YS206 – Yesaya 44:12-17. Tukang Besi Dan Tukang Kayu. (Pembuatan Berhala).

YES 44:12. TUKANG BESI DENGAN CATUTNYA BEKERJA DI DALAM BARA API DAN MEMBENTUKNYA DENGAN PALUNYA DAN MENGERJAKANNYA DENGAN KEKUATAN LENGANNYA, YA, IA LAPAR DAN KEKUATANNYA HABIS, IA TIDAK MINUM AIR DAN MENJADI LEMAH.

 

YES 44:13. TUKANG KAYU MEMBENTANGKAN PENGUKURNYA, IA MEMBERI TANDA PADANYA DENGAN BENANG, IA MEMBENTUKNYA DENGAN PAHAT DAN MEMBERI TANDA DENGAN JANGKA DAN MEMBUATNYA MENURUT GAMBAR SEORANG SESUAI DENGAN KEELOKAN SEORANG, SUPAYA IA ITU TINGGAL DI DALAM RUMAH.

Tukang besi dan tukang kayu adalah orang2 yang tergolong penting bukan termasuk orang hina/ biasa. Pada waktu ditawan, mereka digolongkan orang penting, jumlahnya dihitung, ada 1000 orang. 2Raj 24:14,16.

Dalam rumah Tuhan juga dibutuhkan tukang besi dan kayu untuk membuat ber-macam2 peralatan dan untuk memperbaikinya. 2Taw 24:12. Memang kita harus memakai semua kemamupan dan kekuatan kita untuk mengasihi Tuhan Luk 10:27. Jangan sebaliknya, segala kekuatan dan kemampuannya dipakai justru untuk membuat berhala seperti dalam ayat2 ini, lalu disembah Yes 44:17. Ini sangat jahat di hadapan Tuhan. Dalam Yer 24:1-2; 29:2 diceritakan tentang dua keranjang buah ara yang sangat baik dan yang sangat jelek. Perbuatan2 membuat berhala lalu disembah, apalagi oleh tukang besi dan kayu itu sangat jahat seperti buah ara yang sangat busuk yang tidak bisa dimakan, hanya untuk dibuang saja. Sayang sekali. Sebetulnya bisa dimakan (kalau buah ara itu jadi baik) tetapi sekarang buah ara itu jelek, busuk sekali sehingga hanya untuk dibuang saja. Begitu orang2 Israel dan tukang2 besi dan kayu ini, yang seharusnya bisa membuat hal2 yang baik bagi bait Allah, atau membuat pembetulan2, tetapi sekarang hanya membuat berhala2 besi atau kayu lalu disembah. Ini sangat keji danketerlaluan!

Begitu juga waktu dosa umat manusia pertama kali meningkat sampai melebihi batas lalu hukuman Allah jatuh pada zaman Nuh (dahsyatnya seperti dosa2 akhir zaman Luk 17:26) dan itu semua juga disertai dengan perbuatan2 tukang besi dan kayu. Dosa dalam Hawa dan Adam turun dan bekerja dalam Kain sehingga membunuh adiknya, lalu turun terus dalam turunannya dan Lamech (turunan ke-7) memulai poligami lalu muncul turunan ke-8. Jubal (Kej 4:20 tukang kemah dan lembu2 yang kemudian dikorbankan dalam mezbah berhala dalam dosa2 zaman Nuh – generasi ke-10 (tetapi dosa zaman Nuh itu sudah mulai sejak Hawa-Kain dan terus ber-tambah2 mencapai puncaknya dalam zaman Nuh Kej 6:3).

Juga anak yang lain Jubal (Kej 4:21) adalah tukang kayu yang bisa membuat kecapi dan muri, Tubal kain (Kej 4:22) yaitu tukang besi. Pada waktu dosa sudah meningkat dan semua orang ikut dalam dosa2 yang jahat, semua kemampuan mereka dipakai menuruti daging dan hawa nafsunya, sehingga tidak ada lagi seorangpun yang mau berbakti pada Allah seperti keluarga Nuh. Inilah umat Tuhan yang berontak dan melawan Tuhan dengan berhala2 besi dan kayunya.

Tambahan ayat 12-13.

