YS217 – Yesaya 45:11-13. Allah Yang Maha Kuasa Dan Maha Tahu.

YES 45:11. ALLAH YANG MAHA TAHU.

DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN, SATU YANG SUCI DARI ISRAEL DAN PENCIPTANYA.

Allah kita, Allah Israel yang satu dan maha kuasa, maha suci yang menciptakan semuanya. Semua berasal dari Allah, yang menciptakan segala perkara. Dalam ayat2 yang lalu sudah dibahas, supaya jangan yang diciptakan ini berani melawan Sang Pencipta. Ini dimulai oleh iblis yang hendak melawan Allah dan hendak merebut kedudukanNya. Lebih banyak orang yang didapatnya (masuk Neraka), lalu dibentuk di Neraka menjadi sama seperti dia (di dunia tidak bisa, sebab iblis dibatasi oleh Allah 1Kor 10:10, tetapi di neraka mereka bebas mendorong, membentuk menjadi orang yang paling jahat sampai sama seperti iblis), lalu timbullah miliaran iblis2 untuk ber-sama2 memerangi Allah. Tetapi semua akan dimusnahkan Allah.

Jangan sampai tertipu, terperdaya, terjerat oleh tipu daya iblis dalam rencananya yang keji dan dahsyat melawan Allah. Hanya ada satu Allah yang maha kuasa dan Pencipta, yaitu Allah Israel di atas se-gala2nya. Tidak ada allah yang lain, semua adalah ciptaanNya. Ada yang mengangkat diri menjadi allah dan disembah sebagai allah oleh sebagian manusia, tetapi Allah ada di atas segala allah2 yang disembah manusia, dan semua akan dibinasakannya, yaitu semua yang melawan satu2nya Allah yang benar dan maha kuasa!

 

TANYAKANLAH PADAKU TENTANG PERKARA2 YANG AKAN DATANG.

Ini ajaibNya Allah kita yang maha tahu, Ia mempunyai rencana dan pasti rencanaNya akan jadi. Tetapi Allah bukan hanya punya rencana, Dia juga maha tahu, tahu apa yang akan terjadi dan bagaimana rencanaNya digenapi satu per satu dengan teliti. Ini luar biasa. Semua yang lain hanya bisa membuat rencana dan memperjuangkan supaya rencananya bisa jadi tetapi tidak tahu bagaimana dan apa jadinya segala rencana yang sudah dibuatnya. Tetapi Allah punya rencana, dan sanggup menggenapkannya dan tahu tepat apa yang akan terjadi sebab Ia maha tahu. Ini luar biasa, tidak ada yang bisa tahu yang akan datang seperti Allah, luar biasa.

Tetapi kita kelak akan jadi seperti Dia, sejenis. Allah akan membuat allah2 seperti Dia Yoh 10:35, yaitu yang mau taat penuh sampai mati seperti contoh Putra manusia Yesus. Fil 2:8. Sekarang kita belum tahu yang akan datang, kecuali Roh Kudus memberitahu pada kita. Tetapi kita juga boleh bertanya, sebab semua yang akan datang sudah ditulis dalam bukuNya. Sebab itu kita bisa tahu yang akan datang kalau:

  1. Kita di pihak Allah dalam kesucian melakukan kehendakNya.
  2. Kita mau bertanya padaNya untuk taat melakukan kehendak dan rencanaNya.
  3. Taat sampai mati.

Kalau kita mau seperti ini, Tuhan bisa dan mau memberitahu semua hal2 yang akan datang, istimewa yang kita perlukan. Memang Dia ingin kita tahu supaya kita bisa bersedia. Tuhan sudah mengatakan pada kita lebih dahulu dalam FirmanNya supaya kita bisa dipersiapkan, bersedia dan mendapat bagian yang terbaik, yaitu masuk dalam kesempurnaanNya, menjadi seperti Dia. Kis 1:16, Wah 1:1. Sebab itu tinggal tetap dengan setia di dalam Dia, seperti carang di dalam Pokok dan terus ber-tanya2 padaNya sambil terus taat kepadaNya, maka sedikit demi sedikit kita akan tahu dan mengalaminya. Sampai semuanya lengkap dan jadi seperti Dia. Memang itu rencana Allah bagi kita semua yang percaya dan mau taat kepadaNya. Jangan lepaskan kesempatan besar yang luar biasa ini.

