YS213 – Yesaya 45:1-3. Koresy Mengalahkan Semua Raja-Raja.

DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN KEPADA YANG DIURAPINYA.

Nubuat tentang Koresy adalah tentang Kristus atau Mesias yang dahulu ( SM=Sebelum Masehi) belum ada, tetapi kemudian muncul dalam kedatangan pertama dan lagi akan digenapkan dalam kedatangan yang kedua.

Kedatangan yang pertama sudah diselesaikan dengan sempurna. Ini untuk penebusan umat Tuhan, jalan keselamatan sehingga kerajaan Surga diserbu banyak orang Luk 16:16.

Gereja lahir dan tumbuh, Injil sampai ke seluruh dunia, 3 Angka kedatangan Tuhan yang kedua akan digenapi.

 

Kedatangan yang kedua, inilah maksud utama dari nubuat dalam ayat2 ini. Keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Dalam kedatangan yang pertama Tuhan Yesus sebagai Putra manusia, sebagai Kepala Gereja sudah menyelesaikan tugasNya dengan sempurna. Sekarang tubuh Kristus harus menyelesaikan bagiannya sampai musuh ditaklukkan (segala sesuatu ditaklukkan) di bawah kaki tubuhNya yaitu Gereja, ini berarti tubuhNya menjadi sempurna.

 

Ibr 2:8

Engkau telah menaklukkan segala sesuatu di bawah kakinya.” Sebab di dalam hal Ia menaklukkan segala sesuatu di bawahnya, Ia tidak menyisakan apapun yang tidak ditaklukkan kepadanya. Tetapi sekarang kita belum melihat segala sesuatu ditaklukkan kepadanya. (KJI)

 

Untuk ini tubuh dan kepala harus lekat menjadi satu, 1Kor 6:17, maka tubuh yang dipimpin kepala akan bisa menaklukkan segala perkara, tidak ada sisanya, semua ditaklukkan, berarti menjadi sempurna.

Sekarang kita belum melihatnya, tetapi ini pasti terjadi, yaitu semua yang bersedia akan menjadi sempurna. Tabiat kita akan jadi sempurna, tidak lagi ada kelemahan, tidak lagi jatuh dalam pencobaan, kasih Kristus terus meningkat, juga pengurapan, karunia, jabatan, mujizat, kuasa Allah dll semua akan bertumbuh sampai sempurna. Firman Tuhan akan terbuka, pengurapan limpah, kesembuhan jadi penuh dll, luar biasa.

Gereja akan mengalaminya, istimewa pada akhir zaman yaitu pada Minggu ke-70 Daniel (3,5 tahun I). Firman Tuhan pasti jadi Luk 1:37.

 

KEPADA KORESY YANG TANGAN KANANNYA SUDAH KUPEGANG.

 

Ini luar biasa!

Di sebelah kanan. Kalau Tuhan ada di sebelah kanan kita, lebih2 memegang tangan kanan kita, kita jadi kuat, tidak tergoyahkan Maz 16:8; 73:23; 109:31; 110:5, 121:5, Yes 41:13.

Tangan kanan biasanya lebih kuat, yang utama tidak boleh berisi dosa. Jangan dengan kekuatan yang utama, memegang dan melakukan hal2 yang tidak berkenan pada Tuhan. Maz 26:10; 144:8,11. Dengan segala kekuatan, dengan kemampuan yang terbaik, yang utama hendaknya dipakai untuk melakukan hal2 yang berkenan kepada Allah, sehingga kita bisa  memegang tangan Allah, jangan untuk memegang perkara2 dosa dan hal2 jahat. Kalau tangan kanan kita penuh dengan dosa dan siasat2 jahat, tidak mungkin Tuhan bisa memegang tangan kita.

