ia tersembunyi 13 tahun dalam tempat rahasia, tidak dikenal orang, tidak ada yang tahu, jauh dari siapa saja, tetapi heran, Yusuf tetap memelihara kesucian dan ketaatan kepada Tuhan dengan luar biasa, tidak bercacat-cela.

Apalagi Putra manusia Yesus. Selama 30 tahun tidak ada cerita yang jelas tentang masa2 itu, bahkan sampai sekarang. Andaikata pada hari2 itu ada beberapa dosa, itu semua tersembunyi, tidak ada yang tahu sampai sekarang! Tetapi Putra manusia Yesus sudah dicobai dalam segala perkara, tetapi tidak berdosa Ibr 4:15. Sebab itu di hadapan Allah Bapa yang tahu segala sesuatu yang tersembunyi Ibr 4:13, Ia bersih, suci sampai pada matiNya, sekalipun sebagai hamba yang banyak menderita, Ia berkenan kepada BapaNya sehingga dipermuliakan sebagai Putra manusia yangsuci dan taat sampai mati. Pil 2:8.

Begitu juga kita kalau mau taat dalam kesucian dan melakukan kehendak Tuhan, berkenan pada Dia dalam tempat2 sembunyi yang tidak diketahui siapapun (tetapi diketahui dan dicatat Allah dengan jelas Mal 3:16), maka orang2 seperti ini mengalami pengolahan yang sangat efektif, indah dan mulia, lalu pada waktunya diangkat dan sangat dipermuliakan Tuhan, Tuhan bisa memakainya dengan heran dan tidak sampai jatuh. Ada orang baru dipakai Tuhan sedikit, sudah timbul banyak dosa, orang ini tidak bisa diberi pelayanan besar dan indah. Biarlah kita takut akan Tuhan, hidup berkenan, bukan waktu populer saja,tetapi waktu diolah dalam tempat2 sembunyi dan waktu masih kecil, luput dari mata semua orang (tetapi tidak luput dari mata Tuhan).

Ini menentukan keadaan dan pelayanan kita di hari2 berikutnya, padawaktu kita dipanggil keluar dari tempat sembunyi kita.

 

5.b. Untuk membawa Yacob kembali kepadaNya.

Tuhan Yesus turun dalam dunia sebagai Mesias Yoh 4:25-26, tetapi Israel menolakNya. Israel sudah hancur ber-keping2, dicari dan mau dibawa kembali kepada Allah, tetapi mereka menolakNya Mat 23:37-39. Tentu yang menolak itu sangat bodoh, membuang kesempatan emas. Semua yang menolak akan binasa. Juga orang zaman sekarang, atau orang beriman yang menolak kesempatan emas yang Tuhan berikan. Kesempatan emas itu begitu banyak zaman sekarang, tetapi banyak alasan, sibuk, banyak pekerjaan, padahal nganggur tetapi sebab hatinya bercintakan dunia, maka mereka menolak dan meremehkan semua kesempatan emas dari Allah dan rugi besar atau binasa untuk kekal.

 

5.c. Sekalipun Israel tidak dikumpulkan, tetapi Aku tetap mulia dalam pemandangan mata Tuhan dan AllahKu akan menjadi kekuatanKu.

Kedatangan Mesias pertama kali ini di- sia2kan orang Israel, ditolak oleh umatNya sebab matanya buta oleh dunia ini. Jangan sampai kita bodoh dan menolak kesempatan emas yang begitu besar. Zaman sekarang penuh kesempatan besar, zaman yang akan datang hanya penuh hukuman besar yaitu sesudah mati, tidak ada kesempatan lagi. Waktu itu “gagal”, tetapi pada waktu Tuhan Yesus datang kedua kalinya mereka baru sadar, tetapi kesempatan emas sudah jadi kesempatan maut, harus tukar dengan maut, hanya sedikit orang yang lolos wah 7:4-8. Tetapi meskipun demikian, Hamba Allah ini tetap dimuliakan sebab Israel menolak bukan salahNya tetapi salah Israel sendiri, mereka kena hukuman “darahNya” Mat 27:25. Darah Kristus di Golgota bukan sebagai darah penebusan bagi Israel waktu itu, tetapi sebagai darah hukuman sebab mereka menolak. Tetapi HambaNya ini tetap dipermuliakan Pil 2:9. Demikian juga kita, taat saja pada perintah Allah dan pimpinan Roh Kudus, kalau kita taat, orang yang kita layani mau menerima atau menolak, kita tetap dapat pahala dan kemuliaan, asal kita taat dengan betul, tidak jatuh dalam dosa karena perlawanan dan salah mereka (jangan jadi benci, berdosa dll, tetap suci, sejahtera sehingga lulus! Rom 12:21). Lakukan kehendak Allah, maka hikmat, kuasa dan perlindungan Allah tetap menyertai kita. Melakukan kehendak Allah, lebih2 dalam perlawanan dari orang2 yang tidak mau taat, itu tidak mudah. Tetapi Allah akan menjadi kekuatan kita, jangan kuatir. Jangan dengan kekuatan sendiri, tetapi bersandar Tuhan, pasti menang, sekalipun dilawan dan mereka tidak mau taat. Dalam segala perkara kita harus selalubersandar pada Tuhan Zak 4:6. Dengan Tuhan pasti menang dan berhasil.

