YS230 – Yesaya 47:8-13. Orang Dosa Yang Kuat Tetapi Lemah.

 

YES 47:8. ZONA NYAMAN

8.a. Sebab itu dengarlah sekarang hal ini,

Orang2 dosa selalu hanya mendengar kata2 dan janji2 iblis yang dusta belaka. Iblis berharap dengan jemawa bisa menang melawan Allah dan mengandalkan kekuatannya. Tetapi sekarang Tuhan bicara tentang putri Kasdim dan itu pasti jadi. Sebab Firman Tuhan itu kebenaran Yoh 17:17. Kita harus memegang Firman Tuhan jauh lebih daripada segala pikiran dan pendapat manusia. Yes 55:8-9.

 

8.b. Engkau yang ber-senang2, yang duduk dengan aman.

Orang beriman yang berada dalam zona nyaman seringkali tidak peduli hidup benar atau tidak, juga tidak lagi merasa butuh Tuhan, apalagi orang dunia. Kalau kedudukan orang dosa sudah kokoh, semua aman dan terjamin, apalagi kalau ada garansi atau asuransinya, maka seringkali mereka mulai beraja di hati 2Pet 2:8, apalagi kalau sudah mabuk sukacita dan semua berjalan baik.

 

8.c. Yang berkata dalam hatimu, bahwa aku dan tidak ada yang lain selain aku.

Ini orang2 berdosa yang bersandar pada kekuatannya sendiri, yang sudah dipupuk jadi kuat dan kokoh. Secara manusiawi ia sudah menjadi paling kuat di antara semua orang di mana2, tidak ada yang lebih kuat daripadanya. Tetapi orang yang berharap pada kekuatannya sendiri itu terkutuk Yer 17:5. Mengapa? Sebab manusia itu daging jua Maz 78:39. Semua manusia berdosa itu anak iblis, bahkan putra2nya Mat 13:38 KJI. Semua orang berdosa itu hamba dosa, menuruti daging, iblis dan dunia sekalipun ia merasa menurut kehendaknya sendiri yaitu bisa berbuat apa saja sesuka hatinya sendiri, beraja di hati, tetapi sebetulnya ia diperbudak iblis. Dalam zona nyaman ia akan menuruti segala kehendaknya “sendiri” yaitu perintah iblis, sehingga makin limpah dan meningkat terus dalam dosa dan kejahatan, sampai satu kali melebihi batas dan dihukum Allah.

 

8.d. Saya tidak akan duduk sebagai janda.

Meskipun tidak ditulis, tetapi “suaminya” adalah iblis atau Antikris dan ia tunduk kepadanya. Ia merasa aman, nyaman, enak dimanja “suaminya” sehingga bisa terus menuruti segala kehendak hatinya. Ini dalam “fase umpan”. Kalau sudah pasti dalam tangan iblis, maka mulailah fase “terang2an” yaitu fase penderitaan dan aniaya. Sesungguhnya orang yang hidup dalam dosa itu menderita. Ams 8:36 sehingga tiada sejahtera tetapi tersiksa Rom 3:17. Sekarang sudah banyak orang dalam fase terang2an dalam dusta setan (inilah orang2 yang keras hati), meskipun menderita,  mereka terus menuruti daging dan iblis, sehingga terus tumbuh dalam dosa.Setan itu bukan kasih tetapi benci, egois dan seperti sundal Babil yang dikhianati, begitulah kerusakan orang2 yang cinta iblis ini. Mereka jadi janda, ditinggalkan bahkan dikhianati dan disiksa sampai mati Wah 16:1-6,16. Lain dengan orang yang cinta Tuhan, akan penuh dengan kasih Kristus, sukacita dan kepuasan sampai kekal.

 

8.e. Juga saya tidak akan tahu kehilangan anak2.

