YS223 – Yesaya 46:1-4. Allah Di Atas Segala Berhala.

YES 46:1. BEL DAN NEBO DIKALAHKAN.

1.a. Bel menundukkan diri, Nebo membungkuk.

Bel adalah dewa utama atau pelindung (dewa matahari) dan Babil dan Nebo (juga ada arti lain, yaitu puncak Nebo) adalah dewa (allah) yang dikatakan juru tulisnya Bel. (Dake’s Bible).

Orang Babil sangat menghargai dan menyembah pada allah2nya ini.

Kita harus mengerti baik2 apa artinya allah, berhala, dewa yang disembah. Baik dewa2 seperti ini maupun dewa2 atau berhala2 modern yaitu segala perkara di bawah langit atau gambar/ patungnya yang dikagumi, di-puja2, sampai ter-gila2 dan disembah lebih dari apapun yang lain, dinomer satukan. Biasanya juga ada korban (baik sajen2 atau korban biasa, tetapi diberikan dengan limpah, diobral untuk kekasih atau berhalanya ini dan ada suatu ikatan yang mengikatnya dengankuat dengan sadar dan dengan kehendaknya sendiri (definisi berhala:

  1. Barang atau lainnya,
  2. yang disembah
  3. dengan pengorbanan.
  4. Ada ikatan yang kuat).

Sebaliknya orang Kristen yang mengakui Tuhan Yesus Kristus sebagai Allahnya, seharusnya memperlakukan Allahnya lebih daripada berhala2 yang mati ini, buatan manusia sendiri. Seharusnya kita mencintai habis2an, ter-gila2, me-muji2 tanpa henti2nya,  terus menyembahnya, tidak lepas dari mulut kita (bukan hal2 dunia yang fana, yang terus di mulut kita), dan limpah dengan segala pengorbanan dalam ikatan yang sangat kuat dengan hati yang suci. Seharusnya semua orang beriman demikian, maka kita akan melihat hasil yang luar biasa! Jangan hanya menyembah dengan mulut tanpa hati seperti orang2 Israel yang mendua Mat 15:8. Orang lain biasanya tidak tahu, tetapi Tuhan tahu dengan tepat isi hati setiap umatNya dan Tuhan sendiri yang menilai, menyertai, memberkati dan mengolahnya yang tulus untuk meningkat makin tinggi dan makin mulia.

Jangan hanya beribadah secara tradisi (dari luar), tetapi betul2 “memberhalakan” Tuhan yang memang 100% Allah yang betul dan maha kuasa, tidak seperti berhala2 dunia yang mati, buatan manusia. Juga jangan menyembah setan2 yang bersembunyi di belakang berhala2 itu, dan iblis cstidak akan menang melawan Tuhan. Sembahlah Allah dengan segenap hati dan hidup kita. Maz 66:3, Wah 14:7; 19:10; 22:9. Orang yang sungguh2 menyembah Allah akan kelihatan dari hasilnya seperti Abraham, Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego, Daud, Petrus, Paulus dst. Memang masih ada aniaya dan pencobaan, tetapi semua itu diizinkan Tuhan untuk mengolah kita makin tinggi, makin seperti Kristus, supaya bisa jadi mulia seperti Dia. Lebih banyak pencobaan (kalau lulus!), akan lebih cepat dan lebih mulia kuasa Allah dinyatakan dan kita akan makin berubah seperti Dia.

Jangan mendua dengan dunia. Jangan memberhalakan apapun di dunia ini, baik uang, hoby, pekerjaan, anak, istri, suami, kedudukan, hedonisme, kepintaran dll. Ini semua perkara2 yang keji dan sangat melawan Allah!Orang yang menyembah berhala akan celaka turun temurun sampai 4 generasi. Kel 20:4-6, ini hukum Taurat II yang tetap berlaku sesudah digenapi oleh Tuhan Mat 5:17, sesudah disingkapkan selubungnya 2Kor 3:14.

