YS209 – 44:24-28. Tuhan Membangkitkan Koresy, Yerusalem Dan Baitnya.

YES 44:24. TUHAN MEMBENTANGKAN SURGA DAN BUMI.

DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN PENEBUSMU.

Tuhan adalah Penebus Israel dan Gereja. Nasibnya jadi berubah. Hasil dari penebusan adalah posisi dan tempatnya berubah. Dahulu anak2 iblis dalam kerajaan gelap, sekarang pindah dalam kerajaan Allah. Dahulu milik iblis, sekarang jadi milik Allah, dahulu berjalan ke neraka, tetapi sekarang berjalan menuju ke Surga. Posisi dan tempatnya dari orang yang sudah ditebus itu berubah

DAN IA YANG MEMBENTUKMU DARI RAHIM.

Secara jasmani, sejak dari dalam rahim, mulai masukdalam rahim ibu itu, Tuhan sudah bekerja Ef 1:4 dan membentuknya Maz 129: 13-17. Allah membentuk itu luar biasa. Begitu juga secara rohani, sejak lahir baru, kita dilahirkan oleh air dan Roh, oleh Firman dan Roh Kudus Yoh 3:3-5. Tuhan sudah mengerjakan kita. Lahir baru itu luar biasa, lalu sesudah itu Tuhan terus mengolah dan membentuk kita sesuai dengan rencanaNya yang top, terindah. Asal kita mau percaya, menyerah dan taat, Dia akan terus bekerja dalam hidup kita sampai jadi sempurna seperti Kristus.

Jadi lahir baru tidak cukup, itu hanya permulaannya, start, tetapi finishnya adalah menjadi seperti Kristus Ef 4:13.

 

AKULAH TUHAN YANG MENJADIKAN SEGALA SESUATU.

Apa saja yang termasuk segala sesuatu? Semua! Bagi Tuhan tidak ada batas, tidak ada yang mustahil. Ia bisa melakukan segala perkara, sebab itu kita tidak perlu kuatir, Dia maha kuasa, tidak ada yang mustahil bagiNya. Kita ini terbatas dalam se-gala2nya, tetapi kalau kita taat dipimpin Roh maka kita juga akan menikmati kuasaNya yang tidak terbatas. Sebab itu kalau kita menyerahkan semua padaNya, taat kepadaNya, hidup ini akan menjadi luar biasa, bukan kita lagi tetapi Kristus yang hidup di dalam kita Gal 2:20. Heran, indah, menang, mulia sampai kekal.

 

YANG SENDIRIAN MEMBENTANGKAN SEGALA LANGIT, YANG MENGHAMPARKAN BUMI OLEH AKU SENDIRI.

Memang Tuhan yang menciptakan langit dan bumi. (Langit, Heaven itu bisa berarti langit dan Surga). Tuhan Yesus menciptakan Surga dan bumi ini (yang lama) Kej 1:1dan satu kali juga Ia yang menciptakan Surga Bumi Baru Wah 21:1. Allah menguasai Surga Bumi Lama dan Surga Bumi Baru. Sebab itu kalau kita dilahirkan dari Allah dan tetap setia sampai akhir, maka kita juga akan ikut masuk dalam Surga Bumi Baru yang indah untuk kekal!

Tuhan sendiri yang menciptakan Surga Bumi Lama dan Surga Bumi Baru. Dia juga yang menentukan siapa yang boleh masuk dalam Surga Bumi Lama dan Surga Bumi Baru. Orang yang sudah masuk dalam Surga Bumi Lama dengan sendirinya akan pindah ke dalam Surga Bumi Baru. Sebab itu bagi manusia, Surga Bumi Baru tidaklah banyak menentukan hidupnya (asalkan masuk Surga Bumi Lama) lalu kita akan menikmati hidup yang indah, kekal dalam Surga Bumi Baru. Sekarang kita harus masuk di dalam kerajaan Allah di dunia ini Luk 10:20 sehingga selalu ada di dalamnya Luk 17:21 dan waktu kita mati atau waktu pengangkatan, semua yang ada dalam kerajaan Allah akan pindah dalam Surga dalam tingkat dan keadaan yang sama dan untuk kekal.