 

YES 49:6. MENJADI HAMBA TUHAN ITU BUKAN PERKARA KECIL.

 

6.a. Dan Ia berFirman, suatu perkara yang kecil untuk menjadi hambaKu, untuk menegakkan suku2 Israel dan memulihkan kembali Israel yang masih terpelihara;

Hamba Tuhan kalau taat itu perkara yang sangat besar sebab dengan pelayanan yang betul itu menumbuhkannya dan itu jadi tingkat kemuliaannya untuk kekal di Surga dan pahala yang didapatnya itu mengikutinya terus menerus Wah 14:13. Tetapi hamba Tuhan yang tidak taat, lebih2 kalau ia diam2 melakukan dosa tersembunyi/ tidak, akan ditolak dari Surga Mat 7:23 dan hukuman bagi kesalahannya itu berlipat kali ganda, sebab ia sudah tahu banyak dituntut banyak Luk 12:48.

Sebab itu jangan jadi hamba Tuhan setengah2, itu makin celaka, sebab dosa yang tersembunyi bagaimanapun itu ketahuan oleh Tuhan, bahkan seringkali dibongkar Tuhan sehingga orang banyak pun tahu supaya jangan ditiru! sebab itu celaka. Tetapi biasanya karena sebab2 tertentu, apalagi kalau dosanya sama, masih ada banyak orang yang mau ikut dengan dia, dipimpin oleh hamba Tuhan yang tidak taat ini dan sama2 binasa dalam Neraka.

Misalnya Yerobeam, Achab, Absalom, Saul dll, yang dosanya begitu besar dan jelas, tetapimasih banyak orang yang mau ikut dan mau dipimpin oleh orang2 ini. Ini orang2 yang bodoh, sama2 rohnya, cinta dunia, atau karena ada keuntungan lainnya. Memang orang yang hidup dalam dosa itu dibutakan matanya oleh iblis, sehingga orang buta mau dipimpin orang buta dan akibatnya pasti semuanya masuk Neraka Mat 15:13-14, tetapi dari luar seringkali tampak megah sekali seperti kubur yang megah Mat 23:27. Zaman sekarang, orang2 ini makin sukses dan jaya, sebab nilai ambang dosa naik pada akhir zaman Wah 22:11, mereka masih bisa terus jaya sampai lama (ingat Saul memerintah selama 40 tahun dalam kebesaran seorang raja, sama lamanya seperti Daud), apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, bahkan ada yang begitu sukses, menjadi orang besar tingkat internasional, seperti tiga Antikris yang mula2. Sebagian yang keterlaluan akan dipotong oleh Allah. Wai bagi orang bodoh dan buta, yang ikut tersesat dan itu cukup banyak.

Orang yang punya belas kasihan, ikut mendoakannya agar bertobat jangan sampai binasa.

Tuhan masih ingin anak terhilang kembali pulang supaya selamat. Jd 23, Yak 5:19-20. Merebut orang2 berdosa itu tidak mudah tetapi itu kehendak Allah 2Pet 3:9. Jangan sampai ketularan dosanya! (dosa zina, uang, popularitas dll). Ada dua tahap yaitu bertobat, lalu pemulihan. Orang yang tidak mau direndahkan untuk pemulihan itu bisa sia2 pertobatannya. Misalnya diskors lalu marah, dendam, atau diam2 berdosa lagi, orang2 ini tidak bisa dipulihkan dan binasa!

