YS224 – Yesaya 46:5-9. Allah Yang Patut Disembah Selamanya, Bukan Berhala.

YES 46:5. MENYAMAKAN ALLAH DENGAN SIAPA?

 

  1. Dengan siapakah engkau hendak menyerupakan Aku dan menjadi sama dengan Aku dan membandingkan Daku sehingga kami menjadi serupa?

Mengapa Tuhan bertanya sedemikian? Sehingga Diadianggap sama, serupa? Bagaimana cara membandingkan, dalam hal apa saja dibandingkan dan dengan siapa? (Ay 6 dan 7 dibandingkan dengan berhala).

Maksudnya orang2 Israel yang tidak mau taat sepenuhnya ini, kalau tidak cocok dengan Tuhan (sebab berbeda pendapat, apalagi kalau keras hati dantidak mau taat pada Tuhan) atau hilang (ditinggalkan Tuhan, Tuhan tidak lagi mau menjawab dll) maka mereka masih mempunyai illahyang lain, yang kurang lebih sama, yang bisa diharapkan, dipercayai bahkan bisa bersaing dengan Allah. Ini pikiran yang jahat. Apalagi kalau orang Israel berontak atau undur, mereka punya penggantinya! Sampai sekarang masih banyak orang2 berimanterus mencari dan berusaha mendapatkan gantinya Tuhan, yaitu saingannya sehingga tidak tergantung dari Tuhan, apalagi kalau tidak cocok dan tidak mau taat,berontak pada Tuhan sebab menuruti daging.

Tetapi orang2 yang percaya dan cinta Tuhan, bagaimanapun tidak pernah mencari gantinya yang menyamai Tuhan. Mereka percaya habis2an dan berharap sepenuhnya, bahkan karena cinta akan Tuhan, meskipuntidak ditolong oleh Tuhan tetap taat dan cinta kepadanya Dan 3:17-18. Baik Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego, Yusuf, Daud dll, mereka tetap percaya dan taat sampai mati, meskipun tidak ditolong, meskipun tidak mengerti bagaimana dan mengapa semua itu terjadi pada dirinya!

Tetapi orang yang tidak percaya, apalagi yang hanya ikut2an dan tidak mau taat kepadaNya, mereka mencari gantinya misalnya berhala mammon, ini mirip dengan Allah, bisa menolong dengan hebat dan efektif!

Orang kafir yang tidak mengenal Allah memang mencari allah baginya, yang disembah dan diharapkannya. Misalnya Nebukadnezar membuat patung dll bagi dirinya. Tetapi sesudah ia mengenal Tuhannya Daniel, ia menyembah dan memuliakanNya. Dan 3:34,35,37. Juga Naaman sesudah ia disembuhkan dari kustanya, ia langsung berjanji dengan segenap hatinya untuk menyembah Tuhan saja 2Raj 5:15,17.

Tetapi yang celaka, orang Israel yang sudah kenal Tuhan lalu men-cari2 yang lain untuk berharap dan menyembahnya, karena orang Israel tidak mau taat sepenuhnyakepada Firman Tuhan. Itu sangat menyakitkan hati Tuhan. Sudah dikeluarkan dari Mesir dengan kuasa yang sangat besar, dipelihara di padang gurun dengan heran, diberi Firman dan peraturan yang terbaik, tetapi Israel masih mencari allah yang lain, itu sangat jahat, akhirnya mereka yang tidak bertobat binasa! Itu sebabnya Tuhan menanyakan ayat ini, dengan siapa Dia hendak dibandingkan, bahkan untuk cari gantinya.

Sesudah menikah, jangan cari suami atau istri lagi, itu jahat, Apalagi kalau dibandingkan dengan perempuan dan laki2 lain yang punya kelebihan lain, apalagi kelebihan2 yang mencolok (suami atau istri kalau dibanding, selalu ada yang lebih dalam hal2 tertentu, wajah (apalagi kalau sudah lebih tua atau bosan), uang, kedudukan, sikap dll biasanya selalu ada satu atau beberapa kelebihan pada orang lain. Tetapi tetap tidak boleh ganti, harus tetap setia sampai mati. Mengapa bisa? Sebab cinta! (Juga anak, saudara, orangtua tidak bisa ganti). Kalau ada cinta, tidak akan ganti, meskipun orang lain ada kelebihan!

