YS218 – Yesaya 45:14-17. Menang Bersama-Sama Allah Yang Bersembunyi.

YES 45:14. MESIR KUSY SHEBA SUJUD KEPADAMU.

DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN, BAHWA PEKERJAAN ORANG MESIR DAN DAGANGAN ORANG KUSY (ETIOPIA) DAN ORANG SYEBA, ORANG2 YANG PERAWAKANNYA BESAR, AKAN DATANG LEWAT KEPADAMU.

Tiga bangsa ini biasanya adalah musuh Israel. Selain sebagai musuh disini ditekankan pekerjaan Mesir dan dagangan orang Kusy dan Syeba dan mereka orang2 yang gagah (perawakannya besar). Orang2 seperti ini datang pada orang Israel. (come over – 5674 abar – datang lewat kepada Israel seperti dalam Kel 12:23; 15:16; 33:22. Berbeda dengan pass over = paskah, tetapi ada persamaannya).

Orang2 ini datang sebagai musuh dan berperang atau dengan pekerjaan dan dagangannya. Begitu banyak musuh, pencobaan, celaka yang datang pada umat Tuhan dengan dahsyat. Tetapi kalau Tuhan beserta, kita tidak perlu takut. Tuhan berkuasa untuk menolong dan memimpin kita sampai menang penuh.

Musuh umat Tuhan selalu banyak, apalagi pada akhir zaman makin limpah, lebih2 waktu iblis diusir keluar dari Surga Wah 12:12, kemarahannya yang besar ditujukan pada Gereja Tuhan, tetapi Tuhan tetap jauh lebih besar dari iblis yangmabuk, Gereja tetap menang, asal tetap seperti carang dalam pokok Yoh 15:5 (bersekutu dengan Tuhan seperti kekasih dan taat seperti robot Gal 2:20) maka umat Tuhan akan mengalami kemenangan2 yang besar 1Yoh 4:4, baik dalam pekerjaan dan perdagangan (untuk nafkah, untuk fasilitas itu fana, tetapi perlu) tetap menang dalam segala hal, sebab Tuhan menguasai seluruh dunia dan Dia Allah di atas se-gala2nya. Mat 28:18.

 

DAN MEREKA AKAN MENJADI MILIKMU.

Heran, musuh akan menjadi milik umat Tuhan. Apa artinya ? Orang yang diselamatkan, ditebus oleh darah Yesus itu menjadi milik Allah 1Kor 6:19-20. Karena itu juga menjadi milik kita, sama2 jadi anggota tubuh Kristus dan orang2 yang kita menangkan bagi Tuhan itu menjadi mahkota kita dari Tuhan 1Tes 2:19. Tuhan sangat mengharapkan semua manusia selamat 2Pet 3:9. Siapa saja diharap mau percaya sehingga selamat Yoh 3:16. Kita sebagai umat Tuhan mendapat kepercayaan, dapat bagian untuk memenangkan jiwa ini, bukan malaikat atau Kerub dll, sebab itu jangan sia2kan kesempatan ini. Kalau seorang diberi kesempatan menjadi mentri dari Presiden, itu suatu kehormatan dan ia akan berusaha habis2an untuk memakai kesempatan ini baik2 dengan bekerja se-baik2nya. Untuk jadi mentri Presiden, hanya beberapa orang mendapat kesempatan itu. Tetapi Tuhan yang adil dan cinta itu memberi kesempatan pada semua orang yang mau percaya. Terimalah kesempatan yang mulia itu 2Kor 5:20. Semua kita yang percaya diminta jadi duta atau penghubung untuk keselamatan dari semua orang di sekitar kita (dalam istilah lain jadi terang, garam dunia, jadi saksi,berkat dll). Biar semua orang boleh jadi milik Tuhan dan milik kita karena Tuhan, sebab mereka diselamatkan dalam Kristus.

 

MEREKA AKAN DATANG DI BELAKANGMU DENGAN DIRANTAI. MEREKA AKAN DATANG LEWAT DAN SUJUD KEPADAMU.

Musuh yang mau membunuh dan menawan Israel (sehingga dibawa pergi dengan dirantai), sekarang sebaliknya mereka yang dikalahkan dan dirantai di belakangnya. Ini pekerjaan Allah yang heran. Juga dalam zaman kita sekarang. Allah bekerja dengan pekerjaan kasih, yaitu menyelamatkan orang2 yang melawan dan jahat. Sebagian dari mereka mau percaya, lalu taat, tunduk pada kita untuk diajari perkara2 yang kekal dari Tuhan. Bukan mengikat mereka untuk kepentingan kita tetapi untuk keselamatan mereka sendiri di dalam Tuhan yang mengasihi dan mengangkat mereka juga jadi anak2 Allah seperti kita ini. Kita tidak mencari keuntungan dari mereka, tetapi kita mendapat keuntungan danpahala dari Tuhan, dan mahkota yang kekal.