 

TENTANG PUTRA2KU.

Semua orang yang percaya kepadaNya dijadikan anak2 Allah Yoh 1:12 dan kemudian menjadi putra2 Allah. Ini kehendak dan rencana Allah untuk melahirkan kita sekali lagi. Yoh 3:3,5.

Dan untuk pengolahan, itu semua sudah direncanakan bagi kita masing2 dengan teliti sampai sempurna. 1Kor 12:4-6. Kita harus mengerti bahwa Tuhan mempunyai rencana pribadi, dan rencana ber-sama2 Ef 2:10 sebagai suami-istri, keluarga (ada tanggungjawab khusus dan rencana khusus) Gereja lokal, Sinode, dan tubuh Kristus global. Kita juga harus tahu rencana Allah (dan nubuatan) tentang seluruh dunia istimewa di akhir zaman.

Bagaimana kita bisa tahu semuanya? Allah kita itu terlalu pintar dan Dia membuat semuanya jelas dan mudah dengan sederhana sekali, yaitu kalau kita sebagai putra2 Allah tahu apa artinya putra Allah yaitu orang yang dipimpin oleh Roh Allah Rom 8:14. Kalau kita hidup terus menerus dipimpin oleh Roh Allah, maka semua rencana Allah itu sudah termasuk dalam hidup kita, bahkan sampai rahasia akhir zaman, sekalipun kita belum tahu terlalu banyak (atau tahu semuanya) kita bisa menikmati rencanaNya yang mulia dan sempurna. Contoh kita adalah Putra manusia Yesus yang terus menerus dipimpin Roh Mat 4:1, Luk 4:1,18. Baik dalam ber-kata2 Yoh 8:26 dan berbuat Yoh 5:19, semua cocok dengan pimpinan Roh, maka hasilnya Ia bisa menyelesaikan rencana Allah untuk menebus manusia dengan efektif dan sempurna dalam 3,5 tahun, semua selesai dengan sempurna! Luar biasa! Kalau kita makin mahir dipimpin Roh, kita akan mengerti rencana Allah sekalipun mungkin hanya satu langkah demi satu langkah.

Yusuf tidak mengerti apa rencana Tuhan baginya, sekalipun ia mendapat mimpi tetapi tidak mengerti apa maksudnya mimpi itu. Tetapi sebab Yusuf berjalan dengan Tuhan, maka ia menjalani semua rencana Tuhan dengan sempurna.

Kalau kita hidup benar saja, tidak keluar dari jalan Tuhan, maka kita juga akan mengalami rencana Allah, sebab rencana Allah itu hanya terjadi kalau kita berjalan di jalan sempit, hidup benar. Roh Kudus selalu memimpin kita di jalan sempit dalam kesucian. Sebab itu kita harus selalu hidup benar di hadapanNya 2Tim 2:15. Lebih teliti lagi kalau kita mengerti kehendak Tuhan sehingga bisa lebih jelasmelakukan kehendakNya Ef 5:17. Lebih2 kalau kita mengerti rencana Allah, arti nubuat tentang yang akan datang untuk pribadi dan bersama, maka kita akan lebih mudah taat dan mengalaminya, misalnya Musa tahu rencana Allah untuk mengeluarkan Israel dari Mesir lalu masuk Kanaan, begitu jelas rencana Allah meskipun mustahil untuk akal, tetapi Musa percaya dan Musa bisa memimpin Israel dengan baik, apalagi ada tiang awan dan tiang api, sangat mudah. Tetapi karena dosa Israel, perjalanan itu tertunda 40 tahun, tetapi akhirnya tetap masuk Kanaan.

 

DAN TENTANG PEKERJAAN DARI TANGANKU.

