YS225 – Yesaya 46:10-13. Tuhan Tahu Lebih Dahulu Dan Pasti Jadi

YESAYA 46:10 YANG TERAKHIR DINYATAKAN DARI PERMULAAN.

  1. Yang menyatakan yang terakhir dari permulaan, dari zaman purbakala yaitu hal-hal yang belum terjadi.

Allah kita itu maha tahu termasuk di dalamnya, Ia tahu lebih dahulu semua yang lalu dan semua yang akan datang dari kekal sampai kekal. Ini suatu hal yang mencengangkan yang tidak ada pada manusia dan tidak bisa dipikir oleh manusia.

Ini kemampuan Ilahi dan waktu kita menjadi allah2 seperti Dia Yoh 1:12, kita juga mulai mempunyai kemampuan seperti Dia tetapi tidak segera. Seperti anak burung pada waktu jadi telur atau baru menetas, belum bisa terbang seperti induknya, tetapi ia sudah mempunyai kemampuan seperti induknya namun menunggu pertumbuhannya, begitu juga kita. Sekarang ktia sudah bisa tahu yang akan datang dari bisikan Roh Kudus ( karunia marifat ) dan Firman Tuhan yang meterainya sudah dibuka oleh Roh Kudus. Ini semua luar biasa. Kita baru menerimanya sedikit demi sedikit dan makin lama makin banyak untuk menghadapi segala perkara. Kalau kita bisa mengetahui yang akan datang dalam dunia sekuler, itu saja sudah luar biasa, bisa jadi paling besar di dunia (tetapi ini tidak mungkin). Misalnya tentang peristiwa2 yang akan datang, rencana dari musuh dan semua orang yang akan datang, tahu harga yang akan datang, tahu perubahan cuaca da malapetaka yang akan datang dst,kalau tahu bisa jadi orang yang paling berkuasa. Apalagi tahu yang akan datang dari Allah, itu top sebab itu tentang dunia yang tampak dan yang tidak tampak dan Tuhan tahu semua tanpa batas. Sebab itu jangan terlalu banyak berusaha dengan kekuatan sendiri. Belajar terus dari Firman Tuhan dan hidup penuh dan dipimpin Roh; Beri waktu, perhatian lebih banyak, belajar dari Firman Tuhan dan Roh Kudus, maka kita akan limpah dengan hikmat dan kuasa Allah, pasti hasilnya luar biasa! Apa saja yang diketahui Tuhan?

  1. Orang.

Dia sudah tahu tentang Judas, Antikris pertama dan semua Antikris yang akan datang. Semua sudah ditulis dalam Alkitab. Tuhan tahu tentang orang tetapi Dia tidak menentukan lebih dahulu, dengan jelas hal ini ditulis dalam Firman Tuhan. Masing2 orang adalah makhluk bebas yang harus mengambil keputusan sendiri Luk 12:57 dan  setia pada keputusannya maka itu menentukan nasibnya sampai kekal. Wai yang tidak setia pada Tuhan dan Tubuh Kristus. Orang yang tidak setia pada suami atau istrinya saja itu celaka (sama dengan berzina, tidak masuk Surga Wah 22:15) Apalagi tidak setia pada Tuhan dan Tubuh Kristus.1Kor 12:18.

  1. Peristiwa2 yang akan datang, apalagi peristiwa akhir zaman sampai kiamat dan Surga Bumi Baru, semua sudah diketahui Allah lebih dahulu, sampai detil2nya bahkan sudah ditulis dengan lengkap untuk kita dalam Alkitab!

Kalau Roh Kudus mencelikkan mata kita sehingga bisa melihat kebenarannya,kita akan bisa  melihat dengan jelas semua yang akan terjadi dengan tepat, ini sangat luar biasa dan tidak ada taranya, untuk mempersiapkan Gereja menghadapi akhir zaman yang dahsyat.

