YS236 – Yesaya 48:17-22. Andaikata Mereka Taat.

YES 48:17. PUNYA KUNCI DAN KESEMPATAN BESAR.

17.a. Demikianlah Firman Tuhan, Penebusmu, Satu yang suci dari Israel;

Israel itu sebetulnya mempunyai kesempatan yang besar (sebab Abraham) tetapi tidak dipakai. Ia mempunyai Satu yang suci, Allah yang maha besar di atas se-gala2nya dan Dia menjadi penebusnya; maka seharusnya Israel menjadi luar biasa juga terbesar, tertinggi dan termulia dari semua yang hidup di dunia, menjadi umat Tuhan yang berkemenangan, heran dan terbesar. Sebetulnya nasibnya bisamenjadi sangat indah, mulia dan terbesar, jaya, tetapi ternyata nasibnya begitu mengenaskan diantara semua yang duduk di bumi dan di Neraka.

Ada orang punya kesempatan kecil atau hanya sekali, dipakai baik2 seperti Rut, Rachab dll, dipakai baik2 dan mereka selamat dan menjadi indah, mulia untuk kekal. Ada orang punya kesempatan sangat besar, tetapi binasa, ini sangat bodoh dan celaka. Janganlah buang kesempatan yang banyak dan kesempatan hidup di dunia yang cukup panjang, jangan di-sia2kan! Bisa berdoa, belajar Firman Tuhan, bisa ke Gereja, bisa taat, bisa melayani, bisa memenangkan jiwa, bisa hidup suci dst ini kesempatan mulia yang luar biasa, jangan sia2kan, pakailah, maka nasib kita untuk kekal menjadi gilang gemilang.

 

17.b. Akulah Tuhan Allahmu yang mengajarimu supaya beruntung, yang memimpin engkau di jalan yang harus kamu jalani.

Dia adalah Tuhan dan Allah Israel yang luar biasa. Kalau punya bapa orang besar, orang penting itu sudah kesempatan luar biasa, apalagi Bapa kita adalah Allah dan Tuhan kita. Seharusnya orang percaya yang sungguh2 jadi orang indah, besar, mulia di Surga, juga di dunia. Paling tidak tabiatnya baik, hidup suci dan menjadi berkat (orang seperti ini sudah indah di mana2) apalagi punya kuasa, pengertian dan pimpinan Roh Kudus dandiajari supaya beruntung, tahu memilih jalan yang betul, maka segala perbuatannya beruntung juga Maz 1:3, Yus 1:8 punya semua sukses yang indah2. Seharusnya kita jadi orang indah, berkat jasmani dan rohani banyak. Tetapi mengapa lebih banyak orang percaya yang tidak jadi apa2, bahkan menderita? Nasibnya begitu jelek dan pahit? Mengapa begitu? Biasanya karena:

  1. Dosa. Semua dosa menghentikan pekerjaan Allah, sebab Allah itu maha suci. Apalagi orang sombong dan jemawa itu sangat membatasi pekerjaan Allah. Diangkat sedikit, sukses sedikit sudah sombong, maka ia direndahkan olehTuhan. Banyak orang pintar dan kuat, gagah, tetapi sebab sombong dan direndahkan Allah, hidupnya tidak jadi apa2, sia2. Juga sebab cinta uang sehingga tidak tulus, hidup dan pelayanannya se-mata2 karena uang. Juga perzinaan, keduniawian dan tidak mau pikul salib, tidak mau naik di atas Mezbah, hidup kekristenannya jadi kosong dan sia2, bahkan terlaknat seperti Israel disini.
  2. Karena kebodohan, tidak mengerti kehendak dan rencana Allah, bahkan selalu curiga dan menyalahkan Allah Mrk 12:24.
  3. Karena tidak punya iman, tidak dapat apa2, sebab semua janji Tuhan harus dengan iman Mat 17:20; 8:13.
  4. Karena menurut segala keinginan daging. Semua ini harus terus dimatikan seperti domba yang sepanjang hari disembelih Rom 8:36 di atas Mezbah Rom 12:1,2.
  5. Tidak punya kekuatan atau kuasa Mat 26:41 sebab itu perlu banyak berdoa Kis 1:8. Kalau kita mau taat dipimpin Roh terus menerus, tulus, selalu taat di jalanNya, pasti hidup ini indah di dunia dan Surga. Yang memimpin kita ini Allah yang tidak pernah gagal, sukses terus, maha kuasa, maha besar, luar biasa! Belajar terus taat dipimpin Roh, dengar suara Roh Tuhan terus!

