YS214 – Yesaya 45:4-6. Tuhan Memanggil Koresy Yang Belum Kenal Tuhan.

YES 45:4. KARENA SEBAB JACOB HAMBAKU DAN ISRAEL PILIHANKU, AKU BAHKAN MEMANGGIL ENGKAU DENGAN NAMAMU, AKU MEMBERIMU GELAR, MESKIPUN ENGKAU TIDAK MENGENAL AKU.

 

KARENA SEBAB JACOB HAMBAKU DAN ISRAEL PILIHANKU.

Heran, Koresy belum mengenal Tuhan, tetapi Tuhan sudah memanggilnya dengan namanya yaitu Koresy, karena sebab Yacob dan Israel. Jadi demi kepentingan umat Tuhan.

Mengapa Tuhan berbuat demikian?

Sebab YACOB ITU HAMBA TUHAN. Hamba itu tugas utamanya adalah taat melakukan kehendak tuannya. Sebab Yacob sebagai hamba Tuhan mau melakukan kehendak Tuhan dengan sungguh2 dan betul, maka Tuhan melakukan hal ini yaitu memanggil Koresy menjadi faedah bagi Yacob. Kalau kita mentaati dan melakukan kehendak Tuhan dengan betul, maka Tuhan akan melakukan perkara2 besar bagi faedah kita.Siapa hamba yang tulus dan benar, Tuhan tahu dengan tepat. Sebab itu siapa hamba Tuhan yang betul dan yang salah, apalagi yang pura2, Tuhan tahu semua dengan tepat. Beberapa orang pura2 atau menyembunyikan salahnya. Di hadapan manusia ini besar artinya bahkan bisa terpilih jadi kepala,bisa “sukses” (manusiawi) sebab manusia bisa dikelabui, tetapi Allah itu tidak bisa, menipu Allah itu sia2.

Jadilah hamba Tuhan 1Kor 6:18-19 (full timer dan part timer) yang tulus dan benar, sesuai Firman Tuhan dan pimpinan Roh, bukan karena uang, sex, kepujian, popularitas dll, tetapi karena cinta Tuhan! Segala fasilitas yang perlu Tuhan sanggup melengkapinya, jangan tergoda bahkan menginginkan atau mengejar yang fana sehingga menjadi hamba Tuhan yang cacat karena hal2 yang fana itu.

 

ISRAEL PILIHANKU.

Ini luar biasa, yang terpilih Mat 20:6. Kalau dipilih manusia itu sudah hebat, tetapi dipilih Allah itu ada masa depan yang gilang gemilang, sebab Allah yang maha kuasa itu adil dan sanggup memberi upah dan pahala yang sesuai dengan ketaatan hamba2Nya ini, apalagi yang taat sampai mati Pil 2:8. (Dipanggil = Pintu Gerbang. Dipilih = Pintu Kemah, sempurna = Tirai).Ini sama seperti waktu Putra manusia dipilih Bapa Mat 12:18, Luk 23:35. Jadi kita harus menjadi hamba yang taat dan orang pilihan Allah. Mrk 13:20, Luk 18:7, Yoh 13:18, Rom 8:33, Kol 3:12, Tit 1:1, 1Pet 1:1.

Dari antara orang yang dipanggil, inilah orang2 pilihan, lebih2 yang setia sampai ke akhir.

 

Wah 17:14

Mereka ini akan berperang melawan Anak Domba itu, tetapi Anak Domba itu akan mengalahkan mereka, karena Dialah Tuhan atas segala tuan, dan Raja atas segala raja; dan demikian juga mereka yang beserta dengan Dia, yang dipanggil dan yang terpilih, dan yang setia. (KJI)

 

Tuhan juga akan menggenapkan rencanaNya dengan memakai orang2 pilihanNya sehingga sebagian jadi sempurna sesuai rencana Allah dan semua yang terpilih akan ikut dalam pengangkatan. Sebab itu jadilah hamba yang taat dengan pengertian dan kesungguhan untuk melakukan kehendak Bapa dan terus meningkat dalam hidup yang berkenan di hadapan Allah Bapa.

