YS235 – Yesaya 48:13-16. Tuan Yang Kekasih.

YES 48:13. ALLAH PENCIPTA SURGA BUMI.

TanganKu juga yang meletakkan pondasi bumi dan tangan kananKu yang membentangkan langit. Ketika Aku menyebutkan mereka, mereka berdiri ber-sama2.

Tuhan yang menciptakan semua.

Bumi diciptakan dengan tujuan untuk menciptakan manusia dan meletakkan di dalamnya, untuk diolah sampai menjadi seperti Dia sendiri Yoh 10:35. Ini sedang berlangsung dan hampir selesai. Ini rencana yang luar biasa. Kita yang percaya pada Tuhan Yesus itu untung terlalu amat besar. Asal mau taat akan FirmanNya, kita akan mengalami rencana Allah yang luar biasa indahnya untuk kekal, asal kita lulus dalam pengolahan ini. Jangan jatuh, tetap taat dalam segala pencobaan. Rom 12:21 sehingga terus bertumbuh seperti Dia.Seberapa banyak kita lulus dalam semua pengolahan ini, itu ukuran kemuliaan kita untuk kekal, sangat mulia, sukacita untuk kekal. Sebab itu orang kaya yang mulia di dunia tetapi tidak masuk Surga, celaka untuk kekal Luk 16:25, Mat 16:26.

Langit bisa berarti bentangan langit atau Surga. Ini tempat Allah. Kita hanya mengenal dua macam Surga yaitu yang sekarang dan Surga Bumi Baru yang akan datang. Bagaimana sebelumnya? Kapan Surga yang ada sekarang ini dimulai? Banyak hal tentang ini dan tentang Allah itu di luar jangkauan pikiran kita, tetapi jangan bingung, kita tidak perlu memikirkannya, sia2 Ul 29:29. Apa yang kita tahu dari Tuhan itu yang kita camkan. Surga yang sekarang akan lenyap sesudah Tahta Putih yang Besar pada waktu kiamat dan diganti dengan Surga Bumi Baru yang kekal 2Pet 3:10-13. Ini proyek yang maha besar dari Tuhan untuk kita yang percaya  sesuai dengan ketaatan kita sekarang selama diolah dalam jatah umur hidup kita di dunia. Sebab itu jangan sia2kan kesempatan ini, pakai baik2 supaya Terus Meningkat Sampai Puncak selama kita hidup dan masih mendapat kesempatan. Berdoa supaya bisa tebus waktu sehingga tumbuh lebih cepat dan lebih tinggi.

Jadi bumi dibuat Allah untuk tempat pengolahan dan Surga untuk tempat kemuliaan yang kekal hasil pengolahan di dunia.

YES 48:14. UTUSAN TUHAN YANG DIKASIHI.

14.a. Berhimpunlah kamu semua dan dengarlah. Siapakah diantara mereka yang menyatakan hal2 ini? Tuhan mengasihi Dia.

Siapa yang disuruh berhimpun. Dalam ayat 13 ditulis bumi dan langit. Semua yang hidup di beritahu oleh Tuhan tentang kehendak dan rencana Allah. Ada suatu rencana yang indah. Semua tidak ada yang tahu atau bisa mengerti tentang rencana Allah yang maha besar, tetapi ada satu orang yang dikasihi Tuhan. Mat 3:17. Ini tentang Mesias yang akan datang untuk menyelamatkan isi dunia, sehingga akan terbentuk satu umat Allah yang heran oleh karena pekerjaan Sang Mesias (disebutkan dalam ayat 15 dst). Dia yang menjadi batu penjuru dan kita menjadi imam2 dan raja karena Dia 1Pet 2:8-10.

Mengapa disebut Tuhan, bukan Allah? Biasanya sebutanTuhan itu adalah untuk Tuhan Yesus, tetapi dalam pelayanan Tuhan Yesus, maka Bapa menjadi Tuhan atau Tuannya atau kepala Mat 22:44. Bapa adalah Tuan dari Tuhan Yesus dan Tuhan Yesus adalah Tuan dari kita 1Kor 11:3 dan laki2 adalah tuan dari perempuan, itu berarti:

  1. Pemimpin2 adalah tuan yang diangkat Tuhan dan yang lain harus taat dan tunduk kepadaNya Ibr 13:17.
  2. Suami adalah tuan dari istri 1Pet 3:5-6. Tentu orang yang dijadikan tuan adalah orang yang taat pada Tuan di atasnya. Pemimpin2 jadi tuan bagi domba2 Tuhan tetapi pemimpin2 harus seorang yang taat akan Tuhan Yesus, bukan yang beraja di hati tetapi taat akan Firman Tuhan dengan tabiat baru, dipimpin Roh bukan menuruti daging. Begitu juga suami jadi kepala atau tuan bagi istri, tetapi bukannya tuan yang jahat dan bengis tetapi taat pada Tuan di atasnya yaitu Tuhan Yesus, bahkan jadi kekasih Tuhan Yesus, itulah orang yang penuh dengan kasih dan taat.

