YS208 – Yesaya 44:21-23. Tuhan Penebus Yakub Dan Israel.

YES 44:21. YAKUB DAN ISRAEL ADALAH HAMBA TUHAN.

INGATLAH INI, O YAKUB DAN ISRAEL.

Apa bedanya? Kej 32:27-28.

Peristiwa ini terjadi di Pniel waktu Yakub bergumul dengan seorang malaikat yang ternyata adalah Tuhan sendiri yang menampakkan diri sebagai manusia. Pniel berarti sudah melihat Tuhan muka dengan muka (mengenal dengan baik2), sebab itu hidup ku selamat.

Yakub berusaha dengan kekuatan sendiri sehingga jadi penipu: orang yang ingin sukses dengan kekuatan sendiri, akan selalu bohong seperti Yakub, menghalalkan segala cara, sebab kekuatan sendiri terbatas. Dan kalau sudah sukses akan jadi sombong dan makin tumbuh dalam dosa. (arti kata Yakub adalah pemegang tumit, tetapi dalam Kej 27:36 diartikan penipu, sebab secara halus sudah menipu Esau dua kali. Caranya betul, tidak bisa disalahkan tetapi kena tipu sebab ini cara lihai dari Yakub). Banyak orang puas dengan cara ini, tetapi hatinya penipu, penuh siasat, tidak tulus. Orang yang tulus berusaha menjadi berkat, paling sedikit sama2 untung dengan jujur, sehingga lawannyatidak merasa tertipu seperti Esau. Sebab itu Esau sangat benci akan Yakub, ia hendak membunuhnya.

Tetapi Israel berarti sikap sebagai raja di hadapan Allah dan kepada manusia dan sudah menang. Inilah orang baru, yang punya kuasa sebagai raja atas daging, sehingga bisa menyangkal diri, mematikan daging dan jadi benar di hadapan Tuhan dan menjadi berkat di hadapan manusia, inilah orang yang menang atas daging, tidak licik tetapi jadi berkat, raja di hadapan Allah. Ini luar biasa. Ini dua bagian hidup Yakub, yang lama, yang jelek dan yang baru  yang indah.

Mengapa disebutkan keduanya, mengapa tidak nomer 1 saja? Supaya ingat dan rendah hati, sebab Tuhan yang menebusnya sehingga menjadi seorang raja! Tuhan datang dan memberi kesempatan dan Yakub tidak malas, ia mau dan tekun mengambil kesempatan ini menjadi raja.

Ada dua hal. Kesempatan Tuhan berikan pada semua orang, sebab Dia adil, tetapi tidak semua mau memakai kesempatan yang diberikan dan bertekun. Mereka yang malas, tidak mau menyangkal diri supaya memakai kesempatan ini dengan tekun akan tetap jadi Yakub yang bisa sukses dengan hanya bersikaplihai saja. Tetapi yang mau  memakai kesempatan ini dengan tulus di hadapan Allah harus menyangkal diri supaya tidak ada keinginan jahat yang tersembunyi, tetapitetap benar dan tekun, baru ia bisa menjadi Israel, raja di hadapan Allah dan manusia dan menang!

Setiap kita bisa menjadi Israel, meskipun masa lalunya jelek seperti Yakub. Tetapi harus mau menyangkal diri dan tekun, Tuhan memberi kesempatan pada semua yang mau, memakai setiap kesempatan dari Tuhan dengan tekun, pasti akanjadi indah, apalagi bersaksi sampai memenangkan jiwa, Tuhan menyediakan banyak hal2 indah di dalamnya. Jangan tetap jadi Yakub, buang semua tabiat dan hidup yang lama Kol 3:9-10, taat dengan menyangkal diri dan tekun memakai setiap kesempatan dari Tuhan dengan benar sesuai dengan Firman Tuhan, pasti indah, dan hasilnya: Jadilah: Israel!

 

KARENA ENGKAU ADALAH HAMBAKU.

Sesudah ditebus, semua kita adalah hamba2, budak belian milik Allah, sebab sudah dibeli dengan harga tunai 1Kor 6:19. Sekarang kita milik Tuhan.