Tidak mudah hidup sebagai hamba Tuhan dan sebagai orang pilihan Allah dalam dunia yang makin jahat dan keji. Apalagi nanti dalam Minggu ke-70 Daniel, akan terjadi polarisasi, yang jahat makin jahat, yang suci makin suci. Wah 22:11. Pada waktu itu ukuran kejahatan dalam “pintu air waduk dunia” ini sudah diizinkan naik oleh Tuhan, sehingga orang2 jahat dibiarkan, makin banyak beredar dengan segala akibatnya, yaitu:

  1. Orang yang tidak termasuk hamba yang taat dan orang pilihan akan gugur, tidak punya pondasi Mat 7:24-28. Hanya orang2 pilihan yang bisa tahan.
  2. Orang jahat yang pegang tampuk pemerintah dunia (juga dalam sebagian Gereja yang tidak benar). Dalam waktu ini justru orang jahat yang menang kecuali orang itu dipimpin Roh.

 

Antikris yang sangat jahat dan keji menang dan menguasai seluruh dunia (bukan hanya satu negeri). Seringkali hal ini tidak bisa dimengerti, tetapi ini akan terjadi, maka bukan orang benar dan baik yang naik dan menjadi raja, tetapi justru orang jahat dan keji yaitu Antikris yang akan naik dan berkuasa.

Kalau tanda2 ini sudah terjadi di seluruh dunia itu berarti Minggu ke-70 Daniel sudah mulai. Sesudah ini makin banyak orang dunia ikut jadi jahat supaya bisa survive, mereka harus mencocokkan diri dengan sikon; termasuk juga orang beriman yang takut dan tidak dipimpin Roh, kalau tidak menyesuaikan diri (ikut dalam dosa dan kejahatannya), maka mereka akan dimusuhi dan celaka. Tetapi orang2 beriman yang demikian, pasti Tuhan tidak berkenan. Justru kita harus makin suci dalam dunia yang makin jahat seperti yang dinubuatkan Wah 22:11, maka Allah bisa bebas bekerja di dalam kita makin hari makin indah untuk menggenapkan rencana Allah sampai menjadi sempurna. Kita punya target, yaitu menjadi seperti Kristus, sempurna.

Kalau sekarang tidak bisa hidup suci dan hidup berkemenangan (bahkan menjadi lebih dari pemenang Rom 8:37, Maz 37:28) bagaimana bisa menang dalam Minggu ke-70 Daniel yang ber-lipat2kali ganda lebih dahsyat dan lebih jahat. Tetapi kalau sekarang sudah menang itu berarti sudah punya pendirian yang betul dan berjalan dengan Allah, maka dalam hari2 yang amat sulit itu kita juga bisa hidup berkemenangan dengan penyertaan Roh Kudus yang sama, sebab kuasa dan hikmatNya amat limpah.

Jadilah hamba2 yang taat dan tulus. Jangan beribadah sekarang dengan tujuan mencari hal2 yang sia2, menurut kehendak sendiri, tetapi berusaha makin memperkenankan Tuhan,belajar Firman Tuhan, hidup suci dipimpin Roh, lengkap dengan 7 KPR dalam Ruangan Suci, maka dalam hari2 yang sulit itu kita akan tetap menang dan lepas dari segala kejahatan dan bahaya, bahkan bisa makin meningkat, masuk dalam golongan Gereja yang mengalami zaman keemasan dan menjadi sempurna.

Kalau tidak murni, akan gugur dalam dosa atau mati  dalam bala2 (4 Meterai, 4 Sangkakala) yang akan makan korban begitu banyak dan dahsyat. Wai.

Ada orang2 yang digembalakan, diberi kebenaran Firman Tuhan dan dibimbing di jalan sempit, tidak mau, lari dan cari tempat2 yang penuh sensasi duniawi dan daging dengan sedikit Firman Tuhan dan hanya berdoa, tetapi tidak hidup suci dipimpin Roh, ikut pelayanan tetapi tidak memperkenankan Tuhan.Ada macam2 model yang salah yang tidak sesuai Firman Tuhan tetapi disukai orang banyak, “laku di pasaran”. Ibadah dan pelayanan yang cocok dengan selera dan kehendak sendiri seperti zaman Yerobeam dst. Pada saat2 polarisasi, orang2 seperti ini akan gugur atau mati dalam dosa. Tanpa Tuhan, tanpa tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan untuk menjadi hamba2 yang taat dan orang pilihan, semua akan binasa dalam zaman yang sangat jahat ini.

