YS234 – Yesaya 48:9-13. Perkara-Perkara Baru Di Dalam Allah Yang Kekal.

YES 48:9. TUHAN MENAHAN DIRI.

9.a. Oleh karena namaKu, Aku akan menahan amarahKu.

Ini semua termasuk kemurahan Allah. Sebab kalau Dia berbuat sesuai pemberontakan dan khianat umatNya, semua habis. Seperti di waktu Israel di padang gurun, yang berontak 10 kali melawan Allah Bil 14:22,34. Kalau mereka diberi hukuman yang setimpal, habislah mereka semua. Tetapi Musa mohon kemurahanNya dan berhasil. Ini bukan se-mata2 karena Musa, tetapi Musa dipakai Tuhan untuk mendapatkan kemurahan Allah, sebab itu Ia menahan amarahNya Kel 32:9-13. Seharusnya memang Israel sudah dibinasakan, itu yang adil. Tetapi supaya kesan nama Tuhan jangan rusak sebab perbuatan umatNya ini. Untuk apa kesan yang baik? Jangan sampai orang2 mengira bahwa Tuhan itu terlalu keras, tiada ampun dan iblis membuat orang jadi putus asa dan anak2 terhilang tidak berani pulang, sebab Tuhan terlalu keras padahal Tuhan itu kasih dan penuh kemurahan bagi yang mau bertobat!

Tuhan masih menahan murkaNya, tetapi kalau mereka tidak bertobat, tetapi binasa! Kadang2 ada perbuatan yang sangat jorok, jelek, masih Tuhan biarkan, sehingga orang berpikir betapa jahatnya umat Tuhan ini, tetapi Tuhan tinggal diam. Mengapa tidak dihukum langsung dengan dahsyat? Beberapa sudah dihukum, seperti Zedekia dan Israel sekaligus banyak orang binasa ber-sama2, tetapi tidak selalu demikian. Kadang2 mereka tidak mati   ber-sama2, tetapi satu per satu, seperti Israel yang berontak ini, sebab kalau masih mau bertobat, Tuhan tunggu, Tuhan terima seperti anak terhilang.

 

9.b. dan karena kepujianKu, Aku hendak membatasi diri untukmu, supaya jangan Aku menumpas engkau.

Umat Tuhan kalau undur dan berbalik bisa jadi 8 kali lebih jahat Mat 12:45, bahkan lebih lagi, bisa jadi sempurna dalam dosa seperti iblis dan inilah prinsip Antikris yang muncul dari antara kita 1Yoh 2:19. Sebab itu jangan menggembalakan atau membimbing domba2 Tuhan setengah hati sehingga banyak yang campuran dan jadi jahat sekali seperti Tiatira, Pergamus dll. Yang salah tetap harus disalahkan Ef 5:11, jangan jadi anjing kelu Yes 56:10. Jangan ingin memperkenankan manusia dengan macam2 motive/ maksud, tetapi perkenankan Tuhan, cari Tuhan sungguh2 dan tertibkan diri kita, keluarga kita dan sidang Tuhan, supaya jangan timbul orang2 jahat seperti iblis ini. Gereja tidak boleh membiarkan perkara2 dosa tumbuh di dalamnya tetapi semua harus dicabut dan dibuang! Kalau orang yang sangat berdosa mau bertobat, sekalipun pahalanya hilang masih bisa selamat. Tetapi orang yang jahat seperti iblis (dosa sempurna), tidak mau bertobat lagi, pada waktunya pasti ditumpas.

 

YES 48:10. ISRAEL MENGECEWAKAN ALLAH.

 

10.a. Lihatlah Aku sudah memurnikan engkau, tetapi tidak dengan (keluar) perak.

Proses keselamatan itu unik (bayangkan dari orang berdosa, anak2 iblis, bisa diubah dan diolah jadi anak2 Allah bahkan jadi seperti Allah). Bagi manusia yang sungguh2 mau bertobat, memang dibuat sangatmudah seperti penjahat di salib yang bertobat, selesai. Tetapi Tuhan memproses dengan caraNya sebagai Allah yang maha tahu, maha kuasa, maha besar. Manusia tidak bisa menggantikan pekerjaan Tuhan ini.

Kalau orang yang tetap setia, Tuhan tahu lebih dahulu, sekalipun tanpa pemurnian lagi seperti penjahat itu, cukup dan selamat. Bahkan bayi baru lahir mati (atau yang gugur) Tuhan bisa mengadili dengan tepat sebab Dia tahu lebih dahulu dan diturunkan dalam orangtua yang selamat atau yang binasa dan disertai peraturan 1Kor 7:14.

Kalau orang itu bakal undur, waktu masuk dalam pemurnian perak lalu kentara mutunya. Seperti Saul dan Yudas dimasukkan tungku dan tidak menjadi perak tetapi jadi sanga dan binasa. Ini bukan predestinasi atau ditentukan lebih dahulu, tetapi Allah tahu lebih dahulu dan baru karena itu ia bertindak lebih dahulu Rom 8:29 KJI.