Mereka berusaha sendiri, membuat berhala dan allah sendiri dengan segala kekuatan dan kemampuannya, tetapi mereka jadi lelah, haus dan lapar, habis kekuatannya. Begitu orang yang undur dari Tuhan dan menyembah berhalanya,akhirnya habis kekuatannya dan binasa.

 

YES 44:14. MENYEMBAH CIPTAANNYA, BUKAN SANG PENCIPTA.

 

IA MENEBANG POHON ARASY BAGI DIRINYA DAN MENGAMBIL POHON SARU DAN POHON JATI YANG DIKOKOHKANNYA BAGI DIRINYA SENDIRI DIANTARA POHON-POHON DI HUTAN. IA MENANAM POHON, DAN HUJAN MENUMBUHKANNYA.

Orang yang membuat allah dari kayu, itu harus mencari pohon dan menebangnya dari antara pohon2 di hutan; Ia tidak bisa membuat kayu sendiri bahkan berhalanya itu juga tidak bisa muncul sendiri, harus dibuat oleh Tuhan dan manusia yang harus mencari kayu di hutan. Orang yang menanam pohonpun tergantung penuh dari Tuhan, sebab mereka hanya menanam tetapi Tuhan yang menumbuhkan. Semua ini hanya ciptaan Allah, mengapa disembah? padahal Allah itu Sang Pencipta yang maha besar, Dia yang patut disembah dan dijadikan Allah bukan ciptaannya. Tetapi manusia membuat ciptaanNya dan hal2 yang “diciptakan” (dibuat, bukan diciptakan olehmanusia) itu yang disembah. Tetapi kalau kita menyembah Allah, maka Allah dengan segala keilahianNya bisa menolong kita dengan kuasa, hikmat, pertolongan berkatNya dan se-gala2nya untuk menyelamatkan dan menolong kita di dunia sampai dalam Surga yang kekal. Mengapa menyembah berhala justru akan binasa, tetapi yang menyembah Allah akan hidup.

Prinsip berhala. Seharusnya manusia menyembah pada Sang PenciptaNya yaitu Tuhan Allah yang maha besar, maha kuasa di atas se-gala2nya. Tuhan mencipta manusia dengan begitu sempurna, limpah dengan kekuatan, kepintaran, kemampuan dan karya yang besar2, sehingga bisa membuat dan menciptakan perkara2 yang hebat dan besar. Tetapi karena dosa semuanya menjadi najis Tit 2:15-16. Mereka mulai mencintai manusia, barang2 ciptaannya dan segala macam perkara di bawah langit ini dan akhirnya menjadi begitu ter-gila2 sampai memberhalakannya seperti orang zaman Nuh, makan minum, kawin mengawinkan dan segala macam perkara2 dosa dan berhala.

Seharusnya mereka menyembah Penciptanya tetapi sekarang justru ter-gila2 dan menyembah ciptaanNya dan biasanya iblis ada di belakangnya membuat keadaan lebih semarak dan dahsyat. Memang mula2 penuh sukacita dan memuaskan daging, itu semua perkara2 kedagingan, tetapi kemudian hidup jadi menderita, dalam tertawapun hati berasa sakit Ams 14:12-13 dan akhirnya kesukaan itu kedukaan jua untuk kekal dalam neraka. Sebab itu jangan menyembah semua ciptaan Allah, tetapi fokus pada Allah dan sembah Dia saja. Cari perkara2 dari Atas Kol 3:1-3, sembah Tuhan saja, Dia saja yang patut disembah, Allah yang penuh kasih, kuasa, hikmat dan segala kebesaranNya.

 

OHP berhala: – pencipta

– ciptaan.

 

YES 44:15. KAYU UNTUK BERHALA DAN MEMBAKAR ROTI.

 

BAGI MANUSIA IA ITU (KAYU) UNTUK DIBAKAR, SEBAB IA MENGAMBIL DARIPADANYA DAN MEMANASI DIRINYA SENDIRI. SESUNGGUHNYA IA MENYALAKANNYA DAN MEMANGGANG ROTI, YA, IA MEMBUAT ILLAH DAN MENYEMBAHNYA, IA MEMBUATNYA SEBUAH PATUNG UKIRAN DAN SUJUD KEPADANYA.