Pekerjaan Tuhan jelas yaitu menangkan jiwa dan menumbuhkan, menggembalakan tetapi bagaimana caranya, langkah2nya, semua harus dicocokkan dengan kehendak Tuhan maka hasilnya akan gilang gemilang sesuai dengan rencana Allah.

Untuk semua pekerjaan Tuhan juga ada rencana yang heran dari Tuhan. Belajar mengenalinya, paling sedikit selalu dipimpin Roh dalam membuat setiap program atau rencana. Sebab itu jangan buat rencana menurut kehendak sendiri. Banyak berdoa minta hikmat dan pimpinanNya dan semua rencana dan kehendak Allah itu selalu dalam kesucian. Kalau rencana kita berdasar uang, atau popularitas apalagi berdasar niat dosa dan maksud2 tersembunyi, itu pasti bukan kehendak Allah, bahkan rencana iblis dan siasatnya bisa dimasukkan di dalamnya sampai akhirnya semua berantakan dan binasa! Jangan jalan sendiri, tetapi jalanlah dengan Allah.

 

KAMUKAH YANG MEMERINTAHKAN AKU?

Ini yang sering dilakukan umat Tuhan bahkan pemimpin2nya. Jangan mengerjakan pekerjaan Tuhan demi kepentingan uang, organisasi se-mata2 atau politik dll, lalu memerintahkan Tuhan untuk melaksanakannya, ini terbalik dan salah! Tetapi semua rencana dan apa saja yang akan kita kerjakan, harus dicocokkan dengan Firman Tuhan, dengan kehendak Tuhan, bukan menurut kehendak hati Mat 26:39,maka kita bisa masuk dalam rencana Tuhan yang heran dan mengalami hal2 yang indah, ajaib yang akan diteruskan sampai kekal. Juga Tuhan yang akan memback-up semuanya, sebab itu kehendakNya.

Dengan tidak sadar banyak orang memerintah Allah untuk melakukan dan menyukseskan kehendaknya. Kalau permintaan kita masih cukup baik, kadang2 Tuhan masih mau mengerjakannya. Tetapi Tuhan ingin mendidik kita untuk mencari kehendakNya 1Taw 16:11 dan taat melakukannya. Jangan dibalik, apalagi kalau sudah biasa begitu terus menerus. Belajar menunggu di kaki Tuhan dan terus mencari kehendak Tuhan seperti Daud, kita akan mengalami rencanaNya dan itu semua berarti “good successes” Yus 1:8, Maz 1:3, sebab Allah tahu lebih dahulu dan Ia akan menggenapkan rencanaNya yang terbaik bagi kita.

 

YES 45:12. TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI.

 

AKU MENCIPTAKAN BUMI DAN MENCIPTAKAN MANUSIA DI ATASNYA.

Kita sudah tahu tentang hal ini sebab diceritakan dalam Alkitab dan sudah terjadi dan kita adalah salah satu hasilnya. Jangan ragu2, Sang Pencipta bukan hanya bisa mencipta tetapi juga memperbaiki (kalau ada yang rusak, menyembuhkannya) juga mengubahnya, melengkapi, menyempurnakan dsb. Dia maha kuasa dan tidak berubah. Kalau Tuhan bisa membuat, pasti bisa juga mengganti onderdil yang perlu diganti, Dia juga bisa, jangan ragu2. Juga segala sesuatu yang kita perlukan jasmani dan rohani Dia sanggup menambahkan dengan limpah! Pil 4:19. Sebab itu jangan kuatir, percayalah akan kuasa dan kasihNya yang tidak berubah, maka segala keperluan jasmani rohani di muka bumi ini (selama hidup) akan dicukupi Tuhan, asalkan kita terus di dalam Dia. Luar biasa, hidup di atas planet ciptaanNya.

 

BAHKAN TANGANKU SUDAH MEMBENTANGKAN LANGIT,

Langit = bentangan di atas (ini tidak banyak artinya, dan di langit tidak ada penduduknya), bisa juga berarti Surga.

