YS220 – Yesaya 45:18-20. Mencari Tuhan Dan Rahasianya.

YES 45:18. ALLAH TIDAK MENCIPTAKAN DENGAN SIA2.

18.a. Demikianlah Firman Tuhan yang menciptakan segala langit;

Tuhan menciptakan Surga bukan hanya langit, tetapi juga Surga dengan tiga tingkatnya (2Kor 12:2). Pada permulaan Allah membuat Surga Kej 1:1. Dia menciptakan malaikat, Kerub dll (sebelum menciptakan manusia) dan menempatkannya di Surga.

Bila? Kita tidak tahu, tetapi Allah itu kekal, tampaknya sudah terlalu lama. Satu kali Surga Bumi Lama dibakar habis 2Pet 3:10-13 dan kita menantikan Surga Bumi Baru; ini lebih indah dan rencana Allah akan genap. Ia akan mengisi Surga Bumi Baru, istimewa dengankita yang dicintai dan yang mau taat sampai akhir. Allah pasti berhasil dan menurut rencanaNya, Ia akanmenempatkan kita dalam Surga dan hidup yang indah, mulia. Tetapi itu semua tergantung dari manusia itu sendiri, apakah manusia mau percaya dan taat sampai ke akhir. Dari pihak Allah 100% beres, Ia sanggup menggenapkan rencanaNya di dalam manusia yang mau percaya dan taat sampai ke akhir.

 

18.b. Allah sendiri membentuk bumi dan membuatnya.

Surga Bumi yang mula2 itu diciptakan lama sebelum menciptakan manusia, dan pada waktu itulah terjadi kejatuhan malaikat sehingga timbul iblis dari Lucifer dan setan2 dari malaikat2 lainnya yang jatuh, sehingga bumi jadi rusak oleh perbuatan mereka. Kemudian dalam Kej 1:2 Allah menciptakannya kembali sehingga timbul Surga Bumi yang diperbarui, yang sekarang untuk tempat manusia dan ciptaan yang lain. 7 “hari” sesudah kejatuhan Hawa dan Adam, maka kita yang percaya dan setia sampai ke akhir, akan pindah ke Surga Bumi Baru yang lebih indah, lebih mulia untuk kekal.

 

18.c. Ia yang menetapkan, Ia tidak menciptakannya dengan sia2. Ia membentuknya untuk didiami. Akulah Tuhan dan tiada yang lain.

Tuhan tidak pernah ngawur atau berbuat sesuatu yang sia2, apalagi menciptakan manusia, menurut gambarNya sendiri. Sebab itu setiap perkara yang terjadi pada kita itu tidak kebetulan atau sia2, tetapi selalu ada maksud dan rencanaNya yang indah dari Allah di dalam kita. Semua rencana itu pasti genap asal kita tetap di dalam Dia dan taat. Sebab itu jangan bingung atau takut menjadi anak2 atau putra2 Allah, sebab tidak ada sedikitpun yang sia2, atau dibuatNya denganngawur dalam hidup kita, atau berlalu begitu saja. Allah kita maha pintar, maha kuasa, maha tahu, maha besar, sebab itusemua yang terjadi pada kita, bahkan hidup setiap hari itu ada maksud dan tujuan yang indah; tetapi seringkali manusia sendiri yang membuat hidup dan hari2nya menjadi sia2 sehingga tidak berarti. Pkh 1:14. Kalau kita hidup benar dan berkenan pada Tuhan, maka semua yang terjadi pada kita tidak ada yang kebetulan Mat 10:30, Yer 15:2,  tetapi di dalam semuanya ada maksud2 yang indah dari Allah, dan kita mau bekerjasama dan taat dipimpinNya, itu semua pasti akan terjadi. Setiap hari yang kita lalui, asal kita mau dipimpin Roh (lekat dengan Tuhan seperti kekasih dan taat pada pimpinan Roh  seperti robot sesuai dengan Firman Tuhan), maka setiap hari ada sesuatu yang indah dari Tuhan yangditambahkan dalam hidup kita. Ia selalu merancangkan yang indah2 dan kekal untuk setiap kita Yer 29:11.