Manusia memakai kayu untuk dibakar untuk memanasi dirinya sendiri (apalagi dalam musim dingin) supaya tubuhnya panas dan tetap hidup. Juga ia memakai kayu utnuk membakar roti dan roti untuk dimakan bagi hidupnya. Tetapi dari kayu itu juga ia membuat berhala lalu sujud menyembahnya. Bahkan juga roti itu dipersembahkannya pada berhala. Terlalu bodoh dan rendah berhalanya, tetapi matanya dibutakan oleh iblis sehingga jadi buta. Mereka tersesat sehingga Allah yang maha besar disejajarkan dengan kayu2 itu yang tidak bisa beruat apa2 (memang iblis ikut menunjukkan sejumlah kuasa dan tanda2 ajaib di belakang berhala2 itu sehingga menyesatkan dan membutakan orang2 yang mau menyembahnya, sebabsebetulnya mereka menyembah iblis!).

Jangan sampai ditipu iblis sebab bodoh dan menuruti daging, sehingga mencintai dan ter-gila2 akan segala macam berhala, menuruti dosa dan kedagingannya dan undur dari Tuhan sehingga akhirnya binasa.

 

YES 44:16. JADI PANAS DAN LIHAT API.

 

IA MEMBAKAR SEBAGIAN DARIPADANYA DALAM API DAN DENGAN SEBAGIAN DARIPADANYA, IA MAKAN DAGING YAITU DENGAN MEMANGGANG DAGING DAN ITU MEMUASKAN. YA, IA MEMANASI DIRINYA DAN BERKATA: HA, SAYA MENJADI PANAS, SAYA SUDAH MELIHAT API.

Kayu2 itu sebagian dibakar habis dan tidak menjadi apa2, tetapi sebagian daripadanya dijadikan berhala dan mereka mulai menyembah berhala itu sambil memberi korban persembahan dan makan minum dan bermain di hadapannya. 1Kor 10:7. Mereka ber-tambah2 dalam dosanya dan menuruti daging sampai daging dipuaskan dan terus dirangsang dan dipanasi dan melihat api yaitu pekerjaan iblis. Ini semua adalah kesukaan dan kebebasan dalam dosa dan kedagingan sehingga terus ber-tambah2 dan api neraka me-nyala2 dalam mereka. Untuk permulaan dosa itu terasa enak dan menyenangkan, sukacita, puas dan mereka melihat api neraka itu amat indah, manis dan menyenangkan pada permulaannya. Tetapi api ini akan membakar mereka sampai celaka, penuh dengan siksa, sengsara dan penderitaan api neraka Rom 3:17, tiada sejahtera dan sukacita yang sesungguhnya. Seperti perempuan Samaria dalam Yoh 4, mula2 “api” itu tampaknya indah dan menyenangkan, sebab cocok dengan kehendak daging, memuaskan daging, tetapi tidak ada sejahtera di dalam hidupnya Yoh 4:13. Apalagi nanti kalau masuk dalam neraka, ia akan menderita dan asap siksanya naik ke atas se-lama2nya. Wah 14:11. Jangan tertipu oleh iblis!

 

YES 44:17. BERHARAP PADA IBLIS.

 

DAN SISA DARIPADANYA DIBUATNYA BERHALA, BAHKAN PATUNG UKIRAN. IA JATUH TERSUNGKUR KEPADANYA DAN MENYEMBAHNYA DAN BERDOA KEPADANYA DAN BERKATA, LEPASKANLAH SAYA SEBAB ENGKAULAH ALLAHKU.

Manusia begitu bodoh dan tersesat sehingga tersungkur pada ciptaan Allah dan hasil perbuatan tangannya sendiri lalu minta pertolongan dan kelepasan dari berhalanya. Manusia berharap pada kedudukan, kuasa dan kepintarannya sendiri, itu cara hidup berhala yang terkutuk Yer 17:5-6 sehingga undur (melawan) Tuhan.

Juga uang yang dikumpulkan itu menjadi berhalanya dan terus berharap pada uang yang menjadi berhala mammon (dan ini meratakan jalan untuk jadi meterai Antikris).

