YS202 – YESAYA 44:1-4. TETAPI, TUHAN SANGGUP MENGUBAH YAKOB  KALAU MAU.

YES 44:1. HAMBA YANG SUDAH DIPILIH HARUS MEMPERHATIKAN DAN TAAT.

TETAPI SEKARANG, DENGARLAH O YAKOB HAMBAKU DAN ISRAEL YANG SUDAH KUPILIH.

Dalam ayat2 sebelumnya (Yes 43:24-28) Tuhan mengeluh Yakob dan Israel menjadi beban dan menyusahkan Tuhan karena dosa dan pemberontakannya sehingga Yakob kena kutuk dan Israel dinista, betul2 celaka. Tetapi dalam pasal ini Tuhan tetap memberi  pengharapan untuk perbaikan sebab Dia tidak ingin seorangpun binasa asal Israel mau bertobat sungguh2 dan taat, setia sampai ke akhir. Tuhan sanggup mengubah nasib hidup yang jelek jadi lebih baik sesuai dengan pertobatan dan ketaatan selanjutnya dari umat Tuhan.

 

YAKOB HAMBAKU.

Sudah jadi hamba Tuhan tetapi celaka. Mengapa? Sebab ini hamba yang tidak taat. Seringkali hanya permulaannya taat, lalu sesudah mulai jadi besar dan diberkati, mulai tidak taat dan berbuat sesukanya sendiri sehingga muncul dosa2 dan pemberontakannya. Itu sebabnya banyak umat Tuhan tidak bisa diberkati lebih banyak (apalagi diberkati tanpa batas, tidak tahan). Kalau tahan, Tuhan sanggup memberi apa saja dan berkat2nya pasti tidak ditahan, sebab Allah senang melihak anak2Nya hidup berkelimpahan jasmani dan rohani, sesuai dengan kedudukannya sebagai anak2 Allah yang maha besar.

Bagaimana kita bisa mengalami demikian? Kita ini adalah hamba2 Tuhan 1Kor 6:19-20. Sebab itu seharusnya kita terus taat pada Tuan kita Yesus Kristus dalam segala perkara, kapan saja dan dimana saja. Jangan semaunya sendiri, harus menyangkal diri dan jadi hamba yang taat dan setia, maka kita akan hidup dengan limpah jasmani dan rohani, dan satu kali kita jadi mulia di Surga untuk kekal Mat 25:21,23.

 

ISRAEL YANG SUDAH KUPILIH.

Kalau sudah dipilih, apakah tidak otomatis menjadi mulia di Surga untuk kekal? Tidak! Putra manusia Yesus adalah hamba Allah yang sudah dipilih, harus tetap taat akan kehendak Bapa Mat 26:39, bahkan dengan pengorbanan yang sangat besar sampai mati Pil 2:8.Begitu juga kita yang sudah dipanggil lalu dipilih Mat 22:14, Luk 23:35, Kis 9:15, kita harus tetap taat, jangan semaunya sendiri, jangan lalai supaya jangan sampai jatuh Mrk 13:20. Tuhan Yesus sendiri memilih 12, 1 gugur Yoh 6:70, Kis 1:2. Tuhan tidak memilih karena kebesaran hal luar (yang dikagumi Yosafat dan banyak orang Kristen yang bodoh) tetapi ia adil, Ia memilih siapa saja asal mau hidup benar, taat akan Firman Tuhan sehingga berkenan kepada Tuhan 1Kor 1:27-28, Yak 2:5. Peliharalah posisi kita sebagai orang2 pilihan 1Pet 2:4,9 supaya setia sampai akhir Wah 17:14. Sebab meskipun sudah dipilih, bisa jatuh, seperti Yudas, juga seperti Israel disini.

Jangan hidup sembarangan, pelihara hidup rohani baik2 dan terus taat sebagai hamba Tuhan (bukan hanya full timer), maka hidup kita akan indah dan tumbuh makin mulia sampai jadi seperti Kristus. Orang yang melalaikan rohaninya, “asal jalan” akan jadi seperti Israel yang nista dan terkutuk.