YES 48:18. SEJAHTERA SEPERTI SUNGAI, KEBENARAN SEPERTI GELOMBANG LAUTAN.

18.a. O kalau engkau mendengarkan perintah2Ku!

Sayang, Israel tidak mau dengar dan taat. Bodoh terlalu sangat! Orang kaya dalam Neraka itu tidak punya kesempatan lagi, juga Yudas dan Saul, nabi muda dalam 1Raj 13 dll.

Mengapa sulit untuk taat? Sebab taat pada Firman Tuhan berarti melawan atau mematikan daging atau kehendak sendiri, tidak menuruti arus dunia dan semua perkara dosa.

Kehendak Roh dan daging itu bertentangan. Kalau hanya berbeda tingkatan, mudah, misalnya makan sedikit atau banyak. Tetapi ini sangat bertentangan dosa dan suci, cinta dan benci, terang dan gelap. Kalau taat pada Firman Tuhan itu melawan daging, jadi musuh setan dsb Gal 5:17. Sebab itu kalau kita percaya apalagi mengerti semua seluk beluk Firman Tuhan dan janji2Nya, lebih mudah, lebih2 kalau punya pengurapan dan kuasa Allah yang limpah. Sayang, Israel meremehkan, tidak peduli perintah Allah, sehingga nasibnya sangat jelek bahkan untuk kekal.

 

18.b. Maka sejahteramu akan seperti sungai.

Kalau kita taat dipimpin Roh, sejahtera Allah akan menjagai hati dan pikiran kita, itu luar biasa Pil 4:7. Sekalipun dalam keadaan jelek, sulit, jalan buntu tetap ada sejahtera Allah yang melebihi segala akal, sehingga karena berharap dan percaya pada Tuhan kita tetap sejahtera. Bahkan sekalipun dalam penderitaan dan aniaya, masih bisa bersukacita Kis 5:41; 16:25. Sejahtera dari Tuhan seperti sungai, bukan seperti air satu gelas, sangat banyak tidak ada habisnya, asal kita mau taat dipimpin Roh terus.

 

18.c. Dan kebenaranmu seperti gelombang2 laut.

Laut itu tidak pernah habis gelombang2nya terus ada. Dari mulai lahir sampai mati, laut tetap ada dan gelombangnya tetap bergerak. Sekalipun ada kapal besar, laut tidak berubah, tetap ada dan gelombang2nya selalu ada. Dalam segala keadaan tetap ada laut dan gelombang2nya.Begitu orang yang taat dipimpin Roh akan terus hidup dalam kebenaran dan disertai Tuhan. Bisa menang dan terus hidup benar dalam segala pencobaan. Ini hidup yang indah, sebab orang ini hidup dalam suasana Surga dengan kemenangan2 ilahi, berhasil dalam hal2 jasmani dan rohani.

 

YES 48:19. TERUS TUMBUH DAN BERKEMBANG DI HADAPAN ALLAH.

 

19.a. Benihmu juga akan menjadi seperti pasir, dan turunan badanmu seperti kersik.

Terus tumbuh dan berkembang, baik jasmani dan rohani, sebab mau taat dipimpin Roh seperti robotnya Allah, meskipun berkemauan bebas Pil 2:8. Dalam dunia ini selalu ada saja hal2 yang mengganggu dan menghambat perkembangan yang baik, yang suci, yang ilahi. Tetapi kalau kita taat dipimpin Roh, jalan kita akan berkemenangan, sebab Roh Kudus sudah tahu sebelumnya dan penuh dengan kuasa ilahi, luar biasa.

 

19.b. Namanya tidak akan sampai dipotong habis atau dibinasakan di hadapanKu.