Tuhan menciptakan bumi untuk 70-80 tahun, lalu sesudah itu Surga untuk kekal (bahkan dilanjutkan dalam Surga Bumi Baru). Tuhan juga yang sudah membuat Surga, dan tangan Tuhan sanggup mengolah kita supaya kita bisa dipersiapkan untuk bisa selamat masuk Surga dalam tingkat yang se-tinggi2nya, bahkan sampai sempurna. Ini rencana Allah bagi semua putra2Nya. (Ingat Tuhan tidak membedakan orang Rom 2:4, semua umatNya direncanakan masuk Surga dan sempurna, asalkan mau diolah). Kalau orangtua mempersiapkan yang terindah untuk anak2 yang dicintainya, belum tentu semua berjalan mulus sesuai rencanaNya, bahkan ada yang terbalik sama sekali. Ada banyak gangguan, malapetaka, peristiwa, orang dll yang bisa menggagalkan. Tetapi Allah sanggup menggenapkan rencanaNya, hanya tergantung dari masing2 kita, mau sungguh2 taat dalam pengolahan, kalau mau taat, pasti jadi sebab tidak ada yang mustahil bagi Allah. Kita pasti bisa masuk Surga dalam tingkat yang tertinggi, bahkan sempurna. Semua pencobaan (dan gangguan apa saja) yang datang itu di dalam tangan Tuhan dan pasti tidak melebihi kekuatan kita, 1Kor 10:10, jangan kecil hati/ putus asa, pasti kita bisa lulus dengan “cumlaude” setiap kali asal taat dipimpin Roh dan kita akan menabung perkara2 mulia sampai sempurna untuk kekal. Nyanyikanlah terus dengan iman, “Surgalah rumahku yang amat kurindu” dst. Pasti dapat.

 

DAN AKU SUDAH MEMERINTAHKAN SEMUA PENDUDUKNYA.

Luar biasa, sangat indah, ini setiap kali sebab Allah itu maha kuasa, maha besar dan tidak berubah. Langit atau lebih tepatnya Surga itu sudah ada penduduknya, banyak! Baik malaikat2 Kerub dll, juga orang2 yang masuk Surga sejak dari Habil orang pertama yang masuk Surga. Kita kenal banyak orang2 kita yang juga sudah masuk Surga meskipun baru dalam rohnya tetapi itu sudah semuanya, sebab pribadi kita itulah roh kita. Juga di Surga ada pemerintahan, tidak kusut, iblis dan malaikat2 yang berdosa tidak boleh tetap tinggal di Surga, tetapi dilempar keluar ke bumi. Di Surga ada peraturan2 yang sempurna dan sedikitpun dosa tidak boleh ada di dalamnya, seperti nanti dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan, peraturannya juga keras dan sempurna seperti Surga, sebab itu kita juga akan mengalami Surga di dunia waktu itu. Sangat indah tetapi peraturan sangat keras, setiap dosa dihukumkan 2Kor 10:6. Sebab itu pada waktu itu juga iblis tidak lagi punya tempat di Surga dan diusir keluar Wah 12:12. Siaplah “masuk Surga di bumi” atau dilempar keluar dari dalamnya. Kis 5:13.

Orang yang bersedia itu terus hidup dalam tingkat Ruangan Suci dipimpin Roh dalam ibadah Ruangan Suci (jangan ibadah dalam Halaman yang lebih meriah untuk daging, tetapi waktu Minggu ke-70 Daniel tidak boleh masuk dan dalam zaman Antikris di-injak2 Wah 11:2). Sekarang harus siap, ini ber-kali2 sudah diberitahu oleh Tuhan, jangan membiasakan, mencocokkan perasaan hati kita dengan ibadah Halaman, tetapi perasaan hati dan pengertian kita harus dicocokkan dengan ibadah di Ruangan Suci, yaitu terus menerus hidup di atas Mezbah, di jalan sempit supaya bisa dipimpin Roh dalam kesucian.

 

YES 45:13. KRISTUS DAN ORANG2 SEPERTI KRISTUS MUNCUL.

 

AKU AKAN MEMBANGKITKAN DIA DALAM KEBENARAN.