 

YES 44:2. TUHAN SUDAH MENJADIKAN KITA.

 

DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN YANG MENJADIKAN ENGKAU DAN MEMBENTUK ENGKAU SEJAK DARI DALAM RAHIM, YANG AKAN MENOLONG ENGKAU.

Dia mengenal kita sebelum dunia ini diciptakan Ef 1:4, juga waktu dalam kandungan Maz 139:13-15. Tetapi mengapa Tuhan memilih Yudas kalau sudah tahu akan jatuh. Allah itu adil, ia tidak memaksa, tetapi manusia harus ambil putusan untuk baik atau (hanyut dalam yang jahat) sebagian orang2 seperti ini dibiarkan hidup untuk memakai kesempatan yang ada, tidak mendapat kesempatan (misalnya lahir langsung mati, {misalnya karena aborsi atau penyakit} dan binasa seperti orangtuanya) ini sudah diketahui Tuhan lebih dahulu dan dilahirkan lewat orang yang akan binasa 1Kor 7:14. Tuhan mengadili bukan saja berdasar bukti2 tetapi juga sebab Dia maha tahu, tahu lebih dahulu sebelumnya (tentu kalau dihukum, lebih ringan daripada yang mendapat kesempatan).

Tetapi Tuhan siap menolong siapa yang mau ditolong, pasti jadi indah, sesuai dengan ketaatannya sampai mati. Bagi Allah tidak ada yang mustahil, Ia sanggup mengolah kita menjadi baik,sama sekali tidak perlu diragukan, hanya tergantung dari orang2 yang jatuh, mau bertobat,percaya dan taat atau tidak, kalau mau pasti bisa, jangan kuatir!

 

YES 44:3. TUHAN SANGGUP DAN MEMBERI FASILITAS YANG LEBIH DARI CUKUP.

 

KARENA AKU AKAN MENCURAHKAN AIR KE ATAS DIA YANG HAUS DAN AIR BAH ATAS TANAH YANG KERING. AKU AKAN MENCURAHKAN ROH KU KE ATAS BENIHMU DAN BERKAT KU KE ATAS TURUNANMU.

Dalam ayat2 ini diceritakan bagaimana Tuhan menolong orang yang percaya dan mau taat dengan setia, yang mau mematikan kehendaknya sendiri. Tuhan mencurahkan kelimpahan air sehingga tanah yang tandus bisa berbunga dan ber-buah2.

 

AIR BAH.

Sebetulnya cukup hujan saja, tanah tandus bisa jadi subur, tetapi Tuhan beri air bah sampai tanah tandus jadi begitu subur sehingga Nuh mabuk dan telanjang, sebab banyak minum anggur.

Anggur dunia membuat mabuk dan orang lupa daratan, tetapi anggur Surgawi ini tidak membuat lupa daratan tetapi justru lebih limpah berbuat dan limpah segala fasilitas ilahi Kis 2:13. Sekalipun sekarang belum masuk Minggu ke-70 Daniel, kalau kita mau percaya dan taat dipimpin Roh, Tuhan akan memberi ukuran yang limpah, air bah seperti beberapa orang yang dipakai Tuhan dengan heran dan tumbuh makin suci dan indah. Jangan ragu2, Tuhan sanggup memberi kelimpahan fasilitas jasmani dan rohani, itu tergantung kita. Dalam Minggu ke-70 Daniel memang ada Hujan akhir, Firman dibuka semua, peraturan yang keras, Tuhan sendiri memisahkan gandum dan lalang dst sehingga ada air bah pekerjaan Roh Kudus (Hujan akhir). Tetapi sekarangpun kita bisa seperti Henokh, Elia dipakai Tuhan dengan heran dan tumbuh sampai sempurna, meskipun mempunyai fasilitas yang lebih sedikit dari kita.

 

DIA YANG HAUS.