Nama kita itu kekal se-lama2nya, luar biasa. Kalau ada perusahaan yang sudah 100 tahun, apalagi 300 tahun, itu sudah luar biasa. Kalau nama kita diukir di tembok dari bangunan penting, itu sudah bagus meskipun tidak dapat apa2. Tetapi kalau nama kita ada dalam buku Hayat, itu dilengkapi dengan segala kesukaan dan kemuliaan kekal Surgawi, sangat untung, puas, senang untuk selamanya. Sebab itu jangan melawan Allah, tidak mau taat akan Firman dan pimpinan Roh, celaka dan rugi seumur hidup, tanpa ada kesempatan mengulang lagi!

 

YES 48:20. KELUAR DARI BABIL, LARI DARI KASDIM.

 

20.a. Keluarlah engkau dari Babil, larilah engkau dari Kasdim.

Sebetulnya orang Israel tidak akan jatuh dalam tangan orang Babil dan Kasdim kalau mau taat akan Firman Tuhan; Sayang sekarang mereka jadi tawanan di Babil dan Kasdim. Sebagian bisa keluar dari Babil, dan dari Kasdim.

Kasdim itu mula2 negeri kecil sebelah Selatan Babil, tetapi ia akhirnya bisa menguasai seluruh Babil. Ini bisa melambangkan Antikris; Babil membayangkan Antikris dalam 3,5 tahun I, yang dikalahkan Gereja jalan sempit, tetapi Gereja jalan lebar dikalahkan Babil seperti Israel yang kalah oleh orang2 Babil dan Kasdim. Dalam 3,5 tahun kedua itu cerita tentang Kasdim yang lebih kejam dan tidak ada Gereja yang menang, sebab Gereja jalan sempit sudah diangkat dan sisanya yang tertinggal dibinasakan semua oleh Antikris. Dalam 3,5 tahun I masih ada orang yang bertobat dan keluar dari “Babil”, tetapi dalam 3,5 tahun kedua, semua binasa, tetapi dari antara 10-20 juta orang Israel (atau lebih) masih tetap ada 144.000 yang lolos namun ini prosentasi yang sangat kecil.

Kasdim atau binatang Antikris ke-4 (Dan 7) itu lebih jahat dan menguasai penuh seluruh dunia. Begitu banyak ayat2 cerita tentang Antikris supaya jangan umat Tuhan binasa. (Bahkan roh antikris itu sudah ada sejak Yudas 1Yoh 2:18,19).

Kalau sekarang orang2 yang mau bertobat dan keluar dari Babil lebih mudah Wah 18:4. Makin lama makin sulit dan makin besar pengorbanannya dan dalam zaman Antikris, semua yang mau keluar mati Wah 13:7 kecuali sejumalh kecil yaitu 144.000 orang saja. Jangan ikut perkara2 dari dunia 2Kor 6:17, jangan icip2, nanti tertawan Luk 5:39 sehingga tidak mau lagi kembali pada Tuhan. Jangan di raba2, jangan dijamah, semuanya akan binasa Kol 2:21,22. Sebab itu kalau sudah tahu itu dosa, jangan icip2, jangan coba2 atau dijamah, itu semua akan membawa kebinasaan, dahsyat. Pil 3:16. Dunia berkata pengalaman adalah guru yang terbaik, itu betul untuk orang dunia, tetapi bagi kita yang punya kebenaran yang kekal (Yoh 17:17) pengalaman itu masih terlalu rendah dari Firman Tuhan, seperti bumi dan langit Yes 55:8-9, sebab itu jangan cari pengalaman dengan coba2 tetapi percaya dan taat, lari dari semua yang jahat Ams 22:3 dan jangan kena tipu daya iblis. 2Kor 2:11.

 

20.b. Dengan suara nyanyian kau nyatakanlah, ceritakanlah hal ini, ucapkanlah ini bahkan sampai ujung bumi, katakanlah, Tuhan sudah menebus hambaNya Yacob.

