YS232 – Yesaya 48:1-4. Israel Yang Bandel.

YES 48:1. ISRAEL, BENGKOK (BENAR, TETAPI BENGKOK).

Yes 48:1.a. Engkau dengarlah hal ini, o rumah Yakub, yang dipanggil dengan nama Israel.

Permulaannya baik yaitu Yakub yang salah jalan lalu bertobat dan kemudian ditolong oleh Tuhan sehingga menjadi Israel. Kej 32:28-30. Israel berlaku sebagai raja. Yakub penipu berubah menjadi raja di hadapan Allah. Begitu tekun Yakub bergumul dan berusaha memperkenankan Tuhan sehingga dari penipu dengan nasib jelek (ditipu kembali 10 kali oleh Laban) tetapi sebab bertobat dan mau memperbaiki hidupnya dengan tekun, ia menjadi Israel. Pniel menghasilkan Israel. Sebab Yakub tekun bergumul sampai ia melihat Tuhan yang murah pada orang yang mau bertobat yaitu di Pniel. Seringkali turunan orang benar tidak benar, orang yang indah jadi tidak indah karena dosa. Orang yang mau berusaha, terus menyangkal diri dan taat, maka ia akan tumbuhmenjadi indah dan jasmani juga menyusul. Mat 6:33. Tetapi anak2nya, anak2 orang2 yang sukses rohani, seringkali hanya mengambil hasil sukses dalam perkara2 jasmani; tidak mengambil yang rohani, sebab itu jadi beraja di hati 2Pet 2:10-12. Sebab itu anak2, lebih2 dari orang2 yang sukses rohani harus belajar pikul salib dari masa kecil Rat 3:27, harus dididik baik2, sebab kalau dimanja jadi seperti Hofni dan Pinehas dan kalau sampai akhir tidak bertobat, akan binasa.

 

Yes 48:1.b. Dan yang sudah keluar dari benih Yehuda.

Turunan Yehuda adalah jalur Juru selamat dunia. Ini bayangan orang2 yang sudah lahir baru, bukan lagi dari Adam pertama tetapi dari Adam terakhir, jenis manusia kedua, sebab sudah lahir baru 1Kor 15:45-47, Yoh 3:3,5, 2Kor 5:17, luar biasa; Tetapi manusia bukan mesin yang ditentukan Tuhan, tetapi mahluk bebas, yang sesudah lahir baru harus mengambil keputusan setiap kali untuk tetap setia dan loyal kepada Tuhan, tetap taat dan setia sampai akhir, jangan kembali pada iblis, bapa yang lama.

 

Yes 48:1.c. Yang bersumpah dengan nama Tuhan.

Tuhan menjadi patokan, saksi, hakim, bukan orang yang mudah berubah atau menipu seperti iblis. Ini orang2 yang bisa dipercaya, sebab patokannya Allah yang maha suci dan maha kuasa, harus hidup benar dengan tulus dan sungguh2.

 

Yes 48:1.d. Dan menyebut Allah Israel.

Allah itu disembah dan dipuja. Orang yang menyembah Allah dengan betul (dalam Roh dan kebenaran) itu bisa dipercaya dan akan hidup benar dan kasih seperti Allah, bahkan kita ini memang dari permulaan sudahdijadikan anak2 dari Allah yang maha besar Yoh 1:12.

 

Yes 48:1.e. Tetapi tidak dengan betul dan tidak dalam kebenaran.

Ini celaka besar. Semuanya betul, sumbernya betul, sudah diambil oleh Allah sendiri dari Yakub jadi Israel, sudah dari jalur yang betul, benih Yehuda, punya patokan atau ukuran yang betul yaitu Tuhan dan menyembah Allah dengan betul, tetapi heran, Israel itu bengkok, benar tetapi bengkok, salah, tidak betul. Sampai2 nama Tuhan dihojat karena perbuatan anak2Nya yang bengkok Rom 2:24. Betul2 asli turunan Allah, lahir baru, tetapi hidupnya bengkok, tidak betul, tidak ada kebenaran padanya. Sebab itu setiap umat Tuhan, setiap anak harus dididik dan masing2 harus terus menerus mengambil putusan dalam setiap kasus untuk taat sampai mati Pil 2:8, terus pikul salib seumur hidup Luk 9:27, juga terus penuh dan taat dipimpin Roh, baru Tuhan nyata dalam hidup kita dan selamat dan bisa terustumbuh jadi mulia untuk kekal! Jangan menjadi seperti Israel yang benar tetapi tidak betul dan tidak ada kebenaran Allah (yaitu hidup sesuai dengan Firman Tuhan) dalam hidupnya.

 

YES 48:2. PENGAKUAN, HARUS COCOK DENGAN PERBUATANNYA.