 

AKU BAHKAN MEMANGGIL ENGKAU DENGAN NAMAMU.

Tuhan sudah menyebut nama Koresy sebelum ia lahir sebab Tuhan tahu lebih dahulu apa yang akan datang, apa yang akan jadi. Ia tidak menentukan nasib seseorang, tetapi Tuhan tahu lebih dahulu apa yang akan terjadi bagi setiap orang.Kita tetap harus mengambil keputusan Luk 12:57 (sebab Allah menciptakan kita sebagai mahluk bebas, bukan mesin, sebab itu kita harus memilih sendiri kalau tidak, akan hanyut ikut arus yang salah dan tipu daya iblis Kel 23:2).Kita harus memilih untuk mau taat sungguh2 kepada Tuhan supaya bisa masuk dalam golongan hamba Tuhan yang taat dan umat pilihan Tuhan. Tuhan ingin semua orang selamat dan meningkat se-tinggi2nya sampai sempurna. Orang2 seperti ini (yang mau percaya, memilih Tuhan, mau menjadi hamba yang taat dan orang2 pilihan), akan dibantu dan ditolong Tuhan, dan pasti bisa sebab ada dukungan Tuhan yang maha kuasa, dan cinta, pasti dukunganNya itu lebih dari cukup. Tetapi mereka yang tidak mau percaya, atau tidak mengerti sehingga kena tipu daya iblis, orang2 ini akan  hidup menurut kehendaknya sendiri dalam jalan lebar (ini lebih mudah, tanpa penyangkalan diri dan ada kesukaan dosa yang sesaat saja, mereka tidak sadar), maka mereka akan mengalami kejatuhan dan kebinasaan yang dahsyat.

 

AKU MEMBERIMU GELAR, MESKIPUN ENGKAU TIDAK MENGENAL AKU.

Gelar (nama baru) apa, untuk apa? Biasanya nama baru itu diberikan kalau keadaannya berubah total dan tampaknya tidak bisa kembali. Misalnya Naomi (= manis) diganti jadi Mara (= pahit) Rut 1:20. Kalau Tuhan yang memberi nama baru tentu ada rencana yang baik, sebab Tuhan tidak pernah memberi yang jahat, Tuhan punya maksud baik bagi Koresy yang mau taat dalam pengurapan Roh Kudus, suatu maksud yang amat indah dan mulia. Misalnya Simon berubah jadi Petrus = sebuah batu gunung Mrk 3:16, Kis 10:5,32; 11:13, Tuhan beri nama sesuai dengan nasib yang akan datang.

(Bisa juga sebaliknya, seperti Yudas jadi Iskariot si pengkhianat. Luk 22:3). Disini tidak disebutkan nama atau gelar apa yangdiberikan bagi Koresy pasti itu suatu nama yang indah. Koresy adalah bayangan dari Kristus. Untuk Kristus yang akan menggenapkan rencana Allah, Ia mempunyai gelar sebagai mempelai Anak domba Allah dan Gereja sebagai mempelai perempuan dan itu menjadi penggenapan dari rencana Allah yang besar.

Di dalam rencana Allah ini Gereja akan disempurnakan dan termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan penyempurnaan rencana Allah ini yaitu akan ada tiga angka yang akan digenapkan yaitu:

  1. Jumlah orang mendengar Injil digenapkan, yaitu seluruh dunia Mat 24:14.
  2. Jumlah orang yang selamat juga akan digenapkan Rom 11:25 dan
  3. Jumlah orang yang tumbuh sampai menjadi sempurna juga akan genap yaitu 144.000 Wah 14:1. Kalau tiga angka ini genap maka selesailah rencana Allah dan Tuhan Yesus datang mengangkat GerejaNya, masuk dalam pesta kawin Anak domba Allah. Inilah gelar untuk Koresy secara rohani. Paling tidak dalam gelar yang belum kita ketahui itu ada penggenapan dari tiga angka ini, dan nama2 orang yang akan sempurna sudah diketahui Allah. Setiap kita yang mau bisa mengalami, sebab ini tidak ditentukan (tetapi diketahui Allah lebih dahulu). Ini tergantung dari kita yang mau percaya dan taat maka dengan Tuhan kita akan sanggup menggenapinya.