 

MEREKA AKAN DATANG LEWAT DAN SUJUD KEPADAMU, MEREKA AKAN MOHON KEPADAMU, KATANYA, SESUNGGUHNYA ALLAH ADA DI DALAMMU DAN TIDAK ADA YANG SAMA, TIDAK ADA ALLAH LAIN.

Luar biasa. Orang yang memusuhi kita akan melihat dan mengalami Allah yang hidup di dalam kita dan tidak ada Allah seperti ini, tidak ada yang lain. Nebukadnezar mengakui di hadapan Daniel dan Sadrakh, Mesakh, Abednego Dan 3:28-29; 4:34,37; 6:26-28 dll. Kadang2 meskipun sudah sering melihat kuasa dan kemuliaan yang besar, orang2 tetap keras hati dalam dosa (hati2 jangan main2 dengan dosa itu lebih dahsyat dari Ebola, lekas di buang), mereka jadi terbiasa sehingga merendahkan bahkan menghina kuasa Allah yang besar. Misalnya:

  1. Israel waktu keluar dari Mesir, di padang gurun mendapat pemeliharaan Allah yang tidak habis2nya. Bahkan masih dipayungi dengan tiang awan, tiang api, masih makan dari manna ber-tahun2 (sampai 40 tahun) toh tetapberani melawan Tuhan dan Musa hambaNya. Pernah diberkati, pernah dihukum dengan dahsyat dll, masih berani melawan Allah, dahsyat.
  2. Juga orang2 Israel yang dilayani Tuhan Yesus dengan heran, tidak pernah ada seperti Putra manusia Yesus, tetapi masih berani menyalibkan dan membunuh Putra manusia Yesus.
  3. Yudas orang dalam, orang dekat dan rasul yang melihat dengan mata kepala sendiri segala kemuliaan Allah, mendengar Firman Tuhan, dll, masih bisa melawan dan menjual Putra manusia Yesus sampai mati. Heran! Manusia itu begitu jahat dan tidak tahu berterimakasih. Jangan sampai kita sudah mengalami sendiri, makan sendiri dari berkat dan mujizat Tuhan, tetapi berani melawan Allah dengan jahat, akhirnya akan celaka! Jangan seperti ini. Ini orang2 yang seperti Lucifer sudah hidup di Surga (sesudah diuji, tidak ada lagi yang bisa berdosa) akan dibuang dalam neraka dan Tasik api kekal.

Ingat2 dan beritakan segala kebaikan Tuhan yang sudah kita terima, ingat, catat, beritakan Maz 40:6; 105:2. Ceritakan terus! Supaya jangan seperti orang2 Israel yang tidak tahu berterima kasih, buta dan jahat ini.

 

YES 45:15. MENGAPA ALLAH MENYEMBUNYIKAN DIRINYA.

 

SESUNGGUHNYA ENGKAU ADALAH ALLAH YANG MENYEMBUNYIKAN DIRIMU SENDIRI, O ALLAH ORANG ISRAEL, JURU SELAMAT.

Mengapa Allah menyembunyikan diriNya. Mengapa Allah tidak terang2an menyatakan kuasa, kemuliaanNya pada manusia supaya manusia jangan kurang ajar kepadanya. Apalagi sampai keterlaluan? Apakah ada sesuatu yang salah, atau jelek atau cacat dari Allah? Tidak! Allah itu sempurna dan benar, maha suci. Lalu mengapa sembunyi? Sebab Allah cinta pada manusia, hendak mengolahnya menjadi seperti diriNya sendiri. Kalau Allah tampak dalam kebesaran dan kuasaNya, tidak ada orang berani melawanNya dan semua hidup dengan patut. Perampok di muka polisi itu bersikap sangat terhormat dan baik perbuatannya. Tetapi kalau tidak ada polisi, apalagi ada kesempatan, maka disitu ketahuan siapa dia sebenarnya. Ini adalah cara Tuhan mengolah kita supaya:

  1. Percaya meskipun tidak melihat Allah dan pahalanya. Orang yang sungguh2 percaya, akan hidup benar. Kita hidup dengan iman 2Kor 5:7.
  2. Sekalipun tidak diancam hukuman atau dijanjikan pahala besar, orang yang lahir baru, mau tetap setia akan bisa hidup suci, benar meskipun tidak nampak Allah yang maha besar dan pemberi pahala. Meskipun tidak tampak Allah tetap suci MAK (di mana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja) juga sampai dalam pikiran DSS (dalam pikiran yang dahulu, sekarang dan sampai selama-lamanya, tetap suci. Sekalipun hanya dalam angan2, kalau ada salah, tetapi disucikan; inilah orang2 yang bisa diolah untuk tumbuh terus menjadi seperti Kristus.