 

6.c. Aku juga akan memberimu menjadi terang bagi orang2 kafir, supaya engkau menjadi keselamatanKu sampai ke ujung2 bumi.

Setiap orang beriman itu punya hak dan kewajiban. Hak kita sangat banyak dan indah, tergantung dari berapa banyak yang mau diambil, bahkan sampai menjadi sempurna seperti Kristus, luar biasa! Tetapi juga kita punya kewajiban, yaitu harus menjadi keselamatan (terang dan garam) bagi semua orang di sekitar kita sampai ujung bumi. Tidak cukup hanya jadi orang yang rohaninya baik, harus keluar buah, kalau tidak carang yang sehat, baik tetapi tidak berbuah akan dipotong dan dibuang dalam api kekal Yoh 15:2. Juga pelita yang padam Mat 25:11-13 garam yang tidak asin Mat 5:13-14, atau orang yang berhutang darah Yez 33:6,8. Ini semua orang2 yang tidak mau melakukan kehendak Allah Mat 7:21 akan binasa, dipotong dan masuk Neraka. Kita harus jadi terang bagi orang berdosa sampai ke ujung bumi, ini berarti sampai ke tempat lain. Tanggungjawab yanglangsung adalah orang di sebelah kita, dalam panci kita Luk 10:27, Kis 16:31, tetapi Tuhan juga menghendaki selanjutnya sampai ke seluruh bumi, istimewa untuk beberapa orang yang diberi beban untuk itu! Jangan diremehkan, garami dan terangi segera orang di sebelah kita lebih dahulu!

 

YES 49:7. HAMBA YANG DIHINA DAN DIKERJAKAN BANGSA2.

 

7.a. Demikianlah Firman Tuhan Penebus dan Esa yang suci dari Israel.

Allah itu Allah orang Israel yang menebusnya dan satu2nya Allah yang maha suci orang Israel Dia penebus, untuk melepaskan dari iblis dan kerajaanNya. Kita jadi milikNya, anakNya, kekasihNya. Dia yang Esa (Satu) tidak ada lain Allah daripadaNya jangan menyembah atau ter-gila2 pada yang lain! Dia maha suci, jangan main2 dalam dosa, meskipun sementara kita hidup, masih ada kemurahan, tetapi yang mempermainakn kemurahan Allah itu rugi dan celaka. Kalau kita perhatikan semua ini, amat indah!

Dia maha besar dan maha mulia. Kalau kenal dengan orang besar saja sudah untung besar, apalagi kalau jadi sahabat kita, itu untung besar. Apalagi kenal dengan Allah yang maha besar, maha mulia, penuh perhatian dan cinta lalu jadi Bapa, itu sudah terlalu untung atau maha untung, tidak ada untung dan nasib yang lebih baik dari ini. Sebab itu jangan di-sia2kan kesempatan ini, suatu kesempatan yang maha besar dan maha mulia lebih daripada keuntungan apapun dalam dunia ini Mat 16:26. Sebab itu jangan suam apalagi mendua dengan dunia dan iblis. Allah kita itu terlalu besar bahkan maha besar dan kekal. Dia berkuasa atas manusia hidup dan mayat2 juga taat kepadaNya! (Siapa yang boleh bangkit dan tidak, gilirannya siapa dll, semua taat dan berubah sesuai kehendak Allah) luar biasa. Sebab itu jangan kecil hati dan jangan bodoh.

  1. Taat habis2an.
  2. Percaya saja akan semua yang dibuatnya (diizinkannya) terjadi pada kita yang taat, itu yang terbaik! Tidak ada kebetulan Yer 15:2.

Sungguh untung, senang, mulia bagi yang percaya dan taat se-penuh2nya tanpa reserve! Jangan sembunyikan dosa atau pikiran lain, semua ketahuan dan rugi.

 

7.b. Firman Tuhan kepada Dia yang dihinakan manusia.

Tuhan Yesus jadi hamba yang  menjadi contoh yang sempurna bagi kita. Hamba itu rela dihinakan dan tidak marah atau benci, tetapi lulus dari pencobaan itu dan tetap taat melakukan kehendak Allah yaitu Tuannya! Jangan kita tersinggung atau bereaksi dosa lain waktu dihinakan, bersukacitalah, sebab semua ini ada pahalanya Rom 8:17 dan setiap lulus selalu naik “pangkat”, makin seperti Kristus.

 

7.c. Kepada Dia yang dikejikan oleh bangsa2.