Hamba berarti taat. Kalau malas dibuang, sehingga bisa direbut kembali olehiblis! atau dibunuh, sebab melawan, berontak, tidak mau taat. Tetapi orang yang mau taat akan kehendak dan hukum Tuhan Ul 26:16; 32:46 dengan segenap hati, hidupnya akan berhasil Yus 1:8, Maz 1:1-3. Manusia lebih menghargai pengorbanan (uang, harta) tetapi Tuhan lebih menghargai ketaatan 1Sam 15:22. Orang yang taat akan mau korban tetapi orang yang memberi korban belum tentu taat sungguh2 seperti Saul, ia memberi korban, tetapi tidak taat akan perintah dan kehendak Tuhan sehingga ditegur. Kita harus, wajib taat pada Tuhan lebih daripada kepada manusia Kis 5:29.

Kalau tidak mau taat, tidak masuk Surga, ini celaka terbesar Mat 7:21. Belajar jadi hamba yang taat dimana saja, kapan saja dan dalam hal apa saja.

 

AKU SUDAH MEMBENTUKMU, ENGKAU ADALAH HAMBAKU.

Paulus sadar akan hal ini, sebab itu ia berkata bahwa kalau ia sekarang ada sebagaimana ia ada (jadi Rasul yang indah) itu adalah karena Tuhan yang sudah membentuknya dengan kemurahanNya. 1Kor 15:10. Kalau dilihat hidupnya yang jahat, maka seharusnya ia tidak berlayak 1Tim 1:13-16, tetapi sebab anugerah dan kemurahanNya, bukan karena dia sendiri, maka ia ada sebagaimana sekarang Ef 2:8-10. Sebaliknya yang baru lahir atau belum menjadi apa2 di hadapan Tuhan, siapkan diri baik2 (hidup benar di hadapan Allah, sebab orang yang hidup dalam dosa, apalagi keras hati dalam dosa, maka Allah tidak mungkin membentuknya, sebab iblis  ada di dalamnya dan terus bekerja keras untukmembentuknya makin jahat dan keji untuk menjadi juga seperti iblis, si ular tua.

Untuk bisa dibentuk oleh Tuhan kita harus hidup benar dan memperkenankan Tuhan, maka Tuhan akan membentuk kita, Dia sanggup dan tidak pernah gagal asal kita menyerah penuh dan taat penuh kepadaNya. Tuhan adil, Ia mempunyai rencana kelas I (juara 1 untuk semua oarng tanpa kecuali) tetapi hasilnya tergantung dari kita sepenuhnya, sebab Tuhan itu betul2 adil dan rindu untuk mengangkat setiap orang sampai top! Kalau tidak top, apalagi rusak itu salah kita sendiri, biasanya juga karena tertipu oleh iblis dan kaki tangannya atau oleh hadiah2nya seperti Hawa.

Setiap orang mendapat kesempatan yang sama, jangan ragu2 akan kebaikan dan kasih Allah, Dia adil. Jadilah hamba Tuhan yang taat, tulus dan cinta, pasti indah. Kalau tidak jadi apa2, apalagi kalauhidupnya rusak, pasti yang salah adalah pihak manusia, cari salah sendiri dan bertobat, lalu kembali menjadi hamba yang taat, maka Tuhan akan mengolah kembali menjadi bagus sesuai dengan sisa2 rencana Allah yang masih ada (karena dahulu dirusak oleh dosa2nya).

O ISRAEL, ENGKAU TIDAK AKAN KULUPAKAN.

Sisa2 kemuliaan Allah yang paling besar Rom 3:23 dan diakui dalam dunia adalah cinta ibu pada bayinya (tetapi kalau dosa sudah makin meningkat akan ada banyak orang membunuh bayinya sendiri, istimewa waktu masih kecil dan tidak berdaya (aborsi dan anak2 kecil dianiaya dan dibunuh oleh ibu bapaknya sendiri. Itu karena dosa). Meskipun dosa meningkat dan banyak terjadi hal2 yang jahat ini, bahkan jadi mode tetapi Allah tidak berubah kasihNya, tetap tidak melupakan anak2Nya sekalipun undur sampai Neraka seperti orang kaya dalam neraka Luk 16:25. Tetapi di Neraka kesempatannya habis! Kalau masih bisa dan mau kembali seperti putra terhilang (belum mati), masih ditarik kembali oleh Allah dan tidak dilupakan, tetapi segera sesudah mati, tidak bisa ditolong lagi. Mati itu akhir dari kesempatan dari Tuhan, apalagi bunuh diri, itu bodoh dan celaka kekal.

 

YES 44:22. TUHAN MENGAMPUNI YANG BERTOBAT DAN BELUM HABIS WAKTUNYA.