Sebab itulah Tuhan menyembunyikan diriNya, tetapi Ia ada, lebih2 bagi orang yang percaya dan mau hidup suci dan diolah. Kalau kita lekat dengan Dia, dipimpin Roh, maka Tuhan akan nyata dalam diri kita sehingga orang lain bisa melihat bahwa Tuhan Allah yang hidup ada dalam orang2 yang sungguh2 memperkenankan Tuhan bahkan tidak ada Allah yang lain, yang menyelamatkan seperti Tuhan Yesus Kristus, juru selamat dunia.

 

YES 45:16. MUSUH ALLAH AKAN MALU DAN CELAKA.

 

MEREKA AKAN MALU DAN JUGA AIB, MEREKA SEMUANYA.

Orang2 yang melawan Allah dan Israel, sekalipun kuat (perawakannya besar2, cocok untuk perang) satu kali akan dipermalukan jadi aib dan tidak bisa melawan lagi. Jangan kecil hati atau putus asa melihat musuh2 umat Tuhan itu se-olah2 kuat, jaya dan umat Tuhan se-olah2 tidak berdaya dan dikalahkan. Orang2 ini dibiarkan Tuhan untuk mengolah umatNya, baik dalam Wasiat Lama, juga dalam Wasiat Baru. Dalam hidup, pelayanan dan di mana2 saja selalu ada orang2 yang menjahati umat Tuhan dan hamba2Nya (selalu ada iblis dan ia menemukan orang2 untuk menggoda dan ingat:

  1. Jangan bereaksi (terpancing) untuk berdosa. Jangan benci, dendam, membalas tetapi ampuni musuh dan serahkan padaNya (hidup seperti kekasih Tuhan).
  2. Hadapi, tangani sesuai dengan pimpinan Roh dalam kesucian (taat seperti robotNya Allah, maka kita tidak sampai jatuh dan bisa tahan dalam ujian dan pengolahan yang lama (seperti Yusuf, Daud dll) itu untuk terus tumbuh makin seperti Kristus. Musuh2 yang bertobat, yang berbalik ikut kita (seperti dalam ayat 14) akan selamat, tetapi yang tetap melawan dengan jahat akan menjadi malu dan celaka dengan dahsyat sebab memusuhi Allah. Jangan membalas Rom 12:19 (tetapi cerdik, dipimpin Roh Mat 10:16) ini pengolahan bagi kita untuk tumbuh oleh Allah yang sembunyi, supaya akhirnyamenjadi indah seperti Kristus.

 

Akan pergi dengan aib ber-sama2 pembuat berhala2.

Kalau tidak bertobat, mereka yang berpegang pada berhala2 akan dipermalukan, kacau dan celaka. Apa hubungannya dengan berhala? Penyembahan berhala = Dosa tingkat tinggi! Ini orang2 yang menyembah berhala yaitu cinta uang, ingin jadi besar, penuh puji dan hormat, benci atau dendam dan macam2 dosa yang jadi berhalanya dan kekejian yang besar dan dengan itu melawan umat Tuhan dan pekerjaanNya. Seringkali karena uang, karena benci, karena iri dan sombong, karena golongan dll ada banyak orang yang menjadi musuh dan menyebabkan banyak fitnah, kerugian, sabotase dll dalam pekerjaan Tuhan. Mereka yang tidak bertobat akan celaka, kasihan! Jangan terpancing untuk membalas / berdosa.Ada Hakim yang besar dan adil untuk orang yang tidak bertobat, itu bukan bagian kita,justru kita diolah di dalam segala kejahatan dan kekacauan ini. Memang Allah sembunyi supaya kita tumbuh dengan murni dan tulus. Kita tidak diolah karena ada hadiah atau dilihat, tetapi diolah dalam iman, meskipun belum melihat apa2.

Sekalipun direndahkan, dirugikan, difitnah dll, kita tetap berkenan pada Tuhan dengan segenap hati seperti seorang kekasih dan taat melakukan kehendak Tuhan seperti robot. Semua itu dicatat dan dilihat Tuhan dengan jelas sampai segala ketulusan dalam hati dan satu kali kelak akan ada penuaian yang kekal seperti Yusuf, Daud, Daniel, Petrus dst.

 

YES 45:17. TUHAN, JURU SELAMAT YANG MENYELAMATKAN SAMPAI SEMPURNA.

 

Tetapi Israel akan selamat di dalam Tuhan dengan keselamatan yang kekal.

