YS203 – Yesaya 44:5-8. Jangan Takut, Aku Tuhan, Tidak Ada Allah Lain.

YES 44:5. SIAPA KITA?

SEORANG AKAN BERKATA, SAYA INI MILIK TUHAN DAN ORANG LAIN MENYEBUT DIRINYA SENDIRI DENGAN NAMA YAKOB DAN ORANG LAIN AKAN MENULIS DENGAN TANGANNYA, UNTUK TUHAN DAN MEMBERI NAMA KELUARGA DENGAN NAMA ISRAEL.

Ada 4 nama yang dipakai disini. Masing2 punya ciri2 sendiri. Apa hubngannya dengan sukacita gandarusa di tepi aliran air dan kegerakan Roh Kudus. Nama yang baik itu perlu 1Tim 3:7, Pkh 7:1, orang percaya disebut anak2 Allah Yoh 1:12, ini luar biasa. Kalau seorang menjadi anak raja, pasti pengaruhnya besar. Tetapi yang penting dari nama adalah:

  1. Apakah hidupnya sesuai dengan nama itu.
  2. Milik Tuhan. Gal 2:19-20. Kalau kita betul2 hidup sebagai milik Allah, itu luar biasa, kita akan mengalami sukacita gandarusa di tepi aliran air. Ini hanya bisa kalau kita penuh dan selalu dipimpin Roh. Jangan hidup menurut kehendak atau pikiran kita sendiri, tetapi sepenuhnya sebagai milik Allah, seperti robotnya Allah, tetapi dengan kehendak bebas, dengan kemauan sendiri mau hidup penuh sebagai milik Tuhan. Hasilnya pasti luar biasa.
  3. Yakob dalam ayat 1 ditulis Yacob hambaKu. Biarlah kita betul2 jadi Yacob yang taat sebagai hamba, jangan lagi bergumul dengan kehendak dan tenaga sendiri, tetapi menyerah pada Tuhan dan melakukan kehendak Tuhan sebagai Tuannya saja.
  4. Untuk Tuhan. Hidup kita semuanya untuk Tuhan Pil 1:21, bukan untuk kita lagi, kita harus mematikan keinginan atau keuntungan bagi kita sendiri seperti Paulus yagn sudah mahir, ia mati dari dirinya sendiri Gal 6:14. Ini indah.
  5. Israel yang sudah kupilih. Ingat dipilih itu belum semuanya. Yudas dipilih tetapi binasa, sebab tidak hidup sebagai orang pilihan, tetapi hidup sebagai orang afkiran. Jangan dipalsu (disubal) Tuhan tahu sampai dalam hati. Hidup betul2 seperti orang pilihan, indah, nomer 1, yang terbaik seperti buah atau barang pilihan.

 

  1. Hidup yang betul, baik sampai akhirnya.

Jangan hanya baik pada permulaan seperti Saul tetapi akhirnya makin lama makin rusak. Daud, permulaan dan akhirnya baik 1Taw 29:29, sekalipun ada cacat di tengahnya tetapi sudah “dibayar lunas” dibetulkan baik2, bertobat habis2an. Salomo yang pertama dan terakhir sangat berbeda 2Taw 9:29. Selalu disebutkan yang mula2 dan yang terakhir, misalnya dari Rehabeam. 2Taw 12:15, Asa 2Taw 16:11, Yosafat 2Taw 20:34, Amazia 2Taw 25:26 dll, 2Taw 26:22; 28:26; 23:27, Neh 8:18. Sebab itu harus ada pondasi rohani yang kuat Mat 7:24-28 dan setiap salah yang diketahui langsung diperbaiki supaya tetap benar sehingga bisa tahan sampai ke akhir, terus dipimpin Roh. Jangan berubah Mat 19:30; 20:16. Tuhan Yesus adalah yang pertama dan terakhir yang tetap sama Yes 44:5, Wah 2:8; 22:13, tidak berubah Ibr 13:8. Jangan berubah, tetapi tetap berkenan pada Tuhan dan Terus Meningkat Sampai Puncak terakhir.

Siapakah kita? Tuhan tahu sampai dalam hati dan sampai terakhir. Sebab itu kita harus betul2 hidup seperti nama yang baik yaitu anak2 Allah dan Terus Meningkat Sampai Puncak terakhir.

 

YES 44:6. SIAPA TUHAN ALLAH?

 

DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN, RAJA ISRAEL DAN PENEBUSNYA, TUHAN BALA TENTARA, AKULAH YANG AWAL DAN YANG TERAKHIR, DAN SELAIN AKU, TIDAK ADA YANG LAIN.

Kita melihat disini Tuhan memakai 5 nama atau sebutan untuk menyatakan diriNya sendiri kepada umatNya.