  1. Bumi dan semesta bahkan surga dan semua yang ada, itu juga sudah diketahui Allah, apa yang akan terjadi. Semua akan lenyap, diganti Surga Bumi Baru 2Pet 3:10-13.
  2. Ini semua tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi juga termasuk peran manusia (untuk keselamatan dan nasibnya yang kekal) dan peran Allah yang ikut membentuk masa yang akan datang (Misal: mengalahkan iblis dan semua tentaranya, menolong manusia untuk tumbuh sampai sempurna dll). Jadi peristiwa yang akan datang itu hasil dari semua peran manusia, Allah, malaikat, iblis dan tentaranya, dll. Tetapi bagaimana hasil akhirnya Allah sudah tahu lebih dahulu, sangat luar biasa ! Dalam dunia orang berperang, masih bisa menghitung dari jumlah senjata, tentara dll, kemungkinan bagaimana jadinya, tetapi itu hanya perkiraan, tetapi Allah tahu dengan tepat semua yang akan terjadi, meskipun di dalamnya manusia, iblis, malaikat2 dan Allah sendiri ikut serta berperan, tetapi Allah sudah tahu lebih dahulu bagaimana hasilnya kelak dengan tepat. Misalnya tembok Yeriko yang roboh, Firaun dan tentaranya yang akan tenggelam di laut Merah, begitu seterusnya sampai kematian Putra Manusia Yesus sebagai korban tebusan sampai terakhir, nasib orang percaya dan iblis serta tentaranya kelak sampai kekal. Allah sudah tahu semua lebih dahulu dari kekal sampai kekal. Dia adalah Allah yang maha kuasa, yang maha tahu, tiada yang seperti Dia. Jangan lupa semua sudah ada dalam Alkitab kita, Jangan meremehkan Alkitab itu.

YES 46:10B. Katanya, maksud Ku akan jadi dan Aku akan melakukan segala kesukaan Ku.

Jadi Allah itu punya rencana, usaha, peperangan (dengan iblis, orang2 pemberontak dll) dengan semua maklhuk yang melawanNya. Sebab maklhuk2 bebas yang diciptakanNya, tidak semua mau taat, sebagian memberontak seperti Lucifer, sebagian malaikat dan sebagian manusia. Tetapi Allah kita ada diatas segala2nya, Dia pasti menang atas semuanya dan Alalh akan melakukan segala kesukaanNya. Dia pasti menang, dan sampai akhir. Ia juga sudah tahu lebih dahulu apa yang akan terjadi sebagai akibat semuanya. Lalu bagaimana kita?

  1. Kalau kita taat akan Firman Tuhan dengan pertolongan Roh Kudus maka Firman Tuhan pasti jadi sehingga orang yang taat akan Firman Tuhan pasti untung. Di dunia kadang2 pada permulaannya tidak untung seperti Yusuf, Ayub, Daud dll. Mereka sudah taat tetapi menderita. Itu semua karena pengolahan. Rom 8:17; 2Kor 4:17.

Justru rencana Allah hendak mengolah orang percaya yang terus mau taat dan setia sampai mati, supaya bisa tumbuh menjadi seperti Allah. Yoh 10:35. Jadi berbahagialah orang yang taat akan Firman Tuhan. Jangan ragu2 taat, meskipun ada cukup banyak penderitaan  ( sesuai kekuatan masing2 1 Kor 10:13 ) dan sampai di mana kita taat diolah Allah dengan semua peristiwa2 itu , sampai disitu kita akan tumbuh dalam kemuliaan Allah.

  1. Kesukaan Tuhan itu apa?

Ini yang akan di buat Tuhan. Allah itu dari dahulu sudah sempurna dan sukacita dengan sempurna bersama2 (yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus), tidak ada yang kurang. Kalau dari dahulu sudah sempurna sukacitanya, lalu kesukaan apalagi yang hendak di capaiNya ?Inilah tentang kita, biji matanya Zak 2:8 yang dikasihiNya amat sangat sehingga Putra Allah dikorbankan Yoh 3:16. .pa

Seperti kesukaan orang tua adalah menyenangkan anaknya karena cinta, apalagi yang sampai besar menyenangkan hati orang tuanya. Begitu kesukaan Allah itu adalah kita, lebih2 yang taat dan berkenan sampai ke akhir akan ditinggikan Allah lebih dari segala2nya, menjadi sama seperti Putra Manusia Yesus, menjadi mempelaiNya Ef 5:31-32.