Kalau dosa ber-tambah2, segala dosa dan kejahatan lain juga muncul dengan limpah. Selain dikhianati juga rumah tangganya pecah dan kehilangan anak. Bahkan raja Moab membunuh anaknya sendiri sebab tidak ada jalan lain 2Raj 3:27. Kerajaan iblis di dunia dan di neraka itu adalah kerajaan benci, egois, perpecahan dan ditinggalkan, dikhianati orang yang dikasihinya. Lebih banyak dosa lebih banyak perceraian, lebih banyak perkhianatan, lebih banyak kejahatan bahkan pembunuhan oleh  orang2 yang dahulunya “kekasih”. Ini nyanyian dunia apalagi di neraka, nyanyian pengkhianatanini lebih lantang dan penuh kepahitan. Jangan sampai ditipu iblis, dunia, daging dan kaki tangannya, hasilnya hanya celaka, penderitaan dan kepahitan se-lama2nya, sebaliknya dari kerajaan Allah di dunia apalagi di Surga dan Surga Bumi Baru.

 

YES 47:9. NASIB ANAK2 DAN PUTRA2 IBLIS.

 

9.a. Tetapi kedua hal ini akan datang kepadamu dalam sekejab dalam satu hari, kehilangan anak dan menjadi janda.

Tidak bisa lari dari kebenaran Allah, upah dosa itu maut Rom 6:23. Tidak mungkin upah dosa itu sukacita dan bahagia, itu hanya omong kosong iblis sebab itu jangan percaya mulut besar si iblis seperti Hawa yang tertipu; apalagi di akhir zaman, mulut besar iblis itu terkenal, meluas dan menguasai seluruh dunia Wah 13;5. Tetapi hasilnya penderitaan dan siksa melulu. Bahkan itu bisa datang dalam sekejab, dalam sehari semua terjadi. Orang yang bodoh tidak tahan dan bunuh diri seperti Yudas, akibatnya makin celaka, sebab bunuh diri itu dosa rangkap 5 atau lebih, pasti lebih celaka lagi sebab jatuh ke pusat penderitaan, yaitu neraka kekal! (Kalau masih hidup, meskipun menderita dan pahit seperti Simson, penjahat yang di salib, masih ada kesempatan untuk bertobat).

Orang2 yang keras hati dalam kejahatanini dilepaskan Tuhan sehingga iblis bebas membinasakannya dalam sekejab (sebelumnya, sekalipun terhadap orang dunia iblis tetap dibatasi oleh Tuhan, setan tidak bisa bebas mencobai dan menyiksanya karena Tuhan tetap mengharap keselamatannya kalau mau bertobat. Tetapi kalau terus keras hati, Tuhan melepaskan mereka 2Tes 2:11).

 

9.b. Itu akan datang kepadamu dengan sempurna, karena kebanyakan pertenunganmu dan kelimpahan manteramu.

Begitu dahsyat nasib orang berdosa, anak2 iblis, sesudah banyak bersukacita dan beraja di hati mereka jadi begitu celaka. Seringkali orang2 jahat ini tidak peduli akan hidupnya, sebab mereka tidak tahu akhir hidupnya yang celaka untuk kekal (ayat 7) sebab itu mudah saja mereka mau mati, sehingga begitu cepat binasa dan masuk dalam neraka, lalu kemudian ke dalam Tasik api yang kekal.

Orang berdosa begitu mudah masuk dalam segala macam occultisme sebab umpan danjanji iblis itu besar2, syaratnya ringan di dunia, tetapi akibatnya dahsyat dalam kekekalan. Occultisme selalu menjanjikan perkara2 besar dengan mudah. Tuhan juga menjanjikan perkara2 besar, bahkan paling besar misalnya Maz 60:14 tetapi dengan penyangkalan diri dalam kesucian dan ketaatan akan Firman Tuhan. Kita harus sangat hati2, sebab orang yang membuka hati (mau),maka setan2 akan masuk dan menguasai hati manusia dengan tipu daya, dengan janji2 besar dan akhirnya menguasai semuanya sampai dipenuhi dengan roh setan, sehingga bisa tumbuh berdosa dalam roh setan dengan sangat cepat kepada kesempurnaan dosa. Yang berbahaya adalah pengakuan dan keputusan untuk mau kepada setan, sebab dengan keputusan ini setan bisa bebas masuk dalam manusia dan segala cara bisa dipakai setan. Biasanya syarat2nya mudah dan praktis, tahu2 sudah terikat dan hampir2 tidak bisa lepas lagi.