Jangan mendua. Jangan minum anggur Tuhan dan anggur dunia atau iblis, jangan bersekutu dengan Tuhan dan dengan iblis, itu menimbulkan murka Allah untuk umatNya yang bodoh dan melawan Tuhan, hasilnya dahsyat melawan Allah 1Kor 10:18-22. Ini membawa celaka yang besar, apalagi umat Tuhan yang sudah mengerti.

Pakailah dunia ini seperti orang yang tidak memakai, apa pun dalam dunia ini 1Kor 7:31, maka Tuhan akan menyertai kita sehingga menjadi Immanuel seperti Kristus Mat 1:23.

Bel dan Nebo akan menundukkan diri, membungkuk dan berlutut di hadapan Allah yang maha besar (Pil 2:10). Tetapi ini  sangat di-puja2 dan ditinggikan dalam dunia, apalagi hasil tehnologi modern yang memang luar biasa, sangat mengagumkan semua orang. Itu baik, tetapi pakailah seperti orang yang tidak memakai. Bersyukur pada Tuhan untuk segala tehnologi modern yang bisa kita pakai untuk kemuliaan nama Tuhan, tetapi jangan disembah. Tetap percaya dan berharap pada Tuhan yang kita puja dan sembah se-lama2nya. Semua kemajuan yang luar biasa, itu diizinkan bahkan diberikan Tuhan justru untuk dipakai umat Tuhan untuk meningkat sampai puncak rencana Allah. Misalnya orang Kanani diberi banyak pengetahuan dan kemajuan sehingga Kanaan menjadi negara maju yang luar biasa dalam segala seginya dan itu semua terjadiuntuk diberikan pada umat Tuhan. Ul 6:10-12; 8:7-10. Kita ikut bersyukur untuk kemajuan2 yang ada tetapi jangan ikut dalam dosa2nya yaitu memberhalakan semua ini untuk perkara2 dosa. Itu semua sia2 dibandingkan dengan kuasa dan kemuliaan Tuhan!

 

1.b. Patung2nya ada di atas binatang dan di atas ternaknya; kereta2mu dimuati dengan berat, semuanya menjadi beban yang membuat binatang2 itu lelah.

Kemajuan yang hebat itu hanya jadi beban, justru semua itu (dipakai di luar Tuhan) menambah dosa dan kejahatan. Hanya umat Tuhan yang bisa memakainya dengan baik tanpa dosa dan kejahatan. Jadi kemajuan dunia ini jadi beban yang berat. Misalnya senjata2 atom menjadi beban dan ketakutan bagi seluruh dunia, jadi terbeban berat. Kemajuan tehnologi selain berfaedah juga menambah kejahatan2 lainnya yang juga makin canggih karena kemajuan dunia yang hebat ini.

Ingat tujuan kita bukan berhala2 tehnologi yang tinggi dan hidup yang luar biasa menurut manusia, tetapi hidup yang sangat mulia dalam tubuh kemuliaan Pil 3:21 dalam Surga yang mulia untuk kekal. Tehnologi yang paling tinggi, tidak bisa mengalahkan hal2 dasar dari tubuh kemuliaan dan Surga. Tubuh yang mulia tidak bisa sakit atau mati, bisa pindah dalam sekejab dll dan tidak tergantung dari dunia ini dst dst. Tidak ada tehnologi manusia yang bisa menyamainya. Kebodohan Allah itu melebihi segala kepintaran manusia. 1Kor 1:25.

 

YES 46:2. PENYEMBAH BERHALA MASUK DALAM TAWANAN.

 

Mereka membungkuk, mereka menundukkan diri ber-sama2, mereka tidak dapat melepaskan beban2 itu, tetapi mereka sendiri (jiwanya) sudah pergi tertawan.