 

Yes 48:2.a. Karena mereka menyebut dirinya sendiri dari kota kudus.

Pengakuan kita harus cocok dengan perbuatan kita. Allah itu kudus, kita jadi kota kudusNya dan kita harus hidup kudus sesuai Firman Tuhan. 1Pet 1:15-16, yaitu MAK DSS (di mana saja, dalam hal apa saja, kapan saja, dahulu, sekarang dan se-lama2nya) tetap suci dan berkenan kepada Allah. Ini hidup yang sukacita, sejahtera dan bahagia, di dunia sampai kekal Yoh 4:14 bukan seperti perempuan Samaria yang menuruti hawa nafsunya, senang sesaat tetapi menderita tidak habis2nya dan akan menderita sengsara kekal di Neraka. Dari kota kudus, Gereja kudus, turunan kudus dst, tetapi kalau hidupnya tidak kudus, nasibnya bisa lebih jelek dari orang yang celaka ditimpa menara Siloam Luk 13:4. Misalnya orang2 turunan Yehuda dengan rajanya bernama Zedekia dari kota kudus Yerusalem tetapi sangat menderita sampai mati sebab mereka berasal dari kota kudus tetapi tidak hidup kudus 2Raj 25:1-10.

 

Yes 48:2.b. Dan menyandarkan dirinya sendiri pada Allah Israel, Tuhan bala tentara, itulah namaNya.

Kalau ada susah atau problem, semua mau bersandar pada Tuhan, apalagi kalau sudah jalan buntu. Tuhan dianggap seperti payung, diperlukan waktu hujan. Tetapi kalau “hujan sudah reda”, maka mereka sudah lupa dimana payungnya, tunggu hujan lagi! Orang seperti ini akan sempat dirusak iblis, waktunya habis tidak sempat tumbuh dalam kemuliaan Tuhan, bahkan kadang2 tidak sempat bertobat seperti Yudas dan binasa, bahkan ada  yang justru terikat pada anggur lama, tidak mau lagi anggur baru, meskipun ada kesempatan, terus undur sampai binasa! Luk 5:39. Betapa celaka nasib orang yang punya Juru selamat tetapi tidak selamat!

 

YES 48:3. TUHAN SUDAH MENGINGATKAN LEBIH DAHULU.

 

Yes 48:3.a. Aku menyatakan hal2 yang mula2 dari permulaan dan mereka keluar dari mulutKu, dan Aku menunjukkan kepadanya.

Tuhan ber-ulang2 mengatakan lebih dahulu hal2 yang akan terjadi, sebab Dia maha tahu, baik hal2 pribadi juga hal2 yang umum (bersama) bahkan untuk seluruh dunia.

Juga Roh Kudus yang di dalam kita itu maha tahu, tahu apa yang akan terjadi untuk kita dan Ia mempersiapkan kita baik2 untuk yang akan datang supaya dalam segala perkara yang akan terjadi, kita untung se-besar2nya. Jangan takut apapun yang terjadi, sebab semua diketahui dan ada dalam kontrol Roh Kudus, Allah yang maha tahu dan Ia akan menjunkkan (memperdengarkan) kepada kita. Sebab itu selama kita penuh dan dipimpin Roh terus menerus, taat padaNya, maka semua yang terjadi akan menjadi kebaikan bagi kita Rom 8:28.

Sebab itu kita bisa aman dalam pimpinan Roh Kudus, meskipun apa saja yang terjadi Roh Kudus yang maha kuasa bisa memimpin kita di tengah2 segala bahaya sehingga sekalipun 1000 jatuh di kiri dan 10.000 jatuh di kanan, kita bisa lolos, baik dari celaka jasmani dan rohani Maz 91:7. Jangan bingung, kuatir atau takut. Dia maha tahu, maha kuasa dan mengasihi kita dan kalau kita kasih kepadaNya, taat sepenuhnya, pasti jadi aman dan kita bisa tumbuh se-tinggi2nya dalam dunia ini sampai kita bisa mencapai rencanaNya, yaitu sampai sempurna kalau bisa! (Ingat setiap dosa itu merusak rencana Allah Pkh 9:18. Jangan menuruti dosa, sekalipun mungkin masih bisa minta ampun, sebab puncak rencana Allah bagi kita sudah merosot karena dosa2 itu). Betapa indah, ajaib dan sukacita hidup dipimpin Roh, lebih daripada semua cara hidup sukses dunia yang manapun.Betapa banyak celaka, kesialan, kejatuhan dan hal2 yang sangat disayangkan terjadi sehingga rugi, celaka, binasa, padahal Allah sudah tahu lebih dahulu segala perkara itu dan kalau kita terus taat, dipimpin Roh, kita bisa lepas dari semuanya dan punya waktu yang cukup untuk tumbuh terus dalam rencana Allah yang tertinggi!