Segala pertenungan dan mantra bisa dipakai, segala benda bisa digunakan oleh setan. Tetapi sebaliknya kalau kita pakai nama Tuhan Yesus dengan segenap hati, kita bisa mengalahkan dosa dan setan2 dengan kuasa Allah!

Jangan takut atau bimbang menghadapi pekerjaan setan yang manapun, sebab Tuhan yang di dalam kita itu maha besar. Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Jangan tertipu atau terkecoh oleh segala tipu daya dan gertak iblis. Sekalipun ada orang kuat di depan kita, berdoa saja. Minta hikmat dan kuasa Allah, karena kita menghadapi iblis dan orang jahat dengan tabiat yang jelek, sebab itu hati2, sabar, jangan terpancing emosi, jangan dikalahkan oleh kejahatannya sehingga jatuh dalam dosa Rom 12:21. Kita pasti bisa menang lawan iblis dan semua tentaranya, tetapi orang2 dunia sepenuhnya di dalam tangan iblis. Wai, iblis dan setan2 bukan bapa yang baik, tetapi penyiksa dan pembunuh yang paling kejam dan keji dan penipu.

 

 

YES 47:10. ORANG BERHIKMAT YANG JAHAT DI HADAPAN ALLAH.

 

10.a. Sebab engkau berharap akan kejahatanmu engkau berkata tidak ada yang melihat saya.

Orang dunia perasaan hatinya rusak oleh dosa dan iblis Ams 14:16 sehingga berani berbuat dosa dan mereka berpikir (tertipu) toh Tuhan tidak melihat, juga musuhnya (termasuk polisi tidak melihat) sehingga mereka membuat rencana jahat semaunya. Mereka bisa berbuat segala macam dosa dan tetap “sejahtera”, tenang dan terus bersukacita, sampai kena batunya.

Kita lain, kita takut akan Tuhan, yang bisa melihat hati dan pikiran kita, rencana2 yang akan datang semua terbuka di hadapanNya Ibr 4:13. Kita harus bertanggungjawab kepadaNya. Jangan terpengaruh apalagi meniru orang dunia, semua harus benar, jelas tetapi kita harus cerdik Mat 10:16 supaya tidak dimakan, dirugikan orang2 dosa yang ganas ini. (Ingat orang beriman yang undur bisa 8 kali lebih jahat dari orang dunia bahkan bisa lebih lagi Mat 12:45).

 

10.b. Hikmat dan pengetahuanmu, itu memutarbalikkan engkau dan engkau berkata dalam hatimu, aku dan tidak ada yang lain!

Manusia itu mahluk yang paling pintar, seperti Allah Kej 2:26. Tetapi orang berdosa memakai hikmatnya untuk berencana jahat sehingga hidupnya terputarbalik dalam dosa dan kejahatan. Ini yang dicari iblis, sebab manusia itu bahan mentah yang bisa diolah menjadi seperti Allah atau seperti iblis! Kalau roh setan menguasai dan merasuk manusia, ia menjadi makin jahatdan lihai, apalagi kalau jadi sempurna dalam dosa, sudah seperti iblis, dahsyat. Sebab itu Allah dan iblis menghendaki mendapat manusia, Allah mencarinya karena kasih, tetapi iblis untuk ego sendiri, supaya bisa diperalat untuk ber-sama2 merebuttahta Allah. Manusia tidak sadar, tidak mengerti kalau diperalat iblis, bahkan orang2 berdosa inimerasa semua dosa yang diperbuatnya itu dari dirinya sendiri, katanya Aku dan tiada yang lain.