 

Untuk didiami.

Allah sudah punya rencana, biasanya kita tidak tahu sebagian besar, tetapi belajarlah taatdengan iman 2Kor 5:7. Kalau kita tidak mau, terpaksa Tuhan memberikan kesempatan itu pada orang lain. Percayalah dan berjalanlah terus dengan syukur, sukacita, jangan kuatir, tetapi kenali kehendak Tuhan, dengar pimpinanNya dan taat terus.

Betapa senang hidup jadi putra2 Allah yang dipimpin Roh Kudus Rom 8:14.

Tuhan tidak pernah keliru, terlambat atau bertindak tanpa arti atau tanpa maksud, sia2. Untuk setiap waktu ada maksud tertentu seperti bagi Yusuf, Daniel, dll asal kita bisa bekerjasama dengan baik, dengan Tuhan. Jangan sampai kita keliru (Tuhan tidak pernah keliru), yaitu :

  1. Berdosa (semua jadi rusak Pkh 9:18).
  2. Mogok, malas, tidak mau pikul salib.
  3. Melakukan kehendak sendiri.

Sebab itu hiduplah selalu dipimpin Roh, dengan suatu hubungan yang suci dan manis seperti kekasih dan terus taat penuh seperti robot, maka dalam setiap saat, setiap hal, senang atau susah, selalu ada maksud yang indah ditambahkan dalam hidup kita.

Apa yang ditambahkan? Jangan harapkan berkat atau hal2 jasmani tetapi pengolahan yang membuat kita makin tumbuh dan meningkat dalam kemuliaan Allah Rom 8:17. Ini yang diutamakan Tuhan Mat 16:26 (tentu semua fasilitas yang dibutuhkan pasti juga dicukupi, Dia sanggup). Sebab itu rindukan dan taatlah terus hidup dipimpin Roh sebagai kekasih Tuhan dan robotNya. Pikirkanlah apa yang berkenan pada Tuhan, mentaati pemimpinNya dan jangan berdosa atau bereaksi dosa, terus hidup dalam tabiat yang baru, penyerahan, terus hidup seperti kekasih yang taat seperti robot. Jangan bingung atau kuatir tentang hal2 jasmaniyang fana, sebab Allah kita maha tahu dan maha kuasa, Ia sanggup menggenapkan rencanaNya dalam hidup kita dan melengkapi semua fasilitas yang diperlukan, asal kita mau percaya dan terus taat dipimpin Roh. Kalau Elia disuruh ke sungai Kerit, lalu bagaimana makan, tidur, kesehatannya dll? Jangan kuatir, kalau perlu dengan mujizat dan cara2 ilahi.

Orang dunia (apalagi pembesar2nya) tidak mau hidup sia2 setiap hari (kecuali cari waktu istirahat, supaya mereka tidak stress). Apalagi Tuhan, rencanaNya sangat indah, istimewa untuk pengolahan supaya makin cepat jadi seperti Kristus.

Tuhan Allah itu tertinggi, termulia, tidak ada yang lain seperti Dia. Jangan ragu2 atau kuatir, tetapi bersyukur dan bersukacitalah senantiasa Ef 5:20, Pil 4:4. Pasti hidup kita akan menang dalam pencobaan dan tumbuh dalam setiap pengolahan asal terus dipimpin Roh.

 

YES 45:19. TIADA RAHASIA BAGI BENIH YACOB.

 