Semua “tuan2” harus taat pada Tuan di atasnya yaitu Tuhan Yesus dan hidupnya berkenan kepada Tuhan sehingga menjadi kekasih Tuannya seperti contoh Putra manusia Yesus Mat 3:17; 17:5. Tuan2 di dalam Gereja dan rumah tangga Kristen bukan diktator yang bengis tetapi penuh cinta, taat pada Tuhan dan hidupnya berkenan pada Tuhan. Tidak heran “tuan2” dalam pekerjaan Tuhan itu disebut hamba, sebab hidupnya lebih cocok seperti ini meskipun diangkat Tuan jadi tuan Mat 20:26-28, bahkan berani korban, seperti Kristus memberi nyawaNya karena cinta, sama sekali tidak ada kebencian, itu orang yang berkenan pada Tuhan dan diangkat Tuhan jadi “tuan” dalam rumahNya!

14.b. Ia akan melakukan kesukaanNya atas Babil dan tanganNya akan ada di atas orang Kasdim.

Dunia ini adalah tempat pengolahan umat Tuhan dan dunia ini dikuasai oleh iblis, itulah Babil. Dari permulaan iblis bekerja dalam mansuia yaitu dalam Hawa sehingga diusir dari Eden. Kain berontak dan Kain keluar dari hadirat Tuhan Kej 4:16 membangun kota Henokh. Bangsa yang pertama memberontak, membangun Babil. Pemberontakan ini berjalan terus sampai akhirnya dalam Wahyu, Babil dirobohkan dan dibinasakan Wah 18:2,21. Umat Tuhan harus keluar dari Babil Wah 18:4-6. Umat Tuhan tidak bisa keluar dari Babil tanpa pertolongan Tuhan. Secara jasmani umat Tuhan yang tertawan di Babil sudah tidak mungkin keluar lagi, tetapi dengan pertolongan tangan Allah yang maha kuasa, mereka bisa keluar, keluar dari Babil baik zaman dahulu, zaman sekarang dan pada akhir zaman sampai terakhir, Mesias akan menolong umat Tuhan untuk bisa keluar dari Babil.

“Orang” ini yang menjadi kekasih Tuhan, itu akan menolong melepaskan umat Tuhan dari Babil dengan tangan yang kuat. Ini adalah kesukaan dari Tuan yang di atasnya yang ditaatiNya.Penolong ini adalah Juru selamat atas Babil. Umat Tuhan dilepaskan dari Babil oleh Mesias atau Juru selamat ini. Mengapa Allah membiarkan umatNya sampai masuk di dalam dunia Babil ini? Allah sudah tahu lebih dahulu dan sanggup mencegahnya, mulai dari kejatuhan Hawa. Tetapi Tuhan izinkan Adam Hawa sebagai mahkluk yang bebas diuji dan mengambil keputusan sendiri, dan meskipun mereka akan jatuh, Dia tahu lebih dahulu, sekaligus menjadikan Babil untuk tempat pengolahan umat Tuhan.

KesukaanNya atas Babil bukan berarti setuju dan ikut berdosa seperti Babil, tetapi justru sebaliknya hidup suci sekalipun dapat tantangan dari Babil. Kita tinggal di Babil atau dunia tetapi dunia tidak boleh masuk dalam kita, bahkan menajiskanpun tidak boleh 2Kor 4:16-18. (Seperti Israel keluar dari Mesir, jangan Mesir masuk kembali dalam hatinya. Mereka sudah keluar dari Mesir, tetapi Mesir belum keluar dari hatinya, sehingga mereka merindukan kembali ke Mesir). Jangan kita dinajiskan oleh Babil, tetapi keluar dari Babil dan menjadi umat Allah yang kudus. Jangan ikut dalam dosa2nya. Ini tidak mudah. Sebab itu minta pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan, sehingga dengan hikmat atau cerdik dari Roh dan terang Firman Tuhan kita bisa dipisahkan dari Babil sekalipun kita masih diam di dunia ini. Bahkan tangan Tuhan ada di atas bangsa Kasdim, yaitu menang atas Babil. Tuhan sudah memberi kita hidup berkemenangan atas dunia ini. Jangan takut, Tuhan sudah mengalahkan dunia ini Yoh 16:33. Asal Tuhan ada dalam kita dan menjadi Tuan kita, kita juga akan menang atas dunia ini 1Yoh 4:4; 5:4-5. Jadi kalau Tuhan jadi Tuan kita, kita juga akan berkemenangan, luar biasa. Gal 2:20.