Orang2 yang mengerti Firman Tuhan dan dipimpin Roh tidak akan mau dibujuk dan ditipu iblis sehingga menyembah berhala tetapi dengan segenap hatinya menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24 dan Tuhanlah menjadi kekuatan, kesukaan dan kekasihnya. Ini orang2 yang matanya celik dan mengerti kebenaran Firman Tuhan (sehingga terlepas dari segala jerat dan tipu daya iblis).

Kalau kita berharap pada Tuhan, Tuhan tidak akan mengecewakan kita Rom 10:10. Lekat baik2 dalam pokok yang benar di dalam Kristus dan bersandar penuh pada Tuhan, Dia kekuatan dan hidup kita di atas se-gala2nya.

Apa saja yang bisa menjadi berhala? Semua yang ada di bawah kolong langit. Bisa orang2 disekitar kita (anak, istri, suami dan orang2 lain yang dipercayai dan diharapkan lebih dari Tuhan). Juga pemimpin2 rohani yang dikultuskan seperti Tuhan (lalu menghina hamba2 Tuhan yang lain). Juga hobby, barang usaha, tokok, sukses, uang, kepintaran, sistem, peralatan yang dikagumi dan dicintai lebih dari Tuhan, semua bisa jadi berhala. Tentu juga occultisme dan iblis; kalaudisembah, itu sangat melawan Allah terang2an). Seringkali orang tidak sadar antara pemakaian yang patut dan yang salah sehingga menjadi berhala. Misalnya mencintai anak dan memberhalakan anak, dari luar tampaknya sama tetapi prinsipnya berbeda. Sebab itu Tuhan berkata bahwa karena Kristus, kalau seorang tidak bisa membenci anaknya, orangtuanya dst itu tidak berlayak kepada Tuhan Luk 14:26. Ini bukan berarti benci tetapi mendahulukan Tuhan lebih dari semua yang lain. Misalnya Abrahamlebih taat pada Tuhan sehingga iamengorbankan Ishak; itu se-olah2 membenci anaknya karena taat dan cinta pada Tuhan lebih dari semua yang lain. Sesudah Abraham taat, Tuhan menggantinya dengan domba jantan.

Juga makanan yang dipakai dengan patut dan yang jadi berhala (bertuhankan perut Pil 3:9) itu dari luar tidak tampak bedanya, tetapi yang satu wajar, yang lain berhala dan itu jahat di hadapan Tuhan (ini dosa akhir zaman Luk 17:27).Sebab itu kita harus belajar baik2 dari Firman Tuhan dan selalu dipimpin Roh, jangan sampai salah pakai lalu jadi ber-lebih2 dan menjadi berhala.

 

YES 44:18-20. MATA YANG BUTA DAN HATI YANG TUMPUL.

 

YES 44:18. MATA DAN HATINYA TERTUTUP.

 

MEREKA TIDAK TAHU DAN TIDAK MENGERTI, SEBAB IA MENUTUP* MATANYA SEHINGGA MEREKA TIDAK BISA MELIHAT DAN HATINYA JUGA, SEHINGGA MEREKA TIDAK BISA MENGERTI.

(Ibr: menutup = diolesi, dikotori sampai matanya tertutup dan tidak bisa melihat).

Ini orang2 yang buta dan hatinya tertutup, sehingga akalnya tidak jalan, begitu bodoh. (Akal atau pikiran itu dicipakan Allah untuk berpikir. Berpikir itu tidak salah, asal:

  1. Mata hatinya celik.
  2. Sesuai Firman Tuhan.
  3. Menurut pimpinan Roh.

Dalam hal2 jasmani, kita wajib memakai akal ini baik2, tetapi tetap dipimpin Roh dan dalam terang Firman Tuhan, apalagi dalam hal2 rohani, harus sesuai dengan Firman Tuhan).

Tetapi kalau mata hatinya buta, juga hatinya tertutup, maka orang itu menjadi begitu bodoh sehingga seperti orang yang tidak lagi bisa berpikir baik2, lebih bodoh dari orang biasa.

