YS233 – Yesaya 48:5-8. Hal-Hal Baru Di Akhir Zaman.

YES 48:5. MENGAMBIL KESIMPULAN YANG SALAH.

5.a. TUHAN SUDAH MENYATAKAN LEBIH DAHULU.

5.a. Bahkan dari permulaan Aku sudah menyatakannya kepadamu, sebelum hal itu terjadi.

Tuhan selalu memberitahu lebih dahulu hal2 yang akan datang. Mengapa? Sebab Tuhan tahu dengan tepat apa yang akan terjadi, sebab itu dengan mudah Ia dapat memberitahu supaya Yoh 15:1; 16:1,3.

  1. Supaya umatnya bersedia dalam menghadapi semua perkara yang diketahuinya, sehingga ada kemenangan dan sukacita.
  2. Supaya jangan mengambil kesimpulan yang salah atau memberi komentar yang menyesatkan, sebab manusia itu mudah salah mengerti apalagi kalau tidak tulus, ia bisa memberitakan hal2 yang sebaliknya untuk kepentingannya sendiri atau orang lain.

Kita sudah belajar bahwa Firman Tuhan itu buku nubuatan yang akan datang, kalau kita tidak tahu (tidak menyelidiki dan mencarinya seperti barang berharga) bisajadi binasa dan celaka di tengah2 himpitan perkara2 yang terjadi. Sebab tidak mau bertobat danbersedia seperti orang2 zaman Nuh yang akhirnya binasa sampai habis karena keras hati dalam dosa dan tidak percaya (seperti Dahi tembaga), padahal tanda2 sudah diberikan kepadanya.

Begitu lengkap Tuhan menyatakan semua rahasia pada waktunya untuk orang2  yang percaya dan taat, sehingga tidak akan keliru mengartikannya (dalam pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan). Tetapi yang keras hati dalam dosa, iblis bekerja di dalamnya sehingga akhirnya mereka yakin akan hal yang salah, yakin akan dusta iblis seperti dalam 2Tes 2:11,12. Kalau sudah sampai disini keadaan jadi kacau dan terbalik.

 

YES 48:5B. PERCAYA DUSTA IBLIS.

 

5.b. Aku menunjukkannya kepadamu, supaya jangan engkau berkata bahwa patung saya yang melakukan semuanya dan patung2 ukiran saya dan patung tuangan saya yang menyuruhkan itu semua.

Tuhan sudah menyatakannya lebih dahulu, tetapi orang2 ini bisa keliru. Sebab utama adalah karena iblis bekerja di dalam hatinya, sehingga mereka percaya dusta. Kalau Roh Kudus yang bekerja, Roh Kudus akan memimpin terus sampai pada kebenaran (Yoh 16:13). Memang iblis itu pembohong yang memutarbalikkan semua perkara supaya orang ikut dia, sebab kalau ia memberikan kebenaran, ia tidak akan menang. Ada banyak macam dan siasat iblis, tetapi semua patung berhala, ukiran dan tuangan itu tidak ada gunanya, itu buatan manusia. Memang iblis masuk di dalamnya sehingga ada kuasa dan hal tertentu terjadi, tetapi bagi Allah ini sia2, bukan apa2, juga orang beriman bisa mengalahkannya dengan mudah dalam nama Tuhan Yesus. Jangan takut, percayalah! Tetapi sedikit kuasa dan mulut besar iblis sudah mempengaruhi banyak orang sehingga percaya dusta setan dan taat padanya Celakalah orang2 ini yang percaya dusta iblis. Ada banyak dusta iblis  dalam segala segi hidup, tetapi orang yang penuh dan dipimpin Roh dan tumbuh dalam Firman Tuhan akan bisa mengenalinya dan menolak tipu daya iblis, lebih2 kalau kita bersatu di dalam kesucian dan kasih Kristus, kekuatan dan pengertian rohani kita akan ber-tambah2 (Im 26:8) dan bisa menghadapi segala macam tipu daya dan dustanya. Asal ada Roh Kudus yang menjadi penguasa hidup kita (mau selalu taat dipimpin Roh).

 

YES 48:6. ISRAEL YANG TULI DAN BUTA.

 

6.a. Engkau sudah mendengar, lihatlah semua ini dan tidakkah engkau mau menyatakannya?

Kalau seorang sudah berdosa, cinta dosa, iblis bekerja di dalamnya, maka ia akan benci pada kebenaran danTuhan Ibr 1:9 dan menjadi buta dan tuli pada Tuhan. Mat 13:13. Ini bisa terjadi pada orang  yang belum kenal Tuhan dan yang sudah kenal Tuhan lalu berbalik sehingga jadi buta dan tuli oleh pekerjaan setan dan yang terakhir ini lebih jahat, sebab sudah mengenal Tuhan 2Pet 2:21, hukumannya jauh lebih jahat daripada yang belum tahu apa2.