Ini yang dialami Tuhan Yesus , dikejikan dihukum dengan salib. seperti penjahat besar, Dianggap terlalu hina oleh segala bangsa2 di dunia. Di seluruh dunia, ada2 saja yang mengejikan Tuhan Yesus, di-kata2i begitu hina. Begitu juga orang2 beriman, hamba2Nya jangan kecil hati kalau dikejikan, difitnah dll. Di mana2 saja diseluruh dunia ada saja penghinaan dan dikejikan, bahkan juga di dekat kita. Juga seperti di atas, harus lulus dan taat dipimpin Roh, kita jadi makin indah, jangan dendam dan benci itu berarti gugur! Rom 12:21.

 

7.d. Kepada hamba dari penguasa.

Seperti Tuhan Yesus dalam Mat 20:27. Seperti dipermainkan seenaknya. Ini semua menjadi pengolahan; di dunia ini ada cukup banyak pengolahandan lengkap untuk bisa lulus dan menjadi mulia seperti Kristus. Luar biasa, Allah itu unik dan heran, dalam dunia yang sebentar ini, Ia bisa mengolah kita jadi mulia dengan sempurna. Dunia ini sekolah lengkap untuk rencana Allah sepenuhnya, sebab itu jangan hidup sia2 (berbuat dosa itu hidup sia2, mengurangi kesempatan untuk bisa jadi mulia seperti Allah, apalagi dosa sengaja!).

 

7.e. Raja2 akan melihat dan bangkit berdiri, penghulu2 juga akan menyembah, sebab Tuhan itu setiawan dan yang Esa dan suci orang Israel dan Ia akan memilih engkau.

Hamba yang direndahkan ini ditinggikan Pil 2:9 dan jadi Raja segala raja, Tuan segala tuan sehingga semua raja dan tuan menyembah Dia Wah 19:16. Ini Tuhan Yesus yang jadi manusia yang direndahkan begitu hina dan rendah, bahkan lebih rendah dari manusia dan malaikat Ibr 2:7 tetapi sekarang jadi Putra manusia yang tertinggi dan termulia, ini jadi jalan dan jalur untuk orang2 beriman yang mau menjadi hamba2 Allah, Imam2 dan raja2 1Pet 2:9, 1Kor 6:19-20, juga akan jadi mulia seperti Kristus, yaitu mempelai perempuanAnak domba Allah. Sebab itu jangan sampai gugur dalam segala jenis ujian, tetapi terus lulus dan melakukan pimpinan Roh Kudus, maka kita akan sampai pada puncak seperti Kristus yang sangat mulia untuk kekal. Dan jangan lupa, ini untuk abadi, sangat2 untung. Sebab itu utamakan taat kepada Tuhan lebih daripada segala sesuatu yang lain.

 

KESIMPULAN.

Kita harus meniru Kristus sebagai hamba yang diolah lengkap dalam dunia ini sampai puncaknya yaitu:

ayat 5. Dibentuk dalam tempat sembunyian, tetap emas bukan tanah seperti Yusuf, Daud dll.

ayat 6. Hamba yang taat untuk meneguhkan, menumbuhkan dan memulihkan umatNya, jadi garam dan terang bagi umat Tuhan dan orang2 kafir.

ayat 7. Hamba2 yang tahan uji, dihina, dikejikan seluruh dunia, di-injak2 tetapi selalu lulus dan terus taat melakukan kehendak Allah. Jadi Kristus itu kepujiannya dari Tuhan, bukan dari manusia Rom 2:29. Orang yang mengharap pujian manusia akan gugur Ams 27:14; 29:5.Kalau seorang mencari kepujian manusia atau campuran, ia akan gugur. Sebab itu perhatikan baik2, supaya jangan peduli dengan kepujian dari manusia, tetapi betul2 utamakan kepujian dari Tuhan dan berkenan kepadaNya saja. Jalan dari Allah, tidak tergantung dari manusia, asal benar dan berkenan pada Allah, pasti indah dan untuk kekal. Jangan gantungkan kepujian kita pada manusia, jangan harap manusia,tetapi pada Allah. Sekalipun jadi kelas 0 dari manusia asal berkenan pada Tuhan.

 

Nyanyian:

Asal saya punya Engkau o Tuhan.

Gnap hinaan tak rugikan saya.

Waktu susah Kau sumber kekuatanku.

Gnap jiwaku berharap pada Mu.