 

YES 45:5. TUHAN ITULAH ALLAH, TIDAK ADA YANG LAIN.

 

AKULAH TUHAN DAN TIADA YANG LAIN, TIDAK ADA ALLAH YANG LAIN SELAIN AKU, AKU MENGIKAT PINGGANGMU MESKIPUN ENGKAU TIDAK MENGENAL AKU.

 

AKULAH TUHAN DAN TIADA YANG LAIN.

Ada banyak tuan dan allah2 lainnya, tetapi yang seperti Tuhan Yesus Kristus tidak ada, yaitu:

  1. Allah di atas segala allah, Ul 10:17.
  2. Tuhan di atas segala tuan, Wah 19:16.
  3. Raja di atas segala raja.
  4. Allah itu cinta, 1Yoh 4:8.
  5. Allah yang maha suci, Yus 24:19, 1Sam 6:20.
  6. Pencipta atau sumber dari semuanya, Yoh 1:3.
  7. Kekal tidak berubah, Ibr 13:8.

 

Tidak ada Tuhan atau tuan yang lain, tetapi dalam kenyataannya manusia bahkan juga sebagian umat Tuhan punya tuan yang lain misalnya mammon Mat 6:24 atau yang lainnya. Ini yang lebih ditaati dari Tuhan. Tentu Tuhan tidak senang dan marah.

Mengapa? Apakah sebab iri? Tidak! Sebab cinta! Karena orang yang taat pada yang lain akan binasa, sebab taat pada tuan yang lain itu bertentangan dengan Tuhan Yesus dan menghasilkan banyak dosa dan kejahatan. Misalnya taat pada mammon itu akarnya segala jenis kejahatan 1Tim 6:9-10. Taat pada daging misalnya zina membuat orang2 jadi jahat, keji dan rusak seperti Salomo Ams 23:27. Begitu semua tuan2 yang lain adalah sumber dosa dan membuat orang melawan Allah dan binasa dalam neraka. Sebab itu Tuhan tidak mau ada tuhan atau tuanyang lain. Sebaliknya orang yang taat akan Tuhan akan hidup dalam kesucian dan akan terus meningkat dan akhirnya jadi mulia seperti Kristus. Begitu juga dengan ciri2 utama lain dari Tuhan Allah kita.

 

TIDAK ADA ALLAH YANG LAIN SELAIN AKU.

Juga kalau seorang menyembah Allah ia akan tumbuh makin suci seperti Allah, tetapi kalau orang menyembah yang lain yaitu iblis ia akan menjadi seperti iblis dan akhirnya akan dibinasakan dalam Tasik api kekal. Sembahlah Allah dan lawanlah iblis Mat 4:10, Yak 4:7,8.

Jangan ada yang lain yang disembah, digilai, dimuliakan, dicintai lebih daripada Allah.

 

AKU MENGIKAT PINGGANGMU MESKIPUN ENGKAU TIDAK MENGENAL AKU.

Mengikat pinggang itu berarti disiapkan, baik untuk pelayanan Luk 17:8 atau untuk berperang (lihat ayat 1).

Secara jasmani ini sudah digenapkan, Tuhan sudah mengikat pinggang Koresy dan ia berkemenangan di mana2 seperti yang tertulis dalam Ezr 1:1-2.