 

YES 44:25. TUHAN MELAWAN MUSUHNYA.

 

YANG MEMBATALKAN TANDA2 PARA PEMBOHONG.

Selalu ada orang yang memihak Tuhan dan yang memihak iblis. Iblis itu penipu, pembohong dan pembunuh. Yoh 8:44. Kalau seorang mau hidup suci dengan tulus di hadapan Allah, maka ia akan menjadi sehati dan sepihak dengan Tuhan. Tetapi orang yang berbuat dosa dan kejahatan itu akan menjadi musuh2 Allah. Iblis terus mencari orang untuk jadi memihaknya untuk melawan Allah, merebut tahta Allah. Dengan segala tipu daya dan dengan menghalalkan segala cara ia berusaha menarik manusia bahkan juga orang2 beriman dengan tipu daya dan umpannya; sebab itu kita harus ber-jaga2, jangan sampai kita kena umpan dan masuk jerat tipu dayanya. Siapa yang masuk jerat iblis, akan ikut dalam pihak iblis dan akan dibinasakan dalam Tasik api kekal.

Sebab itu, istimewa bagi umat Tuhan, Tuhan akan membatalkan tanda2 dusta dan bohong dari iblis dan kaki tangannya. supaya umat Tuhan, (apalagi yang bodoh bisa kena) jangan kena tipu dayanya.

Hawa kena tipu daya iblis dan jatuh. Mengapa Tuhan tidak membatalkannya? Sebab Hawa berjalan sendiri tanpa suami Kej 3:6 TL, BBE, ISH. Kebanyakan terjemahan berkata bahwa Adam beserta Hawa, tetapi dalam tiga terjemahan ini tidak dikatakan demikian. Sebab kalau Adam ada, mengapa Adam diam, apalagi Adam pasti tahu (tidak ada pelupa waktu itu) bahwa itu melanggar Firman Allah (Hawapun ingat) dan itu betul2 suatu perkara yang dahsyat. Adam yang berkuasa atas semua binatang termasuk ular,  bisa mengusirnya keluar. (Bukan Tuhan, tetapi manusia sendiri yang harus menolak pekerjaan iblis, sebab manusia adalah mahkluk bebas, sebab itu ia akan dihadapkan pada pilihan dan harus memilih). Satu orang bisa dikalahkan, dua berdiri tegak, apalagi Tuhan beserta mereka, tidak akan kalah. Pkh 4:9.Kelihatannya sesudah makan baru Hawa mencari dan bertemu dengan Adam, ia sendiri dan lebih mudah dipengaruhi. Sebab itu jangan ter-pecah2, tetapi bersekutulah, kita saling membutuhkan. Jangan takut melawan iblis, dengan Tuhan kita selalu menang Rom 8:31. Sebab itu jangan persekutuan kita pecah, nanti kalah dan celaka. Kita akan kuat kalau persekutuan kita kuat dan baik di dalam Tuhan sehingga kita tidak sampai kalah.

Misalnya di Pafos seorang nabi palsu yang tukang sihir yang hendak mempengaruhi gubernur negeri itu supaya tidak percaya Tuhan Yesus dengan segala tanda2 ajaibnya Kis 13:6-12. Paulus membatalkan segala tanda2 penipuan itu supaya jangan menyesatkan orang. Jangan takut menghadapi kaki tangan iblis yang hendak mempengaruhi orang dari jalan yang benar. Doakan dan usir iblis dan segala tipu dayanya, supaya orang2 itu tidak tertipu oleh iblis dan segala kaki tangannya. Jangan ragu2. Terangi segala tipu daya iblis dan usir si iblis. Jangan menyerah atau membiarkan mereka ditipu oleh orang2 yang tidak tulus ini. Doakan dan lawan iblis, maka kita akan dapat merebut mereka dari kebinasaan Jd 23, Yak 5:19-20. Jangan dibiarkan, jangan diserahkan dan membiarkan merekaberkata se-suka2nya, sebab mereka tidak mengerti, apalagi kalau sudah ditipu oleh dustanya. Rebut mereka supaya jangan binasa jiwanya.