19.a. Aku tidak bicara dengan rahasia,

Disini Tuhan bicara dengan terbuka, tetapi dalam bagian lain kata2 Tuhan itu rahasia dalam gelap Dan 2:22, juga dalam pasal ini Yes 45:3. Memang ada rahasia2 dan harta dari tempat2 gelap. Allah bagi manusia (dan bagi semua mahluk lain) itu terlalu tinggi sehingga tidak bisa dimengerti oleh akal manusia, suatu rahasia yang tidak terselidiki Yes 55:8-9. Sebab itu kalau tidak diberitahu oleh Allah (Mat 13:11) maka Allah itu penuh dengan rahasia yang tidak bisa dimengerti dan tidak bisa dicapai oleh manusia, apalagi orang berdosa!. Juga dalam Ay 20:26, Maz 18:11 dll. Memang bagi sebagian orang ada banyak rahasia dalam Allah dan FirmanNya. Tetapi bagi sebagian orang lain seperti disinibenih Yacob, rahasia itu dibuka dan diberikan Tuhan. Misalnya dalam Mat 13:11, Mrk 4:11 orang yang diluar (Halaman, ingat ibadah Halaman itu lain dari ibadah Ruangan Suci) tidak mendapat rahasia2 yang heran ini; tetapi mereka yang di dalam (Ruangan Suci) mendapatkannya! Luar biasa.

Orang yang mendapat rahasia Allah itu sangat untung, sebab kalau ia bisa mendapatkannya, ia juga akan mengalaminya 2Raj 2:10.

Kalau Allah berkata tidak ada rahasia bagi seseorang, itu untung besar! Sebab itu berarti ia diberi tahu rahasia Allah seperti seorang sahabatNya Yoh 15:5.

Kalau di dunia seringkali orang bicara tentang uang dan bagaimana bisa mendapatkan uang se-banyak2nya.Tetapi di dalam Tuhan, kunci sukses jasmani dan rohani adalah iman akan rahasia Firman Tuhan (carilah rahasia Firman Tuhan, se-banyak2nya pasti tidak rugi).

Kalau Tuhan memberi rahasia FirmanNya, itu berarti imannya akan muncul dan tumbuh dari pembukaan rahasia2 dari janji2 Firman Tuhan itu. (Iman datang dari Firman Tuhan Rom 10:17 dan oleh pekerjaan Roh Kudus 2Kor 3:6). Sebab itu kalau kita mendapat rahasia Firman Tuhan dari Tuhan. Maka kita beruntung sekali, jadi selamat, bahagia, mulia dari Tuhan, itu sangat menguntungkan.

Kalau dapat rahasia Firman Tuhan dari iblis seperti Hawa menerima rahasia2 dari ular, itu dusta, bukan kebenaran dari rahasia Allah Kej 3:4,5. Ini pembukaan, pengertian Firman Tuhan atau tafsiran yang salah (seperti hyper grace, injil kemakmuran, atau Yesus bukan Allah, atau Yesus only, dll), itu semua akan membuat celaka dan kematian seperti tafsiran yang diterima Hawa dari iblis!

Jangan tinggal di Halaman itu Kristen yang rugi, sudah kenal dan percaya Tuhan Yesus, tetapi tidak dapat apa2. Mat 7:21-23. Carilah perkara2 dari atas terus menerus Kol 3:1-3 (perkara2 dalam Ruangan Suci). Jangan beribadah dalam tingkat Halaman, tetapi dalam Ruangan Suci, limpah dengan 7 KPR. Limpah dengan perkara2 dari Atas, perkara2 kesucian dalam hidup dipimpin Roh (lekat seperti kekasih Tuhan dan taat seperti robotNya), maka kita akan mendapat ekstrarahasia2 Allah yang ditambahkan lagi, terus menerus, dengan kelimpahan. Siapa yang punya rahasia Allah dan dipegang baik2 (ditaati, dimiliki) maka ia mendapat lagi lebih banyak dari Tuhan Mat 13:12. Dapat rahasia Allah itu luar biasa untungnya untuk kekal.

 

19.b. Dalam tempat gelap dari bumi.

Ada banyak hal2 yang gelap di bumi yaitu hal2 yang tidak kita mengerti selama hidup di permukaan bumi ini, lebih2 yang merupakan pengolahan atau ujian, biasanya kita tidak tahu mengapa semua itu terjadi! Misalnya Ayub, Daud, Abraham, Daniel dan semua orang yang terus diolah, masih ada banyak rahasia2 bumi, Tuhan izinkan untuk pengolahan, supaya kita tetap setia dan taat, mengerti atau tidak, enak atau tidak, senang atau susah kalau kita taat, kita akan diolah makin indah di hadapan Tuhan sampai akhirnya menjadi seperti Dia sendiri, seperti Kristus. Setiap kali kita harus lulus (tetap setia, taat, meskipun tidak tahu) dan biasanya sesudah lulus, baru kita mengerti maksud pengolahan itu dan melihat hasilnya yang indah. Misalnya Yusuf sesudah lulus semua dan naik ke istana Firaun; atau, Daud yang mau dibunuh sampai 10 kali, sesudah lulus semua menjadi indah.