 

YES 48:15. DIUTUS ALLAH.

 

Aku bahkan Aku yang sudah berkata, ya Aku sudah memanggilNya. Aku sudah membawa dan Ia akan membuat jalanNya beruntung.

Bapa mengutus PutraNya ke dunia Yoh 3:16; 8:29. Begitu juga kita diutus dalam dunia oleh Tuhan Yesus Yoh 6:57; 17:18; 20:21. Tuhan Yesus sebagai Putra manusia sudah menyelesaikan tugasNya dengan baik dan sempurna Yoh 19:30.

Sekarang giliran kita diutusuntuk pergi ke seluruh bumi Mat 28:19 yaitu kepada orang2 di sebelah kita, dimanapun kita berada untuk mengasihinya Luk 10:27, sehingga dengan belas kasihan menerangi dan menggarami mereka supaya selamat Mat 5:13-16. Orang yang taat akan membuat jalannya beruntung seperti Kristus. Kalau kita lebih mendahulukan tugas kerajaan Surga Mat 6:33 maka kita akan membuat jalan kita beruntung dalam segala perkara Maz 1:3. Lakukanlah bagian kita, maka bagian Tuhan juga akan digenapkan.

Siapa yang tidak mau taat melakukan kehendak Tuhan, maka ia tidak akan beruntung bahkan ditolak dari kerajaan Surga Mat 7:21. Sebab itu pergilah, Tuhan mengutus dan yang mau pergi dengan hikmat dan kuasa Allah akan ber-buah2 banyak dan hidupnya akan beruntung jasmani dan rohani!

 

YES 48:16. TRINITAS ILAHI.

 

16.a. Kamu datanglah dekat kepadaKu, dengarkanlah hal ini. Aku tidak ber-kata2 dalam rahasia dari permulaan.

Orang yang datang dekat dengan Tuhan, apalagi menjadi satu dengan Tuhan 1Kor 6:16, maka ia akan mendengar kata2 Tuhan, bukan sebagai rahasia tetapi mengerti sebagai sahabat Yoh 15:15. Datanglah dekat dengan Tuhan. Orang yang taat melakukan kehendak Tuhan akan suka, cinta Tuhan dan suka mendekatiNya. Orang yang tidak cinta tidak akan suka mendekatinya.

Ke mana kita mendekat? Apakah kita harus pergi ke Kanaan? Tidak! Mendekat dengan Tuhan itulah dalam Firman Tuhan dan doa (dalam Roh dan kebenaran). Dengan cara ini kita bisa mendekati Tuhan. Kalau seorang ada dosa apalagi penuh, maka ia tidak akan suka dekat2 dengan Tuhan, bahkan menjauh. Juga dari Gereja, kalau hatinya penuh dengan perkara2 duniawi (jalan lebar) ia tidak akan suka ke Gereja jalan sempit, tetapi kalau ada Gereja jalan lebar itu lebih cocok untuk orang yang jauh dari Allah, yang duniawi. Orang gelap lebih suka gelap Yoh 3:19. Sebab gelap dan terang tidak bisa cocok 1Yoh 1:5 tidak bisa berjodoh 2Kor 6:14. Bagi orang yang hidup dalam terang, maka Firman Tuhan itu bukannya rahasia, tetapi ia akan mengerti. Betapa indah. Sebab itu jangan hidup dalam dosa, Firman Tuhan akan jadi rahasia dan kegelapan. Tetapi bagi orang2 yang hidup benar, Firman Tuhan akan jadi terang, bukan rahasia yang tersembunyi. Kalau kita sudah dapat mengerti rahasia Firman Tuhan, maka satu saat ia akan mengalminya 2Raj 2:10. Betapa heran rahasia Firman Tuhan, sebab yang memegang dan bisa membukakan rahasia Firman itu Allah sendiri. Sebab itu jangan heran, orang yang mengerti Firman Tuhan berarti mendapat dari Tuhan, dan ia akan terus ber-buah2 sampai penuh Mat 13:23. Carilah perkara2 baru yang indah, mulia sampai kekal itu di dalam Firman Tuhan, doa, ibadah, persekutuan dan pelayanan, sangat indah. Jangan cari dalam hal2 baru duniawi, bisa2 tersesat dan terjerat sehingga jadi duniawi, mabuk anggur dunia dan tidak suka lagi akan Firman Tuhan dan kesucian Luk 5:39, siap masuk Neraka.

 

16.b. Dari permulaan, sejak hal itu jadi, Aku ada.

Ini berarti Tuhan Yesus juga Allah yang kekal, Dia selalu ada kapan saja, dari kekal sampai kekal.

 

16.c. Dan sekarang Tuhan Allah dan RohNya mengutus Aku.