Secara rohani (terhadap Kristus dan tubuhNya) ini sudah digenapi setengahnya yaitu Kristus sebagai kepala sudah menang atas semua musuhnya dan setengahnya juga akan digenapkan yaitu tubuhNya juga akan mengalami kemenangan atas segala perkara (= menjadi sempurna) dan rencana Allah akan genap Ibr 2:8. Jangan kecil hati atau putus asa; sebab belum melihat hal ini digenapkan, karena orang yang mau tumbuh dengan sungguh2 akan menjadi sempurna, mengalami semua keindahan dari rencana Allah yang amat besar dalam hidup ini dan diteruskan dalam kerajaan Allah yang kekal dalam Surga Bumi Baru.

Kita tidak perlu kuatir atau ragu2 sekalipun kita melihat apa saja yang jahat, meng-halang2i dan melawan, bahkan sekalipun yang jahat menang terus (lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel) sebab rencana Allah pasti digenapkan,Gereja pasti akan disempurnakan. Jangan ragu2, tetap teguh di atas Firman Tuhan dan terus maju dalam jalan sempit sesuai dengan Firman Tuhan. Jangan seperti Lot tetapi seperti Abraham. Jangan seperti saudara2 Yusuf, tetapi seperti Yusuf. Kita sudah tahu akhir yang indah dan jalannya adalah jalan sempit, taatlah akan Firman Tuhan Maz 119:105 dalam pimpinan Roh Kudus Rom 8:14, maka pasti kita akan mengalami rencana Allah yang mulia untuk kekal. Kalau menurut kehendak sendiri atau jalan dunia dan hawa nafsunya, pasti akan berakhir kepahitan dan celaka dan akhirnyadalam kebinasaan di Tasik api kekal. Dua jalan ini sudah begitu jelas, baik jalannya baik akhirnya. Kalau kita percaya dan taat akan Firman Tuhan maka pasti rencana Allah akan genap di dalam kita, tinggal pilih, jangan bodoh dan ditipu iblis. Jangan buang kesempatan ini, percayalah akan Allah Mrk 11:22, sebab pasti Allah yang menang dan segala rencanaNya akan jadi, bukan iblis!

 

YES 45:6. DARI TERBIT MATAHARI SAMPAI MASUKNYA TIDAK ADA TUHAN YANG LAIN.

 

SUPAYA MEREKA TAHU, DARI TERBIT MATAHARI DAN DARI BARAT, TIADA YANG LAIN DI SAMPINGKU, AKULAH TUHAN DAN TIDAK ADA YANG LAIN

 

SUPAYA MEREKA TAHU.

Ini penting, tahu dan percaya, sebab banyak orang tidak tahu bahwa Firman Allah itu benar dan pasti akan jadi Luk 1:37. Tahu dari Tuhan dan tahu dari daging atau akal itu lain Mrk 4:11. Orang yang tahu dari Tuhan jalannya di jalan sempit dan mengalami kemuliaan ilahi yang kekal, ia akan ber-buah2 di dunia 30, 60 sampai 100 kali ganda (sempurna). Orang yang hanya tahu dengan akalnya, tahu tetapi tidak percaya, tidak peduli dan binasa. Tinggallah di dalam Roh, maka Roh Kudus yang membuat kita betul2 mengerti kebenaran dan ber-buah2 sampai 100 kali ganda Yoh 16:13.

 

DARI TERBIT MATAHARI DAN DARI BARAT.

Ini menceritakan bahwa orang2 yang percaya dan taat akan Tuhan akan berkemenangan melawan musuh yang akan datang seperti air bah dari Timur sampai Barat Yes 59:19 dan Roh Tuhan akan mengangkat satu panji kemenangan atas semua musuh.