 

19.c. Aku tidak ber-kata2 kepada benih Yacob, carilah Aku dengan sia2.

 

Turunan Yacob, ini dari Abraham, yang seperti bintang di langit dan pasir di laut. Tuhan punya janji khusus bagi mereka. Inilah orang2 yang sudah lahir baru, jadi umat Tuhan, ada janji2 Abraham ke atasnya, janji memusakai Kanaan Surgawi yang kekal di dalam Kristus. Kalau kita punya ikatan janji atau keluarga dengan sultan, raja atau orang besar lainnya, rasanya sudah untung, apalagi punya janji dengan Tuhan yang maha besar dan maha kuasa! Pelihara hubungan baik dengan Tuhan Allah, pasti indah dan untung.

Kalau seorang mencari Tuhan pasti tidak sia2, pasti untung, pasti senang, pasti selamat, pasti bertemu Tuhan Mat 7:7, asal sungguh2 dengan segenap hati dengan bertobat meninggalkan semua dosa dan kejahatannya. Tuhan tidak akan menolak Yoh 6:37.

Orang berdosapun, kalau mau datang kepada Tuhan apa adanya, Tuhan terima, asal mau percaya dan sungguh2 bertobat, berubah dan meninggalkan semua dosa dan hidup lamanya.

Anak terhilang yang paling bejadpun diterima, juga penjahat yang memang betul2 patut dihukum mati di salibdengan dahsyat, iapun diterima Tuhan, langsung masuk Surga Luk 23:43.

Niniwe yang jahatnya seperti Sodom Gomora, diterima, diampuni Tuhan dan hukumannya dibatalkan!

Sebab itu jangan ragu2, jangan mau ditipu iblis, jangan mau bunuh diri seperti Yudas (karena ditekan dan ditipu iblis), tetapi datang pada Tuhan. Betapa baik dan murah Tuhan Allah kita bagi orang yang mau bertobat. Asal ada kemauan bertobat, Tuhan beri kekuatan untuk bisa hidup benar. Sebab itu semua orang beriman, carilah Tuhan sungguh2 dengan segenap hati dengan tulus dalam kesucian pasti hidup akan jadi indah Yak 4:7-8.

Apalagi kalau kita hidup benar dan berkenan pada Tuhan, ikut Tuhan dan mencari Tuhan, tidak akan pernah sia2. Amos 5:4,6.

Orang yang berkenan pada Tuhan dan terus mencari Tuhan, pasti tidak sia2, dan akan terus mendapat rahasia2 perjanjian Allah yang limpah dan heran, dan terus membawanya kepada rencana top Allah yaitu kesempurnaan yang sangat mulia untuk kekal.

 

19.d. Aku Tuhan mengatakan kebenaran, Aku menyatakan perkara2 yang benar.

Memang semua Firman Tuhan itu kebenaran Yoh 17:17. Betapa indah kalau punya kebenaran. Kalau orang bohong itu menyesatkan dan mengakibatkan celaka seperti rahasia2 iblis pada Hawa dan semua orang yang mempercayainya!

Tetapi kalau kita dapat berita yang benar itu menguntungkan, bisa selamat dan berhasil. Kalau mau berhasil dan untung besar, lekatlah dengan Tuhan terus dan peganglah Firman Tuhan baik2, maka Roh Kudus akan membawa kita kepada kebenaran Yoh 16:13. Hidup seperti ini pasti berhasil dan untung besar, sebab Firman Tuhan tidak pernah salah sampai kapanpun, asal kita mengerti baik2 (jangan salah mengerti, salah tafsir, salah pegang seperti orang yang jalan sendiri, lebih2 dalam dosa, ia dipimpin setan) pasti untung besar. Dalam ujian kita pegang Firman Tuhan, pasti lulus; dalam apa saja Firman Tuhan itu kebenaran, sekalipun kadang2 tidak cocok dengan akal atau pikiran manusiawi, yang betul adalah Firman Tuhan. Lihat saja hidup orang yang indah2 dan sukses seperti Abraham, Daud, Yusuf, Daniel dsb.