Inilah hasil dari penyembahan berhala Bel dan Nebo dari negeri yang paling maju seperti Babil ini. Semua orang kagum, bahkan berhalanya ini juga dipakai dan disembah di mana2, karena mengharapkan bahwa mereka juga bisa menikmati hasil2 yang gilang gemilang itu. Tetapi semua akan terbungkuk dan menundukkan diri sebab semuanya masuk dalam tawanan dosa dan iblis. Tehnologi yang paling tinggipun diperbudak oleh dosa, tidak mungkin bisa lupa. Sebaliknya umat Tuhan merdeka dari tawanan dosa apa pun, bahkan bisa meningkat dalam kesucian yang makin tinggi seperti Kristus, dengan segala kuasa dan kemuliaanNya. Kita akan terus meningkat dalam rencana Tuhan dengan tehnologi ilahi yang heran. Kita bisa memakai fasilitas jasmani yang Tuhan berikan pada Kanaan tetapi kita tetap percaya dan bersandar pada Tuhan. Rencana Allah tidak akan gagal, Gereja akan disempurnakan tepat seperti rencana Allah dan kita akan pindah ke dalam kerajaan Allah yang mulia dan kekal. Bukan sebagai tawanan tetapi sebagai raja2 dan imam2 Allah yang maha besar Wah 1:6, ber-sama2 dengan Tuhan Yesus Kristus sebagai Raja segala raja dan Tuan segala tuan dan Imam besar kita. Wah 19:16.Rencana Allah sangat indah, gilang gemilang dan pasti akan jadi.

 

YES 46:3. ISI RUMAH YACOB DAN ISRAEL HARUS MEMPERHATIKAN.

 

3.a. Dengarkanlah Daku, o rumah Yacob dan semua sisa rumah Israel.

Seringkali Tuhan bicara dengan kata Yacob dan Israel. Yacob itu seorang yang gagal dan lari ke Haran sampai akhirnya pakat antara anak dan ibu (Yacob dan Ribkah) ini gagal dan batal, mereka terpecah dan terpisah sampai mati. Yacob dan Ribkah tidak pernah bisa bertemu lagi, tidak bisa menikmati hasil tipu daya dan siasatnya.

Yacob hanya bisa menangis dan merenungkan hasil pakat yang sia2 itu. Tetapi dari seorang penipu yang gagal, Tuhan mengangkatnya menjadi raja di hadapan Allah.Kej 32;28. Tentu ini bukannya tanpa pergumulan, juga banyak penderitaan dan air mata, Yacob harus membayar kesalahannya sehingga penipu ini ditipu gembong penipu 10 kali. Tetapi sebab ia bertobat dan terus rindu dan harap Tuhan, ia disucikan dan menjadi raja di hadapan Allah. Tuhan yang mengubah dari Yacob jadi Israel. Bahkan juga dari sisa2 orang Israel yang masih setia mencari Tuhan, Tuhan melakukan hal2 yang besar. (Mengapa sisa? Ada saatnya jumlahnya sungguh2 tinggal sedikit). Jangan jadi isi rumah Israel yang gugur dan tertawan dan binasa. Inilah orang2 yang tidak sungguh2 bertobat, yang mendua menyembah berhala2 dunia ini. Juga orang2 yang mulai dalam Roh dan berakhir dalam daging. Gal 3;3-4. Jangan jadi orang2 yang mula2 indah seperti Yudas, Gehazi, Saul dll, tetapi kemudian cari yang fana dan binasa, tidak termasuk sisa2 yang akan dibangun kembali oleh Tuhan dalam rencanaNya yang sempurna dan mulia.

 

3.b. Yang kubawa sejak lahir, yang Kuangkat dari rahim.

Dari permulaan Tuhan sudah bekerja, bahkan ketiga Pribadi Allah ber-sama2 mengerjakan keselamatan dan pengolahan umatNya. Kadang2 waktu permulaan baik, tetapi sesudah besar menjadi Yesyurun Ul 32:15. Permulaan yang baik itu perlu tetapi harus tetap setia sampai akhir (kalau permulaan sudah jelek, itu berbahaya, bisa celaka sama sekali, buang waktu dan kesempatan banyak, bahkan karena dosa2nya rencana Allah di dalamnya bisa habis sama sekali, sulit untuk bertobat kembali, dan seringkali kalau bertobat hanya seperti orang menerusi api 1Kor 3:15). Mulailah dengan baik tetapi teruskan dengan tekun sehingga setia sampai akhir.