Orang beriman yang celik, bisa melihat dengan sesungguhnya siapa dirinya, bejana tanah liat, tetapi Kristus ada dalamnya 2Kor 4:7. Bisa melihat dan mengertibahwa dengan Kristus kita jadi luar biasa, kita mengalahkan iblis dan bisa melihat akhir hidup  ini sampai kekal di Surga. Kita bukan apa2 tetapi dengan Dia kita jadi luar biasa karena Dia Gal 2:20. Jangan takut, hadapi semua dengan Kristus.

 

YES47:11. ALLAH HAKIM SEMUA MAHLUK.

 

11.a. Sebab itu yang jahat akan datang atasmu.

Allah adalah Hakim dari dunia yang tampak Kej 18:25 dan dari dunia yang tidak tampak 2Tim 4:1, juga Hakim atas malaikat dan setan, sebab itu kalau kita berdiri benar, jangan takut. Tetapi orang yang berbuat jahat pasti akan kena hukuman sampai dalam alam berzakh dan kekal. Allah itu Hakim di mana2, tidak ada yang bisa lepas daripada Dia. Maz 139:1 dst. Takutlah akan Allah, itu untung dan senang!

 

11.b. Engkau tidak akan tahu dari mana itu timbul, dan malapetaka akan jatuh ke atasmu.

Orang yang berbuat jahat, hukuman akan datang atasnya tanpa diketahui.

  1. Kapan.
  2. Bagaimana hukumannya.
  3. Dari mana.

Ini celaka besar. Biasanya orang tidak mengira begitu cepat hukuman turun, apalagi kalau sedang mabuk “kesukaan dosa  yang seketika” itu, tahu2 hukuman sudah datang seperti raja Belsyazar waktu sedang berpesta, sehingga ia menjadi gemetar sampai mati Dan 5:5.

Orang beriman yang benar, bisa kedatangan malapetaka tiba2, tetapi tetap sejahtera, sebab semua akan berubah jadi kebaikan bagi orang yang cinta Tuhan, sebab Tuhan yang maha kuasa mengizinkan semuanya itu terjadi untuk kebaikannya asal tidak jatuh dalam dosa Rom 8:28. Nyata benar bedanya, sebab itu setialah ikut Tuhan, taat dipimpin Roh di mana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja, pasti orang yang disertai Tuhan terpelihara dengan ajaib.

 

11.c. Engkau tidak akan sanggup membuangnya dan kebinasaan akan datang ke atas mu tiba2 dan tak kau ketahui.

Kalau manusia atau iblis datang dengan malapetaka, kita sanggup membuangnya dengan Tuhan yang menyertai kita, asal kita terus taat dipimpin Roh Kudus. Misalnya celaka yang menimpa Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego dengan tiba2. Dengan tuhan mereka terlepas.

Tetapi kalau Allah yang mendatangkan hukuman, siapa bisa mengelak seperti Belsyazar, Korah Datan Abiram dsb. Siapa bisa lepas dari tangan Tuham? Dahsyat, sebab itu hiduplah benar dan berkenan kepadaNya maka kita akan menikmati hidup yang bahagia dan terindah.

Malapetaka yang tiba2 dan tidak diketahui itu sungguh celaka! Semua orang bisa memberi contoh, tetapi tidak semua bisa lepas daripadanya! Kanker yang ganaspun masih memberitahu dan waktunyaitu cukup untuk orang yang punya iman (atau yang mau bertobat) untuk menghadapinya sehingga bisa berubah jadi berkat, paling sedikit untuk bertobat dan masuk Surga. Tetapi orang berdosa, lebih2 yang berani melawan Tuhan, wai baginya.

 

 

YES 47:12. KERAS HATI DALAM DOSA, HIDUP YANG SIA2.