 

10.b. Aku sudah memilih engkau dalam tungku sengsara.

Sebab itu kita yang sungguh2 percaya tidak boleh main2, dalam aniaya, penderitaan harus menang dan keluar sebagai perak bukan sebagai sanga. Yes 1:25.

Jadi masih mungkin orang2 tidak mengalami tungku sengsara, seperti orang2 yang hidup dalam dosa sampai mati tidak bertobat, tetapi tidak celaka, hidupnya enak2 saja. Maz 73:12 (1-9). Biasanya tungku sengsara itu lebih penting untuk pengolahan, untuk pertumbuhan. Orang yang akan binasa bisa saja enak terus dan ini juga menjadi tantangan, ujian bagi orang2 beriman yang masuk tungku sengsara. Maz 73:10 dst.Tetapi orang yang mengalami sengsara dan tetap setia itu tumbuh dan penuh syukur, sebab menjadi faedah baginya untuk kekal Maz 119:67,71,75 dsb. Sebab itu kalau datang pencobaan bersyukurlah Ef 5:20 dan bersukcita Yak 1:2 sebab sesudah lulus (harus lulus!) kita akan mengalami banyak keuntungan, istimewa tumbuh makin seperti Kristus.

 

YES 48:11. ALLAH YANG MAHA SUCI DAN TERTIB.

 

11.a. Karena diriku sendiri, bahkan karena diriKu sendiri Aku akan melakukannya.

Bukan karena orang lain atau karena terpaksa, tetapi dari diriNya sendiri Allah itu maha suci dan tertib, tidak ada yang sembunyi2, atau karena terpaksa, atau karena dilihat orang, atau karena ini dan itu, tetapi Allah sendiri itu maha suci dan Ia tertib dalam kesucian, Dialah Allah yang tidak mungkin berbuat dosa atau ketidakadilan. Dia Allah yang maha suci, mutlak suci, tiada sedikitpun gelap di dalamnya.

Begitu juga kita, jangan karena ingin sesuatu (kedudukan, uang, hormat manusia, dll) tetapi karena kita betul2 mau hidup suci dan benar, dari diri kita sendiri, bukan karena terpaksa atau karena sikon atau karena orang lain.  Orang yang hidup benar karena terpaksa, karena orang, karena maksud ini dan itu, bisa sembunyi2 beruat dosa, atau kalau sudah tidak melihat faedahnya, bisa berubah. Kita sekarang punya benih dari Allah, kita bisa tetap hidup suci dan benar di mana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja, dahulu sekarang dan se-lama2nya, itu suci seperti Dia 1Pet 1:15-16.

 

11.b. masakan namaKu di kejikan.

Hanya orang bodoh dan tidak mengerti bisa menjelekkan dan menyalahkan Allah. Orang yang mengerti dan percaya, meskipun tidak mengerti, meskipun dirayu iblis, tetap tidak akan pernah mau menyalahkan Allah yang mutlak suci dan tidak bisa berdosa dalam keadaan apapun! Orang yang menyalahkan Allah itu bodoh atau sudah kena tipu iblis yang menjungkirbalikkan kebenaran Allah. 2Pet 3:16.

 

11.c. dan Aku tidak akan memberikan kemuliaanKu kepada yang lain.

Ini berarti tidak ada orang atau mahluk lain yang lebih benar dari Allah sehingga bisamenyalahkan Allah dan membenarkan dirinya sendiri, memuliakan dirinya sendiri. Yes 42:8. Mula2 Ayub merasa dirinya benar, memang ia benar. Tetapi dibandingkan dengan Allah ia tidak bisa meninggikan dirinya, sebab meskipun tidak mengerti, yang benar tetap Allah dan Ayub bisa melihat kesalahan dan kekurangannya yaitu kuatir Ay 3:25-26. Betul Ayub tidak salah, tetapi ia gagal mendidik istri dan anak2nya sehingga mereka tumbuh dengan liar dalam dosa dan akhirnya jadi celaka. Setiap kali Ayub berdoa: andaikata anak2ku menghojat Tuhan, ia mintakan ampun Ay 1:5. Akhirnya Ayub belajar lagi bahwa Allah tidak pernah salah, kekurangan itu ada pada Ayub dan dosa2nya pada istri dan anak2nya Ay 42:3,6 (1-6). Meskipun tiada salahnya (Ayub sudah taat dalam semuanya) tetapi ia belum sempurna, dan tampak kekurangan itu. Dalam Wasiat Baru Tuhan tetap menyelamatkan sekeluarga Kis 16:31, tetapi itu tidak otomatis dan harus terus bergumul, jangan berhenti. Kalau kurang bergumul, bisa celaka seperti anak2 Ayub. Mana2 yang kurang dan yang dikuatirkan itu harus dikerjakan terus dalam pimpinan Roh sampai lengkap dan sejahtera, tidak lagi kuatir.