Orang yang mau selalu penuh dan dipimpin Roh Gal 5:16 akan makin lapar dan makin haus akan Firman Tuhan dan pekerjaan Roh Kudus Mat 5:6dan ini akan terus ber-tambah2 menurut hukum Allah Mat 13:12 sehingga ia menerima makin banyak dan limpah sekalipun waktunya belum sampai pada saat2 pengangkatan (Minggu ke-70 Daniel) Orang yang mau hidup suci dan taat dengan tertib, sekalipun belum masuk Minggu ke-70 Daniel (misalnya ada hukum yang keras, lagipula dalam Gereja masih campuran, Firman Tuhan belum semua terbuka dst). Jadi tergantung dari kita, sekalipun dalam Wasiat Lama, bisa jadi sempurna Ibr 11:5.

 

MENCURAHKAN ROHKU.

Roh Kudus tidak berubah, ada di sepanjang zaman, sebab Allah ada di mana2, segala saat. Semua orang bisa mendapatkanNya asal memenuhi syarat2nya seperti Henokh dll. Tetapi dalam rencana Alah ada pekerjaan Roh Kudus Wasiat lama dan pekerjaan Roh Kudus (versi) Wasiat Baru, sebab dalam Wasiat Baru dosa manusia sudah dihapus oleh darah Tuhan Yesus. Juga dalam Wasiat Baru, Allah merencanakan dua saat berkelimpahan yaitu Hujan awal untuk melahirkan Gereja Wasiat Baru dan Hujan akhir untuk menyempurnakannya. Ini dinyatakan dalam ayat ini yaitu Roh Tuhan diberikan pada:

  1. BENIHMU, ini menubuatkan tentang penaburan, yaitu Hujan awal untuk menaburkan Gereja Tuhan di dunia dan
  2. TURUNANMU, yaitu hasilnya, penuaiannya, anak cucunya. Ini menubuatkan tentang Hujan akhir.

Jadi Tuhan akan mengubah orang yang menjadi indah dengan Roh Kudus (ingat semua orang2 indah dan heran selalu dipenuhi Roh Kudus, Saul (pada permulaannya) Daud, Simson, murid2 dsb. Mereka jadi luar biasa Maz 60:14 karena mau taat dipimpin Roh. Dan untuk menamatkan rencana Allah dan menyempurnakan GerejaNya, maka Allah memberi Hujan awal dan Hujan akhir. Allah memberi lebih dari cukup, yaitu air bah.  Allah memberi diriNya sendiri dengan se-penuh2Nya, tergantung dari kita, berapa banyak kita bisa menerima dari kelimpahanNya, berapa banyak mau ditempati dan dikuasai oleh Roh Kudus. Sungguh2 rencana Tuhan itu luar biasa.

 

  1. BERKATKU. Berkat Tuhan itu luar biasa, ingat, sebagai gunung es, ada berkat jasmani yang tampak dan berkat rohani yang tidak tampak, tetapi ada, bahkan itu lebih banyak dan yang menentukan. Jangan ragu2 berkat Tuhan itu cukup bagi kita. Baik nafkah, kesehatan, keamanan dll, juga kekuatan rohani sehingga bisa hidup suci, tumbuh, hikmat dan kuasa untuk pelayanan dan untukmenghadapi apa saja, berkat Tuhan cukup, jangan kuatir, jangan ragu2 asal kita mau selalu penuh dan dipimpin Roh. Tuhan tidak memaksa kita menjadi robotNya yang 100% taat. Tetapi kalau kita mau taat sepenuhnya itu lebih menguntungkan, sebab di dalam segala perkara, Roh Kudus itu lebih cakap, mahir bahkan paling top, sempurna dalam hal apa saja, kapan saja, dan dimanapun saja.