Orang yang tangan kanannya dipegang Tuhan, hidupnya pasti indah, aman, tenang dan mengalami rencana Allah yang indah2. Siapa bisa mengganggu dan mengalahkannya? Rom 8:31.  Gangguan, serangan dan ancaman tetap bisa datang, tetapi kalau tangan kanan kita memegang Tuhan dan dipegang Tuhan, tidak mungkin kita kalah atau dihancurkan olehnya. Seperti Musa memegang tangan Tuhan, sekalipun Firaun datang lengkap dengan 600 rata perangnya dan seluruh kekuatan angkatan perangnya, ia tidak bisa berbuat apa2, sebab musuhnya bukan Musa dan bangsa Israel yang lemah, tetapi musuhnya adalah Tuhan.

 

UNTUK MENAKLUKKAN BANGSA2 DI HADAPANNYA.

Dalam Wasiat Lama ini menceritakan bagaimana Raja Koresy menang melawan musuh2nya.Ia mengalahkan musuhnya, menghancurkan pintu gerbangnya, masuk dalam kota mengalahkan musuh dan merampas, menjarah, dan menawan (biasanya anak2 dan perempuan dijadikan budak).

Tetapi dalam Wasiat Baru lain, kita tidak berperang dengan manusia, tetapi dengan iblis dan pengusa dan pemerintah2nya serta mengalahkannya.

 

Ef 6:12

Sebab kita bergumul bukan melawan darah dan daging, melainkan melawan pemerintah-pemerintah, melawan kuasa-kuasa, melawan penguasa-penguasa kegelapan dari dunia ini, melawan roh-roh jahat di tempat-tempat surgawi. (KJI)

 

Bagaimana kemenangannya itu? Ia mengalahkan iblis dan merebut manusia dari jajahan dan perbudakan iblis, melepaskannya sehingga bebas dari iblis dan neraka, bisa kembali pada Allah dan diselamatkan! Ini maksudnya Tuhan Yesus Kristus membebaskan manusia dari jajahan iblis untuk diselamatkan!

 

Ef 4:8

Itulah sebabnya Ia berkata: “Ketika Ia naik ke atas, Ia membawa tawanan yang tertawan, dan memberikan pemberian-pemberian kepada manusia. (KJI)

 

Lepas dari kerajaan iblis masuk dalam kerajaan Allah Kol 1:13. Ini sudah dikerjakan dengan kemenangan mutlak oleh Tuhan Yesus yang sudah merebut kunci maut dan alam maut dari iblis Wah 1:18.

Tetapi ini tidak terjadi dengan sendirinya pada semua manusia. Kitalah tubuh Kristus yang menawarkan kemenangan ini pada setiap orang dengan memberitakan Injil ke seluruh dunia pada semua bangsa2.

Kita tidak berperang dengan manusia, tetapi dengan iblis dan roh2 jahat di udara. Ef 6:12. Untuk apa? Untuk membawa kasih Allah pada bangsa2 yang diperbudak dan dikuasai iblis dalam dosa, yang akandibinasakan dalam neraka kekal. Ini misi dan tujuan dari iblis. Tetapi Tuhan lain, Ia sudah menang atas iblis, dan seluruh dunia sudah ada dalam tangan Kristus Yoh 3:16.Tuhan Yesus mengalahkan seluruh dunia, ini bukan untuk kepentinganNya, tetapi iamengalahkan dunia dari cengkeraman dan jajahan iblis yang kejam dan dahsyat, supaya manusiamerdeka dari tangan iblis dan selamat kekal dalam Surga. Ini misi Allah, lain dari misi iblis. Sekarang kita sebagai hamba Allah, “memenangkan bangsa2” untuk dilepaskan dan diselamatkan dari tangan iblis dan neraka Maz 2:8.

Kita merebut bangsa2 (yaitu setiap orang yang seperti Kristus), merebutnya dari tangan iblis, membebaskan dari kerajaan kegelapan iblis untuk dibawa masuk dalam kerajaan Allah.