Mengapa bisa begini? Sebab dibalik semua ini ada iblis yang mengikat dalam dosa, memperhambakannya dan merasuk hatinya sehingga mereka itu dikuasai penuh oleh iblis. Seperti orang mabuk, mata gelap, sudah tidak bisa berpikir waras. Berapa banyak orang seperti ini, sudah tahu dosa, tahu berbahaya dan jahat, tetap dilanggar, bahkan jadi lebih jahat dari orang dunia yang hanya memakai pikiran sehat belaka, padahal umat Tuhan mempunyai Firman Tuhan yang lengkap dan heran. Ini sebab matanya buta dan hatinya tidak lagi punya perasaan, tumpul, sebab sudah dirasukkan setan dan mabuk dengan segala percintaan berhala. Bahkan ada pemimpin2 yang sudah mengajar sampai ber-tahun2 tetapi kemudian ia sendiri melanggar seenaknya seperti orang yang belum pernah mengerti apa2, padahal sudah menjadi guru perkara yang baik.

Karena itu jangan main2 dengan dosa kecil dan keras hati, sebab kalau iblis sudah masuk, dapat tempat Ef 4:27 ia akan bekerja (mungkin lambat mungkin cepat, sesuai kesempatan yang didapatnya) lalu orang itu diikat, dikuasai dan dibutakan matanya.

Lalu timbul peristiwa2 yang aneh, jahat dan keji dan disesalkan banyak orang, lebih2 yang dikerjakan oleh pemimpin2 yang dahulunya heran dan ia sendiri menjadi gurunya, tetapi sekarang begitu bodoh seperti Yudas, Gehazi, Saul dll. Ini sebab tidak mau disucikan baik2, ada dosa2 yang dibiarkan dan disembunyikan baik2, akhirnya, waktu jadi matang, orang jadi heran2. Sebab itu masing2 harus berdiri benar di hadapan Tuhan 2Tim 2:15 (lebih2 dalam setiap kali Perjamuan Suci, periksa diri, jangan makan Perjamuan suci dengan dosa, bisa mati rohani 1Kor 11:28-30) dan terus hidup dipimpin Roh. Jangan sampai yang terdahulu menjadi yang terbelakang. Mat 19:30!

 

YES 44:19. PIKIRAN YANG BODOH DAN TERBALIK.

 

DAN TIDAK SEORANGPUN YANG MEMPERTIMBANGKAN DALAM HATINYA DAN JUGA TIDAK ADA PENGETAHUAN ATAU PENGERTIAN UNTUK MENGATAKAN: SAYA TELAH MEMBAKAR SEBAGIAN DARIPADANYA DALAM API. SAYA JUGA MEMBAKAR ROTI DI ATAS ARANGNYA. SAYA SUDAH MEMANGGANG DAGING DAN MEMAKANNYA. DAN AKANKAH SAYA BUAT SISANYA SUATU KEKEJIAN? (berhala). AKANKAH SAYA SUJUD PADA SEPUNTUNG DARI SEBUAH POHON?

Orang2 Israel ditegur, mengapa begitu bodoh sebab dari kayu yang dipakai untuk membakar roti, dan sebagian yang lain untuk memanggang daging, lalu sisanya dibuat jadi berhala yang disembah menjadi suatu kekejian di hadapan Tuhan. Bukankah itu suatu kebodohan yang amat sangat. Tidak ada pengetahuan dan pengertian sama sekali.

Jadi kita melihat ada dua hal yang penting untuk orang beriman.

  1. Pengetahuan dan pengertian (ini harus dipelajari dengan tekun, harus beri waktu dan usaha)
  2. Mata hati yang celik, ini sangat penting meskipun tidak tampak dan tidak ada ijazahnya. Justru mata hatinya ini dibutakan oleh iblis yang ada dalam orang itu (yang tidak mau bertobat sungguh2, tetap ada dosa di dalam hatinya sehingga iblis tetap bertahta atau bercokol di dalamnya dan dialah yang membutakan mata hati orang itu). Sekalipun orang ini pernah mengerti dan pernah belajar bahkan sudah mengajar, tetapi sebab mata hatinya dibutakan iblis, maka ia jadi seperti orang yang hilang ingatkan atau orang mabuk dan tidak lagi bisa berpikir baik2, tidak bisa berpikir terang dengan pikirannya.