Ini seperti malaikat yang tahu banyak, dituntut banyak Luk 12:48.

Orang yang sudah mendengar dan melihat, harus menyatakannya, kalau tidak, Tuhan tidak berkenan, ini tugas kita untuk menyampaikan berita ini pada orang2 di sekitar kita sebagai garam dan terang dunia. Lawan iblis, lepaskan dari ikatan2nya supaya matanya celik dan telinganya bisa mendengar kebenaran dan diselamatkan.

Ada dua macam buta tuli, yaitu:

  1. Yang baik, yaitu seperti hambaKu, Yes 42:19. Ini orang2 yang berharap dan bergantung pada Tuhan sepenuhnya seperti orang buta dan tuli. Sangat bergantung pada Tuhan.
  2. Orang2 yang keras hati itu buta dan tuli akan kebenaran Firman Tuhan, sebab ditipu setan sehingga diputarbalikkan seperti orang buta dan tuli, melihat kenyataannya tetapi tidak bisa mengerti. Hati2 jangan sampai Tuhan dibalik oleh iblis sehingga orang yang kena tipu dayanya menganggap Tuhan itu jahat dan kejam, padahal Allah itu baik, penuh kemurahan, tetapi suci, tidak mengizinkan dosa seperti iblis. Orang yang cinta kebenaran akan bisa melihat kebenaran Allah dengan mudah, tetapi yang cinta dosa akan dengan mudah dibalik pengertiannya oleh iblis sehingga yakin bahwa Allah itu jahat dan kejam, apalagi kalau lihat salib dan hukumanNya!

 

YES 48:6B. ISRAEL TIDAK MENGERTI RAHASIA ALLAH.

 

6.b. Aku sudah menunjukkan engkau hal2 baru dari saat ini, bahkan hal2 yang tersembunyi dan engkau tidak mengetahuinya.

Kalau seorang sudah dapat dan tidak dipakai, tidak berbuah, maka Allah tidak menambahkan lagi hal2 berikutnya Mat 13:12, ia tidak akan mengerti hanya dianggap perumpamaan dan ia melewatkan begitu saja.

Kalau Elisa tidak bisa mengerti rahasia Elia dan dibiarkan saja, ia tidak dapat apa2 seperti murid2 yang lain dan mungkin orang lain yang mengambilnya. Tetapi sebab Elisa tahu ia mengikuti terus dengan teliti dan menerimanya. Suatu pengurapan yang luar biasa seperti Elia.

Kalau Daud tidak menangkap rahasia Allah tentang Goliat, mungkin ia pulang dan tidak dapat apa2. Sebab itu kita harus bisa mendengar suara Roh dan jangan lewatkan kesempatan yang indah, istimewa untuk melakukan kehendak Tuhan sebab di dalamnya bersambung rencana Allah yang mulia. Jangan benci musuh, jangan bereaksi dosa, sebab itu berartigugur atau kalah dalam problem dll, karena itu ada dosa dan tidak bisa mendengar suara Roh untuk hal2 yang indah, kecuali bertobat. Ada banyak rahasia2 tersembunyi yang tidak diketahui orang2 beriman yang undur dan mereka tidak mengalami rencana2 Allah yang indah yang pada permulaan sudah disediakan Allah baginya, lebih2 rencana akhir zaman, itu betul2 dahsyat (masuk dalam penamatan), tetapi itu sangat indah, kita akan masuk dalam suasana Surga di bumi, karena orang2 tertib hidup dalam kesucian dan pengurapan Roh Kudus begitu limpah. Pembukaan Firman Tuhan dll sehingga hari2 yang akan datang itu seperti Surga di bumi, artinya Surga di tengah2 dosa yang limpah dan melompat naik, luar biasa, tetapi kita tetap bisa hidup dalam kesucian dan sukacita yang amat besar dalam hadirat Allah dan pengurapan Roh Kudus. Hal2 tersembunyi akan dibuka pada saatnya dan itu luar biasa dan memberi jalan masuk pada banyak hal2 baru ilahi yang indah dari Tuhan. Terus berjalan dalam Roh, dalam pembukaan Firman Tuhan yang terus terbuka (Mat 10:26-27) akan ada pembukaan2 baru yang dahulu kata2nyatermeterai tetapi sekarang terbuka. Ini membuat terobosan2 baru kepada tingkat2 yang lebihtinggi dari rencana Allah.

 

YES 48:7. PERKARA2 BARU.

 

7.a. Mereka diciptakan sekarang dan bukan dari permulaan, bahkan sebelum hari itu.