Tuhan Yesus adalah Juru selamat yang sempurna dan Ia bisa menyelamatkan sampai ke akhir Pil 1:6 sampai semua diolah jadi sempurna. Ibr 12:2. Kalau kita terus mau dipimpin RohNya (seperti contoh Putra manusia Yesus di dunia Mat 4:1, Luk 4:1,18), maka kita akan tetap terpelihara dalam kesucian, tidak sampai jatuh dalam dosa dan bisa tumbuh dan menang atas setiap pencobaan dengan tepat. Roh Kudus bisa memimpin kita dengan  efisiensi yang sangat tinggi dan sangat cepat. Ini efisiensi ilahi, jauh melebihi efisiensi komputer atau tehnologi manusiawi yang manapun, sebab itu kita harus makin mahir dipimpin Roh seperti robot, bisa peka dan tepat mendengar suara Roh serta terus taat dengan kekuatan Roh sehingga bisa melakukan kehendak Tuhan dengan tingkat efisiensi ilahi.

Kalau zaman sekarang pakai mobil, mesin atau kereta zaman kuno, pasti rugi dan bangkrut. Ini baru dibandingkan dengan kemajuan tehnologi. Apalagi melawan iblis yang jenius, hebat dan penipu ulung, juga  waktu kita sangat terbatas (Henokh bisa sempurna dalam 300 tahun Kej 5:22-24. Sekarang umum hanya 75 tahun, 1/4 nya, kalau tidak memakai efisiensi ilahi, tidak akan bisa berpacu dengan pertumbuhan dosa yang sangat dahsyat! Wah 22:11. Belajar terus bersekutu dengan Tuhan (Yoh 15:5, Gal 2:20 terus tinggal di dalam Pokok) lekat seperti kekasih dan taat seperti robot, seperti Putra manusia Yesus, baru kita bisa tumbuh dengan efisiensi ilahi. Terus lekat dengan Tuhan 1Kor 6:17, supaya kita bisa tumbuh dalam jalan keselamatan ini sampai puncak2nya yaitu seperti Kristus, jangan sampai gugur atau merosotseperti Nuh, Simson, Salomo dll.

 

Engkau tidak akan dipermalukan atau diaibkan untuk selamanya.

Luar biasa, Allah dan FirmanNya adalah jaminan, asal kita terus tinggal suci dan berkenan kepada Tuhan yang terus sembunyi2 saja, tetapi tetap ada dan tidak berubah, maha kuasa! Terus dipimpin oleh Roh, kita tidak akan dipermalukan sebab kita hidupseperti carang dalam pokok (“kekasih” – “robot”). Kita pasti menang, sekalipun Tuhan sembunyi terus, sebab kuasaNya, perlindunganNya, janjiNya tidak tersembunyi, hanya tidak tampak, harus dinyatakan dengan iman dalam kebenaran dipimpin Roh. Bahkan orang yang lekat dan taat seperti kekasih-robot, ia tidak akan dipermalukan atau diaibkan sampai kekal, tetapi justru akan dipermuliakan sampai kekal dalam Surga Bumi Baru dan itu dimulai sekarang Yoh 4:14. Dia Juru Selamat yang menyelamatkan sampai sempurna dan mulia untuk kekal.

 

KESIMPULAN.

Ayat 14. Jangan takut musuh dalam segala segi hidup seperti musuh2 dan pekerjaan Mesir, perdagangan Kusy dan Syeba. Justru musuh lebih banyak, lebih dahsyat, lebih lama itu menjadi pengolahan dengan tingkat yang makin tinggi untuk mencapai tingkat2 kemuliaan yang makin tinggi seperti Kristus.

Ayat 15. Allah yang sembunyi, se-olah2 kita berperang sendiri, tanpa backing yang tampak, tetapi Ia juru selamat yang hidup, berkuasa dan sanggup mengolah kita sampai seperti Dia.

Ayat 16. Musuh yang bertobat akan selamat dan menjadi milik Allah, dan kemuliaan kita; Allah itu begitu unik dan maha kuasa, sekalipun tidak kelihatan. Tetapi musuh yang tidak bertobat perlu dikasihi dengan pimpinan Roh. Berhala (dosa tingkat tinggi,sebab sangat terikat dan digerakkan roh2 setan), juga tidak bisa menang, sebab Allah kita lebih besar dari semuanya. Mereka akan dipermalukan sampai kekal bukan dipermuliakan, apalagi oleh iblis, hanya memberi Neraka kekal.

Ayat 17. Orang yang setia pada Tuhan, seperti carang yang lekat pada pokok, yaitu orang beriman yang lekat seperti kekasih dan taat seperti robot Gal 2;20 akan dipermuliakan amat sangat untuk kekal, bukan dipermalukan.

Kita akan terus menang ber-sama2 Allah yang tersembunyi yaitu Tuhan Yesus Kristus.

 

Nyanyian:

Allah kuasa melakukan semua perkara.