Allah akan mengatakannya, istimewa menunjukkannya pada umatNya, apalagi orang2 yang diperkenannya seperti Abraham Kej 18:17). Tuhan tidak akan menyembunyikan hal yang penting, yang akan datang dari kita, tetapi itu dinyatakannya supaya kita tahu dan dapat bersedia dalam menghadapinya sehingga bisauntung daripadanya. Sekali tentang orang lain kita bisa berdoa syafaat untuk orang itu dan kita dapat pahala seperti Abraham yang tahu, lalu mendoakan Lot. Begitu juga Tuhan akan membukakan rahasiaNya pada orang2 yang diperkenankanNya Mat 13:11 yaitu orang2 yang hidup “di dalam” Mrk 4:11. Ada banyak rahasia2 seperti Rom 11:25, 1Kor 15:51 istimewa rahasia tentang kesempurnaanNya 1Kor 1:26,27, maka orang yang mengerti akan dapat kesempatan untuk mengalaminya. Sebab itu orang yang tidak diberi kesempatan, rahasia itu tetap tersembunyi baginya, tetapi bagi yang tahu, itu berarti Allah memberi kesempatan baginya untuk mengerti lalu bisamengalaminya 2Raj 2:10. Firman Tuhan bukan hanya teori, tetapi selain hidup dan berkuasa, juga adalah rahasia untuk hidup berkemenangan sampai sempurna. Sebab itu kalau orang beriman itu, tidak mengerti Firman Tuhan, itu berarti hidupnya sia2 Mat 13:19 tetapi orang yang mengerti, ia mendapat kesempatan untuk berbuah 30x, 60x dan 100x ganda sesuai dengan jumlah rahasia2 yang dimengertinya. Sebab itu bertekunlah belajar Firman Tuhan dalam kesucian dipimpin Roh dan taati terus, maka kita akan mendapat pengertian lebih banyak lagi dan dapat terus berubah sesuai dengan ketaatan kita, dan dengan demikian makin tumbuh sesuai rencana Allah bagi kita.

 

Yes 48:3.b. Aku melakukannya tiba2, maka semuanya itu terjadilah.

Luar biasa. Semua yang sudah dinyatakan Allah dalam FirmanNya itu pasti jadi Luk 1:37. Pelajari baik2 seluruh Firman Tuhan dan taati dengan sungguh2, dengan segenap hati, maka Tuhan akan memberi lebih banyak lagi, tidak akan sia2. Biasanya orang2 yang hanya ingin tahu tetapi tidak berbuat, akan lekas bosan dan bisa undur dari Tuhan. Ini orang2 yang rugi Yak 1:22-25 dan selalu mencela orang2 yang banyak tahu tetapi tidak melakukannya seperti dirinya sendiri. Tetapi orang yang melakukannya ia merasa untung dan kalau melihat orang tahu tetapi tidak taat, hanya tahu, ia merasa kasihan dan sayang sebab orang seperti ini membuang kesempatan besar dalam tangannya. Jangan jadi orang  yang meng-olok2 seperti 2Pet 3:4, tetapi jadi orang yang berbelas kasihan melihat orang yang bodoh membuang permatanya pada babi dan anjing Mat 7:7. Firman Tuhan bukan teori, tetapi permata yang amat berharga yang di-buang2 oleh orang yang tidak bertobat tetapi keindahan dan kemuliaan bagi yang percaya dan mengerti Firman Tuhan pasti jadi.

Juga sama seperti barang yang harganya sekarang Rp. 1.000, akan jadi Rp. 10.000 dan tidak mau beli, itu orang dagang yang bodoh. Orang2 takut beli sebab tidak yakin, tidak ada jaminan bahwa itu akan betul2 terjadi. Tetapi Firman Tuhan ada jaminan yang kekal Luk 21;33 bahwa Firman Tuhan itu pasti jadi, maka yang percaya akan melakukan Firman Tuhan sungguh2, tetapi yang tidak percaya, tidak peduli dan tidak ada perhatian dan akhirnya ia akan rugi. Firman Tuhan bukan teori tetapi betul2 akan terjadi dan yang percaya akan untung dan jadi mulia, sebab mau hidup menurut Firman Tuhan.

 

YES 48:4. TENGKUK BESI, DAHI TEMBAGA.

 

  1. Ya sebab Aku tahu bahwa engkau keras kepala.

Orang yang keras kepala, bandel, bongol, itutidak mau mentaati akan apa yang sudah didengarnya. Orang yang yakin bahwa nasehat atau kata2 yang diterimanya tidak betul, tidak mau taat, ini keras kepala yang betul, yaitu pada bujukan dan kebenaran dunia dan orang2 duniawi. Tetapi terhadap Firman Tuhan jangan keras kepala tetapi taat sebab Firman Tuhan pasti jadi dan yang taat untung.

