YS231 -Yesaya 47:13-15. Kuasa Iblis Tidak Bisa Menyelamatkan Putri Babil

YES 47:13. AHLI2 NUJUM DAN PERAMAL AKAN BINASA DENGAN SEMUA ORANG2NYA.

13.a. Engkau sudah payah dalam kebanyakan nasehatmu. Biarlah sekarang ahli2 perbintangan, pengamat2 bintang, peramal2 bulanan.

 

ISTILAH2.

Astrologer = Ahli2 perbintangan.

Disebut satu kali dalam ayat ini dan delapan kali dalam Dan 1:20; 2:2,10,27; 4:7; 5:7,11,15.

Ada dua macam ahli perbintangan yaitu:

  1. ahli2 perbintangan ilmiah dan
  2. ahli2 yang berhubungan dengan peramal dan kuasa gelap. Pada zaman dahulu kebanyakan yang dimaksudkan dengan ahli2 perbintangan ini adalah golongan 2, peramal2 dan selalu lekat dengan occultisme, sebab tanpa ini tidak ada orang bisa mengerti, sebab bintang itu sangat jauh, orang sulit mengerti tentang ini.Iblis dengan mudah memberi dusta dalam peramalan2nya dan dengan segala pengetahuan iblis yang jauh lebih tinggi dari manusia biasa.Dari 9 ayat dalam Alkitab, 8 ada dalam kitab Daniel sebab dalam kerajaan Babil yang “modern” itu ada banyak ahli2 occultisme dan peramal2 ini. Tetapi tercatat dua kali mereka gagal, waktu Nebukadnezar bermimpi, semuanya tidak bisa mengartikannya sehingga semua akan dibunuh. Untung Daniel datang di tengah2nya, mengartikan mimpi Nebukadnezar dan menyelamatkan semua orang pintar ini. Juga waktu ada tangan menulis di tembok waktu Belsyasar berpesta pora, tidak ada seorangpun bisa membacanya kecuali Daniel yang penuh dengan Roh Tuhan.

Monthly prognosticator = peramal bulanan. Ini juga dikerjakan zaman dahulu untuk peramalan nasib manusia dan memberi jawab dari iblis.

Stargozer = Pengamat bintang.

Hal ini sampai sekarang masih banyak dilakukan dengan ber-macam2 bintang2 (Aries, Pisces, Scorpio dll). Ini juga erat hubungannya dengan kuasa gelap.  Sebab yang menentukan nasib manusia, bukan bintangnya (juga Alkitab tidak membenarkan hubungan antara manusia dan bintang2 di langit). Yang menentukan nasib manusia adalah perbuatannya sendiri dan Allah yang adalah Hakim orang hidup Kej 18:25 dan Hakim orang mati 2Tim 4:1.

 

Engkau (putri Babil, Kasdim) sudah payah karena kebanyakan nasehatmu.

Zaman dahulu (sampai sekarang) kemampuan manusia terus berkembang. (Zaman dahulu, seperti di Mesir, Babil dll, mereka merasa bangga bahwa mereka mencapai ukuran ilmiah yang sangat tinggi di bandingkan dengan hari2 yang lalu. Sebab mereka tidak bisa membandingkan dengan hari2 yang akan datang. Kita yang sudah ber-ribu2 tahun sesudah mereka hanya tertawa melihat ilmu mereka yang sangat kuno, bodoh dan primitif, tetapi bagi mereka, (juga dengan alat2 pengetahuan yang mereka temukan dan buat) mereka merasa begitu maju, bangga bahkan takabur. Misalnya orang dahulu berkata bumi ini datar, padhal sekarang anak SD saja sudah tahu (bahkan anak TK) bahwa bumi ini bundar. Kita sekarang masih melihat beberapa orang2 di tempat2 yang terkebelakang (misalnya di pedalaman2 Papua, Afrika), pengetahuan mereka masih begitu primitif, kuno dan terlalu bodoh (bandingkan kalkulator kuno tanpa listrik dan yang computerized). Begitu kalau Tuhan melihat orang2 yang bangga dengan ilmunya yang modern dan canggih itu di hadapan Allahsangat primitif. Apalagi kalau dicampur dengan kuasa gelap, iblis begitu mudah mendustai, itu sangat primitif dan merusak karena tipu daya iblis. Apalagi dibandingkan dengan keadaan di Surga (dan Neraka) dimana tidak ada genzet, tidak ada komputer, tidak ada pesawat atau roket dsb, keadaannya sangat jauh lebih tinggi. Bandingkan Tuhan Yesus naik ke atas sampai di awan2 tanpa roket dll. Mereka pikir ilmu dan tehnologinya hebat, tetapi diam2 dirusak hidupnya oleh iblis.