 

YANG MEMBUAT PETENUNG JADI MARAH.

Lawan pekerjaan setan, jangan takut, sebab Tuhan di dalam kita lebih kuat dari mereka Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Tentu mereka akan marah, jangan takut, minta hikmat dan kuasa Allah. Dengan Tuhan kita pasti menang. Kita diberi hak untuk mengusir setan dan mengalahkannya Mrk 16:17. Janga ragu2, percaya dan lawan, kalau perlu dengan doa puasa Mat 17:21.

 

YANG MEMBELOKKAN ORANG2 BIJAK KE BELAKANG DAN MEMBUAT PENGETAHUANNYA MENJADI KEBODOHAN.

Hadapi dengan hikmat dan kuasa Allah, jangan dengan hikmat dan kekuatan sendiri. Terus berjalan dalam Roh. Minta selalu pimpinan Roh Kudus sehingga kita disertai dengan segala karunia2 dan buah Roh. Jangan belajar jadi mahir dan atau mencari siasat2 untuk menghadapi pekerjaan setan, tetapi belajar memelihara hidup ini tetap suci, tulus dan berkenan pada Tuhan, mahir berjalan dalam Roh. Kalau kita terus berjalan dengan Allah, maka cara2 dan siasat untuk menghadapi kaki tangan iblis itu adalah bagian Tuhan. Tuhan yang akan memberi hikmat untuk ber-kata2 atau bertindak. Pada saat yang tepat Tuhan memberi kata2 Mat 10:19 dan memberi pimpinan untuk bertindak dengan cara apa. Perhatikan dan dengar suara Roh dan taat. Tuhan selalu punya jalan yang tepat untuk mengalahkan mereka supaya kita bisa menolong orang2 terlepas dari tipu daya setan sebagai hambah2 Allah.

 

YES 44:26. TUHAN MENYERTAI HAMBA2NYA.

 

YANG MENETAPKAN PERKATAAN HAMBA2NYA DAN MELAKUKAN NASEHAT DARI UTUSAN2NYA.

Orang2 yang menjadi hamba2 Allah seperti Israel, yang selalu taat melakukan kehendak Tuhan, tidak perlu kuatir atau takut menghadapi apa saja untuk musuh yang mana saja. Katakan dan lakukan apa yang Tuhan suruh maka Tuhan yang akan menetapkan kata2 hambaNya yang sebetulnya adalah kata2 dari Tuhan.

Kalau kata2 dan tindakan kita dari Tuhan (dipimpin Roh) maka Tuhan yang akan meneguhkan dan mengadakannya. Jangan takut. Sebab itu perlu suatu hidup yang benar dan sungguh2 berkenan pada Tuhan, sebab baru dengan demikian kita bisa mengalahkan segala kaki tangan iblis. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan hamba2Nya asal kita tidak meninggalkan Tuhan dan selalu tulus kepadaNya.

 

YANG BERKATA KEPADA YERUSALEM, ENGKAU AKAN DIDIAMI.

Yerusalem adalam tempat yang tertinggi dan termulia dalam Israel. Waktu Israel kalah, Yerusalem dirobohkan dan juga negeri2 lain di seluruh Israel. Ini cerita tentang orang2 yang sempurna. Tidak ada lagi orang yang tumbuh, apalagi sampai sempurna. Baru kalau umat Tuhan sungguh2, negeri2 Yehuda dibangun kembali dan Yerusalem ada yang mendiami. Kalau orang2 Israel tidak bertobat, maka mereka akan dikalahkan, bahkan Yerusalem akan jadi kerobohan dan diduduki oleh bangsa kafir Wah 11:2. Kalau umat Tuhan sungguh2 ikut Tuhan, barulah ada orang yang bisa tumbuh bahkan ada yang jadi sempurna, ada pemimpin2 yang indah di hadapan Tuhan.