Roh Kudus selalu bekerja sesuai dengan Firman Tuhan Yoh 16:13-15. Bapa, Putra dan Roh Kudus itu satu 1Yoh 5:7. Sebab itu persekutuan Roh Kudus, Bapa dan Putra tidak mungkin bertentangan satu sama lain. Kalau seorang dipimpin Roh dan taat maka segala perbuatannya pasti sama dengan Firman Tuhan. Kalau seorang berkata ia dipimpin Roh tetapi hidupnya bertentangan dengan Firman Tuhan, dalam dosa, itu bukan dipimpin Roh Kudus tetapi dipimpin rohnya sendiri atau roh setan. Kalau kita mau dipimpin Roh, maka hidup ini akan berubah, tidak lagi menjadi beban yang menyusahkan Tuhan tetapi membuat Tuhan sukacita dan berkatNya di atas kita limpah! Bahkan kalau terus tekun sampai akhir, akan jadi sempruna sama seperti Kristus, Kristus Kepalanya, ia tubuhNya, yaitu menjadi mempelai Kristus. Ini rencana Allah. Di tengah2 kesukaran jasmani dan rohani, kita tetap akan menang dan tumbuh sampai seperti Kristus. Dosa akan makin meningkat, sebab itu kesukaran juga akan makin banyak, jasmani dan rohani, ancaman, tekanan, bahaya dll, tetapi orang yang suka berdoa dalam Roh dan kebenaran (hidup benar) akan kuat dan mampu dipimpin Roh dan ia akan menjadi kuat sekali, menghadapi apapun akan menang. Ini kuncinya, ini harus kita perhatikan. Dengan Tuhan kita akan berkemenangan Rom 8:31, bahkan juga dalam 3,5 tahun sebelum Pengangkatan, itu sangat dahsyat dan penuh bahaya, tetapi orang2 yang punya kunci ini akan hidup berkemenangan penuh di atas semuanya. Jangan takut, tetapi harus punya kunci ini, hidup yang sesuai dengan Firman Tuhan.

 

YES 44:4. TUMBUH DIANTARA RUMPUT SEPERTI POHON GANDARUSA.

 

DAN MEREKA AKAN BERTUMBUH DIANTARA RUMPUT, SEPERTI POHON GANDARUSA PADA ALIRAN AIR.

 

Semua manusia seperti rumput dan kemuliaannya seperti kembang rumput yang layu dan dibakar 1Pet 1:24, Yes 40:6,7, Yak 1:10-11. Tetapi orang yang dipenuhi dan dipimpin Roh ada diantara rumput, tetapi tidak sama dengan rumput yang fana. Roh Kudus memberi perkara2 yang fana dan yang kekal dan terutama yang kekal. Semua yang di dunia, yang paling top dan terbesar hanya perkara2 yang fana, layu dan lenyap. Begitu berbeda. Orang yang dipimpin Roh akan mengutamakan hal2 yang kekal (kita tetap perlu yang fana untuk hidup tetapi bisa berpada 1Tim 4:8 dan memakainya seperti tidak memakai 1Kor 10:31). Kerinduan orang2 yang dipimpin Roh, dan hal2 yang dicari dan diutamakan adalah perkara2 yang kekal, sebab ia sudah mati dari perkara2 yang fana seperti Paulus Gal 6:14. Nyata benar bedanya diantara rumput2 yang fana, ada hal2 kekal yang mencolok dan itu luar biasa, kunci kemenangan rohani dan jasmani.

 

Seperti pohon Gandarusa di antara rumput2. Cabang2 pohon gandarusa ini dipakai untuk bersukacita dalam hari raya Pondok Imm 23:40. Jadi pohon ini menceritakan tentang sukacita kerajaan 1000 tahun (= hari raya Pondok). Ini sukacita surga di atas bumi yang sekarang, tetapi dalam suasana kerajaan Surga. Ini akan nyata dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan dan secara pribadi dalam orang2 yang hidup penuh dengan Roh Kudus, apalagi kalau keadaannya seperti air bah di atas tanah tandus, akan jadi luar biasa.

Ada sukacita yang luar biasa, sukacita kerajaan 1000 tahun (Nuh dalam bahtera mengalami sikon seperti kerajaan 1000 tahun, binatang2 jadi rukun karena Allah bekerja, juga pasti ada rasa syukur dan sukacita yang besar dalam bahtera Nuh meskipun hanya 8 orang ber-sama2 dengan semua binatang bersukcita).

Ini seperti sungai ajaib dalam Yez 47 yang airnya membuat orang tenggelam (kesukaan kerajaan 1000 tahun) dan laut yang tidak terselami seperti Surga dengan kesukaan yang tidak bisa dihitung, tidak ada batasnya, sangat heran.