Ini hal2 baru yang baru sekarang diciptakan. Meskipun sudah diceritakan dahulu dalam nubuat2 Firman Tuhan, tetapi bentuk itu baru, dalam bentuk sesuai zaman sekarang. Orang mengira ini hal2 baru dari tehnologi manusia, tetapi bukan, ini hal2 baru menurut kebenaran2 yang sudah diterangkan dalam Firman Tuhan. Misalnya perbuatan itu sekarang dalam ber-macam2 bentuk yang dahsyat, dosa2 kesombongan, dosa2 sex, dosa2 uang dalam bentuk2 yang tidak pernah ada sebab dicocokkan dengan keadaan zaman (istimewa karena computerisasi). Sebaliknya juga hal2 rohani dalam Gereja Tuhan akan mengalami hal2 baru. Tetapi kita harus bisa membedakan antara bentuk dan isinya, bentuknya bisa baru, macam2 tehnologi tetapi intinya sama yaitu Firman Tuhan dan Roh Kudus. Jangan pakai perkara2 yang lama atau pengetahuan2 manusiawi, juga Alkitab jangan digabungkan dengan ilmu2 manusia dan filsafat dunia, tetapi tetap pada Firman Tuhan.

Kebenaran Firman Tuhan itu kekal Luk 21:33 dan berada di atas segala kebenaran manusia, sangat besar bedanya seperti tingginya langit dan bumi. Yes 42:8-9. Kalau kita mengerti hal ini, kita tidak mencari hal2 baru dalam dunia dan tehnologi manusia, tetapi tetap dipimpin Roh dan mendapatkan hal2 baru dalam iman dan tetap sesuai dengan Firman Tuhan, tetap di dalam Kristus dan Roh Kudus, serta ada di dalam Alkitab. Jangan keluar dari Alkitab, nanti tersesat dan dilahap iblis.

Misalnya dahulu tidak ada Gereja. Tidak ada bahasa lidah, tidak ada bentuk tubuh Kristus seperti sekarang (akan terbentuk tubuh Kristus global dalam Minggu ke-70 Daniel) tetapi sekarang sudah mulai dan Roh Kudus akan memimpin kita dalam hal2 baru tetapi pegangan kita tetap Firman Tuhan.

 

YES 48:7B. TIDAK TAHU SEBELUMNYA.

 

7.b. Ketika engkau tidak mendengarkannya, supaya jangan engkau berkata, lihatlah, saya mengetahuinya.

Iblis sendiri bingung bagaimana Putra manusia lahir, lalu jadi besar lalu dapat 12 murid, lalu pelayanan dst. Iblis mengambil strategi membunuh Yesus, memakai Yudas untuk mengkhianatiNya, tetapi ternyata sudah sukses besar dan Putra manusia Yesus mati, Neraka heboh, kunci maut dan alam maut dirampas, juga semua tahanan di dalamnya, dibawa naik ke atas Wah 1:18, Ef 4:8-9. Iblis tidak mengerti. Begitu juga waktu Gereja lahir dan sekarang ini waktu Gereja akan disempurnakan dalam rencana Allah, orang dosa dan orang Kristen yang undur, yang ada iblis di dalamnya dan iblis, tidak akan mengerti dan mereka akan melawan rencana Allah yang suci dan mulia (Wah 12:1) tetapi kalah. Kita tidak perlu takut, sebab Roh Kudus akan menunjukkan kepada kita kebenaran2 Allah baik dalam Gereja sampai administrasi peraturannya sampai dalam perkara2 rohani, Tuhan bisa mengaturnya dengan heran. Seperti Bezaliel dan Aholiab belum pernah melihat Kemah Suci tetapi mereka diurapi Tuhan sehingga bisa menciptakannya, yang dahulu belum pernah dilihatnya Kel 36:1,2. Apakah mereka orang berbakat seni dan pintar? Tidak disebut, tetapi Allah bisa memberi berkat dan pengertian itu kepadanya, sehingga mereka sendiri kagum dan tahu ini semua dari Allah, 1Kor 4:7 bukan dari dirinya sendiri. Luar biasa. Kemah Suci bisa dibentuk tanpa maket, hanya dengan ilham dari Tuhan, bukan dengan hikmat manusia. Petrus memimpin Gereja Perjanjian Baru, itu tanpa pengertian management duniawi (dia buta huruf menurut beberapa arkheolog)tetapi sudah ada dalam Alkitab dan dipimpin Roh. Tampaknya terlalu naif mengecilkan ilmu pengetahuan (jadi fanatik, primitif)tetapi Allah itu terlalu tinggi untuk disetarakan dengan manusia, justru itu menghinakan Allah. Sebab itu boleh saja orang berpendidikan dunia yang baik (sebab ilmu yang murni itu netral, ditentukan dan ditetapkanoleh Allah dalam Maz 148:6, tetapi kita tetap harus tunduk pada pimpinan Roh, sebab itu yang tertinggi dan hanya Firman Tuhan dan Roh Kudus yang bisa membawa kita naik sampai puncak2Nya dengan pengertian baru yang ilahi dan Surgawi bahkan sampai menjadi pengantin Kristus. Jangan pakai prinsip2 manusiawi, kecuali dipimpin Roh dan memakai yang netral, tetapi Roh Kudus akan memimpin kita dalambanyak hal2 baru dari Tuhan yang selalu cocok dengan Firman Tuhan yang kekal.