Disini kita melihat ada 3 Pribadi yaitu Aku itulah Tuhan Yesus, Tuhan Allah itulah Allah Bapa dan RohNya itulah Roh Kudus. Mereka itu ada dari kekal sampai kekal. Sejak dari dalam Kej 1:26; 3:22 ditulis kata “kita”, jamak, sebab memang ada 3 Pribadi dan keTigaNya menjadi Satu 1Yoh 5:7. Kalau satu Pribadi saja sudah cukup untuk menolong dan menyelamatkan kita, tetapi tiga Pribadi Allah itu bekerjasama (membagi tugas) dan dengan kasih ber-sama2 menolong kita. Mengapa ada tiga Allah dan ketigaNya menjadi Satu. Mengapa tidak hanya satu, itu di luar kemampuan kita, kita tidak mengerti Ul 29:29. Mengapa? Kita hanya tahu sedikit yaitu:

  1. Kasih. Allah itu kasih 1Yoh 4:8, selalu ada objek dan subjek dan karena ada tiga Pribadi, kasih itu berjalan dengan sempurna.
  2. Persekutuan kita dengan Tuhan juga menjadi satu 1Kor 6:17. Luar biasa, menjadi satu dengan Allah, suatu persekutuan yang erat dan kuat dalam kasih Kristus.
  3. Suami-istri. Juga ini dimungkinkan oleh Tuhan Yesus. Tuhan menciptakan laki2 dan perempuan dan dalam nikah jadi satu dengan sempurna dalam kasih. Tiga tali, yaitu suami-istri dan Kristus menjadi satu Pkh 4:12. Kalau ada kesucian dan kasih seperti Allah, bisa jadi satu seperti Allah begitu indah, manis, senang, sukacita dan kuat.
  4. Persekutuan tubuh Kristus, baik antara anggota satu sama lain menjadi satu di dalam Kristus 1Kor 12:12-13, dan Kristus menjadi Kepala kepada jemaat.

Trinitas ini bicara tentang banyak hal2 dasar yang pokok, sebab di dalam Tuhan, kita menjadi satu.

Hakekat keKristenan itulah kasih dan di dalam kasih tidak ada perceraian atau perpecahan tetapi persekutuan yang manis seperti di dalam Trinitas. Kalau ada perpecahan itu salah dan Kristus tidak ada di tengah2nya. Baik diantara suami istri, keluarga dan anggota2 tubuh Kristus, kalau tidak ada persatuan seperti Trinitas, itu berarti bukan persatuan dari Tuhan dan itu akan pecah Yoh 17:21.

Allah kita adalah Trinitas, yaitu tiga tetapi satu, bukan lagi tiga, tetapi satu. Begitu juga Tuhan menghendaki di dalam umat Tuhan dan pernikahan ada satu kesatuan seperti Trinitas yang sudah ada sejak permulaan, bahkan dari kekal. Tidak bisa bersatu, bukan dari Kristus; bercerai adalah pekerjaan iblis. Allah itu kasih dan iblis itu benci dan pembunuh 1Yoh 3:15. Sebab itu kalau ada Tuhan, selalu ada kasih, ada pengampunan dan bukan saja pengampunan tetapi usaha mempersatukan, menjadi satu. Kalau tidak mau berusaha menjadi satu, itu bukan kegerakan Roh Kudus, tetapi dari daging dan iblis. Memang dengan orang yang tidak bertobat kita tidak boleh bersekutu 1Kor 5:9-12 bahkan harus menyalahkan Ef 5:11, tetapi tetap ada belas kasihan untuk memulihkan orang yang jatuh dan menyelamatkan orang yang berdosa Mat 9:13. Kalau tidak ada hati belas kasihan untuk memulihkan dan menyelamatkan, itu berarti bukan pekerjaan, kegerakan dan pimpinan Roh Kudus tetapi dari iblis. Tuhan menghendaki kita punya kasih dan belas kasihan yaitu memulihkan orang yang jatuh (seperti cerita orang Samaria) dan menyelamatkan orang yang berdosa Luk 10:27 dst.

 

KESIMPULAN.

ayat 13. Bumi untuk mengolah manusia, yang mau percaya dan Surga yang mulia untuk yang sudah diolah di dunia ini.

ayat 14. Gelap, tidak bisa cocok dengan terang, tidak dapat rahasia Firman. Terang itu menang atas dunia ini. Tuan itu kekasih Allah dan hamba bagi yang dipimpinnya.

ayat 15. Yang mau diutus Tuhan, membuat jalannya beruntung.

ayat 16. Trinitas. Kalau ada pekerjaan Roh Kudus, ada persekutuan dalam kasih dan kesucian. Tuhan minta belas kasihan untuk memulihkan yang jatuh dan menyelamatkan orang berdosa.

 

Nyanyian:

Kasih itu lemah lembut.