Kita belum bisa membayangkan kesukaan yang besar tanpa batas yang akan kita alami kelak.

 

GANDARUSA PADA ALIRAN AIR.

Pohon di tepi aliran air itulah orang2 yang cinta Firman Tuhan dan taat, dipimpin Roh sehingga terus ber-buah2 dalam segala yang diperbuatnya Maz 1:1-3. Ini adalah sukacita karenaperkara2 dari Atas Kol 3:1-3 (limpah Firman Tuhan, kesucian, tabiat baru, taat dst). Banyak sukacita orang Kristen lepas dari perkara2 dari Atas, bahkan sukacita yang fana dari jalan lebar, penuh nyanyian dan musik, makan minum, tontonan2 dan dosa (kemewahan, perzinaan, kesombongan, kebencian dll). Ini bukan sukacita gandarusa di tepi air, tetapi kesukaan jalan lebar.

Gereja2 Pergamus, Tiatira, Laodikea dan Sardis itu limpah dengan sukacita jalan lebar. Tidak perlu pikul salib, Tuhan sudah mengampuni untuk seterusnya sehingga “sedikit2 berdosa” (diam2 limpah dalam dosa) tidak apa2 sebab sudah diampuni, ini sukacita jalan lebar bukan sukacita di dalam Roh, sukacita Surga Rom 14:17. Sukacita Roh Kudus itu dalam kesucian, kelimpahan Firman Tuhan, limpah pikul salib, taat, tabiat yang baru, bukan dalam dosa dan kemewahan duniawi, tetapi seberapa banyak orang tidak tahu membedakan bahkan orang2 rohani hanyut di dalamnya, mengagumi dan mengejarnya seperti Yosafat sehingga bersekutu dengan orang Kristen duniawi (seperti Achab) dan limpah dengan dosa2, kedagingan dan duniawi, bukan limpah dengan perkara2 dari Atas. Jangan keliru. Banyak orang Kristen (bahkan yang rohani dan mengerti Firman Tuhan seperti Yosafat) kagum dan mengejar kemuliaan dunia ini sehingga hidupnya jadi sia2 dan duniawi, bahkan penuh dengan berhala lembu emas (mammon) yang menguasai hampir semua manusia berdosa di dunia ini, juga orang beriman bahkan hamba2 Allah! Sukacita jalan sempit dalam kesucian, pikul salib dengan sukacita dan limpah dengan perkara2 dari Atas.

Ini gandarusa di tepi2 aliran air.

 

KESIMPULAN.

 

Ayat 1. Yakob hambaKu dan Israel yang telah kupilih. Betul2 taat sampai akhir seperti hamba, akan masuk dalam kesukaan Allah yang heran.

 

Ayat 2. Dipilih (Ef 1:4) bisa gugur seperti Yudas, sebab itu tidak boleh lalai, harus percaya dan taat, maka Tuhan akan tolong.

 

Ayat 3. Cara Tuhan menolong:

– Air bah: Limpah.

– Yang haus (oleh pekerjaan Roh Kudus) akan terus limpah sampai penuh.

– Pencurahan Roh Kudus, Hujan awal (benih2nya), Hujan akhir (turunanmu).

– Berkat limpah jasmani rohani.

 

Ayat 4. Tumbuh diantara rumput seperti gandarusa.

– Semua manusia fana seperti rumput tetapi orang yang penuh dan dipimpin Roh limpah dengan yang kekal, juga cukup dengan yang fana.

– Seperti pohon Gandarusa, kesukaan kerajaan 1000 tahun, Surga di dunia, baik secara pribadi, lebih2 dalam 3,5 tahun I, hidup yang indah dan berkemenangan.

– Di tepi aliran air Maz 1:1-3 sukacita yang limpah dengan perkara2 dari Atas, bukan yang fana, duniawi dan kesukaan dosa jalan lebar. Jangan tersesat seperti Yosafat.

 

Nyanyian:

Kanaan 3x setempat yang indah snang

Marilah hidup dalamnya

di Negri yang indah snang.