 

YES 48:12. DENGARKANLAH ALLAH YANG KEKAL.

 

12.a. Dengarkanlah Aku o Yacob dan Israel, yang Kupanggil.

Yacob adalah orang yang lama, yang ada cacat atau kekurangannya, diubah jadi Israel yang heran karena anugerah dan kemurahan Tuhan. Kita harus ingat, asal kita adalah seperti Yacob supaya tidak sombong dan terus bersandar pada Tuhan, sebab tanpa Tuhan, semua gagal dan sia2. Kita harus mendengarkan Tuhan dan taat, jangan hanya dengar Yak 1:22. Betul kita sudah dipanggil, tetapi harus tekun terus sampai dipilih yaitu di dalam tungku sengsara (ayat 10). Jangan lupa Israel berasal dari Yacob, supaya kita tetap rendah hati dan tidak sampai sombong lalu direndahkan kembali seperti Yacob atau lebih rendah lagi! Jangan sampai sombong, apalagi kalau sudah diangkat Tuhan, lalu jadi mewah dan duniawi, tidak lagi mau dianggap kecil, maka Tuhan akan merendahkannya. Nikmatilah saat2 dikecilkan dan direndahkan, sebab itu kuncinya untuk bisa tetap dalam kemuliaan Allah. Meninggikan diri dalam hati itu permulaan dari kehancuran! Ams 16:18; 11:2. Orang2 yang direndahkan Tuhan harus periksa diri dan kalau perlu diperbaiki supaya jangan makin direndahkan dan binasa (baik dalam hal jasmani dan rohani). Tuhan ingin kita mulia untuk kekal seperti Dia sendiri.

 

12.b. Aku adalah Dia yang ada, Akulah yang awal, juga Aku adalah yang terakhir.

Tuhan Allah itu kekal, Dia bisa berada kapan saja, luar biasa. Dia adalah yang awal dan juga yang terakhir. Kalau Tuhan tidak ada lagi, semua juga sudah tidak ada lagi, sebab Dialah yang terakhir. Begitu indah.

Kita seringkali dihadapkan pada tamat, habis, atau hampir tamat, tetapi di dalam Allah yang kekal masih ada hari esok, tidak ada yang tamat dan selalu ada hal2 baru, apalagi di hari2 yang akan datang, ada hal2 baru yang tersembunyi, Dia tahu semuanya, sebab Allah sudah ada dalam hari2 yang akan datang.

Coba kita bandingkan dalam dunia, apa saja yang ada sekarang, yang baik dan yang jelek, jasmani dan rohani dibandingkan dengan 50 tahun yang lalu, maka kita akan mendata begitu banyak perkara yang baru. Jangan ingin menikmati hal2 baru jasmani yang fana, kecuali yang perlu kita pakai, tetapi carilah hal2 baru yang rohani yang diberi Tuhan dalam 50 tahun terakhir ini. Mengapa? Sebab ini kekal dan ada arahnya yaitu tumbuh jadi mulia dan sempurna seperti Kristus, sesuai dengan program rencana Allah sehingga bisa ikut dalam pengangkatan dan mengalami hal2 yang indah kekal. Jangan lupa, hal2 baru yang rohani yang akan datang akan lebih cepat munculdengan mutu yang makin tinggi sebab mendekati penamatan rencana Allah, sampai pada kesempurnaan. Misalnya:

  1. Pembukaan Firman Tuhan akhir zaman ini makin luas Mat 10:26-27. Miliki pembukaan2 baru relatif + absolut dan kita akan mengalaminya 2Raj 2:10.
  2. Hidup merdeka dari dosa Yoh 8:36, Gal 5:1 dan terus meningkat dalam kesucian yang makin tinggi seperti dalam gunung kesucian Tuhan Maz 48:2.
  3. Pengurapan Roh Kudus yang terus meningkat sampai pengurapan tanpa batas Yoh 3;34. Ini luar biasa dengan hasil2 pekerjaan Roh Kudus yang sangat banyak dan mulia.
  4. Karunia2 Roh Kudus makin limpah disalurkan dalam hidup kita (9 macam karunia) lebih2 dengan nubuat (kata2 dari Roh Kudus yang heran dan tepat, makin banyak, makin limpah dalam kata2 kita) dan karunia2 yang lain.
  5. Buah Roh makin nyata, sehingga hidup ini makin indah jadi berkat tetapi juga limpah dengan kuasa Allah Kis 1:8. Seperti kehidupan Tuhan Yesus Luk 24:19.
  6. Kesukaan Roh Rom 14:17 yang mengalir dalam hati dan hidup kita terus bertambah Yoh 4:14, Yez 47:1-5 sehingga tidak lagi hanya sampai mata kaki, tetapi terus naik sampai lutut, pinggang dan tenggelam.
  7. Tanda2 dan mujizat yang makin ber-tambah2 mengikuti Mrk 16:20, termasuk kesembuhan. Kita ini masih mengalami hanya sedikit, padahal pada Allah itu tidak ada batas dan Tuhan menjanjikannya Yoh 14:12. Rindukan terus ber-tambah2 dalam segala tanda dan mujizat.
  8. Persekutuan orang2 beriman yang manis, yang bisa sehati, sejiwa, sepikir, setujuan seperti 3 Pribadi Allah Yoh 17:21 sehingga tidak ada salah paham, salah mengerti, iri, kurang senang dll, tetapi betul2 bisa seperti satu orang seperti Trinitas sehingga kuasa Allah limpah di dalamnya, bahkan kekuatan masing2 bisa naik sampai 100 kali Im 26:8 bahkan sampai 1000 kali Yus 23:10.
  9. Pekerjaan dan kegerakan Roh Kudus yang begitu dahsyat sampai satu kali khotbah 3000 jiwa dibaptiskan Kis 2:41. Bahkan bisa lebih dari itu.
  10. Hadirat Tuhan akan begitu nyata, sampai orang2 berdosa gemetar dan terasa suasana Surga yang indah. Semua sudah mahir pikul salib dalam kesucian dan mahir terus menerus taat dipimpin Roh, sangat indah dan hidup sangat ajaib.
  11. Ketertiban dalam orang2 suci dan dalam gereja begitu kuat sehingga tidak ada orang berani berbuat dosa lagi dalam kebaktian 2Kor 10:6.
  12. Pelayanan jabatan, pelayanan orang sempurna muncul sehingga Gereja betul2 jadi luar biasa. Bukan karena management dalam Gereja bagus dengan cara2 dunia, tetapi Roh Kudus langsung mengatur dengan cara2 ilahi, sehingga orang tidak terpelajarpun bisa jadi manager ilahi yang heran seperti Petrus.

Kegerakan dan kesaksian yang luar biasa akan muncul di mana2. Dari dahulu kadang2 ada sedikit2 kegerakan yang heran muncul di beberapa tempat di seluruh dunia, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel akan muncul di seluruh dunia sampai pada puncak2nya yaitu sampai sempurna dan jumlah orang2 sempurna akan genap 144.000, dunia akan jadi luar biasa (bayangkan ada 144.000 “Tuhan Yesus” di seluruh dunia!!).

Ada banyak hal2 yang indah dalam hari2 yang akan datang yang masih tersembunyi dari pikiran dan kenyataan kita.

Juga soal uang, keamanan, kesehatan dll akan limpah sehingga tidak ada batas. Uang akan limpah, tidak kekurangan, tetapi tidak lagi ada yang cinta uang apalagi memberhalakan uang bisa mati seperti Ananias (Kis 5). Jangan hanya rindu memakai tehnologi modern yang memang hebat, tetapi tehnologi ilahi tidak ada batasnya. Orang senang dengan yang mewah, indah, tehnologi yang heran2 dalam segala segi. Rindukan hal2 baru dalam Tuhan yang akan datang, masuk dalam rencana penamatan dan penyempurnaan ilahi.Misalnya Tuhan Yesus bicara dengan 20 ribu orangtidak ada sistem pengeras suara apalagi di pantai, tetapi mereka mendengar!). Belum lagi manna, 5 roti 2 ikan, berjalan atas air dll.

Semua kemajuan dunia ini fana dan sia2, bahkan seringkali jadi jerat seperti HP, TV itu menjerat banyak orang dalam cara2 berzina yang baru, penularan2 ber-macam2 dosa, bahkan kebencian dan pembunuhan sampai meningkat lebih dari 30%, luar biasa. Kadang2 Gereja2 dan orang Kristen lebih banyak ber-lomba2 untuk memakai cara2 yang baru ber-lebih2 sehingga meninggalkan kesucian (gunung kesucian), dipimpin Roh, pembukaan Firman Tuhan, pengurapan, kuasa dan mujizat yang heran. Rindukan makin mulia dengan perkara yang kekal, dengan semua kenyataan dari janji2 Firman Tuhan, lebih dari segala kelimpahan jasmani yang fana.

 

KESIMPULAN.

Jangan kita hanyut dalam kemajuan perkara2 dunia yang fana, terjerat dalam dosa2nya sampai Tuhan harus marah tetapi menakan diri, membatasi dirinya. Meningkatlah dalam perkara2 rohani yang kekal dalam rencana kesempurnaanNya dan limpah dengan kemuliaan yang abadi.

 

Nyanyian:

Semakin mulia Dia mengubahku,

ubahku 2x