YS205 – Yesaya 44:7-11. Tuhan Yang Ajaib.

DAN SIAPA YANG MEMANGGIL SEPERTI AKU?

Tidak ada yang seperti Tuhan! Tetapi tetap ada banyak orang seperti Lucifer yang mau manandingi Allah. Seringkali manusia, bahkan orang beriman juga menganggap ia sama dengan Tuhan, sebab ia merasa bisa berjalan sendiri, tidak perlu Tuhan, bisa mengerjakannya sendiri, sampai ia hancur dan binasa, baru ia sadar bahwa ia sangat membutuhkan Tuhan (lebih2 lawan iblis). Tuhan itu tidak ada tandingannya. Yang tidak sadar, seperti iblis, binasa untuk kekal.

Antikris bermulut besar seperti iblis bapa pembohong yang lihai itu, tetapi mereka akan hancur di hadapan Allah.

Justru rencana Alah bagi orang yang taat dan mau tunduk kepadaNya (bukan melawan seperti iblis), akan diolah Tuhan sampai menjadi seperti diriNya sendiri, menjadi tubuh Kristus yang sempurna.

 

DAN AKAN MENYATAKANNYA DAN MENGATURNYA BAGIKU?

Adakah seorang yang bisa menyatakan dan mengatur semua perkara bagi Tuhan, sehingga Tuhan bisa libur atau pensiun. Dengan kata lain adakah orang yang bisa menggantikan pekerjaanNya? (Allah istirahat sesudah menciptakan semesta dan manusia pada hari ke-7, tetapi sesudah itu Ia bekerja lagi sampai sekarang Yoh 5:17 karena Hawa Adam jatuh dalam dosa). Tuhan itu menyatakan pemerintahanNya, keadilanNya, hukumanNya, berkatNya dsb dan mengatur semua dengan ajaib, baik barang2 yang mati (seperti semesta alam dan robot2Nya yaitu binatang dan tumbuh2an) istimewa mengatur manusia, yang mau percaya dandiolah sesuai dengan rencanaNya yang ajaib untuk menjadi seperti Dia sampaikekal. Rencana Allah sebetulnya hanya bagi manusia, yang lain itu hanya fasilitas yang akan lenyap. Jangan takut, semua sudah diatur Tuhan dan ditulis, dinyatakan dalam FirmanNya yaitu Alkitab, mulai dari orang2 kuno sampai sekarang dan yang akan datang. Misalnya akan datang akhir zaman yang dahsyat (Wah 22:11, sebab dosa meningkat, maka kejahatan dan perkara2 yang hebat, mengerikan juga makin banyak), tetapi juga kesucian akan meningkat, akan ada polarisasi dalam Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat, yang akan membinasakan segenap manusia di dunia, tetapi umat Tuhan yang mau diolah akan ikut pengangkatan. Yang tertinggal akan masuk zaman Antikris yang akan dibinasakan semua ber-sama2 seluruh isi dunia dalam perang Harmagedon. Baru sesudah itu muncul kerajaan 1000 tahun, lalu Pengadilan Allah dan terakhir Surga Bumi Baru yang kekal.

Ini semua sudah diatur dan direncanakan Tuhan sampai jumlah rambut kita juga diatur dan ada dalam pantauanNya. Tuhan mengatur dan mengolah, semua akan indah pada waktunya Pkh 3:1,11. Tetapi kalau iblis yang mengatur, semua kacau dan hancur.

Bisakah manusia mengatur semuanya ini bagi Tuhan, sehingga kita boleh mempensiunkan Dia? Ada yang bisa menggantikan Tuhan?

 

SEJAK AKU MENETAPKAN BANGSA2 DAHULU KALA?

Ini sudah lewat se-olah2 tidak ada artinya, tetapi bekas pekerjaan Allah itu luar biasa, meskipun sudah lewat. Manusia hanya mencari tahu sejarah manusia purbakala saja sudah tidak sanggup, hanya tahu sangat sedikit apalagi umur manusia itu hanya di bawah 100 tahun, tetapi Tuhan menjelaskan semuanya dengan benar dan lengkap di dalam Alkitab.

Dari Adam, Abraham, Musa sampai Kristus sampai sekarang, semua sudah diatur dengan lengkap dan tepat dan sekarang bagian terakhir yaitu penamatannya juga sudah diatur.

 

DAN PERKARA YANG SEDANG DATANG DAN YANG AKAN DATANG,BIARLAH MEREKA MENUNJUKKAN KEPADANYA.

Jadi yang kuno atau purbakala sampai yang akan datang dan sampai akhirnya, sudah direncanakan dan diatur Tuhan. Tuhan itu luar biasa!