 

Yes 48:4.b. Dan tengkukmu itu urat besi.

Orang yang tidak mau taat, lama2 jadi bangsa yang tegar tengkuknya dan itu celaka sekali. Kel 32:9; 33:3,5; 34:19, Ul 9:6,13; 31:27, 2Raj 17:14, 2Taw 36:13, Neh 9:16,17,29, Maz 75:6, Ams 29:1, Yes 48:4, Yer 7:26; 17:23. Begitu banyak orang Israel yang keras tengkuk sehingga disebut bangsa yang keras tengkuk.

Iblis dan malaikat2 tidak ada yang keras tengkuk sebab satu kali berdosa langsung dibuang. Tetapi manusia banyak, sebab sesudah 10 kali berdosa masih belum kena hukuman atau mati, masih bisa hidup senang2 seperti orang Israel yang keras tengkuk Bil 14:22. Mengapa berbeda? sebab:

  1. Luk 12:48 manusia belum melihat Allah dan Surga Neraka, sebab itu dituntut lebih sedikit dari malaikat.
  2. Tuhan punya rencana besar dalam manusia untuk mengolah jadi seperti Allah. Tidak dibuang tetapi diolah sedikit demi sedikit.Dari permulaan percaya hal ini sudah dinyatakan bahwa manusia dijadikan anak2 Allah, seperti Allah Yoh 1:12, 1Yoh 3:10, kalau mau taat dan tidak keras hati akan jadi seperti Kristus. 1Kor 11:1. Tetapi jangan mempermainkan kemurahan Tuhan dengan tidak mau bertobat, celaka Rom 2:4.
  3. Jangan sesudah kenal Tuhan lalu berbalik, itu lebih jelek nasibnya, itu mendekati seperti malaikat 2Pet 2:21-22.
  4. Jangan keras tengkuk sebab setiap dosa itu merusakkan rencana Allah Pkh 9:18, sehingga rencana Allah di dalamnya bisa merosot sampai habis dan binasa karena keras kepala.

Lawan keras kepala adalah taat hari ini Ibr 3:15. Jangan menunda satu haripun! Dosa akan tumbuh terus Ams 6:27-29 dan pada orang yang makin mengerti Firman Tuhan, makin cepat tumbuhnya dan makin banyak kerusakan akibatnya.

Keras hati itu seperti penyakit kanker, dosanya akan tumbuh terus dengan cepat dan kalau tidak dihentikan sungguh2 akan cepat matinya. Kanker itu pengobatannya radikal, dipotong sebanyak mungkin lalu dibunuh sel2 kankernya dengan radiasi dan obat (kemo). Jangan sampai jadi keras hati, itu celaka seperti kanker.

 

Yes 48:4.c. Dahimu tembaga.

Dahi tembaga itu hampir seperti dahi kusta 2Taw 26:19-20 atau seperti dahi Goliat yang kena batu dan roboh; Di dahi ini ada cap atau meterai Roh Kudus, Yez 9:4 atau cap Antikris Wah 13:16. Kalau kita mau dimeteraikan oleh Roh Kudus, penuh dan dipimpin Roh terus, tidak akan ada tempat untuk perkara2 dari iblis, baik dahi tembaga atau cap Antikris. Dahi yang ada meterai Roh Kudus akan ada tulisan: kesucian bagi Allah Kel 28:36 dan orang ini akan menjadi seperti imam besar yaitu masuk dalam kesempurnaan.

Dahi ini tempat pikiran, sebab itu peliharalah pikiran kita dalam kesucian, sebab semua dosa dimulai dari pikiran. Kalau kita buang permulaan dosa disini, kita tidak akan sampai jadi kanker dosa yaitu keras hati. Roh Kudus akan menolong banyak sekali dalam hal ini, yaitu kalau meteraiNya di dahi dipelihara dan justru kita akan tumbuh seperti Kristus, jadi sempurna.

 

KESIMPULAN.

Jangan sesudah lahir baru, sesudah jadi anak2 Allah, laluundur, itu jadi jahat sekali Mat 12:45, akhirnya bisa jadi seperti iblis. Tetapi kalau kita selalu penuh dan dipimpin Roh, hidup ini akan jadi indah dan tumbuh sampai seperti Kristus. Kalau kita mau mengambil keputusan untuk tetap taat dengan setia, pasti kita tumbuh dalam rencana Allah yang indah. Ibr 10:39.

Nyanyian:

Janganlah takut, karena Akulah sertamu.