Tidak heran putri Babil jadi pusing, meskipun ilmunya banyak, maju, tetapi dicampur dengan segala dosa dan tipu daya iblis lewat macam2 ilmu dan occultisme ini, hidupnya dibutakan dan dirusak iblis. Mereka tidak bisa lepas dari segala problem hidupnya karena dosa2nya, apalagi kalau kena hukuman akibat dosa2nya. Memang hikmat dan kuasa iblis (occultisme) itu jauh lebih tinggi dari hikmat manusia berdosa, sebab itu iblis dengan mudah menipu manusia sejak Hawa. Manusia begitu kagum akan tipu daya si pembunuh itu dan datang menyembah iblis dan occultisme (segala macam2 ilmu putih atau hitam dll). Misalnya kekejaman dalam peperangan yang melebihi batas itu seringkali merupakan dosa dalam roh setan sehingga perasaan hatinya mati, sangat kejam. Juga seringkali mereka sangat ulet dan kuat dalam peperangan. Misalnya taktik, siasat perang, kekebalan tertentu (ditusuk atau ditembak kebal dalam batas2 tertentu), apalagi nanti kalau Antikris muncul, ia akansangat ulet dan bisa menguasai seluruh dunia sebab iblis dan roh2 jahat dari penjara2 setan keluar dan menyertainya. Apa yang kita lihat sekarang ini hanya icip2, contoh dari kejahatan dan kedahsyatan orang2  yang ada iblis atau setan2 di dalamnya. Satu kali antikris juga bisa menguasai dunia sebab:

  1. Tuhan mengizinkan.
  2. Mereka memakai hikmat dan kuasa iblis yang jauh lebih tinggi dari manusia sehingga berhasil menguasai seluruh dunia. PBB akan disepelehkan atau jadi kaki tangannya; apa yang sudah terjadi sekarang ini bisa membuka mata umat Tuhan, supaya bersandar pada Tuhan, seperti ligabis (lima gadis bijaksana) harus selalu penuh dan dipimpin Roh, supaya kita kuat menghadapi siapapun Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Tuhan jauh lebih besar dari iblis dan kaki tangannya, asal orang2 yang penuh Roh Kudus tidak berjalan sendiri (apalagi kena pancing tipu daya setan sehingga jatuh dalam dosa apapun) melainkan selalu dipimpin Roh terus menerus seperti contoh dari Putra manusia Yesus waktu hidup di dunia Mat 4:1, Luk 4:1,18, baik dalam berkata Yoh 8:26 atau berbuat Yoh 5;19. Kalau kita selalu dipimpin Roh, kita tidak mungkin dikalahkan dan itu ciri2 Gereja akhir zaman yang benar dalam Minggu ke-70 Daniel.

Daniel yang masih sangat muda, ternyata 10 kali lebih pandai daripada semua ahli2 orang Babil yang selain pintar, juga diisi setan Dan 1:20. Dalam sepanjang umur hidup Daniel, ia lebih daripada semua orang ahli nujum dan orang2 Babil yang penuh dengan hikmat, kuasa manusia dan setan. Misalnya waktu mimpi dan tulisan di dinding untuk raja Belsyasar, hanya Daniel yang bisa mengerti semuanya, karena ada hikmat dan kuasa Allah menyertainya.