Ini cerita tentang Minggu ke-70 Daniel di mana tiga Antikris pertama akan datang melanda dunia dan tanda2 dari iblis (kejahatan, bohong, tipu daya, ketidakadilan, kebencian dll) akan menjadi icon dari pemerintah Antikris. Dalam zaman Antikris itu betul2 100% gelap dan iblis (lewat Antikris ke-4) akan menguasai mutlak seluruh dunia selama 1260 hari. Tetapi dalam 3,5 tahun I, Antikris sudah terang2an memakai tabiat2 iblis yang jahat(mungkin lebih dari setengah perkara2 yang jahat dari iblis) dan ia menang meskipun jahat dan tidak benar. Tuhan mengizinkan ini, sebab Tuhan mengangkat Gereja jauh lebih tinggi dari segala dosa dan kejahatan yang dahsyat, dengan hikmat, kuasa, kesukaan, kemenangan yang sangat tinggi, mengatasi segala pekerjaan Antikris dan iblis yang dahsyat ini. Orang2 yang dipimpin Roh.akan makin suci dan terus berkemenangan. Sebab itu dalam 3,5 tahun I, kerajaan Allah dan kerajaan iblis akan sama2 jaya, bahkan bertetangga, hadir dalam dunia ini. Luar biasa. Umat Tuhan tidak berperang secara jasmani tetapi dengan kuasa hikmat Allah, dantetap menang, tetap mengalahkan kerajaan Antikris, sebab Allah dalam Gereja lebih besar dari mereka. Bahkan Gereja akan mengalami zaman keemasan, tumbuh dengan cepat dalam ujian2 yang makin limpah dan berat. Keadaan di hari2 ini sangat kritis, 1/4 orang dibunuh dalam Meterai ke-4, belum lagi dalam Meterai dan Sangkakala yang lain, begitu dahsyat, tetapi orang2 beriman yang dipimpin Roh tidak akan mati melainkan akan ikut pengangkatan 1Kor 15:51-52. Suatu keadaan yang berlawanan dan luar biasa, dahsyat tetapi akan nyata2 digenapi. (Lebih lanjut lihat Yes 59:19).

 

TIADA YANG LAIN DI SAMPINGKU, AKULAH TUHAN DAN TIDAK ADA YANG LAIN.

Beberapa kali ini disebutkan untuk meneguhkan umat Tuhan supaya tidak tunduk dan taat pada yang lain, hanya pada Tuhan yaitu pada FirmanNya. Kalau seorang mulai menuruti apalagi menyembah allah yang lain itu akan membinasakannya. Biarpun sedikit2, itu memberi peluang pada iblis, yang akan masuk dan memakai kesempatan ini untuk masuk dalam orang beriman dan membinasakannya. Setan dapat kesempatan sedikit saja, bisa membinasakan orang itu seperti virus Ebola. Kesempatan kecil (kontak cairan tubuh pada penderita Ebola) langsung kena dan mati. Ini keadaan akhir zaman. Jangan main2, jangan lengah, mulai sekarang pakai ikat pinggang baik2 (kelengkapan perang dan sikap yang betul) untuk hidup dalam taraf rohani yang tinggi2. Dengan demikian kita akan berkemenangan, sangat menang, bahkan menjadi sempurna. Jangan ragu2, sebab Firman yang kita taati itu pasti akan digenapkan. Hanya ada 1 Allah, 1 Tuhan yaitu Tuhan Yesus Kristus. 1Kor 8:6.

Taat dan sembah Dia saja, jangan yang lain, biarpun sedikitpun.

KESIMPULAN.

Jangan lupa jadi hamba Tuhan yang taat dengan tulus dalam semua segi hidup dan menjadi umat pilihan Tuhan. Orang jahat akan meningkat sangat dan sukses dan memerintah dunia ini sesuai dengan polarisasi, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, tetapi Gereja akan tetap menang. Nama bisa untuk Koresy sudah digenapkan, begitu juga untuk “Kristus”, sudah setengah genap Ibr 2:8. Sekalipun sekarang masih jauh, tetapi pasti satu kali genap, pilih yang betul!

Jangan ada Tuhan atau Allah lain, betul2 tertib dan tulus. Setiap kesempatan (karena sembah Allah dan taat pada tuan yang lain) akan dipakai iblis baik2 menghancurkannya. Ingat Ebola, harus sangat tertib.

Tuhan sudah ikut pegang Koresy dan menang. Gereja Tuhan, Kepala sudah, tubuh belum Ibr 2:8.

Akan datang air bah pekerjaan iblis (dosa dan kejahatan yang amat sangat, tetapi jangan takut, justru kita makin tinggi dan makin mulia, menang samapi terakhir.