 

YES 45:20. MENDEKATLAH KEPADA TUHAN, JURU SELAMAT.

 

20.a. Berhimpunlah kamu dan datanglah, datanglah dekat ber-sama2.

Tuhan selalu memanggil orang untuk datang dan berhimpun kepadaNya, apalagi dalam bahaya, seperti induk ayam memanggil anak2nya berhimpun sebab Allah itu cinta pada manusia, apalagi umatNya Mat 23:37. Tetapi seringkali orang2 ini tidak mau datang.

Kalau datang pada algojo atau perampok itu celaka, tetapi kalau datang pada Tuhan yang penuh kemurahan dan cinta itu selamat dan untung!

Datanglah berhimpun. Bahkan datang apa adanya dengan kelemahan, kekeliruan, kegagalan, kejatuhan, asal mau bertobat dan taat, mau diperbaiki dan berubah, Tuhan sanggup menolong kita asal masih ada waktu(masih belum mati) danmau berubah tidak keras hati dan semaunya sendiri (menuruti kehendaknya sendiri). Tentu paling baik, jangan sampai jatuh. Sudah kenal Tuhan, sudah mengerti, sudah tahu rahasia Tuhan, masih hidup dalam dosa, itu berarti sengaja melawan Tuhan, itu jahat dan Tuhan tidak berkenan kecuali bertobat (sekalipun bertobat, masih ada kerugian karena dosa2nya itu dan segalaakibatnya. Maz 99:8. Paling baik tinggal dalam kesucian! Pkh 9:18).

Datang kepada Tuhan, apalagi ber-sama2, sehati mencari Tuhan, sehati mau taat akan Tuhan itu hasilnya lebih besar daripada sendirian, seperti Niniwe. Tuhan ingin kita ber-sama2, sebab yang datang dan cinta Tuhan juga harus cinta pada saudara2nya, orang2 sekitarnya Yoh 4:20, Luk 10:27. Ini kerinduan Tuhan. Tuhan ingin kita ber-sama2 dengan Dia, itu yang sangat indah.

Dalam Wasiat Baru namanya tubuh Kristus, ber-sama2 dan Tuhan jadi Kepalanya, itu jadi luar biasa, bahkan dua orang saja, asal dengan Kristus sudah jadi luar biasa. Mat 18:19-20. Sebab itu kalau berhimpun, baik 2 orang atau lebih, selalu berhimpunlah di dalam Kristus, artinya sesuai dengan Firman Tuhan, dalam pimpinan Roh,maka akan ada jaminan dan perlindungan yang besar, serta hasil yang besar dan indah2, sebabTuhan di tengah2 kita itu luar biasa! Sebaliknya kalau ber-sama2 dalam dosa itu makin celaka, sebab saling menguatkan untuk makin berani berdosa seperti Korah cs dengan orang2 Israel. Jangan bersekutu dalam dosa, apalagi melawan Tuhan dan hamba2nya, bisa makin berani berdosa, makin cepat tumbuh dalam dosa dan makin cepat celakanya.

Kalau kita hidup benar, terus taat kepadaNya, tidak perlu lagi datang kepada Tuhan tetapi terus tinggal berjalan dengan Tuhan seperti Nuh Kej 6:9 (terakhir Nuh jalan sendiri sampai mabuk, itu bodoh dan celaka).

 

20.b. Kamu yang sudah luput dari antara bangsa2.