Kita sekarang tidak bisa mengandalkan ilmu dan tehnologi manusia dalam bidang apapun. Itu sangat primitif dalam menghadapi rencana setan atau ikut dalam rencana Allah yang ada dalam dunia roh (dunia roh tingkatannya jauh lebih tinggi dari dunia kita). Sebab itu kita harus selalu penuh dan dipimpin Roh, jangan berjalan sendiri, limpah dengan Firman Tuhan supaya bisa tepat dipimpin Roh sebab tanpa Tuhan kita tidak bisa beruat apa2 lawan iblis yang jahat, kejam dan punya tehnologi alam roh yang tinggi. Kita perlu Firman Tuhan, supaya mudah tertipu dan masuk jerat si iblis, malaikat terang yang palsu itu 2Kor 11:14. Sangat penting bisa berjalan dalam Roh seperti Nuh, rasul2 dll. Putri Babil dan orang2 berdosa jadi payah, sebab hikmat dan kuasa manusia itu sangat terbatas dan akhirnya membunuh mereka sendiri, penuh kegelisahan, takut, bahkan banyak yang bunuh diri (sebab iblis dan setan2 tidak punya hak membunuh manusia, tetapi bisa membujuk mereka untuk bunuh diri, sehingga orang2 ini langsung masuk neraka jadi pusaka iblis).

 

13.b. Berdirilah dan selamatkanlah dirimu dari semua ini yang akan datang ke atas mu.

Kadang2 mereka (iblis, Antikris, orang2 dari iblis) tampak kuat dan sukses sebab memang dibiarkan Tuhan seperti merasuk orang gila Gadara, 10 anak Ayub dibunuh dengan sukses oleh iblis, Putra manusia Yesus sukses dibunuh oleh Yudas dll, itu semua bukan karena mereka menang, tetapi memang Tuhan izinkan sebagai ujian, sebagian sebagai hajaran atau hukuman dan sebagian karena diserahkan dalam tangan setan sebab terus menerus tidak mau bertobat 2Tes 2:11. Tetapi orang yang bersandar pada occultisme, kuasa gelap akan lelah, payah jiwanya dan binasa dan mereka tidak akan lolos hukuman karena dosa2nya. Juga orang Kristen yang tidak dipimpin Roh, yang berjalan sendiri akan dikalahkan, jatuh dalam dosa dan jadi kesaksian kemenangan iblis. Tetapi dalam 3,5 tahun pertama Gereja yang penuh dan dipimpin Roh (seperti ligabis) akan berkemenangan atas iblis dan semua orang2nya, meskipun mereka sangat dahsyat dan ganas waktu itu (Wah 12:12; 22:11). Tetapi pada akhirnya semua orang dosa dan iblis dan tentaranya, pada waktunya akan dibinasakan dan dikalahkan Tuhan dalam perang Harmagedon Wah 19:19-21 dan satu kali lagi dalam perang Gog dan Magog Wah 20:9-10. Dua  peperangan ini tidak dahsyat, sebab dengan mudah Tuhan menang, tetapi sangat dahsyat bagi iblis dkknya sebab ini pukulan terakhir bagi mereka, lalu dibuang dalam Tasik api (sesudah perang Harmagedon iblis sudah bisa dimusnahkan, tetapi mereka hanya dipenjarakan dalam Abusos sebab rencana Allah belum selesai, masih ada kerajaan 1000 tahun).

 

EF 47:14. IBLIS DAN TENTARANYA SEPERTI JERAMI YANG DIBAKAR.

 

14.a. Lihatlah mereka itu seperti tunggul jerami, api akan membakarnya, mereka tidak akan dapat melepaskan jiwanya sendiri dari kuasa nyala api.

Kalau sekarang bensin, thinner akan lekas terbakar dengan sangat mudah, sama seperti dahulu tunggul jerami kalau kena api, langsung habis. Baik iblis dan setan2, juga semua orang yang penuh dengan iblis yaitu dengan kuasa dan hikmat iblis yang kejam dan jahat.