 

Luk 10:21

Pada waktu itu juga Yesus bersukacita di dalam Roh dan berkata: “Aku bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan sorga dan bumi, sebab Engkau telah menyembunyikan hal-hal ini dari orang bijak dan berpengetahuan, dan menyatakan hal itu kepada bayi-bayi, sebab yang demikian berkenan dalam pemandangan-Mu, ya Bapa. (KJI)

 

Kol 1:13

Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Putra-Nya yang dikasihi. (KJI)

Tuhan Yesus sudah menang atas iblis, dan dengan kemenangan ini kita mengalahkan segala bangsa dari tangan iblis dan merebutnya, lepas dari kerajaan Iblis masuk ke dalam kerajaan Putra Allah.

Kita mendapat pahala  dari Tuhan kalau kita mencintai = menyelamatkan umat manusia dari tangan iblis, sampai ke seluruh ujung bumi Mat 28:18-19.Ini rencana Allah dan sudah digenapkan, yaitu Tuhan Yesus secara umum, lalu kita membebaskan setiap orang dalam kenyataannya dengan kemenangan darah Yesus Zak 9:11, yaitu berita kesukaan (Injil) disampaikan ke seluruh bumi Mat 24:14.

 

DAN AKU AKAN MELEPASKAN (IKAT) PINGGANG RAJA2.

Bangsa2 itu dikuasai oleh raja2. Tetapi Tuhan menyertai Koresy sehingga beroleh kemenangan. Juga Bapa dan Roh Kudus menyertai Kristus Yesus menjadikan tebusan dan menang; Maka sekarang kita sebagai tubuh Kristusmengalahkan segala penguasa2 dan penghulu dunia ini Yoh 12:31; 16:11 yaitu iblis dan segala penguasa2 Ef 6:12. Dengan kuasa Kristus, sebagai kepala Gereja kita mengalahkan iblis dan segala tentaranya. Dengan memakai kemenangan Kristus, kepala kita, Kristus menang, kita juga menang. Allah selalu beserta kita Rom 8:31, Ia ada di dalam kita 1Yoh 4:4. Bahkan setiap orang percaya diberi kuasa untuk mengusir setan Mrk 16:17 (bukan membinasakan, sebab iblis dan setan2 tidak bisa mati, mereka mahluk yang kekal, kalau kalah mereka pergi, di usir. Tetapi kalau mereka lari, jangan lupa, mereka bisa kembali lagi Luk 4:13.

Apa ikat pinggang? Ini berarti: Siap untuk melayani, pergi atau berperang Kel 12:11; 28:4. 1Sam 2:4, 8:4 Yoh 13:4; 21:18 Kis 12:8; 21:11 Ef 6:14 Luk 12:35; 17:8 Yes 5:27; 13:4,11. Dengan ikat pinggang kebenaran untuk melayani Yes 11:5 seperti Yohanes pembaptis Mat 3:4. Tanpa ikat pinggang kebenaran, Allah tidak bisa beserta kita. Dan tanpa Allah, kita tidak bisa menang melawan iblis.

Ini orang2 yang siap untuk perang melawan iblis dan tentaranya. Kalau kita hidup benar, berjalan dengan Tuhan, itulah suatu keadaan siap untuk perang melawan iblis; sebab perang yang tidak tampak melawan iblis (yang lebih kuat dari manusia), tanpa ikat pinggang kebenaran, Tuhan tidak bisa menyertai kita, maka kita akanmenjadi tawanan perang dan binasa. Tetapi dengan Tuhan kita akan mengalahkan raja2 yang memegang bangsa dalam tangannya (yaitu problem2 yang dahsyat). Dengan Tuhan, ikat pinggang raja2 akan lepas ( seperti Dan 5:6 ) dan mereka kalah.

UNTUK MEMBUKA DI HADAPANNYA KEDUA DAUN*PINTU GERBANG.

(Gates = Jamak, dalam beberapa terjemahan hanya pintu2 atau 2 pintu).

Pintu mana yang dibuka?