 

DAN KEPADA KOTA2 YEHUDA, ENGKAU AKAN DIBANGUN DAN AKU AKAN MENDIRIKAN TEMPAT2 KEROBOHANNYA.

Yehuda jauh lebih baik dari Israel. Di Israel yang terbaik hanya ada 7000 orang yang tidak menyembah Baal, tetapi mereka tetap saja di Israel, di tengah2 penyembah2 berhala (ingat Yosafat bersekutu dengan Achab, dimarahi Tuhan amat sangat). Ini orang yang mau bertobat tetapi hanya sampai disitu, tidak maju lebih lanjut, tetap di “Halaman”. Tetapi di Yehuda ada banyak yang sungguh2 beribadah kepada Tuhan apalagi di Yerusalem ada bait Allah dan hadirat Allah. Kalau umat Tuhan mau hidup sebagai hamba2 Alah, melakukan kehendak Allah, maka Tuhan akan membangunkannya. Ini adalah gambaran dari orang2 yang mau sungguh2 dan mereka akan meningkat dengan indah. Roh Kudus akan bekerja kembali dan membangunkan mereka. Ini seperti orang2 dalam Ruangan Suci yang penuh dan dipimpin Roh dan akan ada banyak lagi orang2 seperti ini.

Tempat2 kerobohan, ini orang2 beriman yang sudah roboh, yang rusak dan keji. Tetapi kalau mau bertobat, Tuhan akan mendirikannya kembali. Semua akan dibangun kembali kalau sungguh2 bertobat dan mencari Tuhan, hidup seperti hamba2Nya.

Yerusalem ~ Ruangan Maha Suci. Yehuda ~ Ruangan Suci.

Tempat2 yang roboh ~ Halaman.

Semua akan dibangun kembali dengan kemurahan Allah.

Kalau umat Tuhan dalam satu Gereja sungguh2, maka banyak yang mau hidup suci, banyak yang berjalan dalam Roh, penuh dengan Roh Kudus bahkan ada orang2 yang sangat indah yang terus tumbuh menuju kepada kesempurnaan. Jadi diantara umat Tuhan yang sungguh2 di hadapan Allah akan ada banyak yang bertobat (hampir semua) dan juga ada banyak yang ber-api2 di dalam Tuhan bahkan ada yang jadi sempurna, sehingga jumlah dalam tingkatan yang lebih ke atas akan jadi lebih banyak, tidak seperti Israel, yang tidak bertobat (tingkat Halaman) hanya ada 7000 orang, kurang lebih hanya 0,35% (kalau jumlah penduduk, Israel dianggap 2 juta). Sebab itu umat Tuhan harus belajar makin meningkat dalam kesucian, tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, hidup betul2 sebagai hamba Tuhan yang taat seperti Gal 2:20, maka jumlah yang lebih rohani akan makin banyak dan Tuhan makin berkenan kepadanya.

 

YES 44:27. LAUT DAN SUNGAI DIKERINGKAN.

 

YANG BERKATA KEPADA TUBIR (LAUTAN) JADILAH KERING DAN AKU AKAN MENGERINGKAN SUNGAI2MU.

Tubir itu tempat yang terdalam dari lautan. Kalau tubir kering berarti laut sudah tidak ada lagi (juga sungai2nya kering) dan itu tanda dari Bumi yang baru Wah 21:1. Surga Bumi Lama masih ada tubir, masih ada laut. Apa artinya laut?