Kita tidak perlu terlalu pusing untuk mempelajari taktik mereka (bahkan itu sia2) tetapi belajar lekat dengan Tuhan 1Kor 6:17, seperti carang dalam Pokok Yoh 15:1-8. Juga diantara kita harus ada dan bisa bersekutu seperti Allah Yoh 17;21 (Bisa bersekutu dalam tubuh Kristus adalah tandanya kalau bisa bersekutu dan Allah 1Yoh 4:20. Kalau tidak bisa sehati bersekutu dengan saudara2 yang tampak, (apalagi dalam satu rumah, satu kelompok sel dan satu Gereja), maka orang itu pendusta dan pasti dikalahkan iblis sebab Tuhan tidak ada di dalamnya. Kalau Tuhan ada di dalamnya, maka iblis dan tentaranya yang manapun tidak akan bisa mengalahkannya Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Persekutuan diantara kita itu indikator yang mutlak perlu ada Mat 18;19-20, Pkh 4:9-12. Jangan lupa tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18 supaya tidak kena tipu iblis 2Kor 2:11. Tidak semua orang suka Firman Tuhan, lebih kanak2 rohani hanya suka hura2 dan berkat2, tetapi itu tidak cukup, bahkan banyak yang hanya mencari roti dan hal2 nikmat jasmani akan pergi Yoh 6:26,65-67. Untuk bisa berkemenangan di akhir zaman harus seperti ligabis dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang memang akan dibuka semuanya oleh Tuhan Mat 10:26-27 dan Ia akan mengirimkan Hujan akhir.

 

14.b. Disana tidak akan ada bara api untuk memanaskan diri, atau api untuk bisa duduk di hadapannya.

Api apa ini? Ini api yang membakar tunggul jerami itu yaitu iblis, Antikris dan semua orangnya. Ini api Roh Kudus.

“Di sini”? Di mana ini? Di tempat tidak ada bara api dan api untuk memanaskan diri, supaya tidak sampai mati kedinginan? Ini di dunia yang dikuasa iblis dan juga di Gereja2 yang gelap, apinya padam sehingga rohaninya dingin dan mati Wah 3:16, Gereja2 dan orang2 beriman yang ada di jalan lebar seperti Lot, tidak punya api Roh Kudus, rohaninya jadi sangat dingin dan mati. Sekalipun sudah ditolong dikeluarkan dari Sodom, ia tetap tidak bisa tahan dan binasa. Siapa bisa tahan dalam dosa akhir zaman yang dahsyat Wah 22:11 ? Tidak ada yang bisa tahan, kecuali tinggal dalam Kristus dan di dalam tubuh Kristus sehingga api Kristus me-nyala2 dengan kuat Rom 12:11. Yang tidak punya api Roh Kudus me-nyala2 dalam hatinya, akan jadi dingin dan  akan ikut dalam dosanya dan akhirnya binasa!

 

YES 47:15. SEMUA KAWAN PUTRI BABIL GAGAL DAN BINASA.

 

15.a. Demikianlah mereka itu bagimu, dengan siapa engkau sudah bekerjasama,

Iblis memang penipu dengan mulut manis dan umpan lezat. Yoh 8:44. Banyak orang masuk jeratnya sehingga mau bekerjasama dengan mahluk yang paling jahat, lihai, jauh lebih pintar, dan pengkhianat yang penuh kebencian, pasti akhirnya celaka. Tetapi sebab tertipu lalu bekerjasama. Tempatnya sudah pasti, neraka kekal, tetapi di dunia, umpannya mungkin besar2, hasilnya luar biasa atau lumayan. Sebab itu banyak orang mau bekerjasama, apalagi semua orang dosa yang buta, juga orang beriman yang buta dan yang tetap ingin perkara2 dunia 1Yoh 2:15-16.