Pintu itu untuk keluar masuk, dan Tuhan Yesus adalah Pintu Gerbang Yoh 10:9. Orang bisa masuk keluar dengan selamat.

Raja Koresy berperang secara jasmani dalam Wasiat Lama. Kalau mereka mengepung dan mengalahkan satu negeri, pintu gerbang tembaganya didobrak, lalu masuk dalam negeri, mengalahkan negeri itu, menjarah dan menawan isinya, lalu dibawa ke negerinya sendiri. Pintu gerbang negerinya sendiri dibuka lebar untuk raja dan pasukan yang menang.

Jadi dalam Wasiat Lama, Pintu Gerbang musuh dibuka dengan penguasa supaya tentara Koresy bisa masuk dan membawa tawanan keluar dan kemudian masuk ke dalam pintu gerbang negerinya sendiri.

Begitu juga secara rohani. Tuhan Yesus dan kita menang melawan iblis, mendobrak pintu gerbang kerajaan kegelapan iblis dan menjarah jiwa2 keluar dari kerajaan iblis, keluar dari pintu gerbang iblis, lalu masuk ke dalam kerajaan Allah lewat pintu gerbang kerajaan Allah yaitu

Tuhan Yesus, sehingga orang yang mau percaya pada Tuhan Yesus bisa masuk dan diselamatkan. Dengan kuasa Tuhan kita bisa membukakan pintu keselamatan untuk semua orang yang mau percaya, dan mereka direbut dari jajahan iblis, masuk dalam kerajaan Allah Luk 11:21 pindah kepada keselamatan Kol 1:13.

Jadi ada dua pintu yang dibuka, yaitu pintu gerbang kerajaan iblis dan pintu gerbang kerajaan Allah. Kita mengalahkan kerajaan iblis, membawa jiwa2 keluar dari pintu gerbang kerjaan iblis, dan masuk dalam pintu gerbang kerajaan Allah.

 

Inilah kemenangan kita yang menghasilkan mahkota dari Allah, baik dalam memenangkan jiwa2 1Tes 2:19 atau menggembalakannya 1Pet 5:4.

 

MAKA PINTU GERBANGNYA TIDAK AKAN TERTUTUP.

Ini berarti bisa masuk terus dari pintu gerbang ini yaitu Tuhan Yesus Kristus. Dengan kataain, kalau bisa masuk berarti orang itu bisa percaya dan selamat. Jangan takut. Kadang2 ada tempat2 di mana Pintu Gerbang untuk keselamatan di dalam Kristus se-olah2 ditutup oleh macam2 ancaman dancara. Jangan kuatir, pada beberapa tempat Tuhan sudah membukanya dan akan tetap terbuka. Di tempat2 yang kita kira orang2 sulit untuk berani percaya sebab berbahaya, tetpi ternyata ada banyak yang percaya Tuhan Yesus; seringkali kita ke-heran2an, tetapi itu betul2 terjadi. Tidak ada orang bisa menutupnya, kalau Tuhan sudah membukanya. Di banyak tempat, di mana2 hal ini terbukti, sebab itu jangan takut menghadapi ancaman dan aniaya; berdoalah minta kuasa dan hikmat Allah, yaitu disertai Tuhan, diurapi oleh Tuhan, dipegang tangan kanannya. Apalagi dalam satu rumah, Tuhan sudah menjanjikan bahwa isi rumah dari orang percaya akan selamat Kis 16:31. Jangan ragu2. Rebut dengan hikmat dan kuasa Allah dan dengan kasih.

 

YES 45:2. PINTU TEMBAGA DAN PALANG BESI DIPECAH

 

AKU AKAN PERGI DI HADAPAN MU.

Tuhan akan jalan di depan kita.

Jangan kita berjalan di depan Tuhan, dengan kata lain kita yang menentukan semuanya sendiri. Ini berbahaya sebab kita tidak akan tahu jalan yang paling tepat dan tidak akan kuat menghadapi musuh. Tuhan harus berjalan di hadapan kita. Kita sebagai domba2Nya ikut di belakang Tuhan sebagai gembala kita.