Seluruh bangsa di luar Tuhan itu arahnya pada daging Yoh 3:19 sebab itu akhirnya melawan Allah Maz 2:1-3. Sebab itu jangan ber-sama2 dengan segala orang, dengan bangsa2 tanpa Tuhan, itu akan melawan Tuhan dan makin cepat binasa. Kalau Tuhan tidak diusahakan masuk diantaranya, maka iblis yang selalu standby akan masuk. Jangan ikut arus orang banyak dalam jalan lebar Kel 23:2, berhimpunlah pada Tuhan dan usahakan setiap kali untukdekat bahkan lekat dengan Tuhan, maka itu tempat yang paling aman dan paling baik (jangan lupa dekat Tuhan atau jalan dengan Tuhan, jalan dalam Roh itu berarti bersekutu dalam kesucian seperti kekasih dan taat seperti robot dalam segala perkara tetap taat.

 

20.c. Mereka itu tidak berpengetahuan, yang mendirikan kayu patung2 ukiran dan berdoa Ini orang2 bodoh (tidak berpengetahuan). Seringkali secara duniawi mereka adalah orang pintar, tetapi dalam hal rohani atau dunia roh mereka sangat bodoh, diperbudak dan disesatkan oleh iblis. Orang2 pintar, besar, terhormat, tetapi didekte oleh dukun2, ditipu dan disesatkan. Iblis itu penuh dengan dusta dan tipu daya Yoh 8:44, hanya Firman Tuhan itu kebenaran.

Kalau kita mengerti kebenaran, maka kita tidak akan tertipu oleh segala tipu daya iblis 2Kor 2:11. Kalau mengerti kebenaran dari Allah, jalan kita akan betul dan sampai dalam keselamatan, kemuliaan dan kesukaan abadi.

Tetapi orang yang tidak mengerti kebenaran akan jadi penyembah berhala baik occultisme (patung2 ukiran) atau berhala2 modern, mammon, hedonisme, kepinteran,kemuliaan dunia dan segala kebesaran yang fana, yang hanyalah umpan dari iblis untuk digiring masuk nerakanya.

 

20.d. kepada allah yang tidak bisa menyelamatkan.

Semua perkara itu tidak bisa menyelamatkan, hanyalah Tuhan itulah Juru selamat manusia. Maz 3:9. Kita harus membedakan berhala dan usaha2 yang normal dari manusia. Misalnya makan minum atau menurut nasehat dokter yang ilmiah, itu masihbaik, tetapi tidak dicampur occultisme dan tidak memberhalakan uang atau obat. Bedakan baik2. Hal2 yang netral (obat, makanan) dll itu terbatas, tetapi Tuhan tidak terbatas. Jangan memberhalakan segala perkara2 yang fana.Kita tetap wajib cari nafkah untuk makan minum 2Tes 3:10, tetapi tetap menyembah Allah dan tidak mau berdosa, sebab Allah di atas semuanya. Orang yang memberhalakan mammon dll, maka ia akan meninggalkan Tuhan karena mammon, berani berdosa dan menghalalkan segala cara dll, sebab ini jadi berhalanya. Tetapi orang yang percaya pada Tuhan bekerja dengan wajar, tetapi tidak mau berdosa atau meninggalkan Tuhan, sebab Tuhan itu Allahnya, sumber hidup dan keselamatannya.

 

KESIMPULAN.

Ayat 18. Allah menguasai semuanya, jangan kuatir atau takut, asal tinggal dalam Tuhan, kita aman, terpelihara, selamat dan bahagia di dalam Tuhan, terus taat dipimpin Roh. Tuhan punya rencana yang indah bagi kita, tinggal dalam Surga di dunia dan Surga yang kekal.

Ayat 19. Bagi orang2 yang hidup dan beribadah di dalam pimpinan Roh (dalam Ruangan Suci) maka kita akan mendapat banyak rahasia2Nya yang memimpin kita masuk dan mengalami rencana2 Allah yang besar dan mulia untuk kekal.

Ayat 20. Berhimpun dan bersekutu ber-sama2 di dalam Tuhan, Dia Tuhan dan Kepala kita semua, maka kita akan mengalami penyertaan dan pimpinan Tuhan yang ajaib dan mulia dan hasil yang besar2 dan indah. Jangan bersekutu dalam dosa, sekalipun diantara orang Kristen atau di Gereja. Jangan menyembah berhala!

Nyanyian:

Kalau Tuhan besertaku,

aku rasa tak takut.