 

15.b. Bahkan pedagang2 mu sejak dari mudamu,

Pedagang apa? Pedagang jiwa. Iblis cs akan berdagang, yaitu ia mengharapkanmendapat jiwa2 orang beriman yang bodoh dan untuk itumereka diberi barang2 fana yang indah dan limpah. Iblis sanggup memberi seisi dunia ini Mat 4:9 asal mau sujud menyembahnya. Keselamatan jiwanya ditukar dengan hal2 duniawi yang fana. Mat 16;26. Putra manusia Yesus sama sekali tidak mau ditipu mentah2 oleh iblis, langsung diusir Mat 4:10. Begitu juga kita, jangan seperti Hawa yang mau mendiskusikan seperti transaksi ini dan Hawa gugur.  Segera kita tahu itu dari iblis, usir setan dan tinggalkan semuanya Ams 22:3.

Iblis itu mengembara, ber-edar2 di seluruh daerahnya yaitu dunia yang gelap ini. Ia seperti singa yang mencari kesempatan untuk menerkam yang buta, lalai dan yang ingin dunia ini 1Pet 5:8. Ia tidak menyelamatkan, tetapi membinasakan. Jangan dipegang, jangan dicicipi, jangan dijamah, itu semua perkara2 yang mendatangkan kematian Kol 2:20-22.

 

15.c. setiap mereka akan mengembara di daerahnya, tidak ada yang menyelamatkanmu.

Semua janji2nya palsu dan dusta, tidak akan menyelamatkan jiwa kita, justru dibantai oleh pembohong dan pembunuh itu.

 

KESIMPULAN.

Putri Babil adalah korban dari tipu daya iblis yang mempunyai macam2 cara dan cabang2 ilmunya untuk memperdayakan umat manusia, yang bodoh dan buta.

Juga orang2 beriman, Firman Tuhan menyatakan hal ini supaya kita jangan tertipu dan mencegahnya, lari daripada yang jahat ini.

Dengan apa kita menghadapinya? Dengan Tuhan. Ini pokoknya, sebab hanya Dia yang bisa menghadapi dan mengalahkan iblis, apalagi iblis pada akhir zaman yang marah besar Wah 12:12. Dengan Kristus berarti:

  1. Lahir baru.
  2. Lekat pada Tuhan 1Kor 16:17 seperti carang dalam pokok Yoh 15;5.
  3. Selalu penuh dengan Roh Kudus dan dipimpin Roh. Occultisme akhir zaman akan makin meningkat, dan ini lebih kuat dari kekuatan manusia. Harus jadi ligabis yang selalu penuh dengan Roh Kudus kapan saja, di mana saja dan dalam hal apa saja. Orang2 yang tidak penuh Roh Kudus tidak akan kuat menghadapi pekerjaan iblis yang limpah.
  4. Limpah dengan pengertian Firman Tuhan sehingga tidak tertipu 2Kor 2:11. Memang Tuhan akan membukakan semua rahasia Firman Tuhan Mat 10:26-27, sebab itu cepatlah bertumbuh terus untuk belajar seluruh kebenaran Firman Tuhan.
  5. Bisa bersekutu dengan betul dalam tubuh Kristus. Yoh 17:21, Im 26:8. Orang yang tidak bisa bersekutu (ada pengampunan tetapi cerdik dan tegas dalam kesucian Ef 5:11, 1Kor 5:9-11 dst). Persekutuan ini dimulai dari kecil dan di sekitar kita, hidup nikah, keluarga, kelompok kecil dalam Gereja, Gereja, antar Gereja sampai tubuh Kristus global. Luk 16:10. Semua ini perlu diperhatikan baik2 supaya kita tidak hancur dalam akhir zaman yang dahsyat ini.
  6. Setia sampai ke akhir. Kita harus terus belajar berjalan dalam Roh, terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, sebab hari2 kita makin gelap. Jangan sampai terlambat, sebab perlu waktu untuk bisa tumbuh dan menghadapi akhir zaman yang dahsyat ini. Yang bersedia akan mendapatkan hari yang gelap itu sangat indah, seperti Surga, sebab lekat dengan Tuhan.