Bisakah manusia menunjukkan semua ini (belum membuatnya, hanya menunjukkan). Bagi manusia, sekalipun tehnologi sangat maju, manusia tidak tahu apa yang sudah terjadi dan yang akan terjadi besok atau minggu depan, lebih2 sampai akhirnya manusia yang paling cemerlangpun, buta! Tetapi di dalam Tuhan kita tahu dengan iman, artinya kita tidak tahu semua, kecuali beberapa yang dinyatakan Tuhan, tetapi dengan iman kita ikut dalam proyek Allah dengan tepat, asal kita mau dipimpin Roh dalam ril Tuhan (yaitu jalan sempit dan taat akanFirman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus).

Allah kita maha besar, maha dahsyat, maha kuasa, Ia yang membuat dan mengatur semuanya dan Ia juga sanggup memimpin kita tepat dalam rencanaNya langkah demi langkah sampai masuk dalamkemuliaanNya . Ini dibuat secara pribadi seperti Yusuf, Daud, Daniel dll. Juga secara ber-sama2 bagi semua umat Tuhan, yaitu pada saat pengangkatan, masuk dalam kemuliaanNya, lalu terus sampai Surga Bumi Baru yang kekal.

Manusia yang mana bisa mengerjakan seperti Allah, bahkan hanya menunjukkan saja, tidak mampu.

 

YES 44:8. JANGANLAH ENGKAU TAKUT ATAU GENTAR.

Kalau kita mengerti ini, kita tidak akan takut, tetapi kita harus betul2 mau taat, maka Roh Kudus bisa memimpin kita dengan teliti sampai satu rambutpun tidak hilang. Ia akan memimpin dan menumbuhkan kita sampai sempurna di tengah2 dosa dan kejahatan yang meningkat sampai puncak2nya, diantara orang2 dan perbuatan2nya yang sangat jahat dan keji Wah 22:11 sehingga yang suci makin suci dan mulia seperti Kristus dan yang dosa makin berdosa dengan sempurna seperti iblis. Allah sanggup menjamin dan memimpin kita dengan tepat sesuai rencana Allah yang maha besar di tengah2 dosa dan kejahatan yang meningkat sampai sempurna.

 

BUKANKAH AKU SUDAH MENGATAKANNYA SEJAK WAKTU ITU DAN SUDAH MENYATAKANNYA (sudah bernubuat).

Tuhan sudah bicara dan menjanjikan sejak Adam dan Hawa, Abraham, Daud dst. Tuhan sudah menubuatkanyadan itu sudah dituliskan dalam Alkitab dan sebagian sudah digenapkan. Umat Tuhan menjadi saksi tentang penggenapan rencana Allah. Hal ini begitu gamblang dan jelas, bisa kita baca dalam Firman Tuhan, apalagi dalam pengurapan Roh Kudus.

 

BAHKAN ENGKAU ADALAH SAKSIKU.

Tuhan sudah menubuatkan pada Abraham tentang keturunannya dan kemudian benar2 digenapkanNya Kel 12:51, Yus 21:45. Baik hal2 secara pribadi seperti kepada Yusuf (Kej 42:9) maupun untuk satu bangsa (Israel) bahkan untuk segala bangsa pada akhirnya sampai dalam Surga Bumi Baru.

 

ADAKAH ALLAH SELAIN AKU? SESUNGGUHNYA TIDAK ADA ALLAH* LAIN, AKU TIDAK MENGENAL YANG LAIN.

* Ibr: Gunung batu.

 

Tidak ada Allah yang lain selain Tuhan Allah kita Tuhan Yesus Kristus yang kita sembah siang malam sampai se-lama2nya dan kekal. Tidak ada Allah lain, selain Tuhan Yesus Kristus untuk se-lama2nya.

Siapa yang menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran (hidup benar, taat akan Allah dengan benar) akan mengalami rencana Allah yang heran dan mulia yang sudah direncanakan, sudah dinubuatkan dari permulaannya, sebelum dunia ini dijadikan Ef 1:4.

 

YESAYA 44:9. BERHALANYA SIA-SIA DAN MEMPERMALUKAN.

 

MEREKA YANG MEMBUAT PATUNG UKIRAN, SEMUA ADALAH SIA-SIA.

Berhala yang dibuat, disembah, begitu diagungkan, itu semua sia2. Mula2 mereka tidak sadar, sebab itu di-sembah2, dipuja dan disanjung, sebab dikira inilah allahnya, kekuatannya, kunci hidupnya. Mereka membuat atau membangunnya dengan segenap hati, mati2an, tetapi ternyata kemudian bahwa semua itu sia2.