Kita harus mengenaliNya baik2. Justru orang yang makin dewasa itu makin banyak, dalam dan makin lengkap mengenali Tuhan dan Allahnya 1Yoh 2:12.

Kanak2 tidak mengenal banyak dan sebab itu jatuh bangun dalam dosa (Halaman) 1Kor 3:1-3. Tetapi kalau ia mau bertobat, Tuhan akan mengampuninya, tetap setiap dosa itu ada akibatnya Maz 99:8. Jangan dianggap tidak apa2, tanpa akibat, itu salah! Orang yang jatuh bangun dalam dosa itu berarti keras hati dan bodoh sehingga akhirnya bisa sesat dan binasa Mrk 12:24, Ams 11:21, Hos 4:6. Setiap kejatuhan itu bisa merusakkan rencana Allah, apalagi dosa yang sama ber-kali2 (sebab ini berarti tidak sungguh2 mau bertobat, keras hati!). Kalau rencana Allah rusak, akhirnya semua keindahan dan kemuliaannya lenyap, menjadi seperti orang yang menerusi api 1Kor 3:15, gundul; sayang, padahal kalau mau bertobat sungguh2, menyangkal diri, bisa jadi mulia bahkan seperti Kristus, sangat mulia. Orang2 beriman yang makin dewasa rohaninya akan makin mengenal Tuhan dan 1Yoh 2:13. Orang yang makin mengenal Tuhan, maka hidupnya akan makin ber-buah2 Mat 13:23, sangat indah dan untung. Bahkan kalau seorang meninggalkan hidup ke-kanak2annya (jadi remaja, pemuda, dewasa), maka ia akan bisa mengenal Tuhan dan hidup berkemenangan, mengalahkan si jahat. Kuat dalam Kristus, bisa melakukan kehendak Allah dan makin tumbuh. Sebab itu kita harus mengenal Tuhan kita Yesus Kristus baik2 (dari belajar Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus), Dia Allah dan menjadi satu dengan Bapa dan Roh Kudus 1Yoh 5:7.

Disini Tuhan menyatakan diriNya sebagai:

  1. Raja Israel. Kalau Israel rajanya Daud, sudah untung besar, apalagi Tuhan yang menjadi Rajanya, itu untung tidak terhingga. Apalagi kalau dibandingkan dengan Saul sebagai raja, itu seperti bumi dan langit, Surga dan neraka.

Raja itu berkuasa dan harus ditaati. Kalau Tuhan beserta kita Rom 8:31 kita jadi penuh kuasa, sebab Raja itu ada dalam hati kita dan hidup ini sangat beruntung. Kita bisa mengatakan “tidak” pada daging, bisa menyangkali daging sampai mati, sehingga kita bisa melakukan kehendak Allah, penuh dengan kuasa Allah. Punya Tuhan Yesus sebagai Raja berarti untung besar dan limpah dengan kuasa. Kita bisa melakukan kehendak Allah dan terus ber-buah2 berkenan pada Tuhan.

  1. Penebus. Kita ditebus dengan darah yang suci 1Pet 1:18-19 dari dosa dan hidup duniawi yang sia2, sehingga kita bisa hidup suci dan tumbuh terus sampai jadi mulia seperti Kristus. Jangan hidup dalam dosa menuruti daging itu berarti menghinakan pekerjaan Penebus, apalagi kalau berbalik dalam hidup yang lama dan tidak mau bertobat kembali, hidupnya akan binasa! Ibr 6:4-6. Jangan main2 dengan penebusan, sebab itu pelihara hidup tetap suci MAK (dimana saja, dalam hal apa saja, kapan saja). Tanpa ini berarti bukan orang tebusan dan binasa! Wah 21:27. Pelihara kesucian baik2 dengan tinggal tetap dalam Kristus.
  2. Tuhan bala tentara. Kalau Daud komandan, maka orang2 akan menang dan bawa jarahan, kalau Saul, kalah, banyak yang mati dan keluarga, anak, istri akan dijarah sampai habis. Betapa untung kalau punya Daud sebagai komandannya, apalagi punya Tuhan sebagai Komandan bala tentaranya, pasti menang terus dan penuh dengan jarahan, istimewa menangkan jiwa, kita menjarah jiwa2 yang ditawan iblis Luk 11:22. Juga menang dalam semua pencobaan dan kesukaran, istimewa dalam merebut jiwa2 dari tangan iblis. Jarahan kita terutama adalah jiwa2, itu yang kekal (jadi mahkota kita 1Tes 2:19). Jangan hanya berpikir bahwa jarahan itu uang, sukses, sukacita dari dunia, itu semua hanya fasilitas yang fana. Pikir dan cari, rebut jarahan yang kekal, yaitu jiwa2 bagi Tuhan.