 

Yoh 10:3-4

3 Kepada orang ini penjaga pintu membukakan pintu, dan  domba- domba itu mendengar suaranya, lalu ia memanggil domba-dombanya sendiri dengan namanya, dan memimpin mereka keluar.

4 Apabila ia sudah mengeluarkan domba-dombanya sendiri, ia berjalan di depannya, dan  domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. (KJI)

 

Banyak kali orang beriman mau jalan di depan menuruti kehendaknya sendiri, bukan menurut kehendak Tuhan dan ini rentan dengan kejatuhan, kesesatan dan kekalahan. Jangan kita yang menentukan jalan dan mengambil keputusan.

 

1Taw 16:11

Bertanya-tanyalah akan Tuhan dan akan kuasa-Nya dan caharilah hadirat-Nya selalu. (TL)

 

Paling baik tanya Tuhan lalu taat mengikut Dia, pasti berhasil sebab Dia Maha Tahu, tahu lebih dahulu dan Maha Kuasa!

Orang yang merasa dirinya bodoh sehingga harap dan ikut Tuhan terus itu untung. Tetapi kalau sudah menuruti keinginan daging lalu mulai berjalan sendiri, kemudian Tuhan diminta untuk mendukung kehendaknya saja, ini akan celaka!

Semua yang berbuat jahat, sebab menuruti daging akan berbuat demikian, yaitu jalan di depan, ia menentukan sendiri. Misalnya saudara2 Yusuf yang menuruti hawa nafsunya, berbuat jahat pada Yusuf, mereka jalan menurut kehendaknya sendiri. Tetapi Yusuf tidak berjalan sendiri, ia menyerah pada Tuhan, ia tidak menuruti kehendaknya sendiri, tidak berjalan sendiri. Baik waktu kuat atau lemah, kita harus banyak ber-tanya2 pada Tuhan dan taat akan pimpinanNya 1Taw 16:11, Rom 8:14. Ini cara hidup yang paling baik dan berkemenangan!

Sebab itu orang yang suka berdoa, penuh Roh Kudus dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan akan mudah mencari dan menemukan kehendak Tuhan dan ada kekuatan dari Roh Kudus untuk taat.

Tetapi orang yang tidak suka berdoa, tidak mengerti Firman Tuhan, tidak tahan dan tidak suka menurut Firman Tuhan, sebab itu ia akan banyak menentukan hidupnya sendiri, menuruti daging dan pikirannya sendiri. Sebab itu banyak yang jatuh bangun, bahkan terikat dosa dan diperbudak oleh iblis.

 

DAN MEMBUAT TEMPAT2 YANG BENGKOK MENJADI LURUS.

Kalau Tuhan berjalan di depan kita, maka tempat2 yang bengkok, tidak rata, tidak karuan akan menjadi lurus dan rata, sehingga jadi mudah, tidak sesat dan berkemenangan!

Tuhan di depan

bengkok    ————–> rata

 

 

Sebab itu jangan berjalan sendiri, jangan menentukan sendiri, biar Kristus yang hidup di dalam kita dan kehendakNya, perintahNya, dan FirmanNya yang kita turuti, pasti lebih baik. Bahkan sikon kita yang bengkok2 akan berubah menjadi lurus karena kuasa Tuhan dan kita akan berjalan dengan lebih mudah (pada waktunya, sesudah diluruskan Tuhan) sehingga kita bisa menyelesaikan tugas kita dengan jauh lebih mudah, bahkan dengan berkemenangan. Ini pengalaman yang indah oleh kuasa Tuhan, tempat bengkok menjadi lurus, jalan buntu terbuka, di mana tidak ada jalan akan ada jalan dst. Luar biasa oleh kuasa, hikmat dan kemuliaan Tuhan.