Memang kekristenan itu bukan hanya suatu sistem buatan manusia, tetapi di dalamnya, dibaliknya ada kuasa2 yang tersembunyi yang tidak kelihatan. Umat Tuhan punya Tuhan di dalam masing2 dan musuhnya itu kuasa iblis dan setan2nya Luk 11:20-22. Kalau tidak ada kuasa Allah, iblis akan masuk dan tinggal di dalamnya bahkan sekalipunsudah diusir (pada waktu bertobat) kalau kembali hidup dalam dosa dan keras hati, ia bisa jadi 8 kali lebih jahat Mat 12:45, atau bahkan lebih sampai be-ribu2 kali seperti orang gila Gadara Mrk 5:13, sebab itu jangan hanya memegang aturan atau tata cara ibadahnya tetapi kita harus punya Allah dalam kita yang limpah dengan hikmat, kuasa dan penyertaanNya. Orang beriman harus punya Roh Kudus, Ef 5:18; tidak cukup hanya percaya dan ada sedikit pengaruh Kristus dalam hatinya. Roh Kudus harus ada di dalam kita, harus hidup di dalam kita Gal 2:20, Fil 1:21. Kalau Allah beserta kita, baru kita kuat menghadapi iblis dan tentaranya. Maz 144:4, Rom 8:31. Sebab itu tinggal tetap dalam Tuhan dan Tuhan di dalam kita (Perjamuan Suci Yoh 6:56). Ini persekutuan rangkap. Tuhan di dalam kita dan kita di dalam Tuhan, kuat sekali. Bukan dirasuk seperti cara iblis yang menipu dan menguasai, tetapi sama2 sadar dan sama2 ingin, mau bersekutu dengan kehendak dan kemauan sendiri. Ini suatu persekutuan yang kuat sebab dari dua arah dan menjadi satu

1Kor 6:17, 16. Sama seperti suami istri menjadi satu daging, jadi satu, sebab sama2 cinta. Begitu kita bersekutu, bukan hanya karena harus taat, harus dengar2an, tetapi juga dari pihak kita sendiri mau menyatu dengan Tuhan seperti mempelaiNya Ef 5:31-32. Sebab itu perlu suci MAK (di mana saja, dalam hal apa saja, dan kapan saja)dan dipimpin Roh terus menerus, menjadi satu dengan Kristus, sehingga bukan kita lagi tetapi Kristus di dalam kita Gal 2:20.

 

YES 44:20. MAKAN ABU DAN MEMEGANG DUSTA.

 

IA MAKAN ABU; HATI YANG TERTIPU SUDAH MEMBALIKKANNYA.

Orang ini sudah mabuk atau terbius oleh iblis sehingga pikirannya jadi sangat bodoh dan melakukan yang aneh2, jahat dan keji, sudah mata gelap, tanpa menyadarinya bahwa hukumannya sangat dahsyat. Orang2 yang aneh dan keji ini makan abu seperti ular Kej 3:14. Begitulah orang yang keji itu makan hal yang fana dan jahat, keji, penuh dosa dan pemberontakan seperti ular. Ia sudah tidak sadar akan Firman Tuhan, misalnya: Mat 16:26 dan terus mengejar perkara2 yang fana seperti kedudukan, uang, kesukaan dosa yang sesaat dan segala perkara2 duniawi yang limpah dengan segala dosa2 dan kekejian. Saul yang undur dari Tuhan begitu keji, sehingga mau membunuh Daud anak mantunya sendiri yang sudah menyelamatkan seluruh Israel dari Goliat dan sudah mengampuni dan melepaskan dia sendiri dari kematian dua kali, tetapi Saul masih begitu jahat dan mata gelap. Memang mata hatinya sudah dibutakan oleh iblis dan kaki tangan iblis di Endor, akhirnya Saul mati.

SEHINGGA IA TIDAK BISA MELEPASKAN NYAWANYA.

Saul, Absalom ter-gila2 dengan tahta sampai mati. Gehazi, Achan, Yudas, ter-gila2 dengan uang sampai mati, Simson ter-gila2 dengan perzinaan sampai mati, dst. Begitu banyak orang yang menjadi korban sudah berbalik dari jalan yang benar dan tidak bisa melepaskan nyawanya. Semua orang yang ditipu iblis, akhirnya binasa dan terhilang dalam neraka kekal. Mereka tidak bisa melepaskan nyawanya sendiri, padahal sudah jadi umat Tuhan (dan kalau jalan baik akan selamat dan mulia dalam Surga). Orang2 ini sudah berbalik dan hilang nyawanya. Iblis itu pembunuh. Segala macam dosa, lebih2 berhala, akhirnya akan sampai pada kematian di dunia dandibinasakan iblis dalam neraka kekal, hilang keselamatan nyawanya untuk kekal. Sebab itu jangan main2 dengan keselamatan, dengan dosa, jangan bodoh!