Apalagi Allah, Ia lebih dari segala perkara, tidak ada satupun yang lain punya kelebihan lebih dari Allah (kecuali kalau ingin berdosa, menurut daging, maka iblis, dunia dan isinya, punya banyak kelebihan bagi orang2 yang mau menurut daging). Tetapi sesungguhnya Allah itu lebih dari semua yang di dalam dunia. Juga sukacita dosa yang sesaat itu, tidak sebanding dengan sukacita dan semua yang dari Allah,  mutunya jauh lebih baik dan sampai kekal. Kalau kita mengerti, kita tidak akan mencari gantinya yang sama. Bahkan lebih dari itu, kalau kita cinta Tuhan, sekalipun Tuhan “tidak sanggup” menolong melepaskan kita (Sadrakh, Mesakh, Abednego, Ayub, Yusuf dll) kita tidak akan pernah mau mencari gantinya. Jadi dari kemampuan atau kelebihanNya, tidak ada yang melebihi Dia dan karena cinta kita tidak mau lepas dari Dia Rom 8:35-36. Tetapi ada beberapa orang beriman sudah punya gantinya, yaitu berhala lain misalnya uang, hedonisme, anak, istri, suami, pekerjaan, hoby dll. Biarlah kita mati2an, habis2an menyembah Tuhan dan mengutamakan Dia terlebih daripada apapun jua yang ada pada kita, atau yang ada dalam alam semesta ini.

 

Dibandingkan atau disamakan dengan siapa?

Zaman sekarang yang paling banyak dan bisa dipakai semua orang adalah mammon. Mat 6:24. Sebab kemampuan dan daya kerjanya luas, hampir apa saja bisa dikerjakan oleh berhala mammon ini, sehingga sebagian orang beriman, bahkan hamba2Nya juga sujud dan menyembahnya. Belajar tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, terus dipimpin Roh sehingga kita mengerti tentang mammon dan Allah dan tetap percaya, harap dan cinta Tuhan lebih dari mammon dan semua yang lain. Jangan lupa untuk berpada 1Tim 6:8, Pil 4:11, pakai dunia seperti tidak memakai 1Kor 7:31 dan cinta Tuhan lebih daripada uang, bisa memakai dengan betul.

Juga jangan tertipu dan terpikat berhala2 yang lain seperti kepintaran, pengalaman sendiri, orang yang terkenal, yangpunya kedudukan dan kuasa, dll jangan sampai jadi berhala! Tidak boleh ada yang serupa dengan Tuhan sebab memang Dia selalu di atas se-gala2nya.

 

YES 46:6. MEMBUAT BERHALA.

 

6.a. Mereka memboroskan emas dari kantong dan menimbang perak dalam timbangan.

Mereka tidak sayang mengeluarkan biaya dan pengorbanan yang besar untuk membuat pengganti2 Allah yang maha kuasa.

Untuk berhala, untuk persenjataan, untuk alat2, pengetahuan, sistem dll.

Kita harus bisa memakai uang dengan betul 1Tim 5:17, jangan dipakai untuk membuat berhala! Kita adalah bendahara Allah 1Pet 4:10, sebab satu kali kita harus mempertanggungjawabkan semua kepada Tuhan Mat 25:19.

Yang betul dan baik adalah dicocokkan dengan Firman Tuhan, sebab kita diperiksa Tuhan sesuai dengan Firman Tuhan. Kita sendiri boleh memakai dengan sukacita sesuai dengan ukuran yang Tuhan berikan kepada kita, asal penggunaannya berkenan pada Tuhan, bukan untuk dosa atau rencana2 dosa yang tersembunyi! Jangan diboroskan dengan sia2 tetapi untuk kemuliaan nama Tuhan, sehingga kita punya simpanan di Surga Mat 6:20. Baik untuk pekerjaan Tuhan, maupun yang lain karena Tuhan, misalnya Mat 25:40. Biasanya kita memakai ukuran perpuluhan (dalam Wasiat Baru disebutkan 9 kali), sebab kita mengakui bahwa semua yang ada pada kita itu dari Tuhan sebab itu kita memberi 10% keuntungan yang kita terima untuk Tuhan dalam Gereja di mana kita dipelihara secara rohani Mal 3:10-12. Orang yang cinta Tuhan itu bisa memberi dengan sukacita, bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel, semua diberikan untuk dipakai bersama demi pekerjaan Tuhan Kis 2:44-45; 4:32 (ini baru digenapi dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan dan kita belum tahu tanggalnya). Secara rohani, barang2 yang utama (emas dan perak) itu bisa berarti baik waktu, tenaga, kesempatan dan apa saja yang terbaik kita pakai untuk Tuhan, untuk hal2 rohani sehingga kita tumbuh makin kaya secara rohani.