 

YES 48:8. PENGKHIANAT DAN PEMBERONTAK.

 

8.a. Ya engkau tidak mendengar, engkau tidak tahu, ya sejak waktu itu  telingamu tidak dibuka.

Orang yang tidak bisa mendengar, tidak akan tahu, sebab telinganya tidak dibukakan oleh Roh Kudus, tetapi ditutup oleh iblis, sehingga meskipun mendengar tetapi tidak mengerti dan tidak bisa memakainya.

Kalau seorang mau terus taat pada Firman Tuhan, dan dipimpin Roh, bukan pemberontak, maka telinganya akan dibuka sehingga bisa mendengar banyak rahasia2 ilahi Yes 50:5, Tuhan membukakan telinga  mata rohani dan jasmani (Mat 7:35, Yoh 9:32). Juga mata rohani dibuka seperti keledai Balhum Kej 49:14,15. Yohanes dibuka matanya bisa melihat Surga, begitu kita yang diurapi bisa melihat kebenaran Surga dan itu jadi hidup oleh Roh Kudus tidak kalah dengan Surga yang betul. (Bandingkan dalam perkara baru duniawi,orang bisa mengeringkan dan “mengirimkan” suara dan pemandang dalam sebuah tape atau disket kecil, atau dengan internet luar biasa. Juga hal2 rohani akan muncul, tetapi jangan disesatkan oleh kedagingan, duniawi, hedonism, bahkan bentuk2 sederhana (simple) yang melawan kerajaan Allah. Kalau telinga rohani tidak dibuka, tidak bisa mengerti sekalipun sudah dengar, tetapi kalau sudah dibuka, akan mengerti pengertian2 yang heran yang terjadi.

 

8.b. Karena aku tahu sebab engkau akan berlaku sangat khianat dan disebut pemberontak sejak dari rahim.

Tuhan tidak menentukan lebih dahulu tetapi tahu lebih dahulu. rom 8:29 KJI. Dan sebab itu Ia bisa menentukan lebih dahulu pengkhianat atau pemberontak2 ini tidak dibukakan telinga dan matanya, hanya untuk percaya saja, sebab mereka tidak mau taat dan akan berbalik dan jadi lebih jahat. Mat 12:45. Yudas dipakai cukup banyak, tidak ada keluhan, tetapi orang yang tidak mau bertobat, berkhianat dan berontak itu tidak akan dapat cukup pembukaan, mungkin hanya sampai Halaman atau mulai masuk Ruangan Suci lalu keluar kembali.

Tetapi jangan kita yang menghakimi orang lain, itu berbahaya, itu hak Allah yang menentukan hukuman atau pahala seseorang, sebab Ia tahu lebih dahulu. Misalnya Rut dan Orpa.Sekalipun seorang pemberontak dan akan khianat kita layani baik2 supaya bertobat, tetapi dengan hikmat dan kuasa Allah  (kalau sudah masuk Neraka bukan lagi karena tahu lebih dahulu tetapi sudah jadi akibat perbuatannya di dunia). Jangan jadi alasan untuk menolak kecuali diteguhkan Roh Kudus sebab iblis bisa memakai ayat2 ini untuk memecahkan persekutuan Kristus dengan prasangka jahat. Yudas diterima sampai saat terakhir dan orang2 tetap menolongnya. Juga kita, tetap dengan hikmat Tuhan dan karunia marifat kita berjalan tetapi jangan setuju dengan dosa2nya dan Tuhan akan memimpin dengan tepat. Sebab itu kita harus terus berjalan dalam Roh supaya mahir, sebab kesukaran2 dan problem hanya bisa diatasi dengan hikmat kuasa Allah dan Firman Tuhan yang nyata dalam pimpinan Roh yang terus menerus dan pembukaan2 Firman Tuhan.

 

Nyanyian:

Serta Tuhan ku jalan,

dalam pimpinanNya,

lewat jalan yang baru, yang blum kujalani.\