Berita ini harus dinyanyikan, dinyatakan, diceritakan dan diucapkan sampai ke seluruh bumi. Sebab Tuhan sudah menebus, tetapi orang yang tidak mau hidup sebagai orang tebusan (suci, benar dan dipimpin Roh sehingga terus sejahtera dan benar) akan masuk dalam celaka yang dahsyat ini. Ini menceritakan tentang puncak dari orang2 yang menolak Tuhan, yang tidak mau taat, yang melawan Allah sehingga ditawan di Babil dan problemnya jadi sangat sulit dan celaka. Kita juga sudah mendengar sekarang tentang contoh2si Dajal yang begitu meriah dalam kejahatannya, supaya jangan sampai berakhir dalam kebinasaan di Babil.

Beritanya kebenaran Firman Tuhan sudah sampai di seluruh dunia, jangan sampai tidak diperhatikan dan binasa!

 

YES 48:21. DARI BATU KELUAR AIR DAN TIDAK HAUS.

 

21.a. Mereka tidak haus pada waktu Ia memimpinnya melalui padang gurun.

Dunia ini padang gurun yang kering dan semua orang akan mati kehausan. Dalam dunia ini semua orang tidak akan tahan sebab tidak ada kepuasan yang sungguh dalam dunia ini. Sebab itu berbuat dosa supaya senang (dosa menjanjikan kepuasan, tetapi palsu Yoh 4:13) dan upah dosa itu maut, akhirnya mati karena hatinya kering dan haus,  Tetapi orang yang percaya pada Tuhan Yesus diberi kesukaan dan kepuasan dari Surga. Orang yang masih haus itu sebab tidak percaya dan terus minum dari air dunia ini dan terus haus Yoh 4:13. Tetapi orang yang percaya, ia akan mendapat kepuasan dari air hidup dari Kristus.

Kita dipuaskan, tidak haus lagi karena:

  1. Kita sudah ditebus dari dosa dan akibatnya. Orang yang hidup dalam dosa, itu diperhambakan oleh dosa, tidak ada sejahtera dalam dirinya (ayat 22).
  2. Karena percaya, air hidup itu mengalir dalam hati kita Yoh 4:14. Orang yang percaya itu hidup dalam kesucian, taat akan pimpinan Roh Kudus dan terus berjalan dalam jalan2 Tuhan sebab itu ada sukacita dan sejahtera dari Surga Yoh 7:38, Pil 4:4,7. Kita bisa bersukacita setiap saat.

Sebagian orang beriman tidak percaya, sebab itu mereka mencari air dunia ini seperti perempuan Samaria, lalu minum dari air perzinaan. Ia hanya puas sebentar, yaitu kesukaan dosa yang sesaat, lalu haus lagi bahkan lebih mengikat dan menyiksa Ibr 11:25. Jangan tertipu oleh buah2 larangan yang sudah diingatkan Tuhan, tetapi iblis terus merayu dengan dustanya yang logis.

  1. Pelihara hidup rohani baik2 dengan lekat pada Tuhan dan limpah dengan 7 KPR karena hidup dalam Roh, sehingga tidak mudah tertipu setan.

 

21.b. Air keluar dari batu.

 

Ia membuat air mengalir keluar dari gunung batu bagi mereka.

Tidak mungkin dari batu bisa keluar air. Memang tidak masuk akal, tetapi dengan Tuhan itu bisa jadi.

Kristus itulah batu gunung rohani yang mengikuti orang Israel terus 1Kor 10:4. Ini prinsip Surga. Kristus itu batu gunung yang dengan akaltidak ada airnya. Biarpun dipecah sampai menjadi pasir tetap tidak ada airnya, tetapi Israel minum dari batu gunung ini, 2 juta orang setiap hari, 40 tahun. Kebutuhan air sehari: 2 juta x 50L = 100 juta L = 25.000 truk tangki air @4000 L = 250.000 m atau 250 Km (kalau 1 truk tangki sampai berikutnya dihitung 10m). Ini selama 40 tahun. Dari batu gunungyang mustahil, orang beriman di seluruh dunia dipuaskan oleh sukacita dari Surga yaitu kesukaan rohani dalam Tuhan. Percayalah dan kita puas dan bersukacita dalam kesucian bahkan dalam penjara kesukaran masih bisa sukacita, sejahtera sampai puas Kis 16:25.