Perang itu selalu ada dua kemungkinan menang atau kalah, tetapi kalau Tuhan jadi Komandan kita, artinya kita taat penuh kepadaNya (tentara dunia saja harus taat penuh pada komandannya yang ada kemungkinan beruat salah), maka kita pasti 100% menang! Lebih2 kalau kita mengerti Firman Tuhan seperti Daud, ia menang terus, tidak pernah kalah, sebab tahu kehendak Tuhan dan taat akan pimpinanNya (selalu cari pimpinan Tuhan 1Taw 16:11). Tuhan jadi Komandan kita, pasti menang terus. Sebab itu carilah selalu kehendak Tuhan dalam segala perkara kehidupan kitadan taat, pasti menang terus dan bisa bawa jarahan jiwa2 dll.

  1. Yang awal dan terakhir. Ada banyak hal2 indah dari pernyataan ini.
  2. Tidak berubah Ibr 13:8. Dahulu, sekarang sampai se-lama2, tetap sama. Tidak pernah Dia berubah atau berkurang cintaNya, sekalipun kita tidak setia, Ia tetap setia dan cinta kita 2Tim 2:13. (Tentu kalau kita tidak setia akibatnya neraka, sebab hanya ada dua pihak, tidak setia pada Tuhan berarti membelot pada iblis).
  3. Dia yang menentukan akhir dari semuanya. Untuk kita manusia (atau perkara2 yang fana di dunia), kalau mula2 jelek, apa boleh buat asal bertobat kalau akhirnya tetap setia dalam ketaatan dan kesucian masih bisa selamat, sekalipun cacat. Akhir dari seluruh dunia, manusia, iblis dan apa saja itu ada dalam tanganNya, sebab Dia adalah yang terakhir dari semuanya.
  4. Dia yang permulaan, semua berasal dari Dia, tidak ada yang muncul dari dirinya sendiri. Sebab itu tanpa Dia tidak ada apa2 dan kita bukan apa2. Juga permulaan dari kerajaan Allah dan kuasaNya adalah Tuhan. Dari permulaan sudah suci, benar, adil, kasih. Dia adalah yang awal, permulaan dan Dia juga yang terakhir, luar biasa.
  5. Tidak ada Allah yang lain. Kalau Tuhan Allah adalah yang awal dan terakhir, tidak ada tempat untuk Allah lain yang setara dengan Dia. Semua berasal dari Dia, termasuk iblis yang durhaka (bukan robot/ mesin, sebab itu bisa berubah) sebab itu jangan menyembah yang lain seperti kesalahan Israel membuat lembu emas, Baal dan dewa2 dari orang kafir lainnya! Zaman sekarang juga banyak penyembah lembu emas = mammon. Dalam dunia politik, pekerjaan dan di-mana2 saja orang suka memakai senjata uang, disuap dan dibutakan dengan kuasa uang. Juga dalam Gereja ada banyak orang menyembah lembu emas, memberhalakan uang atau pakai kekuatan uang. Ini melawan Allah. Jangan berharap pada uang, kuasa, kepintaran dll. Jangan itu jadi allah tetapi Tuhan Yesus Kristus itulah Tuhan dan Allah kita. Harap, percaya dan taat kepadaNya. Orang yang memakai allah lain akan menghadapi Tuhan Yesus dan dahsyat hukumannya.

Meskipun Israel salah kaprah dengan lembu emas, Baal dll, se-olah2 sudah biasa, tidak apa2, tetapi semua itu tetap dihitung sebagai dosa dan tetap adahukumannya, dahsyat. Jangan harap pada apapun jua, apalagi dengan tujuan dosa atau cara2 keji menghalalkan segala cara, ada akibatnya, semua diperhitungkan dengan adil. Percaya dan harap Tuhan, sembah dan taat kepadaNya. Sembah terus dalam Roh dan kebenaran, maka kita akan dapat kekuatan dari Tuhan dan dipimpin olehNya. Apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, ada paling banyak bahaya, ancaman, kerusakan, kekacauan, kejahatan yang sangat keji, licik dan lihai dengan kuasa yang besar dll. Kalau orang beriman bersandar pada kekuatan dan kepintarannya sendiri apalagi pada allah2 yang lain, mereka akan dikalahkan dan binasa! Terus menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24, maka orang2 seperti ini yang akan jadi pemenang.

 

YES 44:7. TUHAN YANG AJAIB.

 

DAN SIAPA YANG SEPERTI AKU?

Tidak ada, tetapi tetap ada banyak orang seperti Lucifer yang mau manandingi Allah. Seringkali manusia, bahkan orang beriman juga menganggap ia sama dengan Tuhan, bisa jalan sendiri, tidak perlu Tuhan, bisa mengerjakannya sendiri, sampai ia hancur dan binasa, baru sadar Tuhan itu tidak ada tandingannya. Apalagi dengan berhala2 lainnya yang bermulut besar seperti iblis pembohong yang lihai itu, mereka akan hancur di hadapanya.