 

ATAU BERKATA, TIDAKKAH ADA DUSTA DI TANGAN KANAN SAYA?

Mereka tidak bisa berkata seperti ini, tidak mengerti bahwa sebetulnya yang mereka pegang erat2 adalah dusta setan dalam tangan kanannya. Dusta setan ini menjadi pegangan utama, yaitu tangan kanannya.

Pegangannya bukan kebenaran seperti orang2 beriman yang betul Yoh 17:17, Maz 119:105. Ini pegangan yang betul yang harus dipegang baik2 dalam segala segi hidup, dan ini yang harus diutamakan. Semua perbuatan harus dicocokkan dengan Firman Tuhan sampai kata2 kita 1Pet 4:11 sampai pikiran dan angan2, maka kita akan berjalan dalam jalan Tuhan dengan betul sehingga akhirnya kita sampai dalam kemuliaan yang penuh.

Tetapi orang2 yang buta mata hatinya ini, pegangannya adalah dusta iblis. Iblis itu memang pembohong Yoh 8:44, bapaknya pembohong dan orang yang hidup dalam dosa, tidak mau bertobat sungguh2 (masih menyisakan dosa dan keinginannya) akan mudah termakan dusta iblis sehingga percaya akan dustanya ini 2Tes 2:10-11.

Dan dusta iblis itu logis (masuk akal) orang2 yang sudah mabuk dan mata gelap ini, yang sudah dikuasai oleh segala keinginan daging dan dosa, mereka hidup dengan pegangan ini. Ada orang yang yakin bahagia dengan menghalalkan segala cara asal dapat uang, dan mereka terus mata gelap akan uang dan berani melakukan segala kejahatan. Ada orang yang menghalalkan, membunuh orang bahkan dengan sadis untuk bisa merebut kekuasaan atau pimpinan supaya bisa hidup berarti dan bahagia.

Salomo percaya bahwa hidupnya akan bahagia dengan 1000 istri (300 gundik), ini orang yang sudah mata gelap, mabuk dan pegangan utamanya adalah dusta iblis. Semua yang pegangannya dusta iblis, dengan mudah dipermainkan iblis dan mereka percaya akan dusta iblis, sehingga perbuatannya aneh, keji dan terlalu ber-lebih2 sangat jahat bahkan tanpa batas jahatnya.

Juga Antikris itu pegangannya adalah dusta iblis dan ini memperkenankan bapaknya yaitu iblis dan iblis memberi banyak kekuasaan pada Antikris bahkan jadi penguasa sedunia dalam zaman Antikris. Sebab itu Antikris kejahatannya tidak terbatas, di seluruh dunia.

Beginilah orang2 yang keji, yang ter-gila2 dengan ber-macam2 berhalanya sehingga terus makan abu dan pegangannya yang utama adalah dusta iblis!

 

KESIMPULAN.

Jangan sampai mata kita jadi buta dan hatinya bantut atau tumpul sehingga tidak punya pengetahuan dan pengertian sampai berkat yang aneh2 dan keji2 di hadapan Tuhan sehingga akhirnya binasa jiwanya dan tidak bisa diselamatkan kembali. Orang2 ini jadi begitu bodoh sehingga tidak bisa sadar kalau perbuatannya itu aneh2 dan terlalu gila atau terlalu jahat sekali.Mereka makan abu, terus mengejar yang fana dan kejahatan yang paling keji, mereka sudah berbalik dan hidup dengan pegangan utamanya adalah dusta iblis. Orang2 ini akan jadi milik iblis untuk kekal, tidak bisa lagi melepaskan nyawanya dari kebinasaan kekal.

Jangan main2, jangan coba2 simpan dosa, itu seperti bom waktu, tetapi dengan tulus, suci di hadapanNya melekat dengan Kristus dan terus dipimpin Roh supaya jangan jadi celaka dan binasa kekal. Jangan ada berhala sama sekali, menjadi celaka besar.