 

AKU AKAN MEMECAHKAN BER-KEPING2 PINTU GERBANG TEMBAGA DAN MEMBELAH PALANG2 BESI.

Ini tepat diulangi dalam Maz 107:16, dan itu berarti perjanjian Allah ini makin diteguhkan. Pintu gerbang tembaga dan palang2 besi dihancurkan ber-keping2, luar biasa. (Ini hanya ditulis dalam dua ayat ini).

 

Pintu gerbang tembaga dan palang (kancing) besi itu berarti cengkraman atau penjara yang sangat kuat, tidak bisa lepas, tidak bisa dibuka atau didobrak oleh apapun.

Ini orang2 yang tidak lagi berdaya dalam cengkraman musuh yang kuat dengan pintu gerbang tembaga dan palang besi.

 

Ini berarti bahwa tidak ada jalan lepas, atau musuh yang kuat yang tidak bisa didobrak. Tetapi Koresy berhasil menghancurkan semua pintu gerbang tembaga dengan palang besinya. Begitu juga Tuhan Yesus adalah penolong yang luar biasa. Orang yang berjalan dengan Tuhan akan bisa membongkar pintu gerbang tembaga yang sangat kuat.

Jalan buntu atau halangan yang dahsyat (atau penjara yang dahsyat dengan pintu gerbang tembaga) rasa2nya tidak bisa dipecahkan. Tetapi ini semua dipecahkan oleh kuasa Tuhan. Ini menunjukkan akan adanya halangan dan kesukaran2 serta penjara2 yang dahsyat, yang memakai pintu gerbang tembaga dan palang2 besi, tetapi semua dihancurkan ber-keping2, hebat!

Secara jasmani Koresy dapat menghancurkan semua pintu tembaga dan palang2 besi yang dahsyat. (Untuk zamannya, pintu dan palang seperti ini betul2 kuat sekali dan tidak ada orang bisa menembusnya). Tetapi Koresy bisa menghancurkannya.

Begitu juga Kristus dalam Wasiat Baru akan menyertai Gereja pada akhir zaman yang akan menghadapi banyak halangan dan kurungan2 yang kuat seperti ini. Tetapi semua itu akan dihancurkan oleh orang2 beriman yang ada Kristus di dalamnya.

Tembaga dan besi bisa berarti untuk dua pihak yaitu :

  1. Menceritakan kekuatan dosa dan kejahatan. Kalau orang Israel berdosa, maka langit menjadi tembaga (tidak ada hujan) dan bumi menjadi besi (tanaman mati), artinya tidak ada penghasilan sama sekali, sebab berdosa.

 

Im 26:19

Maka Aku akan memutuskan segala kemuliaan kuatmu dan menjadikan langitmu bagaikan besi dan tanahmu bagaikan tembaga. (TL)

 

Ul 28:23

Maka langit yang di atas kepalamu itu akan menjadi tembaga, dan bumi yang di bawah kamupun akan menjadi besi. (TL)

 

  1. Bagi orang benar

Sebaliknya kalau kita hidup benar, maka Negeri Perjanjian akan penuh dengan batu2 besi dan bukitnya dari tembaga

Ul 8:9

Maka Tuhanpun akan menentukan kamu akan suatu bangsa yang suci bagi diri-Nya, seperti yang telah dijanji-Nya kepadamu pakai sumpah, yaitu jikalau kamu memeliharakan firman Tuhan, Allahmu, dan kamu berjalan pada jalan-Nya. (TL)

 

Ini berarti orang benar akan menjadi kuat sekali sehingga sepatunya dari besi dan tembaga, sangat kuat Ul 33:25.(KJI.TB.TL. kancing besi).