Seringkali sesudah gagal, jatuh, hancur, baru orang sadar bahwa semua itu tidak ada harganya. Tetapi orang2 beriman sudah tahu lebih dahulu dari Firman Tuhan bahwa memang seisi dunia ini sia2, hanya Tuhan Yesus yang tidak sia2, Tuhan Yesus itu betul2 Allah yang patut disembah, di-puji2, diagungkan sebab Tuhan Allah kita ini maha kuasa dan segala perkara ada di dalam tanganNya, bukan dalam tangan allah lain, hanya Tuhan Yesus saja adalah Allah  yang maha kuasa. Tuhan Yesus adalah Allah di atas segala allah Kel 18:11, Ul 10:17. Jangan harap atau kagum atas apapun. Kita boleh memakai barang atau hal2 yang canggih, tetapi jangan memberhalakan, jangan berharap padanya, tetap berharap dan bersandar pada Tuhan, sekalipun kita memakai barang2 yang canggih atau hebat, sebab semua ada batasnya, tetapi Allah kita tidak ada batasnya dan Dia yang menentukan semuanya. Memberhalakan apa saja di dunia ini akan sia2, tetapi kalau kita memegang Allah, tidak akan sia2.

 

DAN SEMUA BARANG2NYA YANG MENYENANGKAN ITU TIDAK BERGUNA.

Tuhan memang menciptakan banyak hal yang indahdan betul2 menyenangkan, tetapi karena dosa, hidup dalam dosa, semua itu menjadi sia2 dan tidak berguna. Dosa membuat hidup dan semua yang ada pada kita menjadi sia2 sekalipun uang, kepintaran, kesehatan, kedudukan dll, apalagi waktu mati, dosa mengakibatkan semuanya itu justrumembinasakannya. Upah dosa itu maut Rom 6:23 dan pengaruh dosa ini (yang berakibat maut) itu lebih daripada semua yang baik dan indah dalam dunia ini. Dosa, kejahatan, dan semua buah2 dosa membuat hidup ini menjadi sia2. Tetapi kalau kita lepas dari dosa, bisa hidup dalam kesucian, kita bisa menikmati hidup ini, sekalipun berpada (dalam sikon apapun) kita bisa, bersukacita dan puas sebab ada Tuhan dalam hati dan semua ini bersambung ke Surga.

 

DAN SEMUANYA ITU MENJADI SAKSI BAGI MEREKA SENDIRI.

Segala perkara dalam dunia, bagi orang berdosa, hanya menjadi saksi dari segala dosa kejahatan dan tabiat2 dagingnya. Mengapa? Sebab semua dinajiskan oleh dosa. Karena dosa, maka uang menjadi alat kejahatan dan hawa nafsu, kesehatan jadi modal untuk kejahatan, (justru yang tidak berdaya, kurang dosa2nya). Kedudukan bagi orang berdosa akan menghasilkan lebih banyak kejahatan. Apa saja yang ada pada tangan orang berdosa, tambah banyak (uang, kepintaran, kesempatan, kuasa, kedudukan dan kelebihan2 lainnya) itu menambah dosanya. Tetapi di dalam tangan orang yang suci semua bisa menjadi berkat bagi orang lain, kemuliaan bagi Tuhan dan ia sendiri tumbuh dalam rencana Tuhan dan limpah dengan sukacita dan pahala. Begitu indah.

Jadi yang penting adalah, siapa yang ada di dalam kita, yang menguasai kita, Tuhan Yesus atau iblis, jadi anak iblis atau anak Allah, anak terang atau gelap, semua yang lain itu hanya fasilitas bagi anak2 Allah atau anak2 iblis 1Yoh 3:10.

 

MEREKA TIDAK MELIHAT ATAU MENGETAHUI BAHWA MEREKA AKAN DIPERMALUKAN.

Orang dosa (bahkan sebagian orang Kristen yang tidak taat, yang hidup dalam dosa) tidak melihat, mereka dibutakan oleh penghulu dunia ini, sehingga matanya buta 2Kor 4:4. Mereka tidak sadar dan tidak mengerti, bahwa semua yang di dalam dunia, yang baik dan yang jahat akan menjadi sia2, sebab jalannya di jalan lebar, hidupnya dalam dosa menuju ke Neraka, semuanya sia2 dan akhirnya mereka akan dipermalukan di hadapan Allah dan malaikat2Nya Luk 9:26, Mat 10:33. Sebab itu yang penting bukan barang, dunia, peristiwa, kedudukan dll, tetapi apakah kita di dalam Kristus atau di dalam iblis, anak terang atau gelap. Orang yang setia tinggal di dalam Kristus akan puas, sukacita dan tidak akan dipermalukan, istimewa dalam Surga kekal.