Dalam Wah 20:13-15. Disini dikatakan bahwa laut mengeluarkan semua tubuh orang yang mati dan maut dan alam maut (Hades – Sheol bagian bawah yaitu neraka) mengeluarkan roh2 orang yang mati, mereka bangkit (ikut kebangkitan orang berdosa) dan dihukumkan. Laut adalah salah satu tanda Surga Bumi Lama, Wah 12:1, sebab Surga Bumi Baru sudah tidak ada laut, tidak ada orang yang mati dan tidak ada neraka, hanya Surga dan Bumi baru yang kekal dan indah. Neraka dan orang2 berdosa yang dibangkitkan, semuanya sudah dilemparkan ke dalam Gehena yaitu Tasik api. Dalam Surga Bumi Baru sudah tidak ada semua ini, baik laut (kuburan tubuh2 orang dosa yang sudah mati, mayatnya) dan neraka, tempat roh2 orang berdosa, semua sudah dilepas ber-sama2 dalam Tasik api. Di dalam Tasik api (Gehena) ada tubuh kebangkitan orang berdosa yang merasakan siksaan siang malam dalam tubuh jiwa rohnya. Tubuh kebangkitan orang berdosa, tubuhnya yang sudah bangkit mengalami sengsara seperti manusia sekarang dan rohnya hidup kekal seperti Allah 1Pet 4:6, inilah siksa kebinasaan yang kekal dalam Tasik api yang dijauhkan dari Allah untuk kekal 2Tes 1:9. Surga Bumi Baru tidak lagi bisa bertemu dengan Tasik api.Surga Bumi Baru sudah tidak mengandung laut lagi, yaitu tempat tubuh yang mati.Sekarang dalam Surga Bumi Lama masih ada kematian tubuh manusia dalam laut yaitu kuburan mayat orang mati,dan dalam neraka di mana roh2 orang mati ada disini. Tetapi dalam Surga Bumi Baru tidak lagi ada kematian, tetapi kemuliaan, kesukaan dan penyembahan yang begitu indah kepada Tuhan se-lama2nya.

 

YES 44:28. KORESY, YERUSALEM DAN BAIT SUCI.

 

YANG BERKATA TENTANG KORESY, DIALAH GEMBALAKU, DAN IA AKAN MELAKUKAN SEGALA KESUKAANKU. JUGA BERKATA KEPADA YERUSALEM, ENGKAU AKAN DIBANGUNKAN DAN KEPADA BAIT SUCI, FONDASIMU AKAN DILETAKKAN.

Ini suatu nubuatan tentang Koresy, Yerusalem dan bait suci.

Siapakah Koresy? Secara harfiah ini sudah digenapi oleh raja Koresy, raja Farsi itu dalam Ezr 1:1 dst, yang menyuruh orang Israel pulang kembali ke Israel dengan fasilitas yang lengkap untuk membangun Yerusalem dan bait sucinya. Ini suatu hal yang luar biasa. Tuhan sudah berfirman lewat nabi Yeremia bahwa Yehuda akan dibuang ke Babil selama 70 tahun lalu sesudah itu mereka akan kembali dan mendirikan bait Allah yang di Yerusalem. Waktu Yeremia bernubuat tentang 70 tahun, tidak disebut nama raja Koresy Yer 25:11,12; 29:10. Nama ini belum dibuka, baru sesudah 70 tahun, nama itu nyata 2Taw 36:22,23. Siapakah Koresy ini? Dia adalah gembalaKu Yes 44:28, Dialah yang Kuurapi. Jadi ini seperti Kristus yang diurapi. Ini adalah gambaran dari Kristus yang diurapi dan menjadi gembala dari umat Tuhan yang akan membawa umat Tuhan kembali ke Yerusalem membangun bait Allah. Inilah gambaran dari Gereja Tuhan yang digembalakan, dipimpin oleh Kristus dan membangun bait Allah di Yerusalem yaitu menyelesaikan rencana Allah, Gereja disempurnakan, menjadi mempelai perempuan Anak domba Allah, sehingga semua rencana Allah digenapkan. Luar biasa.

Orang2 beriman yang jadi tawanan, akhirnya dipulihkan dan dibangunkan kembali oleh Kristen menjadi Gereja yang sempurna, menjadi Yerusalem baru dan mempelai Anak domba Allah dan rencana Allah digenapkan Wah 21:2,9.

 

Nyanyian: Tabernakel Glori no 471.

O Yerusalem baru, o Yerusalem mulia.

Sana hatiku rindu.

O, Yerusalem.