 

6.b. Dan menyewa tukang emas, lalu mereka membuat sebuah berhala. Mereka sujud, ya mereka menyembah.

Banyak orang ahli yang bisa membuatkan berhala dari uang sendiri dan uang orang2 lain, juga emas, perak yang lain (hal2 lain yang berharga se-olah2 seperti emas perak) untuk jadi barang yang disembah. Bisa kuasa, politik, hedonisme, occultisme, harga diri, kepujian dan apa saja bisa disembah orang akhir zaman ini. Bahkan hoby2 pun bisa menjadi berhala dan mengikut mereka, apalagi kedudukan, popularitas, uang dan perkara2 besar lainnya!

Ada juga orang yang ter-gila2 dengan ideology (bahkan yang aneh2) dan mau mati karena ideologynya orang2 favorit, piala, sepeda dll. Tetapi bagi orang beriman hanya Tuhan yang boleh menjadi Allah di atas se-gala2nya dan itu akan menyucikan dan menumbuhkan kita. Orang yang menyembah yang lain akan rusak rohaninya, tidak tumbuh, jadi dosa bahkan bisa celaka dan binasa! Jangan menyembah berhala yang lain (1. Me-muja2 berhala2. Disembah, dicintai lebih daripada Tuhan, 3. Taat, korban, syarat2, 4. Terikat, tidak mau lepas).

Persoalan berhala menjadi problem yang rumit dan sulit dibereskan Israel tidak selesai2 sampai mereka dihukum dan hancur. Tetapi orang yang cinta Tuhan dan mau menyembah Tuhan, tidak mau menyembah berhala.

 

YES 46:7. BERHALA YANG TIDAK BERDAYA.

 

7.a. Mereka mengangkatnya di atas bahunya, mereka membawanya dan meletakkannya di tempatnya dan ia berdiri.

Orang2 ini mau terbeban untuk mengangkatnya. Berhala ini jadi beban mereka sebab mereka yakin berhala ini bisa menolongnya, sebab itu ini yang diutamakan dipuja, dicinta dan dipuja2. Ini orang2 dunia yang buta dan orang beriman yang tertipu. Tetapi orang2 beriman yang mengerti, yang setia, jangan mau ikut terbeban untuk perkara2 berhala. Baik berhala politik, ideology, kedudukan, kekuasaan, berhala mammon, hedonisme dsb. Berhala itu sangat jahat dihadapan Tuhan. Orang2 yang mau terbeban dan berkorban, itu berarti ia juga memberhalakannya, menyembahnya. Jangan ikut terbeban atau ikut serta dalam penyembahan berhala atau mengusahakan semua barang atau apa saja yang bisa jadi berhala. Kalau kita mengusahakannya (misalnya membuat, menjualnya dll) sebagai barang umum, itu tidak salah, tetapi kalau se-mata2 hanya dipergunakan untuk penyembahan berhala (contoh lain rokok tidak bisa dibuat untuk keperluan yang lain ) itu berarti ikut serta menanggung dan terbeban untuk berhala2. ( Kalau barang2 netral,tetapi lampu, komputer bisa dipakai untuk yang baik dan yang jahat, itu hal2 yang netral ). Jangan ikut terlibat dalam persembahan berhala,  pasti ada akibatnya yang dahsyat pada waktunya.

Yang mengatur semuanya adalah manusia, berhala itu sesungguhnya tidak ada apa2nya. Namun beberapa berhala ternyata ada kuasanya, itu karena pekerjaan iblis yang masuk kedalamnya itu mempunyai sedikit kuasa. Jangan kena pengaruhnya, jangan takut sebab Allah di dalam kita jauh lebih besar dari semua kuasa di dalam dunia 1Yoh 4:4, Rom 8:31 asal kita tetap didalam Tuhan, penuh dan dipimpin Roh. Jangan bertindak sendiri, bisa kalah, tetapi dengan Tuhan dalam kesucian dan dipimpin Roh pasti menang! Pil 4:13.