 

YANG AKAN MENYATAKAN DAN MENGATURNYA BAGIKU?

Adakah seorang yang bisa menyatakan dan mengatur semua perkara bagi Tuhan, sehingga Tuhan bisa libur atau pensiun. Dengan kata lain adakah orang yang bisa menggantikan pekerjaanNya? (Allah istirahat sesudah menciptakan semesta dan manusia pada hari ke-7, tetapi sesudah itu Ia bekerja lagi sampai sekarang Yoh 5:17 karena Hawa Adam jatuh dalam dosa). Tuhan itu menyatakan pemerintahanNya, keadilanNya, hukumanNya, berkatNya dsb dan mengatur semua dengan ajaib, baik barang2 yang mati (seperti semesta alam dan robot2Nya yaitu binatang dan tumbuh2an) istimewa mengatur manusia, yang mau percaya dandiolah sesuai dengan rencanaNya yang ajaib untuk kekal. Jangan takut, semua sudah diatur Tuhan dan ditulis, dinyatakan dalam FirmanNya yaitu Alkitab. Misalnya akan datang akhir zaman yang dahsyat (Wah 22:11, sebab dosa meningkat, maka kejahatan dan perkara2 yang hebat, mengerikan juga makin banyak), akan ada polarisasi, Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat, yang akan membinasakan segenap manusia di dunia, akan ada pengangkatan, kerajaan 1000 tahun, Surga Bumi Baru dst. Ini semua sudah diatur dan direncanakan Tuhan sampai jumlah rambut kita juga diatur dan ada dalam pantauanNya.

 

SEJAK AKU MENETAPKAN BANGSA2 DAHULU KALA?

Ini sudah lewat se-olah2 tidak ada artinya. Bahkan manusia mencari sejarah manusia purbakala, hanya tahu sangat sedikit, tetapi Alkitab menjelaskan semuanya dengan benar dan lengkap.

Dari Adam, Abraham, Musa sampai Kristus sampai sekarang, semua sudah diatur dengan lengkap dan tepat dan sekarang bagian terakhir penamatannya juga sudah diatur.

 

DAN PERKARA YANG AKAN DATANG DAN YANG KEMUDIAN,BIARLAH MEREKA MENUNJUKKAN KEPADANYA.

Jadi yang kuno atau purbakala sampai yang akan datang dan sampai akhirnya, sudah direncanakan dan diatur Tuhan. Tuhan itu luar biasa! Bagi kita, sekalipun tehnologi sangat maju, kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok atau minggu depan, apalagi sampai akhirnya, buta. Tetapi di dalam Tuhan kita tahu dengan iman, artinya kita tidak tahu semua, kecuali beberapa yang dinyatakan Tuhan, tetapi dengan iman kita ikut dalam proyek Allah dengan tepat, asal kita mau dipimpin Roh dalam ril Tuhan (jalan sempit dan taat Firman Tuhan). Luar biasa, Allah kita maha besar, maha dahsyat, maha kuasa, sanggup memimpin kita sampai tepat dalam kemuliaanNya yaitu pada saat pengangkatan lalu terus sampai Surga Bumi Baru yang kekal.

 

YES 44:8. JANGANLAH ENGKAU TAKUT ATAU GENTAR.

Kalau kita mengerti ini, kita tidak akan takut, tetapi harus betul2 mau taat, maka Roh Kudus bisa memimpin kita dengan teliti sampai satu rambutpun tidak hilang. Allah sanggup menjamin dan memimpin kita dengan tepat sesuai rencana Allah yang maha besar!

BUKANKAH AKU SUDAH MENGATAKANNYA SEJAK WAKTU ITU DAN SUDAH MENYATAKANNYA. BAHKAN ENGKAU ADALAH SAKSIKU. ADAKAH ALLAH SELAIN AKU? SESUNGGUHNYA TIDAK ADA ALLAH* LAIN, AKU TIDAK MENGENAL YANG LAIN.

* Ibr: Gunung batu.

Tuhan Sudah bicara dan menjanjikan sejak Adam dan Hawa, Abraham, Daud dst. Tuhan sudah menyatakan dalam Wasiat Lama dan sebagian sudah digenapkan. Umat Tuhan menjadi saksi tentang penggenapan rencana Allah. Tidak ada Allah yang lain selain Tuhan Allah kita Tuhan Yesus Kristus yang kita sembah siang malam sampai se-lama2nya dan kekal. Tidak ada Allah lain, selain Tuhan Yesus Kristus se-lama2nya .

Nyanyian:

Allah yang kita sembah,

Allah yang maha kuasa.