 

YES 44:10. YANG MEMBENTUK ALLAH ATAU MENUANGKAN PATUNG UKIRAN YANG TIDAK BERGUNA.

Memang manusia merasa dia sendiri yang membuat dan menuruti dosa dan berhala2nya. Tetapi di belakang semuanya itu ada iblis yang menguasai orang2 dosa, sebaborang berdosa itu anak iblis, hamba dosa, tidak berdaya melawan, sebab ada dalam hukum dosa dan maut dari iblis Rom 8:2. Sebab itu apa saja yang dilakukan orang berdosa itu sia2 di hadapan Allah, bahkan semua kebaikannya hanyalah kain larah belaka Yes 64:6.

 

YES 44:11. SEMUA MANUSIA ITU SIA2 SEPERTI RUMPUT.

 

Yes 40:6.7, Yak 1:10,11, 1Pet 1:24-25. Jangan ber-megah2, apalagi melawan Tuhan, itu terlalu hina dan sia2.

 

LIHATLAH SEMUA TEMAN2NYA AKAN MENJADI MALU DAN TUKANG2NYA ADALAH MANUSIA BELAKA.

Di duniapun sudah tampak sia2. Baik dalam penyakit, umur, malapetaka, bahkan dalam kemuliaan manusiawi, semua itu sia2 dan memalukan. Sebab se-besar2 dan se-tinggi2nya manusia itu terbatas dan mereka tidak akan dapat mengatasi kalau pencobaan datang melampaui kekuatannya.

Haman tidak bisa lari dari mempermuliakan Mordekhai dan dari tiang gantungannya sendiri, Firaun tidak bisa menang melawan budak2nya sendiri, Rabsaki dan Sanherib harus menelan kesombongannya sendiri dengan kematian dst. Semua manusia ada batasnya dan sia2 tanpa Tuhan. Sebab itu orang yang percaya dan lekat dengan Allah itu paling untung.

 

BIARLAH MEREKA SEMUA DIKUMPULKAN, BIARLAH MEREKA BERDIRI, TETAPI MEREKA AKAN KETAKUTAN DAN MEREKA AKAN MALU BER-SAMA2.

Pada waktu mereka dikumpulkan ber-sama2, rasa2nya mereka jadi begitu kuat, besar dan tidak ada orang yang bisa mencegahnya lagi (mereka mengira juga Allah bisa dikalahkannya) Kej 11:6. Kalau sudah berkumpul tingkat nasional, tingkat internasional, itu berarti kepujian itu besar dan seringkali orang2 yang berkumpul ini merasa kuat, tetapi kalau itu melawan rencana dan kehendak Allah, semuanya akan berantakan dan sia2. Juga dalam zaman Nuh, mereka yang merasa kuat (sebab semua orang bersatu, tingkat internasional); tidak ada satu orangpun yang memihak Nuh, tetapi mereka smua menjadi malu dan binasa. Ketakutan mencengkeram manusia yang melawan Allah sekalipun dalam zaman itu mereka menguasai penuh seluruh dunia Wah 6:15-16.

Sebab itu sekalipun manusia berhimpun ber-sama2 dalam tingkat apapun sampai tingkat internasional, itu semua tidak ada gunanya kalau bertentangan atau melawan Allah. Tetapi kalau kita hidup benar, sekalipun sendirian seperti Musa dan Harun melawan seluruh orang Israel, jangan takut; akan ternyata bahwa orang yang di pihak Tuhan biarpun sendirian akan menang dan berhasil.

Sebab itu belajar tetap di jalan sempit, mematikan daging, hidup benar dan memperkenankan Allah, maka ketakutan tidak akan menguasainya, melainkan sejahtera, sukacita dan kemenangan dari Tuhan Kis 16:25. Bahkan bukan malu, tetapi mulia sampai kekal se-lama2nya. Ikut Tuhan dengan tulus, taat dan setia sampai akhir itu yang paling baik sekalipun sendirian. (Tetapi Tuhan selalu punya 7000 orang lain di pihakNya sekalipun tersembunyi 1Raj 19:18).

Dengan Tuhan itu berarti se-gala2nya, sukacita, kemenangan dan kemuliaan.

 

Nyanyian:

Asal aku punya Engkau O Tuhan,

Harta dunia tak berguna buat ku

Waktu susah, Kau sumber kekuatanku

G’nap jiwaku berhaus padaMu.

– Allah yang kita sembah, Allah yang maha kuasa