 

7.b. Ditempatnya ia tidak akan bergerak, ya ada orang yang berseru kepadanya, tetapi ia tidak bisa menyahut, atau menyelamatkannya keluar dari problemnya.

Kenyataannya ada yang membuahkan “hasil”. Misalnya beberapa orang beriman yang tidak punya kuasa, tidak tertolong, lalu memakai berhala dunia, (uang, penguasa dll) lalu menang, tetapi akibatnya ( “wadal”) dan jiwanya binasa ! Sebenarnya kalau dengan Tuhan kita pastilah menang, asal kita memenuhi syarat2nya untuk hal2 kekal. Rom 8:31. Percayalah, jangan takut menghadapinya. Yang harus kita perhatikan adalah tekun berdoa dalam Roh dan hidup benar dan jangan bereaksi dosa (Rom 12:21) melainkan terus dipimpin Roh melakukan kehendak Allah, dan kalau perlu puasa. Mat 17:21. Banyak orang Kristen zaman sekarang tidak lagi percaya akan kuasa doa, hidup benar sesuai Firman Tuhan, dan hidup penuh dan dipimpin Roh. Ini kuasanya luar biasa.

Kalau kita tidak punya kuasa Allah kita akan di-injak2 oleh dosa, daging, dunia dan segala perkara dari iblis. Rindukan kuasa Allah dan hikmat Allah dalam menghadapi apa saja dan pasti dengan Tuhan kita menang. Justru dalam banyak dosa dan kejahatan, Tuhan akan menyatakan kuasa dan kemuliaanNya yang amat besar Wah 22:11.

Jangan hanya ketakutan akan dosa dan kejahatan yang meningkat seperti Israel; mereka semuanya takut dan menyerah pada Goliat. Jadilah Daud yang percaya penuh pada kuasa Allah, jangan berharap pada ber-macam2 berhala2 untuk menghadapinya!

Berdoalah di rumah dan di Gereja bahkan dimana saja. Pakai setiap kesempatan untuk berdoa dalam Roh dan kebenaran, apalagi pemimpin2. Kurangi yang lain, apalagi yang duniawi dan yang tidak perlu. Batasi waktu untuk hal2 yang kurang perlu, tebus waktu Ef 5:16 (KJI) untuk lebih banyak berdoa dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, ini membuat hidup terus berkemenangan.Orang2 beriman zaman sekarang lebih cenderung memberi waktu lebih banyakuntuk menghias, latihan drama, nyanyi, bersolek, berorganisasi dll daripada berdoa seperti Marta. Ini semua juga perlu, tetapi utmakan hidup seperto Maria ini lebih baik dan ini membuat kita bisa hidup dalam jalan Tuhan dengan tumbuh dalam kemenangan.Semua umat Tuhan yang tidak mau bertekun berdoa (lebih2 dalam Roh dan hidup benar) dan bertekun dalam Firman Tuhan akan mengalami banyak kejatuhan dan kepahitan! Sambil menyanyi, sambil mendengar Firman Tuhan kita bisa terus berdoa. Tanpa berdoa dan Firman Tuhan  “elia2” akan dibunuh Izebel! Kis 6:4.

 

 

YES 46:8. PEMBERONTAK2, BERTOBATLAH!

 