Pintu gerbang tembaga dan palang besi dihancurkan, ini menceritakan kemenangan yang besar dari Gereja akhir zaman ber-sama2 dengan Kristus (Mesias) sebab ada fasilitas akhir zaman yang begitu limpah jumlah dan mutunya, untuk melengkapi dan menyempurnakan Gereja yang sudah siap. Misalnya akan ada pengurapan yang limpah sehingga Gereja Tuhan akan jadi sangat kuat( dua kali lipat). Segala halangan dan gangguan dari Antikris yang timbul pada akhir zaman, pada masa Gereja sedang tumbuh kepada kesempurnaan ( Dalam 3,5 tahun I dalam Minggu ke-70 Daniel ada tiga Antikris yang dahsyat sudah muncul Dan 7) akan dikalahkan. Tetapi orang2 beriman yang tidak ikut meningkat dalam kesucian (ingat polarisasi sesuai Wah 22:11), tidak akan tahan dan akan dihancurkan, bahkan dikurung dan dipenjarakan dalam penjara2 dengan pintu tembaga dan palang besi, tidak bisa keluar sampai mati. Kalau tidak mau habis2an meningkat dalam kesucian, akan jatuh dalam dosa dan terikat begitu kuat sehingga tidak bisa lepas, bahkan mati dalam dosa dan binasa seperti orang yang ditutup di belakang pintu gerbang tembaga dan palang2 besi. (Atau masih untung kalau masuk dalam zaman Antikris dan mau bertobat, masih bisa selamat kalau mau tetap percaya sampai mati. lewat aniaya Antikris), tetapi tetap tidak bisa lepas dari tangan antikris ( tembaga besi). Dalam zaman Antikris tidak ada lagi pintu tembaga dan palang besi yang bisa dibuka. Semua orang yang terkurung di dalamnya akan dibinasakan Antikris, baik yang kembali bertobat kepada Tuhan Yesus maupun yang berbalik pada iblis, semua akan binasa. Sebab itu meningkatlah dan harus punya pondasi yang kuat sekarang ini Yes 44:28, supaya bisa tahan dan menang dalam zaman yang sangat sulit pada waktu penamatan rencana Allah (di tengah2 dosa yang meningkat luar biasa dahsyatnya).

 

YES 45:3. HARTA DARI KEGELAPAN DAN KEKAYAAN YANG TERSEMBUNYI.

 

DAN AKU AKAN MEMBERIMU

Untuk keadaan yang dahsyat Tuhan juga memperlengkapi kita luar biasa. Fasilitas rohani dan jasmani yang diberi dalam masa penamatan rencana Allah itu luar biasa, seperti yang sudah disebutkan dalam Yes 44:28 dll. (Misalnya Hujan akhir, pembukaan .pa

 

Firman Tuhan, pelayanan orang sempurna, hukum yang keras dll). Kita tidak perlu kuatir, sebab Allah itu maha tahu dan maha kuasa, tidak mungkin kita dicobai lebih dari kekuatan kita 1Kor 10:13. Untuk jadi sempurna, ujiannya juga paling berat (seperti Ayub, Abraham, Elia dsb) tetapi fasilitasnya sesuai! Miliki apa yang sudah diberikan sekarang, jangan tunggu besok2 baru bertobat dan cari kekuatan dan baru membuat pondasi, terlambat dan binasa!

 

HARTA DARI KEGELAPAN.

Apa ini? Allah itu terang. Mengapa diberi harta dari kegelapan. Kegelapan adalah bagiannya iblis. Apa yang bisa kita dapat dari iblis? Dalam Minggu ke-70 Daniel, iblis sangat marah waktu dilempar ke bumi Wah 12:12 dan ia akan ekstra mengganggu dan memerangi umat Tuhan. Ini ujian yang besar dan Tuhan izinkan (sama seperti Tuhan izinkan iblis masuk Eden mencobai Hawa, mengganggu Ayuh sampai mati anak2nya dan hartanya habis dsb). Tuhan tidak bisa mengganggu dan memerangi umatNya sendiri, tetapi justru iblis dibiarkan bahkan diizinkan tetapi yang menang melawan serangan dan pekerjaan iblis yang ekstra dahsyat mendapat kemenangan ekstra besar sehingga menjadi sempurna seperti Abraham, Musa, Ayub, Yusuf dsb. Jangan berkecil hati mengalami tekanan dan serangan yang dahsyat dari iblis lewat ber-macam2 cara, kemenangannya itu besar, harta dari kegelapan! Yang jatuh seperti Hawa, Adam tidak dapat apa2, malah diusir keluar dari Eden. Untung Abraham, Musa, Ayub, Elia, Yusuf tidak gugur, mereka mendapat harta kegelapan yang sangat besar. Jangan kecil hati menghadapi problem dan pencobaan yang besar, sekalipun tidak salah, akan ada harta dari kegelapan dan ini menyempurnakan kita!