Tetapi ini tergantung ketaatan kita, Kalau mau menyangkal diri dan taat penuh sampai mati seperti Paulus Gal 6:14 kita akan diangkat sangat tinggi seperti Dia, mulia sampai kekal. Ini kesukaanNya. Sebab itu jangan goyah atau tergoda oleh semua kemanisan dan kemuliaan dunia yang lain, jangan tertipu oleh iblis dan semua umpan2 kemuliaan duniaw ini, tetapi tetap menyembah Tuhan dan mencintainya sampai mati. Jangan berhenti, terus setia sampai mati dan jangan menuruti daging, tetap dalam rel Tuhan, tetap taat dipimpin Roh dalam kesucian, supaya kita bisa mencapai pengolahan sampai tingkat yang tertinggi seperti Musa, Elia, Henohk dan beberapa yang lain (mungkin  Yusuf, Ayub dll). Kalau sudah masuk Surga saja sudah untung2 sangat besar seperti penjahat yang masuk Firdaus Luk 23:43. Tetapi Tuhan sudah menyediakan segala rencana dan fasilitas untuk tingkat kemuliaan yang lebih tinggi!, kalau kita percaya dan mau taat, apalagi taat dengan cinta, maka Tuhan kita bisa mencapai tingkat yang tertinggi. Tuhan sudah mengetahui akan ada 144.000 orang yang sampai dalam tingkat yang tertinggi itu dan kesempatan itu terbuka untuk kita semua yang mau percaya dan mau diolah. Jangan sia2kan kesempatan yang sangat luar biasa ini.

 

YES 46:11 SEEKOR BURUNG BUAS DARI TIMUR

  1. Memamnggil seekor burung buas dari timur, yaitu orang yang melakukan maksud Ku, dari negeri yang jauh

Siapa burung buas ini? Burung itu bisa berarti Roh Kudus (burung merpati Mat 3:17) atau iblis Mat 13:4, 19. Bisa juga orang2 beriman seperti burung nazar disekitar tubuh, itu menceritakan umat Tuhan dalam Perjamuan Suci. Luk 17:37. Bisa juga orang2 jahat yang haram Kis 10:12; Wah 18:2. Jadi burung bisa berarti golongan Allah dan golongan iblis. Burung yang buas adalah tanda kebuasan daging itu dari golongan iblis dan burung yang dipanggil ini adalah orang yang jahat dari pihak iblis, yaitu itulah Antikris yang pertama singa yang bersayap seperti burung Dan 7:4.(Lalu seterusnya akan datang) Dari timur; timur itu berarti tempat dosa, tempat musuh 2Raj 13:17 juga dalam Kemah Suci, orang dari timur tumbuh ke barat, dari orang berdosa menjadi orang benar, orang suci, dan orang sempurna. Jadi Timur adalah tempat dosa, musuh, iblis.

Dari negeri yang jauh, itulah puncak2 hidup dalam dosa seperti putra terhilang yang pergi ke negeri yang jauh Luk 15:13. Orang yang undur dari Tuhan itu pergi makin jauh dari Tuhan. Bukan saja sampai puncak dosa, yang paling jauh adalah Neraka. Orang yang datang ini tidak sendirian, tetapi ada roh2 jahat dari Neraka yang ada di dalamnya. Memang Antikris itu manusia plus roh2 jahat, roh Antikris yang ada dalam dirinya. Ini yang dipanggil Tuhan untuk melakukan kehendak Allah.