  1. Ingatlah hal ini dan tunjukkanlah dirimu sebagai laki2, bawalah kembali dalam ingatanmu, engkau pemberontak2.

Seringkali yang kita ingat dan lakukan, bukan yang utama dan yang penting di hadapan Tuhan. Banyak kali kita ribut dengan cara2 dan usaha kita sendiri, apalagi yang punya berhala, menyembah berhala, bahkan dalam beberapa Gereja jalan lebar mereka juga memberhalakan mammon, politik, organisasi dll. Pengaturan, organisasi seperlunya itu dibutuhkan, tetapi nomer satu doa dan Firman Tuhan. Kis 6:4. Berhala harus dibuang, jangan sujud atau menyembahnya. Juga yang lain yang tidak perlu, buang, tebus waktu untuk menyembah Tuhan dan jadilah laki2. Laki2 rohani itu orang yang berani perang, berani menderita karena Tuhan. Bukan perang melawan orang atau dengan cara2 jasmani tetapi perang lawan daging, dunia, iblis dengan kuasa Allah. Dengan pikul salib, mematikan daging dengan kelimpahan doa dan Firman Tuhan, maka akan mempunyai kuasa seperti Daud lawan Goliat. Beri waktu yang limpah untuk Firman Tuhan, doa lebih2 dalam Roh dan hidup benar. Tebus waktu, buang segala yang tidak perlu dan hemat dari semua yang kurang perlu, supaya kita bisa berdoa lebih banyak dalam pengurapan Roh Kudus. Jangan sampai kita hanya melihat dosa dan kejahatan ber-tambah2 tetapi Tuhan ingin kita mengalami dan melihat kuasa Allah dan kesucian ber-tambah2. Perlu banyak kuasa untuk berperang lawan daging, dunia, dosa dan iblis. Pakai setiap kesempatan yang ada untuk Firman Tuhan, berdoa dalam Roh dan kebenaran, bersekutu dalam kesucian dan doa, beribadah dengan sungguh2 menyembah Allah, bukan men-cari2 perkara2 jasmani. Orang yang hanya mencari dunia, supaya makin kaya jasmani itu seringkali makin miskin rohani, miskin dari perkara2 dari Atas, miskin akan perkara2 yang kekal, kuasa, hikmat, karunia2 dan perkara2 dari Atas.

 

YES 46:9. DARI DAHULU YANG TERPENTING: ALLAH.

 

  1. Ingatlah hal2 yang mula2 dari zaman kuno, karena Akulah Allah dan tiada yang lain, Akulah Allah dan tiadalah seorangpun seperti Aku.

Jangan pusing dengan barang2 modern, dengan tehnologi mutakhir dll, apalagi yang menyenangkan daging. Yang terpenting adalah Allah dan tiada yang lain bisa disejajarkan dengan Dia! Allah lebih dari tehnologi dan semua hal2 modern. Dari zaman kuno sampai sekarang yang penting adalah Allah. Sembah dan puji Dia, percaya dan sembah Tuhan, bertekun berdoa dan dengar FirmanNya dan terus dipimpin Roh dalam ibadah, persekutuan, pelayanan sebagai laki2 rohani (bisa perang dan menang lawan dosa, iblis, daging, dunia ber-sama2 Tuhan) sehingga menang, meninggikan dan me-muja2 Tuhan. Dunia berubah, se-gala2nya berubah tetapi yang penting Tuhan Allah tidak ber-ubah2, dan tiada yang lain; sembah dan puji Dia, cintai Dia lebih dari semua yang lain. Kalau yang lain diperhatikan dan ditinggikan lebih dari Tuhan, akan masuk dalam jerat iblis, lalu tidak taat dan jadi pemberontak2! melawan Allah dan binasa. Sembah Tuhan yang sama, dari zaman dahulu sembah Allah, kita akan berhasil lebih daripada cara2 modern tanpa kuasa doa dan Firmannya.

 

KESIMPULAN.

Kesalahan kita adalah selalu cari cara2 baru, tetapi cara Allah dari zaman purbakala tetap sama, sembah Dia yang tiada taranya, sembah dengan taat kepadaNya sehingga Dia hidup dalam kita.

Jangan cari yang lain, jangan bandingkan yang lain, jangan samakan dengan yang lain, tetapi cari Tuhan, sembah, puja, cintai habis2an, mengerti atau tidak, tertolong atau tidak, sebab orang yang mengerti Firman Tuhan dan penuh dengan pengurapan Roh Kudus akan yakin bahwa Allah tidak pernah salah dan Dia menguasai segala perkara yang terjadi pada kita, keluarga kita, Gereja kita dalam zaman modern ini; sembah Dia! Ingat yang penting dari dahulu Dia adalah Tuhan Allah yang maha kuasa, yang tiada taranya!

 

Nyanyian:

Yesus, Kau kusembah 2x.

Slama ku hidup ini, Kau kusembah.