 

12.a. Berdirilah engkau dengan mantra2 mu dan dengan kebanyakan tenunganmu.

Orang yang keras hati biasanya jatuh dalam occultisme, limpah dengan dosa2 dalam roh setan. Sebab keras hati itu buta, setan yangdatang mengajak dianggap berkat dan pertolongan. Akhir zaman occultisme akan bertambah luas dan mendalam, seringkali jadi sangat ampuh dalam perang menghadapi musuh tetapi Gereja Tuhan tidak perlu dan tidak akan takut. Seperti perang Harmagedon persiapan dan propagandanya besar, perangnya sama sekali tidak berarti. Begitu juga umat Tuhan jangan bodoh dan jangan takut, hadapi iblis dan manusia dengan hikmat dan kuasa Allah. Sebab itu umat Tuhan harus terus meningkat.

Dalam zaman Antikris setiap orang yang dicap antikris, ada setan dalam dirinya, merasuknya dan itu sudah dimulai sekarang. Kita harus tumbuh, meningkat karena banyak alasan (seperti dosa meningkat, polarisasi dll) tetapi juga karenaoccultisme akan meningkat dan merajalela di seluruh dunia.

Hujan akhir akan menandinginya dan itu sudah dimulai sekarang. Sebab itu kita harus mulai sekarang sudah harus penuh dan taat terus dipimpin Roh senantiasa, terus meningkat, jangan tunggu terlambat, akan celaka besar!

Iblis dan orang dunia akan berdiri dengan mantera dan tenungannya. Orang Kristen biasa tanpa Roh Kudus akan berjatuhan! Perhatikan peringatan Allah ini! Tidak rugi berjalan dalam Roh, justru itu menguntungkan kita lahir batin. Berjalanlah dalam Roh, dengan karunia2 dan buah Roh, dengan jabatan Tuhan Yesus (orang yang dewasa rohani, dipimpin Roh itu seharusnya tahu apa jabatannya dan taat; sekalipun jabatan kecil bisa jadi sempurna seperti cincin emas yang tampaknya se-olah2 tidak banyak gunanya). 1Kor 12:4-6. Jalan dipimpin Roh dalam ril Tuhan, kita akan mengalami rencana Allah yang heran dan ajaib, apalagi dalam zaman keemasan Gereja, senang sekali dan sangat mulia, lalu terus be-runtun2 masuk dalam peristiwa yang heran dan mulia sampai kekal.

 

12.b. Yang di dalamnya engkau sudah berusaha sejak mudamu, kalau2 engkau bisa beruntung, kalau2 engkau menang.

Banyak orang sudah limpah dengan occultisme dari masa muda. Dalam media massa makin populer, jangan tertipu atau hanyut.

Sebaliknya, justru kita harus mendoakan dan memuridkan anak2 kita sejak kecil! 1Kor 11:1. Jangan hanya diajak ke Gereja, tetapi muridkan, supaya timbul Daud, Yusuf, Daniel, Yohanes, Timotius dll yang berkemenangan! Pemuridan harus dikerjakan dalam Gereja. Pelajari tentang pemuridan dan lakukan. Iblis juga melakukannya sampai orang2 bisa berdosa dalam roh setan, supaya jadi sempurna dalam dosa. Tembok akhir zaman makin tinggi, kalau kita tidak bisa melompatinya, akan gugur 1Tim 4;1, 2Tes 2:3. Jangan lalai, ber-jaga2lah Mat 24:42.

 

KESIMPULAN.

Ini semua cerita tentang Putri Babil yang akan dihukum. Kita harus bersedia menjadi mempelai Kristus yang akan mengalami hari2 bahagia seperti Surga sejak di bumi dengan kemenangan. Lakukanlah pemuridan!

Nyanyian:

Berjagalah dan penuh Roh Kudus.

Jangan masuk dalam c’laka dunia.