 

AKU AKAN MENGHAPUSKAN KESALAHANMU SEPERTI AWAN YANG TEBAL DAN DOSA2MU SEPERTI AWAN; KEMBALILAH KEPADAKU, KARENA AKU SUDAH MENEBUSMU.

Jelas kasih Allah tetap limpah dan setia 2Tim 2:13. Asal kita bertobat dengan tulus (sampai dalam hati dan angan2nya) dan belum habis waktunya (belum mati jasmani atau mati rohani sebab dosanya sempurna), Tuhan masih mau mengampuni

Dosa ada yang seperti awan biasa atau yang sangat tebal, semua bisa diampuni seperti awan tebal dari Daud, tetapi hajarannya lebih berat Maz 99:8 dan rencana Allah rusak, merosot sesuai dengan tebal dosanya dan pertobatannya (Allah mengukur semua dengan adil). Sebab itu jangan bodoh lalu sembarangan berdosa, semua ada akibatnya. Jauhkan setiap dosa besar dan kecil apalagi dosa sengaja (sudah tahu tetap berdosa) dan keras hati (ber-ulang2 berdosa terus) itu akibatnya makin besar dan dahsyat. Orang bodoh tidak merasa bedanya tetapi orang yang mengerti dan celik mata rohaninya itu betul2 mengerti dan menjaga kesuciannya baik2, bukan hanya dalam perbuatan (dan kata2), tetapi sejak di dalam hati dan angan2nya. Ini tempat pencegahan, yaitu tidak sampai berdosa dalam pikiran dan angan2 dan ini bisa dikerjakan dengan Firman Tuhan Maz 119:11 dipimpin Roh 1Pet 1:2 dan dengan saling menasehati dalam tubuh Kristus dan dalam pelayanan yang tulus 2Tim 2:20-21, apalagi antara suami istri harus saling tolong menolong Kej 2:18. Semua ini ada dalam 7 KPR kalau kita mengerjakannya baik2.

 

KARENA AKU SUDAH MENEBUSMU.

Mengapa sudah? Padahal Tuhan Yesus belum mati menebus dosa manusia? Bagi Allah yang kekal dan maha kuasa, masa lalu (Ia bisa kembali dan tahu lengkap dan tepat), masa sekarang dan masa yang akan datang ada dalam tanganNya. Ia bisa mengatakan yang akan datang seperti yang sudah lewat Rom 4:17, sebab Allah maha kuasa, tidak pernah gagal, tidak satupun dari maksudnya bisa gagal. Ay 42:2, Luk 1:37, sebab itu Henokh, Elia (Musa) bisa menjadi sempurna meskipun Tuhan Yesus belum mati, dengan iman akan janji2 Allah yang maha kuasa dan yang kekal; Hasilnya luar biasa Ibr 11:5. Tuhan Penebus kita, dari orang-lama menjadi orang-baru, dari anak iblis menjadi anak Allah. 1Kor 6:19.

 

YES 44:23. TUHAN MENEBUS YAKUB DAN JADI MULIA DI ISRAEL.

 

NYANYILAH, ENGKAU SURGA, SEBAB TUHAN SUDAH MELAKUKANNYA, BERTERIAKLAH ENGKAU BAGIAN BAWAH BUMI.

Ini akan terjadi pada waktu Tuhan Yesus menebus manusia. Pada saat ini dinubuatkan, itu belum terjadi, tetapi Tuhan bisa mengatakannya dan itu kemudian pada waktunya betul2 terjadi. Sebab itu percayalah akan Firman Tuhan, sebab semua yang dinubuatkan pasti terjadi, 100% akan jadi. Jumlah orang yang selamat dan tumbuh sampai sempurna, semua itu sudah diketahui Tuhan Rom 10:25, Wah 14:1, luar biasa. Dia tahu lebih dahulu tetapi tidak menentukan lebih dahulu! Rom 8:29. Kalau satu orang membuang atau menukar imannya dengan kemuliaan dari perkara2 yang fana, ia akan terhilang (kalau sampai mati tidak bertobat) dan tempatnya (jumlahnya) digantikan orang lain Mat 21:43. Jangan sampai tertipu dan terbujuk oleh bapa pembohong itu.