Ayat ini secara jasmani sudah digenapkan oleh Koresy (Terj. Baru) yang sudah dibangkitkan Tuhan, sehingga tanggal penggenapan rohani Kristus sudah dibangkitkan Tuhan. Sehingga tinggal penggenapan rohani. Kristus sudah bangkit dan sudah selesai dengan sempurna, tetapi masih ada tubuh Kristus Ibr 2:8, pengantin perempuan yaitu Gereja Tuhan yang akan menggenapi ayat ini seperti Koresy (yang sudah menggenapkan secara jasmani) dan seperti Kristus (secara rohani). Ini berarti akan muncul 144.000 orang sempurna, ini menggenapi nubuatan iniWah 14:1.

Semua ini terjadi dalam kebenaran. Kalau ada dosa, cinta uang, zina, sombong, benci dll, akan dilempar keluar dari Surga di bumi, tidak bisa mengalaminya. Ini digenapkan dalam 3,5 tahun masa keemasan Gereja (seperti Kristus dalam 3,5 tahun pelayanan di bumi). Hidup harus selalu beres (baru bisa dipimpin Roh). Jangan ada permulaan dosa (biasanya dalam pikiran) supaya tetap terpelihara dalam kesucian!

 

DAN AKU AKAN MEMIMPIN SEMUA JALANNYA.

Seperti dikatakan dalam ayat 11, kita harus taat hidup dipimpin Roh, baru bisa dipimpin dalam semua jalanNya sesuai Firman Tuhan dan tumbuh terus dalam semua segi hidup.

 

IA AKAN MEMBANGUNKAN KOTAKU (YERUSALEM BARU).

Tujuannya adalah membangun Yerusalem baru sehingga selesai, lengkap terbias secara rohani Wah 21:2,10-11. Tujuan semuanya bukan jadi kaya, mewah, meriah seperti orang2 yang beribadah di Halaman tetapi jadi sempurna seperti Kristus, bisa menikmati Firman tuhan, doa, pelayanan, persekutuan dan ibadah dalam Roh Rom 12:11; 1:9; 7:6, Pil 3:3. Kita tidak membangun dan memperjuangkan Yerusalem yang fana tetapi yang rohani dan kekal, di atas landasan 12 Rasul Hujan akhir, pelayanan orang sempurna, Firman Tuhan dibuka penuh, hukum yang keras dst. Ini pasti akan digenapkan.

 

DAN IA AKAN MEMBIARKAN PERGI, TAWANANKU TANPA HARGA DAN TANPA PEMBERIAN, KATA TUHAN BALA TENTARA.

Orang yang mau, semua akan terlepas, tidak lagi ada yang tertawan, semua bebas dari dosa (tetapi ini sudah dimulai sekarang! Kalau tidak siap seperti ligabis, akan gugur dan tidak mengalami rencana Allah yang heran ini) sebab tumbuh baru efektif dalam kondisi sehat rohani, bebas dari dosa (yaitu dalam Ruangan Suci). Orang yang di Halaman,  tidak tumbuh, tetapi jatuh bangun dalam dosa seperti Kristen babi dan anjing (2Pet 2:22) yang makin lama makin rusak akhirnya terbuang. Tanpa harga, semua yang mau pasti bisa, baik miskin kaya, pintar bodoh, sebab ini tumbuh dan beribadah di dalam Roh Rom 12:11, Pil 3;3. Kalau ada harga, harus beri uang dll(TB: Suap) itu sebab tidak mencari perkara kekal tetapi perkara fana. Semua dilakukan dengan cara ilahi tidak perlu didukung dengan uang. (Jadi pemimpin, banyak dukungan atau anggota dll kalau dengan uang atau roti Yoh 6:21) itu bukan dari Allah, itu cara manusiawi. Ini yang dikehendaki Allah dan cara yang betul supaya tumbuh sampai menjadi seperti Kristus. Tumbuh dan beribadahlah dengan cara yang betul.

Nyanyian:

Ku tak dapat jalan sendiri,

Tuhan tolong padaku.

Biarlah Rohmu pimpin ku selalu.

S’bab ku tak dapat jalan sendiri.