 

YES 46:4. ALLAH SETIA DARI PERMULAAN SAMPAI KE AKHIR.

 

4.a. Dan sampai masa tuamu, Akulah Dia.

Kalau manusia ada yang tidak setia, Tuhan tidak pernah tidak setia 2Tim 2:13. Kalau Dia sudah memulai di dalam kita hal2 yang baik, keselamatan kekal, maka Dia akan meneruskan sampai ke akhir Pil 1:6. Allah tidak pernah bosan atau bekerja setengah jalan, pasti Ia setia sampai ke akhir. Sebab itu hasilnya hanya tergantung dari manusia, dari masing2 kita sendiri. Kalau kita setia dan mau taat, Tuhan sanggup menyelamatkan kita sampai ke akhir, siapapun kita, orang yang paling kecil, bodoh, lemah dll kekurangan, Dia sanggup menolong kita. Dia Allah yang maha kuasa. Sebab itu semua sisa Israel yang tetap mau setia, akan sampai pada puncak rencana Allah, Allah sanggup menolong orang yang mau. Tetapi orang yang tidak mau taat, tidak mau setia sungguh2, sekalipun Tuhan sendiri tidak bisa menolong Yudas, Elisapun tidak bisa menolong “tangan kanannya” si Gehazi atau Samuel menolong Saul, semua gagal. Tetapi kalau mau, sekalipun Yacob yang dihadang Esau, bisa tertolong dan masuk dalam rencana Allah yang besar. Juga Daud yang tidak berdaya, berhasil, sebab Tuhan sanggup menolong. Juga Naomi, dll yang lemah dan tidak berdaya. Tuhan tetap sama dan sanggup menolong dari permulaan sampai akhir; Aku tetap Dia yang dari permulaan tidak berubah!

 

4.b. Dan sampai putih rambutmu Aku akan mengangkat kamu.

Biasanya orang yang tua, kekuatan dan fungsinya berkurang apalagi kalau sakit2an dan pikun. Seringkali orang harus menerima keadaan, masa tua yang tidak berdaya. Tetapi ini hanya untuk segi jasmani. Memang di dalam hal2 jasmani, misalnya dikantor, perusahaan terpaksa orang harus pensiun. Tetapi kalau ia mau sungguh2 taat, sekalipun jasmani turun, rohani bisa terus naik, terus diperbarui dan makin indah 2Kor 3:16. Kalau dalamdunia, jasmani betul2 merosot banyak, tetapi kalau anak2 Allah rohaninya baik, jasmani bisa saja ditambahi oleh Tuhan seperti Musa Ul 34:7. Kalau Tuhan beserta, bisa saja Tuhan memberi kekuatan yang baru, yang cukup sampai nafas terakhir seperti Musa ini

Memelihara kesehatan jasmani pada usia tua perlu diperhatikan, tetapi tidak perlu ber-lebih2, seadanya saja, sebab tanpa Tuhan, semua tidak banyak berarti, tetapi dengan Tuhan semua bisa ditentukan Tuhan, tidak ada yang mustahil, seperti Musa, Daud dll. Jangan bingung soal jasmani. Kalau tidak ada isinya (rohani), usia tua bisa jadi, sia2, apalagi kalau daging meningkat, tua2 keladi, tambah tua tambah jadi dosanya. Kita harus jadi tua2 emas, tambah tua tambah tinggi emasnya (karatnya) atau tua2 dahlia, tambah tua tambah mulia seperti Paulus.