Bagian bawah bumi adalah istilah untuk Hades, Neraka Wah 5:13, Ef 2:9 (alam berzakh itu terdiri dari bagian atas dan bagian bawah dan dibatasi oleh jurang besar sehingga orang2 tidak bisa menembusi batas ini kecuali dengan izin Allah. Luk 16:26. Pada waktu Tuhan Yesus mati. Ia merampas kunci maut dan alam maut (bagian bawah) Wah 1:18, lalu membebaskan tawanan orang Wasiat Lama dan dibawa naik ke Surga. Surga bersukacita dan menyanyi ramai2, tetapi neraka ber-teriak2 sebab kalah dan hilang tawanannya, tetapi iblis tidak berdaya. Bukan saja itu. Dengan kekalahan utama ini, iblis sendiri sudah membayangkan hukuman yang kekal dalam Abusos dan Tasik api yang akan datang. Ini sudah dinubuatkan Allah lebih dahulu dalam zaman Yesaya (bahkan ber-ulang2 kali) dan sekarang itu betul2 sudah terjadi, Allah itu luar biasa.

Ini peristiwa yang sangat besar dan ajaib, sebab sekarang orang yang percaya Tuhan Yesus bisa berubah dari anak2 iblis menjadi anak2 Allah, berubah total dalam sekejab dan lepas dari hukum dosa dan maut dan kita bisa berubah menjadi allah2 Yoh 10:35 seperti Kristus. Ef 4:13. Bukan main ajaib dan besarnya Allah kita yang heran.

 

BERSORAKLAH DENGAN NYANYIAN, ENGKAU GUNUNG2, O HUTAN DAN SETIAP POHON DI DALAMNYA.

Ini luar biasa, sebab nubuat ini dikatakan sebelum hal2 ini terjadi. Juga nanti tentang pengangkatan lalu peristiwa2 ajaib dan indah yang terjadi sesudah itusampai kerajaan 1000 tahun dan Surga Bumi Baru yang luar biasa indahnya dan kekal.

Dari Surga Bumi lama kita akan pindah sampai masuk Surga Bumi Baru, luar biasa dan sangat indah! Sebab itu perhatikan nubuatan dan seluruh Firman Tuhan dan “ambilah” bagian yang terbaik, itu kehendak Tuhan. Dari Firman Tuhan kita tahu bagian yang ter baik dan Roh Kudus juga memimpin kita dan mencelikkan mata rohani kita sehingga bisa melihat bagian yang terbaik dan Roh Kudus memberi kekuatan untuk bisa mengambilnya dengan iman yaitu dengan mentaati syarat2nya.

Gunung mana yang ber-sorak2? Gunung kesucian Tuhan, gunung Sion Maz 48:2. Semua orang yang ada di atas gunung ini bisa bersukacita, sebab semua orang suci akan dapat bagian dalam kerajaan Surga apalagi kalau kita terus meningkat sampai puncak2nya.

Hutan dan pohon2 di dalamnya. Inilah gambaran dari manusia dalam hutan dunia ini. Pohon kayu itulah daging, manusia Mrk 8:24. Manusia itu mula2 ada di dalam hutan dunia dan hidup dalam daging dan dunia ini, tumbuh dalam hidup yang lama, yang kemudian pada waktu percayaditebang untuk dibawa dalam bait Allah, dan di-potong2, dicocokkan dengan ukuranAllah, menjadi Papan2 dan Tiang2 dalam bait Allah. Inilah orang yang sudah diputus dari hutan dunia ini lalu di-potong2, dicocokkan dengan Firman Tuhan sehingga bisa menjadi tiang2, papan2 dan alat2 dalam bait Allah, jadi bagian dari rumah Allah yang kekal. Semuanya ini bersukacita dan menyanyi terus sampai masuk dalam Surga mulia dan kekal. Luar biasa!

SEBAB TUHAN MENEBUS YAKUB DAN MEMULIAKAN DIRINYA SENDIRI DI ISRAEL.

Yakub ditebus menjadi kemuliaan Tuhan di Israel. Memang kita diciptakan untuk kesukaan Tuhan Wah 4:11. Tampaknya se-olah2 Allah itu egois, sebab semua diciptakan untuk kesukaan dan kemuliaan Allah saja. Kalau ini untuk iblis, memang cocok, sebab dia betul2 egois dan orang2 yang mengikuti dia itu akan celaka; pikiran yang salah ini betul untuk iblis, sebab pada akhirnya orang2nya akan dikorbankan dan dicelakakan, dirugikan untuk iblis dan memang inilah kehendak dan rencana iblis. Tetapi Tuhan itu lain, Allah itu kasih 1Yoh 4:8.