Kalau Tuhan tidak mengijinkan, Orang2 jahat ini tidak akan bisa muncul dan merajalela. Sebab itu kalau dosa meningkat sangat tinggi dan perkara2 yang jahat terjadi, itu semua diijinkan Tuhan untuk menyelesaikan rencanaNya. Justru dosa yang meningkat sampai puncak itu berarti ujian tingkat yang lebih tinggi sampai ujian akhir; dan gereja yang lulus akan menjadi gereja yang sempurna. Sebab itu Tuhan memanggil burung buas ini datang. Jangan heran segala perkara2 yang jahat dan orang2 yang sangat buas, kejam, tidak berperikemanusiaan datang. Kalau Tuhan tidak ijinkan, mereka akan tertangkap atau mati, tetapi mereka berhasil dan sangat berkuasa meskipun sangat jahat, bahkan akan jadi pengusai dunia!

  1. YA, AKU SUDAH MENGATAKANNYA, AKU JUGA AKAN MENJADIKANNYA.

Sebab itu kalau umat Tuhan tidak mau bersedia, padahal Tuhan sudah mengingatkan berkali2, jauh2 hari, orang itu akan binasa. Kita diingatkan itu bukan saja untuk menghadapi Antikris yang akan datang, tetapi  juga untuk menghadapikedatangan Tuhan secara pribadi dan orang yang sanggup, akan diberi ujian besar atau ujian akhir seperti Ayub, Yusuf, Daniel, Paulus, Rasul2 lain, dll. Orang2 jahat yang datang itu sejahat Antikris, sebab kejahatan mereka menjadi ujian untuk tingkat sempurna. Misal Ayub, Musa, Elia dll (tentang Henokh tidak diceritakan).

Bersedialah! kalau dahulu hanya untuk orang2 yang sudah tinggi rohaninya (sebab pencobaan yang datang itu tidak akan lebih dari kekuatannya 1Kor 10:13) tetapi pada akhir zaman unjian yang tinggi, untuk semua orang. Semua orang sudah diberi tahu untuk bersedia, Tuhan sudah memberi waktu dan peringatan, yang tidak mau menurut, tidak peduli akan gugur dan sebab itu pada akhir zaman ini akan banyak kejatuhan 1Tim 4:1; 2Tes 2:3. Sebab itu kita harus sungguh2 berjaga mulai sekarang.

Bertumbuhlah terus dalam rohani, baik dalam pengertian Firman Tuhan, dalam doa puasa, dalam pelayanan, dalam kemahiran pikul salib, dipimpin Roh dan ibadah persekutuan, supaya kita kuat bertahan dan terus menang atas setiap pencobaan yang datang sampai ikut pengangkatan atau jadi sempurna.

Jangan tertipu oleh iblis dan kemanisan duniawi dan jangan bodoh atau keras hati dalam dosa, bersedialah sebab semua orang akhir zaman harus menghadapi ujian akhir ini.

  1. AKU SUDAH MERENCANAKANNYA, AKU JUGA AKAN MELAKUKANNYA.

Semua ini bukan hanya diketahui Tuhan lebih dahulu, tetapi juga sudah direncanakan dan dia akan mengerjakannya. Jangan takut, Tuhan akan memberi fasilitas cukup untuk menggenapkan rencana yang sudah dibuatNya. Kita akan kuat, sanggup dan pasti menang menghadapai orang jahat ini dan roh2 Antikris yang ada di dalamnya sebab Tuhan di dalam kita lebih besar dari semua yang ada di di dalam dunia. Indah. Kita akan mengalaminya sampai jadi sempurna atau ikut pengangkatan. Kalau kita boleh ikut proyek roket ke Bulan atau Mars, itu sangat indah; betapa untungnya kalau boleh ikut. Rencana Allah lebih dari itu dan kita akan jadi mulia untuk kekal dalam Surga. Jangan ragu2, rencana Allah pasti indah. Ada banyak rencana2 manusia indah yang dahsyat, tetapi faedahnya tidak banyak, tidak bisa dibawa melalui kematian! Tetapi rencana Allah itu luar biasa, bisa menjadi sempurna seperti Allah dan pasti bisa asal kita taat dipimpin Roh selalu.