Jangan mengharapkan digendong secara pasif (TL) seperti orang cacat,tetapi seperti Musa, seperti Paulus. Jangan jasmani lemah lalu rohani juga jadi lemah sehingga perlu digendong oleh Tuhan, supaya selalu ditolong seperti orang cacat, salah! Sekalipun jasmani lemah, tetapi rohani makin kuat, makin mulia, makin meningkat dalam kesucian, makin limpah dengan hikmat, kuasa dan pengurapan Tuhan sehingga ber-buah2 makin lebat, bahkan makin banyak. Jangan salah mengartikan ayat ini. Elisa waktu sakit yang membawa matinya masih bernubuat dan melakukan tugasnya. 2Raj 13:14. Jangan tambah tua tambah loyo dalam kesucian atau pendirian, sehingga muncul ber-macam2 dosa dengan dalih sudah tua, itu salah! Tetapi tambah tua kita harus menjadi tambah perkasa di hadapan Tuhan. Putra manusia Yesus kurang beberapa menit akan mati, dalam sekarat penderitaanNya masih perkasa dalam menyelamatkan jiwa2 dan menyampaikan 7 khotbah pendekNya. Umur ada dalam tangan Tuhan, jangan kuatir, harap Tuhan, Dia sanggup menguatkan kita jasmani dan rohani. Tuhan membawa kita, mengangkat kita itu seperti anak rajawali dibawa induknya untuk sampai pada tujuannya Kel 19:4, bukan seperti orang cacat ditandu! (TL: menggendong). Jadi bukan sebagai orang cacat, tetapi sebagai putra2 Allah yang perkasa, kuat untuk menyelesaikan semua tugas kita sampai tuntas. 2Tim 4:6-8.

Biar kita siap menghadapi hari2 terakhir hidup kita, (kapan? Tidak tahu Amos 4:12) jangan hari2 yang terakhir loyo seperti orang cacat, tetapi pelihara posisi rohani yang terbaik, yang awal sampai yang terakhir! 1Taw 29:29, 2Taw 9:29, 2Taw 12:15; 16:11. dll.

 

4.c. Aku membuat dan Aku membawa.

Manusia sulit mengatur dan men-ngira2 masa tua yang penuh kelemahan secara jasmani tetapi Tuhan sanggup membuat semuanya, jasmani dan rohani makin indah sesuai rencanaNya.

Tuhan yang membuat segala perkara dalam hidup kita Zak 4:6, Gal 2;20 dan Tuhan juga yang akan membawa kita terus bersertaNya dalam jalan dan rencanaNya yang indah. Yang penting kita harus terus taat dipimpin Roh, supaya makin meningkat dan makin seperti Dia.

 

4.d. Bahkan Aku akan mengangkut dan akan menyerahkan engkau.

Tuhan sanggup memimpin kita terus besertanya seperti anak burung rajawali atas sayap induknya, Kel 19:4. Yang penting taat dipimpin Roh, jangan bantahan atau melawan Tuhan dan pemimpin2 Ibr 13:17. Kalau kita taat akan Firman Tuhan, pasti perjalanan masa tua atau bagian hidup yang terakhir akan meningkat indah sampai puncak2nya seperti Yacob, seperti Abraham seperti Paulus dll Kej 25:8; 49:33. Diserahkan pada siapa? Kepada tangan Bapa yang mulia, dibawa Allah besertanya dalam kerajaan Surga kekal 1Tes 4:14. Luar biasa! Tuhan beserta kita.

 

KESIMPULAN.

Jangan menyembah Allah dengan sia2, hanya dengan mulut tetapi hatinya mendua, bahkan lebih ter-gila2 akan uang, kemewahan dan kemuliaan dunia ini atau akan orang2 tertentu, tetapi sembah Allah dengan penuh percintaan dan pemujaan yang tertinggi. Tuhan sanggup menolong Yacob yang sungguh2 mau, yang dijadikan Israel dan memimpinnya dari permulaan sampai masa tua, sampai jadi begitu mulia dalam rencana Allah. Bukan tua2 cacat, tetapi rohaninya makin perkasa dan ber-buah2 makin lebat dan jasmani dicocokkan Tuhan sebagai fasilitas untuk membuat hidup ini makin indah dan mulia untuk kekal.

Nyanyian: Beracha no. 234

Sampai masa tuamu, Aku Yesus tetap Dia.