Kalau di dunia seorang anak mengerjakan semuanya untuk keuntungan, kesukaan dan kemuliaan orangtuanya, itu tidak merugikan anak itu sendiri, tetapi sebaliknya itu sangat menguntungkan si anak itu sendiri, sebab segala kesukaan, keuntungan dan kemuliaan yang dikumpulkan untuk orangtuanya, itu justru diberikan kembali pada si anak sebab anak itulah kecintaan orangtuanya, bahkan lebih dari itu segala milik orangtuanya diberikan pada anak yang mencintai, memuliakan orangtuanya ini. Orangtua yang sudah tua merasa tidak membutuhkan apa2 lagi, semua untuk si anak bahkan ditambah lagi dengan segala kemuliaan yang belum diketahui oleh si anak, sebab cinta! (Iblis itu benci dan pembunuh!).

Begitu juga Allah yang kasih adanya. Kalau kita memuliakan dan menyenangkan Dia, maka kita sendiri akan dipermuliakan dan kita akan mendapat semua yang tersembunyi yang lebih besar, yang belum kita ketahui untuk kita dalam Surga yang kekal! Tidak akan rugi, semua untuk kemuliaan Tuhan, itu arah yang betul, tepat dan menyucikan kita dan juga paling menguntungkan umat Tuahn sendiri, sebab dengan demikian ia akan tumbuh dan mendapat semua kemuliaan Allah yang sempurna dalam dirinya, sebab oran2 suci akan menjadi satu dengan Allah. Orang yang memperkenankan Tuhan itu justru menguntungkan dirinya sendiri, sebab ia mau merendahkan diri, tidak mencuri kemuliaan Tuhan dan taat memuliakan Tuhannya, sehingga jadi mulia dalam kerajaan Surga untuk kekal. Yang mata belum lihat, telinga belum dengar dan belum pernah timbul dalam hati manusia disediakan oleh Tuhan bagi orang2 yang mencintai Allah 1Kor 2:9, lebih daripada apapun. Kasih Allah itu sudah terbukti di dalam pengorbananKristus, apalagi kalau sudah jadi seperti Kristus, kemuliaan dan kesukaan yang diberikan pada kita akan jauh lebih besar lagi, lebih daripada yang bisa kita pikirkan!

 

KESIMPULAN.

Ayat 21. Ingat Yakub dan Israel, semua bisa mendapat kesempatan menjadi Israel dan kemudian menjadi hamba Tuhan yang taat penuh asal mau dan tekun berusaha menurut Firman Tuhan. Ini hidup yang indah yang tidak akan pernah dilupakan Tuhan (meskipun waktu ujian se-olah2 dilupakan seperti Ayub, tetapi justru sangat diperhatikan dan ditolong supaya lulus dan jadi makin indah untuk kekal!) karena Tuhan akan membentuk kita dengan ajaib, bahkan bisamenjadi seperti Allah sendiri Mat 5:48, menjadi mempelai Kristus 1Kor 11:1.

Ayat 22. Manusia memang belum sempurna, kadang2 ada kekurangan dan kelemahannya sehingga jatuh dalam dosa,tetapi jangan putus asa, dosa yang seperti awan tebalpun diampuni Tuhan, tetapi jangan berdosa dengan sengaja apalagi keras hati, semua rencana Allah yang indah akan rusak. Tetapi yang memelihara kesucian hasil penebusanNya, akan jadi sangat indah di dunia sampai dalam kekekalan Yus 1:8, Maz 1:3.

Ayat 23. Waktu Tuhan menebus manusia (tepat seperti yang dinubuatkan), Surga bersukacitalah dan neraka gempar. Penebusan Tuhan itu luar biasa. Gunung2 dan hutan2 ber-sorak2 sukacita. Orang yang mau percaya dan disesuaikan dengan ukuran Tuhan itu untung, apalagi kalau naik terus dalam gunung kesucian Tuhan, kita bisa meningkat dalam kemuliaan yang kekal yang sangat indah dalam Surga Bumi Baru. Ini hanya bisa dilakukan di gunung kesucian Tuhan di dunia, selagi hidup. Jangan buang kesempatan ini dan naik terus sapai tingkat2 tertinggi selama ada kesempatan, bahkan sampai top. Selagi ada kesempatan, tumbuhlah dengan tekun.

Nyanyian:

Tambahlah selangkah Tuhan briku percaya.