YES 46:12. ORANG2 YANG KERAS HATI AKAN CELAKA KALAU TIDAK BERTOBAT.

Dengarkanlah Daku, engkau yang keras hati, yang jauh dari kebenaran.

Harus bersedia itu berarti betul2 bertobat, sebab itu semua butuh waktu untuk tumbuh. Orang yang keras hati akan binasa Ibr 3:15-19. Ini orang2 yang terus minum anggur lama Luk 5:39, sulit untuk bertobat, terus keras hati sampai binasa seperti Saul 1Sam 28:6. Orang keras hati itu celaka seperti kanker.

YES 46:13. TUHAN SANGGUP MENYELAMATKAN ISRAEL DAN MENJADI MULIA

Aku akan membawa dekat kebenaranKu, itu tidak akan jauh.

Tidak sulit asal percaya dan taat. Untuk hidup benar bagi orang yang tidak percaya itu rasanya sangat jauh dan tidak mungkin. Tetapi bagi orang yang percaya apalagi penuh dan dipimpin Roh, ia akan mengalami kemerdekaan yang penuh Yoh 8:36, betul2 mati lepas dari dosa Rom 6:2 sehingga kebenaran itu tidak jauh, melainkan ada dalam mulutnya Rom 10:8. Hatinya penuh kebenaran dan keluar dari mulutnya kebenaran Allah, sangat dekat Mat 12:36. Hiduplah terus dalam kebenaran dan doa orang benar akan jadi Yak 5:16, kuat dan tumbuh makin seperti Kristus.

Dan keselamatanKu tidak akan tertunda

Dari Allah tidak ada penundaan, tetapi manusia itu yang sering membuat penundaan, sebab tertipu iblis lalu keras hati Ibr 3:15. Jangan tunda untuk selamat, Yaitu untuk bertobat dari segala dosa dan kekerasan hati, bisa celaka untuk kekal.

Dan Aku akan menaruh keselamatan di Zion untuk Israel, kemuliaanKu.

Kalau Zion didirikan baik2, maka Israel akan tumbuh jadi kemuliaan Tuhan.

Zion menceritakan tentang kesucian, gunung kesucian Allah. Maz 46:3. Kita harus terus meningkat dalam kesucian dan itu berarti meningkat dalam kemuliaan Allah,ia  dari kemuliaan kepada kemuliaan 2Kor 4:18. Apa kemuliaan Allah itu? menderita karena kebenaran Rom 8:17. Orang yang mahir menderita karena kebenaran itu akan bisa pikul salib, mematikan daging, hidup dalam kesucian yaitu kemuliaan Allah.Ia berbahagia Mat 5:10-12. Kalau kita lulus dalam setiap pencobaan, sebab melakukan kehendak Allah, tekun menderita karena Tuhan (salib) maka kita akan tumbuh, dari kemuliaan kepada kemuliaan. Sesungguhnya kemuliaan Allah adalah hasil dari penderitaan kepada penderitaan karena kebenaran, seperti Yusuf, Daud, Paulus dll. Sebab itu jangan sedih dan berdukacita dalam melakukan kehendak Tuhan, tetap taat sekalipun ada penderitaan yang berat untuk daging Kis 5:41. Kalau salib menjadi kesukaan dan kemegahan kita,Gal 6:14 maka kita bisa tekun dalam jalan salib, jalan penderitaan untuk terus melakukan kehendak Tuhan dan terus meningkat dalam kemuliaan Tuhan Gal 2:20. Kemuliaan ini untuk kekal.

KESIMPULAN

Tuhan sudah tahu bahkan ikut merencanakan yang akan datang, istimewa untuk kesukaanNya yaitu untuk melengkapi dan menyertai orang2 yang dikasihinya tumbuh dalam penderitaan sehingga menjadi makin mulia. Memang burung buas itu dipanggil dari timur dari tempat yang jauh supaya kita bisa diolah dalam penderitaan dan masuk dalam kemuliaan yang paling puncak yaitu seperti Kristus.