Jangan cari kesukaan duniawi, meskipun yang netral masih boleh tetapi miliki sumber sukacita yang asli dari Tuhan Yoh 4:14. Bukan karena uang, kekayaan, kemewahan, makanan, barang2 baru duniawi, kesukaan orang muda 2Tim 2:22,sukses, kemenangan dll, tetapi karena Kristus!

Carilah kesukaan dari Batu kering yang tidak mungkin ini. Banyak orang beriman dan Gereja2 mencari air kepuasan dari hal2 duniawi sampai Gereja jadi tempat rekreasi, entertainment. Yang netral masih boleh dipakai tetapi biasanya lalu mengikat (kalau tidak dapat tidak ada sukacita, marah, berontak dll) jangan sampai hidup dan Gereja kita menjadi jalan lebar, jangan membius orang krasan dalam Gereja dengan kesukaan jalan lebar, itu membuat kebiasaan yang bisa menyesatkan. Berusahalah untuk dipuaskan dengan sukacita yang asli karena Kristus, sehingga tetap sukacita dalam segala perkara bahkan dalam perkara2 dan keadaan yang jelek dan pahit.

Ada seorang berkata: Kalau di Gereja tidak krasan, jangan masuk Surga, masuk neraka saja. Sebab di Surga tidak ada ramai2 dan kesukaan seperti di jalan lebar atau di dunia, nanti tidak kerasan. Jangan cari jiwa atau membuat orang krasan di Gereja dengan lighting, dekorasi, lelucon, makanan, foto, alat2 modern dll (kecuali yang netral dan diperlukan dalam Gereja) itu seperti jalan lebar. Tetapi sediakan sukacita karena krasan dengan Firman Tuhan, pengurapan Roh Kudus, air hidup dan menyembah Tuhan dalam Roh dan kebenaran, hidup suci dan taat dst sesuai dengan Firman Tuhan di jalan sempit. Ini cocok untuk masuk Surga, pasti di Surga bisa krasan. Jangan sampai krasan di jalan lebar nanti tidak krasan di Surga, lalu lebih suka ke Neraka.

 

21.c. Ia memecahkan gunung batu itu juga dan airpun memancar keluar.

Ini dilakukan Musa, ia bersalah disini sampai tidak boleh masuk Kanaan dan mati tetapi dikubur dan dibangkitkan Tuhan Ul 32:20; 34:5,6. Tetapi air tetap keluar. Seringkali masih ada kesalahan dalam umat Tuhan, tetapi toh air tetap keluar, meskipun hidup kita belum sempurna.

Tentu kita harus segera bertobat dan semua salah dibereskan dan kembali ber-sama2 untuk bersekutu dan bekerjasama, limpah dengan pengampunan dan belas kasihan..

YES 48:22. BAGI ORANG FASIK, TIDAK ADA SEJAHTERA, FIRMAN TUHAN.

Percayalah, bagi orang fasik  hanya ada gelisah, kepahitan dan celaka Rom 3:17. Hanya ada kesukaan berdosa sementara Ibr 11:25, tetapi dalam tertawa hati berasa sakit Ams 14:12-14 dan kesukaan yang sia2 ini juga sebentar dan sia2 Pkh 7:6 dan tiba2 semua lenyap dan jadi celaka kekal 1Tes 5:3. Jangan sampai tertipu seperti Hawa 2Kor 2:11, senyum sebentar lalu seumur hidup menyesal, apalagi waktu memegang mayat Habil kekasih dan penghibur hatinya. Tidak mungkin di luar Tuhan ada kepuasan!

KESIMPULAN.

Ini cerita orang Israel dalam tawanan Babil dan Kasdim, ada sedikit yang lolos yaitu dibawah 0,000144% (144.000 diantara 10 juta atau lebih banyak lagi).

Andaikata mereka mau taat akan Firman Tuhan, menurut jalan Tuhan, maka nasibnya tidak akan celaka seperti ini. Ini nasib yang celaka Yer 13:25.

Belajar taat, ada kesukaan yang asli di Surga yang bersambung dalam Surga sampai kekal dan makin dalam makin indah makin puas seperti sungai air Hayat Yez 47.