 

DAN KEKAYAAN YANG TERSEMBUNYI DI TEMPAT2 RAHASIA.

Apa ini? Tempat2 rahasia ini bisa dari ihblis, gelap, misalnya Maz 10:8, Nud 3:10 dll, tetapi juga rahasia dari Tuhan. Rahasia2 yang disembunyikan Allah ber-abad2. Misalnya Ef 1:9; 3:3,4,9; 5:32; 6:19.

Inilah rahasia kesempurnaan yang disembunyikan Allah untuk menunggu umatNya bisa mengerti. Misalnya rahasia penebusan, pengurapan Roh Kudus dll baru bisa dimengerti umat Tuhan pada akhir zaman ini. Juga dalam Rom 11:25; 16:25, 1Kor 2:7; 15:51, Kol 1:26, 27; 2:2; 4:3; 2Tes 2:7, 1Tim 3:9,16 dll. Rahasia ini hanya diberikan bagi orang yang memperkenankan Tuhan Mrk 4:11, Mat 3:11 sebab justru rahasia ini akan menyempurnakan mereka. Sebab itu tinggallah dalam tempat sembunyi Allah yaitu di dalam Ruangan Suci. (Jangan diluar Mrk 4:11), maka rahasia ini akan mengubahkan kita seperti Elisa yang minta pengurapan dua kali ganda 2Raj 2:10.

SUPAYA ENGKAU TAHU BAHWA AKULAH TUHAN YANG MEMANGGIL ENGKAU DENGAN NAMAMU, ADALAH ALLAH ISRAEL.

Ini rahasia yang luar biasa, yang bisa mengubah umat Tuhan yang mendapatkannya, berubah seperti Elisa. Sebelum ada apa2 tentang Koresy, Tuhan sudah memberitahu namanya dalam nubuat Yesaya ini, sebab Dia Tuhan yang maha tahu, tahu lebih dahulu dan maha kuasa. Dia Allah Israel. Jangan kita tertipu oleh allah2 lain, jangan ada allah yang lain, tetap tinggal dalam Tuhan, maka kita akan mengalami rencana Allah yang luar biasa. Sebab itu selidikilah terus Firman Tuhan dengan hati yang rindu dan taat penuh dan dipimpin Roh supaya kita mendapat harta kegelapan dan kekayaan yang tersembunyi dari tempat2 rahasia ilahi, sehingga bisa tahan pada akhir zaman ini dan berubah menjadi sesuai dengan rencana Allah yaitu rencana kesempurnaanNya. Jangan kuatir tentang segala kebutuhan jasmani dan rohani, Allah yang maha kuasa sanggup memberi dengan ber-limpah2, lebih daripada yang kita perkirakan.

KESIMPULAN:

Penuhi tangan kanan dengan perkara2 dari Atas sehingga dipegang Tuhan dan berkemenangan atas segala raja2 dan pintu gerbang terbuka terus. Tempat2 bengkok menjadi lurus, pintu tembaga dan palang besi hancur dan kita mendapat harta kegelapan dan kekayaan yang tersembunyi dari tempat2 rahasia dari Tuhan Israel yang maha kuasa, sehingga bisa ikut dalam rencana penamatanNya.

Nyanyian:

Peganglah tanganku Roh Kudus setiap hari.